Written by 23:27 Perlengkapan Rumah Tangga

10 Panci Presto Terbaik yang Bagus dan Awet

Maxim Panci Presto

Panci presto atau pressure cooker adalah peralatan masak yang berfungsi untuk mematangkan makanan dengan menaikkan tekanan melalui penguncian uap panas. Semakin tinggi tekanan di dalam panci, proses memasak pun semakin singkat dan makanan lebih cepat matang. Namun, seberapa cepat panci presto mematangkan makanan dipengaruhi oleh bermacam aspek.

Bahan dasar panci presto menjadi faktor utama yang perlu diperhatikan saat memilih. Umumnya, produsen seperti Oxone, Kirin, Maxim, dan merek lainnya menerapkan material stainless steel, aluminium, dan penggabungan dari stainless steel dan aluminium. Panci presto dari material stainless steel lebih berat bobotnya, tetapi mampu menahan panas lebih baik daripada bahan aluminium.

Akan tetapi, panci presto berbahan aluminium memiliki karakteristik sebagai penghantar panas yang baik sehingga menjadikan waktu memasak lebih singkat. Namun, material aluminium lebih cepat kehilangan panas dibandingkan material stainless steel. Sebagai opsi tengahnya, Anda dapat memilih panci presto yang bahannya dikombinasikan dari aluminium dan stainless steel di mana saling menutupi kekurangan antara satu bahan dengan bahan yang lain.

10 Rekomendasi Panci Presto (Pressure Cooker) Terbaik

Ketika memilih panci presto, perhatikan pula tingkat tekanan yang mampu ditahan oleh produk pilihan Anda. Prioritaskan yang dilengkapi pengukur tekanan. Untuk melunakkan makanan bertekstur keras dan padat, seperti daging dan umbi-umbian, umumnya perlu tekanan 90 kPa (kilo Pascal). Sedangkan untuk sayuran bertekstur lunak, cukup dengan tekanan antara 50 – 70 kPa agar tingkat kematangan sempurna dan nutrisi di dalam sayur tidak terlalu rusak.

Seusai mendapati gambaran panci presto yang hendak Anda pilih, berikutnya Anda perlu memeriksa ukurannya, apakah 3, 6, 8, 9, atau 12 liter. Mengingat panci hanya dapat diisi tidak melebihi 2/3 atau 1/3 dari total kapasitasnya, sebaiknya Anda beli langsung yang berukuran besar. Setelah memahami ini semua, tiba waktunya membeli produk.

Berikut ini 10 merek panci presto terbaik di Indonesia yang penggunaannya perlu disesuaikan kembali, apakah digunakan di kompor gas, kompor induksi, atau kompor elektrik. Sebaiknya Anda pilih panci presto yang bisa digunakan di berbagai jenis kompor sehingga Anda pun bisa lebih berhemat karena tidak harus membeli panci baru ketika mengganti jenis kompor di rumah. Selamat memilih!

1. Niko NK-8L Pressure Cooker

Niko NK 8L Alloy Pressure Cooker

Kisaran harga: Rp170.000

Menjaga kualitas nutrisi, aroma, dan warna makanan

Tinggal di rumah dengan anggota keluarga yang banyak? Anda dapat andalkan panci presto dari Niko ini. Dirancang berkapasitas 8 liter, produk ini akan mengakomodir kebutuhan memasak Anda dan 4 – 5 anggota keluarga lain. Jika ingin mengadakan pesta di rumah, Anda bisa juga suguhkan aneka masakan bertulang lunak dengan Niko NK-8L Pressure Cooker.

Bahan berupa aluminium berkualitas membuat panci ini mematangkan makanan lebih cepat. Walau tidak mampu mengunci panas dengan baik, katup tipe weight dari panci ini hanya akan terangkat ketika suhu di dalam panci benar-benar panas (lebih dari 100oC). Mengempukkan bermacam bahan masakan dengan panci presto ini takkan membuat makanan kehilangan aroma dan warna.

2. Oxone Ox-2008 Aluminium Presto

Oxone Ox 2008 Aluminium Presto

Kisaran harga: Rp259.000

Dua gagang berbahan kayu untuk meredam panas ketika mengangkat panci

Satu produk yang terbukti bagus dari Oxone ini tidak boleh diabaikan. Meski merilis banyak seri panci presto, Oxone Ox-2008 merupakan salah satu yang terbaik dan terlaris di Indonesia. Panci berkapasitas 8 liter dengan dua gagang ini memudahkan Anda ketika memindahkan bahan masakan dalam keadaan mentah ataupun ketika sudah diproses matang.

Oxone merakit pressure cooker ini dari bahan aluminium pada bodinya, memastikan setiap masakan lebih cepat matang dengan tingkat kematangan sempurna. Walau berbahan aluminium, Oxone berani menjamin daya tahan produk ini serta meminimalisir timbulnya jelaga asalkan dirawat dengan teratur.

3. Vicenza V 324 Pressure Cooker

Vicenza V 324 Pressure Cooker

Kisaran harga: Rp202.500

Dilengkapi katup pengaman serta sistem pengatur tekanan uap dan panas

Vicenza V 324 Pressure Cooker mempunyai tampilan kilap yang memanjakan mata, membuat keberadaannya sekaligus mendekorasi ruang dapur Anda. Panci presto ini dilengkapi kukusan atau steamer sehingga dapat Anda manfaatkan untuk kebtuuhan lain. Berkapasitas 8 liter dengan diameter 24 cm, produk ini termasuk lebar dan tidak tinggi sehingga mudah saat ingin mengaduk.

Vicenza mendesain panci ini dari bahan aluminium yang berlabel high grade dan food grade sehingga bukan hanya menjamin setiap masakan terjaga kualitasnya, durability produk pun tahan lama. Saat makanan matang, Anda bisa langsung mengangkat panci tanpa takut panas berkat karet silikon kuat dan tebal pada handle-nya.

4. Kirin Pressure Cooker KPC-28S

Kirin Pressure Cooker KPC 28S

Kisaran harga: Rp291.000

Saringannya terletak di ketinggian ±8 cm dari tinggi keseluruhan

Jika Anda mencari panci presto seharga ratusan ribu rupiah, kami merekomendasikan Kirin KPC-28S ini agar menjadi pertimbangan Anda. Produk ini mampu membuat tekstur padat dan keras dari aneka daging menjadi empuk hingga ke bagian tulang. Kirin menerapkan pressure regulator bertipe spring yang membuat panci mengeluarkan bunyi ketika mencapai 1kg/cm2.

Ketika spring safety valve-nya tidak berfungsi saat tekanan di dalam panci melebihi batas normal, metalic safety valve akan memainkan peran cadangan sehingga tingkat keamanannya pun terjamin. Di samping itu, Kirin juga menyematkan sealing ring atau cincin karet di bagian tepi dalam tutup panci untuk mengencangkan antara tutup panci dan badan panci saat digunakan.

5. Trisonic Panci Presto

Trisonic Panci Presto

Kisaran harga: Rp205.000

Bisa buat bubur hanya dalam 10 menit!

Trisonic Panci Presto terbuat dari material stainless steel sehingga membuatnya anti karat. Didesain dengan bentuk sederhana, panci ini lebih mudah dioperasikan untuk pemula sekalipun. Meski ekonomis, produk ini dilengkapi banyak fitur, seperti metalic safety valve yang akan bekerja ketika spring safety valve-nya tidak berfungsi pada kondisi yang ditentukan.

Safety cover lock pada panci ini juga akan naik otomatis dan mengunci tutup panci agar membuat proses memasak tetap aman. Lubang pembuangan udara yang disertakan akan bekerja mengeluarkan uap ketika suhu di dalam panci mencapai ambang maksimalnya. Dengan kapasitas 8 liter, Anda bisa mematangkan lebih banyak bahan makanan, mulai dari daging sapi, ayam, lontong, ubi, atau bahkan bubur.

6. Tecstar Presto TP-900 LHS

Tecstar Presto TP 900 LHS

Kisaran harga: Rp180.000

Masukkan lebih banyak daging berkat kapasitasnya yang besar

Berbodi aluminium, kegiatan memasak Anda bisa berlangsung lebih singkat untuk bermacam bahan masakan. Tecstar menyediakan kapasitas sebesar 8 liter pada panci presto keluarannya ini. Safety cover lock yang berada di tutup panci membuat udara terus keluar sebagai pengontrol ketinggian suhu di dalam panci.

Panci presto dengan harga murah ini tersusun atas komponen material full aluminium pada body-nya. Jadi, walaupun murah, Anda tidak perlu mempertanyakan lagi perihal kemampuannya mempercepat proses memasak. Selain itu, material aluminium yang digunakan juga anti karat, membuat usia panci lebih panjang.

7. Pisces Pressure Cooker PP4L

Pisces Pressure Cooker PP4L

Kisaran harga: Rp227.000

Mempuyai gagang pegangan berbahan bakelite yang anti panas

Panci presto ini cocok dibeli oleh Anda yang tinggal hanya berdua di rumah atau apartemen. Sebab ukurannya yang hanya 4 liter, tentu saja membuat panci ini mudah disimpan tanpa memakan banyak tempat. Selain bisa mematangkan daging untuk dijadikan rendang, Anda bisa pula melunakkan tulang ikan bandeng atau bahkan membuat ketupat lebih cepat empuk.

Bahan dasar panci dari aluminium memampukan produk ini mentransmisikan panas secara merta agar uap yang tercipta pun semakin optimal. Pisces PP4L ini dilengkapi 6 fitur keamanan, yaitu pressure relief valve, safety valve, alarm valve, safety window, self-locking valve, dan anti-blocking cover.

8. Idealife IL-711 Pressure Cooker

Idealife IL 711 Pressure Cooker

Kisaran harga: Rp380.000

Cocok dipakai untuk kompor gas, elektrik, ataupun induksi

Anda lebih tertarik dengan model panci presto dengan dua sisi handle agar lebih mudah diangkat? Idealife IL-711 hadir sebagai jawaban atas produk yang selama ini Anda cari. Panci berkapasitas 11 liter ini membuat terobosan baru dengan desain tutup putar dan jepitnya sehingga lebih aman.

Ditambah lagi oleh pegangan yang kukuh dan kuat serta berlapiskan bahan anti panas, Anda tidak perlu menunggu lama untuk mengangkatnya ketika proses memasak selesai. Selain itu, dinding panci berbahan high grade aluminium ikut memberi nilai plus sehingga kegiatan memasak Anda bisa selesai lebih singkat

9. Nonnina Pressure Cooker

Nonnina Pressure Cooker

Kisaran harga: 1.699.000

Buat masakan cepat matang dan hangat lebih lama

Untuk sebagian orang, brand Nonnina mungkin terdengar familiar. Salah satu produsen peralatan masak ini juga menciptakan panci presto dengan kualitas yang patut diacungi jempol. Produk ini akan cocok dipakai oleh Anda yang mengutamakan tingkat kematangan dari setiap makanan.

Agar menjamin tercapainya tujuan tersebut, Nonnina Pressure Cooker tersusun atas 3 lapisan material pada bagian bawahnya sehingga mampu menyebarkan panas lebih merata. Dinding panci berbahan stainless steel menjadikan produk ini dapat digunakan dalam jangka lama. Selain mampu menahan panas lebih lama, material panci presto ini juga dapat dibersihkan tanpa mudah berkarat.

10. Maxim Panci Presto

Maxim Panci Presto

Kisaran harga: Rp255.000

Cocok dipakai untuk skala rumah tangga, industri kecil, atau restoran

Maxim mengeluarkan panci presto dengan fitur yang tidak rumit karena tidak disertai tombol-tombol pengaturan khusus. Produk ini akan memberikan pengalaman memasak yang mudah, baik untuk Anda yang kali pertama atau sudah terbiasa menggunakan pressure cooker. Selain mengempukkan makanan, Maxim Presto juga dapat dialihfungsikan untuk mengukus makanan.

Kualitas produk secara keseluruhan tidak perlu dipertanyakan lagi. Meski hanya berkapasitas 4 liter, panci presto ini dirumuskan dari bahan aluminium bermutu tinggi yang anti karat, anti gores, dan dilengkapi lapisan soft anodize. Selain itu, Maxim juga menjamin keamanan pengguna melalui penerapan sistem pengunci, katup, dan handle berbahan silikon anti panas yang tidak mudah lapuk.

Kesimpulan

Tentunya, setelah memiliki panci presto di rumah, Anda bisa mengempukkan daging, tulang, dan bahan makanan lain lebih mudah dan cepat. Bahkan, tulang ikan juga dapat dibuat lunak sehingga dapat dikonsumsi tanpa khawatir tersedak. Mengingat panci presto bekerja dengan mengunci uap air hingga suhu di dalam panci bertekanan sangat tinggi, pastikanlah Anda pilih produk yang menjamin keamanan berdasarkan jenis katup yang digunakan.

Katup pada panci presto pun umumnya terbagi menjadi dua, yaitu katup tipe weight dan katup tipe spring. Panci presto berkatup weight cocok dipakai pemula atau Anda yang ingin multitasking di dapur karena menghasilkan suara desing yang kencang sebagai mekanisme pengeluaran uap agar tekanan di dalam panci menurun. Namun, pressure cooker dengan katup tipe weight ini kurang cocok apabila Anda memiliki anak kecil atau bayi di rumah.

Di sisi lain, panci presto bertipe spring lebih fleksibel digunakan untuk berbagai resep masakan. Jenis ini juga mudah diatur tekanannya sehingga akan mempermudah aktivitas memasak Anda. Hanya saja, panci presto tipe spring kurang bersahabat bagi Anda yang pemula. Walau demikian, Anda bisa beradaptasi dengan cepat dan Anda juga dapat berikan kenyamanan pada anggota keluarga sebab tipe ini tidak mengeluarkan suara bising.

(Visited 40 times, 1 visits today)