Kosmetik & Kesehatan

10 Serum Penghilang Flek Hitam [Kolaborasi dengan Dokter Umum]

Flek hitam di wajah dapat diakibatkan oleh berbagai faktor, seperti genetik, penggunaan produk yang tidak tepat, terlalu sering terkena paparan sinar matahari dan polusi, serta tidak melindungi wajah dengan sunscreen. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan serum penghilang flek hitam.

Saat ini telah tersedia berbagai merek serum penghilang flek hitam, seperti Avoskin, Some by Mi, Everwhite, dan The Ordinary. Pada artikel ini, kami telah merangkum produk serum penghilang flek hitam terbaik versi PickyBest. Yuk, simak pilihan produknya!

Berkolaborasi dengan Dokter Umum, dr. Felicia Puspita Sari

dr. Felicia Puspita SariPakar/Spesialis

dr. Felicia Puspita Sari adalah Dokter Umum yang menamatkan pendidikannya di Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana. Selama menjalani masa studi, dr. Felicia cukup sering mengikuti beberapa konferensi ilmiah, baik nasional maupun internasional.

Saat ini, dr. Felicia bertugas sebagai dokter umum di RS Cahya Kawaluyan, Bandung Barat. Sebelumnya, dr. Felicia juga pernah menangani banyak kasus di UGD atau poliklinik di salah satu rumah sakit di kota Denpasar, Bali.

Penyebab Munculnya Flek Hitam

blank

Flek hitam muncul pada wajah atau area lain yang sering terpapar sinar matahari, biasanya dialami oleh usia paruh baya. Hal ini terjadi karena hasil dari paparan sinar matahari sudah terakumulasi di dalam kulit. Area kulit tersebut memproduksi lebih banyak melanin, sehingga memberi warna pada kulit (hiperpigmentasi).

Tak hanya terjadi pada usia paruh baya, flek hitam juga bisa muncul kapan saja pada kulit akibat efek samping dari obat atau produk yang tidak cocok, atau pun faktor genetik. Meskipun tidak berbahaya, tetapi banyak orang yang ingin menghilangkan flek hitam untuk menjaga penampilan.

Hiperpigmentasi adalah kondisi umum dimana terdapat area kulit yang lebih gelap dari area di sekitarnya. Bintik hitam ini terkadang disebut sebagai age spot, sun spot, maupun flek hitam. Secara umum, hiperpigmentasi atau flek hitam dapat terbentuk apabila melanin, sebuah pigmen yang memberi warna pada kulit, diproduksi secara berlebihan dan menumpuk sehingga muncul daerah yang berwarna lebih gelap.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi timbulnya flek hitam seperti:

  • Paparan sinar matahari atau sinar ultraviolet
  • Genetik atau faktor keturunan
  • Perubahan hormon seperti ketika pubertas ataupun hamil
  • Efek samping dari konsumsi obat-obatan seperti estrogen atau tetrasiklin
  • Memiliki kondisi kulit tertentu seperti melasma
  • Memiliki gangguan tertentu seperti gangguan tiroid
  • Kekurangan vitamin tertentu seperti vitamin B12 dan asam folat
  • Terjadi inflamasi pada kulit yang akan menimbulkan postinflammatory hyperpigmentation

Flek hitam pada kulit dapat muncul di mana saja, namun paling sering muncul pada area kulit yang sering terpapar sinar matahari seperti wajah. Flek hitam ini dapat memudar seiring dengan berkurangnya paparan sinar matahari terhadap kulit. Sebaliknya, flek hitam akan semakin banyak atau jelas apabila paparan sinar matahari terhadap kulit bertambah.

dr. Felicia Puspita Sari, Dokter Umum
dr. Felicia Puspita Sari

Cara Memilih Serum Penghilang Flek Hitam

Saat ada flek hitam mulai muncul di wajah dan mulai mengganggu penampilan, bagaima na cara memilih serum penghilang flek hitam terbaik yang tepat? Perhatikan beberapa poin penting berikut ini!

Pilih Serum dengan Bahan Aktif yang Dapat Mencerahkan Flek Hitam

blank

Perhatikan kandungan yang tertera pada kemasan produk. Agar efektif menghilangkan flek hitam, serum penghilang flek hitam terbaik harus mengandung bahan aktif yang dapat mencerahkan atau menyamarkan kulit yang hiperpigmentasi, antara lain:

  • Vitamin C: antioksidan, meningkatkan produksi kolagen, mencerahkan kulit, dan mengurangi hiperpigmentasi.
  • Niacinamide (vitamin B3): memperlambat produksi pigmen.
  • Hydroquinone: menghambat enzim yang memproduksi melanin.
  • Retinol: mendorong pergantian sel kulit, menghilangkan sel hiperpigmentasi
  • Glycolic acid: bantu melonggarkan ikatan di lapisan atas kulit, menghilangkan perubahan warna, dan meningkatkan penetrasi produk.
  • Soy: bahan alami yang dapat menghambat pigmentasi akibat induksi UVB.

Saat ini, banyak kandungan pada skincare yang diformulasikan untuk membantu memudarkan flek hitam. Masing-masing kandungan memiliki cara kerja yang beragam.

Selain kandungan-kandungan yang telah disebutkan, ditemukan pula bahwa alpha arbutin, azelaic acid, dan mandelic acid juga bermanfaat untuk mengurangi flek hitam.

  • Alpha arbutin bekerja dengan menghambat enzim yang disebut tirosinase dalam melanosit. Melanosit berperan dalam produksi melanin. Semakin sedikit tirosinase, semakin sedikit pula melanin maka perubahan warna pada flek hitam akan semakin berkurang.
  • Azelaic acid dapat memudarkan flek hitam dengan menghambat radikal bebas yang ada pada kulit serta menghambat tirosinase.
  • Mandelic acid memiliki manfaat untuk mengatasi peradangan atau inflamasi pada kulit (seperti peradangan pada jerawat) dan beberapa bentuk hiperpigmentasi terutama yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari.
dr. Felicia Puspita Sari, Dokter Umum
dr. Felicia Puspita Sari

Untuk Melindungi dari Risiko Hiperpigmentasi Akibat Paparan Sinar Matahari, Pilih Serum dengan Formula SPF

blank

Seperti yang telah dijelaskan di bagian awal, salah satu sebab munculnya flek hitam atau hiperpigmentasi adalah paparan sinar matahari. Karena itulah kulit membutuhkan perlindungan dari sinar matahari.

Banyak produsen kosmetik memberikan tambahan formula SPF pada produk utama, seperti pelembap, alas bedak, dan lain-lain. Formula SPF di sini berfungsi sebagai perlindungan tambahan dan telah diuji dengan cara yang sama persis seperti SPF langsung.

Dengan begitu, Anda dapat memilih serum penghilang flek hitam terbaik dengan SPF sebagai proteksi tambahan sekaligus penggunaan yang lebih praktis. Namun, Anda perlu memperhatikan cara penerapan SPF yang tepat ke kulit Anda.

Jumlah yang disarankan saat menerapkan SPF adalah 2 mg/cm2, atau sekitar setengah sendok teh untuk wajah Anda. Bila Anda hanya mengoleskan hanya sedikit serum di wajah Anda secara perlahan, artinya jumlah SPF yang diterapkan pada kulit Anda kurang dari jumlah semestinya. Hal itu membuat SPF tidak bekerja secara efektif.

Selain itu, SPF pada produk serum atau pelembap biasa cenderung tidak terlalu menempel di kulit dan tidak tahan air, sehingga SPF mudah hilang dan tidak dapat melindungi kulit Anda secara maksimal. Atas pertimbangan tersebut, sebaiknya Anda tetap menggunakan sunscreen khusus bila sedang beraktivitas di luar ruangan.

Sunscreen secara umum adalah produk yang memiliki manfaat untuk mencegah paparan radiasi sinar matahari atau sinar ultraviolet (UV) agar tidak diserap oleh kulit. Sunscreen diperlukan karena radiasi sinar UV dapat merusak kulit hingga menyebabkan risiko kulit terbakar dan kanker kulit.

Sunscreen sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu physical sunscreen dan chemical sunscreen. Physical sunscreen bekerja dengan membentuk lapisan penangkal dan akan memantulkan sinar UV dari kulit. Sedangkan, chemical sunscreen mengandung filter kimiawi yang akan menyerap sinar UV sebelum mencapai kulit.

Sunscreen serum adalah produk perawatan kulit berupa serum yang ditambahkan kandungan SPF sehingga memiliki manfaat perlindungan terhadap paparan sinar matahari. Walaupun sunscreen serum memiliki kandungan SPF, produk ini tidak dapat memberikan proteksi maksimal yang setara dengan sunscreen. Oleh sebab itu, Anda tetap dianjurkan untuk menggunakan sunscreen untuk mendapatkan proteksi terhadap sinar UV yang lebih maksimal.

dr. Felicia Puspita Sari, Dokter Umum
dr. Felicia Puspita Sari

Agar Lebih Mudah Menyerap, Pilih Serum yang Bertekstur Cair

blank

Serum yang baik adalah yang mengandung bahan aktif bermolekul kecil dengan dosis tinggi, dan tidak memiliki bahan pengisi, emolien, atau pengental tambahan sehingga dapat menembus kulit hingga lapisan yang paling membutuhkan bantuan.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, utamakan memilih serum bertekstur cair (watery/gel-like) agar lebih mudah dan cepat terserap ke dalam kulit. Hindari serum yang bertekstur creamy/oily, karena akan sulit meresap ke kulit.

Serum merupakan sebuah produk perawatan kulit yang memiliki konsistensi watery atau gel-like ringan yang diformulasikan dengan konsentrasi zat aktif yang tinggi. Konsistensi serum yang baik mempermudah serum agar menyerap dengan cepat dan tidak meninggalkan lapisan lengket pada permukaan kulit Anda. Serum diaplikasikan pada wajah sebelum menggunakan produk yang memiliki konsistensi krim.

dr. Felicia Puspita Sari, Dokter Umum
dr. Felicia Puspita Sari

10 Rekomendasi Serum Penghilang Flek Hitam Terbaik

Di bagian ini, kami akan mengulas sederet produk penghilang flek hitam terbaik yang diproduksi beberapa merek terkenal. Apa saja?

Daftar produk rekomendasi berikut sepenuhnya hasil pilihan PickyBest, bukan dr. Felicia.

1. AVOSKIN Your Skin Bae Serum Alpha Arbutin 3% + Grapeseed

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Membantu mencerahkan dan melembapkan kulit wajah

Kami merekomendasikan serum penghilang flek hitam terbaik ini karena kaya akan antioksidan. Dengan begitu, kulit Anda menjadi lebih cerah dan tetap sehat. Perpaduan antara alpha arbutin dan grape seed-nya dapat menyamarkan bekas jerawat. Meskipun memiliki tekstur yang kental, produk ini mudah meresap dan tidak lengket sama sekali.

Pada pemakaian pertama, wajah akan terasa lembap dan tidak kusam lagi. Setelah pemakaian yang rutin, jerawat akan jarang muncul. Tidak ada wangi yang menyengat, produk ini cocok diaplikasikan pada kulit sensitif. Apabila Anda bingung menemukan serum yang efektif menghilangkan flek hitam, tidak ada salahnya mencoba serum ini.

Klaim manfaat Mencerahkan kulit serta memudarkan noda bekas jerawat
Jenis kulit Semua jenis kulit
Bahan pencerah Alpha-arbutin
Bahan aktif lainnya Glycerin dan vitis vinifera (grape) seed extract
Ukuran 30 mL
Kisaran harga Rp139.000

2. Some by Mi Yuja Niacin Blemish Care Serum

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Bebas pewangi buatan, aman untuk semua jenis kulit

Ingin dapatkan kulit wajah yang cerah merona? Anda bisa mencoba serum penghilang flek hitam terbaik dari Some by Mi. Ekstrak yuja di dalamnya dapat menutrisi dan melembapkan kulit. Selain itu, terdapat kandungan arbutin yang diklaim bisa melembutkan dan menyegarkan kulit.

Tidak hanya itu saja, pemakaian teratur juga bisa menenangkan dan memperbaiki kulit yang rusak. Bahkan, produk ini aman digunakan pada kulit sensitif karena bebas pewangi buatan. Teksturnya ringan, mudah meresap, dan tidak terasa berat maupun lengket.

Klaim manfaat Memudarkan bintik-bintik, noda hitam, dan pigmentasi
Jenis kulit Semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif
Bahan pencerah Goheung yuja extract, licorice root extract, glutathione, niacinamide, arbutin, dan sodium ascorbyl phosphate
Bahan aktif lainnya Beta-carotene, adenosine, tocopherol (vitamin E), dan panthenol
Ukuran 50 mL
Kisaran harga Rp494.643

3. Nutrishe Intensive Bright & Glow Serum

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Kulit terhidrasi dan glowing secara maksimal

Jika wajah Anda kusam, serum penghilang flek hitam terbaik dari Nutrishe ini bisa menjadi pilihan. Sebab, kandungan alpha arbutin-nya efektif mencerahkan kulit, meratakan warna kulit, sekaligus menyamarkan noda hitam. Terdapat pula ekstrak dari brown algae yang membuat kulit terhidrasi dan glowing.

Bisa disimpulkan, serum penghilang flek hitam ini dapat meningkatkan kualitas kulit lebih baik tanpa melakukan banyak rangkaian treatment. Untuk menenangkan jerawat, gunakan pada kulit pagi dan malam hari. Agar kinerjanya lebih maksimal, pakailah sunscreen sebagai skincare step yang terakhir.

Klaim manfaat Mencerahkan, menenangkan, menyamarkan bekas jerawat, memperkuat skin barrier, dan menghidrasi
Jenis kulit Semua jenis kulit, termasuk kulit berjerawat
Bahan pencerah Alpha-arbutin, cystoseira tamariscifolia (rainbow algae) extract, ascorbyl tetraisopalmitate, dan licorice root extract
Bahan aktif lainnya Lactobacillus ferment extract, centella asiatica extract, dipotassium glycyrrhizinate, glycerin, sodium PCA, sodium hyaluronate, dan allantoin
Ukuran 20 mL, 30 mL
Kisaran harga Rp117.000 – Rp169.000

4. Everwhite Chromabright Brightening Serum

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Banyak manfaat dalam satu produk serum

Produk rancangan Everwhite ini memiliki formula yang ringan dan mudah meresap ke dalam kulit. Dilengkapi dengan chroma bright, serum penghilang flek hitam terbaik ini diklaim mampu meredakan noda hitam dan bekas jerawat serta mencerahkan wajah. Kerutan dan garis halus pun dapat disamarkan.

Selain itu, bila digunakan secara rutin, kulit akan lembap, halus, dan kenyal. Belum berhenti, antioksidan di dalam serum ini juga turut merawat elastisitas kulit. Kualitasnya telah terjamin karena sudah teruji secara dermatologi.

Klaim manfaat Mencerahkan wajah dan menyamarkan noda hitam
Jenis kulit Kulit kusam, bekas jerawat
Bahan pencerah Niacinamide, dimethylmethoxy chromanyl palmitate (chromabright), ascorbyl glucoside (vitamin C), dan licorice (glycyrrhiza glabra) extract
Bahan aktif lainnya Sodium hyaluronate, allantoin, dan chamomilla recutita flower extract
Ukuran 15 mL
Kisaran harga Rp125.000

5. The Ordinary Alpha Arbutin 2% + HA

blank

Sumber: Deciem.com

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Kurangi kemerahan dan bekas jerawat tanpa timbulkan iritasi

Produk dari The Ordinary ini efektif dalam mengurangi tanda-tanda penuaan dan mengatasi warna kulit yang tidak rata. Produk ini bisa mengurangi kemerahan dan bekas jerawat tanpa menimbulkan iritasi. Jika Anda memiliki noda hitam di wajah akibat sinar matahari, sangat disarankan untuk mencobanya.

Selain itu, kandungan HA di dalamnya sangat bagus dalam menghidrasi kulit kering dan sensitif. Serum penghilang flek hitam terbaik ini membuat kulit bercahaya dan juga membantu mengatasi hiperpigmentasi. Kulit pun terlihat lebih cerah dan halus.

Klaim manfaat Mencerahkan, melembabkan, mengatasi bekas jerawat, flek dan pigmentasi
Jenis kulit Semua jenis kulit
Bahan pencerah Alpha-arbutin
Bahan aktif lainnya Sodium hyaluronate dan lactic acid
Ukuran 30 mL
Kisaran harga Rp165.000

6. Trueve Luminous Dark Spot Brightening Serum

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Perawatan kulit untuk skin barrier yang lebih kuat

Salah satu brand lainnya yang mengeluarkan produk serum penghilang flek hitam adalah Trueve. Sesuai namanya, selain efektif hilangkan noda hitam, produk ini bisa ratakan warna kulit Anda. Segera upgrade serum Anda dengan serum penghilang flek hitam terbaik ini agar skin barrier lebih kuat dan terawat.

Membantu kulit tetap lembap dan terhidrasi merupakan kelebihannya. Di samping itu, produk ini bisa mencegah eksem dan merawat kulit yang kasar maupun iritasi. Tidak perlu meragukan kualitasnya karena sudah memenuhi standar BPOM dan teruji secara dermatologi.

Klaim manfaat Menyamarkan noda hitam dan meratakan warna kulit
Jenis kulit Kulit berminyak, kulit kusam, dan noda hitam bekas jerawat
Bahan pencerah Niacinamide
Bahan aktif lainnya Marine collagen, ceramide-6, hyaluronic acid-10, dan 7 komponen NMF (natural moisturizing factor)
Ukuran 30 mL
Kisaran harga Rp157.000

7. Kiehl’s Clearly Corrective Dark Spot Solution

blank

Sumber: Kiehls.co.id

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Atasi bekas jerawat dan kemerahan tanpa rasa lengket

Jika Anda mencari serum dengan tekstur yang ringan, tidak lengket, dan mudah meresap, produk ini cocok untuk Anda. Serum penghilang flek hitam terbaik ini memiliki berbagai manfaat, seperti meratakan warna kulit, mengurangi bintik hitam dan bekas jerawat. Tersedia dalam tiga size, Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan.

Tidak usah ragu menggunakannya, karena telah diuji secara dermatologi dan cocok pada segala jenis kulit, termasuk yang sensitif. Selain mengatasi kemerahan, serum ini mampu mengurangi kemerahan. Hasilnya, kulit terlihat lebih cerah, bercahaya, dan tidak kusam.

Klaim manfaat Menyamarkan bintik hitam dan bekas luka jerawat, meratakan warna kulit
Jenis kulit Semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif
Bahan pencerah Activated C (3-o-ethyl ascorbic acid), white birch extract, dan peony extract
Bahan aktif lainnya Salicylic acid, tocopheryl acetate, tocopherol, dan adenosine
Ukuran 15 mL, 30 mL, 50 mL
Kisaran harga Rp500.000 – Rp1.260.000

8. ElsheSkin Radiant Skin Serum

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Rasakan efek glowing-nya dalam waktu 3 hari

Apakah Anda memerlukan produk serum yang bisa atasi masalah kulit seperti hiperpigmentasi dan warna kulit yang tidak rata? ElsheSkin telah menghadirkan produk yang tepat untuk Anda. Tak hanya itu, produk ini juga diklaim bisa mengatasi kulit kusam dan bintik hitam.

ElsheSkin mengklaim produknya bisa memberikan efek glowing dan mulus dalam waktu 3 hari. Kombinasi bahan aktifnya mampu memperkuat skin barrier dan menangkal radikal bebas. Serum penghilang flek hitam terbaik ini telah memenangkan banyak penghargaan sebagai Best Serum.

Klaim manfaat Mencerahkan kulit kusam, memudarkan flek bekas jerawat
Jenis kulit Semua jenis kulit, kulit kombinasi, kulit berminyak
Bahan pencerah Glutathione, niacinamide, arbutin, dan sodium ascorbyl phosphate
Bahan aktif lainnya Vitis vinifera (grape) seed extract, sodium hyaluronate, citric acid, tocopherol dan tocopheryl acetate
Ukuran 15 mL, 30 mL
Kisaran harga Rp115.000 – Rp189.000

9. Somethinc Dark Spot Reducer Ampoule

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Tingkat pH-nya setara kulit normal sehingga aman digunakan

Salah satu merek skincare yang terkenal ini telah merancang serum yang aman diaplikasikan setiap hari. Dirancang dengan zat aktif di dalamnya, produk dari Somethinc ini memberikan efek double brightening sehingga kulit lebih cerah tanpa alami iritasi. Menariknya, serum penghilang flek hitam terbaik ini juga bisa menyamarkan dark circles.

Salah satu komponen di dalamnya adalah panthenol yang efektif dalam menjaga kelembapan kulit serta menghaluskan kulit. Serum ini tidak hanya memperbaiki tampilan warna kulit tetapi juga memperbaiki tekstur kulit. Karena kadar pH-nya setara dengan kulit normal, Anda bisa menggunakannya untuk kulit sensitif.

Klaim manfaat Mengoreksi bintik hitam dan hiperpigmentasi
Jenis kulit Acne prone skin
Bahan pencerah Tranexamoyl dipeptide-23
Bahan aktif lainnya D-panthenol, oligopeptide-2, sodium hyaluronate, dan tocopherol
Ukuran 20 mL
Kisaran harga Rp129.000

10. AXIS-Y Dark Spot Correcting Glow Serum

blank

Sumber: Axis-y.com

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Serum yang memberikan banyak manfaat

Serum dengan kandungan niacinamide ini dapat mengatasi bintik hitam dan warna kulit yang tidak rata. Dengan bantuan dari squalane-nya, serum penghilang flek hitam terbaik ini dapat menjaga kelembapan kulit agar tampak sehat dan bercahaya. Teksturnya ringan dan memberikan efek hidrasi yang cukup baik.

Terbuat dari bahan alami yang kaya nutrisi, produk ini menjaga kulit tetap muda dengan melawan radikal bebas. Paparan sinar matahari bisa menimbulkan kerusakan pada kulit dan munculnya dark circles. Jika Anda juga mengalaminya, gunakan produk ini untuk mengatasinya.

Klaim manfaat Mengoreksi bintik hitam dan memperbaiki warna kulit tidak merata
Jenis kulit Semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif dan rentan berjerawat
Bahan pencerah Niacinamide, sea buckthorn fruit extract, papaya fruit extract, rice bran extract, dan glutathione
Bahan aktif lainnya Sodium hyaluronate, squalane, allantoin, dan calendula officinalis flower extract
Ukuran 50 mL
Kisaran harga Rp259.000

Tabel Perbandingan Serum Penghilang Flek Hitam Terbaik

Produk AVOSKIN Your Skin Bae Serum Alpha Arbutin 3%   + Grapeseed Some by Mi Yuja Niacin Blemish Care Serum Nutrishe Intensive Bright & Glow Serum Everwhite Chromabright Brightening Serum The Ordinary Alpha Arbutin 2% + HA Trueve Luminous Dark Spot Brightening Serum Kiehl’s Clearly Corrective Dark Spot Solution ElsheSkin Radiant Skin Serum Somethinc Dark Spot Reducer Ampoule AXIS-Y Dark Spot Correcting Glow Serum
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Klaim manfaat Mencerahkan kulit serta memudarkan noda bekas jerawat Memudarkan bintik-bintik, noda hitam, dan pigmentasi Mencerahkan, menenangkan, menyamarkan bekas jerawat, memperkuat skin   barrier, dan menghidrasi Mencerahkan wajah dan menyamarkan noda hitam Mencerahkan, melembabkan, mengatasi bekas jerawat, flek dan pigmentasi Menyamarkan noda hitam dan meratakan warna kulit Menyamarkan bintik hitam dan bekas luka jerawat, meratakan warna kulit Mencerahkan kulit kusam, memudarkan flek bekas jerawat Mengoreksi bintik hitam dan hiperpigmentasi Mengoreksi bintik hitam dan memperbaiki warna kulit tidak merata
Jenis kulit Semua jenis kulit Semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif Semua jenis kulit, termasuk kulit berjerawat Kulit kusam, bekas jerawat Semua jenis kulit Kulit berminyak, kulit kusam, dan noda hitam bekas jerawat Semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif Semua jenis kulit, kulit kombinasi, kulit berminyak Acne prone skin Semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif dan rentan berjerawat
Bahan pencerah Alpha-arbutin Goheung yuja extract, licorice root extract, glutathione, niacinamide,   arbutin, dan sodium ascorbyl phosphate Alpha-arbutin, cystoseira tamariscifolia (rainbow algae) extract,   ascorbyl tetraisopalmitate, dan licorice root extract Niacinamide, dimethylmethoxy chromanyl palmitate (chromabright), ascorbyl   glucoside (vitamin C), dan licorice (glycyrrhiza glabra) extract Alpha-arbutin Niacinamide Activated C (3-o-ethyl ascorbic acid), white birch extract, dan peony   extract Glutathione, niacinamide, arbutin, dan sodium ascorbyl phosphate Tranexamoyl dipeptide-23 Niacinamide, sea buckthorn fruit extract, papaya fruit extract, rice bran   extract, dan glutathione
Bahan aktif lainnya Glycerin dan vitis vinifera (grape) seed extract Beta-carotene, adenosine, tocopherol (vitamin E), dan panthenol Lactobacillus ferment extract, centella asiatica extract, dipotassium   glycyrrhizinate, glycerin, sodium PCA, sodium hyaluronate, dan allantoin Sodium hyaluronate, allantoin, dan chamomilla recutita flower extract Sodium hyaluronate dan lactic acid Marine collagen, ceramide-6, hyaluronic acid-10, dan 7 komponen NMF   (natural moisturizing factor) Salicylic acid, tocopheryl acetate, tocopherol, dan adenosine Vitis vinifera (grape) seed extract, sodium hyaluronate, citric acid,   tocopherol dan tocopheryl acetate D-panthenol, oligopeptide-2, sodium hyaluronate, dan tocopherol Sodium hyaluronate, squalane, allantoin, dan calendula officinalis flower   extract
Ukuran 30 mL 50 mL 20 mL, 30 mL 15 mL 30 mL 30 mL 15 mL, 30 mL, 50 mL 15 mL, 30 mL 20 mL 50 mL
Kisaran harga Rp139.000 Rp494.643 Rp117.000 – Rp169.000 Rp125.000 Rp165.000 Rp157.000 Rp500.000 – Rp1.260.000 Rp115.000 – Rp189.000 Rp129.000 Rp259.000
Periksa ketersediaan Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli

Informasi Pendukung, Tip, dan Saran dari dr. Felicia Puspita Sari

blank

Cara menggunakan serum yang tepat ke kulit wajah

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan apabila akan menggunakan serum:

  • Pilihlah serum berdasarkan jenis kulit dan permasalahan kulit Anda.
  • Karena serum mengandung konsentrasi zat aktif yang tinggi, dianjurkan untuk menggunakan sebanyak 2-3 tetes dalam satu kali pemakaian.
  • Gunakan serum sesuai dengan petunjuk penggunaan yang terdapat pada kemasan produk.
  • Pastikan untuk menggunakan serum ketika wajah bersih/setelah mencuci wajah agar serum dapat terserap dengan baik.
  • Gunakan serum sebelum menggunakan produk dengan konsistensi yang lebih padat seperti krim.
  • Setelah menggunakan serum, tunggu beberapa saat hingga produk terserap dengan baik sebelum menggunakan produk yang lainnya.

Treatment tambahan untuk membantu menghilangkan flek hitam

Flek hitam pada dasarnya bukan sesuatu yang berbahaya sehingga tidak memerlukan perawatan khusus. Namun, beberapa orang mungkin ingin menghilangkan flek hitam ini untuk alasan kosmetik.

Selain menggunakan serum, di bawah ini terdapat beberapa treatment lain yang sering digunakan untuk memudarkan flek hitam, misalnya laser treatment, microdermabrasion, dan chemical peels.

Gaya hidup yang bisa diterapkan untuk mencegah kemunculan flek hitam

Selain menggunakan serum dan berbagai treatment untuk membantu memudarkan flek hitam, Anda juga perlu mengurangi salah satu penyebab utama flek hitam yaitu paparan sinar matahari atau sinar UV.

Beberapa caranya adalah:

  • Anda dianjurkan menggunakan sunscreen setiap hari.
  • Hindari beraktivitas di luar ruangan pada pukul 10 pagi hingga sekitar 4 sore.
  • Apabila beraktivitas di luar ruangan, gunakan pakaian, topi atau kacamata yang dapat membantu mengurangi paparan sinar matahari pada kulit.

Yuk, cek produk penghilang flek hitam dari PickyBest lainnya!

Kesimpulan

Terpapar sinar matahari dan polusi terlalu lama bisa menyebabkan munculnya flek hitam pada wajah. Membersihkan wajah menggunakan produk face wash saja. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menggunakan serum penghilang flek hitam terbaik.

Kami telah mengulas beberapa produk serum penghilang flek hitam terbaik dari berbagai merek. Serum tersebut umumnya mengandung bahan aktif yang bisa mengatasi flek hitam sekaligus meratakan warna kulit dan meningkatkan elastisitas kulit. Dari berbagai produk yang telah diulas, adakah produk yang paling pas dengan Anda?

You may also like

Comments are closed.