Written by 22:40 DIY & Tools

10 Rekomendasi Mesin Bor Beton (Impact Drill) Terbaik

Bagi yang terbiasa mengerjakan proyek konstruksi maupun DIY (Do It Yourself), tentu sudah tidak asing dengan mesin bor beton (impact drill). Dengan mudahnya, bor ini mampu melubangi permukaan beton ringan, besi, dan kayu. Sama seperti bor listrik biasa, bor beton juga dilengkapi fungsi untuk memasang sekrup.

Merek bor beton di pasaran tergolong banyak, misalnya Makita, Hitachi, dan Maktec. Bila Anda sedang memerlukan mesin bor beton, pahami dulu cara memilih produk yang akan kami bahas di sini. Selain itu, kami juga merekomendasikan beberapa produk terbaik versi PickyBest sebagai pertimbangan. Simak pembahasannya, ya!

Apa itu Mesin Bor Beton (Impact Drill)?

Mesin bor beton adalah bor listrik yang dilengkapi fungsi penghantam atau pemukul (impact). Berbeda dengan mesin bor listrik biasa, mesin bor beton memiliki torsi lebih besar yang menghasilkan hantaman teratur hingga puluhan kali per detik. Selain itu, daya hancur bor beton lebih bertenaga, tidak seperti bor listrik yang kerap macet jika digunakan pada material yang terlalu tebal.

Keunggulan lain dari mesin bor beton adalah hantamannya membuat debu dari permukaan yang dilubangi tidak menempel di mata bor. Anda juga dapat mengganti mata bor dengan beragam ukuran. Umumnya, ukuran 4-13 mm sudah lebih dari cukup untuk melubangi beton ringan. Selain itu, mesin bor beton juga lebih stabil mengunci kepala sekrup untuk meminimalkan kemungkinan selip.

Cara Memilih Mesin Bor Beton (Impact Drill)

Mesin bor beton memiliki karakteristik berbeda-beda sesuai kegunaannya. Pada bagian ini, kami akan membahas beberapa karakteristik tersebut, antara lain perbedaan antara tipe berkabel dan tanpa kabel, mode pengeboran yang ditawarkan, tambahan fitur, serta ukuran dan bobotnya. Selengkapnya, ikuti penjelasan di bawah ini!

Tentukan Tipenya, Cordless atau Corded?

Mesin bor beton ada yang memakai kabel dan tanpa kabel. Jika pekerjaan Anda berat, lebih baik pilih yang berkabel. Pasalnya, tipe ini memiliki torsi lebih tinggi, sehingga tenaga yang dihasilkan pun lebih besar. Anda juga tidak perlu khawatir kehabisan daya di tengah-tengah pengeboran. Sebaliknya, jika pekerjaan Anda ringan, lebih baik pilih mesin bor tanpa kabel dengan torsi yang memadai pekerjaan Anda.

Mesin bor tanpa kabel memang lebih leluasa digunakan. Meski begitu, tenaganya akan menurun drastis ketika digunakan terlalu lama, sehingga lebih cocok digunakan untuk proyek cepat berskala ringan. Di sisi lain, meskipun bor berkabel memiliki tenaga yang lebih besar, alat ini akan sulit digunakan jika lokasi proyek jauh dari sumber listrik. Karena itu, pertimbangkanlah kondisi proyek Anda sebelum membeli.

Periksa Pilihan Mode Pengeboran yang Ditawarkan

Dari segi mode yang tersedia, bor beton memiliki dua variasi, yaitu yang mempunyai dua mode dan tiga mode. Dua mode terdiri dari mode putaran dan mode putaran plus pukulan. Sedangkan untuk tiga mode ditambah dengan fungsi untuk memukul saja.

Mode putaran cocok untuk mengebor permukaan lunak seperti besi, kayu, dan batako. Untuk permukaan yang lebih keras seperti beton, gunakanlah mode putaran plus pukulan.

Sedangkan, untuk bor yang memiliki tiga mode, tambahan mode pukulan sangat berguna untuk membobok dinding. Lebih jauh lagi, fitur ini juga bisa digunakan untuk pengacian dan memasang keramik lantai.

Agar Fungsional, Pilih Mesin Bor dengan Tambahan Fitur

Beberapa mesin bor memiliki fitur tambahan tertentu yang membuatnya makin fungsional. Misalnya, pengatur kecepatan putaran agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis material, serta pengatur arah putaran sehingga bor dapat dipakai untuk mengencangkan dan melepas sekrup.

Fitur berguna lainnya adalah lampu LED yang membuat pengguna dapat bekerja di lokasi dengan pencahayaan buruk. Dari sisi keamanan, ada juga mesin bor yang menawarkan fitur penguncian otomatis sehingga mata bor tidak akan terlepas dari mesin dan membahayakan pengguna.

Pilih Ukuran dan Bobot yang Menunjang Fleksibilitas

Ukuran yang lebih besar belum tentu lebih baik. Kalau kebutuhan Anda hanya untuk mengebor beton ringan atau kayu, ukuran bor yang besar justru akan menghambat fleksibilitas. Untuk pekerjaan ringan, lebih baik memilih mesin bor yang bobotnya di bawah 1 kg. Dengan begitu Anda dapat melakukan pengeboran dengan baik, tanpa perlu mengorbankan fleksibilitas.

Sebaliknya, kalau Anda perlu mengebor bahan-bahan kokoh sepeti betol tebal dan batu, gunakanlah mesin bor ukuran besar. Demolition hammer, misalnya. Alat ini berukuran sangat besar hingga harus dipegang dengan kedua tangan, menjadikannya cocok untuk melakukan pertukangan yang berat.

10 Rekomendasi Mesin Bor Beton (Impact Drill) Terbaik

Memilih mesin bor beton mesti mempertimbangkan tipe, mode-mode pengeboran yang ditawarkan, tambahan fitur fungsional, serta ukuran dan bobotnya. Jika Anda telah memahami semuanya, sekarang Anda tinggal tentukan pilihan. Untuk memudahkan Anda, kami telah kumpulkan sepuluh produk terbaik versi PickyBest yang bisa Anda jadikan referensi memilih. Selamat menentukan!

1. RYU RCI 20V Cordless Impact Drill

Tanpa perlu kabel, pekerjaan semakin fleksibel!

Mesin bor buatan Ryu ini terhitung sangat kuat untuk jenis cordless karena memiliki putaran di atas rata-rata, yaitu sampai 2.500 rpm. Tidak hanya itu, RYU RCI 20V Cordless Impact Drill juga dapat menanam sekrup dengan mantap.

Karena andal melubangi tembok beton dengan voltasenya yang hanya 20 volt, mesin bor ini pas untuk kebutuhan rumah tangga. Anda pun dapat menyesuaikannya dengan keperluan Anda berkat tiga mode pengeboran yang ditawarkan.

Tipe mesin borCordless drill
FiturPutaran bolak-balik, pengaturan kecepatan, lampu LED, tiga mode (obeng, bor, dan impact)
Ukuran (panjang x lebar x tinggi)Tidak ada keterangan
Bobot1,18 kg
Kisaran hargaRp855.000

2. Bosch GSB 550 Professional Impact Drill

Andal dalam menyelesaikan proyek pertukangan berat!

Dengan putaran hingga 2.700 rpm, Anda dapat melubangi beton keras lebih cepat. Tenaga yang dihasilkan oleh voltase 20 volt mesin bor ini cukup besar untuk memastikan mata bor tidak macet saat menembus permukaan beton.

Karena didesain untuk pekerjaan berat, bor ini punya gagang tambahan untuk Anda genggam lebih mantap dengan dua tangan. Perlu diperhatikan, karena dayanya yang cukup besar dan cenderung banyak mengonsumsi listrik, bor ini kurang cocok untuk kebutuhan rumah tangga.

Tipe mesin borCorded drill
FiturPutaran bolak-balik, pengaturan kecepatan
Ukuran (panjang x lebar x tinggi)26,2 x 6,55 x 25,3 cm
Bobot1,8 kg
Kisaran hargaRp585.000

3. Fisch TD7180 Impact Cordless Drill

Sumber: Fisch.co.id

Ingin melubangi beton atau material lain pada proyek DIY Anda? Pilih ini!

Jika Anda ingin alat yang kecil untuk mengerjakan tugas yang ringan-ringan saja, gunakanlah Fisch TD7180 Impact Cordless Drill. Dengan fitur impact dan kecepatan putaran hingga 1.450 rpm, Anda dapat melubangi beton ringan tanpa mengalami kesulitan. Absennya kabel dan ukurannya yang kecil membuat mesin bor ini sangat fleksibel digunakan.

Bila pekerjaan Anda memiliki pencahayaan minim, fitur lampu LED yang melengkapi produk ini memastikan pekerjaan Anda tetap lancar. Karena menggunakan baterai rechargeable, pastikan untuk mengisi dayanya sebelum digunakan. Jangan khawatir, produk ini telah menyertakan charger sehingga Anda tidak perlu keluar uang lagi.

Tipe mesin borCordless drill
FiturPengaturan kecepatan (high dan low), delapan belas pengaturan torsi, putaran bolak-balik, lampu LED
Ukuran (panjang x lebar x tinggi)Tidak ada keterangan
BobotTidak ada keterangan
Kisaran hargaRp499.900

4. Makita HP331D Cordless Hammer Driver Drill

Sumber: Makita.in

Bobot ringan untuk mengurangi efek tangan pegal

Bor buatan Makita satu ini dapat menjadi alternatif untuk Anda yang memerlukan mesin bor rumah tangga. Dengan dua pengaturan kecepatan maksimal 1.700 rpm, mesin bor beton ini lebih dari cukup untuk melubangi tembok beton di rumah. Bobotnya yang ringan membuat tangan Anda minim pegal selama bekerja.

Karena bebas kabel, baterai mesin bor ini perlu diisi ulang secara teratur. Anda tidak perlu khawatir baterai cepat rusak karena produk ini memiliki teknologi pencegah overloading ataupun overdischarging. Panas yang dihasilkan ketika mesin bekerja pun tidak akan membuat baterai overheat.

Tipe mesin borCordless drill
FiturPengaturan kecepatan, putaran bolak-balik, rem elektrik, dua kecepatan mekanis, delapan belas pengaturan torsi, lampu LED
Ukuran (panjang x lebar x tinggi)20,1 x 6,6 x 20,9 cm
Bobot1,1 – 1,3 kg
Kisaran hargaRp1.412.000

5. DeWALT DWD024 701 13mm Percussion Drill

Lengkap dengan fitur lock-on untuk pengeboran berkelanjutan

Untuk pekerjaan berat, Anda bisa mempercayai DeWALT DWD024 701 13mm Percussion Drill. Mesin bor ini memiliki kecepatan putar mencapai 2.800 rpm. Menariknya, jika Anda perlu melubangi beton yang sangat keras, Anda dapat memanfaatkan fitur lock-on-nya. Fitur ini mengunci mesin agar terus melakukan pengeboran, sehingga tangan Anda tidak letih..

Meski bor ini dirancang untuk pekerjaan berat, bobot dari bor ini sendiri tergolong ringan. Guna memudahkan genggaman, gagang bor DeWALT berikut dilapisi bahan karet antiselip. Desainnya yang minimalis membuat bor ini tidak makan tempat, Anda bahkan bisa menggunakannya di pojok-pojok ruangan yang sempit.

Tipe mesin borCorded drill
FiturTombol “Lock on”, pengatur kecepatan, putaran bolak-balik
Ukuran (panjang x lebar x tinggi)25,5 x 8 x 18 cm
Bobot1,82 kg
Kisaran hargaRp745.000

6. Hitachi DV16VSS 16mm Impact Drill

Dukungan putaran kencang untuk memaksimalkan daya hantam

Pabrikan asal Jepang, Hitachi, juga mengeluarkan produk impact drill yang berkualitas. Kalau Anda mengerjakan proyek cukup berat dan melibatkan beton jenis keras, kecepatan putaran tinggi hingga 2.900 rpm yang ditawarkan bor ini bisa menjadi kabar baik.

Tenang saja, kecepatan mesin bor beton ini juga bisa diatur, begitu pula arah putarannya yang bisa diubah sesuai kebutuhan. Karena memerlukan daya listrik yang cukup besar, bor ini kurang dianjurkan untuk penggunaan skala rumah tangga.

Tipe mesin borCorded drill
FiturPengaturan kecepatan, putaran bolak-balik
Ukuran (panjang x lebar x tinggi)Tidak ada keterangan
Bobot1,5 kg
Kisaran hargaRp600.000

7. Maktec MT80B 16mm Impact Drill

Sumber: Shopee.co.id

Produk on budget yang minim penggunaan listrik!

Maktec MT80B 16mm Impact Drill paling ideal digunakan untuk keperluan konstruksi bangunan. Produk ini memiliki kecepatan putaran sebesar 2.900 rpm. Hasilnya, mesin bor ini mampu melubangi beton lebih cepat.

Dengan daya listrik yang terbilang kecil, yaitu 500 watt, tenaga yang dihasilkan tetap besar. Dari segi keamanan, mesin bor beton produksi Maktec ini memiliki switch lock button untuk meningkatkan stabilitas.

Tipe mesin borCorded drill
FiturPengaturan kecepatan, putaran bolak-balik, tombol pengunci switch
Ukuran (panjang x lebar x tinggi)26,2 x 7 x 19,6 cm
Bobot1,7 kg
Kisaran hargaRp475.000

8. Makita HP1630 Hammer Drill

Sumber: Makita.in

Walau berbobot berat, proyek pertukangan berat apa pun akan terasa ringan!

Untuk melubangi beton super keras, Anda memerlukan tenaga luar biasa dari mesin bor ini. Makita HP1630 Hammer Drill memiliki kecepatan putaran sampai 3.200 rpm dan daya pukul sebanyak 48.000 kali per menit.

Fitur lock-on pada bor ini membuat mesin bekerja sendiri, proyek pertukangan Anda akan terbantu diringankan. Produk ini tahan lama berkat terbuat dari bahan housing aluminium.

Tipe mesin borCorded drill
FiturInsulasi ganda, pengaturan kecepatan, putaran bolak-balik
Ukuran (panjang x lebar x tinggi)Tidak ada keterangan
Bobot2,1 kg
Kisaran hargaRp850.000

9. Bosch GSB 13 RE Professional

Mampu capai 47.000 kali hantaman hanya dalam satu menit!

Dengan daya 650 watt yang dilengkapi kecepatan putar sampai 3.150 rpm serta kecepatan pukul 47.000 kali per menit, bor ini menghasilkan tenaga ekstra besar untuk melubangi tembok beton paling keras sekalipun.

Bisa dibilang, mesin bor pabrikan Bosch ini sangat memfasilitasi berbagai kebutuhan pertukangan. Agar memudahkan Anda, bor ini didukung fitur umum seperti variable speed dan reversible. Anda cukup menyesuaikan dengan kebutuhan konstruksi Anda!

Tipe mesin borCorded drill
FiturPengaturan kecepatan, putaran bolak-balik
Ukuran (panjang x lebar x tinggi)26,2 x 7 x 19 cm
Bobot2 kg
Kisaran hargaRp1.265.000

10. Kova Cordless Impact Drill 20 V

Memudahkan pekerjaan konstruksi rumah tangga

Seringkali Anda mesti mengebor dinding rumah untuk menggantung foto dan lukisan, maupun keperluan lainnya. Bor cordless dari Kova satu ini memiliki daya putar hingga 1.300 rpm. Artinya, Anda bisa dengan mudah melubangi tembok dengan cepat.

Anda tidak hanya dapat melubangi tembok, melainkan bisa langsung memasang sekrupnya. Pasalnya, arah putaran mesin bor ini dapat diubah ke kanan maupun ke kiri. Mengebor tembok, menanam sekrup, mencabut sekrup, pasti mudah!

Tipe mesin borCordless drill
FiturPengaturan kecepatan, utaran bolak-balik
Ukuran (panjang x lebar x tinggi)Tidak ada keterangan
BobotTidak ada keterangan
Kisaran hargaRp545.000

Lihat juga rekomendasi mesin bor listrik terbaik lainnya di sini!

Apabila pekerjaan Anda tidak menuntut kebutuhan melubangi material beton, rasanya sudah cukup dengan bor listrik biasa. Namun, setiap pabrikan mengeluarkan produk dengan kelebihannya masing-masing. Sebagai referensi memilih bor listrik, silakan beralih ke artikel ini. Selamat membaca!

10 Rekomendasi Mesin Bor Listrik Terbaik

Kesimpulan

Seperti yang Anda lihat, ada cukup banyak karakteristik mesin bor beton sesuai kegunaannya. Mesin bor beton berkabel biasa digunakan untuk pekerjaan berat, sedangkan tanpa kabel untuk pekerjaan ringan. Anda perlu teliti membaca spesifikasi produk agar mendapat produk sesuai kebutuhan Anda.

Jika ini pertama kalinya Anda membeli mesin bor, lebih baik pastikan dulu bornya akan digunakan untuk apa. Kalau hanya untuk kebutuhan rumah tangga seperti melubangi dinding, maka pilihlah mesin bor cordless. Sebaliknya, jika Anda membutuhkan bor untuk kerja pertukangan, lebih baik pilih corded drill agar pekerjaan lebih efektif dan efisien. Semoga Anda berhasil menemukan mesin bor yang paling pas buat Anda, ya!

(Visited 247 times, 6 visits today)