Fashion

10 Rekomendasi Hijab Pashmina Terbaik

Awalnya, pashmina merupakan sejenis wol, terbuat dari bulu kambing berkualitas di Himalaya, yang kemudian ditenun dan disulam di Nepal dan Kashmir. Dengan bahan yang sangat lembut dan ringan, pashmina dijadikan lambang kemewahan dan kerap dipakai sebagai syal atau kerudung. Pada perkembangannya, kini pashmina dikenal sebagai model hijab yang terbuat dari beragam bahan kain dan populer di berbagai kalangan.

Anda dapat memilih hijab pashmina model biasa maupun instan dari beberapa brand pakaian muslimah seperti Rabbani, Elzatta, Umama, dan lainnya. Namun sebelumnya, simak terlebih dahulu cara-cara memilih hijab pashmina serta rekomendasi pashmina terbaik yang akan kami hadirkan berikut ini.

Cara Memilih Hijab Pashmina

Sebelum membeli pashmina, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal, seperti tipe, bahan, serta ukuran yang sesuai dengan selera fashion dan kebutuhan Anda. Berikut adalah uraiannya masing-masing. Simak, ya!

Pilih Berdasarkan Tipenya, Polos atau Bermotif?

Berdasarkan tipenya, pashmina terbagi menjadi dua jenis, yaitu polos dan bermotif. Tentunya masing-masing tipe pashmina tersebut memiliki keunggulan tersendiri. Simak uraiannya lebih lanjut di bawah ini!

Polos: Cocok Dipadukan dengan Atasan Cerah atau Bermotif

Hijab polos merupakan jenis pashmina yang banyak diminati karena mudah dipadupadankan dengan pakaian berwarna senada, netral, atau cerah. Anda juga dapat memadukannya dengan bermacam motif pakaian.

Pashmina polos memiliki tampilan yang lebih elegan dan dewasa. Biasanya digunakan untuk acara-acara formal seperti sekolah, kuliah, pertemuan kantor, dan sebagainya.

Motif: Cocok Dikombinasikan dengan Outfit Berwarna Kalem

blank

Hijab pashmina dengan berbagai motif juga banyak disukai kaum hawa, karena menghasilkan tampilan yang lebih fresh dan ceria. Pashmina bermotif bisa dikombinasikan dengan pakaian berwarna kalem atau netral agar tidak berkesan terlalu ramai. Biasanya digunakan ketika acara santai seperti liburan dan hangout bersama teman.

Pada dasarnya, pashmina polos maupun motif dapat digunakan di berbagai acara sesuai dengan selera fashion Anda. Apalagi bila digunakan ke acara pengajian, baik pengajian umum atau khusus, Anda dapat memakai pashmina jenis apa pun yang serasi dengan warna dan motif pakaian yang Anda kenakan.

Pilih Berdasarkan Bahannya

Kini pashmina terbuat dari bermacam-macam varian bahan, seperti chiffon, satin, crepe, dan lain-lain. Untuk mengenal bagaimana karakter dari bahan-bahan tersebut, ikuti penjelasannya satu per satu di bawah ini.

Sifon (Chiffon): Ringan dan Tidak Membuat Gerah

blank

Sumber: Zalora.co.id

Jika Anda menyukai bahan yang ringan dan tidak panas, bahan chiffon atau sifon cocok untuk Anda. Dengan bahan yang cenderung tipis, pashmina ini ideal untuk dipakai sehari-hari.

Dalam cuaca panas sekalipun, Anda tidak akan merasa gerah saat menggunakan pashmina ini. Namun saat mencuci bahan sifon, sebaiknya Anda jangan mencucinya dengan menggunakan mesin cuci.

Satin: Untuk Tampilan yang Terkesan Lebih Mewah

Material bahan yang satu ini memiliki ciri lembut, halus, dan berkilau di permukaan depan, dan kusam di permukaan belakangnya. Menggunakan serat filamen yang ditenun sangat kencang, satin menjadi bahan yang tahan lama dan tidak mudah kusut.

Seperti tirai yang indah, bahan satin terlihat elegan dan mewah, cocok dipakai untuk menghadiri acara istimewa. Namun hati-hati saat Anda menggunakannya, karena satin mudah sobek akibat benang yang tersangkut. Teksturnya yang lembut dan licin juga menjadikan satin susah diatur saat dijahit.

Ceruti (Crepe): Memiliki Tekstur Bahan yang Lembut dan Lentur

blank

Sumber: Zalora.co.id

Bahan ceruti memiliki tekstur yang mirip dengan sifon, yaitu ringan, tipis, lembut, dan lentur. Meski merupakan turunan dari kain sifon dan permukaannya mirip dengan kulit jeruk, bahan ceruti halus saat diraba, lebih elastis, dan lebih lembut.

Saat digunakan, material ini menimbulkan kesan jatuh dan mudah dibentuk. Namun karena bobotnya yang ringan, bahan ceruti mudah melayang terkena angin. Beberapa tipe kain ceruti adalah ceruti georgette dan diamond yang memiliki tekstur yang sedikit berpasir. Tipe lainnya adalah ceruti premium, ceruti babydoll, dan ceruti ultimate.

Voal (Voile): Cocok digunakan di Iklim Tropis

blank

Sumber: Zalora.co.id

Merupakan bahan campuran katun (cotton) dan poliester, bahan voal juga biasa disebut jilbab paris. Dikatakan jilbab paris karena berasal dari bahasa Perancis “voile” yang artinya kerudung. Sedangkan “voal” berasal dari bahasa Rumania yang juga berarti kerudung.

Bahan voal memiliki ciri-ciri serat yang terlihat jelas dan berbulu-bulu halus. Bertekstur lembut, bahan ini memiliki bobot yang ringan dan mudah dibentuk. Meski tipis dan semi transparan, namun jika dilipat, kain ini tidak akan menerawang. Beberapa jenis voal yang beredar di antaranya adalah voal Jepang, voal basic, voal two tone, voal superfine, dan masih banyak lagi.

Sesuaikan Ukurannya dengan Kebutuhan

blank

Dengan bentuknya yang persegi panjang, pashmina hadir dengan berbagai ukuran yang bisa dipilih sesuai dengan postur tubuh Anda, yaitu:

  • Small size: 55 cm x 200 cm
  • Medium size: 70 cm x 200 cm
  • Full size/ukuran jumbo: 95 cm x 203 cm

Bila Anda memiliki tinggi badan di bawah 150 cm dan berat badan di bawah 50 kg, Anda direkomendasikan untuk menggunakan pashmina dengan ukuran kecil atau  small size.

10 Rekomendasi Hijab Pashmina Terbaik

Jika Anda sudah mempelajari cara-cara memilih pashmina, berarti Anda sudah dapat memilih pashmina yang paling cocok untuk Anda. Selanjutnya, Anda bisa memilih pashmina dari sepuluh rekomendasi yang akan kami sampaikan di bawah ini. Selamat berbelanja!

1. Rabbani Pashmina Instan Mantan Faren

blank

Sumber: Shopee.co.id

Praktis langsung pakai, tetap cantik dan syar’i

Bagi pengguna busana muslim, merek Rabbani mungkin sudah tidak asing lagi. Salah satu produknya adalah Pashmina Instan Mantan Faren. Dibuat dari bahan diamond crepe dan polos, pashmina ini memiliki ukuran yang cukup besar hingga menutupi bagian dada dan punggung. Dengan detail bisban kecil dan aksen tanpa bergo, pashmina ini mudah dipakai langsung. Praktis namun tetap cantik dan syar’i.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tersedia dalam banyak pilihan warna.
  • Diproduksi oleh brand muslimah yang sudah cukup terkenal.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Hanya tersedia dalam satu ukuran.
Tipe Polos
Bahan Ceruti diamond
Ukuran 210 cm x 68.2 cm
Pilihan warna Mocca, navy, pink, peach, dusty pink, hitam, abu-abu, beige, coklat, mustard, dark tosca, hijau army, mint, aqua, burgundy, lilac, crimson, dark purple
Kisaran harga Rp80.360
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Tokopedia

2. JINISO Aura Active Hijab Pashmina Full Plisket Shawl

blank

Sumber: Shopee.co.id

Tampil beda dengan aura kece di segala aktivitas Anda

Bila Anda berhijab dan ingin tampil beda, pashmina ini bisa menjadi pilihan Anda dalam berbusana muslim. JINISO Aura Active tampil dengan full plisket tanpa jahitan garis tengah.

Hijab pashmina JINISO ini dibuat dari bahan ceruti premium yang cukup tebal hingga tidak menerawang, sejuk dan lembut saat digunakan, serta bisa tegak di dahi. Mudah dibentuk sesuai keinginan, Anda bisa tampil beda di segala aktivitas.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Beberapa pengguna mengatakan menyukai pinggiran pashmina yang sangat rapi.
  • Beberapa pengguna mengatakan bahan pashmina tebal, ringan, dan adem.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Terlalu banyak garis sehingga harus lebih teliti saat menggunakan.
Tipe Polos
Bahan Ceruti premium
Ukuran 175 x 75 cm
Pilihan warna Ash grey, jet black, cosmo blus, oreo black, dusty rose, choco caramel, dusty cherry, jane mauve, white angel
Kisaran harga Rp63.561
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

3. Elzatta Pashmina Selvia Anindita

blank

Sumber: Shopee.co.id

Simple dengan 14 warna pilihan yang lembut dan netral

Adem dan mudah dibentuk, itulah yang menjadi andalan produk Elzatta ini. Model pashmina Selvia Anindita terbuat dari bahan ceruti polos dengan detail bordir logo Elzatta di salah satu sisinya, membuat pashmina ini terlihat simple namun tetap berkelas. Tersedia dalam 14 warna lembut dan netral, selendang ini dapat dipadukan dengan model dan warna pakaian apa pun.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Seorang pengguna mengatakan hijab mudah dibentuk saat akan digunakan.
  • Beberapa pengguna mengatakan hijab memiliki bahan yang sangat halus dan adem.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Seorang pengguna mengatakan bahan sedikit tipis.
Tipe Polos
Bahan Ceruti
Ukuran 170 x 70 cm
Pilihan warna Dusty pink, biru, hitam, silver grey, terracotta, mustard, mint, lavender, cream, navy, putih, dark olive, maroon
Kisaran harga Rp71.100
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

4. Hijabwanitacantik Magnolia Series Hijab Printing Premium Motif Bunga

blank

Sumber: Shopee.co.id

Mix & match outfit lebih mudah dengan motif lembut dan bahan extra flowy

Bosan dengan pashmina polos tapi tidak pede memakai pashmina bermotif? Coba pakai Hijab Wanita Cantik Magnolia Series ini. Dengan motif perpaduan bunga magnolia dan ornamen abstrak yang senada dengan warna dasarnya, Anda akan tampil beda dan cantik namun tidak mencolok. Berbahan super lembut dan extra flowy, pashmina ini mudah dibentuk dan serasi dipadukan dengan berbagai busana.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Beberapa pengguna mengatakan bahan mudah dibentuk.
  • Beberapa pengguna mengatakan bisa dijadikan hijab pashmina syar’i.
  • Sebagian pengguna mengatakan bahan adem dan lembut.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harga relatif lebih mahal.
Tipe Motif
Bahan Ceruti
Ukuran 75 x 180 cm
Pilihan warna Orion, azure, queen, clay
Kisaran harga Rp135.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Bukalapak

5. Umama Scarf Pashmina Saudia Polos

blank

Sumber: Shopee.co.id

Bahan kualitas premium, nyaman dan cocok dipakai untuk segala acara

Keuntungan kerudung polos adalah Anda dapat menggunakannya di segala acara. Terlebih pashmina dengan bahan kualitas premium seperti Umama Scarf Pashmina Saudia, Anda akan lebih mudah mencocokkannya dengan model busana apa pun. Nyaman dipakai dan tidak mudah berbulu, pashmina ini juga cocok dipakai untuk segala acara, baik formal maupun santai.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Harga relatif lebih murah.
  • Tersedia dalam beragam pilihan warna.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Bahan sedikit tipis.
Tipe Polos
Bahan Poliester
Ukuran 175 x 75 cm
Pilihan warna Army. gardenia, chocolate, plum, dark brown, gold, golden glow, green forest, navy, taupe, khaki, silver cold, ash, sand cream, flame orange, rouge pink, latte, butter, moonlight, black
Kisaran harga Rp29.900
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

6. Lozy Hijab Bawal Shawl 2

blank

Sumber: Shopee.co.id

Elegan dan cantik untuk acara khusus atau aktivitas harian

Pashmina yang satu ini lembut mengikuti bentuk wajah dan bahannya sangat jatuh seperti tirai yang flowy. Lozy Hijab Bawal Shawl 2 enak dipakai dan terasa adem. Dengan pilihan warna-warna polos yang elegan dan cantik, pashmina ini cocok dipakai untuk acara khusus atau kegiatan sehari-hari, seperti kondangan, pengajian, kuliah, atau bekerja.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Beberapa pengguna mengatakan bahan mudah diatur dan sangat lembut.
  • Hijab sudah banyak digunakan oleh selebgram.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Seorang pengguna mengatakan bahan kurang tebal sehingga harus menggunakan dalaman hijab.
Tipe Polos
Bahan Sifon
Ukuran 180 x 75cm
Pilihan warna Soft candy, dark grey, zaitun, chocolate, dark nude pink, dove mustard, soft orange, nude, black, nude cream, mustard, light purple, burgundy, cream almond, sparrow, light grey
Kisaran harga Rp74.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Blibli Cek harga & diskon di Tokopedia

7. Umama Scarf Pashmina Shawl Motif

blank

Sumber: Shopee.co.id

Terbuat dari bahan premium yang kaya pilihan warna dan motif

Anda menyukai pashmina lebar dengan banyak pilihan motif yang cantik? Umama Scarf Pashmina Shawl Motif ini pas untuk Anda. Berukuran 175 x 75 cm, pashmina ini dibuat dari cotton TR premium yang akan membuatnya nyaman dipakai.

Terlebih lagi, pashmina ini berbahan lembut, tidak mudah berbulu, dan terasa adem di kulit. Dilengkapi dengan aksen salur pada permukaan kain, warna dan motif yang tersedia juga beragam serta tidak luntur.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tersedia dalam beragam warna dan motif.
  • Harga cenderung lebih murah.
  • Beberapa pengguna mengatakan bahan adem dan lembut.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Hanya tersedia dalam satu ukuran.
Tipe Motif
Bahan Cotton TR
Ukuran 175 x 75 cm
Pilihan warna 10 warna per motif
Kisaran harga Rp24.500
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Bukalapak

8. NaPocut Annaya Pashmina

blank

Sumber: Shopee.co.id

Elegan dan bervariasi dengan warna gradasi

Dengan gradasi warna cerah ke gelap yang senada di kedua sisinya, pashmina ini terlihat elegan saat digunakan. NaPocut Annaya Pashmina terbuat dari bahan sutra yang halus, mudah dibentuk, serta berukuran besar untuk sampai menutupi dada. Tersedia dalam banyak pilihan warna cantik, pashmina ini cocok dipakai untuk acara-acara istimewa maupun kegiatan rutin.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tersedia dalam banyak warna.
  • Seorang pengguna mengatakan bahan halus dan warna asli cerah.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Hanya tersedia dalam satu ukuran.
Tipe Polos
Bahan Silk
Ukuran 206 x 90 cm
Pilihan warna Grey, salem, peach, turquoise, maroon, blue, cream, magenta, red, yellow, mauve
Kisaran harga Rp40.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Tokopedia

9. Mybamus Syabil Pashmina Black M14069 R63S3

blank

Sumber: Shopee.co.id

Nyaman dan menyerap keringat, warna tak lekang oleh waktu

Cocok dipadupadankan dengan busana apa pun, di mana pun, dan kapan pun, pashmina warna hitam merupakan barang yang sangat diminati oleh kaum wanita. Mybamus Syabil Pashmina menawarkan pashmina berwarna hitam dengan bahan bubble crepe yang berkualitas dan mudah dibentuk. Saat cuaca panas, bahannya akan menyerap keringat sehingga Anda akan tetap nyaman menggunakannya.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Harga cenderung lebih terjangkau.
  • Beberapa pengguna mengatakan bahan hijab tebal dan tidak licin.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Hanya tersedia dalam satu pilihan warna.
Tipe Polos
Bahan Bubble crepe
Ukuran 72 m x 174 cm
Pilihan warna Hitam
Kisaran harga Rp45.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Tokopedia

10. Hijabwanitacantik Pashmina Karla

blank

Sumber: Shopee.co.id

Praktis dengan kancing pengait untuk menghemat waktu

Buat Anda yang menyukai segala hal yang praktis termasuk dalam hal mengenakan hijab, Anda bisa mencoba Pashmina Karla dari brand Hijab Wanita Cantik ini. Bahannya lembut flowy dan tersedia dalam warna-warna yang menarik.

Dilengkapi dengan kancing pengait, pashmina ini lebih mudah dipakai, praktis, dan hemat waktu. Bisa dibentuk menjadi banyak style, Anda dapat tampil elegan dan manis dalam waktu singkat.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Lebih praktis dalam pemakaian karena terdapat kancing pengait bawaan.
  • Tersedia dalam banyak pilihan warna.
  • Beberapa pengguna mengatakan bahan ringan dan halus.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Hanya tersedia dalam satu ukuran.
Tipe Polos
Bahan Ceruti
Ukuran 180 x 75 cm
Pilihan warna Black, navy, maroon, bright olive, loganberry, dusty grape, pop blue, olive oil, choco, light jeans, sage leaf, goldy, citrus yellow, mist choco, baby blue, royal beige, olive army, charcoal, almond cream, pale pink, pastel pink, orange mustard, broken white, emerald, fire brick, viola dust, grey lavender, pink guava
Kisaran harga Rp72.500
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Bukalapak Cek harga & diskon di Tokopedia

Tabel Perbandingan Hijab Pashmina Terbaik

Produk Rabbani Pashmina Instan Mantan Faren JINISO  Aura Active Hijab Pashmina Full Plisket Shawl Elzatta Pashmina Selvia Anindita Hijabwanitacantik Magnolia Series Hijab Printing Premium Motif Bunga Umama Scarf Pashmina Saudia Polos Lozy Hijab Bawal Shawl 2 Umama Scarf Pashmina Shawl Motif NaPocut Annaya Pashmina Mybamus Syabil Pashmina Black M14069 R63S3 Hijabwanitacantik Pashmina Karla
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Tipe Polos Polos Polos Motif Polos Polos Motif Polos Polos Polos
Bahan Ceruti diamond Ceruti premium Ceruti Ceruti Poliester Sifon Cotton TR Silk Bubble crepe Ceruti
Ukuran 210 cm x 68.2 cm 175 x 75 cm 170 x 70 cm 75 x 180 cm 175 x 75 cm 180 x 75cm 175 x 75 cm 206 x 90 cm 72 m x 174 cm 180 x 75 cm
Pilihan warna Mocca, navy, pink, peach, dusty pink, hitam, abu-abu, beige, coklat, mustard, dark tosca, hijau army, mint, aqua, burgundy, lilac, crimson, dark purple Ash grey, jet black, cosmo blus, oreo black, dusty rose, choco caramel, dusty cherry, jane mauve, white angel Dusty pink, biru, hitam, silver grey, terracotta, mustard, mint, lavender, cream, navy, putih, dark olive, maroon Orion, azure, queen, clay Army. gardenia, chocolate, plum, dark brown, gold, golden glow, green forest, navy, taupe, khaki, silver cold, ash, sand cream, flame orange, rouge pink, latte, butter, moonlight, black Soft candy, dark grey, zaitun, chocolate, dark nude pink, dove mustard, soft orange, nude, black, nude cream, mustard, light purple, burgundy, cream almond, sparrow, light grey 10 warna permotif Grey, salem, peach, turqouise, maroon, blue, cream, magenta, red, yellow, mauve Hitam Black, navy, maroon, bright olive, loganberry, dusty grape, pop blue, olive oil, choco, light jeans, sage leaf, goldy, citrus yellow, mist choco, baby blue, royal beige, olive army, charcoal, almond cream, pale pink, pastel pink, orange mustard, broken white, emerald, fier brick, viola dust, grey lavender, pink guava
Kisaran harga Rp80.360 Rp63.561 Rp71.100 Rp135.000 Rp29.900 Rp74.000 Rp24.500 Rp40.000 Rp45.000 Rp72.500
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Bukalapak Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Blibli Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Bukalapak Cek diskon di Shopee Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Bukalapak Cek diskon di Tokopedia

Kesimpulan

Pashmina dapat dipakai saat melakukan aktivitas sehari-hari maupun di acara khusus, karena mudah dipadupadankan dengan busana apa pun. Tak hanya hadir dalam berbagai warna dan motif, pashmina juga hadir dalam bentuk instan yang praktis dan mudah digunakan, namun tetap stylish.

Kami telah memberikan sepuluh rekomendasi pashmina terbaik untuk Anda. Pilihlah pashmina yang sesuai dengan selera Anda, tapi tetap perhatikan hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebagaimana yang telah kami sampaikan di atas. Selamat bergaya dengan pashmina baru Anda!

Referensi

Chiffon (fabric)
https://en.wikipedia.org/wiki/Chiffon_(fabric) diakses pada 4 September 2021

Mengenal kain Sifon atau Chiffon
https://www.bahankain.com/2013/06/11/mengenal-kain-sifon-atau-chiffon diakses pada 4 September 2021

Satin
https://en.wikipedia.org/wiki/Satin diakses pada 4 September 2021

What Is Satin Fabric? A Guide to the Types, Characteristics, and Uses for Satin
https://www.masterclass.com/articles/what-is-satin-fabric-a-guide-to-the-types-characteristics-and-uses-for-satin#what-are-the-characteristics-of-satin diakses pada 4 September 2021

Mengenal Bahan Ceruti
https://www.bahankain.com/2019/08/10/mengenal-bahan-ceruti diakses pada 4 September 2021

KAIN CERUTI : Kelebihan, Kekurangan, Karakteristik, Jenis
https://olympics30.com/kain-ceruti/ diakses pada 4 September 2021

Inilah Bahan Ceruti, Karakteristik, Ciri-cirinya, dan Contoh Penggunaannya
https://gamisjilbabsyari.com/inilah-bahan-ceruti-karakteristik-ciri-cirinya-dan-contoh-penggunaannya diakses pada 4 September 2021

Voile
https://en.wikipedia.org/wiki/Voile diakses pada 4 September 2021

Bahan Jilbab Voal Memiliki Variasi Warna dan Berbagai Jenis
https://www.harapanrakyat.com/2020/07/bahan-jilbab-voal/ diakses pada 4 September 2021

Which size pashmina should I choose
https://www.emilyhannah.ltd.uk/Which_size_pashmina_should_I_choose/221/ diakses pada 4 September 2021

What SIZE pash should I get?
https://sunrise-pashmina.com/fabricandsize.html diakses pada 4 September 2021

You may also like

Comments are closed.