Written by 22:05 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Exfoliating Toner Terbaik

Proses eksfoliasi perlu rutin dilakukan agar wajah terbebas dari tumpukan sel kulit mati dan kotoran. Selain menggunakan scrub, Anda juga dapat mengaplikasikan exfoliating toner sebagai alternatif yang lebih lembut dan aman.

Beberapa merek seperti Paula’s Choice, COSRX, dan Avoskin memproduksi exfoliating toner dengan formula beragam. Supaya tidak bingung, kami akan membagikan tips memilihnya kepada Anda. Setelah itu, kami rekomendasikan pula exfoliating toner pilihan PickyBest. Yuk, simak ulasannya!

Perlukah Exfoliating Toner dalam Rangkaian Perawatan Wajah?

Apakah menggunakan exfoliating toner itu penting? Sebelum menjawabnya, pertama-tama kita pahami dulu perbedaan dari dua jenis toner yang umum beredar di pasaran, yakni hydrating toner dan exfoliating toner.

Apa Perbedaan Hydrating Toner dan Exfoliating Toner?

Hydrating toner umumnya mengandung bahan-bahan seperti hyaluronic acid, glycerin, lidah buaya, vitamin E, dan asam amino. Hydrating toner cocok untuk orang dengan kulit kering, sensitif, atau mengalami penuaan kulit. Sementara, exfoliating toner ideal untuk kulit normal, berjerawat, dan berminyak.

Exfoliating toner memiliki kandungan utama alpha-hydroxy acid dan beta-hydroxy acid, serta beberapa senyawa turunannya seperti salicylic acid, glycolic acid, dan lactic acid. Toner ini berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kulit terluar agar tidak menimbulkan penyumbatan pada pori-pori kulit.

Peranan Exfoliating Toner dalam Mempercepat Regenerasi Kulit

Penggunaan exfoliating toner akan membersihkan kulit terluar tanpa merusak dan membuatnya terkelupas. Penggunaan exfoliating toner secara rutin membantu mengatasi beberapa permasalahan kulit wajah, semisal jerawat, sebum berlebih, kulit kusam, perbedaan warna kulit, dan tekstur kulit tidak merata.

Secara normal, proses regenerasi kulit wajah berlangsung dalam waktu 28 hari. Faktor-faktor seperti bertambahnya usia, stres, dan paparan sinar matahari akan menghambat regenerasi kulit. Dengan exfoliating toner, proses regenerasi kulit dapat berlangsung lebih cepat, kulit pun bersih dan terasa halus setelahnya.

Cara Memilih Exfoliating Toner

Setiap produk exfoliating toner memiliki kombinasi kandungan yang beragam. Selain itu, formula tambahan, bentuk kemasan, hingga zat aditif merupakan aspek lain yang mesti Anda perhatikan saat memilih exfoliating toner.

Sesuaikan Jenis Kandungan Asamnya dengan Tipe Kulit Anda

Oleh karena beberapa tipe kulit tidak cocok dengan kandungan asam pada exfoliating toner, sebaiknya, pilihlah produk yang kandungan asamnya sesuai jenis kulit Anda.

Alpha Hydroxy Acid (AHA): Mengurangi Tanda Penuaan dan Hiperpigmentasi yang Rentan Dialami Pemilik Kulit Kering

AHA merupakan senyawa asam larut air dengan ukuran molekul kecil. Senyawa ini diperoleh dari pengolahan tanaman dan hewan yang dapat ditemukan dalam beberapa bentuk, di antaranya glycolic acid (berasal dari tebu) dan lactic acid (berasal dari karbohidrat). Kedua jenis bahan ini paling umum digunakan karena tidak menimbulkan iritasi.

Jenis asam ini bekerja menembus permukaan kulit untuk mengangkat sel-sel kulit mati dari dalam. AHA juga melembapkan kulit untuk membantu peremajaan kulit. Selain melembabkan, AHA akan memperbaiki kondisi kulit akibat paparan sinar matahari, mengurangi tanda-tanda penuaan, serta hiperpigmentasi.

Beta Hydroxy Acid (BHA): Ampuh Mengangkat Kotoran dan Sel Kulit Mati, Ideal untuk Kulit Berminyak

Senyawa BHA biasanya berasal dari kulit pohon willow, kayu manis, daun wintergreen, dan asam salisilat. Jenis asam larut lemak ini juga mampu menembus hingga ke lapisan dalam untuk mengangkat kotoran serta mengurangi dan mencegah pembentukan komedo.

Dengan sifatnya yang antibakteri, BHA dapat mengeringkan dan mencegah jerawat serta mengontrol produksi sebum. BHA juga direkomendasikan bagi Anda yang memiliki penyakit kulit rosacea. Selain itu, BHA memungkinkan wajah Anda terlihat lebih lembut dan halus.

Polyhydroxy Acid (PHA): Kandungannya Lebih Ringan dan Lembut, Pilihan Tepat untuk Kulit Sensitif

PHA merupakan senyawa turunan AHA yang bersifat lebih ringan, lembut, serta antiinflamasi. Secara umum, PHA berfungsi sama dengan AHA dan BHA, namun lebih aman untuk kulit sensitif. PHA membantu proses eksfoliasi lapisan kulit terluar dengan menarik air di udara yang kemudian akan diserap oleh kulit.

Dengan sifatnya yang menarik air, PHA akan mengembalikan kelembaban alami yang hilang untuk hasilkan wajah lebih kenyal dan cerah. Jenis PHA yang paling umum ditemui adalah gluconolactone dengan sifat melembutkan dan menenangkan. Bahan ini juga membantu menyediakan asupan antioksidan untuk pembentukan kolagen pada kulit wajah.

Pilih yang Diperkaya Kandungan untuk Melembapkan dan Menenangkan Kulit

Penggunaan bahan kimia pada exfoliating toner dalam beberapa kasus bisa menyebabkan kulit kemerahan dan kering, terutama jika persentase asamnya cukup tinggi. Sebaiknya, pilihlah produk exfoliating toner yang dilengkapi komponen aloe vera, panthenol, centella asiatica, dan green tea yang memiliki sifat menenangkan dan melembabkan.

Jika Anda memiliki masalah kulit tertentu, pilihlah produk dengan kandungan tambahan berupa witch hazel dan natrium PCA. Kedua bahan ini akan mengatasi peradangan akibat jerawat dan mengurangi produksi minyak berlebih. Anda juga bisa memilih exfoliating toner berkandungan niacinamide untuk membantu mencerahkan dan merawat keremajaan kulit.

Pilih Bentuk dan Ukuran Kemasan yang Paling Nyaman untuk Anda

Kebanyakan exfoliating toner dikemas dalam botol agar mudah diletakkan di bidang datar. Walau tampak sama, sebenarnya jenis tutup kemasan produk didesain beragam, misalnya bertutup screw top (tutup putar/ulir), flip top, pump, dan spray.

Di samping mempertimbangkan jenis kemasan, tentukan pula ukuran yang tepat sesuai kebutuhan Anda. Jika ingin menghemat pengeluaran, pilihlah produk berukuran lebih besar. Bila Anda baru pertama kali membeli atau ingin mencoba produk baru, pilihlah travel size terlebih dulu.

Jangan Lupa untuk Memerhatikan Bahan Aditifnya

Beberapa produk exfoliating toner biasanya mengandung bahan aditif seperti paraben, alkohol, silikon, dan fragrance/parfum. Zat-zat aditif ini mungkin akan berpengaruh terhadap jenis kulit tertentu. Jika Anda memiliki kulit sensitif atau rentan alergi, perhatikan kadar toleransi kulit Anda terhadap bahan-bahan ini.

Kabar baiknya, pada section rekomendasi produk di bawah, kami telah memilihkan exfoliating toner yang bebas dari berbagai macam zat aditif. Apalagi, produsen belakangan merumuskan produk tanpa tambahan aditif, sehingga aman bagi kebanyakan orang.

10 Rekomendasi Exfoliating Toner Terbaik

Sekarang, kami akan mengenalkan Anda terhadap sepuluh exfoliating toner yang dapat disesuaikan dengan jenis kulit Anda. Periksalah kandungan aktif, zat aditif, dan ukurannya, ya!

1. Paula’s Choice Skin Perfecting 2% BHA Liquid Exfoliant

Optimal membersihkan pori untuk ciptakan tekstur kulit lembut

Exfoliating toner keluaran brand asal Amerika Serikat ini memiliki formula lembut yang tersedia dalam 3 bentuk, yaitu cair, gel, dan losion. Kandungan acid pada toner ini mampu mengecilkan dan membersihkan pori-pori untuk memaksimalkan eksfoliasi.

Bila digunakan secara tepat, wajah Anda akan bebas dari jerawat, hiperpigmentasi, dark spot, garis halus, dan keriput. Lebih dari itu, keberadaan ekstrak green tea-nya juga sanggup dalam mengurangi bekas jerawat, mencerahkan, dan memperbaiki tekstur kulit, lho!

Tipe kulitSemua jenis kulit
Kandungan utamaBHA (2% salicylic acid), Camellia oleifera (green tea) leaf extract
Preferensi bahan aditifBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, fragrance-free, minimal ingredients
Aturan pakaiAplikasikan satu atau dua kali sehari setelah cleansing dan atau toning
Bentuk kemasanBotol screwtop
Ukuran118 mL
Kisaran hargaRp550.000

2. COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner

Sumber: Cosrx.com

Hasilkan wajah flawless dengan formula bahan alami

Dengan formula AHA dan BHA organik serta bahan nabati yang dimurnikan, toner ini memberikan kesegaran dan kelembutan. Kandungan air dan vitaminnya ikut menjaga dan meningkatkan elastisitas kulit.

Selain berfungsi mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk, COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner juga dapat dipakai untuk membersihkan sisa-sisa makeup. Saat menghadapi masalah komedo dan jerawat, produk ini dapat Anda percayakan untuk mengatasi masalah tersebut.

Belum lagi, bahan-bahan pilihannya menjamin kulit Anda senantiasa terhidrasi. Alhasil, kulit wajah yang bersih, sehat, dan flawless akan Anda miliki.

Tipe kulitSemua jenis kulit
Kandungan utamaSalix alba (willow) bark water, Pyrus malus (apple) fruit water, AHA (glycolic acid), BHA (betaine salicylate), allantoin, panthenol
Preferensi bahan aditifBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, no artificial fragrance, fungal acne safe, minimal ingredients
Aturan pakaiDapat digunakan pagi dan malam hari
Bentuk kemasanBotol semprot
Ukuran150 mL
Kisaran hargaRp160.000

3. Pixi Glow Tonic

Sumber: Pixibeauty.com

Sekaligus membuat kulit sehat berkat ginseng merahnya

Pixy Glow Tonic merupakan produk exfoliating toner yang diklaim mampu mengatasi minyak berlebih dan kotoran pada kulit wajah. Kandungan lidah buaya pada produk ini akan memberikan ketenangan dan kelembutan pada wajah Anda.

Ginseng merah yang terkandung akan memaksimalkan fungsi metabolisme kulit, sehingga kulit pun lebih sehat. Produk ini dapat digunakan oleh semua jenis kulit, terutama kulit berminyak. Apabila wajah Anda kusam, fruktosa dan sukrosa pada produk ini akan mengembalikan kecerahan kulit.

Tipe kulitSemua jenis kulit
Kandungan utamaAHA (5% glycolic Acid), ginseng, Aloe vera, fructose & sucrose
Preferensi bahan aditifBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon
Aturan pakaiDigunakan pagi/malam hari atau saat diperlukan
Bentuk kemasanBotol screwtop
Ukuran250 mL
Kisaran hargaRp399.000

4. Avoskin Miraculous Refining Toner

Wajah bebas jerawat dengan kandungan komplet

Dengan kandungan 5% AHA, 1% BHA, dan 2% PHA, toner ini bakal memaksimalkan proses eksfoliasi kulit wajah tanpa menjadikannya kering. Kombinasi tea tree dan aloe vera pada produk akan membuat wajah Anda lebih segar, lembab, dan cerah. Toner ini dapat digunakan untuk semua jenis kulit pengguna mulai usia 15 tahun.

Jika kulit wajah Anda sedang mengalami peradangan akibat jerawat, bahan witch hazel-nya dapat membantu mengatasi peradangan yang Anda alami. Salicylic acid dan glycolic acid yang memiliki sifat antimikroba juga akan mempercepat proses penyembuhan jerawat dan mencegah terjadinya infeksi.

Tipe kulitSemua jenis kulit
Kandungan utamaAHA/BHA/PHA, niacinamide, 2% tea tree, raspberry extract, witch hazel, Aloe vera
Preferensi bahan aditifBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, perfume free, fungal acne safe
Aturan pakaiGunakan pada malam hari, tiga kali seminggu. Bisa tambah frekuensinya setelah satu atau dua minggu.
Bentuk kemasanBotol screwtop
Ukuran100 mL
Kisaran hargaRp163.000

5. Hada Labo Tamagohada Ultimate Mild Peeling Lotion

Sumber: Rohto.co.id

Tekstur kulit wajah halus, tampilannya pun menjadi lebih cerah

Brand asal Jepang ini meluncurkan produk exfoliating toner dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi. Perpaduan PHA dan tranexamic acid pada produk akan mengikis sel-sel kulit mati dengan lembut, membantu mencerahkan, dan meratakan warna kulit wajah secara alami.

Selain mampu mengurangi garis halus di wajah, produk ini juga dipercaya efektif mengembalikan dan meningkatkan elastisitas kulit. Bagi Anda yang memiliki pori-pori besar, produk ini bisa menjadi salah satu pilihan Anda sebagai perawatan kulit sehari-hari.

Tipe kulitSemua jenis kulit
Kandungan utamaPHA (gluconic acid)
Preferensi bahan aditifBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, fragrance-free, fungal acne safe, minimal ingredients
Aturan pakaiDapat digunakan dua kali sehari
Bentuk kemasanBotol fliptop
Ukuran100 mL
Kisaran hargaRp44.000

6. By Wishtrend Mandelic Acid 5% Skin Prep Water

Bekerja lembut dengan kemungkinan iritasi yang rendah

Jenis acid yang terkandung di dalam produk satu ini lebih rendah iritasi dibandingkan golongan AHA lain. Bila Anda ingin mempercepat proses regenerasi kulit serta mengatasi pigmentasi, namun khawatir wajah iritasi akibat proses eksfoliasi, produk ini patut Anda pertimbangkan.

Centella asiatica extract yang terkandung di dalamnya juga akan membantu Anda yang sedang menghadapi jerawat. Didukung beta-glucan dan panthenol, exfoliating toner ini semakin optimal dalam meluruhkan sel kulit mati, serta memastikan suplai kelembpapan terhadap kulit setelah peluruhan.

Tipe kulitSemua jenis kulit
Kandungan utamaAHA (5% mandelic acid), panthenol, Centella asiatica extract and Beta-glucan
Preferensi bahan aditifBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon
Aturan pakaiDisarankan gunakan satu kali sehari pada malam hari
Bentuk kemasanBotol screwtop
Ukuran120 mL
Kisaran hargaRp265.000

7. Erha AcneAct Witch Hazel & Chamomile Acne Blemish Toner

Sumber: Erhastore.co.id

Atasi jerawat dan minyak berlebih pada wajah

Exfoliating toner ini cocok sangat pas dipilih oleh Anda yang memiliki kulit rentan berjerawat. Dengan pH seimbang, non-comedogenic, dan non-acnenegenic, produk ini mampu meredakan kemerahan dan iritasi kulit akibat jerawat. Witch hazel dan allantoin-nya akan meredakan inflamasi pada kulit berjerawat.

Chamomile extract dalam produk ini berperan aktif sebagai moisturizing yang menjamin kelembaban kulit. Sementara itu, d-panthenol-nya memberikan sensasi tenang serta hydrating effect pada kulit wajah. Karena diformulasi untuk mengatasi jerawat, bahan acid pada produk ini mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Tipe kulitKering, berminyak, kombinasi, dan cenderung berjerawat
Kandungan utamaWitch hazel, chamomile extract, D-panthenol, allantoin, BHA (salicylic acid), zinc gluconate
Preferensi bahan aditifBebas alkohol, non-acnegenic, non-comedogenic
Aturan pakaiDapat digunakan dua kali sehari
Bentuk kemasanBotol screwtop
Ukuran100 mL
Kisaran hargaRp112.300

8. Some by Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner

Sumber: Somebymi.us

Mengombinasikan tiga bahan acid dengan komposisi rendah

Sama seperti produk rekomendasi kami sebelumnya, exfoliating toner ini mampu mengontrol dan menjaga keseimbangan sebum pada wajah. Tea tree extract-nya dapat mengontrol sebum dan menenangkan kulit sensitif akibat rangsangan dari luar.

Dengan kombinasi AHA, BHA, dan PHA, produk ini dipercaya lebih ampuh dalam mengangkat sel kulit mati serta memerangi masalah jerawat. Walau terdiri dari tiga kandungan acid, Some by Mi memastikan persentase acid-nya rendah, sehingga aman meski diaplikasikan setiap hari.

Tipe kulitBerminyak, berjerawat
Kandungan utamaAHA/BHA/PHA, Teatree leaf Extract
Preferensi bahan aditifBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, fragrance-free, fungal acne safe
Aturan pakaiDapat digunakan dua kali sehari
Bentuk kemasanBotol screwtop
Ukuran150 mL
Kisaran hargaRp120.000

9. Benton Aloe BHA Skin Toner

Meninggalkan efek wajah lembap berkat komponen aloe vera-nya

Produk asal Korea ini mencatutkan komposisi bahan-bahan alami yang akan melindungi kulit Anda secara maksimal. Dengan campuran lidah buaya dan 0.5% salicyclic acid, toner ini mampu menjaga vitalitas kulit wajah sekaligus mengempiskan jerawat dengan cepat.

Selain aloe vera, keberadaan sodium hyaluronate dan vegetable glyserin-nya akan menahan kelembaban kulit dari penguapan. Uniknya lagi, produk ini juga dapat menghilangkan dan mencegah gatal akibat kulit kering dan sensitif.

Tipe kulitSemua jenis kulit
Kandungan utamaBHA (salicylic acid), snail secretion filtrate, Aloe vera
Preferensi bahan aditifBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, no added artificial fragrance
Aturan pakaiDapat digunakan dua kali sehari
Bentuk kemasanBotol pump
Ukuran200 mL
Kisaran hargaRp156.000

10. The Ordinary Glycolic Acid 7% Toning Solution

Satu produk untuk hilangkan komedo, jerawat, hingga flek hitam!

Jika Anda memiliki masalah flek hitam, produk ini bisa menjadi solusinya. Flower water dan aloe vera pada produk ini akan mempercepat pergantian sel-sel kulit mati dan memudarkan flek/noda bekas jerawat. Didukung 7% glycolic acid, fungsinya pun makin maksimal dalam perbaikan tekstur kulit, mengusir komedo, serta mengempiskan jerawat.

Produk ini sebaiknya tidak digunakan untuk kulit sensitif, mengelupas, dan sedang mengalami gangguan karena persentase AHA-nya cukup tinggi. Sementara untuk kulit selain sensitif, bahan-bahan alaminya akan meminimalisir efek iritasi yang kemungkinan terjadi.

Tipe kulitBerjerawat
Kandungan utamaAHA (glycolic acid), Tasmanian pepperberry, Aloe vera, ginseng
Preferensi bahan aditifBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon
Aturan pakaiGunakan satu kali sehari pada sore/malam hari
Bentuk kemasanBotol screwtop dengan tutup meruncing
Ukuran240 mL
Kisaran hargaRp215.420

Tabel Perbandingan Exfoliating Toner

ProdukPaula’s Choice Skin Perfecting 2% BHA Liquid ExfoliantCOSRX AHA/BHA Clarifying Treatment TonerPixi Glow TonicAvoskin Miraculous Refining TonerHada Labo Tamagohada Ultimate Mild Peeling LotionBy Wishtrend Mandelic Acid 5% Skin Prep WaterErha AcneAct Witch Hazel & Chamomile Acne Blemish TonerSome by Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle TonerBenton Aloe BHA Skin TonerThe Ordinary Glycolic Acid 7% Toning Solution
Tipe kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitKering, berminyak, kombinasi, dan cenderung berjerawatBerminyak, berjerawatSemua jenis kulitKering, berjerawat
Kandungan utamaBHA (2% salicylic acid), Camellia oleifera (green tea) leaf extractSalix alba (willow) bark water, Pyrus malus (apple) fruit water, AHA (glycolic acid), BHA (betaine salicylate), allantoin, panthenolAHA (5% glycolic Acid), ginseng, Aloe vera, fructose & sucroseAHA/BHA/PHA, niacinamide, 2% tea tree, raspberry extract, witch hazel, Aloe veraPHA (gluconic acid)AHA (5% mandelic acid), panthenol, Centella asiatica extract and Beta-glucanWitch hazel, chamomile extract, D-panthenol, allantoin, BHA (salicylic acid), zinc gluconateAHA/BHA/PHA, Teatree leaf ExtractBHA (salicylic acid), snail secretion filtrate, Aloe veraAHA (glycolic acid), Tasmanian pepperberry, Aloe vera, ginseng
Preferensi bahan aditifBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, fragrance-free, minimal ingredientsBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, no artificial fragrance, fungal acne safe, minimal ingredientsBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikonBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, perfume free, fungal acne safeBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, fragrance-free, fungal acne safe, minimal ingredientsBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikonBebas alkohol, non-acnegenic, non-comedogenicBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, fragrance-free, fungal acne safeBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, no added artificial fragranceBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon
Aturan pakaiAplikasikan satu atau dua kali sehari setelah cleansing dan atau toningDapat digunakan pagi dan malam hariDigunakan pagi/malam hari atau saat diperlukanGunakan pada malam hari, tiga kali seminggu. Bisa tambah frekuensinya setelah satu atau dua minggu.Dapat digunakan dua kali sehariDisarankan gunakan satu kali sehari pada malam hariDapat digunakan dua kali sehariDapat digunakan dua kali sehariDapat digunakan dua kali sehariGunakan satu kali sehari pada sore/malam hari
Bentuk kemasanBotol screwtopBotol semprotBotol screwtopBotol screwtopBotol fliptopBotol screwtopBotol screwtopBotol screwtopBotol pumpBotol screwtop dengan tutup meruncing
Ukuran118 mL150 mL250 mL100 mL100 mL120 mL100 mL150 mL200 mL240 mL
Kisaran hargaRp550.000Rp160.000Rp399.000Rp163.000Rp44.000Rp265.000Rp112.300Rp120.000Rp156.000Rp215.420
Periksa ketersediaan

Agar Terhindar dari Breakout, Jangan Lupa Aplikasikan Tabir Surya

Kandungan acid dalam exfoliating toner dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari. Oleh karena itu, supaya terhindar dari breakout, Anda yang memiliki banyak aktivitas di luar rumah perlu mengaplikasikan tabir surya sebelum beraktivitas.

Pilihlah tabir surya dengan kandungan SPF minimal 30 setelah pemakaian exfoliating toner. Beberapa tabir surya didesain dengan fitur broad-spectrum, yang mana mampu memblokade efek sinar UV-A dan UV-B sekaligus. Apabila Anda memerlukan rekomendasi tabir surya, silakan kunjungi artikel berikut!

Yuk, cek rekomendasi produk toner dari PickyBest lainnya!

Toner adalah satu satu produk skin care yang penting ada dalam rutinitas harian Anda. Selain menerapkan eksfoliasi dengan exfoliating toner, beberapa toner dirancang sesuai kondisi kulit wajah.

Jika Anda mengalami masalah kulit tertentu, pilihlah toner sesuai kondisi wajah Anda. Berikut, kami rangkum produk toner untuk beberapa kondisi kulit. Baca dan temukan toner yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!

Kesimpulan

Exfoliating toner diperlukan untuk memastikan kulit Anda tetap bersih serta bertekstur halus. Sebelum membeli, perhatikan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya, lalu sesuaikan kecocokkannya dengan jenis kulit Anda.

Mulai dari harga puluhan hingga ratusan ribu, kami telah pilihkan exfoliating toner terbaik yang telah dipercaya banyak orang. Kiranya, mana produk yang hendak Anda beli? Semoga Anda berhasil menemukan produk paling sesuai!

Referensi

Jenis Toner: Hydrating Toner dan Exfoliating Toner, Apa Bedanya?
https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/jenis-toner/ diakses pada 25 Desember 2020

Fakta Tentang Exfoliating Toner yang Perlu Kamu Tahu
https://editorial.femaledaily.com/blog/2019/08/11/fakta-tentang-exfoliating-toner-yang-perlu-kamu-tahu/ diakses pada 25 Desember 2020

Apa Bedanya AHA, BHA, dan PHA Sebagai Bahan Aktif dalam Produk Skincare?
https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/aha-bha-pha/ diakses pada 25 Desember 2020

Do’s and Dont’s yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan Exfoliating Toner
https://journal.sociolla.com/beauty/menggunakan-exfoliating-toner/ diakses pada 25 Desember 2020

(Visited 1.411 times, 11 visits today)