Written by 05:03 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Kombinasi

Innisfree Apple Seed Deep Cleansing Foam

Beda dengan tipe kulit lain, merawat kulit wajah kombinasi dianggap lebih merepotkan. Apakah Anda memiliki kondisi demikian? Tentu Anda tidak bisa sembarangan melakukan perawatan, termasuk ketika menggunakan sabun muka untuk kulit kombinasi. Pastikan untuk memakai pembersih wajah yang disesuaikan dengan tipe kulit kombinasi Anda!

Dalam pemilihan sabun muka untuk kulit kombinasi, manakah yang cocok: facial foam atau facial wash? Berbagai merek merilis produk pembersih terbaik untuk orang dengan kulit kombinasi, The Body Shop, Sebamed, dan Cetaphil contohnya. Jangan asal dalam memilih, kami akan memandu Anda menemukan produk paling tepat di sini! Oleh sebab itu, simak terus artikel ini sampai akhir!

Kulit Kombinasi dan Penyebabnya

Kulit Kombinasi dan Penyebabnya

Apa itu kulit kombinasi? Untuk mengetahuinya, mari terlebih dahulu dipahami bahwa kulit wajah terbagi menjadi beberapa area, yakni Zona-T yang meliputi dahi, hidung, dan dagu serta Zona-U yang meliputi pipi dan rahang. Pada orang dengan kulit kombinasi, terdapat perbedaan antara dua bagian tersebut.

Zona-T merupakan area cenderung lebih berminyak, sedangkan Zona-U lebih sering kering. Dalam beberapa kondisi, misalnya saat cuaca dingin, kulit kombinasi menjadi lebih kering. Begitu pula sebaliknya saat musim panas yang terasa berminyak akibat produksi sebum berlebih untuk mengimbangi efek paparan panas.

Di samping faktor genetik, masih banyak hal lain yang menjadikan kulit wajah kombinasi. Contohnya, penggunaan produk skincare di luar batas wajar dapat mendorong aktivitas kelenjar minyak secara berlebihan. Pemakaian kosmetik yang tidak tepat juga dituding berkontribusi dalam membuat kulit kombinasi.

Untuk mengetahui apakah Anda memiliki tipe kulit kombinasi, mudah saja. Jika dalam suatu area, misalnya Zona-T terasa berminyak, namun area selain Zona-T mengalami dry patches, besar kemungkinan Anda mempunyai jenis kulit kombinasi. Indikasi lain yang menandakan Anda berkulit kombinasi adalah sebagian area di wajah rentan terhadap jerawat, sementara yang lain tidak.

Cara Memilih Sabun Muka untuk Kulit Kombinasi

Jika Anda memiliki kulit kombinasi, pastikan untuk memilih sabun muka dengan daya kerja lembut di seluruh bagian wajah. Namun demikian, tetap perhatikan formulasi kandungan produk apakah sesuai dengan jenis kulit kombinasi Anda beserta masalah wajah yang mungkin sedang Anda alami.

Segala poin penting untuk dipertimbangkan saat memilih sabun muka untuk kulit kombinasi akan kami terangkan di bagian ini. Silakan disimak!

Lebih Cocok Menggunakan Facial Foam atau Facial Wash?

Lebih Cocok Menggunakan Facial Foam atau Facial Wash

Secara umum, sabun muka dibedakan dalam dua bentuk, yakni facial foam dan facial wash. Apabila keluhan Anda terhadap masalah minyak lebih tinggi, cobalah untuk membeli sabun muka berjenis facial foam. Facial foam merupakan pembersih yang bekerja dengan menghasilkan busa melimpah. Busa tersebut yang nantinya menyeimbangi formula pengangkat sebum dan kotoran dari pori-pori wajah agar tidak kering.

Selain berfungsi sebagai penyingkir minyak, facial foam kerap disertai fitur mencerahkan kulit. Jadi, apabila Anda bermaksud mengatasi kulit kombinasi yang rentan berminyak, gunakanlah facial foam. Facial foam juga cocok untuk Anda yang memiliki kulit kombinasi disertai acne prone. Dengan efek pembersihan lebih dalam, facial foam sangat efektif mencegah pembentukan jerawat.

Untuk facial wash, biasanya produk pembersih ini didesain untuk orang dengan kulit wajah kering dan sensitif. Apabila kulit kombinasi Anda adalah normal dan kering atau sedikit berminyak dan cenderung kering, cobalah menggunakan sabun muka berjenis facial wash. Umumnya, facial wash dilengkapi komponen pelembap. Beberapa mungkin lebih cocok memakai facial wash bertekstur gel, terutama untuk Anda yang juga mengalami masalah kulit sensitif.

Identifikasi Dulu, Bagaimana Tipe Kulit Kombinasi Anda?

Mengetahui apakah kulit Anda bertipe kombinasi tidaklah sulit. Garis besarnya, kulit kombinasi merupakan kombinasi dari kulit normal dan kering, normal dan berminyak, atau berminyak dan kering. Pertanyaannya, manakah yang termasuk kulit kombinasi Anda?

Kulit Kombinasi Normal dan Kering

Kulit Kombinasi Normal dan Kering

Zona U merupakan area yang terasa lebih kering dibandingkan Zona T. Pada sebagian orang, kondisi kering bisa cukup parah sehingga bukan hanya tampilan kering yang mengganggu, namun juga efek pecah-pecah dan kulit pun terasa gatal. Apabila Anda mengalami keluhan tersebut, kemungkinan besar Anda termasuk orang dengan tipe kulit kombinasi normal dan kering.

Kami sarankan Anda mencari sabun muka yang diperkaya formula pelembap yang bukan berasal dari golongan minyak. Jika berencana membeli facial foam, pastikan daya pembersihnya tidak terlalu kuat supaya area yang kering tidak mengalami iritasi, sekaligus mencegah sabun menghapus lebih banyak minyak alami di kulit wajah.

Kulit Kombinasi Normal dan Berminyak

Kulit Kombinasi Normal dan Berminyak

Untuk tipe kulit kombinasi normal dan berminyak bisa dikenali dengan mengecek salah satu area wajah. Biasanya, dahi, hidung, dan dagu memproduksi sebum lebih banyak untuk orang berkulit kombinasi satu ini, sementara zona di luarnya (Zona U) tampak tidak bermasalah dari segi kelembapan.

Untuk tipe kulit kombinasi ini, Anda dapat mengandalkan sabun muka berjenis facial foam ataupun facial wash. Meski demikian, tetap pastikan di dalam produk terkandung komponen pelembap yang memberi efek melembapkan skala medium, namun memiliki keunggulan lain dalam menghilangkan minyak wajah dan kotoran dari dalam pori-pori.

Kulit Kombinasi Berminyak dan Kering

Kulit Kombinasi Kering dan Berminyak

Jenis ini merupakan tipe kulit paling sulit ditangani. Perpaduan antara kulit berminyak dan kering memungkinkan jerawat rentan muncul. Di Zona T, sebum sangat sulit dikontrol, sedangkan Zona U menunjukkan kondisi yang berkebalikan sepenuhnya.

Penting mencari sabun muka yang tepat untuk menangani tipe kulit kombinasi ini agar jerawat tidak muncul atau area yang kering mengalami iritasi. Anda kami rekomendasikan untuk membeli sabun muka yang mampu membersihkan hingga  ke pori-pori dengan sifat exfoliating sedang. Supaya area yang kering tidak terasa tertarik atau memerah, gunakan pelembap setiap habis mencuci wajah.

Sesuaikan Kandungan pada Setiap Produk dengan Tipe Kulit

Akan terasa lebih mudah jika Anda mengetahui apa saja fungsi dari komponen-komponen dalam setiap produk. Dengan begitu, tentu harapan Anda dalam merawat wajah kombinasi selalu bersih tetap terlaksana.

Maka dari itu, cermatilah kandungan dari sabun muka yang hendak Anda pilih termasuk efek kerjanya. Apa saja komponen yang biasa tercantum dalam sabun muka, ya? Berikut selengkapnya!

Salicylic Acid: Membantu Mengontrol Sebum untuk Kulit Kombinasi Normal dan Sering Berminyak

Salicylic Acid Membantu Mengontrol Sebum untuk Kulit Kombinasi Normal dan Sering Berminyak

Apabila Anda termasuk pemilik kulit kombinasi normal dan berminyak, carilah sabun muka yang mengandung salicylic acid. Senyawa golongan BHA (beta hydroxy acid) ini lebih sering digunakan dalam produk physical exfoliant. Hal tersebut dikarenakan salicylic acid  mampu membersihkan kotoran dan minyak wajah yang menumpuk di lapisan epidermis secara mendalam.

Walau efektif dalam membersihkan kotoran, sel kulit mati, dan minyak sekaligus mengontrol produksi sebum pada wajah, salicylic acid merupakan senyawa keratolytic dengan daya pembersih kuat. Untuk mencegah efek kering, hindari pemakaian sering-sering dan bila diperlukan, terapkan pelembap ke area wajah Anda yang kering seusai mencuci muka.

Glycolic Acid: Bekerja secara Lembut dalam Membersihkan, Cocok untuk Kulit Kombinasi Berminyak dan Kering

Glycolic Acid Bekerja Lebih Lembut dalam Membersihkan Cocok untuk Kulit Kombinasi Cenderung Berminyak

Glycolic acid dianggap lebih ramah sehingga bisa Anda andalkan untuk mengatasi perpaduan kulit berminyak dan kering. Glycolic acid merupakan keluarga alpha hydroxy acid (AHA) yang umum dimanfaatkan sebagai bahan peluruh sel kulit mati, minyak, dan kotoran dalam produk chemical exfoliant.

Mempunyai ukuran molekul kecil, glycolic acid mampu menyerap minyak tanpa meninggalkan kesan kering yang mengganggu. Oleh karena tetap ada risiko efek kulit kering, sebaiknya Anda pakai ketika wajah terasa sangat berminyak saja.

Hyaluronic Acid: Memberikan Kelembapan pada Kulit Kombinasi Normal dan Kering

Hyaluronic Acid Memberikan Kelembapan pada Kulit Kombinasi Normal dan Kering

Ada banyak jenis pelembap dalam produk skincare, salah satunya humektan. Hyaluronic acid merupakan salah satu anggota pelembap jenis humektan yang dapat mempertahankan kadar air dan telah terbukti mampu meningkatkan elastisitas kulit.

Saat musim penghujan atau di ruangan ber-AC, paparan udara dingin dapat mendorong wajah terasa kering. Untuk Anda yang ingin membersihkan sekaligus melembapkan wajah, cobalah sabun muka jenis facial wash yang mengandung hyaluronic acid. Sabun muka semacam ini cocok dan aman untuk Anda yang berkulit kombinasi normal dan kering gunakan setiap hari.

Vitamin E: Melembapkan Area yang Kering tanpa Menambah Lapisan Minyak di Area yang Berminyak

Vitamin E Melembapkan Area yang Kering Tanpa Menambah Lapisan Minyak di Area yang Berminyak

Komponen vitamin E termasuk fleksibel karena dapat memberikan kelembapan tanpa meninggalkan kesan berat akibat “minyak” yang dikirimkan. Jika Anda membutuhkan sabun muka untuk kulit kombinasi berminyak dan kering, tidak ada salahnya mencoba produk yang diformulasikan vitamin E.

Vitamin E merupakan moisturizer yang biasa ditemukan dalam produk topikal. Selain membantu melembapkan, vitamin E juga mencegah efek kulit terbakar akibat sengatan sinar matahari. Vitamin E mengantongi sifat antioksidan dan anti-inflammatory yang ikut menutrisi kulit tetap sehat.

Chamomile: Ideal untuk Kulit Kombinasi yang Rentan Kering dan Iritasi

Chamomile Ideal untuk Kulit Kombinasi yang Rentan Kering dan Iritasi

Apakah Anda tidak nyaman dengan kondisi kulit normal dan kering yang rentan iritasi? Kami anjurkan untuk Anda membeli sabun muka berkandungan chamomile. Ekstrak tumbuhan ini biasa dipakai sebagai komponen untuk menenangkan kulit yang iritasi dan memerah.

Umumnya, sabun muka dengan kandungan chamomile tidak terlalu kuat daya pembersihnya sehingga cocok untuk Anda yang mengalami kulit kombinasi normal dan kering disertai iritasi. Produk pembersih berkandungan chamomile yang dilengkapi aloe vera juga dinilai aman dan efektif memberikan perawatan harian kulit sensitif.

Pilih yang Banyak Menghasilkan Busa atau Tidak? Pertimbangkan Dulu!

Pilih yang Banyak Menghasilkan Busa atau TidakPertimbangkan Dulu

Untuk menyeimbangkan kekuatan pembersih dari sebuah sabun muka, dicantumkanlah beberapa komponen penghasil busa. Busa akan membantu menurunkan risiko redness skin saat melakukan pembersihan, misalnya penggunaan sabun muka yang dilengkapi scrub.

Sedikit atau banyaknya busa yang dihasilkan hanya dapat Anda ketahui tatkala memakai produk secara langsung. Maka dari itu, bacalah ulasan para pengguna di internet untuk mengetahui apakah sabun muka yang Anda inginkan menghasilkan banyak busa atau tidak. Sebagai alternatif untuk menambah kuantitas busa, Anda bisa memanfaatkan produk seperti foaming net yang dijual bebas.

Berhati-hatilah dengan Komponen yang Berisiko Buruk untuk Kulit

Sewaktu menentukan produk makeup atau skincare, sangat penting mencermati formula apa saja yang tertera di dalamnya. Anda dapat mengetahuinya dengan melihat tabel ingredients di bagian belakang kemasan.  Melakukan hal ini akan membantu Anda terhindar dari risiko-risiko yang tidak diinginkan.

Termasuk saat mencari sabun muka untuk kulit kombinasi, beberapa komponen sebaiknya Anda waspadai karena bisa membawa dampak negatif untuk kulit. Berikut sejumlah bahan yang perlu Anda hindari ketika mencari sabun muka kulit kombinasi.

Benzoyl Peroxide: Kandungan yang Efektif Menangani Jerawat, tetapi Rentan Memicu Kekeringan Kulit

Benzoyl Peroxide Kandungan yang Efektif Menangani Jerawat Tetapi Rentan Memicu Kekeringan Kulit

Benzoyl peroxide banyak diandalkan sebagai bahan aktif untuk menanggulangi masalah jerawat dengan membunuh bakteri penyebabnya. Akan tetapi, kandungan ini begitu reaktif terhadap kulit sehingga risiko kekeringan dan iritasi sulit dihindarkan, terutama bagi pemilik kulit kering. Jika ingin mengatasi masalah komedo atau jerawat di kulit kombinasi Anda, lebih baik mencari produk perawatan dalam bentuk gel atau losion.

Alkohol dan Retinol: Dua Komponen yang Juga Menyebabkan Kulit Kering

Alkohol dan Retinol Dua Komponen yang Juga Menyebabkan Kulit Kulit Kering

Aturan pemilihan sabun muka tanpa kandungan alkohol juga perlu Anda ikuti. Bahan alkohol akan menyebabkan efek kering di kulit kombinasi. Selain alkohol, hindari juga produk yang mengandung turunan vitamin A atau retinol. Walau menjanjikan efek anti-aging, retinol berisiko menimbulkan kulit ruam, mengelupas, dan lebih sensitif terhadap matahari akibat perannya mempercepat pergantian sel melalui chemical peeling.

Pilihlah Sabun Muka dengan Mempertimbangkan Ukurannya

Pilihlah Sabun Muka dengan Mempertimbangkan Ukurannya

Mengetahui kesadaran pengguna yang semakin selektif dalam memilih produk, para produsen pun mulai meminimalisir pemakaian bahan-bahan kimia reaktif ke dalam sebuah produk. Khususnya sabun muka, sudah banyak yang mulai beralih memakai asam amino sebagai bahan pembersih serta tidak menambahkan pengawet sintetis sama sekali.

Di balik keunggulannya, ternyata absennya bahan pengawet membuat produk tidak dapat bertahan lama. Untuk itulah, sebaiknya Anda mempertimbangkan ukuran kemasan produk yang hendak dibeli. Jika Anda berencana mencuci muka setiap hari sesuai kebutuhan kulit, belilah produk berkemasan besar agar tidak perlu lebih sering melakukan repurchase, dan begitu pula sebaliknya!

10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Kombinasi

Berikut ini tersedia sepuluh pilihan sabun muka terbaik untuk kulit kombinasi, baik dalam bentuk facial foam maupun facial wash. Pilihlah sabun muka berdasarkan kebutuhan kulit kombinasi Anda dengan mengacu pada poin-poin tips memilih yang telah kita bahas sebelumnya, ya!

1. Innisfree Jeju Volcanic Pore Cleansing Foam

Innisfree Jeju Volcanic Pore Cleansing Foam 1

Bebaskan wajah dari kotoran dan minyak yang menumpuk

Kotoran dan minyak mulai menimbulkan kesan uncomfortable di kulit kombinasi Anda? Anda dapat mencoba produk facial foam yang satu ini. Innisfree memformulasi kandungannya bersama Jeju volcanic scoria atau batuan vulkanik di pulau Jeju, Korea, untuk mempromosikan pembersihan sampai ke lapisan pori-pori terdalam.

Dengan sabun muka ini, pori-pori wajah akan bersih dan tampak mengecil. Anda yang bermasalah dengan kulit kombinasi normal dan berminyak dapat mengandalkan produk ini. Di samping mengutamakan kemampuan membersihkan, Innisfree juga merancang nilai pH agar seimbang dengan kulit wajah.

Tipe kulit Normal dan berminyak
Kandungan utama Jeju volcanic scoria
Berat/isi 150 ml
Kisaran harga Rp120.000

2. Nameera So Pure & Radiant Hydrating Gel Cleanser

Nameera So Pure Radiant Hydrating Gel Cleanser

Dibekali Triple Moisturizing Action yang mampu membersihkan tanpa efek kering dan kaku

Nameera So Pure & Radiant Hydrating Gel Cleanser adalah sabun muka yang ideal untuk membersihkan tanpa menjadikan kulit kering dan terasa kaku berkat ultra-mild cleansing agent-nya. Produk ini tidak mengandung sabun (non-soap formula) sehingga cocok tipe kulit kering dan sensitif sekalipun.

Ditambah VB3 Radiant Agent, efek mencerahkan untuk wajah alami pun Anda peroleh. Ingin membuat kulit wajah bersih dan glowing dari dalam? Sabun muka besutan Nameera satu ini memungkinkannya! Menariknya lagi, seluruh bahan yang digunakan teruji halal dan natural, ideal untuk Anda yang menerapkan halal lifestyle ataupun berkulit sensitif.

Tipe kulit Normal dan kering
Kandungan utama Niacinamide, glycerin
Berat/isi 100 ml
Kisaran harga Rp45.000

3. COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser

COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser

Cleanser yang mampu mengurangi minyak dan menguatkan skin barrier

Sabun muka satu ini kami rekomendasikan untuk Anda yang menghadapi masalah kulit kombinasi yang sensitif. Setiap formula dirumuskan untuk mencapai nilai pH sesuai pH kulit, memastikan COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser aman tanpa membuat kulit terlalu kering dan dehidrasi.

Face cleanser berbentuk gel ini mengandalkan tea tree oil untuk membantu mengontrol sebum wajah. Berkat tea tree oil-nya pula, produk berikut meninggalkan sensasi calming dan soothing. Dipadukan dengan BHA, kandungannya semakin efektif dalam mengecilkan pori sekaligus memperbaiki tekstur wajah. Yuk, beli sekarang!

Tipe kulit Berminyak dan kering
Kandungan utama Tea tree oil
Berat/isi 150 ml
Kisaran harga Rp130.000

4. LUSH Angels on Bare Skin

LUSH Angels on Bare Skin

Mengandung 100% bahan alami tanpa zat aditif sintetis

LUSH Angels on Bare Skin menawarkan scrub berbahan dasar ground almonds yang akan membersihkan secara gentle. Untuk mencegah efek samping seperti kulit kering sehabis pemakaian, bahannya pun dilengkapi komponen alami berupa lavender oil untuk balancing dan calming effect.

Sabun pembersih yang cocok untuk wajah dan badan ini dipastikan cruelty-free. Di samping memberi efek tenang berkat minyak lavendel, LUSH juga menyertakan kandungan pelembap seperti rose oil dan chamomile oil yang membuat kulit terasa lembut dan elastis.

Tipe kulit Berminyak dan kering
Kandungan utama Ground almonds, glycerine, kaolin, lavender oil, rose absolute, chamomile blue oil, tagetes oil
Berat/isi 100 g
Kisaran harga Rp270.000

5. Origins Checks and Balances Frothy Face Wash

Origins Checks and Balances Frothy Face Wash

Mengendalikan minyak wajah sekaligus melembapkan kulit

Mencari face wash tanpa kandunganparaben, sulfate, dan phthalate? Produk satu ini perlu masuk ke dalam shopping cart Anda. Origins Check and Balances Frothy Face Wash sangat baik digunakan oleh kulit wajah kombinasi kering dan berminyak.

Berkomposisikan kelp leaf extract, bahan tersebut berperan untuk mengurangi minyak berlebih pada Zona T wajah. Tidak usah khawatir kulit menjadi kering karena kehadiran protein gandum untuk memberi efek lembap yang menenangkan. Satu lagi, sabun muka yang juga dilengkapi tourmaline ini memiliki aroma harum menyegarkan dari kombinasi bergamot, spearmint, dan lavender.

Tipe kulit Berminyak dan kering
Kandungan utama Kelp leaf extract, mint, protein gandum
Berat/isi 15 ml
Kisaran harga Rp85.000

6. The Body Shop Vitamin E Gentle Facial Wash

The Body Shop Vitamin E Gentle Facial Wash

Tidak perlu takut kulit kering setiap kali membersihkan kotoran dan sisa makeup di wajah

Ingin menghilangkan sisa makeup dan kotoran setelah beraktivitas penuh? Anda dapat memberi kesempatan The Body Shop Vitamin E Gentle Facial Wash untuk menunjukkan performanya. Mengandung komponen utama vitamin E dan wheatgerm oil, keduanya siap menenangkan dan melembapkan kulit yang telah dibersihkan.

The Body Shop merancang tekstur produk dalam bentuk krim lembut yang mudah diratakan. Meski tidak menghasilkan busa, produk ini tetap sanggup membersihkan kelebihan minyak ataupun jenis kotoran lain dari permukaan kulit. Dukungan formula bahan lain yang lembut serta dua komponen utamanya tadi menjadikan sabun muka ini tidak akan menyebabkan kulit kering.

Tipe kulit Normal dan kering
Kandungan utama Vitamin E, wheatgerm oil
Berat/isi 125 ml
Kisaran harga Rp160.000

7. Clinique Liquid Facial Soap

Clinique Liquid Facial Soap

Menyiapkan kulit bersih untuk penggunaan skincare lainnya

Clinique Liquid Facial Soap merupakan salah satu rangkaian produk perawatan yang digunakan pertama kali. Pembersih wajah dermatologically tested ini sanggup mengusir debu polusi dan partikel asing lain dari wajah Anda. Kendati menghasilkan busa, Clinique berani jamin produknya takkan membuat kulit kering.

Buat Anda yang tidak ingin berlama-lama sewaktu cleansing wajah, produk ini dapat dibilas dengan mudah dan cepat. Hanya memakan waktu sekitar 3 menit sebanyak 2 kali dalam sehari, Anda pun bisa beralih ke rangkaian skincare lain seperti exfoliator dan moisturizer sesuai kebutuhan.

Tipe kulit Berminyak dan kering
Kandungan utama Serenoa serrulata fruit extract, menthol
Berat/isi 200 ml
Kisaran harga Rp340.000

8. Innisfree Apple Seed Deep Cleansing Foam

Innisfree Apple Seed Deep Cleansing Foam

Mampu membersihkan hingga lapisan terdalam

Sisa makeup yang kerap meninggalkan residu tak lagi menjadi worry bagi Anda saat menggunakan sabun muka bertekstur lembut ini. Melalui busa pembersih yang diciptakan, segala bentuk partikel yang memicu masalah wajah akan disingkirkan. Kulit yang bersih, segar, dan sehat pun Anda dapatkan.

Innisfree Apple Seed Deep Cleansing Foam memastikan efek pembersihan hingga jaringan kulit paling dalam untuk mengangkat kotoran yang terperangkap. Formula apple extract dan apple seed oil-nya mendukung proses pengelupasan sel kulit mati untuk tampilan kulit muda. Masih dengan bahan yang sama, apel menjadi aroma apel lembut akan menjaga mood Anda selama penggunaan.

Tipe kulit Normal dan berminyak
Kandungan utama Apple extract, apple seed oil, glycerin
Berat/isi 150 ml
Kisaran harga Rp95.000

9. Sebamed Facial Cleanser For Oily and Combination Skin

Sebamed Facial Cleanser For Oily and Combination Skin

Telah teruji klinis dan dermatologis aman untuk kulit sensitif

Sebamed mempersembahkan sabun muka khusus kulit kombinasi berminyak dengan kemampuan deep cleansing. Anda akan terlepas dari penampilan pori-pori besar apabila rutin mencuci muka menggunakan produk ini. Efektivitasnya melakukan pembersihan pori tak perlu diragukan, begitu pula soal performanya mengurangi angka minyak.

Facial cleanser 100% soap free dan alkali-free ini juga layak dipilih oleh Anda yang memiliki keluhan kulit sensitif. Dengan dukungan mild wash active complex serta hamamelis virginia -nya, kulit yang sensitif akan merasakan soothing effect. Kandungan lain berupa Pro-Vitamin B5 turut menyeimbangkan hidrasi kulit agar senantiasa segar dan sejuk.

Tipe kulit Berminyak dan kering
Kandungan utama Hamamelis virginia, Pro-Vitamin B5
Berat/isi 150 ml
Kisaran harga Rp176.000

10. Cetaphil Oily Skin Cleanser

Cetaphil Oily Skin Cleanser

Sabun muka harian yang tidak menyumbat pori-pori

Pembersih wajah produksi Cetaphil kompatibel untuk kulit berminyak, kombinasi, dan rentan berjerawat (acne-prone). Hanya dalam waktu 2 minggu, kadar minyak di wajah akan berkurang secara signifikan. Produk ini sedikit menghasilkan busa, menjadikan Anda hemat pelembap karena kulit wajah tidak akan kaku dan kering pasca penggunaan.

Cetaphil Oily Skin Cleanser berperan lembut menghapus sisa makeup, mengangkat minyak, dan menyingkirkan kotoran secara mendalam tanpa merusak permukaan kulit. Risiko munculnya jerawat pun sangat kecil terjadi karena formula bebas sabun, pH seimbang, dan non-comedogenic-nya. Satu lagi, sabun muka yang aman dipakai setiap hari ini telah teruji secara dermatologis.

Tipe kulit Normal dan berminyak
Kandungan utama Aqua, PEG-200 Hydrogenated Glyceryl Palmate, Peg-7 Glyceryl Cocoate, Sodium Lauroyl Sarcosinate, dll
Berat/isi 125 ml
Kisaran harga Rp210.000

Aturan dalam Mencuci Wajah yang Bertipe Kulit Kombinasi

Aturan dalam Mencuci Wajah yang Bertipe Kulit Kombinasi

Pemakaian sabun muka untuk kulit kombinasi biasanya 2 kali sehari, yakni di pagi dan malam hari. Tetapi sebenarnya, hal tersebut tidak harus dituruti semua orang. Dalam beberapa kondisi, Anda cukup menggunakan satu kali saja dalam sehari.

Misalnya, apabila di pagi hari Anda tidak mengalami kondisi wajah berminyak, cukup cuci muka dengan air biasa tanpa sabun muka. Akan tetapi, jika kulit terasa greasy, silakan gunakan sabun muka untuk menghilangkan minyak tersebut. Jangan lupa aplikasikan sunscreen untuk melindungi kulit sebelum keluar rumah.

Apabila Anda mencuci wajah di malam hari, lakukanlah treatment lengkap untuk keuntungan lebih. Sehabis mencuci wajah, akhiri deep cleansing treatment dengan toner secara spesifik ke area yang rentan berminyak seperti Zona-T. Anda mungkin perlu membersihkan muka dua kali sehari ketika musim panas dan sekali saat musim dingin. Lakukan sesuai kebutuhan!

Baca juga rekomendasi sabun muka terbaik lainnya di sini!

Sabun muka adalah salah satu skincare yang cukup banyak variasinya. Untuk Anda yang bermaksud mencari sabun muka dengan fungsi lain, misalnya menghilangkan komedo atau memutihkan wajah, terdapat beberapa pilihan produk terbaik yang bisa Anda pilih.

Selain itu, sabun muka juga diformulasikan untuk beberapa jenis kulit, seperti untuk kulit kombinasi sebagaimana diulas di sini, serta untuk jenis kulit lain semacam kering, berminyak, bejerawat, dan ada juga khusus untuk kulit pria. Semua produk rekomendasinya telah kami berikan, silakan dicek jika Anda tertarik!

10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Menjaga Kebersihan Kulit
10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik unutk Kulit Berminyak
10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Kering
10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat
10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Memutihkan Kulit
10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Menghilangkan Komedo
10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Pria

Kesimpulan

Tidak sedikit orang Indonesia kerepotan sewaktu mencari sabun muka yang cocok untuk kulit kombinasi mereka. Namun, sehabis Anda membaca ulasan ini, apakah Anda merasa terbantu dan telah menemukan produk pembersih yang sesuai kebutuhan?

Mencuci wajah adalah perawatan rutin yang sebaiknya dilakukan setiap orang. Anda akan terhindar dari masalah-masalah umum seperti komedo, jerawat, dan bintik gelap jika rajin membersihkan wajah. Dengan menggunakan sabun muka terbaik untuk kulit kombinasi, kami harap Anda terbebas dari risiko kulit terlalu kering ataupun terlalu berminyak. Semoga artikel ini bermanfaat!

(Visited 65.217 times, 126 visits today)