Written by 10:05 Perlengkapan Rumah Tangga

10 Rekomendasi Kompor Gas Terbaik

Electrolux ETG 70

Kehadiran bermacam jenis dan bentuk kompor menawarkan kemudahan untuk urusan dapur setiap orang. Kompor gas merupakan salah satu jenis kompor yang banyak dipilih. Selain itu, ada juga kompor yang beroperasi dengan daya listrik, biasa disebut kompor listrik. Apabila Anda ingin mengganti kompor gas atau berencana membeli kompor gas terbaik, kami akan memberikan rekomendasi produk yang tepat untuk Anda.

Berbagai pabrikan manufaktur produk rumah tangga, semisal Modena, Rinnai, Cosmos, dan Quantum merilis cukup banyak merek kompor gas yang bisa Anda jadikan alat memasak utama di rumah. Selain dipakai di rumah, kompor gas juga ada yang diciptakan untuk kebutuhan komersial seperti dipakai di restoran, kedai makan, dan kafe. Karena itu, kompor gas juga terdiri dari bermacam jenis, Anda bisa mengetahuinya pada bagian di bawah ini.

Kenali Jenis Kompor Gas yang Beredar

Jika Anda tertarik untuk membeli kompor gas api besar, maka kami akan perkenalkan beberapa macam kompor gas yang mungkin akan Anda temukan di pasaran. Dengan mengetahui hal ini, Anda bisa menyesuaikan kompor gas seperti apa yang paling cocok untuk dibeli. Tanpa berlama-lama lagi, silakan dilihat macam-macam kompor gas berikut ini.

Kompor Gas 1 Tungku yang Hemat Ruang dan Bersifat Portabel

Kompor Gas 1 Tungku

Kompor gas yang menggunakan 1 tungku penyangga mungkin tepat untuk Anda yang tinggal di kost atau rumah kontrak petakan. Kelebihan dari kompor ini tak lain berukuran kecil sehingga tidak memerlukan banyak space di dapur atau tempat lainnya. Selain itu, kompor gas 1 tungku terbaik juga lebih hemat dalam pemakaian gas.

Desain kompor yang ringkas juga menjadikan kompor gas ini bersifat portabel. Dengan begitu, Anda bisa membawa kompor ini untuk kegiatan outing seperti berkemah di kaki gunung maupun melakukan pendakian dan digunakan saat berada di puncak. Kelebihan lain dari kompor gas mini terbaik adalah harga jual yang lebih murah sehingga tidak akan mencekik kantong kebanyakan orang.

Kompos Gas 2 Tungku yang Bisa Memasak Dua Hidangan Sekaligus

Kompos Gas 2 Tungku

Kompor gas kualitas terbaik rumahan yang paling tepat untuk Anda yang terbiasa memasak dua hidangan dalam satu waktu adalah kompor gas 2 tungku. Jenis kompor ini sangat mudah ditemukan karena sebagian besar, atau mungkin seluruh, pabrikan ternama pasti mengeluarkan paling tidak satu buah kompor gas 2 tungku.

Pastikan Anda melihat kebutuhan harian sebelum memutuskan membeli kompor. Jika untuk menyajikan hidangan lebih cepat kepada anggota keluarga, maka ideal sekali untuk membeli kompor gas 2 tungku. Utamakan memilih kompor yang mengeluarkan panas api stabil sehingga Anda tak perlu menyesuaikan jenis masakan pada salah satu tungkunya.

Kompor Gas 3 Tungku Untuk Memasak dan Memanggang Lebih Mudah

Kompor Gas 3 Tungku

Dewasa ini, kompor gas juga hadir dengan 3 tungku pembakaran. Secara umum, kompor jenis ini didesain dengan dua tungku utama pada bagian kanan dan kiri yang berukuran besar. Kemudian di antara tungku utama mengapit satu tungku kecil yang bisa digunakan sebagai grill pan alias pemanggang.

Beberapa produsen seperti Rinnai, Cosmos, dan sebagian lainnya menurunkan kompor gas 3 tungku. Anda bisa menggunakan kompor ini untuk kebutuhan lebih banyak, seperti memanggang sate, ayam, dan lainnya dengan tingkat kematangan merata melalui tungku tengah yang disediakan. Untuk Anda yang butuh kompor gas multifungsi, maka pilihlah kompor gas 3 tungku.

Free Standing, Kombinasi Oven dan Kompor Dalam 1 Unit

Kompor Gas Free Standing

Jika Anda datang ke tempat makan berkapasitas besar maupun kecil, tak jarang ditemukan kompor gas berdiri atau biasa disebut free standing. Saat ini kompor gas freestanding terbaik juga sudah digunakan oleh urusan dapur rumahan. Apabila Anda belum mempunyai oven di rumah dan bujet Anda terbilang besar, maka cobalah menjajal kompor gas free standing.

Kompor jenis ini didesain dengan bentuk yang lebih modern dan bersifat futuristik. Dikarenakan tidak tertanam pada meja dapur, maka kompor ini mudah diinstalasi. Selain itu, kompor ini juga menyediakan lebih banyak fitur memasak, terlebih dengan integrasi oven dalam satu unit yang umumnya berada di bawah bagian kompor. Adapun kekurangan dari kompor ini tak lain dari segi harga yang mahal dan kompartemen yang sulit dibersihkan.

Kompor Gas Tanam Dengan Limpahan Fitur yang Memanjakan

Kompor Gas Tanam

Jenis kompor gas terakhir yang perlu Anda ketahui sebelum menentukan mana yang paling cocok buat Anda adalah kompor tanam. Sebagian dari Anda mungkin sudah familiar dengan kompor listrik yang umumnya bersifat ditanam pada meja dapur. Pada kompor gas tanam juga sama, yang membedakan hanya sumber daya untuk pengapian diperoleh darimana.

Ditilik dari aspek estetika, kompor gas tanam yang bagus tentu memberikan kesan keren ketika sudah tertanam di meja. Tapi ingatlah, saat sudah diinstalasi, kompor ini tidak bisa dipindahkan karnea bersifat permanen. Anda yang ingin memasak sambil merasakan sensasi menyenangkan, maka cobalah kompor gas tanam yang elegan ini. Jenis kompor ini hadir dalam pilihan beberapa burner, mulai 1 hingga 5 burner.

Cara Memilih Kompor Gas

Sudah siap untuk membeli kompor gas terbaik? Anda perlu mengetahui juga bagaimana cara memilih kompor gas yang benar. Setidaknya perhatikan poin-poin penting semacam fitur pengaman, material pembuatan, dan sistem pengapian yang digunakan agar nantinya Anda bisa lebih familiar dengan barang ini.

Sesuaikan Jenis Kompor Dengan Kebutuhan Anda

Sesuaikan Jenis Kompor Dengan Kebutuhan

Langkah pertama saat berencana membeli sebuah kompor gas adalah mempertimbangkan tipe atau jenis kompor seperti apa yang paling cocok untuk Anda. Karena kompor gas dirancang bukan hanya keperluan di dapur rumah, tetapi bisa juga untuk dapur apartemen atau dapur profesional, tentu masing-masing menyimpan karakteristik yang berbeda-beda.

Untuk Anda yang memerlukan kompor sebagai alat penunjang hidangan di rumah, maka disarankan memilih kompor gas dua tungku karena memungkinkan Anda memasak dua hidangan sekaligus. Sementara jika Anda rasa kebutuhannya tidak terlalu banyak, jenis kompor gas 1 tungku bisa dipilih. Kompor tersebut sewaktu-waktu juga bisa Anda bawa saat jalan-jalan ke luar kota atau naik gunung karena sifatnya yang portable.

Pertimbangkan Memilih Produk yang Dibekali Fitur Pengaman

Pertimbangkan Memilih Produk yang Dibekali Fitur Pengaman

Fitur pengaman pada kompor mencakup banyak hal, bisa itu menjaga kompor agar tidak membawa bahaya ketika tidak sengaja dijangkau oleh anak-anak, maupun fitur yang mampu menjaga dirinya sendiri saat dipakai memasak. Untuk yang pertama, tentu hal yang bisa dipertimbangkan adalah memilih metode pengapian yang aman untuk anak-anak, apakah tipe switch, tombol, atau knop. Atau lebih mudahnya, carilah produk yang dibekali child safety lock.

Sedangkan fitur keamanannya yang menjamin terhindarnya hal-hal berbahaya antara lain komponen pencegah overheating maupun fungsi pemadaman api. Di beberapa negara Eropa, rata-rata produsen telah mengikuti aturan yang berlaku dimana kompor harus memiliki fitur pemadaman api sehingga menjamin keamanan saat terjadi kelalaian dari pengguna.

Pilihlah Kompor Dengan Pelat Atas yang Mudah Dibersihkan

Pilihlah Kompor Dengan Pelat Atas yang Mudah Dibersihkan

Top plate atau pelat atas kompor merupakan bagian yang cukup penting pada sebuah kompor. Jika Anda ingin memelihara kompor agar berusia panjang, maka utamakan memilih kompor gas yang menggunakan bahan mudah dibersihkan pada bagian top plate-nya. Umumnya terdapat 2 macam material yang digunakan untuk badan atas kompor, yaitu enamel atau fluorine coat dan kaca.

  • Top Plate Enamel. Jika Anda memerlukan kompor gas murah, maka pilihlah material top plate dari enamel atau fluorine coat. Bahan ini umumnya membuat kompor dipasarkan dengan harga terjangkau. Walaupun tidak sebagus kaca dari segi tampilan, material ini lebih mudah dibersihkan, bahkan saat terdapat noda minyak yang sulit dibersihkan.
  • Top Plate Kaca. Buat Anda yang berbujet besar dan menginginkan kompor gas bukan hanya untuk memasak, tetapi sebagai teman berkegiatan yang menyenangkan di dapur, maka cobalah kompor gas dengan bahan pelat atas yang dilapisi oleh kaca. Bahan ini juga mudah dibersihkan dengan lap bertekstur lembut. Tapi yang perlu diingat, umumnya kompor ini memiliki nilai jual yang cukup mahal.

 

Kenali Metode Pengoperasian yang Paling Cocok

Dalam menunjang kemudahan kegiatan memasak di dapur, produsen menciptakan kompor gas dengan tipe pilihan metode pengapian atau pengoperasian. Setidaknya terdapat 3 pilihan, yaitu tombol yang ditekan (pushing type), tombol peralihan (switch type), dan knop putar (knob type). Ketiga jenis ini menawarkan keunggulan yang berbeda, Anda bisa mengetahuinya melalui poiin-poin di bawah ini.

Menggunakan Tombol, Fungsional Namun Mudah Dijangkau Anak-anak

Menggunakan Tombol

Di Indonesia mungkin belum banyak model kompor seperti ini. Namun di beberapa negara Asia lainnya, semisal Jepang, kompor gas dengan metode pengapian pushing button banyak dijumpai. Kompor model ini memungkinkan Anda melakukan pengoperasian dengan lebih mudah. Apabila Anda tertarik untuk mengadopsi kompor gas jenis ini, pastikan produk tersebut sudah dilengkapi dengan fitur child lock, terutama untuk Anda yang memiliki anak kecil.

Menggunakan Sistem Saklar (Switch), Lebih Mudah Dalam Mengontrol Besar Kecil Api

Menggunakan Sistem Saklar Switch

Dari sisi fungsionalitas, kompor gas dengan metode pengoperasian memakai saklar peralihan atau switch tak jauh beda dengan pushing type. Sama seperti model sebelumnya, kompor gas ini juga cukup sulit ditemui di Indonesia. Jenis kompor ini lebih cocok untuk orang yang sudah lanjut usia karena terdapat switch yang bukan hanya bisa menyalakan api, melainkan juga mengatur besar kecilnya api dengan lebih mudah.

Menggunakan Knop Putar, Gampang Dicari dan Sulit Dimainkan Anak-anak

Menggunakan Knop Putar

Untuk tipe kompor ini paling banyak dijumpai di pusat belanja elektronik di Indonesia. Beragam merek ternama terjejer rapi, Anda bisa leluasa dalam memilih. Sistem knop putar yang digunakan sebagai mekanisme pengapian lebih menjamin produk ini aman dari jangkauan anak-anak. Pasalnya, knop tersebut perlu ditekan terlebih dahulu sebelum api bisa nyala, sehingga akan sulit dimainkan oleh anak-anak.

10 Rekomendasi Kompor Gas Terbaik

Pastikan Anda memilih produk yang telah mengantongi standar keamanan dari badan berwenang pada masing-masing negara. Selain itu, memilih produk dengan kualitas bagus juga tak boleh dilupakan. Agar tidak kecewa setelah membeli, kami akan bagikan rekomendasi kompor gas terbaik untuk Anda berikut ini.

1. Blue Gaz Korina Xentro Glacio

Blue Gaz Korina Xentro Glacio

Kisaran harga: Rp1.850.000

Api memusat dan bersilang untuk menciptakan masakan yang lebih cepat matang

Kompor gas yang memegang konsep desain dan futuristik dari Blue Gaz hadir untuk setiap orang yang ingin kemudahan saat memasak. Pada bagian atas komponen atau top plate-nya, kompor ini menggunakan material berupa kaca tempered. Selain bernilai estetika tinggi, alat utama memasak ini tentu unggul dari segi performa, seperti mampu menghasilkan api stabil dan besar.

Dua tungku utama dibekali burner cap kuningan yang mampu mengeluarkan api bersilang dan memusat. Dengan mekanisme knop, Anda yang punya anak tak perlu khawatir saat anak Anda bermain di ruangan dapur. Tak hanya itu, Korina Xentro Glacio juga ditanamkan gas flow safety device untuk memastikan aliran gas yang stabil melalui selang.

2. Modena Crista BH 1725

Modena Crista BH 1725

Kisaran harga: Rp2.300.000

Dengan hob bermaterial khusus, Anda tak perlu cemas akan penumpukan lemak

Jika Anda menginginkan kompor gas yang modern dan berkelas dari aspek antarmuka, maka Modena Crista BH 1725 perlu dipertimbangkan. Walaupun mahal, kompor gas ini sangat worth it untuk dibeli. Modena merancang kompor meja tanam (built-in cooker) ini agar sesuai dengan segala konsep desain yang Anda terapkan di ruangan dapur.

Kompor gas terbagus Modena memiliki desain hob yang halus sehingga mampu mengurangi penumpukan lemak sisa pemakaian. Beroperasi dengan tombol berbentuk knop, Anda lebih mudah dalam mengoperasikannya. Meski memakai mekanisme knob button, Modena Crista BH 1725 telah dilengkapi sistem pengaman terhadap risiko kebocoran gas

3. Domo DG 9406 Freestanding Cooker

Domo DG 9406 Freestanding Cooker

Kisaran harga: Rp7.830.000

Ingin dipakai di rumah atau mini restoran milik Anda? Keduanya bisa!

Berencana membuka usaha sewaktu-waktu atau dalam waktu dekat ini? Kompor gas terbaik ini bisa Anda jadikan andalan untuk menyiapkan segala hidangan pesanan konsumen. Domo DG 9406 merupakan freestanding cooker berdimensi 900 x 550 x 850 mm yang mumpuni dan tangguh untuk menghasilkan berbagai macam masakan.

Badan kompor yang terbuat dari stainless memastikan kompor gas berdiri ini awet dan tahan lama. Pada bagian atasnya berlapiskan kristal yang bukan hanya menjadikannya cantik, tetapi mudah dibersihkan. Produk ini menyediakan 4 tungku gas dengan pemantik otomatis. Pada bagian bawah terdapat oven yang bisa Anda operasikan bersamaan dengan tungku kompor atasnya.

4. Winn Gas W-1B

Winn Gas W 1B

Kisaran harga: Rp245.000

Suguhkan hidangan hangat dan mengenyangkan lebih mudah saat melakukan aktivitas outdoor

Buat Anda yang tinggal di kost atau apartemen yang tidak menyediakan kompor sendiri, kami sarankan untuk membopong Winn Gas W-1B ini. Kompor gas yang murah dari Winn Gas bersifat portabel sehingga bukan hanya kompatibel untuk keperluan indoor, melainkan aktivitas outdoor juga bisa didukung oleh barang ini. Terutama untuk Anda yang suka naik gunung, maka Winn Gas W-1B patut dibeli.

Kompor gas portable terbaik ini tak akan membuat Anda repot saat berkemah karena dilengkapi lapisan anti lengket pada badan atasnya. Cukup dengan lap basah, Anda sudah bisa membersihkan kompor ini dan memasukkannya kembali ke tempat yang disediakan. Bukan cuma itu, Winn Gas W-1B juga menggunakan full teflon pada badan utama sehingga membuatnya lebih tahan lama.

5. Quantum QGC-201 DMPB

Quantum QGC 201 DMPB

Kisaran harga: Rp274.000

Dengan fitur self timer, Anda bisa mengatakan “Sayonara” pada hidangan gosong

Bicara kompor gas terlaris dan terkenal, tentu Anda sepakat kalau Quantum menjadi salah satu rajanya, bukan? Kompor gas Quantum QGC-201 DMPB menjadi pilihan yang tepat untuk setiap orang. Pada seri DMPB, Quantum mendesain bodi kompor dengan balutan warna hitam mengilap secara keseluruhan. Sementara pada seri DMPC warnanya putih.

Kompor gas merek Quantum ini hadir dengan 2 tungku pembakaran, Anda bisa menumis sayuran dan memasak lauk dalam satu waktu. Quantum mempersenjatai kompor ini dengan pemantik elektrik dan panel self timer untuk mengatur seberapa alma Anda ingin memasak sebuah hidangan. Fitur pengaman ini akan berbunyi ketika waktu telah habis sehingga Anda tak perlu khawatir masakan gosong akibat kelupaan.

6. Sanken SG-336SS

Sanken SG 336SS

Kisaran harga: Rp390.000

Bersama fitur Pentavet, Anda bisa memasak dengan wajan kecil lebih mudah

Jika Anda membutuhkan kompor gas yang bagus dan bukan hanya mengandalkan api lilin yang stabil, melainkan juga mengedepankan sisi modernitas, maka Sanken SG-336SS adalah produk yang tepat untuk Anda. Sanken merilis kompor ini dengan desain yang minimalis. Pada bagian utama kompor terdapat lapisan kaca yang memberikan kesan modern.

Tak hanya itu, Sanken juga menerapkan logam yang melapisi seluruh komponen luar (kecuali area burner) untuk meredam panas berlebih dan membuat kompor ini lebih tahan lama. Kompor gas kaca terbaik ini memungkinkan Anda memasak dengan wajan atau alat masak berukuran kecil melalui fitur Pentavet. Kemudain bracket atau tungku terbuat dari enamel yang mampu menopang beban panci berat.

7. Rinnai RI 302S

Rinnai RI 302S

Kisaran harga: Rp232.000

Ramah lingkungan dan hemat gas hingga 20% dibandingkan produk yang lain

Anda tidak ingin boros dalam pemakaian gas untuk kebutuhan memasak? Pastikan kompor gas Rinnai RI 302S berada di dapur Anda. Rinnai menanamkan konsep hemat gas pada produk ciptaannya ini. Diklaim mampu meminimalisir penggunaan gas hingga 20% dibandingkan produk lain, menjadikan Rinnai RI 302S disebut-sebut sebagai kompor gas yang hemat gas.

Kompor ini ideal untuk dipakai oleh kebutuhan rumah tangga dengan anggota keluarga 3 – 5 orang. Kehadiran dua tungku pembakaran memungkinkan Anda memasak banyak hidangan dengan lebih cepat. Kompor gas buatan Indonesia ini juga ramah terhadap lingkungan karena sisa hasil pembakaran berupa karbondioksida keluar hanyalah 0,0052% (standarnya 0,14%).

8. Cosmos CGC 5268

Cosmos CGC 5268

Kisaran harga: 265.000

Api biru stabil pada kedua tungkunya, memastikan hasil masakan yang cepat matang

Keunggulan dari kompor gas yang bagus dan tahan lama Cosmos adalah burner yang memakai kuningan sehingga tangguh untuk menangkal panas api biru dalam waktu lama. Jika Anda ingin memiliki kompor yang kuat dan tahan lama, maka Cosmos CGC 5268 wajib dipertimbangkan.

Barang andalan setiap kebutuhan dapur ini juga menerapkan material yang mudah dibersihkan pada bodi utama. Selain mudah dibersihkan, Cosmos CGC 5268 juga irit dalam penggunaan bahan bakar gas. Buat Anda yang ingin menghemat kantong, maka produk ini menjadi pilihan yang sangat ideal untuk dibawa pulang.

9. Electrolux ETG 70

Electrolux ETG 70

Kisaran harga: Rp430.000

Dengan panel dari stainless steel, menjamin kompor gas anti karat dan mudah dibersihkan

Dengan ring yang dilengkapi 2 tipe kwali stand, Anda bisa memasak menggunakan banyak bentuk panci atau wajan dengan lebih mudah menggunakan kompor ini. Electrolux ETG 70 bukan hanya membuat kegiatan memasak menjadi lebih efektif, tetapi juga cepat melalui fitur heat plus flame (api biru besar) yang dimilikinya.

Hadir dalam model yang klasik namun mengusung desain elegan, Electrolux ETG 70 akan mempercantik interior ruangan dapur Anda. Kompor ini memiliki enam kaki penyangga yang kuat sehingga Anda bisa memindahkannya kemana pun dan kapan pun Anda mau. Sementara panel depan kompor ini menggunakan stainless steel untuk menjamin anti karat dan mudah dibersihkan.

10. Miyako KG 101C

Miyako KG 101C

Kisaran harga: Rp134.000

Kompor gas portable yang aman dengan sistem pemantik mekanik untuk mengatur volume api

Jika tak ingin mengeluarkan kocek banyak untuk membeli hidangan di warung saat mengadakan camping atau kegiatan outdoor semacamnya, Anda bisa membawa Miyako KG 101C dari rumah. Kompor gas ini menyuguhi satu tungku pembakaran dengan burner berkualitas yang mampu menghasilkan api melingkar dengan tingkat kestabilan merata.

Miyako merancang kompor gas portable yang bagus ini dengan bahan logam yang bukan hanya ringan ringan, tetapi juga memastikannya mampu mengurangi panas api. Tak hanya itu, kompor ini sudah dilengkapi fitur untuk menekan LGP sehingga besar kecil api bisa diatur sesuai kebutuhan. Buat Anda yang menginginkan kompor gas aman, Miyako KG 101C telah teruji dan memiliki sertifikat SNI.

Cara Membersihkan Kompor Gas yang Benar

Anda pasti tidak ingin kompor gas yang baru dibeli menjadi tidak berfungsi hanya dalam beberapa bulan setelahnya, bukan? Hal semacam ini bisa saja terjadi apabila Anda tidak merawat kompor gas dengan benar. Untuk itu, tak lupa kami akan berikan tips membersihkan dan merawat kompor gas yang baik dan benar.

Rendam Tungku Penyangga (Ring) Pada Air Panas

Rendam Tungku Penyangga Ring Pada Air Panas

Pastikan Anda mencuci beberapa komponen pada kompor gas sehingga tetap bersih dan indah dilihat. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah melepas ring atau tungku penyangga kompor. Jika ring menyatu pada badan kompor, carilah panduan untuk membersihkan maupun melepaskannya.

Namun pada ring yang bisa dilepaskan dari badan kompor, Anda dapat merendamnya ke larutan air panas yang telah ditambahkan sabun cuci piring cair. Biarkan ring berada dalam rendamam selama 2 – 4 jam sampai kotoran dan kerak membandel terangkat. Setelah itu, keluarkan ring dan bersihkan dengan sikat gigi biasa, lalu keringkan dan lap kain sebelum dipasangkan kembali.

Gunakan Krim Pembersih Khusus Bagian Burner

Gunakan Krim Pembersih Khusus Bagian Burner

Komponen penghasil api atau burner juga perlu Anda bersihkan secara rutin. Pada prosesnya, pastikan Anda tidak membersihkan area burner dengan air dan larutan sabun karena bisa menyebabkan tungku basah dan lembap. Sebagai alternatifnya, gunakan krim khusus pembersih kompor gas.

Mekanismenya sama seperti membersihkan ring kompor, Anda hanya perlu mendiamkannya beberapa saat hingga kotoran, lemak, dan kerak luruh, kemudian lap dengan kain lembut yang kering. Anda bisa menggunakan spons jika tak punya kain lap yang bertekstur lembut.

Gunakan Bahan Alami Untuk Membersihkan Top Plate

Gunakan Bahan Alami Untuk Membersihkan Top Plate

Bagian kompor gas yang paling mencolok dan mengganggu saat terdapat noda adalah top plate atau pelat atas. Tentunya Anda wajib membersihkan bagian ini secara berkala. Apabila tak ingin menimbulkan risiko material mengelupas akibat cairan pembersih kimia, Anda bisa beralih menggunakan bahan alami seperti jeruk nipis dan cuka apel.

Cuka apel punya kemampuan mengangkat noda dan minyak dengan cukup baik. Sementara jeruk nipis akan membantu meluruhkan noda yang sulit dibersihkan. Padukan kedua bahan ini dengan porsi yang seimbang, lalu gunakan lap lembap untuk menggosok bagian atas kompor. Setelah itu biarkan mengering atau Anda bisa keringkan sendiri dengan kain microfiber.

Bersihkan Selang dan Regulator Tabung Secara Rutin

Bersihkan Selang dan Regulator Tabung Secara Rutin

Permukaan luar selang kerap dihinggapi bercak hitam yang apabila semakin menutup bisa membuatnya kurang menarik dilihat. Anda bisa menggunakan kain lembap dengan tambahan cairan pembersih untuk mengusir noda yang sulit dihilangkan tersebut. Hal ini cukup penting dilakukan karena Anda bisa mengetahui apabila terdapat kebocoran atau retak pada selang gas.

Selain selang kompor gas, Anda juga perlu memeriksa regulator secara berkala. Tujuannya sama, yaitu untuk mengantisipasi apabila terjadi kebocoran gas akibat pemasangan yang kurang pas. Pastikan tekanan tabung selalu dalam keadaan normal sehingga potensi terjadinya ledakan gas bisa berkurang. Dengan menerapkan langkah-langkah ini, Anda akan bebas khawatir saat memasak menggunakan kompor gas terbaik.

(Visited 347 times, 2 visits today)