Fashion

10 Rekomendasi Bra Tanpa Kawat Terbaik

Penggunaan bra tanpa kawat diklaim lebih baik bagi kesehatan karena bahan lembutnya takkan menekan payudara berlebihan. Dengan begitu, peredaran darah dan aliran getah bening pun lebih lancar. Anda juga tidak akan merasa sesak meskipun memakainya seharian. Tidak hanya itu, cara merawatnya pun terbilang mudah dan simpel.

Beberapa merek terkenal seperti Young Hearts, Wacoal, dan Felancy memproduksi bra tanpa kawat dengan beragam pilihan. Kami telah merangkum sepuluh rekomendasi produk bra dari yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Sebelum itu, mari kita simak terlebih dahulu cara memilihnya, yuk!

Cara Memilih Bra Tanpa Kawat

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih bra tanpa kawat,  di antaranya kesesuaian tipe bra dengan tujuan penggunaan, ukuran, bahan, bagian tali, hingga jumlah pengaitnya. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini, ya!

Sesuaikan Tipe Bra Berdasarkan Tujuan Penggunaan

Bra tanpa kawat memiliki tipe yang cukup bervariatif. Ragam tipe ini di desain untuk menunjang berbagai macam aktivitas harian Anda. Beberapa di antaranya seperti sport bra, full cup bra, maternity/nursing bra, padded bra, hingga bralette.

Sport Bra: Untuk Aktivitas Olahraga yang Lebih Rileks

Bagi Anda yang menyukai aktivitas fisik atau olahraga, patut untuk mempertimbangkan bra tanpa kawat tipe ini. Sebagian besar sport bra didesain seperti tank top dengan setengah bagian bawah yang terpotong. Terdapat pula tambahan bantalan yang berfungsi untuk menyangga payudara.

Sport bra biasanya dibuat dari bahan yang elastis dan menyerap keringat serta tidak menimbulkan iritasi. Selain membantu meminimalkan gerakan payudara saat berolahraga, sport bra juga akan mengurangi rasa tidak nyaman yang ditimbulkan setelah aktivitas olahraga.

Full Cup Bra: Membantu Menutupi Lemak di Bagian Bawah Ketiak

blank

Full cup bra di desain dengan bentuk cup yang lebih besar sehingga menutupi seluruh bagian payudara dengan baik. Tidak hanya itu, full cup bra juga akan membantu menyembunyikan lemak di bawah ketiak Anda. Bra tipe ini juga biasanya memiliki tali yang lebih tebal guna mencegah sakit pada bagian punggung.

Oleh karena bentuk dan ukurannya yang lebih besar, full cup bra kurang cocok digunakan bagi Anda yang memiliki volume payudara kecil. Namun demikian, bra tipe ini sangat sangat direkomendasikan bagi pemilik volume payudara yang lebih besar untuk mendapatkan tampilan payudara yang seksi dan indah.

Maternity/Nursing Bra: Didesain Khusus untuk Ibu Hamil dan Menyusui

blank

Sumber: Amazon.in

Bra khusus ibu hamil dan menyusui ini dibuat untuk menunjang perubahan ukuran dan bentuk payudara selama masa kehamilan serta mempermudah aktivitas menyusui. Terdapat kaitan sederhana di bagian atas cup yang dapat dibuka dengan satu tangan tanpa harus membuka pengait bagian belakang.

Biasanya, nursing bra memiliki empat baris pengait belakang yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan ukuran payudara. Anda disarankan untuk memilih ukuran yang pas guna mencegah pembengkakan pada payudara dan penyumbatan saluran ASI.

Padded Bra: Mengangkat Payudara sehingga Tampak Lebih Kencang

blank

Padded bra dibuat dengan tambahan pad pada cup guna menambah volume payudara sehingga akan tampak lebih kencang dan berisi. Bra tipe ini dibuat dengan berbagai tingkat bantalan mulai dari bantalan tipis hingga berlapis yang dapat Anda pilih sesuai keinginan.

Cup pada bra didesain ¾ agar dapat menyangga dan mempertahankan bentuk payudara tanpa membuatnya menjadi sesak. Padded bra ini sangat cocok digunakan dalam aktivitas sehari-hari untuk berbagai kalangan usia.

Bralette: Bahannya yang Ringan Cocok untuk Remaja hingga Dewasa

blank

Bra tipe ini biasanya terbuat dari bahan brokat lembut dengan tambahan renda ataupun bahan yang ringan di kulit dengan desain yang lebih dekoratif. Selain dapat digunakan sebagai bra, bralette juga dapat digunakan sebagai pakaian luar. Penggunaan bralette sangat direkomendasikan untuk remaja dan dewasa yang memiliki payudara kecil hingga sedang.

Sebagian besar bralette memiliki bagian bawah cup lebih panjang yang dapat membantu menegakkan dan mencegah sakit pada punggung belakang Anda. Karena terbuat dari bahan yang ringan, bralette sangat cocok digunakan saat tidur dan saat bepergian, terutama ketika cuaca panas.

Pilih Produk dengan Ukuran yang Tepat

blank

Bra dengan ukuran yang tepat akan menunjang gerak dan aktivitas Anda secara maksimal. Oleh karena itu, pastikan untuk mengetahui ukuran bra Anda terlebih dahulu. Anda dapat mengukurnya sendiri dengan menggunakan meteran penjahit.

Posisikan badan Anda condong 45 derajat ke arah depan kemudian lingkari bagian dada Anda hingga meteran saling bertemu di tengah bagian depan dada. Anda juga bisa melakukan hal yang sama untuk dada bagian bawah.

Pilih Bahan yang Nyaman Dipakai

blank

Bra tanpa kawat yang ideal memiliki tekstur bahan yang lembut, adem, elastis, dan tidak membuat kulit mengalami iritasi ataupun gatal. Beberapa bahan yang dapat Anda pilih di antaranya bahan katun, lycra, spandex, nylon, meryl, polyamide, dan polyester.

Pertimbangkan Tali Bra yang Lebih Lebar

blank

Secara umum, terdapat dua jenis tali bra yakni tali yang menyerupai tank top dan tali yang dapat Anda atur ukurannya. Untuk tali yang bukan jenis tank top, pastikan untuk memilih diameter tali yang lebih besar. Tali yang lebih besar cenderung lebih nyaman saat digunakan. Tidak hanya itu, tali juga tidak akan menggulung saat Anda melakukan berbagai aktivitas yang memerlukan banyak gerakan.

Pilih Jumlah Pengait yang Lebih Banyak

Pengait bra berfungsi untuk menyesuaikan ukuran payudara dan bra yang Anda kenakan. Baris pengait yang lebih banyak akan memungkinkan Anda menemukan ukuran yang paling tepat. Selain itu, jumlah pengait yang lebih banyak juga akan membantu punggung Anda untuk menjadi lebih tegak.

10 Rekomendasi Bra Tanpa Kawat Terbaik

Di bawah ini, kami telah memilihkan sepuluh rekomendasi bra tanpa kawat dari berbagai brand terkenal. Anda bisa dengan mudah membelinya di berbagai marketplace kesayangan Anda.

1. Sorex Bra Super Soft Cup BH 17239

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Aktivitas harian menjadi lebih nyaman dan lancar

Salah satu tipe bra dari brand Sorex ini memiliki desain yang simpel dan warna yang beragam. Dengan didukung tambahan busa ukuran sedang pada bagian cup, bra ini akan membuat payudara Anda menjadi tampak lebih kencang.

Bahannya yang lembut akan membuat Anda merasa nyaman meskipun menggunakannya seharian. Anda juga dapat menggunakannya untuk menemani istirahat malam Anda. Bra ini memiliki desain cup ¾ yang cocok digunakan oleh pemilik volume payudara kecil hingga sedang.

Tipe bra Padded
Ukuran 36, 38, 40, 42
Bahan Spandex
Warna Hitam, abu, biru tua, biru muda, fanta, coklat, ungu
Kisaran harga Rp35.700
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. Genie Bra

blank

Sumber: Geniebra.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Multifungsi dengan tingkat kenyamanan yang tinggi

Meskipun termasuk tipe sport, bra ini juga bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari dan bagi ibu yang sedang menyusui. Desain lingkar bawah payudara yang lebar berfungsi untuk mengurangi tekanan dan membuat payudara Anda lebih nyaman serta tidak mudah bergeser posisi.

Tidak hanya itu, bra ini juga dilengkapi busa yang bisa dilepas dan dipasang sesuai keinginan Anda. Karena terbuat dari bahan yang berkualitas, bra ini tidak tidak licin dan mudah longgar meskipun digunakan untuk aktivitas olahraga yang memerlukan banyak gerak.

Tipe bra Sport
Ukuran 32, 34, 36, 38, 40
Bahan 96% nylon dan 4% spandex
Warna Classic, pastel, summer
Kisaran harga Rp112.500
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

3. Tally 9627 Bra Busa Tipis Tanpa Kawat

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Bukalapak

Membantu memberikan tampilan payudara yang lebih berisi

Selain memiliki desain yang unik, bra ini juga memiliki tiga pengait yang akan menjaga payudara Anda tetap nyaman selama menggunakannya. Desain cup yang comfort akan memberikan kesan seksi saat Anda menggunakannya. Tambahan busa pada cup juga akan membantu menopang payudara dengan baik serta membuatnya tampak lebih berisi.

Bra ini sangat cocok dipakai untuk aktivitas harian. Anda juga bisa memadukannya dengan outfit kesayangan Anda untuk tampil lebih memukau. Meskipun memiliki tali langsung yang permanen, bra ini tidak mudah longgar dan tidak akan meninggalkan bekas di kulit Anda.

Tipe bra Padded
Ukuran 34, 36, 38
Bahan 85% nylon dan 15% spandex
Warna Hitam, coklat muda, biru, hijau
Kisaran harga Rp44.900
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Bukalapak

4. Sorella Bra Seamless S10-28525B

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Payudara menjadi lebih rileks dengan desainnya yang seamless

Desain seamless pada bra ini menghadirkan kesan soft dan elegan. Bahannya yang berkualitas memiliki tingkat elastisitas yang tinggi sehingga tidak mudah melar dan akan membuat payudara tetap rileks saat menggunakannya.

Karet pada bagian bawah bra akan menyangga payudara Anda tanpa membuatnya menjadi sesak. Anda dapat menggunakan bra ini untuk aktivitas harian ataupun pada waktu tidur Anda.

Tipe bra Padded
Ukuran 32B, 34B, 36B, 38B, 38C, 40B, 40C
Bahan 90% meryl dan 10% lycra
Warna Black, brown, dark blue
Kisaran harga Rp150.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

5. MOOIMOM Seamless Comfortable Maternity & Nursing Bra

blank

Sumber: Mooimom.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Masa kehamilan dan aktivitas menyusui menjadi semakin mudah

Bra dari MOOIMOM ini akan memudahkan Anda selama kehamilan dan menyusui. Elastisitas bahannya mampu mengikuti bentuk payudara sehingga payudara menjadi lebih rileks. Dilengkapi dengan empat pengikat pada bagian belakang bra, perubahan kondisi payudara saat kehamilan maupun menyusui dapat diantisipasi. Desain cup-nya juga akan membuat payudara menjadi lebih nyaman.

Bahan bra yang lembut tidak akan membuat payudara menjadi sesak. Anda juga tidak akan merasa gerah berkat sirkulasi udara yang baik pada bahannya. Pad pada bra ini juga dapat dilepas dan diganti sesuai dengan keinginan Anda. Bagian belakang bra yang berbentuk U akan membantu meredakan dan meringankan tekanan pada bagian punggung saat kehamilan dan menyusui.

Tipe bra Maternity/Nursing
Ukuran M, L, XL
Bahan Katun
Warna Black, nude, pink
Kisaran harga Rp167.200
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. Luludi Sport Bra LB61001

blank

Sumber: Wacoal.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Bukalapak

Mendukung aktivitas olahraga low impact

Sport bra dari Luludi ini sangat mendukung jenis aktivitas olahraga yang low impact. Bagian samping dan strap dirancang lebih lebar untuk memberikan support yang lebih maksimal saat Anda bergerak. Bagian depannya yang covering juga akan memberikan dukungan maksimal untuk kenyamanan  payudara Anda.

Terdapat tiga baris pengait yang akan membantu Anda menemukan ukuran yang paling pas sehingga Anda akan merasa lebih nyaman dalam melakukan aktivitas olahraga. Oleh karena bentuk cup-nya yang penuh, bra ini juga dapat digunakan untuk pemakaian sehari-hari bagi Anda yang memiliki ukuran payudara lebih besar.

Tipe bra Sport
Ukuran 32, 34, 36, 38, 40, 42
Bahan Spandex
Warna Hitam, coklat, abu-abu, biru, biru tua, abu-abu gelap
Kisaran harga Rp161.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Bukalapak

7. Young Hearts Cleancut Cotton Y12-011586

Cek harga di Shopee Cek harga di Blibli Cek harga di Tokopedia

Pilihan yang tepat untuk para remaja

Selain memiliki pilihan warna yang soft dan calm, bra dari Young Hearts ini menampilkan desain yang cukup unik. Tidak hanya itu, bahannya yang lembut dan adem akan mencegah iritasi pada kulit Anda. Bra ini sangat cocok digunakan oleh remaja yang menginginkan pertumbuhan payudara proporsional. Selain untuk aktivitas harian, bra ini juga sangat nyaman digunakan ketika tidur.

Karena didukung dengan desain yang seamless, bra ini tidak akan meninggalkan bekas di kulit setelah selesai digunakan. Padding pada bra juga dapat dilepas dan diganti sesuai keinginan. Terdapat pula pengait di bagian belakang bra yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Tipe bra Bralette
Ukuran M, L, XL
Bahan 80% polyamide dan 20% spandex
Warna Beige, grey, pink, black, dark blue, maroon, turquoise
Kisaran harga Rp126.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Blibli Cek harga & diskon di Tokopedia

8. Felancy Full Cup Bra 071-1031B

Cek harga di Shopee Cek harga di Tokopedia

Menutupi seluruh bagian payudara dengan sempurna

Bagi Anda yang memiliki ukuran payudara lebih besar, mungkin sedikit kesulitan untuk menemukan ukuran bra yang dapat dipakai dengan nyaman tanpa membuat dada terasa sesak. Full cup bra dari brand Felancy ini didesain untuk membantu menutupi seluruh bagian payudara namun tidak memberikan tekanan berlebihan terhadap payudara.

Tidak hanya itu, cup-nya yang penuh juga akan membantu menutupi lemak di bagian bawah ketiak. Desain bagian samping dan tali strap yang lebar berfungsi untuk membantu mengencangkan dan mengurangi lemak pada bagian ketiak, serta mencegah payudara Anda mengalami kekenduran dan penurunan. Tampilan payudara pun akan terlihat sempurna di balik pakaian yang Anda kenakan.

Tipe bra Full cup
Ukuran 34B, 36B, 38B
Bahan 90% polyamide dan 10% spandex
Warna Biru, hitam, coklat, pink
Kisaran harga Rp78.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Tokopedia

9. Wacoal Feel Free Collection Bra IB 5452R1

blank

Sumber: Wacoal.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Tampil lebih seksi dan kasual dengan cup model ¾

Model cup ¾ pada bra ini akan memberikan cleavage yang lebih sempurna. Payudara juga akan tetap rileks dan nyaman namun tetap tertopang dengan baik berkat tambahan bantalan busa pada cup-nya. Bra ini juga cocok dipadukan dengan outer yang memiliki warna senada untuk memperoleh tampilan yang kasual dan seksi.

Tipe bra Padded
Ukuran 34B, 36B, 38B, 34C, 36C, 38C, 36D, 38D
Bahan Polyester
Warna Ungu, hitam, coklat
Kisaran harga Rp214.500
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

10. Pierre Cardin Marry The Night 209-2900B

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Bukalapak

Dapat pula digunakan sebagai pakaian luaran

Salah satu varian bralette dari Pierra Cardin ini memiliki desain berbentuk V yang cocok dipadukan dengan model pakaian berbelahan dada rendah. Tidak hanya dapat digunakan sebagai bra, bralette ini juga dapat digunakan sebagai pakaian luaran. Bagian bawah cup yang didesain lebih panjang juga akan membantu punggung Anda menjadi lebih tegak.

Tipe bra Bralette
Ukuran M, L, XL
Bahan 90% polyamide dan 10% spandex
Warna Black, nude
Kisaran harga Rp95.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Bukalapak

Tabel Perbandingan Bra Tanpa Kawat

Produk Sorex Bra Super Soft Cup BH 17239 Genie Bra Tally 9627 Bra Busa Tipis Tanpa Kawat Sorella Bra Seamless S10-28525B MOOIMOM Seamless Comfortable Maternity &   Nursing Bra Luludi Sport Bra LB61001 Young Hearts Cleancut Cotton Y12-011586 Felancy Full Cup Bra 071-1031B Wacoal Feel Free Collection Bra IB 5452R1 Pierre Cardin Marry The Night 209-2900B
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Tipe bra Padded Sport Padded Padded Maternity/Nursing Sport Bralette Full cup Padded Bralette
Ukuran 36, 38, 40, 42 32, 34, 36, 38, 40 34, 36, 38 32B, 34B, 36B, 38B, 38C, 40B, 40C M, L, XL 32, 34, 36, 38, 40, 42 M, L, XL 34B, 36B, 38B 34B, 36B, 38B, 34C, 36C, 38C, 36D, 38D L, M, XL
Bahan Spandex 96% nylon dan 4% spandex 85% nylon dan 15% spandex 90% meryl dan 10% lycra Katun Spandex 80% polymide dan 20% spandex 90% polymide dan 10% spandex Polyester 90% polyamide dan 10% spandex
Warna Hitam, abu, biru tua, biru muda, fanta, coklat, ungu Classic, pastel, summer Hitam, coklat muda, biru, hijau Black, brown, dark blue Black, nude, pink Hitam, coklat, abu-abu, biru, biru tua, abu-abu gelap Beige, grey, pink, black, dark blue, maroon, turquoise Biru, hitam, coklat, pink Ungu, hitam, coklat Black, nude
Kisaran harga Rp35.700 Rp112.500 Rp44.900 Rp150.000 Rp167.200 Rp161.000 Rp126.000 Rp78.000 Rp214.500 Rp95.000
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Bukalapak Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Bukalapak Cek diskon di Shopee Cek diskon di Blibli Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Bukalapak

Cara Merawat Bra Tanpa Kawat agar Lebih Tahan Lama

blank

Meskipun merawat bra tanpa kawat terbilang lebih mudah, ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan saat proses mencuci, menjemur, hingga menyimpan. Bra tanpa kawat dapat dicuci dengan menggunakan tangan ataupun mesin cuci.

Bila Anda mencuci bra tanpa kawat menggunakan tangan, pastikan untuk tidak meremasnya terlalu kuat. Apabila Anda mencucinya menggunakan mesin cuci, pastikan untuk mengaitkan pengait bra terlebih dahulu dan masukkan bra ke dalam tas pakaian dalam. Anda juga harus menyetel siklus cool water pada mesin cuci. Agar lebih cepat kering, Anda bisa meletakkan bra di atas handuk tebal yang menyerap air.

Saat menjemur bra tanpa kawat, Anda dapat merentangkan bra dengan posisi pengait yang masih terpasang. Kemudian gantung masing-masing tali bra pada gantungan pakaian. Sebaiknya jemurlah bra pada tempat yang tidak terkena cahaya matahari langsung.

Saat menyimpan bra tanpa kawat, Anda tidak disarankan untuk melipat cup bra menjadi dua bagian. Posisikan bra secara mendatar kemudian susun ke dalam lemari atau kotak penyimpanan. Anda juga tidak disarankan untuk menyetrika bra karena panas yang berlebihan akan merusak elastisitas bahan bra.

Kesimpulan

Selain karena alasan kesehatan, bra tanpa kawat dipilih karena memiliki beragam desain yang cukup bervariatif dan menarik. Ada beberapa hal yang dapat Anda pertimbangkan dalam memilih bra tanpa kawat. Mulai dari menyesuaikan tipe bra dengan tujuan penggunaan hingga memilih bra dengan jumlah pengait yang lebih banyak.

Dari sepuluh rekomendasi bra tanpa kawat terbaik yang telah kami pilihkan, Anda dapat menentukan pilihan sesuai keinginan Anda. Semoga Anda memperoleh produk bra tanpa kawat yang dapat menunjang aktivitas harian Anda!

Referensi

Sports bra
https://en.wikipedia.org/wiki/Sports_bra diakses pada 6 April 2021

What is a Sports Bra, Types of Sports Bra, Sports Bra Styles & Fitting Guide
https://www.clovia.com/blog/hello-fitness-freak-heres-all-you-need-to-know-about-sports-bra/ diakses pada 6 April 2021

What Is A Full Cup Bra?
https://blog.parfaitlingerie.com/what-is-a-full-cup-bra/ diakses pada 6 April 2021

Full Cup Bras – Who, What, Why?
https://www.dianeslingerie.com/full-cup-bras/ diakses pada 6 April 2021

Nursing bra
https://en.wikipedia.org/wiki/Nursing_bra diakses pada 6 April 2021

What is padded bra? What is the use of it?
https://www.clovia.com/blog/what-is-padded-bra-what-is-the-use-of-it/ diakses pada 6 April 2021

Bralette
https://en.wikipedia.org/wiki/Bralette diakses pada 6 April 2021

What is a bralette? Lingerie experts explain.
https://slate.com/human-interest/2016/05/what-is-a-bralette-lingerie-experts-explain.html diakses pada 6 April 2021

Bralette vs Bra: What’s The Difference Between A Bra and A Bralette?
https://blog.parfaitlingerie.com/bralette-vs-bra-whats-the-difference-between-a-bra-and-a-bralette/ diakses pada 6 April 2021

You may also like

Comments are closed.