Written by 13:27 Hadiah

10 Rekomendasi Kertas Kado Terbaik

Memberikan hadiah pada saat kerabat dekat merayakan momen penting dalam hidupnya menjadi suatu hal yang lumrah dilakukan. Agar terkesan lebih spesial, biasanya hadiah dibungkus menggunakan kertas kado (wrapping paper). Meski terlihat sepele, pemilihan kertas kado akan cukup menentukan menarik atau tidaknya hadiah pemberian Anda.

Di pasaran terdapat berbagai jenis kertas kado seperti kertas shabby, kertas polos, hingga kertas kado dengan bermacam karakter. Merek seperti Sinar Dunia, Kiky, dan Harvest pun berlomba mengeluarkan kertas kado terbaik. Pada artikel ini, kami akan menjabarkan cara memilih kertas kado yang tepat berikut rekomendasi produknya untuk Anda. Jadi, selamat membaca!

Cara Memilih Kertas Kado

Bagian ini akan membahas kiat-kiat memilih kertas kado yang tepat sesuai dengan usia, isi kado, acara yang dirayakan, serta hal-hal penting lainnya. Simak baik-baik di bagian ini, ya!

Sesuaikan Motif Kertas Kado dengan Usia Penerimanya

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah usia penerima kado tersebut. Usia akan memudahkan Anda menentukan motif kertas kado yang sesuai untuk membungkus hadiah dari Anda.

Motif Colorful atau Gambar Karakter Lebih Disukai Anak-anak

Anak-anak pada umumnya sangat suka menonton film kartun atau membaca komik. Ketika akan memberikan hadiah, Anda bisa membungkusnya dengan kertas kado bergambar karakter kesukaannya di film atau komik tersebut. Anak-anak pun lebih antusias ketika menerima kado dari Anda.

Selain gambar karakter, kertas kado bernuansa colorful juga dapat menarik perhatian penerima kado usia anak. Karena anak-anak terkenal mudah bosan, pilihlah kertas kado dengan warna-warna vibrant. Kombinasi warna cerah dapat dipilih, atau gunakan motif warna-warni agar semakin menarik.

Warna Menyala dengan Motif yang Chic untuk Remaja

Kertas kado berwarna pastel menyala akan terkesan ramai. Jenis kertas ini akan cocok untuk penerima kado usia remaja. Pilihlah kertas kado bermotif pattern atau polkadot untuk memberikan nuansa kekinian pada hadiah Anda. Motif yang chic dan modern semacam ini ideal untuk remaja aktif dan dinamis.

Kami sarankan Anda menghindari kertas kado bermotif gambar karakter. Namun, Anda tetap bisa memberikan kertas kado dengan karakter bilamana Anda mengetahui karakter kesukaan penerima kado. Sebagai final touch, Anda bisa menambahkan aksesori seperti pita dan kartu ucapan agar lebih cantik dan bermakna.

Untuk Usia Dewasa, Pilihlah Kertas Kado bernuansa Soft dan Elegan

Pemilihan kertas kado untuk orang dewasa cenderung lebih mudah. Anda cukup memilih kertas kado bernuansa soft dan elegan. Sebaiknya, Anda tidak menggunakan kertas yang pada sisinya tertera gambar terlalu ramai, terlebih jika kado tersebut untuk orang yang lebih tua dari Anda.

Alih-alih kertas bergambar, kado untuk orang dewasa bisa dibungkus dengan kertas kado bermotif tradisional seperti batik. Selain itu, Anda juga bisa menyiapkan budget lebih untuk menggunakan kertas kado berkualitas, semisal fancy paper  yang tampak premium dan terkesan mewah.

Pilihlah berdasarkan Isi Kado yang Hendak Dibungkus

Memilih kertas kado yang tepat tidak cukup hanya dengan mencocokkan motif sesuai usia penerima. Faktor lain yang tak kalah penting adalah memerhatikan ketebalan kertas kado. Semakin tebal kertas maka daya tahannya menahan beban pun semakin baik. Namun, kertas yang tebal cenderung sulit dilipat. Ketebalan kertas kado biasa diterangkan dengan ukuran gram per square meter, misalnya 70-80 gsm atau 100-150 gsm.

Jika bentuk hadiah tidak simetris, Anda bisa menaruh hadiah ke dalam box terlebih dahulu untuk memudahkan proses pembungkusan. Selain itu, Anda perlu memerhatikan garis lipat dengan cermat apabila kertas kado yang digunakan memiliki motif saling terhubung. Proses ini bertujuan membuat titik temu perekatan presisi, kado dari Anda pun akan tampak lebih rapi.

Sesuaikan Kertas Kado dengan Acara yang Dirayakan

Pastikan Anda memilih kertas kado yang sesuai dengan momen yang sedang dirayakan. Hadiah untuk acara pernikahan sebaiknya dibungkus dengan kertas kado berwarna pastel yang manis. Kado untuk merayakan anniversary bersama pasangan akan cocok menggunakan kertas kado bernuansa putih, merah hati, biru laut, atau ungu glossy.

Beberapa kertas kado memiliki gambar yang sesuai dengan perayaan tertentu, seperti ulang tahun dan ucapan hari raya. Semisal Anda bermaksud membungkus kado dengan kertas kado bermotif atau bergambar, sebaiknya pilih motif dan gambar yang merepresentasikan acara. Jangan sampai memberikan kertas kado untuk ulang tahun di acara pernikahan, ya!

Pilih Kertas Kado yang Sesuai dengan Selera Penerima Hadiah

Apabila Anda ingin kado yang diberikan bersifat memorable, Anda bisa memerhatikan hal-hal yang disukai penerima hadiah. Anda bisa cek selera atau kesukaannya terhadap sesuatu. Jika hobinya memasak, Anda bisa memilih kertas kado bermotif makanan. Untuk yang hobi travelling, pilih motif bergambar tempat-tempat ikonik yang ada di seluruh dunia.

Hal-hal Lainnya yang Perlu Diperhatikan

Jika Anda ingin kado terlihat well-prepared, terdapat komponen pengemasan lain yang bisa ditambahkan. Aksesori seperti pita dan kartu ucapan akan membuat kado tampak lebih menawan. Sebaiknya Anda memilih aksesoris yang warnanya selaras dengan kertas kadonya.

Selain penambahan aksesori, Anda juga perlu menguasai skill dan teknik pembungkusan. Kertas kado sebagus apa pun menjadi kurang menarik saat lipatan-lipatan kertasnya kurang rapi. Bila Anda tidak cukup ahli mengemas kado, pilihlah hadiah yang mudah dibungkus, misalnya barang yang disertai box atau berbentuk kotak.

10 Rekomendasi Kertas Kado Terbaik

Setelah menyimak poin-poin yang harus Anda ketahui saat memilih kertas kado, berikut kami rekomendasikan produk yang mungkin cocok untuk Anda. Pilihlah kertas kado berdasarkan usia penerima, selera, dan acara yang hendak Anda hadiri, ya!

1. Kertas Kado Shabby (Motif Bunga)

Motif bunga untuk kesan yang girly

Shabby merupakan jenis kertas bercorak bunga-bungaan dengan pilihan warna lembut. Kertas ini membuat kado Anda memiliki nuansa vintage berkat perpaduan desain floral yang ramai dengan finish matte. Jika penerima kado adalah wanita, kertas kado motif bunga ideal untuk membungkus hadiah Anda.

Kelebihan dari kertas kado shabby ada pada ketebalan kertas yang membuatnya tidak mudah robek. Selain itu, terdapat berbagai macam desain floral yang bisa Anda pilih. Sebab demikian, Anda pun lebih fleksibel menyesuaikannya dengan warna kesukaan kerabat Anda.

Kecocokan Remaja – dewasa, wanita
Ukuran/ketebalan ±50 x 64 cm / 80 gsm
Bahan Matte paper
Kisaran harga Rp1.500 – Rp2.000 per lembar

2. Kertas Kado Fancy Paper

Sumber: Lazada.co.id

Bingkisan tampak mewah dengan motif timbul yang elegan

Ingin tampilan kado tampak mewah? Fancy paper dapat menjadi pilihan ideal untuk Anda. Motif pada kertas kado ini tampak elegan berkat teknik cetak emboss yang membuatnya terlihat timbul. Fancy paper memiliki desain simple untuk kesan mewah.

Kertas kado ini bisa dipakai untuk mengemas hadiah saat Anda mendatangi acara formal, seperti wedding party. Dengan menggunakan fancy paper, Anda tak perlu menyiapkan pernak-pernik tambahan. Namun, Anda tetap bisa menambahkan aksesori berwarna gelap seperti pita sebagai pelengkap.

Kecocokan Dewasa, pria dan wanita
Ukuran/ketebalan 79 x 54 / 120 gsm
Bahan Embossed paper
Kisaran harga Rp3.000 – Rp14.000 per lembar

3. Kertas Kado Harvest Baby Joy – Dino Rawr

Sumber: Shopee.co.id

Karakter dinosaurus yang imut kesukaan banyak anak

Berencana memberikan kado untuk anak-anak? Kertas kado satu ini dapat Anda jadikan pertimbangan. Anak-anak biasanya menyukai kado yang dibungkus dengan kertas kado berkarakter lucu. Karakter dinosaurus bergaya kartun pada kertas kado ini didesain warna-warni nan imut.

Tak hanya untuk anak-anak, kertas kado ini juga cocok untuk Anda yang ingin memberikan kado kelahiran bayi. Warna dasar hijau calm membuat tidak terkesan kekanak-kanakan, sehingga masih aman untuk diberikan kepada orang tua bayi.

Kecocokan Anak-anak
Ukuran/ketebalan 78 x 53 cm / 70 gsm
Bahan HVS
Kisaran harga Rp8.000 per lembar

4. Flower Tissue Wrapping Paper

Cocok untuk membungkus karangan bunga atau snack bouquet

Memberikan hadiah tak selalu harus dalam bentuk bingkisan. Anda juga bisa membuat buket bunga atau buket snack sebagai kado. Tak hanya unik, kado seperti ini juga terasa lebih spesial karena Anda membuatnya dengan tangan sendiri.

Pembuatan buket tak sekadar memerlukan kertas khusus yang kuat menahan beban isi, namun juga cukup lentur untuk ditekuk. Keperluan semacam ini biasanya menggunakan kertas khusus buket yang disebut kertas tisu atau flower tissue wrapping papper. Selain kuat dan lentur, kertas tisu menyediakan pilihan warna yang beragam.

Kecocokan Semua umur
Ukuran/ketebalan 60 x 60 cm / Tidak diketahui
Bahan Kertas tisu
Kisaran harga Rp6.000 per lembar

5. Kertas Metalik/Hologram

Sumber: Shopee.co.id

Kertas mengilap untuk tampilan kado yang stand out!

Kertas metalik dapat membuat penampilan kado Anda lebih mencolok dari yang lain berkat finishing look yang mengilap. Kertas kado metalik sering digunakan untuk membungkus kado pada acara besar, semisal perayaan Natal atau pesta pernikahan.

Anda perlu berhati-hati saat melipat kertas metalik. Meski dapat menciptakan kesan wah, lipatan kertas yang kurang rapi akan sangat nampak. Selain itu, bekas lipatan yang terlalu banyak juga cukup kentara sehingga dikhawatirkan merusak estetika bingkisan Anda.

Kecocokan Semua umur
Ukuran/ketebalan ± 51 x 65 cm / Tidak diketahui
Bahan Kertas marmer
Kisaran harga Rp2.500 per lembar

6. Kertas Kado Harvest Good Vibes – Fern

Sumber: Shopee.co.id

Kertas kado motif daun yang lembut

Jika Anda hendak memberikan kado untuk orang tua, sebaiknya pilih kertas kado dengan vibe yang tidak ramai. Motif daun dalam Harvest Good Vibes – Fern ini memberikan kesan menenangkan, menjadikannya pas untuk berbagai usia, khususnya dewasa.

Selain itu, kertas kado dari Harvest terkenal akan kualitas printing yang tajam. Namun, sebab cetakan motif yang terlihat natural, kertas kado ini dipatok dengan harga lebih tinggi dari kertas kado pada umumnya. Bila ingin gift dari Anda terasa sepenuh hati, cobalah memakai kertas kado ini sebagai wrapper-nya!

Kecocokan Dewasa
Ukuran/ketebalan 78 x 53 cm / 70 gsm
Bahan HVS
Kisaran harga Rp8.000 per lembar

7. Kertas Kado Kiky

Pilihan motif yang ceria cocok untuk remaja

Lini produk Kiky terkenal dengan motif kekinian yang ideal bagi remaja. Kiky menyediakan pattern warna-warni yang ceria. Di samping penggunaannya sebagai pembungkus kado, kertas kado Kiky ini juga bisa Anda jadikan sampul buku sekolah, lho.

Kertas kado Kiky mudah ditemukan di toko stasioneri. Selain itu, harganya masih terbilang ramah kantong untuk kalangan pelajar. Bagi Anda yang ingin memberikan kado untuk adik atau teman sekolah, kertas kado Kiky bisa menjadi pilihan!

Kecocokan Remaja
Ukuran/ketebalan ±48 x 68 cm / Tidak diketetahui
Bahan Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp950 per lembar

8. Sinar Dunia – Motif Batik

Sumber: Shopee.co.id

Pancarkan nuansa tradisional di hari istimewa kerabat

Sinar Dunia merupakan produsen kertas yang sangat populer di Indonesia. Selain memproduksi buku tulis, Sinar Dunia juga memiliki line produk kertas kado bermotif batik. Kertas kado motif batik akan menyatu pada beragam acara formal.

Nuansa tradisional terpancar dari motif batik yang dimilikinya. Sinar Dunia menyediakan berbagai motif batik cetakan warna vibrant dengan jaminan mutu tinggi. Karena Sinar Dunia merupakan merek kenamaan, Anda juga takkan kesulitan membeli produk ini di toko peralatan tulis terdekat.

Kecocokan Acara formal, orang tua
Ukuran/ketebalan 49 x 64 cm / 80, 85, 100 gsm
Bahan Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp1.200 per lembar

9. Kertas Kado Motif Karakter Film/Kartun Anak

Sumber: Shopee.co.id

Ceriakan anak dengan kertas kado bergambar karakter favoritnya!

Anak-anak biasanya memiliki karakter idola dalam film atau kartun favorit. Apabila Anda berencana memberikan hadiah kepada anak Anda atau anak kerabat Anda, cobalah bungkus hadiah Anda dengan kertas kado ini. Ada cukup banyak karakter kartun yang ikonik, dari mulai Doraemon, Hello Kity, hingga karakter pahlawan super.

Kecocokan Anak-anak
Ukuran/ketebalan ±60 x 45 cm / Tidak diketahui
Bahan Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp850 – Rp1.500 per lembar

10. Sansan Wawa – Kertas Kado Warna Polos

Sumber: Shopee.co.id

Pilihan warna netral yang cocok di segala acara

Bagi Anda yang tidak ingin ambil pusing untuk memilih kertas kado, kertas berwarna polos adalah opsi yang tepat. Kertas kado polos bisa ditujukan kepada penerima kado usia anak, remaja, hingga dewasa. Namun, supaya tetap menarik, pastikan Anda menentukan tone warna yang tepat.

Selain itu, Anda bisa juga memasangkan pita atau menambahkan glitter untuk menambahkan kesan. Kami juga menyarankan Anda memilih warna-warna pastel agar fleksibel di berbagai acara. Usahakan melipat kertas dengan rapi, sebab garis lipatan yang salah biasanya cukup nampak karena motifnya yang polos.

Kecocokan Semua umur
Ukuran/ketebalan 63,5 x 49,5 cm / Tidak diketahui
Bahan Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp1.400 per lembar

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, tentu Anda menyadari betapa pentingnya memilih kertas kado yang tepat. Berbagai aspek seperti usia, acara yang tengah dirayakan, serta selera penerima hadiah perlu diperhatikan. Pastikan Anda membungkus hadiah dengan rapi. Tambahkanlah aksesori bila perlu agar kado dari Anda lebih menarik.

Jadi, apakah Anda sudah menentukan salah satu kertas kado dari rekomendasi di atas? Cek kembali skill Anda dalam membungkus kado. Bila kesulitan, tak ada salahnya Anda meminta bantuan orang lain, semisal kepada staf di gift shop Anda membeli hadiah. Semoga artikel ini berguna untuk Anda yang ingin memilih kertas kado!

(Visited 15 times, 1 visits today)