Written by 00:57 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Facial Foam Terbaik untuk Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi disebut-sebut sebagai tipe kulit yang cukup sulit dirawat. Bagaimana tidak, tipe kulit ini membutuhkan produk skincare yang cocok merawat dua kondisi kulit sekaligus. Pada tahapan cleansing, Anda memerlukan sabun wajah yang mampu mengangkat kotoran dengan lembut. Salah satu yang bisa dipertimbangkan adalah sabun berbentuk facial foam.

Busa yang dihasilkan facial foam ampuh membersihkan wajah dengan tuntas dan membuatnya tampak lebih cerah. Anda dapat memilih produk facial foam dari berbagai merek, seperti The Body Shop, Erha, COSRX, dan sebagainya. Simak artikel ini agar menemukan facial foam terbaik untuk kulit kombinasi Anda!

Cara Memilih Facial Foam untuk Kulit Kombinasi

Penting untuk memahami kebutuhan Anda sebelum menentukan facial foam pilihan. Mulai dari memahami tipe kulit, mencermati kandungannya, hingga memilih ukuran produk yang pas. Pembahasan lebih lanjut dapat Anda simak di bagian ini!

Kenali Tipe Kulit Kombinasi yang Anda Miliki

Agar kandungan dalam facial foam bekerja optimal, Anda perlu mengenali tipe kulit Anda. Secara garis besar, tipe kulit kombinasi terbagi menjadi tiga kondisi, yakni normal dan kering, normal dan berminyak, serta kering dan berminyak. Apa saja ciri-cirinya?

Normal dan Kering: Pilih Facial Foam yang Ekstra Melembapkan

Jika Anda mendapati zona U terasa lebih kering dibandingkan zona T, kemungkinan Anda memiliki tipe kulit normal dan kering. Jika tak dirawat, kekeringan berisiko semakin parah yang ditandai dengan permukaan kulit kasar hingga mengelupas. Hal ini menyebabkan produk makeup lebih sulit menempel.

Kondisi kulit kombinasi ini dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan kadar air dalam kulit, tidak mengaplikasikan pelembap, atau kurang tepat dalam memilih skincare. Pastikan Anda memilih facial foam yang ekstra melembapkan serta tidak mengandung alkohol dan fragrance. Selain itu, pilihlah jenis surfaktan yang lembut agar kulit Anda tidak semakin kering.

Normal dan Berminyak: Pilih yang Ampuh Mengangkat Minyak tanpa Membuat Kulit Kering

Perhatikan wajah Anda setelah beraktivitas seharian. Apakah zona T tampak lebih mengilap daripada bagian lainnya? Jika iya, Anda mungkin memiliki tipe kulit normal dan berminyak. Cara lainnya, coba perhatikan kondisi riasan Anda. Riasan di zona T biasanya akan lebih banyak terangkat karena area tersebut memproduksi lebih banyak minyak.

Kondisi ini bisa disebabkan salah satunya karena kulit kering yang dibiarkan terlalu lama. Pasalnya, kulit kering justru memicu kelenjar sebasea memproduksi minyak dalam jumlah besar. Untuk mengatasinya, kami menyarankan Anda memilih facial foam yang mampu membersihkan secara menyeluruh tanpa membuat wajah terasa kering. Misalnya, produk dengan kandungan charcoal.

Kering dan Berminyak: Pilih yang Memberi Efek Menenangkan Kulit

Tipe kulit kombinasi ini ditandai dengan tampilan pori-pori yang cukup besar disertai minyak pada bagian tertentu, sedangkan bagian lainnya terasa kering. Pada area yang berminyak, rentan timbul permasalahan seperti komedo dan jerawat. Untuk mencegahnya, diperlukan eksfoliasi kulit wajah secara rutin.

Selain itu, Anda juga perlu memilih facial foam yang membersihkan dengan ringan serta memiliki kandungan air cukup banyak. Komposisi produk yang bersifat calming seperti panthenol dapat menjadi pilihan tepat untuk jenis kulit ini. Karena tipe kulit ini juga rentan berjerawat, anti-acne facial foam juga bisa menjadi pertimbangan Anda..

Utamakan yang Bekerja Lembut tanpa Menimbulkan Efek Tertarik

Efek tertarik setelah mencuci muka menjadi salah satu pertanda produk tersebut terlalu keras untuk kulit Anda. Rasa kencang yang timbul dapat terjadi akibat sabun wajah terlalu banyak mengurangi kelembapan alami kulit. Setelahnya, kadar pH kulit wajah menjadi tak seimbang dan permukaan kulit terasa sangat kering.

Tipe kulit berminyak sekalipun disarankan menghindari jenis sabun wajah seperti ini. Alih-alih mengontrol minyak, rasa kering yang muncul justru membuat kulit semakin berminyak. Untuk mengatasinya, gunakanlah facial foam yang membersihkan secara lembut. Pilih juga produk berkandungan pelembap seperti hyaluronic acid dan glycerin.

Sesuaikan Kandungan Bahan Aktifnya dengan Permasalahan Kulit

Permasalahan kulit yang berbeda memerlukan kandungan bahan aktif yang berbeda pula. Berikut ini beberapa komposisi yang cocok untuk merawat masalah kulit yang umum dialami tipe kulit kombinasi.

Salicylic Acid: Membersihkan Menyeluruh serta Merawat Kulit Berjerawat

Akrab dengan jerawat, tipe kulit kombinasi berminyak wajib mengenal jenis BHA yang satu ini. Salicylic acid berfungsi untuk mengempiskan dan memudarkan peradangan akibat jerawat. Tak hanya itu, salicylic acid juga mampu membersihkan pori-pori untuk mencegah timbulnya komedo.

Kandungan ini juga bisa difungsikan sebagai mild peeling untuk eksfoliasi sehari-hari, lho. Sel-sel kulit mati akan terkikis sehingga kulit tampak lebih cerah dan terasa lembut, bekas jerawat pun lama-kelamaan memudar. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan manfaat oil control dari kandungan ini!

Niacinamide: Mencegah Kekusaman dan Memperkuat Skin Barrier

Senyawa dengan nama lain vitamin B3 ini baik untuk merawat semua jenis kulit, tak terkecuali kulit kombinasi. Selain berfungsi mencerahkan, niacinamide juga dapat memperkuat skin barrier wajah Anda. Karena itulah, kandungan ini sering direkomendasikan untuk merawat kulit sensitif.

Niacinamide juga dapat menangani masalah kulit lainnya seperti tampilan noda hitam dan garis halus. Di samping itu, kandungan ini bermanfaat untuk menghidrasi dan mengontrol produksi minyak. Membawa manfaat menyeluruh untuk kulit wajah, Anda bisa mengucapkan selamat tinggal pada kulit kusam!

Centella Asiatica: Menenangkan Kulit dan Mempercepat Penyembuhan Luka

Kandungan centella asiatica tengah naik daun di kalangan pecinta skincare. Tak heran, tanaman ini dikenal karena kaya antioksidan yang sangat baik untuk meredakan peradangan dan menyejukkan kulit. Jika masalah kulit Anda adalah kemerahan dan beruntusan, kami merekomendasikan facial foam dengan kandungan centella asiatica.

Centella asiatica juga dapat meningkatkan produksi minyak alami kulit. Hasilnya, kelembapan dan elastisitas kulit senantiasa terjaga, sekaligus membuat tampilan kulit lebih plump. Kandungan senyawa terpenoid-nya juga mampu mempercepat penyembuhan luka sehingga ideal untuk merawat kulit yang mengalami breakout.

Hyaluronic Acid dan Glycerin: Mampu Mempertahankan Kelembapan Lebih Lama

Kadar air dalam kulit selalu berubah-ubah karena proses penguapan alami yang disebut transepidermal water loss (TEWL). Akibatnya, kulit sedikit demi sedikit kehilangan kelembapan alaminya jika tak didukung tambahan kelembapan dari skincare. Untuk itu, Anda memerlukan facial foam yang mampu memerangkap kelembapan agar bertahan lebih lama di dalam kulit.

Hyaluronic acid dan glycerin adalah dua contoh kandungan yang menyediakan manfaat tersebut. Tak hanya mempertahankan kelembapan, kandungan ini dapat membuat kulit Anda tampak awet muda dan kenyal. Selain itu, dua senyawa ini juga berperan menangani hiperpigmentasi agar warna kulit lebih merata.

Charcoal: Bekerja Maksimal Menyerap Sebum dan Kotoran

Jika digunakan mengikuti standar yang telah ditetapkan, activated charcoal atau arang aktif memiliki beragam manfaat perawatan kulit wajah. Bahan ini sering dijumpai dalam produk deep cleansing berkat keampuhannya menyerap impurities pada kulit. Hasilnya, pori-pori kulit dapat bernafas berkat sebum dan kotoran bersih tuntas.

Namun, kandungan charcoal kurang direkomendasikan untuk pemilik tipe kulit sangat kering. Hal ini dikarenakan daya serap charcoal yang tinggi turut menyerap kelembapan alami kulit. Dampaknya, kulit kering akan diterpa beragam bentuk iritasi.

Cek Keamanan Produk untuk Meminimalkan Efek Samping

Kulit setiap orang memiliki batas toleransi yang berbeda-beda terhadap kandungan tertentu dalam skincare. Oleh karenanya, Anda perlu memperhatikan komposisi produk skincare yang akan dibeli, termasuk facial foam. Beberapa yang menjadi perhatian di antaranya kandungan paraben, sulfat, alkohol, silikon, dan apakah produk tersebut memicu timbulnya fungal acne.

Paraben merupakan salah satu jenis pengawet yang banyak digunakan dalam produk skincare dan makeup. Kandungan ini masih menuai kontroversi perihal dampaknya untuk kesehatan. Meski dinyatakan aman dengan jenis dan dosis yang tepat, sebagian orang memilih untuk menghindarinya. Beberapa jenis paraben yang diperbolehkan antara lain ethylparaben, methylparaben, butylparaben, dan propylparaben.

Sulfat merupakan cleansing agent yang berfungsi membersihkan kulit dari minyak dan kotoran. Utamakan jenis sulfat yang gentle agar kelembapan kulit tidak hilang. Facial foam yang mengandung simple alcohol seperti ethanol dan methanol juga sebaiknya dihindari karena dapat memicu iritasi dan membuat kulit terasa kering.

Bagi beberapa orang, silikon dapat membuat pori-pori wajah tertutupi yang kemudian memicu timbulnya komedo. Pastikan Anda membersihkan wajah dengan baik jika menggunakan produk berkandungan silikon. Bagi yang rentan terkena fungal acne, sebaiknya hindari komposisi yang berpotensi memicu fungal acne semisal fatty acid dan mineral oils.

Pilih Bentuk Kemasan yang Memudahkan Penggunaan

Agar lebih nyaman, pilihlah kemasan facial foam yang memudahkan penggunaan. Umumnya, produk facial foam dikemas dalam wadah berbentuk tube, pump, atau botol. Kemasan tube dan botol biasanya dikunci dengan tutup flip top atau screw top (tutup putar). Tutup flip top dan screw top menawarkan keamanan lebih baik untuk dibawa bepergian.

Tutup pump menawarkan kelebihan mudah untuk mengeluarkan isi produk, tetapi rawan mengotori skincare pouch bila dibawa bepergian. Selain itu, facial foam juga terdiri dari berbagai ukuran, mulai dari ukuran besar, sedang, dan travel size. Anda bisa menyesuaikan jenis kemasan dan ukurannya dengan kecenderungan penggunaan sehari-hari.

10 Rekomendasi Facial Foam untuk Kulit Kombinasi

Pada bagian ini, kami telah menyiapkan sepuluh facial foam untuk berbagai tipe kulit kombinasi. Silakan tentukan produk terbaik untuk merawat kulit kombinasi Anda!

1. The Body Shop Himalayan Charcoal Purifying Face Wash

Efektif menyerap sebum dengan kandungan Himalayan bamboo charcoal

Himalayan bamboo charcoal pada produk ini mampu membersihkan kulit hingga pori-pori terdalam untuk membebaskannya dari sumbatan kotoran dan sebum. Selain itu, produk ini juga dilengkapi tea tree oil dari Kenya yang berfungsi mengontrol produksi minyak berlebih. Kulit kombinasi berminyak Anda akan sangat dimanjakan dengan facial foam satu ini!

Meski berbahan dasar arang, The Body Shop mengimbangi komposisinya dengan glycerin dan Aloe vera untuk memastikan kelembapan kulit tetap terjaga. Teksturnya merupakan percampuran gel dan clay lembut sehingga nyaman di wajah. Ditambah wangi menyegarkan, facial foam satu ini akan membuat wajah Anda terasa bersih, halus, dan segar!

Tipe kulitNormal dan berminyak
Bahan utamaGlycerin, Himalayan bamboo charcoal, Melaleuca alternifolia (tea tree) leaf oil, citric acid, Eucalyptus globulus leaf oil, Aloe barbadensis leaf juice powder
Preferensi kandunganParaben-free, sulfate-free, alcohol-free, silicone-free, fungal acne safe, cruelty-free
KemasanTube flip-top, 125 mL
Kisaran hargaRp199.000

2. Erhalogy Gentle Skin Barrier Facial Wash

Membersihkan dengan lembut tanpa merusak skin barrier

Diformulasi khusus oleh dermatolog, facial foam dari Erha ini lembut membersihkan dengan tekstur yang ringan. Produk ini menawarkan tiga keuntungan untuk skin barrier, yakni melembapkan, antiinflamasi, dan busa yang lembut. Berkat kandungannya yang aman, Erhalogy Gentle Skin Barrier dapat digunakan mulai usia enam tahun ke atas, lho!

Juga mengandung PHA dan zinc PCA, produk ini mampu merawat kulit berjerawat dan kemerahan. Fungsi antiinflamasi dipercayakan pada Aloe vera dan panthenol. Menariknya lagi, bahan-bahan pelembapnya didapatkan dari Natural Moisturizing Factor (NMF) sehingga lebih aman di kulit. Menggunakan mild surfactant, kulit sensitif pun tak perlu ragu menggunakan produk ini!

Tipe kulitNormal dan kering
Bahan utamaGluconolactone, panthenol, glycerin, PHA, zinc PCA, Aloe barbadensis (Aloe vera) leaf extract
Preferensi kandunganFragrance-free, paraben-free, sulfate-free, alcohol-free, silicone-free, EU allergen-free
Kemasan dan ukuranTube flip-top, 60 g
Kisaran hargaRp78.500

3. Atomy Evening Care Foam Cleanser

Sumber: Atomy.com

Kebaikan ekstrak jamur ordyceps untuk kulit cerah berkilau

Beraktivitas seharian membuat kotoran, minyak, dan keringat yang menumpuk menjadikan kulit tampak kusam. Agar bersih kembali, gunakanlah facial foam yang memiliki fungsi membersihkan sekaligus mencerahkan. Atomy Evening Care Foam Cleanser dapat menjadi salah satu facial foam yang patut Anda pertimbangkan.

Produk ini memiliki bahan utama ekstrak jamur ordyceps yang bermanfaat mencerahkan kulit. Ada juga kandungan beta-glucan yang berfungsi melawan penuaan dini. Dipadukan dengan ekstrak tanaman herbal lain, kulit wajah Anda akan terasa lembap sekaligus ternutrisi.

Tipe kulitNormal dan berminyak
Bahan utamaLavandula angustifolia (lavender) extract, Rosmarinus officinalis (rosemary) leaf extract, Althaea officinalis leaf/root extract, Beta-glucan, ekstrak jamur ordyceps, ekstrak jamur Linus linteus, dan ekstrak tanaman lainnya
Preferensi kandunganSulfate-free, alcohol-free, silicone-free, EU allergen-free
Kemasan dan ukuranTube flip-top, 150 mL
Kisaran hargaRp135.000

4. COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser

Sumber: Cosrx.com

Rawat skin barrier dengan sabun wajah berkadar pH rendah

Facial foam rendah pH memiliki banyak kegunaan untuk kulit, beberapa di antaranya adalah memperkuat skin barrier dan memberinya kelembapan. Salah satu produk rekomendasi kami adalah COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser. Sifatnya yang mild acid dapat menyesuaikan kadar pH kulit, menjadikannya ramah untuk acid mantle wajah Anda.

Mengandung ekstrak tea tree oil, facial foam bertekstur gel ini mampu mengontrol sebum agar wajah bersih dan bebas kilap. Tak hanya itu, kandungan BHA-nya berfungsi untuk meluruhkan sel mati di kulit wajah dengan lembut. Meskipun nama produk ini menyiratkan penggunaan pagi saja, Anda tetap bisa menggunakannya dua kali sehari, kok!

Tipe kulitKering dan berminyak
Bahan utamaPueraria lobata root extract, betaine salicylate, Oenothera biennis (evening primrose) flower extract, Melaleuca alternifolia (tea tree) leaf oil, Pinus palustris leaf extract, allantoin, Ulmus davidiana root extract, dan ekstrak tanaman lainnya
Preferensi kandunganParaben-free, sulfate-free, alcohol-free, silicone-free, EU allergen-free, phthalates-free, vegan
Kemasan dan ukuranTube flip-top, 150 mL
Kisaran hargaRp104.300

5. Clinique Liquid Facial Soap Mild – Dry Combination

Sumber: Clinique.com

Merawat kulit dehidrasi tanpa membuatnya berminyak

Clinique menghadirkan facial foam yang ditujukan untuk kulit kombinasi kering dan berminyak. Busa yang dihasilkan mampu membersihkan tanpa merusak keseimbangan kadar air di dalam kulit. Facial foam ini membuat wajah terasa segar dan nyaman berkat formulanya yang ringan serta mudah dibilas.

Berkat komponen butylene glycol, sodium hyaluronate, dan Aloe vera juice sebagai moisturizing agents, alhasil area kering di wajah Anda akan terhidrasi tanpa menimbulkan kesan berminyak. Selain itu, formulanya yang gentle dan ringan membuat produk ini lebih cocok digunakan sebagai tahap kedua double cleansing.

Tipe kulitKering dan berminyak
Bahan utamaButylene glycol, sodium hyaluronate, Aloe barbadensis leaf juice
Preferensi kandunganFragrance-free, paraben-free, alcohol-free, silicone-free, EU allergen-free, fungal acne safe, phthalates-free
Kemasan dan ukuranTube flip-top (30 mL), pump (200 mL & 400 mL)
Kisaran hargaRp350.000 (ukuran 200 mL)

6. Pond’s InstaBright Tone Up Facial Foam

Sumber: Ponds.com

Mengandung Thymo-T dan milk essence untuk kulit cerah dan bebas jerawat

Mencari facial foam dengan harga terjangkau? Kami sarankan Anda mencoba Pond’s InstaBright Tone Up Facial Foam. Ekstrak Thymo-T dan milk essence pada produk ini mampu menghilangkan jerawat serta membuat kulit terasa lembut. Didukung niacinamide dan glycerin, wajah Anda senantiasa lembap dan terlihat cerah!

Jika tipe kulit kombinasi Anda adalah normal dan berminyak, tak ada salahnya mencoba facial foam ini. Teksturnya creamy dan sangat mudah dibusakan memberi pengalaman mencuci muka lebih menyenangkan. Selain itu, aroma wangi lembut yang terpancar memberikan efek relaksasi.

Tipe kulitNormal dan berminyak
Bahan utamaThymo-T essence, glycerin, niacinamide, milk essence, glutaboost essence
Preferensi kandunganParaben-free, alcohol-free
Kemasan dan ukuranTube flip-top, 100 g
Kisaran hargaRp26.200

7. Skin1004 Madagascar Centella Ampoule Foam

Mengandung ekstrak centella asiatica untuk menenangkan kulit berjerawat

Kulit Anda kombinasi cenderung kering, namun rentan terhadap jerawat? Untuk merawatnya, Anda bisa menggunakan produk berkandungan centella asiatica dari Skin1004 ini. Selain membantu menenangkan jerawat, ekstrak tanaman centella asiatica di dalamnya juga baik untuk menghidrasi kulit.

Skin1004 Madagascar Centella Ampoule Foam memiliki kadar keasaman rendah yang menjadikannya ramah bagi kulit. Di samping itu, facial foam ini juga tinggi akan moisturizing agent seperti sodium hyaluronate dan glycerin. Tak hanya bebas jerawat, tetapi kulit kering Anda juga ternutrisi dan terjaga kelembapannya!

Tipe kulitNormal dan kering
Bahan utamaCentella asiatica extract, sodium hyaluronate, glycerin, Eclipta prostrata extract, Coptis chinensis root extract
Preferensi kandunganParaben-free, sulfate-free, alcohol-free, silicone-free, EU-allergen free
Kemasan dan ukuranTube flip-top, 20 mL & 125 mL
Kisaran hargaRp232.650 (ukuran 125 mL)

8. Kiehl’s Calendula Deep Cleansing Foaming Face Wash

Sumber: Kiehls.co.id

Kulit wajah segar dan lembap dengan kebaikan tanaman calendula

Selain dibekali ekstrak calendula untuk mengendalikan minyak, Kiehl’s menambahkan kebaikan plant-based glycerin agar area kering di wajah Anda tetap terhidrasi. Bila Anda membutuhkan facial foam untuk kulit kombinasi berminyak dan kering, tak ada salahnya menjatuhkan pilihan pada produk ini.

Kelebihan lain yang dimiliki produk ini adalah kemampuan mengangkat kotoran wajah secara gentle. Maka dari itu, pemilik kulit kulit sensitif sekalipun tetap dapat menggunakan produk ini.

Tipe kulitKering dan berminyak
Bahan utamaAnthemis nobilis flower oil, Calendula officinalis flower extract, glycerin
Preferensi kandunganSoap-free, paraben-free, sulfate-free, alcohol-free, silicone-free, fungal acne safe
Kemasan dan ukuranBotol flip-top (75 mL), pump (230 mL)
Kisaran hargaRp399.000 (ukuran 230 mL)

9. Paula’s Choice Clear Pore Normalizing Cleanser

Membantu membersihkan dan meringkas pori-pori

Punya masalah tampilan pori-pori besar? Produk satu ini opsi terbaik untuk Anda! Alasannya, Paula’s Choice Clear Pore Normalizing Cleanser mengantongi 0,5% salicylic acid yang mampu meluruhkan kotoran dan sebum dari pori-pori terdalam. Salicylic acid juga dapat membantu meringkas pori untuk tampilan kulit lebih flawless.

Facial foam ini ideal digunakan untuk kulit kombinasi normal dan berminyak. Perpaduan salicylic acid, panthenol, dan glycerin yang terkandung akan membuat kulit wajah Anda bersih menyeluruh tanpa efek kering di wajah. Selain itu, tekstur gelnya memberikan efek menyegarkan dan menenangkan kulit.

Tipe kulitNormal dan berminyak
Bahan utamaSalicylic acid 0.5%, panthenol, glycerin, citric acid
Preferensi kandunganParaben-free, alcohol-free, silicone-free, EU allergen-free, cruelty-free
Kemasan dan ukuranBotol flip-top, 30 mL & 177 mL
Kisaran hargaRp350.000 (ukuran 177  mL)

10. Bless Facial Cleanser for Sensitive Skin

Sumber: Bless.co.id

Formulasi bebas sabun untuk kulit Anda yang sensitif

Anda yang memiliki kulit kering dan sensitif sebaiknya mengutamakan facial foam yang tidak mengandung sabun. Pasalnya, produk berbahan sabun memicu hilangnya kandungan alami yang dimiliki kulit. Pada kulit sensitif, kondisi ini dapat memicu iritasi.

Bila keadaan kulit Anda rentan iritasi, Bless menyediakan facial foam yang aman untuk kulit sensitif Anda. Selain bebas sabun, facial foam ini juga cocok dikenakan oleh pemilik kulit kering. Pasalnya, Bless menggunakan natural moisturizing factor (NMF) untuk mengembalikan kelembapan wajah pasca facial cleansing.

Tipe kulitNormal dan kering
Bahan utamaMild cleanser, allantoin, sodium lactate, sodium gluconate, lactic acid
Preferensi kandunganSoap-free, fragrance-free, alcohol-free
Kemasan dan ukuranTube flip-top, 100 g
Kisaran hargaRp99.000

Lihat juga rekomendasi produk skincare terbaik untuk kulit kombinasi lainnya di sini!

Facial foam adalah sabun pembersih wajah yang dirancang khusus untuk hasilkan busa banyak. Biasanya pula, facial foam lebih cocok untuk kulit berminyak. Jika kulit kombinasi Anda tidak disertai minyak berlebih, cobalah memakai facial wash.

Facial wash umumnya tidak terlalu kuat dalam membersihkah wajah. Selain facial wash, kami juga merekomendasikan serum yang bisa Anda coba untuk kulit kombinasi Anda. Kedua jenis skincare tersebut telah kami ulas pada kesempatan lain. Silakan pilih produk berdasarkan kebutuhan Anda!

10 Rekomendasi Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kombinasi
10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Kombinasi

Kesimpulan

Merawat kulit kombinasi memang membutuhkan effort lebih. Meski begitu, prosesnya akan semakin mudah ketika Anda sudah menemukan rutinitas skin care yang pas. Anda bisa memulainya dengan menggunakan facial foam sesuai kulit kombinasi Anda.

Sepuluh facial foam telah kami rekomendasikan untuk Anda. Adakah produk yang cocok dengan kulit kombinasi Anda? Cucilah muka sesuai petunjuk penggunaan agar Anda merasakan hasil yang maksimal. Kami harap artikel ini dapat membantu Anda menemukan facial foam untuk merawat kulit kombinasi Anda!

(Visited 190 times, 7 visits today)