DIY & Tools

Rekomendasi: 10 Mesin Kayu Terbaik untuk DIY & Pertukangan

Pekerjaan kayu belum bisa dibilang tuntas kalau seluruh permukaannya belum diratakan. Anda dapat melakukannya dengan bantuan mesin serut kayu alias ketam (planer). Selain mudah digunakan, perkakas elektrik ini juga memberikan hasil yang lebih mulus dibanding serut kayu manual.

Makita, Dewalt, dan Bosch adalah sedikit dari banyak merek mesin serut kayu di pasaran. Tak perlu pusing memikirkan pilih yang mana. Di artikel ini, kami terangkan trik dalam menyeleksi produk sekaligus rekomendasinya. Selamat membaca!

Cara Memilih Mesin Serut Kayu

Memilih mesin serut kayu bukanlah hal yang terlalu rumit. Pada dasarnya hanya ada lima aspek yang perlu Anda perhatikan dalam memilih, yakni model, kekuatan motor, kedalaman serut, jumlah dan kemudahan penggantian pisau, serta fitur pengumpul debunya.

Pilih Model yang Cocok dengan Intensitas Pekerjaan

Mesin serut kayu setidaknya dapat digolongkan menjadi tiga model: handheld, benchtop, dan stationary. Masing-masing model dirancang untuk intensitas dan jenis pekerjaan berbeda. Pilihlah yang paling ideal untuk pekerjaan Anda.

  • Handheld: Model terkecil dan paling ringkas. Cocok untuk pekerjaan skala kecil dan mendetail. Pengoperasiannya mudah namun karena mata pisaunya bergerak dalam kecepatan tinggi, diperlukan ketelitian untuk menjaganya tetap lurus.
  • Benchtop: Cocok untuk pekerjaan yang terlalu besar buat handheld planer. Cukup portabel untuk dibawa dari lokasi proyek yang satu ke lokasi yang lain.
  • Stationary: Dirancang untuk menggarap pekerjaan besar skala profesional berjumlah banyak. Ukurannya yang besar memerlukan ketersediaan ruang yang banyak. Hal yang sama juga membuatnya kurang portabel.

Periksa Kekuatan Motornya

blank

Tujuan Anda menggunakan mesin serut adalah meratakan permukaan kayu semulus mungkin. Seberapa mulus hasil serut bergantung pada kekuatan motor mesin itu sendiri.

Dalam menilai seberapa kuat tenaga motor, terdapat dua hal yang dapat dirujuk, yakni input daya dan kecepatan putar.

  • Input daya. Menunjukkan daya listrik yang dikonsumsi oleh mesin. Semakin besar daya inputnya, maka makin besar pula tenaga yang dihasilkan motor. Pastikan memilih planer dengan input daya sebesar mungkin yang dapat ditunjang tegangan listrik di tempat Anda bekerja.
  • Kecepatan putar. Menunjukkan seberapa banyak mata pisau berputar dalam satu menit (rotasi per menit [RPM]). Semakin cepat putarannya, makin mulus pula hasil serutannya.

Perihal Mata Pisau, Ini yang Harus Diperhatikan

blank

Mata pisau adalah komponen yang melakukan kontak dengan kayu. Sebab itu, tentu Anda perlu memberi perhatian terhadap kualitasnya. Sederhananya, ada dua hal terkait mata pisau yang perlu jadi perhatian, yaitu jumlah dan kemudahan penggantian.

  • Jumlah mata pisau. Semakin banyak jumlah mata pisau, semakin mulus hasil serutnya. Karena bebannya lebih terdistribusi, ketajaman tiap mata pisau pun terjaga lebih lama. Sebuah produk paling tidak dilengkapi oleh dua buah mata pisau. Anda dapat pilih yang lebih dari itu sesuai intensitas pekerjaan.
  • Kemudahan pelepasan. Mata pisau tidak akan tajam selamanya. Setelah beberapa waktu, Anda perlu mengasah atau menggantinya dengan yang baru. Untuk itu, lebih baik memilih produk yang mata pisaunya bisa dilepas dengan mudah.

Perhatikan Pembuangan Serbuk Kayunya

blank

Dalam proses kerjanya, mesin serut akan menghasilkan serbuk dan serpihan dari kayu yang diserut. Selain berbahaya bila terhirup dan terpapar mata, material ini juga menghambat kelancaran kerja. Maka itu, pastikan mesin serut yang Anda pilih memiliki pembuangan serbuk yang bisa diandalkan.

Fitur pembuangan serbuk ini harus mengarah lurus ke samping, baik kanan ataupun kiri. Semburannya pun harus kuat agar tidak ada serbuk yang berterbangan di dekat Anda. Kalau mau lebih rapi, Anda juga dapat memilih mesin yang memiliki fitur dust collection agar bisa dipasangi dust bag.

10 Rekomendasi Mesin Serut Kayu Terbaik

Apakah penjelasan kami seputar trik memilih mesin serut kayu mudah dipahami? Kalau Anda telah paham, upaya Anda dalam menemukan mesin terbaik akan jauh lebih mudah. Sebelum Anda menjelajah lebih jauh, periksalah sepuluh produk rekomendasi kami di bawah ini. Mungkin saja ada yang langsung cocok buat Anda!

1. Stanley STEL630

Siap mendukung proyek DIY Anda

Stanley STEL630 adalah mesin serut dengan performa andal untuk menunjang proyek DIY. Dilengkapi dengan motor bertenaga yang mampu menghasilkan 16500 RPM (tanpa beban), planer ini dapat meratakan permukaan kayu dengan mudah dan cepat. Input dayanya pun tidak terlalu besar sehingga cocok dipakai di rumah.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Mata pisau dapat diganti.
  • Garansi sampai 2 tahun.
  • Arah saluran pembuangan serbuk kayu dapat diatur ke kanan atau kiri.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Model Handheld
Kapasitas motor 750 watt
Kedalaman serut 1,6 mm
Kisaran harga Rp770.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. Makita 2012NB

Cocok buat yang punya workshop

Anda yang punya usaha workshop tentu sering mengerjakan pekerjaan kayu dalam skala yang besar. Dengan demikian, mesin serut kayu model benctop lebih dapat diandalkan. Contohnya, produk Makita ini.

Selain dapat meratakan kayu yang lebih lebar, tenaga yang diproduksi juga jauh lebih besar. Kayu demi kayu dapat dapat diratakan bergantian dalam waktu singkat. Asyiknya lagi, produk ini memiliki mekanisme khusus untuk mengantisipasi terjadinya snipe (penyerutan yang tidak rata di ujung papan).

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Dapat menyerut kayu yang tebal karena kapasitasnya yang besar.
  • Kedalaman serut dapat diatur.
  • Pengoperasian mudah dan intuitif.
  • Build quality kokoh. Tidak khawatir rusak meski dibawa ke lokasi proyek.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya mungkin agak mahal untuk sebagian orang.
Model Bench
Kapasitas motor 1.650 watt
Kedalaman serut 1,5 mm-3 mm
Kisaran harga Rp14.850.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

3. Dewalt DW735

blank

Sumber: Dewalt.com

Dilengkapi tiga mata pisau untuk hasil serut yang lebih mulus

Kebanyakan mesin serut di pasaran dilengkapi dua mata pisau. Dewalt mengambil langkah berbeda melalui seri DW735 yang dilengkapi tiga mata pisau. Mata pisau lebih banyaj artinya penyerutan bakal lebih mulus.

Tentu untuk mengoptimalkan kelebihan tersebut, diperlukan pula motor yang ekstra bertenaga. Benar saja, planer ini ditopang oleh motor bertenaga 1.800 watt yang sanggup mehghasilkan hingga 10.000 RPM.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Penyerutan tanpa snipe.
  • Andal buat menyerut hardwood.
  • Penggantian mata pisau mudah.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya mungkin terlalu mahal untuk beberapa orang.
Model Bench
Kapasitas motor 1.800 watt
Kedalaman serut 3 mm
Kisaran harga Rp12.000.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

4. Dewalt D26676

blank

Sumber: Dewalt.com

Kombinasi antara performa dan portabilitas

Bila Anda menginginkan kombinasi antara performa dan portabilitas, maka Dewalt D26676-lah yang Anda cari.

Handheld planer ini menawarkan motor bertenaga yang sanggup menghasilkan 17.000 RPM, namun daya inputnya sangat ramah karena hanya 550 watt saja. Alhasil, performanya takkan mengecewakan di mana pun Anda menggunakannya.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Bodi tidak bulky sehingga handling nyaman.
  • Kedalaman serut dapat diatur.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Tidak dapat dipasang dust bag.
Model Handheld
Kapasitas motor 550 watt
Kedalaman serut 1,5 mm
Kisaran harga Rp950.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

5. Bosch GHO 6500

Motor ekstra bertenaga untuk hasil pengetaman superior

Dibanding handheld planer pada umumnya, motor dari Bosch GHO 6500 lebih bertenaga. Tak hanya mampu menghasilkan 16.500 RPM, kedalaman pengetamannya juga sanggup mencapai 2,6 mm.

Uniknya, kapabilitas superior tersebut tidak lantas membuat input dayanya membengkak. Di angka 650 watt, produk ini tetap ramah untuk digunakan di rumah.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Build quality baik dengan kualitas material yang baik.
  • Pengoperasian tidak terlalu berisik.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya lebih tinggi dari kebanyakan handheld planer di pasaran.
Model Handheld
Kapasitas motor 650 watt
Kedalaman serut 2,6 mm
Kisaran harga Rp1.345.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. Orion WP-1900B

Handheld planer yang tidak bikin kantong jebol

Kami juga telah menyiapkan rekomendasi planer buat Anda yang budget-nya tipis. Orion WP-1900B hanya dibanderol sekitar 300 ribu.

Meski murah, kapabilitasnya tak dapat diremehkan. Hal ini terlihat dari motor 500 wattnya yang dapat menghasilkan hingga 16.000 RPM. Garansi yang diberikan oleh produsennya pun mencapai 1 tahun.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Suara motor halus.
  • Build quality tidak murahan.
  • Bobot ringan.
  • Harga terjangkau.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Model Handheld
Kapasitas motor 500 watt
Kedalaman serut 1 mm
Kisaran harga Rp271.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

7. Modern M-2900

Menghilangkan cuttermark bekas gergaji

Modern M-2900 adalah planer yang cocok untuk proyek DIY di rumah. Ini adalah produk yang tepat untuk meratakan sisa cuttermark dari pemotongan gergaji.

Berkat motor yang menghasilkan 16.000 RPM pun, hasil serutannya sangat mulus. Setelah diserut dengan produk ini, Anda tinggal mengamplas kayunya untuk menyelesaikan pekerjaan.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Hasil serut mulus dan rapi.
  • Build quality apik.
  • Pengaturannya presisi.
  • Harga terjangkau.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Model Handheld
Kapasitas motor 450 watt
Kedalaman serut 1 mm
Kisaran harga Rp405.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

8. Krisbow Planner 82X3MM 900W IRP82

blank

Sumber: Krisbow.com

Kedalaman serut sampai 3 mm

Planer dari Krisbow satu ini memiliki kedalaman serut di atas rata-rata handheld planer yang lain, yakni mencapai 3 mm. Hal ini membuatnya sangat kompeten dalam meratakan kayu yang memiliki banyak cuttermark tebal yang normalnya tergolong sulit diratakan dengan handheld planer.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Pengoperasian mudah dengan kenop on/off.
  • Kedalaman serut dapat disesuaikan.
  • Bobot relatif ringan.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Model Handheld
Kapasitas motor 900 watt
Kedalaman serut 3 mm
Kisaran harga Rp787.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

9. Benz Werkz BZ-8900

Terbuat dari material berkualitas yang tahan lama

Kami punya satu lagi rekomendasi planer yang ramah kantong. Dibanderol 300 ribuan, Benz Werkz BZ-8900 menawarkan performa apik dalam meratakan permukaan kayu. Jangan terkecoh oleh harganya, mesin serut ini terbuat dari material berkualitas untuk memastikan keawetannya.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Garansi panjang.
  • Harga terjangkau.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Model Handheld
Kapasitas motor 600 watt
Kedalaman serut 1 mm
Kisaran harga Rp385.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

10. Ryu RPL 82-3A

Bobotnya ringan, hanya 2,7 kg!

Ryu RPL 82-3A adalah planer murah meriah yang performanya apik di segala sisi. Motornya bertenaga sekaligus hemat listrik dengan input daya 620 watt.

Pengoperasiannya pun mudah dan nyaman berkat bobot yang hanya 2,7 kg. Sekalipun tidak terbiasa dengan kerja pertukangan, Anda takkan menemukan hambatan dalam mengoperasikan planer satu ini.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Cocok untuk kayu dengan tingkat kekerasan soft sampai medium.
  • Harga terjangkau.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Model Handheld
Kapasitas motor 620 watt
Kedalaman serut 2,5 mm
Kisaran harga Rp402.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

Tabel Perbandingan Mesin Serut Kayu

Produk Stanley STEL630 Makita 2012NB Dewalt DW735 Dewalt D26676 Bosch GHO 6500 Orion WP-1900B Modern M-2900 Krisbow Planner 82X3MM 900W IRP82 Benz Werkz BZ-8900 Ryu RPL 82-3A
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Model Handheld Bench Bench Handheld Handheld Handheld Handheld Handheld Handheld Handheld
Kapasitas motor 750 watt 1.650 watt 1.800 watt 550 watt 650 watt 500 watt 450 watt 900 watt 600 watt 620 watt
Kedalaman serut 1,6 mm 1,5 mm-3 mm 3 mm 1,5 mm 2,6 mm 1 mm 1 mm 3 mm 1 mm 2,5 mm
Kisaran harga Rp770.000 Rp14.850.000 Rp12.000.000 Rp950.000 Rp1.345.000 Rp271.000 Rp405.000 Rp787.000 Rp385.000 Rp402.000
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli

Kesimpulan

Dari sepuluh produk di atas, adakah yang Anda rasa cocok untuk pekerjaan Anda? Sebelum membeli, pastikan kandidat produk sudah ada teliti sesuai aspek-aspek yang telah kami jelaskan di bagian cara memilih.

Perlu diingat bahwa pengoperasian mesin serut kayu mesti dilakukan sambil menggunakan peralatan pelindung, seperti earplug untuk mengurangi bising motor, sarung tangan untuk meredam getaran mesin, serta googles untuk melindungi mata dari paparan serbuk kayu. Mudah-mudahan Anda menyukai mesin serut kayu baru Anda, ya!

Referensi

15 Different Types of Planers & Their Uses (with Pictures)
https://housegrail.com/different-types-of-planers/ diakses pada 9 Desember 2021

7 Best Wood Planers for Woodworkers and DIYers
https://www.popularmechanics.com/home/tools/g37114506/best-wood-planers/ diakses pada 9 Desember 2021

7 Best Wood Planers Of 2021 – Benchtop Thickness Planer Reviews
https://www.thedailygardener.com/best-wood-planer diakses pada 9 Desember 2021

How to Choose the Best Wood Thickness Planer
https://woodandshop.com/best-thickness-planer-for-woodworking-power-tool-buying-guide-04/ diakses pada 9 Desember 2021

You may also like

Comments are closed.