Kosmetik & Kesehatan

10 Cream Penghilang Flek Hitam Terbaik [Kolaborasi dengan Dokter Kulit]

Flek hitam atau ephelis dapat muncul pada banyak titik tubuh, seperti lengan dan bahu, namun paling sering terlihat di kulit wajah. Meski umumnya tidak berbahaya, flek hitam dapat memengaruhi rasa percaya diri seseorang. Sebab itu, hadirlah cream penghilang flek hitam untuk mengatasi permasalahan ini.

Di pasaran, Anda dapat menemukan cream penghilang flek hitam, seperti merek Olay, La Tulipe, Biokos, dan sebagainya. Kami akan memaparkan cara memilih produk sekaligus menyajikan rekomendasi cream penghilang flek hitam terbaik untuk Anda. Namun, ketahui dulu penyebab munculnya flek hitam pada wajah, yuk!

Berkolaborasi dengan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Annisa Anjani Ramadhan

dr. Annisa Anjani Ramadhan, Sp.DVPakar/Spesialis

dr. Annisa Anjani Ramadhan, Sp.DV adalah dokter spesialis kulit dan kelamin yang berpengalaman dalam menangani masalah kulit seperti dermatitis anak dan dewasa, akne, aging skin, dan kasus infeksi kulit.

Selain menjadi dokter praktik di RSIA Tambak Jakarta dan beberapa klinik kecantikan lain, dokter lulusan Universitas Indonesia ini juga memiliki ketertarikan di bidang fashion, olahraga, dan musik.

Apa Penyebab Munculnya Flek Hitam di Wajah?

Apa Penyebab Munculnya Flek Hitam di Wajah

Flek hitam dapat muncul akibat bermacam faktor, dari mulai  faktor geografis yang mendorong produksi melanin sebagai respons terhadap sinar matahari, sampai faktor genetik (keturunan). Selain itu, flek hitam dapat pula muncul pada orang tua.

Penggunaan tabir surya (sunscreen) dengan formula broad spectrum setiap hari dapat mengurangi risiko kemunculan bintik hitam. Namun, apabila flek hitam sudah terlanjur muncul, Anda bisa membantu menghilangkannya dengan memakai cream penghilang flek hitam terbaik.

Flek terjadi akibat distribusi melanosom (organel pembawa zat melanin) yang tidak merata di epidermis. Selain akibat proses penuaan dan faktor-faktor yang telah disebutkan, orang berkulit putih ataupun berwarna/gelap juga dapat mengalami flek kulit.

dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV, Dermatovenereologist
dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

Cara Memilih Cream Penghilang Flek Hitam

Supaya mendapatkan krim penghilang flek hitam yang bagus, pastikan Anda mengetahui poin-poin penting untuk diperhatikan saat memilih produk. Berikut kami paparkan tips-nya!

Pilih yang Mengandung Bahan Aktif untuk Menghilangkan Flek Hitam

Hal penting pertama untuk Anda ketahui adalah mengecek kandungan dari setiap produk.

Vitamin C: Terbukti Efektif Memudarkan Bintik Flek Hitam

blank

Impian memperoleh kulit cerah, sehat, dan bebas dari flek hitam dapat diwujudkan dengan memilih cream penghilang flek hitam terbaik berkandungan vitamin C. Vitamin C menjadi antoksidan kuat untuk mencegah dan mengurangi kerusakan sel kulit akibat produksi radikal bebas.

Selain itu, vitamin C juga membuat bintik hitam pada kulit memudar dengan cara menghambat produksi melanin. Warna kulit yang merata dan bebas jerawat juga dapat Anda miliki. Uniknya lagi, vitamin C mampu meningkatkan produksi kolagen dan elastin sehingga kulit lebih kencang.

Hydroquinone: Diklaim Ampuh Mencerahkan dan Memutihkan Kulit Akibat Flek Hitam

blank

Kemunculan flek hitam bisa ditemui di bagian pipi, batang hidung, dahi, atau dagu. Untuk mencegah hiperpigmentasi semacam ini, banyak orang dianjurkan menggunakan cream penghilang flek hitam berkandungan hydroquinone.

Hydroquinone mampu mengatasi berbagai masalah kulit akibat hiperpigmentasi, seperti bekas jerawat, flek kecokelatan, bintik matahari, melasma, dan peradangan akibat eksem dan psoriasis. Namun, penggunaan hydroquinone perlu di bawah pengawasan dokter.

Semua jenis kulit sebelum menggunakan hidrokuinon sebaiknya berkonsultasi ke dokter spesialis kulit dahulu. Sebab, dibalik manfaatnya sebagai brightening agent, juga terdapat risiko efek samping yang bisa dideteksi lebih awal apabila rutin dievaluasi oleh dokter. Selain itu, hidrokuinon termasuk bahan yang tidak boleh digunakan secara bebas tanpa resep.

dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV, Dermatovenereologist
dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

Glycolic Acid: Bahan Utama dalam Produk Perawatan Jerawat, Anti-aging, dan Eksfoliasi

blank

Cream penghilang flek hitam membandel yang mengandung glycolic acid dapat menjadi opsi bagi Anda. Bentuk lain dari alpha hydroxy acid (AHA) ini terbukti juga efektif meremajakan kulit wajah dengan mengurangi garis halus, keriput, noda bekas jerawat, dan flek hitam.

Glycolic acid juga akan mendorong pembentukan sel-sel baru dan kolagen yang menjadikan kulit elastis. Selain itu, kulit yang cerah lebih mudah Anda dapatkan karena glycolic acid mampu mengangkat sel kulit mati dan memperbaiki tekstur kulit yang kasar.

Alpha Arbutin: Pemutih Alami yang Mampu Menekan Proses Pigmentasi

Untuk Kulit Kusam Suplemen yang Mengandung Vitamin B12 akan Mencegah Hiperpigmentasi

Alpha arbutin dinilai lebih aman ketimbang bahan pencerah lain seperti hydroquinone. Mekanisme alpha arbutin dalam mengurangi flek hitam adalah menghambat aktivitas dan pembentukan melanin pada lapisan epidermis kulit.

Uniknya, alpha arbutin tidak bersifat destruktif karena hanya menekan proses pigmentasi yang tidak diinginkan. Di sisi lain, alpha arbutin juga berperan sebagai pelindung kulit dari sinar ultraviolet, kulit pun terhindar dari penggelapan warna dan kerusakan.

Pertimbangkan Produk yang Dilengkapi Agen Pelembap

blank

Apabila Anda mengharapkan hasil perawatan lebih, kami menyarankan Anda memilih cream penghilang flek hitam terbaik yang diperkaya bahan pelembap. Ceklah komposisi produk untuk mengetahui keberadaan agen pelembapnya.

Beberapa pelembap yang efektif melembapkan kulit dan umum digunakan antara lain:

  • Ceramides
  • Hyaluronic Acid
  • Lactic Acid
  • Glycerin
  • Natural Oil

Produk Berlabel Hypoallergenic dan Bebas Pewangi Dianjurkan untuk Pemilik Kulit Sensitif

blank

Pastikan Anda hanya memilih cream penghilang flek hitam yang aman, misalnya telah mengantongi izin edar dari lembaga resmi negara. Selain itu, bagi Anda yang kulitnya sensitif juga perlu mengutamakan produk berlabel hypoallergenic dan fragrance-free.

Utamakan Krim Wajah yang Memiliki Izin Edar BPOM

Utamakan Krim Wajah yang Memiliki Izin Edar BPOM

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, memilih cream penghilang flek hitam yang aman dapat membuat pikiran lebih tenang setiap kali mengaplikasikannya.

Salah satu cara termudah untuk menemukan produk yang aman adalah mendapatkan izin edar dari lembaga resmi negara, seperti di Indonesia ada BPOM atau di Amerika Serikat dengan FDA-nya.

10 Rekomendasi Cream Penghilang Flek Hitam Terbaik

Berikutnya, kami akan memperkenalkan sepuluh pilihan cream penghilang flek hitam terbaik kepada Anda. Yuk, temukan satu di antara sepuluh rekomendasi produk yang paling tepat untuk Anda!

Produk-produk rekomendasi berikut sepenuhnya dipilih oleh PickyBest, bukan dr. Annisa.

1. Olay Regenerist Micro Sculpting Cream Night

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Dilengkapi animo peptide complex yang meresap sepuluh kali lebih dalam

Olay Regenerist Micro Sculpting Cream Night adalah cream penghilang flek hitam yang menjaga kelembapan kulit Anda semalaman.

Sepanjang tidur, krim ini memberi asupan nutrisi untuk menghasilkan wajah yang lembap dan kelihatan lebih muda. Hal ini dimungkinkan oleh salah satu kandungannya yaitu amino peptide complex yang meresap ke kulit sepuluh kali lebih dalam.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Berdasarkan keterangan seorang pengguna, krim ini membuat flek hitam di wajahnya cukup tersamarkan.
  • Efek wajah lebih glowing, terutama di pagi hari, dirasakan sebagian pengguna yang mengaplikasikan produk sebelum tidur.
  • Efek melembapkan yang timbul tidak membuat wajah berminyak, bahkan pada pengguna berkulit kering membantu kulit mereka lebih kencang dan kenyal.
  • Sebagian pengguna menyukai teksurnya yang kenyal seperti gel. Salah seorang di antaranya juga menyukai sensasi dingin saat terasa di wajah.
  • Karena melembapkan tanpa menghasilkan minyak berlebih, cocok juga untuk pengguna yang memiliki masalah acne prone.

3 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Sebagian pengguna merasa efek wajah panas setelah memakai krim ini.
  • Tekstur yang kenyal membuat penyerapannya kurang maksimal pada beberapa orang.
  • Kemungkinan lebih cocok untuk pengguna yang tipe kulitnya kering karena menurut memicu minyak berlebih pada beberapa pengguna.
Produk Olay Regenerist Micro Sculpting Cream Night
Ukuran 50 g
Kisaran harga Rp165.000

2. Pond’s Age Miracle Whip Day Cream

blank

Sumber: Ponds.com

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Khasiat retinol untuk menunda penuaan

Aplikasikan Pond’s Age Miracle Whip Day Cream di wajah Anda pagi hari sebelum beraktivitas untuk wajah yang lembap dan cerah seharian.

Secara bersamaan, cream penghilang flek hitam terbaik ini bekerja memudarkan noda hitam dan mengembalikan keremajaan kulit. Khasiat retinol yang cukup terkenal untuk menyembunyikan tanda-tanda penuaan juga dapat Anda rasakan bila dipakai teratur.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Salah seorang pengguna menilai produk ini efektif mengurangi flek hitam di wajahnya.
  • Efek melembapkan tanpa membuat wajah jadi berminyak.
  • Kandungan retinol yang tidak terlalu kuat. Cocok dipakai untuk yang baru pertama kali mencoba krim antipenuaan dengan retinol.
  • Sebagian pengguna menyukai teksturnya yang ringan dan cepat menyerap.
  • Efektif membuat wajah lebih kenyal  dan terlihat cerah.

3 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Seorang pengguna yang berkulit kering mengaku efek krim ini kurang terasa. Sehingga kemungkinan lebih cocok untuk orang yang kulitnya berminyak atau kombinasi.
  • Karena mengandung retinol, tidak boleh digunakan bersama skincare lain yang mengandung vitamin C.
  • Beberapa pengguna merasa wajahnya perih saat memakai krim ini. Kemungkinan karena kandungan alkoholnya.
Produk Pond’s Age Miracle Whip
Ukuran 20 g
Kisaran harga Rp50.000

3. Biokos Derma Bright Intensive Brightening Day Cream SPF 25

Biokos Derma Bright Intensive Brightening Day Cream SPF 25

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Cocok untuk segala jenis kulit sebagai krim anti-aging, anti-irritant, dan anti-hyperpigmentation

Apakah Anda ingin menghambat pembentukan melanin akibat efek paparan sinar matahari? Salah satu caranya adalah menggunakan cream penghilang flek hitam terbaik berkandungan SPF, seperti produk keluaran Biokos ini. Dengan SPF 25-nya, krim Biokos akan mencegah terjadinya hyperpigmentation.

Beberapa komponen whitening ditemukan dalam krim ini, antara lain alpha arbutin yang terkenal ampuh menekan produksi melanin untuk memperoleh kulit lebih putih. Kemudian, campuran bio-brightening complex dan saccharomyces xylinum black tea pada produk ini juga dapat memberi efek glowing alami.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Perubahan positif terasa pada beberapa pengguna pada 1 – 3 minggu pertama.
  • Efektif menghilangkan flek hitam dan hiperpigemntasi. Seorang pengguna juga mengaku jerawat di keningnya berkurang 80 persen.
  • Mengembalikan kesegaran kulit yang kusam akibat debu karena lama beraktivitas di luar ruangan.
  • Teksturnya ringan menyebar baik di permukaan kulit.
  • Kemasan bergaya modern yang elegan serta memudahkan pengaplikasian krim ke tangan.

3 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Sebagian pengguna menilai harga produknya cukup pricey.
  • Efek melembapkannya terasa terlalu oily untuk beberapa orang.
  • Seorang pengguna mengaku kulitnya memerah dan muncul jerawat gara-gara produk ini.
Produk Biokos Derma Bright Intensive Brightening Day Cream SPF 25
Ukuran 25 g
Kisaran harga Rp220.500

4. Jellys Pure Face Bluefin Tuna Cream

blank

Sumber: Toko.ly

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Produk skincare kualitas tinggi yang harganya tak menguras kantong

Produk skincare terbaik tidak selalu mahal, kok. Jellys Pure Face Bluefin Tuna Cream adalah salah satu buktinya. Dengan harga tak sampai 50an ribu, produk Jellys ini menawarkan manfaat yang cukup banyak.

Mulai dari menghilangkan flek hitam, melembapkan kulit, hingga mengatasi masalah jerawat dapat dilakukan produk ini. Cream penghilang flek hitam terbaik ini mengambil manfaat dari kandungan alami seperti ekstrak tuna sirip biru, wild yam, dan beeswax.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Efektif memicu produksi kolagen.
  • Kandungan salicylic acid yang cukup ampuh mengurangi jerawat dan memudarkan bekasnya.
  • Membuat pori-pori lebih rapat dan menjaga kelembapannya.
  • Tekstur yang ringan, tidak lengket, dan mudah menyerap disukai banyak pengguna.
  • Harga terhitung terjangkau untuk banyak orang.
  • Meski harga terjangkau, produk dijamin aman karena tersertifikasi FDA, GMP, dan BPOM.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Krim terasa gatal dan membuat mata perih untuk beberapa pengguna.
  • Memicu timbulnya jerawat pada sebagian orang.
Produk Jellys Pure Face Bluefin Tuna Cream
Ukuran 10 g
Kisaran harga Rp35.100

5. Pond’s White Beauty Skin Perfecting Cream

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Manfaat vitamin B3+ untuk kulit lebih sehat

Pond’s White Beauty Skin Perfecting Cream memiliki kandungan vitamin B3+ yang manfaatnya untuk kulit sangat terkenal. Mulai dari mengurangi kusam, membuat pori-pori tampak lebih kecil, menyamarkan bekas jerawat, dan banyak lagi.

Menariknya lagi, cream penghilang flek hitam terbaik ini mampu menyesuaikan dengan warna kulit Anda. Hasilnya, kulit terlihat lebih cerah, tapi tidak menyisakan whitecast.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Seorang pengguna yang seluruh anggota keluarganya menggunakan krim ini merasa kulit mereka lebih segar dan cerah.
  • Melembapkan tanpa menghasilkan minyak berlebih.
  • Kemasan kecil yang praktis dibawa kemana-mana.
  • Menyesuaikan dengan warna kulit. Tidak menimbulkan tone up berlebihan maupun meninggalkan whitecast selama tidak dipakai kebanyakan.
  • Harga relatif pas di kantong.
  • Tersedia varian untuk kulit normal dan kulit berminyak.

3 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Efek tone up-nya terasa berlebihan pada beberapa pengguna.
  • Tidak semua orang menyukai finishing glitter­-nya.
  • Seorang pengguna mengalami kulit kemerahan akibat produk ini.
Produk Pond’s White Beauty Skin Perfecting Cream
Ukuran 20 g
Kisaran harga Rp13.000

6. Olay Total Effects 7 in 1 Night Cream

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Melembapkan, sekaligus mengurangi tanda-tanda penuaan

Kombinasi antara vitamin, antioksidan, dan protein gandum yang terkandung dalam Olay Total Effects 7 in 1 Night Cream ini terbukti secara dermatologi dapat mengurangi munculnya garis halus, serta menjaga kelembapan kulit.

Sebagai krim malam, cream penghilang flek hitam terbaik ini merangsang regenerasi sel selama Anda tidur agar besok paginya kulit terasa lebih halus. Hasilnya, tanda-tanda penuaan di wajah jadi berkurang.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Ampuh mengurangi noda hitam sekaligus melembapkan wajah.
  • Mengenyalkan dan mempercerah kulit berkat efek tone up­-nya.
  • Mencegah munculnya tanda-tanda penuaan seperti kerutan di sekitar mata.
  • Tekstur halus yang memberi sensasi dingin sekaligus menyerap cepat.
  • Kemasan ciamik yang cukup tebal untuk melindungi isi.

3 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Setelah pemakaian tiga bulan, beberapa pengguna mengalami bruntus dan jerawat.
  • Pada sebagian orang memicu minyak berlebih dan bersifat comedogenic. Menjadi sebab timbulnya jerawat.
  • Beberapa pengguna mengaku wajahnya gerah pakai produk ini.
Produk Olay Total Effects 7 in 1 Night Cream
Ukuran 50 g
Kisaran harga Rp145.000

7. YVES ROCHER White Botanical Dark Spot Corrector

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Tokopedia

Kualitas tinggi untuk hasil yang nyata!

YVES ROCHER White Botanical Dark Spot Corrector merupakan cream penghilang flek hitam terbaik yang fleksibel karena dapat dipakai siang maupun malam hari.

Khasiatnya tentu sama baik: membuat wajah lebih cerah dan mengurangi flek hitam. Kandungan white lupin-nya juga berfungsi mengenyalkan kulit, meremajakannya kembali dengan mengusir tanda-tanda penuaan.

3 Alasan untuk membeli Produk:

  • Jika dipakai rutin, cukup efektif memudarkan bekas jerawat dan flek hitam.
  • Mampu menyamarkan dark spot dan meratakan skin tone.
  • Tekstur creamy dengan aroma floral.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Seorang pengguna tidak merasakan perubahan apapun, sedangkan seorang yang lain merasa wajahnya panas.
  • Harga cukup mahal buat beberapa orang.
Produk YVES ROCHER White Botanical Dark Spot Corrector
Ukuran 14 mL
Kisaran harga Rp499.000

8. Whitelab Acne Cream

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Skincare yang viral karena keampuhannya!

Rangkaian skincare Whitelab cukup viral karena direkomendasikan oleh banyak beauty vlogger, salah satunya Tasya Farasya. Bagaimana tidak, krim ini memang sangat ampuh untuk mencegah munculnya jerawat serta menghilangkan bekasnya hanya dalam hitungan hari.

Produk ini efektif pula mengempeskan jerawat yang membandel. Tidak hanya itu, flek hitam dan minyak berlebih di wajah juga ikut berkurang!

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Sangat efektif memudarkan noda hitam bekas jerawat.
  • Membuat jerawat lebih cepat kering dan kempes. Sekaligus mencegah timbulnya jerawat baru.
  • Mengurangi kemerahan pada wajah.
  • Tekstur krim yang ringan tidak bikin perih.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Memicu penumbuhan jerawat pada seorang pengguna.
  • Isi kemasan relatif terlalu sedikit.
Produk Whitelab Acne Cream
Ukuran 10 mL
Kisaran harga Rp61.000

9. Rivera Endless Bright Fairness Glow Day Cream

Rivera Endless Bright Fairness Glow Day Cream

Sumber: Rivera.id

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Menyimpan formula lembut dan tidak lengket sehingga nyaman di kulit

Terpapar sinar matahari merupakan “makanan” sehari-hari penduduk Indonesia. Tidak heran jika banyak orang berburu krim penghilang flek hitam terbaik untuk perawatan kulit wajahnya. Bagi Anda yang bermaksud mencegah timbulnya flek hitam baru, dapatkan 2 manfaat gabungan pelembap dan sunscreen dalam satu produk berikut!

Rivera Endless Bright Fairness Glow Day Cream tidak hanya melembapkan wajah, tetapi ikut membantu menjadikan kulit tampak cerah, membuat flek hitam tersamarkan, dan memperlambat tanda penuaan dini melalui 3 Act Brightening System-nya. Ditambah kandungan SPF 15, produk ini semakin optimal dalam melindungi kulit muka dari risiko munculnya bintik hitam dan kulit kering.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Ampuh menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat.
  • Mengandung SPF sehingga tidak perlu pakai sunscreen lagi.
  • Membikin wajah lebih lembap, cerah, dan bersinar.
  • Menghambat tanda-tanda penuaan dini.
  • Tekstur lembut, tidak lengket, cepat menyerap, dan wanginya cukup enak untuk menurut orang.

3 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Menimbulkan blackheads pada seorang pengguna.
  • Hasil kurang signifikan pada pengguna yang lain.
  • Beberapa orang mungkin tidak suka wanginya.
Produk Rivera Endless Bright Fairness Glow Day Cream
Ukuran 30 g
Kisaran harga Rp91.000

10. L’Oreal Paris White Perfect Clinical Night Cream

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Tidak hanya mengurangi, tapi juga mencegah munculnya noda hitam

Tidak hanya menyingkirkan noda hitam yang sudah muncul, krim L’Oreal Paris ini juga mencegah munculnya noda hitam baru. Cream penghilang flek hitam terbaik ini bekerja memanfaatkan Derm White Technology yang merupakan tiga kombinasi bahan aktif: acytl C yang berfungsi sebagai pencerah, serta adenosine dan fiberlastyl yang mengontrol produksi melanin untuk mencegah hiperpigmentasi.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Menghilangkan noda hitam secara bertahap.
  • Jika diaplikasikan sebelum tidur, wajah menjadi kenyal dan cerah pagi harinya.
  • Membasmi milia dan kerutan di sekitar wajah dan mata.
  • Tekstur tidak terlalu encer, tidak pula terlalu kental. Mudah menyerap.
  • Seorang pengguna menganggap wanginya mewah.

4 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Beberapa pengguna mengalami minyak berlebih setelah aplikasi di malam hari.
  • Menimbulkan rasa perih pada sebagian orang.
  • Kemasan kaca yang tidak travel-friendly.
  • Beberapa orang menganggapnya cukup pricey.
Produk L’oreal Paris White Perfect Clinical Night Cream
Ukuran 50 mL
Kisaran harga Rp150.000

Tabel Perbandingan Cream Penghilang Flek Hitam

Cek di ShopeeCek di LazadaCek di Blibli
Produk Olay Regenerist Micro Sculpting Cream Night Pond’s Age Miracle Whip Day Cream Biokos Derma Bright Intensive Brightening Day   Cream SPF 25 Jellys Pure Face Bluefin Tuna Cream Pond’s White Beauty Skin Perfecting Cream Olay Total Effects 7 in 1 Night Cream YVES ROCHER White Botanical Dark Spot   Corrector Whitelab Acne Cream Rivera Endless Bright Fairness Glow Day Cream L’Oreal Paris White Perfect Clinical Night   Cream
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Produk Olay Regenerist Micro Sculpting Cream Night Pond’s Age Miracle Whip Biokos Derma Bright Intensive Brightening Day Cream SPF 25 Jellys Pure Face Bluefin Tuna Cream Pond’s White Beauty Skin Perfecting Cream Olay Total Effects 7 in 1 Night Cream YVES ROCHER White Botanical Dark Spot Corrector Whitelab Acne Cream Rivera Endless Bright Fairness Glow Day Cream L’oreal Paris White Perfect Clinical Night Cream
Ukuran 50 g 20 g 25 g 10 g 20 g 50 g 14 mL 10 mL 30 g 50 mL
Kisaran harga Rp165.000 Rp50.000 Rp220.500 Rp35.100 Rp13.000 Rp145.000 Rp499.000 Rp61.000 Rp91.000 Rp150.000
Periksa ketersediaan Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Bukalapak Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Tokopedia Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Bukalapak Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli

Tip dan Saran dari dr. Annisa Anjani Ramadhan

blank

Agar hasil lebih merata, apabila diagnosis adalah flek hitam, maka penggunaan brightening agent disarankan untuk dioleskan di seluruh kulit wajah. Bila kehitaman karena bekas luka dan di area tubuh, tidak masalah jika hanya dioles di area yang kehitaman.

Yuk, cek rekomendasi produk penghilang flek hitam dari PickyBest lainnya!

Kesimpulan

Dari sepuluh produk rekomendasi, manakah yang menurut Anda paling cocok mengatasi flek hitam pada wajah Anda? Supaya hasilnya maksimal, lebih baik Anda berkonsultasi dulu ke dokter kulit untuk mengetahui jenis flek yang Anda alami.

Setelah mendapatkan diagnosis flek, barulah Anda memilih cream penghilang flek hitam terbaik sesuai kebutuhan. Lakukanlah perawatan secara intensif mengikuti anjuran pemakaian agar flek hitam Anda teratasi.

You may also like

Comments are closed.