Written by 09:30 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik

Olay Natural White Light UV Protection Whitening Cream

Flek hitam atau ephelis dapat muncul pada banyak titik tubuh, seperti lengan dan bahu, namun paling sering terlihat di kulit wajah. Kondisi yang banyak dialami orang Indonesia ini biasanya tidak berisiko buruk bagi pengidapnya. Alih-alih melakukan perawatan laser, Anda dapat menggunakan krim penghilang flek hitam sebagai solusi utama yang sedikit memakan biaya.

Di pasaran, tidaklah sulit mendapati cream penghilang flek hitam, seperti keluaran brand  Olay, La Tulipe, Biokos, dan Roro Mendut yang lebih terjangkau soal harga. Kami akan memaparkan cara memilih produk sekaligus menyajikan rekomendasinya untuk Anda. Sebelum itu, mari ketahui dulu alasan kemunculan flek hitam pada wajah!

Apa Penyebab Munculnya Flek Hitam di Wajah?

Apa Penyebab Munculnya Flek Hitam di Wajah

Cukup banyak kota dan pulau yang dilalui garis khatulistiwa, seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Flores. Orang-orang yang tinggal di sekitar garis pembagi belahan bumi utara dan belahan bumi selatan (khatulistiwa atau equator) lebih banyak memproduksi melanin sebagai respons tubuh terhadap sinar matahari.

Selain faktor geografis, flek hitam juga bisa muncul karena bawaan genetik alias keturunan.  Orang-orang berkulit cerah dan berambut pirang sering mengalami kondisi ini. Flek hitam atau yang kerap disapa liver spot dan sun spot dapat pula muncul pada orang-orang tua.

Salah satu cara untuk mencegah peningkatan produksi melanosome dalam melanin akibat matahari adalah memakai tabir surya (sunscreen) setiap kali ingin beraktivitas outdoor di siang hari. Anda dapat mengantisipasi kemunculan bintik hitam ini dengan tabir surya ber-SPF mulai dari 15 – 50, tergantung kebutuhan. Namun jika sudah terlanjur muncul, Anda bisa membantu menghilangkannya dengan memakai krim penghilang flek hitam.

Cara Memilih Krim Penghilang Flek Hitam

Di Indonesia, banyak sekali produk kosmetik dan skincare yang beredar. Dalam rangka mendapatkan krim penghilang flek hitam yang bagus, pastikan Anda mengetahui poin-poin penting untuk diperhatikan saat pemilihan. Berikut kami paparkan tips-nya!

Pilih yang Mengandung Bahan Aktif untuk Menghilangkan Flek Hitam

Hal penting pertama untuk Anda ketahui adalah mengecek kandungan dari setiap produk. Tidak semua bahan efektif membantu menghilangkan flek hitam, karena itu pastikan Anda membaca poin ini dengan saksama agar tahu manakah kandungan di dalam produk yang paling tepat untuk Anda.

Vitamin C: Terbukti Efektif Memudarkan Bintik Flek Hitam

Vitamin C Terbukti Efektif Memudarkan Bintik Flek Hitam

Impian memperoleh kulit cerah, sehat, dan bebas dari flek hitam dapat diwujudkan dengan memilih krim berkandungan vitamin C. Vitamin C yang biasanya terdapat dalam bentuk serum juga termasuk efektif diformulasikan ke dalam produk berbentuk cream. Vitamin C menjadi antoksidan kuat untuk mencegah dan mengurangi kerusakan sel kulit akibat produksi radikal bebas.

Di samping itu, vitamin C juga membuat bintik hitam pada kulit memudar dengan cara menghambat produksi melanin. Warna kulit yang merata dan bebas jerawat juga dapat Anda miliki. Uniknya lagi, vitamin C mampu meningkatkan produksi kolagen dan elastin sehingga kulit lebih kencang. Carilah vitamin C dalam jenis L-ascorbic acid agar kandungannya cepeat menyerap ke kulit.

Hydroquinone: Diklaim Ampuh Mencerahkan dan Memutihkan Kulit Akibat Flek Hitam

Hydroquinone Diklaim Ampuh Mencerahkan dan Memutihkan Kulit Akibat Flek Hitam

Dalam dunia kedokteran, para dokter spesialis kulit sering menyebut flek hitam sebagai melasma. Kemunculan melasma bisa ditemui di bagian pipi, batang hidung, dahi, atau dagu. Untuk mencegah hiperpigmentasi semacam ini, banyak orang dianjurkan menggunakan krim wajah berkandungan hydroquinone.

Hydroquinone adalah bahan yang dianggap sebagai primadona karena diklaim mampu mencerahkan wajah, menyamarkan flek hitam atau melasma di wajah, noda penuaan, hingga bekas jerawat. Apabila Anda bermaksud menerapkan krim penghilang flek hitam berkandungan hydroquinone, sebaiknya minta petunjuk dokter dan lakukan kontrol kembali ke dokter untuk penyesuaian dosis agar terhindar dari efek samping berbahaya.

Glycolic Acid: Bahan Utama dalam Produk Perawatan Jerawat, Anti-aging, dan Eksfoliasi

Glycolic Acid Bahan Utama dalam Produk Perawatan Jerawat Anti aging dan Eksfoliasi

Asam glikolat atau glycolic acid sering dipakai dalam produk kecantikan, seperti produk pembasmi jerawat, produk anti-aging, dan produk exfoliator. Krim penghilang flek hitam membandel yang mengandung glycolic acid dapat menjadi opsi bagi Anda. Bentuk lain dari alpha hydroxy acid (AHA) ini terbukti efektif meremajakan kulit wajah, lho!

Fungsi dari glycolic acid antara lain dapat mengurangi garis halus, keriput, noda bekas jerawat, dan flek hitam. Asam glikolat juga akan mendorong pembentukan sel-sel baru dan kolagen yang menjadikan kulit elastis. Selain itu, kulit yang cerah lebih mudah Anda dapatkan karena acid ini mampu mengangkat sel kulit mati dan memperbaiki tekstur kulit yang kasar.

Kojic Acid: Senyawa dengan Efektivitas Tinggi Mencegah Produksi Melanin Berlebihan

Kojic Acid Senyawa dengan Efektivitas Tinggi Mencegah Produksi Melanin Berlebihan

Menurut beberapa sumber disebutkan bahwa kojic acid berasal dari Jepang, dan telah lama menjadi salah satu bahan penyusun produk skincare untuk memutihkan kulit, baik itu serum, krim wajah, facial foam, dan sabun. Senyawa kimia dari jamur ini menjanjikan kulit cerah dengan mencegah produksi melanin berlebih.

Ketika produksi melanin berkurang, maka hiperpigmentasi takkan terjadi sehingga perubahan warna kulit menjad terlalu gelap pun terhindarkan. Krim penghilang flek hitam berkandungan asam kojic dapat pula dipakai untuk menyingkirkan noda bekas jerawat, namun kebanyakan produknya berbentuk sabun muka.

Alpha Arbutin: Pemutih Alami yang Mampu Menekan Proses Pigmentasi

Alpha Arbutin Pemutih Alami yang Mampu Menekan Proses Pigmentasi

Apabila Anda khawatir dengan krim berformulakan hydroquinone tanpa pengawasan dokter, bahan pemutih alternatif lain yang bisa Anda pilih adalah alpha arbutin. Alpha arbutin adalah generasi terbaru di dunia kosmetik yang berasal dari buah-buahan dan tumbuhan seperti lingonberry. Karena berasal dari bahan alami, maka produk berkandungan ini pun jauh lebih aman ketimbang produk berkandungan hydroquinone.

Mekanisme alpha arbutin dalam memberantas flek hitam ialah dengan menghambat aktivitas dan pembentukan melanin pada lapisan epidermis kulit. Uniknya, alpha arbutin tidak bersifat destruktif karena hanya menekan proses pigmentasi yang tindak diinginkan. Di sisi lain, alpha arbutin juga berperan sebagai pelindung kulit dari sinar ultraviolet, kulit pun terhindar dari penggelapan warna dan kerusakan berkatnya!

Pertimbangkan Produk yang Dilengkapi Agen Pelembap

Pertimbangkan Produk yang Dilengkapi Agen Pelembap

Apabila Anda mengharapkan hasil perawatan lebih, kami menyarankan Anda memilih krim penghilang flek hitam yang diperkaya bahan pelembap. Ceklah komposisi produk untuk mengetahui keberadaan agen pelembapnya. Beberapa moisturizer yang efektif melembapkan kulit dan umum digunakan antara lain:

  • Ceramides. Kandungan ini akan mengikat kadar air agar sel kulit tidak kering. Seiring bertambahnya usia, produksi alami ceramides dapat berkurang sehingga Anda perlu menerapkan produk yang menyimpan kandungan pelembap satu ini, termasuk pada krim wajah penghilang flek hitam.
  • Hyaluronic Acid. Mempunyai fungsi utama serupa dengan ceramides, namun kandungan ini menawarkan manfaat lebih sebagai exfoliant alami yang mencegah sebum berlebih menyumbat pori-pori dan menyebabkan timbulnya jerawat.
  • Lactic Acid. Asam laktat ampuh untuk melembapkan kulit dan mencegah kulit wajah mengalami iritasi. Kandungan ini dinilai lebih lembut bagi kulit akrena berasal dari bahan alami seperti yoghurt atau susu. Bertindak sebagai emollient, lactic acid akan melindungi kulit kering dan kasar akibat sinar UV.
  • Glycerin. Gliserin atau disebut juga glycerol terbuat dari bahan-abah nalami seperti lemak hewani dan minyak nabati. Adalah humektan alami yang ampuh melembapkan kulit dengan menyerap air sekaligus menahannya di lapisan dalam kulit. Krim penghilang flek hitam berkandungan gliserin cocok untuk kulit Anda yang cenderung berminyak karena tidak membuat kulit terasa lengket.
  • Natural Oil. Anda yang berkulit sensitif dapat mengandalkan krim berkomposisikan natural oil, seperti sunflower oil, apricot oil, carrot oil, grapeseed oil, dan olive oil. Sifatnya yang oklusif membuat natural oil lebih bertahan lama dalam menjaga penguapan kadar air pada kulit, sehingga cocok dipakai oleh Anda yang berkulit kering dan sensitif.

 

Produk Berlabel Hypoallergenic dan Bebas Pewangi Dianjurkan untuk Pemilik Kulit Sensitif

Produk Berlabel Hypoallergenic dan Bebas Pewangi Dianjurkan untuk Pemilik Kulit Sensitif

Memastikan krim penghilang flek hitam yang aman dapat membuat Anda lebih tenang memakainya, bukan? Di samping mempertimbangkan produk berizin edar dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan), kami juga menyarankan Anda terutama yang kulitnya sensitif untuk mengutamakan produk berlabel hypoallergenic dan free fragrance.

Biasanya, krim berlabel hypoallergenic lebih sedikit mengandung komposisi, sehingga peluang interaksi potensial antar bahan tidak menimbulkan reaksi negatif pada kulit sensitif. Selain itu, hindari juga produk ber-fragrance, entah itu wewangian sintetis atau ekstrak alami karena dapat mendorong masalah lain seperti jerawat, kemerahan, hingga iritasi mata.

Buat Pria, Carilah Krim Penghilang Flek Hitam untuk Pria

Buat Pria Carilah Krim Penghilang Flek Hitam untuk Pria

Untuk para pria, meski sulit mendapatkan krim penghilang flek hitam khusus pria, Anda tetap bisa memilih produk lain. Caranya, pastikan produk tersebut dapat membantu mengontrol minyak sekaligus mengandung bahan-bahan pelawan bakteri penyebab jerawat.

Bagi para pria, adalah kewajiban memilih krim penghilang flek hitam yang diperkaya pelembap. Jika tidak menemukannya, Anda perlu mengaplikasikan pelembap pada wajah agar elastisitas kulit tetap terjaga. Dan lakukan juga pencegahan dengan memakai sunscreen agar kulit Anda tidak kering.

Utamakan Krim Wajah yang Memiliki Izin Edar BPOM

Utamakan Krim Wajah yang Memiliki Izin Edar BPOM

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, memilih krim penghilang flek hitam yang aman dapat membuat pikiran Anda lebih tenang setiap kali mengaplikasikannya. Salah satu cara termudah untuk menemukan produk yang aman adalah mendapatkan izin edar dari lembaga resmi negara, seperti di Indonesia ada BPOM atau di Amerika Serikat dengan FDA-nya.

Untuk krim penghilang flek hitam yang beredar di Indonesia, tentu Anda wajib memilih produk yang mencatutkan label atau nomor BPOM. Lakukan juga validasi dengan menyamakan nomor BPOM yang tertera pada kemasan atau website resmi produk dengan website resmi BPOM. Hal ini juga perlu Anda lakukan untuk produk import yang izin edarnya bukan dari BPOM, misal FDA (Food and Drug Administration) dan EMA (European Medicines Agency).

10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik

Berikutnya kami akan memperkenalkan 10 pilihan krim penghilang flek hitam terbaik kepada Anda. Yuk, temukan satu di antara sepuluh rekomendasi produk yang paling tepat untuk Anda!

1. Azarine Cosmetics Lightening Cream

Azarine Cosmetics Lightening Cream

Membuat kulit lebih cerah, terasa kenyal, dan segar berseri setelah 7 hari pemakaian

Azarina Cosmetics memproduksi krim penghilang flek hitam dalam tekstur yang lembut. Bersama kandungan vitamin C yang diperoleh dari lemon, tawaran hasil kulit yang terlihat lebih cerah dapat Anda rasakan hanya dalam 1 minggu pemakaian. Kadar vitamin C yang tinggi bertindak sebagai natural whitening formula yang ideal mengatasi flek hitam atau dark spot di wajah.

Menariknya lagi, krim ini bisa diaplikasikan di daerah lipatan kulit yang menghitam. Selain mengoreksi dark spot dan skin tone, Azarine Cosmetics Lightening Cream juga aman karena terbebas dari kandungan hydroqunone, sulphate, parabens, sulphur, alkohol, propylene glycol, polietilena glikol (PEG), dan phthalates.

Ukuran28 g
Kisaran hargaRp60.000

2. Roro Mendut Kulit Manggis Young White Herbal Day Cream

Roro Mendut Kulit Manggis Young White Herbal Day Cream

Krim lokal untuk menutrisi, melembapkan, dan menyamarkan noda hitam pada kulit

Produk alami satu ini dibuat oleh brand lokal Roro Mendut dengan mengandalkan 7 bahan aktif yang kaya nutrisi. Selain kulit manggis, hadir pula bahan campuran lain seperti pegagan, beras, rumput laut, kolagen, vitamin C, dan vitamin E untuk menjadikan kulit lebih putih, cerah, dan kencang.

Tak hanya itu, Roro Mendut Kulit Manggis Young White Herbal Day Cream juga dibekali kandungan SPF yang bertugas melindungi kulit lebih intensif dari paparan sinar matahari. Untuk menghindari kerusakan kulit, cream yang juga bersifat anti-aging berikut dibekali agen pelembap.

UkuranTidak tercantum
Kisaran hargaRp105.000

3. Biokos Derma Bright Intensive Brightening Day Cream SPF 25

Biokos Derma Bright Intensive Brightening Day Cream SPF 25

Cocok untuk segala jenis kulit sebagai krim anti-aging, anti-irritant, dan anti-hyperpigmentation

Apakah Anda ingin menghambat pembentukan melanin akibat efek paparan sinar matahari? Salah satu caranya adalah menggunakan krim penghilang flek hitam berkandungan SPF, seperti produk keluaran Biokos ini. Dengan SPF 25-nya, krim Biokos akan mencegah terjadinya hyperpigmentation.

Beberapa komponen whitening ditemukan dalam krim ini, antara lain alpha arbutin yang terkenal ampuh menekan produksi melanin untuk memperoleh kulit lebih putih. Kemudian, campuran bio-brightening complex dan saccharomyces xylinum black tea pada produk ini juga dapat memberi efek glowing alami.

Ukuran25 g
Kisaran hargaRp264.000

4. Aishaderm Lightening Night Cream

Aishaderm Lightening Night Cream

Night cream untuk menghilangkan flek hitam yang recommended!

Aishaderm Lightening Night Cream dirancang untuk menyamarkan noda hitam akibat sinar UV. Untuk Anda yang kesehariannya berhadapan dengan udara panas, krim penghilang flek hitam yang murah ini bakal membantu mengembalikan kecerahan dan kelembapan kulit yang hilang.

Aishaderm mengandalkan komponen botanikal berupa ekstrak kakadu, ekstrak bunga daisy, dan ekstrak kurma yang bertindak sebagai antioksidan bagi kulit. Krim ini diaplikasikan sebagai night cream sehabis Anda membersihkan wajah. Untuk menjaga kebersihan krimnya, pastikan Anda telah mencuci tangan sebelu mengambil krim dalam jar.

Ukuran20 g
Kisaran hargaRp54.500

5. Kojie-San Face Lightening Cream

Kojie San Face Lightening Cream

Gunakan pagi atau malam hari, itu suka-suka Anda!

Tetap membawa kebaikan dari asam kojic, Kojie-San Face Lightening Cream memiliki tekstur krim berwarna putih susu yang ringan, membuatnya cepat meresap setelah dioleskan ke kulit. Kandungan kojic acid-nya berfungsi sebagai pencerah, dan ideal dipakai sebagai krim penghilang flek hitam di pagi hari ataupun malam hari.

Cukup mengeluarkan kocek tak sampai ratusan ribu, krim untuk menghilangkan flek hitam ini dikemas dalam pot berukuran 30 gram, cukup banyak dan bisa bertahan hingga 2 bulan pemakaian. Dipakai secara rutin tidak menyebabkan purging atau alergi kulit, justru membantu menghilangkan bekas jerawat.

Ukuran30 g
Kisaran hargaRp56.800

6. Olay Natural White Light UV Protection Whitening Cream

Olay Natural White Light UV Protection Whitening Cream

Day cream favorit banyak orang yang tidak menyebabkan jerawat dan kulit kusam

Krim persembahan Olay satu ini ampuh dalam menghilangkan flek hitam. Anda yang kerap terpapar sinar UV tentu mengalami masalah bintik hitam yang mengganggu, bukan? Atasi problem tersebut dengan krim penghilang flek hitam merek Olay ini.

Tiga kandungan utama, yakni vitamin B3, pro-vitamin B5, dan vitamin E di dalamnya akan bekerja menyamarkan bintik hitam, meratakan tone, mencerahkan dan melembutkan kulit. Sudah dipakai oleh jutaan wanita Asia, kini giliran Anda sendiri yang membuktikannya!

Ukuran50 g
Kisaran hargaRp58.000

7. L’Oreal Paris White Perfect Laser Day Cream SPF 19/PA++

LOreal Paris White Perfect Laser Day Cream SPF 19 PA

Sukses membersihkan flek-flek hitam yang merusak penampilan

Day cream ini telah diuji keefektifannya melawan laser treatment. Dengan fungsi utama mencegah timbulnya noda hitam dan memperkecil pori-pori, krim L’oreal Paris ini akan meninggalkan kulit tampak cerah, halus, dan bercahaya menyeluruh.

Aksi mencerahkan ditawarkan oleh kandungan Pro-Vanish yang secara intensif memperlambat produksi melanin langsung ke pusatnya. Selain menurunkan jumlah melanin pada kulit, krim penghilang flek hitam ini sekaligus memberikan efek kulit lembap yang tahan lama.

Ukuran50 ml
Kisaran hargaRp153.000

8. Oriflame Optimals Even Out Day Cream SPF 20

Oriflame Optimals Even Out Day Cream SPF 20

Dapatkan kulit wajah cerah merata dan terlindungi dari efek buruk matahari!

Pada seri ini, Oriflame mencantumkan sejumlah komponen pelindung kulit. Misalnya saja, SPF 20 pada Optimals Even Out Day Cream mendukung para wanita selama beraktivitas tanpa khawatir wajah breakout akibat panas matahari. Tentu belum selesai sampai situ, krim satu ini juga dibekali kombinasi bahan baik lainnya.

Sebut saja Rumex Active, bahan yang terkandung pada krim penghilang flek hitam berikut bekerja sama dengan World Exclusive Patented Technology Lingon untuk tujuan mencegah timbulnya bintik-bintik gelap baru dan mencerahkan wajah. Selain itu, krim ini juga ampuh mengusir bekas jerawat sekaligus membuat wajah kenyal dan lembap.

Ukuran50 ml
Kisaran hargaRp249.000

9. Rivera Endless Bright Fairness Glow Day Cream

Rivera Endless Bright Fairness Glow Day Cream

Menyimpan formula lembut dan tidak lengket sehingga nyaman di kulit

Terpapar sinar matahari merupakan “makanan” sehari-hari penduduk Indonesia. Tidak heran jika banyak orang berburu krim penghilang flek hitam terbaik untuk perawatan kulit wajahnya. Bagi Anda yang bermaksud mencegah timbulnya flek hitam baru, dapatkan 2 manfaat gabungan pelembap dan sunscreen dalam satu produk berikut!

Rivera Endless Bright Fairness Glow Day Cream tidak hanya melembapkan wajah, tetapi ikut membantu menjadikan kulit tampak cerah, membuat flek hitam tersamarkan, dan memperlambat tanda penuaan dini melalui 3 Act Brightening System-nya. Ditambah kandungan SPF 15, produk ini semakin optimal dalam melindungi kulit muka dari risiko munculnya bintik hitam dan kulit kering.

Ukuran30 g
Kisaran hargaRp93.000

10. La Tulipe Intensive Whitening Cream

La Tulipe Intensive Whitening Cream

Kaya akan bahan aktif untuk menyamarkan noda hitam, mengangkat sel kulit mati, dan menyejukkan kulit yang iritasi

Jika Anda tidak berkenan menggunakan krim penghilang flek hitam sebagai day cream, kami rekomendasikan La Tulipe Intensive Whitening Cream yang cocok dipakai malam hari. Krim satu ini mengandung bahan aktif korean golden bell extract, grape seed extract, bearberry leaf extract, dan glutathione yang terkenal ampuh menyamarkan noda-noda hitam.

Bukan hanya itu, kandungan lain berupa niacinamide dan N-Acetylglucosamine turut mempromosikan kelembapan kulit dan menghambat efek penuaan. Sel-sel kulit mati ikut terangkat berkat alpha hydroxy acids (AHAs), sehingga terciptalah tampilan kulit cerah berseri.

Ukuran15 g
Kisaran hargaRp59.300

Ikuti Anjuran Pemakaian untuk Hasil Optimal

Ikuti Anjuran Pemakaian untuk Hasil Optimal

Hasil yang maksimal bisa Anda rasakan jika mengikuti aturan pemakaian dari setiap produk. Sebagai contoh, beberapa krim penghilang flek hitam mungkin ideal dipakai ke seluruh area wajah, namun kebanyakan produk justru dianjurkan penggunaannya hanya pada area kulit yang terdapat flek dan noda hitam.

Penting juga mengetahui jenis flek hitam yang dapat dirawat sendiri dengan bantuan krim atau hanya bisa diatasi dengan penangangan khusus. Lentigo, postinflammatory hyperpigmentation (HPI), dan melasma termasuk jenis flek hitam yang mampu ditangani oleh krim penghilang flek hitam. Sedangkan jenis lain, yaitu freckles, keratosis seboroik, dan flek hitam di bagian leher dan bahu lebih baik diberi tindakan sesuai anjuran ahli kulit.

Lakukan Hal Berikut untuk Mencegah Flek Hitam

Kemunculan flek hitam dapat terjadi tanpa memandang usia penderitanya. Kebiasaan seperti tidak mengaplikasikan tabir surya sebelum beraktivitas menjadi penyebab kecil timbulnya flek hitam. Setelah berhasil memudarkannya dengan krim penghilang flek hitam pilihan Anda, jaga selalu kulit agar tidak ditimpa masalah serupa di kemudian hari. Berikut cara mencegah flek hitam yang bisa Anda terapkan.

Penuhi Kebutuhan Nutrisi untuk Kulit Anda Setiap Hari

Penuhi Kebutuhan Nutrisi untuk Kulit Anda Setiap Hari

Produksi melanin yang berlebihan akan menggelapkan warna kulit. Untuk mencegah hal tersebut, Anda bisa mengurangi jumlah melanin yang diproduksi tubuh dengan konsumsi buah dan sayur yang tinggi vitamin, terutama vitamin C dan E.

Vitamin C akan menghambat pembentukan flek hitam, dan vitamin E membantu peran vitamin C untuk mencerahkan serta meratakan warna kulit Anda. Anda bisa memperoleh kedua jenis vitamin ini dari beberapa jenis buah dan sayur, seperti alpukat, stroberi, jeruk, tomat, brokoli, dan bayam.

Berikan Perlindungan Bagi Kulit dari Sengatan Sinar Matahari

Berikan Perlindungan Bagi Kulit dari Sengatan Sinar Matahari

Walaupun daerah yang Anda tinggali tidak berada dekat dengan garis khatulistiwa, iklim tropis Indonesia dapat membuat warna kulit Anda kusam akibat hiperpigmentasi sebagai efek sengatan matahari. Oleh karena itu, biasakan memberi perlindungan terhadap kulit dengan mengoleskan sunblock atau sunscreen dengan kandungan SPF tinggi.

Apabila Anda berencana menghabiskan waktu di pinggir pantai saat berlibur, sebaiknya Anda gunakan juga topi dengan lidah yang lebar atau topi khusus pantai. Dengan begini maka kulit wajah Anda akan elbih terlindungi dari sinar ultraviolet.

Tidur yang Cukup dan Hindari Konsumsi Obat Sembarangan

Tidur yang Cukup dan Hindari Konsumsi Obat Sembarangan

Saat tidur, kulit tidak serta-merta beristirahat, namun tetap beraktivitas yang tujuannya untuk merenererasi. Di malam hari proses regenerasi kulit sangatlah aktif, sehingga Anda perlu memberi dukungan dengan cara paling mudah, yaitu tidur tidak terlalu larut. Sebelum tidur Anda bisa mengaplikasikan krim malam atau sleeping mask jika ingin mendapatkan kulit lembap di pagi hari.

Selain itu, fakta yang cukup mengejutkan menyebutkan bahwa menerima obat suntik untuk memutihkan kulit dengan klaim hasil cepat juga memicu pembentukan flek hitam. Bahkan, dilansir dari DermNet NZ, obat dalam kategori Non-Steroidal Anti-Inflammatory Drugs (NSAIDs), antimalarials, amiodarone, antipsychotic, phenytoin, cytotoxic drugs, dan tetracylines ikut serta mempromosikan pigmentasi kulit secara berlebihan.

Kesimpulan

Bagaimana flek hitam dapat muncul dan cara memilih krim penghilang flek hitam telah kami berikan. Dari sepuluh produk rekomendasi, manakah yang menurut Anda paling cocok mengatasi flek hitam pada wajah Anda? Supaya hasilnya maksimal, lebih baik Anda berkonsultasi dulu ke dokter kulit untuk mengetahui jenis flek hitam yang Anda alami.

Setelah mendapatkan petunjuk dari dokter dan wujud flek hitam Anda masih bisa ditangani dengan krim, barulah Anda memilih krim penghilang flek hitam sesuai kebutuhan, baik melihat komposisi kandungannya, hingga mencocokannya dengan tipe kulit Anda. Lakukanlah perawatan secara intensif mengikuti anjuran pemakaian agar flek hitam Anda berhasil teratasi.

 

(Visited 41.531 times, 691 visits today)