Written by 00:51 Perlengkapan Rumah Tangga

10 Kompor Listrik Terbaik Tipe Induksi dan Elektrik

Maspion S300 Kompor Listrik Portable

Kompor listrik merupakan alat yang sangat memudahkan proses memasak. Selain menjanjikan hasil pematangan lebih cepat, kompor listrik juga dinilai lebih aman daripada kompor gas karena tidak menghasilkan api. Risiko kebakaran akibat lupa mematikan kompor gas pun bisa terhindarkan ketika memakai kompor listrik.

Kompor listrik sendiri memiliki beberapa tipe yang dibedakan berdasarkan metode pemanasan. Sistem instalasi juga beragam, ada yang portable dan ditanam di meja. Jadi, apabila Anda hendak membeli kompor listrik, pastikan Anda menggunakan produk yang tepat. Di bawah ini akan kami berikan rekomendasi kompor listrik terbaik sekaligus tips memilihnya. Mari kita mulai pembahasannya!

Cara Memilih Kompor Listrik

Berbagai kelebihan ditawarkan oleh kompor listrik sehingga Anda dapat terbantu oleh kemudahan yang ditawarkan. Saat membeli kompor listrik, sebaiknya Anda memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan, entahkah dari segi metode pemanasan, tipe pemasangan, penggunaan listrik, hingga fitur-fitur yang disediakan. Kami akan ulas lebih mendalam mengenai cara memilih kompor listrik pada bagian ini.

Pahami Bedanya Kompor Listrik Berdasarkan Metode Pemanasannya

Kompor listrik terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu kompor elektrik, kompor induksi, dan kompor inframerah. Satu jenis dengan yang lain mempunyai karakteristik yang beragam. Agar Anda dapat temukan produk yang pas, sebaiknya pahami juga ciri khas dan mekanisme kerja dari masing-masing tipe kompor listrik ini.

Kompor Konvensional/Elektrik: Pilihan Murah untuk Memasak Menu Sederhana

Kompor Konvensional Elektrik Pilihan Murah untuk Memasak Menu Sederhana

Kompor elektrik juga disebut dengan kompor konvensional. Sumber panas yang merupakan hasil konversi dari tenaga listrik dialirkan melalui kabel nikrom menuju kawat besi berbentuk spiral di atas kompor menjadikan permukaan kompor panas. Mekanisme semacam ini memerlukan waktu pemanasan lebih lama.

Selain itu, kompor elektrik juga dapat membuat permukaan kompor menjadi panas sehingga Anda perlu berhati-hati saat memakainya dan yang terpenting jangan sampai lupa mematikan kompor. Namun di balik itu semua, kompor elektrik dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda yang tidak menyediakan anggaran banyak untuk membeli kompor listrik.

Walaupun harus menunggu waktu cukup lama untuk menunggu masakan matang, tidak menjadi masalah Anda memakai wajan, panci, atau peralatan memasak lain yang berbahan selain besi atau stainless steel layaknya memasak dengan kompor induksi. Namun, ingat juga, karena proses memasak memerlukan durasi yang cukup lama, maka konsumsi listrik kompor pun jauh lebih besar dibandingkan kompor induksi.

Kompor Induksi: Hemat Energi dan Penggunaan Lebih Nyaman

Kompor Induksi Hemat Energi dan Penggunaan Lebih Nyaman

Kompor induksi pas buat Anda yang bukan hanya ingin merasakan kemudahan dalam memasak, tetapi juga ingin menghemat pemakaian listrik setiap kali masak. Mekanisme mematangkan makanan dengan menginduksi peralatan masak menjadikan proses memasak menjadi lebih singkat jika dibandingkan kompor listrik tipe elektrik.

Selain menawarkan proses pemasakan yang relatif singkat dengan meminimalisir penggunaan listrik, kompor induksi juga lebih aman karena permukaan kompornya tidak panas akibat sistem induksi. Untuk memasak dengan kompor induksi, Anda hanya bisa menggunakan peralatan masak yang berlatar datar sehingga mengurangi goresan pada kaca permukaan kompor.

Bukan hanya itu, perlatan masak juga harus bersifat magnetik. Karena itulah, hanya perlatan yang terbuat dari besi dan stainless steel yang dipakai pada kompor induksi. Sekarang ini, kompor induksi juga dibekali fitur pengaturan suhu serta fitur tambahan yang akan mematikan kompor secara otomatis saat suhu panas melebihi ambang yang ditetapkan atau telah dipakai terlalu lama.

Kompor Infrared: Tampilan Mirip Kompor Induksi yang Mudah Dibersihkan

Kompor Infrared Tampilan Mirip Kompor Induksi yang Mudah Dibersihkan

Jika Anda ingin memasak dengan waktu yang lebih cepat layaknya kompor induksi pada peralatan yang terbuat dari material tidak bersifat magnetik, seperti stainless steel dan besi, maka kompor listrik tipe inframerah pilihannya. Kompor ini menggunakan lampu halogen dalam logam anti-korosi yang dikelilingi radiasi kumparan agar menciptakan panas yang merata. Panas tersebut kemudain diantarkan ke atas kompor dengan sinar infrared secara langsung.

Selain dapat bekerja baik pada seluruh bahan peralatan masak terkecuali plastik, kompor ini juga telah dilengkapi kontrol mode panas sehingga Anda bisa mengatur panas yang ditimbulkan. Akan tetapi, kekurangan dari kompor listrik infrared sama seperti kompor elektrik di mana permukaan kompor akan terasa sangat panas sehingga berbahaya jika tanpa sengaja tersentuh.

Setelah dipakai, perlu waktu cukup lama agar permukaan kompor kembali dingin. Oleh sebab itu, pertimbangkan juga aspek keamanan sebelum Anda putuskan memilih kompor listrik tipe infrared. Apalagi jika Anda mempunyai anak kecil di rumah, maka ketika membeli kompor ini, pastikan untuk memasangnya di tempat yang cukup tinggi sehingga tidak mudah terjangkau oleh anak.

Pertimbangkan Memilih Tipe Portable atau Tanam

Saat Memilih Kompor Listrik Pertimbangkan Tipe Portable atau Tanam

Setelah mempertimbangkan mekanisme pemanasan dari kompor listrik, hal berikutnya yang juga perlu Anda tinjau adalah bagaimana kompor tersebut akan digunakan. Sekarang ini, kompor listrik tipe induksi ataupun elektrik dapat ditanam atau dipindah-pindahkan alias portabel.

Apabila Anda berencana memilih kompor listrik tipe tanam, maka pastikan Anda telah mengukur meja bagian bawah kitchen set agar sesuai dengan dimensi kompor. Beri jarak beberapa sentimeter dari bawah agar lebih nyaman ketika digunakan. Kompor listrik yang ditanam ini terbagi lagi menjadi beberapa model berdasarkan jumlah tungkunya. Pilihlah kompor dengan jumlah tungku yang sesuai dengan kebiasaan memasak Anda.

Selanjutnya, kompor listrik yang dapat dipindahkan dinamakan kompor listrik portable. Saat ini lebih banyak kompor tipe elektrik yang dirancang agar mudah dipindahkan, sementara induksi hanyalah beberapa yang dirancang agar mudah dipindahkan. Untuk kompor listrik portabel sendiri juga mempunyai variasi jumlah tungku, namun umumnya berkisar antara satu hingga dua tungku.

Ceklah Fitur-fitur Tambahan yang Mungkin Dimiliki

Periksa Fitur fitur Tambahan yang Mungkin Dimiliki

Produsen kompor umumnya mencatutkan beberapa fungsi tambahan yang akan membantu pengguna merasakan kemudahan sekaligus menambah sisi keamanan. Fitur-fitur semacam pengaturan suhu mungkin sudah sangat umum dijumpai, tetapi beberapa kompor bahkan bisa diatur besaran suhunya secara otomatis yang mampu menghasilkan suhu presisi sehingga makanan bisa matang dengan merata dan sempurna.

Sementara untuk fitur-fitur lain juga dapat Anda pertimbangkan apabila produk pilihan Anda menawarkannya. Dari banyaknya fitur yang diberikan, biasanya hanya beberapa fitur berikut yang paling dibutuhkan:

  • Automatic Pan Size Recognition. Fitur ini mampu mendeteksi ukuran dan bentuk peralatan masak yang diletakkan pada permukaan tungku sehingga besaran daya yang dikeluarkan akan tepat.
  • Child Lock. Pastikan kompor listrik pilihan Anda dilengkapi fitur child lock. Dengan adanya fitur ini, maka kontrol pada kompor dapat dimatikan fungsinya sehingga mencegah anak-anak bermain dengan kontrol untuk menyalakan atau mengatur suhu kompor.
  • Timer. Selain bisa mematikan kompor secara otomatis, fitur timer juga dapat menurunkan suhu pada waktu tertentu berdasarkan program yang telah Anda atur sebelum atau saat memasak. Makanan pun tidak akan gosong.
  • Boost. Fitur ini belum banyak dimiiki kompor listrik, terutama yang induksi. Sebagai informasi tambahan saja, fungsi boost akan membuat kompor mengeluarkan daya tambahan sehingga proses pemasakan semakin cepat dan efisien, misalnya saja ketika Anda mendidihkan air pada panci besar.

Sebelum memutuskan memilih salah satu kompor di toko, pastikan Anda membaca lebih jauh spesifikasi dari kompor yang hendak Anda beli. Periksalah adanya fitur-fitur tambahan tersebut agar proses memasak Anda bisa berlangsung lebih mudah, cepat, dan efisien sekaligus menjaga kompor aman dari jangkauan anak-anak.

Periksa Penggunaan Listrik dan Panjang Kabel Sesuai Kebutuhan

Periksa Penggunaan Listriknya Sesuai Kebutuhan

Pada kompor listrik yang masih menggunakan kawat spiral, umumnya terdapat tiga tahap pemanasan kompor yang masing-masing membutuhkan daya listrik berbeda. Untuk memanaskan bagian luar, biasanya diperlukan daya sebesar 300 watt. Untuk memanaskan bagian dalam, konsumsi listrik terpakai 300 watt, dan 600 watt untuk memanaskan seluruh bagian.

Dengan mengacu pada informasi tersebut, Anda bisa menyesuaikan juga bagaimana Anda menggunakan kompor. Misalnya saja Anda hanya ingin menghangatkan makanan, maka Anda hanya perlu memanaskan bagian dalam. Selain itu, ada pula kompor listrik yang membutuhkan daya hingga 1000 watt. Walau terkesan sangat besar, daya yang dipakai tersebut justru bisa membuat proses memasak berlangsung sangat cepat.

Di samping memperhatikan pasokan listrik yang dimakan oleh kompor untuk beroperasi, jangan lupa juga untuk memeriksa panjang kabel. Akan lebih optimal apabila Anda memilih kabel yang cukup panjang sehingga dapat menjangkau sumber listrik tanpa masalah.

Meskipun Anda dapat menggunakan kabel ekstensi, akan tetapi lebih baik jika kabel listrik pada kompor bisa dipasang langsung ke stopkontak. Kami menyarankan Anda untuk memilih kompor listrik yang memiliki kabel sepanjang 1 – 1,8 meter. Ketika Anda ingin memakainya secara portabel, pilihlah yang lebih panjang bila perlu mencapai 2 meter agar tidak repot mendekatkan kompor ke sumber listrik.

10 Rekomendasi Kompor Listrik Terbaik

Kompor listrik menjadi salah satu alat yang bukan hanya membuat proses memasak lebih mudah dan menyenangkan. Model kompor yang umumnya minimalis juga dapat mempercantik ruang dapur Anda. Oleh karena itu, kami akan berikan rekomendasi kompor listrik terbaik yang terdiri dari beragam desain dan model. Pilihlah kompor listrik yang paling sesuai dengan kebutuhan penggunaan Anda!

1. Maspion S300 Kompor Listrik Portable

Maspion S300 Kompor Listrik Portable

Kisaran harga: Rp155.000

Kompor listrik murah dengan 2 pengaturan suhu panas

Untuk Anda yang tinggal di indekos dan ingin memasak secara praktis tanpa gas, Maspion S300 dapat menjadi produk pilihan Anda. Selain ekonomis dari sisi harga, produk ini juga menawarkan 2 pilihan daya atau kekuatan panas yang dapat diatur, yaitu panas 300 watt dan 600 watt. Pengoperasian yang sederhana akan memudahkan Anda yang tergolong pemula dalam pemakaian kompor.

Hanya saja, karena bertipe elektrik, perlu waktu beberapa saat agar panas kompor mencapai suhu puncak. Setidaknya, diperlukan durasi 5 – 10 menit agar kompor benar-benar panas. Meski cukup lama, tetap saja ini layak dipilih sebagai alat memasak makanan sederhana, semisal menggoreng tempe, telur, atau membuat nasi goreng.

2. Cyprus KL-0071 Kompor Listrik Low Watt

Cyprus KL 0071 Kompor Listrik Low Watt

Kisaran harga: Rp340.000

Kompor akan mati otomatis ketika tidak ada peralatan masak di atasnya

Apabila Anda mencari kompor induksi dengan watt rendah, produk ini jawabannya. Bekerja pada daya 100 – 600 watt, kompor listrik ini dapat diatur temperatur suhu panasnya hingga 7 level sehingga Anda dapat menyesuaikan suhu berdasarkan jenis masakan yang ingin dimatangkan.

Produk ini tergolong kompor induksi yang juga ramah di kantong. Selain hemat listrik, Cyprus KL-0071 telah dibekali fitur automatic shut-off berdasarkan waktu yang telah ditentukan dari timer. Selain itu, produk ini juga otomatis mati ketika panci diangkat. Dudukan kompor yang rata terbuat dari kaca kristal sehingga membuatnya mudah dibersihkan saat terkena tumpahan.

3. Tori TIC-818 Kompor Listrik Induksi

Tori TIC 818 Kompor Listrik Induksi

Kisaran harga: Rp350.000

Ukuran yang kecil membuatnya muat dimasukkan ke dalam tas

Anda dapat meletakkan kompor induksi ini meski pada meja atau alas yang menyisakan space kecil. Berdimensi 30 x 38 x 8 cm, produk ini tidak memakan banyak ruang. Tori membekali 7 fungsi memasak, yaitu hot pot, steam, fry, boiling water, soup, porridge, dan saute.

Kompor ini dilengkapi fitur automatic shut off yang mematikan kompor secara otomatis ketika maksimal 24 jam kompor dalam keadaan menyala. Meskipun perlu memakai panci atau penggorengan yang bersifat magnetik, proses memasak pun akan lebih tepat. Dengan sifatnya yang portabel, Anda juga bisa memasukkan kompor ini ke dalam tas untuk dibawa bepergian.

4. Kangaroo KG412i Kompor Induksi Super Tipis

Kangaroo KG412i Kompor Induksi Super Tipis

Kisaran harga: Rp1.000.000

Dengan dimensi 31 x 28,5 x 6,5 cm, termasuk kecil dan praktis dibawa!

Jika Anda mencari kompor listrik yang mampu menghasilkan makanan matang dalam waktu singkat tanpa memerlukan mekanisme induksi, produk ini patut dipilih. Dengan memanfaatkan teknologi inframerah, kombinasi dari keunggulan antara kompor elektrik dan induksi akan Anda temui dalam kompor ini.

Saat memakai produk ini, pastikan Anda memakai panci dengan lapisan magnetik dan beralas datar sehingga dapat menerima panas lebih sempurna. Kangaroo KG412i mudah dioperasikan melalui tombol sentuh multi fungsi pada badan atasnya. Lapisan kaca tempered yang berkualitas baik menjadikan permukaan kompor tidak mudah tergores pantat panci saat digeser.

5. Midea IC 1613

Midea IC 1613

Kisaran harga: Rp748.000

Tersedia panel kontrol sekali sentuh untuk memudahkan pengoperasian

Aktivitas memasak Anda akan berjalan lebih singkat ketika menggunakan kompor listrik keluaran Midea ini. Bertenagakan listrik berdaya 1600 watt, sistem penginduksian akan memanaskan panci dengan sangat cepat. Anda juga dapat menurunkan suhunya hingga ke angka 120 watt untuk mengatur masakan yang perlu dimatangkan secara bertahap.

Ketika Anda lupa saat memasak air dengan kompor listrik berukuran 355 x 270 x 65 mm ini, maka ketika suhu peralatan mencapai ambang abnormal, sistem konversi energi panas pun akan mati untuk mengaktifkan fungsi perlindungan. Untuk membuat bubur, kuah, atau mengukus beraneka bahan makanan, suhu dan daya kompor ini dapat durasinya.

6. Philips HD4932 Viva Collection Induction Cooker

Philips HD4932 Viva Collection Induction Cooker

Kisaran harga: Rp1.100.000

Tidak perlu khawatir anak akan bermain-main dengan kompor

Kompor listrik induksi satu tungku yang dijagokan oleh Philips ini menawarkan sensor sentuh untuk berbagai keperluan, mulai dari menghidup dan mematikan, mengatur suhu hingga 6 level daya, dan mengaktifkan fitur lain yang disediakan. Berdaya mencapai 2100 watt, kompor ini akan membantu kegiatan memasak Anda rampung lebih cepat.

Panel digital yang mudah dibaca membuat mata Anda tidak harus fokus berlebih saat melakukan pengaturan. Philips membekali kompor listrik berlapiskan kaca penuh ini dengan fitur Child Lock yang dapat membuat Anda lebih tenang ketika meninggalkan anak di rumah.

7. Oxone OX-655D Double Ceramic Portable Stove

Oxone OX 655D Double Ceramic Portable Stove

Kisaran harga: Rp820.000

Berbodi stainless steel dengan lapisan keramik, kompor ini tahan lama dan mudah dibersihkan

Kompor listrik portable ini menyediakan dua tungku untuk membantu Anda memasak lebih cepat dan banyak. Memerlukan daya 600 – 800 watt, level panasnya pun bisa Anda atur sesuai keinginan. Berukuran 180 x 150 mm, kompor listrik dua tungku ini termasuk ramping sehingga tidak mengambil banyak ruang di meja dapur.

Didesain dengan sistem induksi, kompor ini akan membantu Anda menghemat waktu memasak 30% lebih cepat dibandingkan kompor gas. Terbuat dari kombinasi material stainless steel dan keramik berkualitas, kompor ini tahan lama dan mudah dibersihkan. Selain itu, kompor ini juga dilengkapi thermal untuk melindungi permukaan kompor dari suhu yang terlalu panas.

8. Getra IC-1100 Kompor Induksi Listrik

Getra IC 1100 Kompor Induksi Listrik

Kisaran harga: Rp425.000

Dapat ditanam ataupun dijadikan portable

Kompor listrik berdaya 500 – 1100 watt dari Getra ini diklaim mampu menghantarkan panas secara merata berkat panel kristal hitam yang memiliki karakteristik demikian. Panel kontrol yang sensitif akan memberi respon cepat ketika disentuh, menjadikannya effortless ketika digunakan.

Selain dapat dipindah-pindahkan karena bentuk awalnya yang portable, Anda bisa pula menanamnya pada meja jika ingin menjadikannya semi-permanen. Didesain dengan kombinasi warna yang elegan, kehadiran kompor ini akan memperindah ruangan dapur Anda. Hanya berdimensi 210 x 250 x 58 mm, produk ini tidak mencuri banyak tempat saat ditanam di meja kitchen set Anda.

9. HI-COOK IC-02 Kompor Induksi

HI COOK IC 02 Kompor Induksi

Kisaran harga: Rp400.000

Fungsi automatic shut off yang menonaktifkan kompor kurang dari 4 jam

Produk ini merupakan kompor induksi generasi kedua yang dimiliki oleh HI-COOK. Bagi Anda yang ingin mempersingkat waktu memasak, kompor listrik satu ini menawarkan pilihan temperatur 500 – 1000 watt. Aturlah besaran suhu yang Anda mau berdasarkan kebutuhan, entahkan guna mematangkan lebih cepat atau mengatur tingkat kematangan lebih merata.

Dudukan panci berupa kaca hitam kristal bukan hanya membuat desainnya tampak elegan, tetapi juga lebih kukuh dalam menahan bobot peralatan masak. HI-COOK menambahkan fitur unik pada produk ini di mana kompor akan otomatis mati ketika ukuran panci kurang dari 10 cm atau tidak diletakkan panci pada permukaannya.

10. Modena PI 1316 Kompor Induksi Portabel

Modena PI 1316 Kompor Induksi Portabel

Kisaran harga: Rp1.650.000

Atur sendiri level panas secara presisi hingga 10 tingkatan

Berbagai menu pilihan yang Anda masukkan ke dalam panci dapat diolah dengan sangat baik oleh kompor ini. Bukan hanya mampu menyiapkan hidangan nikmat dari menu favorit Anda, kompor listrik ini pun juga dapat diandalkan untuk memanaskan susu atau menyajikan berbagai olahan sup.

Modena membenamkan sistem pengaman bagi orang tua yang memiliki anak. Tidak cuma itu, kompor listrik yang praktis dipindahkan ini pun diperlengkap oleh double safety system, yaitu over heat safety dan auto shut-off. Buat lingkungan dapur seaman dan senyaman mungkin dengan dukungan kompor induksi portabel ini!

Baca juga rekomendasi kompor gas dan regulator gas terbaik lainnya!

Jika Anda merasa kalau daya yang dipakai untuk mengoperasikan kompor listrik cukup besar, tidak ada salahnya untuk mempertahankan memakai kompor gas. Ketika menggunakan kompor gas, perhatikan juga regulator gas yang Anda gunakan agar lebih aman dan risiko kebocoran.

Dalam artikel lain, kami telah membahas cara memilih kompor dan regulator gas beserta memperkenalkan produk-produk terbaiknya. Jadi, bagi Anda yang mencari kompor dan regulator gas, silakan beralih ke halaman artikel berikut ini!

Kesimpulan

Seperti yang Anda lihat dalam daftar, masing-masing produsen kompor listrik terus bersaing untuk memperoleh predikat terbaik. Dari banyaknya pilihan kompor, pastikan Anda memilih produk yang paling ideal untuk menunjang kebutuhan sehari-hari Anda.

Menyajikan menu favorit Anda ataupun keluarga kini semakin mudah dengan memakai kompor listrik. Perhatikan juga bagaimana kompor listrik Anda memangkas daya pada setiap operasinya. Bila ingin menghemat energi, gunakanlah suhu tinggi sehingga proses memasak pun lebih singkat.

(Visited 49 times, 1 visits today)