Kosmetik & Kesehatan

10 Exfoliating Toner Terbaik [Kolaborasi dengan Dokter Kulit]

Proses eksfoliasi perlu rutin dilakukan agar wajah terbebas dari tumpukan sel kulit mati dan kotoran. Selain menggunakan scrub, Anda juga dapat mengaplikasikan exfoliating toner terbaik sebagai alternatif yang lebih lembut dan aman.

Beberapa merek seperti Paula’s Choice, COSRX, dan Avoskin memproduksi exfoliating toner dengan formula beragam. Supaya tidak bingung, kami akan membagikan tips memilihnya kepada Anda. Setelah itu, kami rekomendasikan pula exfoliating toner terbaik pilihan PickyBest. Yuk, simak ulasannya!

Berkolaborasi dengan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Nessya Dwi Setyorini

dr. Nessya Dwi Setyorini, Sp.DVPakar/Spesialis

dr. Nessya Dwi Setyorini, Sp.DV adalah dokter spesialis kulit dan kelamin yang banyak menangani kasus medis kulit, dari mulai dermatitis, akne, psoriasis, melasma, freckles, dan infeksi kulit lain.

Selain praktik di RSIA SamMarie Basra, Klinik Bamed Health Care, dan ZAP Premiere Central Park, dokter lulusan Universitas Indonesia ini juga aktif sebagai pembicara di berbagai event seputar kesehatan kulit dan kecantikan.

Apa Fungsi dari Exfoliating Toner?

blank

Exfoliating toner adalah produk perawatan kulit yang mengandung bahan AHA dan BHA untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang terletak di lapisan kulit paling atas.

Berkat fungsinya tersebut, exfoliating toner dapat membantu mengatasi berbagai permasalahan kulit akibat menumpuknya sel kulit mati, seperti kulit kusam, jerawat, dan warna kulit tidak merata.

Cell turnover adalah proses terbentuknya sel kulit baru yang dimulai dari lapisan paling bawah ke lapisan paling atas permukaan kulit. Kecepatan turnover kulit ini dipengaruhi oleh penuaan alami kulit manusia, serta beberapa faktor lain seperti pajanan sinar matahari, nutrisi, alkohol, rokok, dan lifestyle.

Ketika usia bayi dan anak-anak, turnover kulit terjadi lebih cepat, yaitu 7-14 hari. Sementara pada usia 20-40 tahun, turnover kulit terjadi lebih lama, yaitu sekitar 28-40 hari. Sedangkan, pada usia 40 tahun ke atas dapat mencapai 60-90 hari.

Proses penuaan sendiri mulai terjadi pada usia 20 tahun, sehingga umumnya pada usia tersebut dapat mulai menggunakan exfoliating agent. Namun, pada kondisi tertentu, exfoliating agent dapat digunakan lebih awal, misalnya pada usia pubertas yang mengalami masalah jerawat.

dr. Nessya Dwi Setyorini, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin
dr. Nessya Dwi Setyorini

Cara Memilih Exfoliating Toner

Setiap produk exfoliating toner terbaik memiliki kombinasi kandungan yang beragam. Selain itu, formula tambahan, bentuk kemasan, hingga zat aditif merupakan aspek lain yang mesti Anda perhatikan saat memilih exfoliating toner.

Sesuaikan Jenis Kandungan Acid-nya dengan Tipe Kulit Anda

blank

Ada tiga komponen acid yang umum terdapat pada exfoliating toner, yaitu AHA, BHA, dan PHA.

  • AHA: Golongan senyawa asam larut air dengan ukuran molekul kecil. Contoh AHA adalah glycolic acid dan lactic acid. Meski kedua jenis acid ini umum digunakan, pada orang yang memiliki kulit sensitif atau terdapat gangguan skin barrier tetap berisiko menimbulkan iritasi.
  • BHA: Golongan senyawa asam larut lemak dengan sifat antibakteri yang dapat digunakan untuk penanganan masalah kulit berjerawat, rosacea, berminyak, dan pori-pori besar. Contoh BHA adalah salicylic acid.
  • PHA: Turunan AHA dengan molekul lebih besar yang membuat penetrasinya ke kulit berkurang dibandingkan AHA dan BHA. Oleh sebabnya, PHA memiliki risiko iritasi yang lebih ringan serta lebih aman digunakan untuk kulit sensitif

Konsentrasi penggunaan ketiga komponen acid, yakni AHA, BHA, dan PHA, secara bebas perlu mengikuti anjuran ahli/badan yang berwenang, seperti FDA dan BPOM.

  • Konsentrasi AHA berkisar antara 1 – 10%
  • Konsentrasi BHA berkisar antara 1 – 2%
  • Konsentrasi PHA berkisar antara 0,5 – 5%
dr. Nessya Dwi Setyorini, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin
dr. Nessya Dwi Setyorini

Pilih yang Diperkaya Kandungan Pelembap dan Penenang Kulit

blank

Penggunaan exfoliating toner dalam beberapa kasus bisa menyebabkan kulit iritasi, terutama pada persentase penggunaan yang cukup tinggi. Maka dari itu, pilihlah produk exfoliating toner terbaik yang dilengkapi komponen aloe vera, panthenol, centella asiatica, dan green tea yang memiliki sifat menenangkan dan melembapkan.

Bila ingin mendapatkan fungsi tambahan, Anda juga bisa mencari produk yang diperkaya beberapa bahan seperti:

  • Witch hazel yang memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan.
  • Sodium PCA (pyroglutamic acid) yang mengikat air untuk melembapkan kulit.
  • Niacinamide (konsentrasi 2-4%) untuk menjaga hidrasi, memperkuat skin barrier, dan membuat kulit lebih cerah.

Penggunaan exfoliating toner dapat meningkatkan risiko iritasi. Oleh karena itu dalam penggunaannya sebaiknya dibarengi dengan produk hydrating atau soothing.

dr. Nessya Dwi Setyorini, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin
dr. Nessya Dwi Setyorini

Jangan Lupa untuk Memperhatikan Bahan Aditifnya

blank

Bahan aditif seperti paraben, alkohol, silikon, dan fragrance/parfum dapat Anda temukan pada exfoliating toner. Bahan-bahan ini dapat berisiko pada kulit sensitif atau rentan alergi. Oleh sebab itu, perlu diperhatikan kadar toleransi kulit Anda terhadap bahan-bahan tersebut.

Bahan aditif pada sebuah skincare terkadang diperlukan untuk membentuk suatu formulasi. Bahan aditif ini juga memiliki fungsinya masing-masing, misalnya sebagai pengawet, pelarut, atau untuk menstabilkan bahan lain yang terdapat di dalam produk tersebut.

Bahan aditif juga tidak selalu berbahaya bagi kulit. Hanya kulit dengan kondisi tertentu yang sebaiknya menghindari bahan aditif, misalnya kulit sensitif dan eczema prone skin.

Di samping itu, terjadinya iritasi juga perlu diteliti apakah pada dasarnya sedang terjadi gangguan skin barrier yang menyebabkan kulit lebih rentan iritasi/alergi. Bahkan, penggunaan skincare yang terlalu banyak dan berlapis-lapis juga dapat membuat kulit mudah mengalami iritasi/alergi.

dr. Nessya Dwi Setyorini, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin
dr. Nessya Dwi Setyorini

Pilih Bentuk dan Ukuran Kemasan yang Paling Nyaman untuk Anda

blank

Kebanyakan exfoliating toner dikemas dalam botol agar mudah diletakkan di bidang datar. Walau tampak sama, sebenarnya jenis tutup kemasan produk didesain beragam, misalnya bertutup screw top (tutup putar/ulir), flip top, pump, dan spray.

Di samping mempertimbangkan jenis kemasan, tentukan pula ukuran yang tepat sesuai kebutuhan Anda. Jika ingin menghemat pengeluaran, pilihlah produk berukuran lebih besar. Bila Anda baru pertama kali membeli atau ingin mencoba produk baru, pilihlah travel size terlebih dulu.

10 Rekomendasi Exfoliating Toner Terbaik

Sekarang, kami akan mengenalkan Anda terhadap sepuluh exfoliating toner terbaik yang dapat disesuaikan dengan jenis kulit Anda. Periksalah kandungan aktif, zat aditif, dan ukurannya, ya!

Semua produk rekomendasi berikut sepenuhnya murni pilihan PickyBest, bukan dr. Nessya Dwi Setyorini.

1. Paula’s Choice Skin Perfecting 2% BHA Liquid Exfoliant

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Optimal membersihkan pori untuk ciptakan tekstur kulit lembut

Exfoliating toner terbaik keluaran brand asal Amerika Serikat ini memiliki formula lembut yang tersedia dalam 3 bentuk, yaitu cair, gel, dan losion. Kandungan acid pada toner ini mampu mengecilkan dan membersihkan pori-pori untuk memaksimalkan eksfoliasi.

Bila digunakan secara tepat, wajah Anda akan bebas dari jerawat, hiperpigmentasi, dark spot, garis halus, dan keriput. Lebih dari itu, keberadaan ekstrak green tea-nya juga sanggup dalam mengurangi bekas jerawat, mencerahkan, dan memperbaiki tekstur kulit, lho!

9 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Setelah sebulan pemakaian, jerawat jarang muncul.
  • Tekstur muka menjadi halus.
  • Wajah menjadi glowing dan sehat.
  • Membersihkan dan mengecilkan pori-pori.
  • Bisa meredakan bekas jerawat dan beruntusan.
  • Efektif untuk mengatasi komedo.
  • Tersedia dalam ukuran travel size yang mudah dibawa.
  • Tidak ada bau yang menyengat.
  • Setelah pemakaian, muka terasa lebih lembap dan fresh.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Saat di-apply meninggalkan kesan greasy.
  • Pada sebagian orang, terasa agak berat di kulit.
Tipe kulit Semua jenis kulit
Kandungan utama BHA (2% salicylic acid), Camellia oleifera (green tea) leaf extract
Preferensi bahan aditif Bebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, fragrance-free, minimal ingredients
Aturan pakai Aplikasikan satu atau dua kali sehari setelah cleansing dan atau toning
Bentuk kemasan Botol screwtop
Ukuran 118 mL
Kisaran harga Rp550.000

2. COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner

blank

Sumber: Cosrx.com

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Hasilkan wajah flawless dengan formula bahan alami

Dengan formula AHA dan BHA organik serta bahan nabati yang dimurnikan, exfoliating toner terbaik ini memberikan kesegaran dan kelembutan. Kandungan air dan vitaminnya ikut menjaga dan meningkatkan elastisitas kulit.

Selain berfungsi mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk, toner COSRX ini juga dapat membersihkan sisa-sisa makeup. Saat menghadapi masalah komedo dan jerawat, produk ini dapat Anda percayakan untuk mengatasi masalah tersebut.

8 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Formulanya aman dan ringan.
  • Bisa meratakan tekstur kulit.
  • Membantu jerawat cepat kering dan tidak meradang.
  • Tidak menyebabkan purging atau breakout.
  • Muka menjadi lebih cerah, halus, dan tidak mudah berjerawat.
  • Packaging-nya bagus dan mudah digunakan.
  • Dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan komedo.
  • Teksturnya cair dan tidak ada bau yang mengganggu.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Jika dipakai terlalu sering bisa membuat kulit semakin kering.
Tipe kulit Semua jenis kulit
Kandungan utama Salix alba (willow) bark water, Pyrus malus (apple) fruit water, AHA (glycolic acid), BHA (betaine salicylate), allantoin, panthenol
Preferensi bahan aditif Bebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, no artificial fragrance, fungal acne safe, minimal ingredients
Aturan pakai Dapat digunakan pagi dan malam hari
Bentuk kemasan Botol semprot
Ukuran 150 mL
Kisaran harga Rp160.000

3. Pixi Glow Tonic

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Sekaligus membuat kulit sehat berkat ginseng merahnya

Pixy Glow Tonic merupakan produk exfoliating toner terbaik yang diklaim mampu mengatasi minyak berlebih dan kotoran pada kulit wajah. Kandungan lidah buaya pada produk ini akan memberikan ketenangan dan kelembutan pada wajah Anda.

Ginseng merah yang terkandung akan memaksimalkan fungsi metabolisme kulit, sehingga kulit pun lebih sehat. Toner eksfoliasi ini dapat digunakan oleh semua jenis kulit, terutama kulit berminyak. Apabila wajah Anda kusam, fruktosa dan sukrosa pada produk ini akan mengembalikan kecerahan kulit.

8 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Kulit terlihat lebih bersih dan halus.
  • Dapat meratakan warna kulit.
  • Menyembuhkan wajah dari breakout.
  • Dalam sebulan, wajah terlihat cerah.
  • Wanginya enak.
  • Terbuat dari bahan-bahan alami.
  • Tidak membuat kulit menjadi kering.
  • Membuat kulit jarang berjerawat.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Dapat menimbulkan beruntusan jika kurang cocok dengan produknya.
Tipe kulit Semua jenis kulit
Kandungan utama AHA (5% glycolic Acid), ginseng, Aloe vera, fructose & sucrose
Preferensi bahan aditif Bebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon
Aturan pakai Digunakan pagi/malam hari atau saat diperlukan
Bentuk kemasan Botol screwtop
Ukuran 250 mL
Kisaran harga Rp399.000

4. Avoskin Miraculous Refining Toner

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Wajah bebas jerawat dengan kandungan komplet

Dengan tiga kombinasi acid, exfoliating toner terbaik ini bakal memaksimalkan proses eksfoliasi kulit wajah tanpa menjadikannya kering. Kombinasi tea tree dan aloe vera-nya akan membuat wajah Anda lebih segar, lembap, dan cerah. Toner ini dapat digunakan untuk semua jenis kulit pengguna mulai usia 15 tahun.

Jika kulit Anda sedang mengalami peradangan akibat jerawat, bahan witch hazel pada exfoliating toner terbaik ini dapat membantu mengatasi peradangan yang Anda alami. Salicylic acid dan glycolic acid yang memiliki sifat antimikroba juga akan mempercepat proses penyembuhan jerawat dan mencegah terjadinya infeksi.

8 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Bisa menghilangkan jerawat dan beruntusan.
  • Komedo berkurang dan pori-pori wajah mengecil.
  • Membuat wajah bersih, segar, dan cerah.
  • Tekstur kulit menjadi lebih halus dan lembap.
  • Teksturnya cair dan cepat meresap.
  • Meratakan kulit wajah.
  • Formulanya gentle dan tidak lengket.
  • Dapat menghilangkan milia.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Bisa membuat muka jadi kering apabila di-apply terlalu sering.
  • Pada sebagian orang, bisa menimbulkan efek perih.
Tipe kulit Semua jenis kulit
Kandungan utama AHA/BHA/PHA, niacinamide, 2% tea tree, raspberry extract, witch hazel, Aloe vera
Preferensi bahan aditif Bebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, perfume free, fungal acne safe
Aturan pakai Gunakan pada malam hari, tiga kali seminggu. Bisa tambah frekuensinya setelah satu atau dua minggu.
Bentuk kemasan Botol screwtop
Ukuran 100 mL
Kisaran harga Rp163.000

5. Hada Labo Tamagohada Ultimate Mild Peeling Lotion

blank

Sumber: Rohto.co.id

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Tekstur kulit wajah halus, tampilannya pun menjadi lebih cerah

Brand asal Jepang ini meluncurkan produk exfoliating toner terbaik dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi. Perpaduan PHA dan tranexamic acid pada produk akan mengikis sel-sel kulit mati dengan lembut, membantu mencerahkan, dan meratakan warna kulit wajah secara alami.

Selain mampu mengurangi garis halus di wajah, produk ini juga dipercaya efektif mengembalikan dan meningkatkan elastisitas kulit. Bagi Anda yang memiliki pori-pori besar, produk ini bisa menjadi salah satu pilihan Anda sebagai perawatan kulit sehari-hari.

9 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Mild, murah, dan gampang ditemukan.
  • Tidak ada scent-nya sehingga nyaman digunakan.
  • Membersihkan dan mencerahkan kulit.
  • Isinya banyak.
  • Mengangkat kulit mati, kotoran, dan minyak.
  • Terasa lembap di wajah.
  • Setelah seminggu, wajah terasa lebih sehat dan lembut.
  • Tidak membuat wajah kering setelah pemakaian.
  • Tidak menimbulkan sensasi tingling ataupun iritasi.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Jika kurang cocok, bisa menimbulkan jerawat.
Tipe kulit Semua jenis kulit
Kandungan utama PHA (gluconic acid)
Preferensi bahan aditif Bebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, fragrance-free, fungal acne safe, minimal ingredients
Aturan pakai Dapat digunakan dua kali sehari
Bentuk kemasan Botol fliptop
Ukuran 100 mL
Kisaran harga Rp44.000

6. By Wishtrend Mandelic Acid 5% Skin Prep Water

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Bukalapak Cek Harga di Tokopedia

Bekerja lembut dengan kemungkinan iritasi yang rendah

Jenis acid yang terkandung di dalam produk satu ini lebih rendah iritasi dibandingkan golongan AHA lain. Bila Anda ingin mempercepat proses regenerasi kulit serta mengatasi pigmentasi, namun khawatir wajah iritasi akibat proses eksfoliasi, produk ini patut Anda pertimbangkan.

Centella asiatica extract yang terkandung di dalamnya juga akan membantu Anda yang sedang menghadapi jerawat. Didukung beta-glucan dan panthenol, exfoliating toner terbaik ini semakin optimal dalam meluruhkan sel kulit mati, serta memastikan suplai kelembpapan terhadap kulit setelah peluruhan.

9 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Teksturnya cair, tidak ada warna dan bau.
  • Tidak membuat kulit terasa kering.
  • Dikemas dalam botol yang handy, kokoh, dan mantap digenggam.
  • Tutupnya cukup rapat sehingga tidak mudah tumpah.
  • Mengangkat kotoran dan sel kulit mati.
  • Membuat kulit lebih siap untuk menyerap skincare lanjutan.
  • Tekstur wajah lebih halus.
  • Membantu jerawat lebih kalem dan cepat kering.
  • Formulanya sangat mudah meresap.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Menyebabkan sensasi tingling.
Tipe kulit Semua jenis kulit
Kandungan utama AHA (5% mandelic acid), panthenol, Centella asiatica extract and Beta-glucan
Preferensi bahan aditif Bebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon
Aturan pakai Disarankan gunakan satu kali sehari pada malam hari
Bentuk kemasan Botol screwtop
Ukuran 120 mL
Kisaran harga Rp265.000

7. Erha AcneAct Witch Hazel & Chamomile Acne Blemish Toner

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Atasi jerawat dan minyak berlebih pada wajah

Exfoliating toner ini terbaik sangat pas dipilih oleh Anda yang memiliki kulit acne-prone. Dengan pH seimbang, non-comedogenic, dan non-acnenegenic, produk ini mampu meredakan kemerahan dan iritasi kulit akibat jerawat. Witch hazel dan allantoin-nya akan meredakan inflamasi pada kulit berjerawat.

Chamomile extract dalam produk ini berperan aktif sebagai moisturizing yang menjamin kelembaban kulit. Sementara itu, d-panthenol-nya memberikan sensasi tenang serta hydrating effect pada kulit wajah. Karena diformulasi untuk mengatasi jerawat, bahan acid pada produk ini mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

9 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Teksturnya cair, ringan, dan gampang meresap.
  • Ada wanginya sedikit tapi tidak mengganggu.
  • Bagus untuk melembapkan dan membersihkan kulit.
  • Membuat jerawat lebih calm.
  • Meredakan kemerahan di wajah.
  • Membuat kulit jarang berjerawat.
  • Tidak membuat wajah berminyak.
  • Kulit terlihat lebih terhidrasi.
  • Membuat pori-pori terlihat lebih kecil.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Sedikit lengket saat digunakan.
Tipe kulit Kering, berminyak, kombinasi, dan cenderung berjerawat
Kandungan utama Witch hazel, chamomile extract, D-panthenol, allantoin, BHA (salicylic acid), zinc gluconate
Preferensi bahan aditif Bebas alkohol, non-acnegenic, non-comedogenic
Aturan pakai Dapat digunakan dua kali sehari
Bentuk kemasan Botol screwtop
Ukuran 100 mL
Kisaran harga Rp112.300

8. Some by Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner

blank

Sumber: Somebymi.us

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Mengombinasikan tiga bahan acid dengan komposisi rendah

Sama seperti produk rekomendasi kami sebelumnya, exfoliating toner terbaik ini mampu mengontrol dan menjaga keseimbangan sebum pada wajah. Tea tree extract-nya dapat mengontrol sebum dan menenangkan kulit sensitif akibat rangsangan dari luar.

Dengan kombinasi AHA, BHA, dan PHA, produk ini dipercaya lebih ampuh dalam mengangkat sel kulit mati serta memerangi masalah jerawat. Walau terdiri dari tiga kandungan acid, Some by Mi memastikan persentase acid-nya rendah, sehingga aman meski diaplikasikan setiap hari.

9 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Isinya cukup banyak, bisa dipakai lebih dari sebulan.
  • Tidak menimbulkan sensasi tingling.
  • Membuat kulit menjadi lembap, halus, dan cerah.
  • Mengecilkan pori-pori.
  • Dapat mengontrol minyak.
  • Teksturnya sangat ringan dan nyaman di kulit.
  • Mengangkat kotoran di muka.
  • Wanginya enak dan menenangkan.
  • Memberikan efek segar ketika di-apply.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Pada sebagian orang, dapat menimbulkan beruntusan.
Tipe kulit Berminyak, berjerawat
Kandungan utama AHA/BHA/PHA, Teatree leaf Extract
Preferensi bahan aditif Bebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, fragrance-free, fungal acne safe
Aturan pakai Dapat digunakan dua kali sehari
Bentuk kemasan Botol screwtop
Ukuran 150 mL
Kisaran harga Rp120.000

9. Benton Aloe BHA Skin Toner

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Meninggalkan efek wajah lembap berkat komponen aloe vera-nya

Produk asal Korea ini mencatutkan komposisi bahan-bahan alami yang akan melindungi kulit Anda secara maksimal. Dengan campuran lidah buaya dan 0.5% salicyclic acid, toner ini mampu menjaga vitalitas kulit wajah sekaligus mengempiskan jerawat dengan cepat.

Selain aloe vera, keberadaan sodium hyaluronate dan vegetable glyserin-nya akan menahan kelembaban kulit dari penguapan. Uniknya lagi, exfoliating toner terbaik ini juga dapat menghilangkan dan mencegah gatal akibat kulit kering dan sensitif.

9 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Formulanya ringan, mild, dan mudah meresap.
  • Isinya banyak sehingga pemakaiannya tahan lama.
  • Kulit menjadi lebih lembap dan cerah.
  • Membantu menghilangkan beruntusan.
  • Ada sensasi dingin dari aloe vera-nya.
  • Dapat menenangkan jerawat dalam seminggu pemakaian.
  • Packaging-nya eksklusif dan kokoh.
  • Membuat wajah tampak halus.
  • Tidak membuat iritasi dan kemerahan.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Agak lengket di kulit.
Tipe kulit Semua jenis kulit
Kandungan utama BHA (salicylic acid), snail secretion filtrate, Aloe vera
Preferensi bahan aditif Bebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, no added artificial fragrance
Aturan pakai Dapat digunakan dua kali sehari
Bentuk kemasan Botol pump
Ukuran 200 mL
Kisaran harga Rp156.000

10. The Ordinary Glycolic Acid 7% Toning Solution

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Satu produk untuk hilangkan komedo, jerawat, hingga flek hitam!

Jika Anda memiliki masalah flek hitam, produk ini bisa menjadi solusinya. Produk ini akan mempercepat pergantian sel-sel kulit mati dan memudarkan flek/noda bekas jerawat. Didukung 7% glycolic acid, fungsinya pun makin maksimal dalam perbaikan tekstur kulit, mengusir komedo, serta mengempiskan jerawat.

Exfoliating toner terbaik ini sebaiknya tidak digunakan untuk kulit sensitif, mengelupas, dan sedang mengalami gangguan karena persentase AHA-nya cukup tinggi. Sementara untuk kulit selain sensitif, bahan-bahan alaminya akan meminimalisir efek iritasi yang kemungkinan terjadi.

9 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Bisa mengangkat sisa kotoran yang masih menempel setelah cuci muka.
  • Wanginya tidak mengganggu.
  • Memudarkan bekas jerawat dan milia.
  • Mencerahkan dan menghaluskan kulit.
  • Produk skincare lainnya menjadi lebih mudah diserap.
  • Isinya banyak, sehingga tidak cepat habis.
  • Gampang meresap dan tidak meninggalkan kesan greasy.
  • Membantu mengurangi breakout.
  • Termasuk mild product, sehingga aman dipakai untuk daily.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Pada sebagian orang, formulanya terasa harsh di kulit.
  • Membuat muka menjadi kering.
Tipe kulit Berjerawat
Kandungan utama AHA (glycolic acid), Tasmanian pepperberry, Aloe vera, ginseng
Preferensi bahan aditif Bebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon
Aturan pakai Gunakan satu kali sehari pada sore/malam hari
Bentuk kemasan Botol screwtop dengan tutup meruncing
Ukuran 240 mL
Kisaran harga Rp215.420

Tabel Perbandingan Exfoliating Toner

Produk Paula’s Choice Skin Perfecting 2% BHA Liquid Exfoliant COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner Pixi Glow Tonic Avoskin Miraculous Refining Toner Hada Labo Tamagohada Ultimate Mild Peeling Lotion By Wishtrend Mandelic Acid 5% Skin Prep Water Erha AcneAct Witch Hazel & Chamomile Acne Blemish Toner Some by Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner Benton Aloe BHA Skin Toner The Ordinary Glycolic Acid 7% Toning Solution
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Tipe kulit Semua jenis kulit Semua jenis kulit Semua jenis kulit Semua jenis kulit Semua jenis kulit Semua jenis kulit Kering, berminyak, kombinasi, dan cenderung berjerawat Berminyak, berjerawat Semua jenis kulit Kering, berjerawat
Kandungan utama BHA (2% salicylic acid), Camellia oleifera (green tea) leaf extract Salix alba (willow) bark water, Pyrus malus (apple) fruit water, AHA (glycolic acid), BHA (betaine salicylate), allantoin, panthenol AHA (5% glycolic Acid), ginseng, Aloe vera, fructose & sucrose AHA/BHA/PHA, niacinamide, 2% tea tree, raspberry extract, witch hazel, Aloe vera PHA (gluconic acid) AHA (5% mandelic acid), panthenol, Centella asiatica extract and Beta-glucan Witch hazel, chamomile extract, D-panthenol, allantoin, BHA (salicylic acid), zinc gluconate AHA/BHA/PHA, Teatree leaf Extract BHA (salicylic acid), snail secretion filtrate, Aloe vera AHA (glycolic acid), Tasmanian pepperberry, Aloe vera, ginseng
Preferensi bahan aditif Bebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, fragrance-free, minimal ingredients Bebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, no artificial fragrance, fungal acne safe, minimal ingredients Bebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon Bebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, perfume free, fungal acne safe Bebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, fragrance-free, fungal acne safe, minimal ingredients Bebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon Bebas alkohol, non-acnegenic, non-comedogenic Bebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, fragrance-free, fungal acne safe Bebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, no added artificial fragrance Bebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon
Aturan pakai Aplikasikan satu atau dua kali sehari setelah cleansing dan atau toning Dapat digunakan pagi dan malam hari Digunakan pagi/malam hari atau saat diperlukan Gunakan pada malam hari, tiga kali seminggu. Bisa tambah frekuensinya setelah satu atau dua minggu. Dapat digunakan dua kali sehari Disarankan gunakan satu kali sehari pada malam hari Dapat digunakan dua kali sehari Dapat digunakan dua kali sehari Dapat digunakan dua kali sehari Gunakan satu kali sehari pada sore/malam hari
Bentuk kemasan Botol screwtop Botol semprot Botol screwtop Botol screwtop Botol fliptop Botol screwtop Botol screwtop Botol screwtop Botol pump Botol screwtop dengan tutup meruncing
Ukuran 118 mL 150 mL 250 mL 100 mL 100 mL 120 mL 100 mL 150 mL 200 mL 240 mL
Kisaran harga Rp550.000 Rp160.000 Rp399.000 Rp163.000 Rp44.000 Rp265.000 Rp112.300 Rp120.000 Rp156.000 Rp215.420
Periksa ketersediaan Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Bukalapak Cek di Tokopedia Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli

Agar Terhindar dari Breakout, Jangan Lupa Aplikasikan Tabir Surya

blank

Kandungan acid dalam exfoliating toner dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari. Oleh karena itu, supaya terhindar dari breakout, Anda yang memiliki banyak aktivitas di luar rumah perlu mengaplikasikan tabir surya sebelum beraktivitas.

Pilihlah sunscreen dengan kandungan SPF minimal 30 untuk perlindungan sehari-hari. Anda juga bisa memilih produk yang didesain dengan fitur broad-spectrum agar dapat melindungi kulit dari sinar UV-A dan UV-B sekaligus.

Apabila Anda memerlukan rekomendasi tabir surya, silakan kunjungi artikel berikut!

Tip dan Saran dari Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Nessya Dwi Setyorini

blank

Saat menerapkan pemakaian skincare dengan exfoliating agent, perhatikan hal-hal berikut:

  • Kenali jenis kulit dan masalah kulit masing-masing terlebih dahulu. Kemudian, tentukan bahan aktif mana yang tepat untuk masing-masing kulit.
  • Untuk pemula, sebaiknya gunakan prinsip “Start Low and Slow” (mulai dengan konsentrasi rendah dan frekuensi jarang), kemudian tingkatkan bertahap sesuai kebutuhan.
  • Untuk pemula dan kulit sensitif, penggunaan exfoliating toner tidak dikombinasikan dengan exfoliating agent lainnya. Selalu perhatikan toleransi kulit masing-masing.
  • Penggunaan exfoliating agent sebaiknya selalu didampingi dengan produk hydrating dan sunscreen.
  • Kenali tanda-tanda bila terjadi overexfoliating, yaitu kulit kemerahan, mudah perih, mengelupas, panas, dan gatal.

Bila sudah menggunakan exfoliating toner yang dijual di pasaran (over the counter) namun keluhan permasalahan kulit tidak membaik atau makin memburuk, sebaiknya konsultasikan dengan Dokter Spesialis Dermatologi & Venereologi.

Yuk, cek rekomendasi produk toner dari PickyBest lainnya!

Kesimpulan

Exfoliating toner diperlukan untuk memastikan kulit Anda tetap bersih serta bertekstur halus. Sebelum membeli, perhatikan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya, lalu sesuaikan kecocokkannya dengan jenis kulit Anda.

Mulai dari harga puluhan hingga ratusan ribu, kami telah pilihkan exfoliating toner terbaik yang telah dipercaya banyak orang. Kiranya, mana produk yang hendak Anda beli? Semoga Anda berhasil menemukan produk paling sesuai!

You may also like

Comments are closed.