Written by 02:29 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Kombinasi

Meski kebanyakan serum dibuat untuk kulit normal, kering, dan berminyak, beberapa produsen merancang serum untuk kulit kombinasi. Biasanya, serum serum wajah dengan fungsi penyeimbang kelembapan akan bekerja baik pada kulit kombinasi. Selain itu, produk yang minim bahan iritatif seperti fragrance dan alkohol ideal pula diaplikasikan ke kulit kombinasi disertai sensitif.

Di pasaran, berbagai pilihan serum tersedia dan bisa Anda gunakan untuk merawat wajah kombinasi. Merek-merek seperti Somethinc, Frudia, La Roche-Posay, dan lainnya mengeluarkan face serum khusus kulit kombinasi. Untuk membantu Anda temukan serum terbaik, kami telah rangkum cara memilih produk sekaligus menampilkan sepuluh serum wajah untuk kulit kombinasi. Jadi, simak sampai akhir, ya!

Cara Memilih Serum Wajah untuk Kulit Kombinasi

Perhatikanlah kebutuhan wajah kombinasi Anda terhadap sebuah serum. Mulai dari kandungan bahan aktif, tekstur serum, hingga apakah cocok dipakai ketika wajah Anda sedang sensitif. Selangkapnya mengenai cara memilih serum dapat Anda simak di bagian ini!

Pilih yang Mengandung Bahan untuk Menyeimbangkan Kelembapan Kulit

Semua jenis kulit membutuhkan hidrasi agar tampak glowing dan sehat, tidak terkecuali bagi jenis kulit kombinasi. Serum yang memiliki sifat hydrating akan berperan sebagai booster produk skin care yang diaplikasikan sebelumnya agar dapat bekerja lebih optimal.

Berikut ini beberapa kandungan aktif yang berfungsi untuk mengunci kelembapan dalam kulit. Mari kita bedah satu per satu dan temukan kandungan pelembap yang paling dibutuhkan kulit Anda!

Ceramide, Menjaga Kelembapan Area Wajah yang Kering

Pada umumnya, kulit kombinasi memiliki area kulit yang sangat kering di satu bagian dan sangat berminyak di bagian yang lain. Bahan aktif ceramide mampu mengunci kadar air agar tetap tinggal dalam lapisan kulit sehingga area kulit kering dan berminyak tetap memperoleh kelembapan yang sesuai.

Terjaganya kelembapan kulit akan memperkuat skin barrier sehingga kulit lebih tahan terhadap tanda-tanda breakout seperti jerawat dan bruntusan. Serum dengan kandungan ceramide baik untuk Anda yang memiliki kulit kombinsi dengan area kering lebih dominan daripada kulit yang berminyak.

Hyaluronic Acid, Zat Pengikat Air yang Meningkatkan Produksi Kolagen

Hyaluronic acid merupakan bahan aktif unik dengan kemampuan mengikat air yang terdapat dalam jaringan tubuh manusia, sekaligus meningkatkan produksi kolagen. Anda pasti sudah tidak asing dengan manfaat kolagen bagi keremajaan kulit, bukan? Tidak hanya itu, hyaluronic acid juga dipercaya mampu mengunci kelembapan hingga 600 kali, lho!

Sebenarnya, secara alami tubuh manusia memproduksi senyawa hyaluronic acid, namun kadarnya akan menurun seiring pertambahan usia. Untuk itu, kami sarankan memilih serum yang diperkaya kandungan bahan pelembap hyaluronic acid bagi Anda yang tengah mengoleksi skin care bersifat anti-aging untuk memaksimalkan usaha melawan penuaan dini.

Collagen, Protein Penting untuk Memelihara Lapisan Dermis

Sebagian besar zat kolagen terdapat pada lapisan kulit bagian dermis, fungsinya untuk menjaga lapisan kulit dalam agar tetap sehat. Kulit menjaga kesehatannya dengan menyintesis kolagen, yaitu proses menggantikan kolagen lama dengan kolagen yang baru. Oleh karena itu, kekurangan kolagen dapat menyebabkan lapisan dermis lebih rentan sehingga kulit tampak tidak sehat.

Kulit dehidrasi adalah satu pertanda kekurangan protein kolagen. Sebab kolagen menjadi protein yang sangat berpengaruh untuk menjaga kadar air di dalam kulit, maka serum dengan kandungan kolagen akan sangat baik untuk merawat kelembapan dan menjaga kesehatan kulit kombinasi Anda.

Glycerin, Golongan Humektan dengan Water-Based Formula

Glycerin merupakan salah satu kandungan pelembap yang bertipe humektan. Humektan tergolong menjadi beberapa formula pelembap berbahan dasar air (water-based). Pelembap lain yang memiliki sifat alami humektan di antaranya hyaluronic acid, aloe vera, dan seaweed. Sedangkan yang sintesis seperti glycerin sorbitol dan butylene glycol.

Humektan bekerja dengan menarik molekul air dari lingkungan agar masuk ke dalam sel-sel kulit sehingga kulit akan senantiasa terjaga kelembapannya. Kandungan water-based membuatnya cepat meresap dan tidak lengket. Serum berkandungan humektan seperti glycerin sangat cocok digunakan untuk kulit kombinasi dengan spot berminyak lebih banyak.

Pilih Tekstur Serum untuk Kinerja Spesifik yang Anda Butuhkan

Tekstur serum dapat menentukan khasiat dan keunggulannya bagi perawatan kulit Anda. Untuk itu, pemilihan serum berdasarkan tekstur dapat menjadi salah satu poin pencarian Anda. Berikut kami jelaskan beberapa tipe serum berdasarkan teksturnya. Silakan Anda sesuaikan dengan tujuan perawatan kulit yang diinginkan!

Liquid Serum, Tekstur Cairnya Unggul dalam Penyerapan ke Kulit

Mayoritas serum yang sering ditemukan di pasaran adalah jenis liquid serum. Meskipun berbentuk cair, tingkat keenceran serum jenis ini bervariasi mulai dari tekstur sangat encer seperti air hingga sedikit kental. Serum dalam bentuk liquid biasanya memainkan peranan hydrating dan brightening.

Secara umu, liquid serum tersedia dalam jenis try on, sehingga Anda bisa membeli ukuran kecilnya terlebih dahulu untuk memastikan kecocokan kandungan pada kulit wajah kombinasi Anda. Bentuknya yang cair juga menawarkan keunggulan dari segi kecepatan meresap, serta tidak meninggalkan rasa lengket di kulit.

Cream Serum, Tekstur Krim untuk Masalah Kulit yang Spesifik

Umumnya, kulit kombinasi memiliki perpaduan masalah kulit lain seperti wajah kusam, warna kulit tidak merata, bintik hitam, hingga garis halus dan kerutan. Karenanya, serum berbentuk krim atau cream serum dapat menjadi pilihan untuk merawat permasalahan kulit tertentu yang tengah Anda dihadapi.

Meski baik untuk merawat masalah kulit yang spesifik, beberapa krim serum membutuhkan waktu lama untuk meresap ke dalam kulit. Hal ini perlu menjadi perhatian terutama bagi Anda yang tidak memiliki waktu lama untuk merawat kulit. Namun, Anda dapat menyiasatinya dengan menjadikan cream serum sebagai skin care treatment di malam hari sebelum tidur.

Pilih Serum yang Rendah Kandungan Stimulan

Kulit kombinasi dapat menjadi salah satu pertanda ketidakseimbangan hormon. Hal ini dapat memicu meningkatnya sensitivitas kulit terhadap stimulan yang terkandung pada produk skin care. Penggunaan serum dengan kandungan stimulan tinggi akan menyebabkan kulit memproduksi sebum berlebih sebagai upaya menyeimbangkan diri dan mengurangi iritasi.

Untuk perawatan kulit wajah, usahakan untuk memilih serum yang mengandung bahan iritatif seminimal mungkin agar lebih ramah pada kulit Anda. Serum dengan kandungan bahan-bahan alami dan tanpa tambahan parfum maupun pewarna berlebihan termasuk cocok untuk merawat jenis kulit kombinasi.

10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Kombinasi

Pada bagian sebelumnya, Anda telah mendapatkan berbagai informasi mengenai pemilihan serum yang tepat dengan melihat kandungan pelembapnya, teksturnya, serta bahan serum yang sebaiknya dihindari. Selanjutnya, kami telah mengurutkan 10 rekomendasi serum wajah terbaik yang sesuai untuk kulit kombinasi. Pilih berdasarkan goals perawatan Anda, ya!

1. iUNIK Propolis Vitamin Synergy Serum

Kebaikan propolis untuk perawatan kulit kombinasi

Propolis merupakan bahan perekat alami yang dihasilkan lebah untuk melindungi sarangnya. Zat ini dipercaya memiliki sejuta manfaat bagi tubuh manusia. Di dalamnya terkandung khasiat meredakan peradangan dan antibakteri, virus, serta jamur. Kini, kebaikan propolis hadir dalam sebotol serum iUNIK Propolis Vitamin Synergy yang bisa Anda coba!

Kandungan propolis pada serum ini dapat memberikan efek tenang pada kulit dan memperbaiki moisture barrier yang rusak. Serum iUNIK diperkaya sea buckthorn extract yang tinggi vitamin C dan omega 7 untuk mencerahkan dan memelihara kelembapan. Komposisi niacinamide dan centella asiatica juga menjadi andalan serum ini untuk merawat kulit meradang akibat jerawat sekaligus mengusir bekasnya.

Keunggulan fungsiMenenangkan, menutrisi, mencerahkan. mencegah kerutan
Bahan pelembapBeta-glucan, butylene glycol, sodium hyaluronate, glycerin
Tekstur serumLiquid
Ukuran/isi50 mL
Kisaran hargaRp193.000

2. Blithe Crystal Iceplant Pressed Serum

Mengandung tanaman iceplant yang kaya antioksidan

Gel serum keluaran Blithe ini memberikan sensasi dingin saat diaplikasikan sehingga baik untuk menyejukkan jenis kulit kombinasi dominan berminyak dan acne-prone. Ekstraksi tanaman iceplant yang dipanen langsung dari Gurun Namib membawa kekayaan zinc, kolagen, dan beta karoten yang berfungsi sebagai antioksidan.

Diformulasi untuk merawat kulit yang bermasalah dengan polluaging (aging dan pollution), serum multifungsi ini mengklaim mampu memberikan efek peremajaan dan melindungi kulit Anda dari paparan radikal bebas. Tidak hanya itu, produk yang ideal untuk kulit kombinasi ini mengantongi sertifikasi cruelty free karena tidak diujicobakan pada hewan.

Keunggulan fungsiMenyegarkan wajah yang sering terpapar sinar UV dan polusi
Bahan pelembapChamomilla recutita (matricaria) flower oil, butylene glycol, glycerin, oenothera biennis (evening primrose) flower extract
Tekstur serumGel
Ukuran/isi50 mL
Kisaran hargaRp481.000

3. Somethinc HYALuronic B5

Ekstra melembapkan dengan bahan-bahan yang gentle

Somethinc adalah merek skin care lokal yang tengah mencuri perhatian akhir-akhir ini. Membawa komposisi 2% hyaluronic dan vitamin B5, serum ini sengaja didesain untuk mengunci kelembapan rapat-rapat untuk mengurangi efek menguap dari kulit. Alhasil, produksi sebum berlebihan dapat ditekan karena kelembapan kulit telah terpenuhi.

Kandungan vitamin B5-nya membantu kulit tampak cerah dan lembut sehingga kulit tampak glowing, kenyal, dan terhindar dari penuaan dini. Serum ini juga baik untuk kulit selain kombinasi karena pH-nya yang seimbang (pH 5,5), non-fragrance, serta telah bersertifikat aman & halal dari BPOM & MUI. Karena formulasi dan takarannya telah dinyatakan aman, ibu hamil dan menyusui juga boleh menggunakan serum ini, lho!

Keunggulan fungsiMelembapkan, melembutkan, mencerahkan, memelihara elastisitas
Bahan pelembapHyaluronic acid
Tekstur serumLiquid
Ukuran/isi20 mL
Kisaran hargaRp115.500

4. Nacific Fresh Herb Origin Serum

Tidak menyumbat pori yang dapat memicu komedo

Nacific menyematkan berbagai bahan alami sebagai kandungan utamanya, antara lain aloe barbadensis leaf water, aspalathus linearis extract, helianthus annuus seed oil, dan komposisi alami lain. Serum berbotol kaca ini dikenal sebagai ‘damn serum!’ karena memberikan efek tingling alias sensasi menggelitik setelah dibaurkan pada kulit. Teksturnya merupakan percampuran antara air dan minyak, sehingga Anda disarankan untuk mengocoknya terlebih dahulu sebelum digunakan.

Nacific Fresh Herb Origin Serum memiliki klaim antioxidant patented ingredients yang dapat merangsang produksi kolagen serta teruji klinis non-comedogenic. Selain menawarkan efek mencerahkan, serum ini dikenal bagus untuk mengecilkan pori-pori, menyamarkan fine lines, menjaga kelembapan, serta memperbaiki tekstur kulit. Penasaran mencobanya?

Keunggulan fungsiMengecilkan pori-pori, mengurangi kerutan halus, melembapkan, meratakan tekstur
Bahan pelembapGlycerin
Tekstur serumLiquid
Ukuran/isi50 mL
Kisaran hargaRp175.000

5. Frudia Pomegranate Nutri-Moisturizing Serum

Mengekstraksi buah delima untuk manfaat anti-aging dan hydrating

Kehadiran 64% ekstrak delima pada serum ini menjanjikan Anda kulit lembap dan bebas tanda penuaan dini. Selain itu, ekstrak pomegranate diklaim mampu mengikat kolagen untuk menjaga elastisitas kulit, polifenol, dan sifat antioksidannya memberikan hidrasi ekstra sekaligus menghambat penguapan air.

Di samping ekstrak delima, tersemat pula adenosin yang ditujukan untuk mengatasi kerutan menebal. Fruda Pomegranate Nutri-Moisturizing Serum baik untuk Anda yang bermasalah dengan kulit kombinasi cenderung kering disertai tanda-tanda penuaan, misalnya garis halus dan kerutan.

Keunggulan fungsiMeminimalisir kerutan, meningkatkan elastisitas, melembapkan dari kulit terdalam
Bahan pelembapPanthenol, butylene glycol, glycerin, sodium hyaluronate, tocopherol (vitamin E)
Tekstur serumLiquid
Ukuran/isi50 mL
Kisaran hargaRp400.000

6. BIYUxVA Hyaluronic Acid Serum

Serum anti-aging dengan harga terjangkau

Serum ini mengantongi 2 bahan aktif yaitu hyaluronic acid dan swertia chirata extract. Hyaluronic acid bertugas mengunci kelembapan serta menangkal radikal bebas. Belum berhenti, asam hialuronat di dalamnya juga berefek antiaging. Buat Anda yang ingin menjaga kekenyalan kulit dan meminimalisir tampilan kerutan-kerutan halus, cobalah BIYUxVA Hyaluronic Acid Serum.

Sementara itu, swertia chirata extract akan memaksimalkan peran anti-aging melalui peran regenerasi sel untuk melawan tanda penuaan serta memperbaiki tekstur kulit. Anda bisa mendapatkan serum multiguna ini dengan harga kurang dari Rp200.000, lho! Meski harganya terjangkau, liquid serum satu ini sudah dijamin BPOM dengan nomor registrasi NA18190124301.

Keunggulan fungsiMelembapkan, menghaluskan, mengencangkan
Bahan pelembapHyaluronic acid
Tekstur serumLiquid
Ukuran/isi15 mL
Kisaran hargaRp139.000

7. La Roche-Posay Hyalu B5 Serum

Kulit kombinasi Anda didominasi kekeringan? Coba serum ini, deh!

La Roche-Posay menempatkan 3 kandungan andalannya yaitu hyaluronic acid murni, vitamin B5, serta madecassoside yang didapatkan dari ekstrak centella asiatica. Bahan aktif ini di-boost dengan vitamin E dan C untuk memaksimalkan fungsinya. Berkat seluruh komposisi kunci tersebut, serum ini diklaim ampuh mengatasi kulit kemerahan dan iritasi.

Selain itu, Anda pun merasakan sensasi kulit lembap yang bertahan lama. Untuk melawan tanda-tanda penuaan, atau memperbaiki skin barrier, serum ini jagonya! Hanya saja, keberadaan alkohol dan fragrance dalam produk ini perlu Anda perhatikan, khususnya bagi Anda yang memiliki kulit super sensitif.

Keunggulan fungsiMelembapkan, anti-aging
Bahan pelembapGlycerin, panthenol, butylene glycol, propylene glycol, sodium hyaluronate, tocopherol (vitamin E)
Tekstur serumLiquid
Ukuran/isi30 mL
Kisaran hargaRp599.000

8. For Skin’s Sake Hyaluronic Acid Serum

Serum melembapkan dengan efek plumping

Ingin kulit kombinasi Anda terlihat lembut, mulus, dan plump? Anda bisa mengandalkan serum keluaran For Skin’s Sake satu ini. Untuk fungsi pelembap, serum ini memanfaatkan 100% pure botanical hyaluronic acid. Kekuatannya diperkaya ekstrak green tea, MSM, dan vitamin E untuk mendapatkan kulit ekstra hydrate dan terjaga keremajaannya.

Warnanya bening dengan tekstur ringan menjadikan formula serum cepat meresap tanpa kesan lengket setelahnya. Soal keamanan, formulasi serum ini didesain bersama komponen yang bebas paraben dan fragrance sehingga cocok untuk semua jenis kulit. Bagi Anda yang mencari kriteria serum cruelty-free, produk ini masuk dalam list juga, lho!

Keunggulan fungsiMenghidrasi dan melembapkan
Bahan pelembapHyaluronic acid
Tekstur serumLiquid
Ukuran/isi30 mL
Kisaran hargaRp225.000

9. Sensatia Botanicals Jasmine Sambac Facial C-Serum

Serum organik dengan kandungan vitamin C 70x lebih banyak dari jeruk

Tahukah Anda bahwa kakadu plum memiliki kandungan vitamin C 70x lipat dari jeruk sekaligus sumber vitamin C terkaya di dunia? Serum keluaran Sensatia Botanicals menghadirkan kebaikan kakadu plum untuk mengurangi kerutan serta mencerahkan kulit. Tak cuma itu, serum ini juga diperkaya kemurnian bahan alami lain seperti lidah buaya, alpukat, ginseng, bengkoang, kayu cendana, dan neroli blossoms.

Untuk memastikan kualitas bahan organiknya, serum dengan wangi alami melati ini telah disertifikasi USDA Organic sehingga lebih terjamin kealamiannya. Selain itu, penggunaan rutinnya mampu merawat hiperpigmentasi dan warna kulit tidak merata. Bagi Anda penggemar skin care berbahan organik pasti akan menyukai serum satu ini!

Keunggulan fungsiMengurangi garis halus, memperbaiki warna kulit
Bahan pelembapTocopherol (vitamin E), oenothera biennis (evening primrose) oil
Tekstur serumLiquid
Ukuran/isi60 mL
Kisaran hargaRp180.000

10. Bellflower Idebenone Brightening Serum

Brightening serum dengan kandungan antioksidan

Permasalahan rona kulit tidak merata dan hiperpigmentasi merupakan masalah umum di daerah negara tropis. Bellflower dengan kandungan 2% niacinamide akan merawat uneven skin serta memberikan efek mencerahkan dan menguatkan skin barrier. Bahan aktif lain hydroxydecyl ubiquinone akan memberikan Anda perlindungan dari tanda-tanda penuaan, menstimulasi sintesa kolagen, serta melembapkan kulit.

Teksturnya ringan dan terasa seperti minyak, namun ketika diaplikasikan, formulanya cepat terserap ke kulit dan sama sekali tidak meninggalkan rasa lengket. Selain itu, kandungan vitamin C dalam serum ini akan meningkatkan kecerahan wajah Anda. Bahan-bahan alami yang tersemat mengukuhkan produk ini ideal digunakan pemilik kulit sensitif!

Keunggulan fungsiMelembapkan, menghaluskan, mencerahkan
Bahan pelembapHydroxydecyl ubiquinone (idebone), panthenol, butylene glycol, glycerin, oenothera biennins (evening primrose) flower extract, ascorbic acid (vitamin C)
Tekstur serumLiquid
Ukuran/isi50 mL
Kisaran hargaRp260.000

Lihat juga rekomendasi serum wajah terbaik sesuai kondisi dan permasalahan kulit lainnya!

Sesekali, wajah Anda boleh jadi sangat berminyak. Produk serum yang digunakan haruslah mampu mengontrol minyak berlebih tersebut. Selain itu, wajah yang berpori-pori besar atau banyak bekas jerawat juga bisa diatasi dengan serum khusus pengecil pori dan penghilang bekas jerawat.

Selain wajah berminyak dan berpori, ada pula serum yang didesain untuk kulit kering, sensitif, dan beberapa bahkan ampuh untuk mencerahkan skin tone wajah. Maka dari itu, pastikan Anda memilih serum berdasarkan fungsi utamanya. Berikut produk serum lain yang mungkin cocok dengan masalah Anda di kemudian hari.

10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik
10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak
10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Kering
10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Sensitif
10 Rekomendasi Serum Penghilang Bekas Jerawat Terbaik
10 Rekomendasi Serum Pemutih Wajah Terbaik

Kesimpulan

Setelah menengok rekomendasi produk beserta tips memilihnya, kini Anda lebih mudah menemukan serum wajah yang cocok untuk kulit kombinasi, bukan? Meskipun tidak tergolong sebagai produk skin care esensial, sebaiknya Anda mulai menggunakannya rutin setiap malam sehabis mencuci muka dan pemakaian toner, terlebih bila Anda telah berusia 20-an atau lebih.

Serum wajah akan merawat wajah Anda untuk mempertahankan kesehatan sekaligus penampilan terbaiknya. Jika Anda masih bimbang terhadap banyaknya pilihan di atas, kembali ingat kebutuhan dasar kulit wajah Anda beserta fungsi tambahan yang Anda inginkan. Dengan begitu, Anda bukan hanya memperoleh produk yang cocok, tetapi juga sempurna!

(Visited 989 times, 44 visits today)