Written by 21:15 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Obat Sakit Perut Terbaik

Obat sakit perut paling sering digunakan untuk meredakan gejala sakit perut seperti rasa mulas, perut melilit, dan perut perih.  Setiap jenis obat bekerja menyelesaikan gejala berdasarkan penyebabnya, mulai dari faktor umum seperti makan dan minum berlebihan, sakit perut karena infeksi bakteri, asam lambung, sampai sakit perut akibat stres.

Sediaan obat sakit perut di pasaran bukan hanya berjenis obat farmasi, melainkan ada pula obat-obatan tradisional yang menggunakan tumbuhan alam. Famocid, Mylanta, dan puyer Tay Pin San adalah beberapa contoh obat sakit perut yang umum dikonsumsi. Sebaiknya Anda tidak asal memilih obat sakit perut. Maka itu, kami akan memandu Anda menemukan obat yang tepat untuk mengatasi sakit perut di artikel ini. Selamat membaca!

Cara Memilih Obat Sakit Perut

Obat sakit perut dibedakan menjadi beberapa jenis, seperti antasida yang menetralkan lambung, digestiva untuk pemeliharaan fungsi sistem cerna, atau antidiare dengan kinerja langsung membasmi bakteri dan patogen lainnya. Beberapa jenis obat beroperasi menangani asam lambung berlebih semisal antagonis reseptor H2 (H2 receptor blocker) .

Karena terlalu banyak jenis obat, Anda mungkin tidak tahu harus memilih yang mana. Oleh sebab itu, kami akan memaparkan poin-poin pemilihan yang mesti Anda ingat saat memilih obat sakit perut. Simak ulasannya berikut ini, ya!

Pilih Obat berdasarkan Penyebab Timbulnya Sakit Perut

Sakit perut terjadi karena satu dan lain alasan. Sembelit, menstruasi, kelebihan asam lambung, gangguan pencernaan, infeksi bakteri, diare, hingga stres menjadi faktor-faktor pendorong sakit perut. Sebaiknya Anda memilih obat berdasarkan pemicu terjadinya sakit perut.

Sakit Perut karena Sembelit: Pilihlah Obat Pencahar untuk Mengencerkan Feses

Minimnya asupan serat sering kali menyebabkan sembelit. Anda yang tidak suka atau jarang konsumsi buah dan sayur lebih mungkin mengalami sakit perut karena sembelit. Hal ini dikarenakan feses keras sehingga sulit dikeluarkan yang kemudian mengakibatkan perut terasa penuh, kram, dan mulas ingin buang air besar, namun sulit dikeluarkan.

Untuk mengatasi sakit perut yang disebabkan oleh sembelit, Anda perlu mencari obat pencahar. Obat jenis ini akan melunakkan feses dengan menjaga cairan di dalam feses agar lebih mudah dikeluarkan. Obat pencahar pelunak feses tipe osmotik juga direkomendasikan bagi di mana cara kerjanya adalah meningkatkan jumlah cairan di dalam perut sehingga feses menjadi lembut dan mudah dikeluarkan.

Beberapa obat pencahar yang umum diresepkan antara lain methylcellulose, ispaghula, dan sterculia. Sementara itu, obat pencahar osmotik yang biasa diresepkan adalah laktulosa dan macrogol. Jika Anda perlu mengonsumsi obat sakit perut berjenis pencahar, sebaiknya hindari meminum obat di malam hari atau ketika menjelang tidur.

Sakit Perut karena Haid: Pilihlah Obat untuk Membantu Redakan Nyeri

Perut mulas dan kram kerap menyertai para wanita saat terjadi menstruasi atau haid. Kondisi ini terjadi akibat tubuh memproduksi hormon prostaglandin yang merangsang dinding otot rahim berkontraksi untuk meluruhkan sel telur agar dikeluarkan oleh tubuh. Meski tidak bisa dihindari, rasa sakit perut yang muncul dapat dikurangi pada hari pertama dan kedua.

Selain melakukan kompres hangat di area perut, Anda bisa mengonsumsi obat sakit perut yang dikhususkan meredakan nyeri, seperti parasetamol, aspirin, dan ibuprofen. Sebagai permulaan, minumlah parasetamol terlebih dulu, lalu ganti ibuprofen atau aspirin semisal tidak ada perubahan. Jika belum berhasil mengurangi nyeri perut, Anda perlu konsultasi ke dokter. Umunya dokter meresepkan obat pereda nyeri lebih kuat seperti naproxen.

Obat sakit perut yang bekerja khusus mengatasi nyeri haid harus dikonsumsi sesuai aturan. Aspirin misalnya, obat ini tidak boleh dikonsumsi oleh anak berusia kurang dari 16 tahun. Sementara itu, aspirin dan ibuprofen tidak boleh digunakan jangka panjang karena dapat menyebabkan masalah hati, ginjal, lambung, dan asma.

Sakit Perut karena Asam Lambung Naik: Pilihlah Obat yang Mengatasi Perut Kembung atau Menurunkan Produksi Asam

Lambung adalah organ penghasil asam klorida yang diperlukan tubuh untuk memecah makanan dan melindungi organ tubuh dari serangan patogen, misalnya bakteri dari makanan atau minuman. Sayangnya, asam lambung bisa membahayakan ketika produksinya terlalu tinggi. Jumlah asam lambung berlebih akan menimbulkan masalah pencernaan, seperti perut kembung atau penuh, melilit, dan perih.

Salah satu gejala asam lambung naik adalah Anda terus bersendawa. Pada kasus lain, asam lambung naik ke kerongkongan di mana otot cincin lambung (sfingter) tidak sanggup mengembalikan asam ke perut. Kondisi tersebut menimbulkan sensasi panas di dada dan tenggorokan yang biasa disebut heartburn.

Untuk mengatasi perut kembung, Anda dapat memilih obat-obatan yang mengurangi gas,  misalnya simetikon. Lalu, untuk membantu menurunkan produksi asam lambung, gunakanlah obat antagonis reseptor H2 yang bertindak sebagai blockers, contohnya famotidine, cimetidine, ranitidine, dan nizatidine yang dijual bebas. Tersedia juga obat jenis proton pump inhibitor seperti omeprazole dan lansoprazole yang dapat mengurangi produksi asam.

Sakit Perut karena Lemahnya Otot Saluran Cerna: Pilihlah Obat yang Menstimulasi Gerakan Otot

Bagi Anda yang mengalami gejala mirip sembelit, yakni susah buang air besar, waspadalah terhadap penyebab lain seperti melemahnya kontraksi otot pada saluran cerna. Sakit perut yang terjadi akibat lemahnya otot di sekitar anus tidak mampu mengeluarkan feses dengan lancar, meskipun kondisi feses lembut alias tidak keras.

Untuk menanggulangi kondisi ini, Anda dapat meinum obat pencahar yang mekanisme kerjanya adalah dengan merangsang otot pada saluran pencernaan dan sekitar anus. Pencahar stimulan yang dapat diandalkan antara lain bisacodyl, senna, dan natrium picosulphate. Obat pencahar ini akan mulai dirasakan efeknya oleh Anda dalam waktu 6 – 12 jam.

Sakit Perut karena Infeksi Bakteri: Pilihlah Obat yang Menetralkan, Mengurangi, atau Menghambat Produksi Asam Lambung

Hal lain yang memicu timbulnya sakit perut adalah infeksi bakteri Helicobacter pylori. Serangan bakteri H. pylori akan menyebabkan asam lambung meningkat. Pada tahap-tahap awal, Anda bisa mengatasi kondisi ini dengan meminum obat penetral asam lambung berjenis antasida.

Obat-obatan yang menghalangi reseptor histamin di perut seperti asam blocker atau histamin (H2) blockers dapat pula digunakan, misalnya ranitidine, nizatidine, famotidine, dan cimetidine. Adapun jenis obat lain berupa agen sitoprotektif diberikan dokter untuk membantu Anda menangani infeksi H. pylori, misalnya sucralfate atau bismuth subsalicylate.

Apabila obat generik atau obat tradisional yang bisa diminum tanpa resep tidak berefek signifikan, segeralah konsultasikan kondisi Anda ke dokter. Dengan begitu, Anda memperoleh penanganan dini sekaligus mencegah infeksi pada lambung semakin bertambah buruk.

Sakit Perut karena Diare: Pilihlah Obat Generik atau Obat Khusus Antidiare

Selain sembelit, penyebab sakit perut umum lainnya adalah diare. Bermaam hal menyebabkan diare, namun paling umum dikarenakan infeksi bakteri yang Anda terima dari makanan. Ketika diare, feses menjadi sangat lembek, bahkan encer. Beberapa orang bahkan mengalami mencret yang membuatnya harus BAB lebih sering dalam sehari.

Pada kasus ringan, diare tidak perlu diobati dengan obat-obatan khusus karena akan pulih dengan sendirinya. Akan tetapi, jika Anda mengalami diare disertai gejala sakit kepala, nafsu makan menurun, tubuh lemas, dan perut mual, segeralah ambil obat khusus antidiare untuk membantu Anda merasa lebih baik. Beberapa pilihan obat yang dianjurkan adalah loperamide (imodium) dan bismuth subsalicylate.

Sementara, ketika diare yang Anda alami frekuensinya mulai tidak wajar, bahkan disertai feses bercampur darah, menyegarakan diri untuk konsultasi ke dokter adalah keharusan. Langkah ini juga perlu dilakukan apabila setelah 2 hari mengonsumsi obat antidiare Anda tidak merasakan perubahan.

Sakit Perut karena Stres: Gunakanlah Obat Herbal Cina atau Obat Khusus dari Dokter

Ada sederet faktor penyebab sakit perut yang jarang disadari orang, misalnya cuaca stres dan cemas. Ketika otak mengalami stres, tubuh memproduksi hormon kortisol yang memicu peningkatan asam lambung. Itulah mengapa, emosi yang Anda alami memiliki pengaruh terhadap kesehatan tubuh, termasuk sistem pencernaan.

Perasaan cemas dan takut juga memungkinkan terjadinya sakit perut. Beberapa orang dengan demam panggung mungkin mengalami keinginan besar untuk buang air besar ketika dilanda kecemasan untuk tampil di depan banyak orang. Tentunya, untuk mengatasi kondisi ini, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengontrol pikiran agar tidak stres dan cemas.

Anda bisa mengambil obat dengan efek samping minimal seperti traditional Chinese medicine (TCM). Obat herbal mengandung banyak bahan aktif yang berguna untuk menstabilkan pikiran, meredakan cemas dan stres, sekaligus mengurangi sakit perut. Bila stres yang menimpa Anda termasuk parah, obat antidepresan trisiklik atau serotonin-nonepinepherin reuptake inhibitors mungkin akan diresepkan dokter kepada Anda.

Sediakan pula Obat yang Bisa Diminum Tanpa Air

Kapan pun dan di mana pun, sakit perut dapat menyerang Anda tanpa mengenal kondisi. Oleh karena itu, akan lebih baik menyediakan obat sakit perut di dalam tas Anda. Obat yang bisa diminum tanpa air dapat Anda pilih karena praktis dikonsumsi saat waktu-waktu genting.

Cara meminum obat ini layaknya mengemut permen atau mengonsumsi troche. Di Indoneisa, beberapa produsen mengeluarkan obat sakit perut yang dapat diminum tanpa bantuan air. Anda yang kesehariannya cukup padat perlu menyimpan obat ini di saku celana atau meja kerja. Jadi, ketika Anda diterpa sakit perut mendadak, Anda bisa segera mengonsumsinya.

Untuk Stok di Rumah, Pastikan Obat Aman Dikonsumsi Mulai Usia Anak

Jika Anda adalah orang yang memperhatikan kesehatan keluarga, tentu sangat disarankan untuk menyediakan obat-obatan di kotak P3K. Selain menyimpan obat-obat untuk penyakit umum seperti demam dan batuk, sebaiknya Anda siapkan juga obat sakit perut di kotak obat di rumah.

Namun, pastikan obat tersebut bisa digunakan seluruh anggota keluarga Anda, termasuk dikonsumsi oleh anak-anak. Pada obat sakit perut rekomendasi kami di bawah, sebagian besar memiliki cakupan usia pengguna mulai anak-anak usia 3 hingga 6 tahun ke atas.

10 Rekomendasi Obat Sakit Perut Terbaik

Setelah memaparkan poin-poin pemiihan obat, kami harap Anda tidak bingung lagi menentukan obat sakit perut sesuai dengan kondisi yang Anda alami. Selanjutnya, sepuluh obat sakit perut terbaik menanti Anda. Pilihlah obat berdasarkan jenis, kemudahan konsumsi, dan khasiat utamanya, ya!

1. Alka-Seltzer Original Lemon Flavour

Obat untuk mengatasi perut kembung dengan rasa lemon yang nikmat

Makan dan minum secara berlebihan berisiko menyebabkan sakit perut. Anda bisa mengandalkan Alka-Seltzer Original untuk meredakan sakit perut dan gangguan pencernaan. Di samping peranannya sebagai analgesik, obat dengan cita rasa lemon menyegarkan ini juga akan menurunkan produksi asam lambung melalui kombinasi asam sitrat anhidrida, natrium bikarbonat, dan aspirinnya.

Hadir dalam sediaan tablet effervescent, obat ini perlu dilarutkan bersama air. Mulai dari anak-anak usia 12 tahun hingga orang dewasa usia 60 tahun ke atas bisa mengonsumsi obat ini. Walau menyuguhkan cita rasa lemon, Alka-Seltzer tidak akan menambah jumlah asam pada lambung. Produk keluaran Bayer ini tidak boleh digunakan bersamaan obat penurun asam urat dan kencing manis.

Khasiat Meringankan gangguan pencernaan dan asam lambung disertai sakit kepala, pegal-pegal dan nyeri
Jenis Antasida dan analgesik
Komposisi Asam sitrat anhidrida, aspirin, natrium bikarbonat
Target usia Dewasa dan anak-anak usia 12 tahun ke atas
Bentuk Tablet effervescent
Isi 20 butir
Kisaran harga Rp140.000

2. Po Chai Pills

Bantu atasi sakit perut dan redakan mual saat bepergian

Ramuan herbal dari Shing Tong ini telah memperoleh izin edar oleh BPOM. Kandungannya teruji aman untuk meredakan sakit perut. Anda yang saat ini mengalami diare bisa mengonsumsi Po Chai Pills untuk mengatasinya. Selain ampuh mengobati sakit perut, obat tradisional Cina ini dapat pula menghilangkan mual dan menurunkan demam.

Sewaktu bepergian, bawalah obat ini untuk disimpan di dalam tas. Pasalnya, Po Chai Pills dapat menjadi first rescue ketika Anda mengalami mabuk perjalanan. Wujud pil-pil berukuran kecil dari obat ini disimpan ke dalam tabung yang merupakan dosis sekali minum. Tidak hanya ideal diminum oleh orang dewasa, Po Chai Pills dapat pula Anda berikan kepada anak untuk turunkan panas atau redakan mual saat di perjalanan.

Khasiat Meredakan sakit perut, rasa mual, dan demam
Jenis Obat herbal Cina
Komposisi Poria, cortex magnoliae offticinalis, radix aucklandiae, massa medicata fermentata, dll
Target usia Dewasa dan anak-anak
Bentuk Pil kecil
Isi 10 tabung
Kisaran harga Rp65.000

3. Ya-Hom Powder Five Pagodas Brand

Peredarannya sudah mencapai Singapura, Thailand, Vietnam, dan Malaysia

Di Indonesia, obat tradisional Cina sediaan bubuk ini begitu tersohor. Menggunakan ramuan herbal autentik langsung dari Cina, Ya-Hom Powder Five Pagodas Brand berkhasiat ampuh mengatasi masalah perut kembung, masuk angin, dan gangguan pencernaan lain.

Apabila Anda ingin menurunkan frekuensi BAB, puyer beraroma harum ini sangat bisa Anda andalkan. Selain diminum, Ya-Hom Powder dapat dioleskan pada hidung untuk mengembalikan mood, menghilangkan rasa lelah, dan menjaga Anda terhindar dari mabuk darat maupun lautan.

Khasiat Mengurangi frekuensi BAB, memadatkan feses, meredakan masuk angin, mual, batuk, dan melegakan tenggorokan
Jenis Obat herbal Cina
Komposisi Agastache radix, acori graminei rhizoma, cissus folium, citri nobilis cortex, magnoliae officinalis cortex, dll
Target usia Dewasa dan anak-anak
Bentuk Serbuk (puyer)
Isi 25 g
Kisaran harga Rp36.000

4. Mylanta Tablet

Solusi utama untuk mengatasi sakit perut karena asam lambung

Mylanta adalah merek obat untuk meringankan gejala kelebihan asam lambung. Kami merekomendasikan bentuk tablet untuk Anda yang kurang suka dengan varian cairnya. Produk sediaan tablet kunyah bercita rasa mint ini pasti bakal Anda suka. Bahkan, anak-anak yang sulit minum obat takkan keberatan sewaktu diberikan Mylanta Tablet.

Nyeri ulu hati dan nyeri lambung termasuk kondisi yang mampu ditangani dengan baik olehnya. Bagi Anda yang memiliki riwayat sakit mag, Mylanta Tablet perlu distok di rumah ataupun menjadi teman beraktivitas harian. Jadi, ketika mag Anda kambuh, bersegeralah menguyah obat ini. Gabungan magnesium hidroksida dan aluminium hidroksidanya akan menetralkan asam lambung dengan cepat.

Khasiat Mengurangi gejala kelebihan asam lambung, gastritis, tukak lambung, tukak usus, mual, nyeri lambung, dan nyeri ulu hati
Jenis Antasida
Komposisi Aluminium hidroksida, magnesium hidroksida, simetikon
Target usia Dewasa dan anak-anak usia 6 tahun ke atas
Bentuk Tablet
Isi 10 butir
Kisaran harga Rp8.590

5. Cap Kupu Puyer Sakit Perut Tay Pin San

Hentikan diare berlebih dengan bantuan ekstraksi bahan alami

Saat tertimpa perut kembung dan begah, Anda bisa menyeduh Tay Pin San Puyer sebagai pertolongan pertama. Hanya dengan menyeduhnya pada 100 ml air hangat, obat herbal Cina yang menyimpan bermacam ekstrak tumbuhan herbal alami ini akan mengurangi sakit perut karena konsumsi makanan secara berlebihan.

Selain dipasarkan dengan harga ekonomis, obat tradisional berkemasan biru yang khas ini mudah dijumpai di warung-warung kecil. Berkat Viticis cannabifoliae fructus di dalamnya, anak-anak yang mengalami demam akan menerima efek antipiretik yang efektif menurunkan demam tinggi. Tka hanya itu, Tay Pin San Puyer juga mengantongi Elosholtziae herba yang akan mengurangi frekuensi BAB terus-menerus.

Khasiat Meredakan sakit perut, perut kembung, dan mengurangi frekuensi diare
Jenis Obat herbal Cina
Komposisi Viticis canabifolia fructus, alpinia officinarum rhizoma, pogostemon cablin herba, mentha arvenis herba, dll
Target usia Dewasa dan anak-anak
Bentuk Serbuk (puyer)
Isi 12 sachet
Kisaran harga Rp35.000

6. Huo Xiang Zheng Qi Kuo Fu Ye

Kaya akan khasiat untuk mengobati gangguan pencernaan dan masuk angin

Produk yang dahulunya bernama “Xin Jvn Shan ini” ini mengandung formula yang teruji klinis ampuh mengatasi berbagai gangguan pencernaan (gastrointestinal). Tak hanya itu, Huo Xia Zheng Qi Kuo Fu Ye bisa pula Anda minum untuk mengatasi masuk angin disertai gejala demam, meriang, pusing, dan sesak dada.

Saat nafsu makan hilang, kandungan Magnoliae officinalis cortex-nya akan membuat semangat makan Anda kembali. Sementara ketika masuk angin menyerang, obat ini dibekali Perillae frustescentis folium yang akan meredakan masuk angin sekaligus gejala yang menyertai, seperti flu, batuk, hidung tersumbat, dan sakit kepala.

Khasiat Mengatasi perut kembung, mual, muntah, dan mengobati gejala masuk angin
Jenis Obat herbal Cina
Komposisi Citri reticulatae pericarpium, magnoliae officinalis cortex, angelicae dahuricae radix, arecae catechu pericarpium, dll
Target usia Tidak ada keterangan
Bentuk Cair
Isi 5 botol @10 ml
Kisaran harga Rp65.000

7. Vitazym

Secara khusus bekerja memperbaiki metabolisme tubuh

Suplemen Vitazym direkomendasikan kepada Anda yang memerlukan terapi vitamin B kompleks. Sesuai namanya, produk ini mengantongi vitamin  dan enzim yang berfungsi untuk mengatasi berbagai efek dari terganggunya sistem cerna, seperti perut kembung, sering buang angin, sering bersendawa, dan konstipasi.

Vitazym tidak sekadar dianjurkan untuk orang yang memiliki keluhan-keluhan terkait sistem pencernaan, tetapi anak-anak yang mengalami penurunan nafsu makan juga dapat diberikan suplemen ini. Walaupun tidak ada kontraindikasi khusus, pasien diabetes sebaiknya meminta saran dokter terlebih dulu untuk menghindari efek negatif yang mungkin ditimbulkan.

Khasiat Membantu memelihara kesehatan pencernaan
Jenis Digestiva
Komposisi Enzyme blend (amylase, protease, dan lipase), deoxycholic acid, dimethylpolysiloxane, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, dll
Target usia Dewasa dan anak-anak
Bentuk Tablet salut enterik
Isi 100 butir
Kisaran harga Rp156.000

8. Neo Kaolana Sirup

Hentikan diare dengan mekanisme pemadatan feses

Produk berbentuk suspensi ini digolongkan sebagai obat antidiare. Di dalamnya tertera zat aktif kaolin dan pektin dengan peranan baik meghilangkan gejala diare tidak spesifik. Sewaktu diminum, kombinasi zat aktif pada Neo Kaolana akan menyerap toksin baik berwujud gas atau bahan beracun lain yang membuat frekuensi buang air besar tidak normal.

Obat farmasi persembahan Sanbe Farma ini dapat Anda temukan di apotek tanpa memerlukan resep dokter. Neo Kaolana sudah boleh digunakan oleh anak sejak usia 6 tahun dengan dosis 1 sendok takar sesudah BAB. Sementara untuk orang dewasa dan anak usia 12 tahun ke atas, dosis konsumsi sirup ini 2 sendok takar sesudah BAB.

Khasiat Mengatasi diare tidak spesifik
Jenis Antidiare
Komposisi Kaolin, pektin
Target usia Dewasa dan anak-anak usia di atas 6 tahun
Bentuk Sirop
Isi 120 ml
Kisaran harga Rp21.000

9. Famocid

Ahlinya mencegah masalah lambung seperti GERD dan esofagitis

Sanbe Farma menyediakan obat sakit perut dalam bentuk tablet salut untuk Anda yang menderita gejala gastroesophageal refluex disease (GERD). Produk ini dirancang khusus untuk mengatasi gangguan asam lambung. Berbeda dengan Neo Kaolana, untuk obat ini hanya bisa Anda gunakan setelah memperoleh resep langsung dari dokter.

Famocid mengandung komponen famotidine sebagai H2 blocker receptor yang akan mengurangi jumlah asam lambung. Dengan cara kerja tersebut, Anda pun merasakan kenyamanan karena terhindar dari heartburn, reflux, perut mulas, atau gejala terkait lain yang mengindikasikan terlalu banyak asam di perut (pencernaan asam).

Khasiat Mengobati perut mulas, mengatasi gejala yang disebabkan terlalu banyak asam di perut
Jenis Antasida, antirefluks, antiulserasi, H2 blocker
Komposisi Famotidine
Target usia Dewasa
Bentuk Tablet
Isi 5 strip @6 butir
Kisaran harga Rp43.500

10. Promag Gazero Herbal

Bereaksi cepat mengatasi perut kembung dan begah

Promag Gazero Herbal mengandung 8 bahan herbal yang mujarab untuk meredakan gangguan lambung. Cukup meminumnya 3 kali sehari per sachet setiap kali konsumsi menggunakan air hangat, komposisinya akan membuat perut hangat. Tak lama berselang, kinerjanya akan terasa, perut kembung dan begah serta rasa perih di ulu hati akan hilang.

Karena berbentuk cair, produk ini sangat praktis dikonsumsi. Rasanya pun enak berkat perpaduan royal jelly, mint, dan madunya. Akan tetapi bagi Anda yang kurang suka mengonsumsi secara langsung, Promag Gazero Herbal dapat pula dinikmati bersama air hangat.

Khasiat Mengobati perut kembung dan begah
Jenis Obat herbal
Komposisi Ekstrak kunyit, jahe merah, akar manis, adas, daun mint, nanas, madu, dan royal jelly
Target usia Dewasa dan anak-anak
Bentuk Cair
Isi 6 sachet @10 ml
Kisaran harga Rp17.250

Lihat juga rekomendasi obat sembelit dan obat diare terbaik di sini!

Gangguan perut ada banyak macamnya. Namun, sembelit dan diare merupakan kondisi paling umum yang sering menimpa orang. Jika Anda memerlukan obat khusus untuk mengatasi sembelit dan diare, melalui dua artikel berikut kami merekomendasikan produk obat yang mengatasi sembelit dan diare seusia gejala.

Jangan biarkan sembelit dan diare mengganggu rutinitas Anda. Bersegeralah mengambil obat untuk mengatasi dua kondisi tersebut. Baik sediaan tablet, sirop, dan emulsi telah kami siapkan untuk Anda pilih sesuai kebutuhan. Selengkapnya dapat Anda baca pada post di bawah.

10 Rekomendasi Obat Sembelit (Konstipasi) Terbaik
10 Rekomendasi Obat Diare (Mencret) Terbaik

Kesimpulan

Menyetok obat sakit perut di rumah, kantong celana, atau meja kantor dapat membant Anda meredakan gejala yang muncul tiba-tiba. Sepuluh obat sakit perut terbaik telah kami rekomendasikan, Anda bisa menggunakannya untuk mengatasi sakit perut akibat gangguan pencernaan, infeksi bakteri, hingga pikiran stres.

Perhatikanlah efek samping obat yang Anda pilih, terutama perihal kontraindikasi obat. Bila Anda menginginkan efek samping minimal, obat herbal Cina yang tersertifikasi aman oleh BPOM juga mudah dijumpai di pasaran. Semoga dengan menyegerakan konsumsi obat, sakit perut yang Anda rasakan mereda dalam waktu singkat.

(Visited 1.055 times, 4 visits today)