Written by 01:53 Hadiah

10 Rekomendasi Kado Terbaik untuk Anak Laki-laki

Bagi sebagian orang tua, mencari kado untuk anak laki-laki bisa menjadi perkara yang membingungkan. Baik untuk ulang tahun, sebagai reward atas prestasi yang diraih, maupun momen istimewa lainnya, pastikan kado yang Anda pilih adalah sesuatu yang disukai dan dibutuhkan oleh anak.

Untuk mengatasi kebingungan Anda, kami akan membantu dengan memberikan penjelasan tentang cara memilih kado untuk anak laki-laki. Tak lupa, kami juga merekomendasikan sepuluh produk terbaik sebagai referensi Anda. Pilih mainan edukatif, perlengkapan sekolah, atau alat musik? Mari, cari tahu lebih lanjut!

Cara Memilih Kado untuk Anak Laki-laki

Fase anak-anak terbagi menjadi dua, yakni early childhood antara 1-6 tahun dan later childhood antara 6-12 tahun. Supaya memahami kebutuhan anak yang tepat sesuai fase usianya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat hendak memilih kado untuk anak laki-laki. Apa saja?

Sesuaikan Kado dengan Momen Penting yang Sedang Dirayakan

Pertama, perhatikan pada momen apa Anda hendak memberikan kado. Kado biasanya diberikan pada momen spesial seperti ulang tahun, kenaikan kelas, serta saat anak memenangkan suatu perlombaan.

Jika Anda berencana memberikan kado untuk hari ulang tahun, cari tahu hadiah yang selama ini si anak idam-idamkan. Sedangkan untuk merayakan momen kenaikan kelas, Anda dapat mempertimbangkan kado berupa perlengkapan sekolah.

Sementara itu, kado spesial yang berkualitas dengan harga cukup tinggi bisa diberikan untuk anak di saat ia memenangkan suatu perlombaan. Kado ini diberikan sebagai bentuk penghargaan atas hasil kerja kerasnya.

Pertimbangkan Memilih Kado yang Berguna atau Bernilai Edukasi

Dalam memilih kado untuk anak laki-laki, Anda tidak harus selalu memberikan mainan. Alih-alih, pilihlah kado yang lebih bermanfaat dan bernilai edukasi yang bisa mereka sering gunakan. Kado seperti buku bacaan, buku aktivitas, ensiklopedia, alat tulis, hingga perlengkapan melukis, bisa menjadi bahan pertimbangan Anda.

Apabila Anda ingin membelikan mainan, pilihlah mainan yang dapat membantu tumbuh kembang anak serta meningkatkan kreativitasnya. Anda bisa memilih permainan edukatif seperti puzzle, permainan bongkar pasang, atau balok susun-menyusun.

Berikan Kesan Lebih Bermakna dengan Kado yang Mendukung Hobinya

Jika Anda ingin memberi kesan yang membekas di hati anak, berikan kado yang mendukung hobinya. Kado semacam ini juga akan membuat anak merasa lebih diperhatikan.

Perlengkapan Olahraga Cocok untuk Anak yang Aktif dan Energik

Anak laki-laki biasanya memiliki energi yang besar sehingga senang dengan aktivitas bermain di luar ruangan. Untuk itu, Anda bisa memberikan kado berupa perlengkapan olahraga seperti sepeda dan skuter. Perlengkapan olahraga bisa digunakan sebagai penyaluran energinya untuk kegiatan positif.

Selain itu, olahraga juga menjadikan tubuh anak lebih sehat dan bugar. Namun, pastikan perlengkapan olahraga yang Anda berikan memang sesuai dengan apa yang disukai anak. Untuk hadiah sepeda atau skuter, jangan lupa juga untuk memastikan ukurannya sesuai dengan usia dan postur tubuh anak.

Jika Anak Tertarik dengan Seni, Set Peralatan Menggambar Dapat Menjadi Pilihan

Anda bisa memilih set peralatan menggambar dan mewarnai untuk anak laki-laki yang tertarik dengan seni. Pilihlah set peralatan menggambar yang lengkap sehingga tidak perlu lagi membeli peralatan satu per satu. Satu set biasanya berisi buku menggambar/mewarnai, krayon, spidol, dan alat tulis.

Selain berguna untuk menyalurkan hobi, set peralatan menggambar juga menghindari anak mencoret-coret dinding rumah. Agar anak lebih bersemangat, jangan lupa untuk memilih set peralatan menggambar dengan tokoh kartun atau warna yang disukai anak.

Untuk Anak yang Gemar Belajar Hal Baru, Gadget Patut Dipertimbangkan

Gadget bisa Anda berikan kepada anak yang senang mempelajari hal-hal baru. Keberadaan gadget akan membuat anak lebih tertantang untuk belajar. Namun, tetap saja, penggunaan gadget oleh anak-anak harus di bawah pengawasan orang tua. Untuk pilihan gadget sendiri, Anda bisa memberikan tablet maupun smartwatch.

Tablet bisa digunakan oleh anak untuk pembelajaran interaktif serta sebagai sarana hiburan. Sedangkan smartwatch, selain sebagai penanda waktu, bisa juga digunakan orang tua untuk mendeteksi lokasi keberadaan anaknya dan menjadi alternatif smartphone untuk anak.

Anak Mulai Menunjukkan Bakat Bermusik? Berikan Alat Musik Saja!

Jika Anda melihat anak Anda atau anak yang ingin Anda beri kado menunjukkan bakat bermusik, memberikan alat musik bisa menjadi ide yang bagus. Ini akan membantu mengasah kemampuannya.

Pilihlah jenis alat musik yang menjadi favoritnya. Selain gitar yang umum, Anda bisa mengecek alat musik favorit anak, apakah pianika, seruling, drum, atau alat musik lainnya. Jangan lupa untuk memilih alat musik yang ukurannya sesuai untuk anak-anak, ya!

Apapun Pilihan Kadonya, Pastikan Sesuai dengan Tahap Tumbuh Kembang Anak

Agar kado yang Anda berikan lebih bermanfaat dan dapat digunakan, pilihlah kado yang sesuai dengan tahap tumbuh kembang anak. Hadiah yang terlalu rumit untuk digunakan akan membuat anak bingung, sementara jika terlalu mudah akan membuat anak cepat bosan.

Usia anak juga harus menjadi bahan pertimbangan Anda. Hal ini penting terutama demi keamanannya. Jangan berikan barang yang memiliki banyak komponen berukuran kecil untuk usia di bawah tiga tahun karena dikhawatirkan akan tertelan/membuatnya tersedak.

Model dan motif dari barang yang hendak Anda pilih juga tidak boleh luput dari perhatian. Untuk anak laki-laki berusia balita, pilihlah model dan motif yang lucu dan lembut. Sementara anak-anak yang lebih besar biasanya menyukai model yang lebih maskulin.

Bila Memberikan Kado untuk Anak Kerabat atau Saudara Anda, Ada Baiknya Perhatikan juga Preferensi Orang Tua Anak

Khusus bagi Anda yang ingin membelikan kado kepada anak dari kerabat atau saudara Anda, perhatikan juga preferensi orang tua dari anak yang hendak Anda beri kado. Setiap orang tua memiliki pola asuh berbeda, dan ini memengaruhi preferensi serta selera mereka terhadap barang tertentu.

Misalnya, ada orang tua yang memiliki peraturan tersendiri mengenai pemberian gadget untuk anaknya. Ada juga orang tua yang membatasi permainan tertentu untuk anaknya. Anda tentu harus berhati-hati jika hendak memberikan kado semacam ini.

Supaya lebih aman, Anda bisa berdiskusi terlebih dahulu dengan orang tua sang anak sebelum memilihkan kado untuk anaknya. Dengan melibatkan preferensi orang tua, Anda akan terhindar dari risiko kado yang Anda berikan tidak terpakai. Selain itu, orang tua juga tentu merasa lebih dihargai.

10 Rekomendasi Kado Terbaik untuk Anak Laki-laki

Setelah mengetahui cara memilihnya, kini saatnya kami berikan sepuluh rekomendasi produk yang bisa Anda pilih untuk dijadikan kado untuk anak laki-laki.

1. LEGO® Creator Helicopter Adventure

Sumber: Lego.com

Memiliki tiga model yang dapat dibangun sesuai keinginan

Produk ini sangat pas untuk Anda berikan kepada anak laki-laki dengan usia di atas enam tahun. LEGO® Creator Helicopter Adventure dapat mengasah kreativitas anak dengan tiga model bangunan yang bisa dibuat sesuai keinginan. Anda akan membuat anak merasa tertantang untuk memcahkan masalah dengan memberikan mainan edukatif ini!

JenisMainan edukatif
Usia> 6 tahun
Momen yang cocokSemua momen
KegunaanMelatih kreativitas anak dan mengasah kemampuan pemecahan masalah
Kisaran hargaRp118.300

2. Adinata Avengers Heroes Backpack

Sumber: Adinata.com

Tas multifungsi dengan desain yang keren

Memiliki lebar 30 cm dan tinggi 42 cm, tas model Avengers ini bisa dipakai untuk ke sekolah maupun jalan-jalan. Desainnya yang simpel dengan warna biru dongker terlihat keren dipakai anak laki-laki segala usia.

Tas ini juga memiliki tempat laptop di dalamnya. Bahan dan jahitannya yang kuat menjadikan produk ini awet. Anda bisa memberikan kado tas ini saat anak ulang tahun atau momen kenaikan kelas.

JenisPerlengkapan sekolah | Tas ransel
UsiaSemua usia
Momen yang cocokUlang tahun, kenaikan kelas
KegunaanMembawa buku, laptop, dan peralatan sekolah lainnya
Kisaran hargaRp154.500

3. Standard® Paket 1 Coloring Pascola

Sumber: Shopee.co.id

Dust-free dan non-toxic sehingga aman digunakan anak-anak

Untuk anak yang hobi menggambar dan mewarnai, Standard® Paket 1 Coloring Pascola pasti akan menjadi hadiah yang mereka sukai. Satu set ini terdiri dari oil pastel, pensil warna, spidol, pensil 2B, buku mewarnai, serta tempat pensil. Cukup lengkap, bukan?

Pada paket ini, Standard menawarkan formula yang tidak beracun serta tidak berdebu. Jadi, Anda tidak perlu khawatir menjadikan paket ini sebagai kado untuk anak-anak. Warna yang dihasilkan juga cukup terang sehingga, selain hasilnya bagus, tentu anak-anak lebih mudah menggunakannya.

JenisPeralatan menggambar dan mewarnai
Usia4 – 8 tahun
Momen yang cocokSemua momen
KegunaanPaket lengkap untuk menggambar dan mewarnai
Kisaran hargaRp90.000

4. United Bike Detroit SV 24”

Sepeda gunung dengan rangka yang kokoh

Sepeda gunung dari United Bike ini bisa Anda pertimbangkan untuk diberikan kepada anak yang menyukai kegiatan outdoor. Memiliki rangka yang kokoh, Detroit SV 24” akan menemani anak berpetualang tanpa banyak hambatan.

Anda bisa memberikan kado sepeda ini untuk anak usia delapan hingga dua belas tahun. Atau, Anda bisa sesuaikan dengan tinggi anak dengan cara mengukur panjang inseam-nya. Sepeda ini dapat menajdi kado ulang tahun atau sebagai reward atas lomba yang ia menangkan.

JenisPerlengkapan olahraga | Sepeda
Usia8 – 12 tahun
Momen yang cocokUlang tahun, hadiah memenangkan perlombaan
KegunaanMelatih keseimbangan motorik, membiasakan olahraga sejak dini
Kisaran hargaRp2.700.000

5. Yamaha Gitar Akustik ¾ JR2

Gitar mungil yang pas dimainkan oleh anak-anak

Yamaha Gitar Akustik ¾ JR2 memiliki ukuran ¾ dari ukuran standar gitar dewasa. Jadi, gitar ini pas digunakan oleh anak usia 8-11 tahun atau bertinggi badan 140-150 cm. Kado berupa gitar ini bisa Anda berikan sebagai bentuk dukungan untuk anak yang menujukkan bakat bermusik.

Material produk ini sendiri terbuat dari kayu mahoni yang menjadikannya terlihat estetik serta tahan lama. Gitar ini juga memiliki dua varian warna yakni natural dan tobacco brown sunburst yang bisa Anda pilih sesuai selera anak.

JenisAlat musik
Usia8 – 11 tahun
Momen yang cocokSemua momen
KegunaanMelatih kemampuan bermusik anak
Kisaran hargaRp1.199.000

6. Buku Cerita Anak Seri Ayo Berkata Baik

Sumber: Gpu.id

Mengajarkan anak untuk berkata baik sejak dini

Jika Anda ingin memberikan kado yang mendidik, Buku Cerita Anak Seri Ayo Berkata Baik terbitan Gramedia ini bisa menjadi pilihan tepat. Berupa picture book dengan gambar yang disukai balita, pesan-pesan yang disampaikan oleh buku ini mudah dipahami anak.

Seri ini terdiri dari empat judul yakni Elpa Bilang Maaf, Tiko Bilang Tolong, Sisi Bilang Terima Kasih, dan Mimi Bilang Permisi. Keempat judul tersebut bisa Anda pilih semuanya untuk dijadikan kado. Dengan buku ini, Anda membantu orang tua mengajarkan perilaku sopan sejak dini kepada anak.

JenisBuku cerita
Usia2 – 5 tahun
Momen yang cocokSemua momen
KegunaanMengajarkan perilaku sopan dan santun kepada anak sedari dini, melatih anak agar gemar membaca
Kisaran hargaRp33.250

7. Amazon Fire HD 8 Kids Edition Tablet

Sumber: Amazon.com

Tablet khusus anak untuk hiburan dan menemani belajar

Apakah Anda berencana memberikan kado berupa tablet untuk anak? Kami merekomendasikan Amazon Fire HD 8 Kids Edition Tablet. Ini adalah tablet khusus untuk anak-anak dengan casing lucu berwarna pink dan biru.

Produk ini sudah disertai dengan langganan Amazon Kids+ selama setahun yang dapat mengakses beragam buku, video, aplikasi, permainan, audiobook, serta konten edukasi khusus anak-anak. Akun Amazon di tablet ini juga dapat dengan mudah di-switch ke akun orang dewasa sehingga orang tua bisa sama-sama menggunakan tablet ini.

JenisGadget | Tablet
Usia3 – 12 tahun
Momen yang cocokSemua momen
KegunaanSebagai media pembelajaran interaktif dan hiburan untuk anak-anak
Kisaran hargaRp3.199.000

8. Aquabeads Disney Cars 3 Character Set

Melatih ketelatenan dan kesabaran saat sekaligus berkreasi

Mainan edukasi lain yang bisa Anda pertimbangkan sebagai kado untuk anak laki-laki yakni Aquabeads Disney Cars 3 Character Set. Satu boks produk ini terdiri dari 580 beads warna-warni yang dapat dikreasikan menjadi tokoh-tokoh di film Cars.

Menyusun beads ini membutuhkan ketelatenan tinggi, sehingga mainan ini cocok diberikan pada anak untuk melatih ketelatenannya.

JenisMainan edukatif
Usia> 4 tahun
Momen yang cocokSemua momen
KegunaanMengasah kreativitas dan ketelatenan anak
Kisaran hargaRp372.000

9. Imoo Watch Phone Y1

Sumber: Imoo.com

Dilengkapi fitur panggilan dua arah agar tetap terhubung dengan anak

Smartwatch keluaran Imoo ini dilengkapi dengan banyak fitur, di antaranya panggilan dua arah, berkirim pesan, serta GPS. Hal ini memungkinkan orang tua selalu terhubung dan melacak keberadaan anaknya. Produk ini juga tahan air sehingga aman digunakan oleh anak saat berenang.

JenisGadget | Smart watch
Usia> 6 tahun
Momen yang cocokSemua momen
KegunaanMemudahkan orang tua mengetahui lokasi anak, telepon, berkirim pesan, sebagai jam tangan
Kisaran hargaRp449.000

10. Oxelo B1 Kids’ Scooter

Sumber: Shopee.co.id

Skuter mini yang aman untuk balita

Mencari kado ulang tahun untuk anak balita aktif? Anda bisa mempertimbangkan Oxelo B1 Kids’ Scooter. Skuter mini ini dirancang khusus untuk anak usia di atas dua tahun dengan tinggi 80 cm hingga 115 cm. Skuter ini dapat membantu menyalurkan energi berlebih anak sekaligus melatih kemampuan motoriknya.

Melibatkan bantuan fisioterapis dalam pembuatannya, produk ini sudah bisa dipastikan aman dan mudah digunakan oleh anak. Selain itu, skuter ini sangat ringan dan mudah dilipat. Dengan bobot hanya 1,5 kg, Anda dapat dengan mudah membawanya ke mana-mana.

JenisPerlengkapan olahraga | Skuter
Usia> 2 tahun
Momen yang cocokUlang tahun
KegunaanMembantu perkembangan kemampuan motorik
Kisaran hargaRp315.000

Tabel Perbandingan Kado untuk Anak Laki-laki

ProdukLEGO® Creator Helicopter AdventureAdinata Avengers Heroes BackpackStandard® Paket 1 Coloring PascolaUnited Bike Detroit SV 24”Yamaha Gitar Akustik ¾ JR2Buku Cerita Anak Seri Ayo Berkata BaikAmazon Fire HD 8 Kids Edition TabletAquabeads Disney Cars 3 Character SetImoo Watch Phone Y1Oxelo B1 Kids’ Scooter
JenisMainan edukatifPerlengkapan sekolah | Tas ranselPeralatan menggambar dan mewarnaiPerlengkapan olahraga | SepedaAlat musikBuku ceritaGadget | TabletMainan edukatifGadget | Smart watchPerlengkapan olahraga | Skuter
Usia>6 tahunSemua usia4 – 8 tahun8 – 12 tahun8 – 11 tahun2 – 5 tahun3 – 12 tahun>4 tahun>6 tahun>2 tahun
Momen yang cocokSemua momenUlang tahun, kenaikan kelasSemua momenUlang tahun, hadiah memenangkan perlombaanSemua momenSemua momenSemua momenSemua momenSemua momenUlang tahun
KegunaanMelatih kreativitas anak dan mengasah kemampuan pemecahan masalahMembawa buku, laptop, dan peralatan sekolah lainnyaPaket lengkap untuk menggambar dan mewarnaiMelatih keseimbangan motorik, membiasakan olahraga sejak diniMelatih kemampuan bermusik anakMengajarkan perilaku sopan dan santun kepada anak sedari dini, melatih   anak agar gemar membacaSebagai media pembelajaran interaktif dan hiburan untuk anak-anakMengasah kreativitas dan ketelatenan anakMemudahkan orang tua mengetahui lokasi anak, telepon, berkirim pesan,   sebagai jam tanganMembantu perkembangan kemampuan motorik
Kisaran hargaRp118.300Rp154.500Rp90.000Rp2.700.000Rp1.199.000Rp33.250Rp3.199.000Rp372.000Rp449.000Rp315.000
Periksa ketersediaan

Kesimpulan

Ada beragam hal yang harus diperhatikan saat hendak memilih kado untuk anak laki-laki. Ini dilakukan untuk memastikan kado yang Anda berikan memiliki manfaat, dapat digunakan, dan memberikan kesan di hati anak, atau bahkan orang tua apabila kado tersebut sebagai hadiah untuk anak kerabat maupun saudara.

Kami telah memberi penjelasan tentang cara memilih kado untuk anak laki-laki. Tak lupa juga kami berikan sepuluh ide kado terbaik untuk Anda. Kami berharap setelah membaca artikel ini, Anda menemukan produk yang tepat untuk dijadikan kado untuk anak laki-laki. Semoga berhasil!

(Visited 93 times, 2 visits today)