Written by 00:34 Kesehatan & Kecantikan

10 Rekomendasi Obat Sembelit Terbaik untuk Dewasa dan Anak

Dulcolax Bisacodyl

Selain memperbanyak konsumsi cairan dan makanan berserat, sembelit bisa dipulihkan dengan obat-obatan. Tersedia banyak pilihan obat sembelit berbagai merek di pasaran. Kondisi yang juga dikenal konstipasi ini bisa menimpa setiap orang, baik usia anak maupun usia dewasa. Pastikan Anda mengonsumsi obat sesuai kondisi dan cakupan usia yang tercantum di tabel dosis pada kemasan.

Selain itu, masih ada poin-poin yang penting diperhatikan lain sebelum meminum obat untuk menyembuhkan sembelit. Selengkapnya akan kami bahas di artikel ini, mulai dari cara memilih obat berikut pilihan obat sembelit terbaik merek Dulcolax, Senokot, Microlax, dan lainnya. Sebelum melihat tips dan list rekomendasinya, pahami dulu mengapa sembelit terjadi. Selamat membaca!

Apa yang Menyebabkan Kondisi Sembelit?

Apa yang Menyebabkan Kondisi Sembelit

Sembelit terjadi ketika pergerakan usus menurun dan berujung pada kesulitan buang air besar. Beberapa gejala dan tanda sembelit selain sulit BAB antara lain

  • Feses kering dan terasa padat
  • Buang air terasa susah
  • Intensitas BAB tidak sampai 3 kali per minggu
  • Sakit perut
  • Perut terasa penuh
  • Tidak puas setelah BAB karena merasa masih ada yang menyumbat/tersisa

Faktor penyebab terjadinya sembelit bisa dikarenakan:

  • Kurangnya aktivitas tubuh atau terlalu lama duduk
  • Kurangnya konsumsi sumber serat atau cairan tubuh
  • Stres atau mengalami perubahan lingkungan
  • Sedang hamil
  • Adanya penyakit tertentu, seperti diabetes, stroke, hipotiroid, hiperparatiroid, atau multiple sclerosis
  • Efek samping obat-obatan anti nyeri, antihistamin, dan antidepresan

Sama halnya dengan diare, sembelit bukanlah kondisi serius dan bisa sembuh hanya dengan mengubah pola hidup serta menerapkan swamedikasi dibantu obat sembelit. Namun pada beberapa kasus, sembelit merupakan sinyal dari kondisi kesehatan lain yang lebih serius. Waspadalah ketika sembelit tak kunjung pulih, menemui dokter adalah langkah tepat meminimalisir risiko yang lebih parah.

Cara Memilih Obat Sembelit yang Ampuh

Jika sebelum ini Anda sudah pernah mencari obat sembelit, faktor apa sajakah yang Anda pertimbangkan dalam proses pemilihan? Jangan asal pilih, ya, karena setiap obat mempunyai mekanisme kerja bermacam-macam. Pilihlah obat sembelit yang aman dan paling sesuai dengan kondisi Anda. Untuk lebih jelasnya, mari perhatikan ulasan berikut ini!

Pilih Obat Sembelit Berdasarkan Cara Kerja dan Efek Sampingnya

Pada dasarnya, obat untuk mengatasi sembelit bekerja dengan membuat frekuensi buang air besar kembali normal. Bukan hanya itu, beberapa jenis obat bertindak melembutkan feses dengan menambahkan asupan air agar lebih mudah dikeluarkan. Sedangkan sebagian lain cenderung berfokus pada saluran cerna (usus).

Menurut mekanisme kerjanya, berikut ini beberapa jenis obat sembelit yang bisa Anda beli dan konsumsi untuk membantu melancarkan buang air besar.

Pencahar Bulk: Menambah Asupan Air dalam Feses untuk Menjadikannya Besar dan Lembut

Pencahar Laksatif Bulk Bulk Forming Laxatives Menambah Asupan Air dalam Feses untuk Menjadikannya Besar dan Lembut

Disebut dengan nama lain bulk-forming laxatives, obat sembelit ini merupakan bentuk lain suplemen serat. Pencahar bulk bekerja meningkatkan asupan air pada feses agar ukurannya membesar serta teksturnya lebih lembut. Mekanisme tersebut memungkinkan kontraksi usus terpicu agar feses keluar lebih mudah.

Beberapa contoh obat sembelit yang digolongkan dalam bulk-forming laxatives antara lain psyllium, polycarbophil calcium, dan methylcellulose fiber. Obat-obatan tersebut lebih umum berwujud bubuk atau puyer, namun tersedia pula bentuk cair, tablet, dan supositoria. Meski menimbulkan efek samping, obat ini aman digunakan segala usia secara teratur dalam jangka panjang.

Pencahar Lubrikan: Melicinkan Dinding Usus untuk Mempermudah Pengeluaran Feses

Pencahar Lubrikan Melincinkan Dinding Usus untuk Mempermudah Pengeluaran Feses

Untuk obat tipe ini lebih banyak dirancang dalam bentuk cair, bisa langsung diminum tanpa air. Baig Anda yang menyukai kepraktisan, pilihlah obat sembelit golongan lubrikan. Terbuat dari komponen minyak mineral yang bekerja melicinkan lapisan dinding usus agar pergerakan feses di dalam usus lebih lancar saat BAB.

Efek obat pencahar lubrikan mulai terasa dalam waktu 6 – 8 jam setelah diminum. Penting diketahui bahwa meskipun efektif, obat sembelit golongan ini tidak boleh dipakai dalam janka waktu lama karena menyebabkan efek samping sakit dan kram perut, candu atau ketergantungan, dan membuat tubuh kekurangan vitamin A, D, E, dan K.

Pencahar Osmotik: Meningkatkan Jumlah Air pada Usus untuk Melunakkan Feses

Pencahar Osmotik Meningkatkan Jumlah Air pada Usus untuk Melunakkan Feses

Bila Anda kesulitan buang air besar akibat feses yang kering dan sangat padat, obat sembelit tipe osmotik bertindak melunakkan feses dengan memperbanyka jumlah air di dalam usus. Peranan obat ini akan membuat Anda buang air besar lebih sering. Anda yang mengalami kram perut dan buang-buang angin akibat sembelit akan terbantu oleh obat pencahar osmotik.

Kebanyakan pencahar osmotik berbentuk supositoria (dimasukkan ke dalam anus) dan tablet siap minum. Reaksi obat sembelit osmotik bentuk supositoria umumnya lebih cepat, yakni 30 menit setelah dipakai, sedangkan obat tablet sedikit lebih lama. Magnesium hydroxide, natrium fosfat, glycerin, dan polietilen glikol adalah beberapa contoh obat sembelit osmotik.

Pencahar Stimulan: Mendorong Otot Usus Berkontrasi Mengeluarkan Feses

Pencahar Stimulan Mendorong Otot Usus Berkontrasi Mengeluarkan Feses

Obat sembelit tipe ini mudah ditemukan di toko obat atau apotik. Anda dapat meminumnya untuk mengatasi sembelit yang sudah sangat parah dan memerlukan pengobatan instan. Laksatif stimulan berfungsi memicu kerja otot-otot usus lebih ekstra supaya berkontraksi mengeluarkan feses. Selain dalam bentuk tablet, obat sembelit stimulan tersedia dalam sediaan cairan, enema, dan supositoria.

Bisacodyl dan sennoside termasuk jenis pencahar stimulan yang umum diresepkan dokter. Obat jenis ini tidak dianjurkan dikonsumsi jangka panjang karena memungkinkan tubuh menjadi kebal terhadap efek kerja yang ditimbulkan. Selain itu, obat sembelit stimulan juga memicu kram perut apabila dipakai berlebihan.

Pencahar Agonis: Menambah Jumlah Cairan untuk Melunakkan Tesktur Feses

Pencahar Agonis Menambah Jumlah Cairan untuk Melunakkan Tesktur Feses

Di samping melunakkan tekstur feses, obat sembelit tipe agonis juga bekerja meningkatkan aliran darah di saluran pencernaan. Bagi Anda yang tidak mengetahui apa penyebab terjadinya sembelit, obat pencahar agonis termasuk ampuh sebagai pertolongan pertama.

Namun perlu diingat, obat sembelit agonis tidak boleh dikonsumsi oleh anak berusia di bawah 6 tahun. Apabila diberikan pada anak di bawah usia tersebut, efek samping yang rental terjadi adalah diare dan dehidrasi parah bagi sebagian anak.

Pelunak Feses: Melunakkan Feses dengan Efek Samping Minimal

Pelunak Feses Melunakkan Feses dengan Efek Samping Minimal

Obat sembelit jenis ini mengandung surfaktan yang mampu melunakkan feses akibat sembelit setelah operasi atau melahirkan. Untuk mencapai tujuan tersebut, obat ini bukan hanya menambahkan asupan air ke dalam feses, tetapi juga lemak agar gerakan usus lebih lembut saat mengeluarkan feses. Salah satu contoh obat pelunak feses adalah docusate.

Obat sembelit yang melunakkan feses umumnya perlu waktu antara 1 – 3 hari untuk mulai bekerja. Memang cukup lama, namun obat pelunak feses lebih sedikit efek sampingnya sehingga aman digunakan jangka panjang. Bentuk sediaan di pasaran bisa berupa tablet, kapsul, dan cairan, namun ada juga sediaan enema dan supositoria.

Jika Memilih Obat Herbal, Temukan Kandungan Laktasif Alami yang Lebih Aman

Jika Memilih Obat Herbal Temukan Kandungan Laktasif Alami yang Lebih Aman

Selain membeli obat-obatan dengan kandungan sintetis, tersedia pula pilihan obat lain bersusunkan bahan-bahan herbal. Disebut juga obat sembelit herbal, kebanyakan obat ini mengandung anthroquinone atau  bersifat stimulan pada usus. Cara kerja obat ini adalah menarik cairan ke usus dan memicu gerakan peristaltik usus untuk mempermudah pengeluaran feses melalui usus besar ke rektum.

Ramuan komponen herbal dalam obat sembelit bisa berwujud bubuk, daun teh, sirop (cair), atau bentuk padat umum seperti kapsul dan tablet. Contoh herba yang umum dirumuskan dalam obat sembelit adalah psyllium, casacra sagrada (buckthorn), slippery elm, senna, dan rhubarb (batang pohon talas). Meski menggunakan bahan-bahan alami, penggunaannya pun tetap mengikuti anjuran yang tertera.

Untuk Anak-anak, Berikan Obat Pelunak atau Pendorong Tinja yang Diresepkan Dokter

Untuk Anak anak Berikan Obat Pelunak atau Pendorong Tinja yang Diresepkan Dokter

Keluhan sembelit yang menimpa anak-anak dapat dipicu oleh sejumlah hal, misalnya kekurangan cairan tubuh, terlalu banyak minum susu, kekurangan serat, stres, minim aktivitas fisik, dan efek samping obat-obatan tertentu. Apabila Anda bermaksud memberikan obat sembelit untuk anak, pastikan produk yang dipilih cocok dan aman dipakai usia anak.

Obat sembelit berupa pencahar jarang disarankan bagi anak-anak. Sekalinya diperlukan, tentu harus berdasarkan pertimbangan medis atau saran dokter. Laktulosa, minyak mineral, ducosate, bisacodyl, dan senna merupakan contoh obat untuk mengatasi sembelit pada anak. Patuhilah aturan pakai untuk menghindari terjadinya risiko lebih serius.

Pertimbangkan Juga Harga dan Kemudahan dalam Mengonsumsi Obat

Pertimbangkan Juga Harga dan Kemudahan dalam Mengonsumsi Obat

Anda bisa membantu menyembuhkan diare sekaligus memelihara kesehatan usus secara rutin dengan meminum suplemen atau obat-obatan tertentu. Sebagai contoh, minuman berkandungan bakteri asam laktat seperti Lactobacillus dapat Anda konsumsi untuk pemeliharan usus. Jika Anda membeli obat, pilih juga yang isinya banyak atau berkapasitas besar agar lebih hemat dari segi biaya.

Di samping itu, kemudahan dalam mengonsumsi obat menjadi aspek lain yang tak boleh dilupakan. Bagi Anda yang tidak nyaman dengan pahitnya tablet, cobalah obat berbentuk kapsul lunak atau tablet berlapis gula yang menutupi rasa asli dan bau obat.

Apabila Anda memerlukan obat yang dapat diminum tanpa menggunakan air, ada dua pilihan tergantung kondisi. Misalnya Anda sedang berada di momen penting, ambillah obat sembelit berbentuk tablet kunyah yang memiliki rasa cenderung manis. Sementara obat dalam sediaan sirup juga termasuk praktis, Anda bisa menyiapkannya sebagai pertolongan pertama saat melakukan perjalanan.

10 Rekomendasi Obat Sembelit Terbaik untuk Dewasa dan Anak

Setelah mengulas cara memilih obat sembelit, berikut ini kami siapkan sepuluh produk terbaik untuk membantu mengatasi sembelit. Pilihlah obat dengan bentuk yang paling nyaman dikonsumsi, serta memberikan khasiat paling ampuh mengatasi sembelit Anda. Selamat memilih!

1. Microlax Gel

Microlax Gel

Sangat efektif mengatasi susah BAB tanpa perlu diminum

Pharos menghadirkan obat sembelit dalam bentuk supositoria. Ujung tube-nya dirancang lembut yang terasa nyaman saat dimasukkan lewat dubur. Microlax Gel sangat direkomendasikan untuk mengatasi sembelit pada penderita dengan keterbatasan gerak, contohnya wanita hamil dan orang tua. Mengandung tiga bahan utama, seluruhnya bersinergi melunakkan feses yang keras.

Cukup mudah menemukan obat ini, Anda bisa membelinya di toko obat atau apotik terdekat. Pemakaian Microlax Gel tidak memerlukan resep dokter karena tergolong obat bebas yang aman dan minim efek samping. Sebelum menginjeksikannya ke dalam dubur, pastikan Anda sudah mencuci tangan hingga bersih dan pakailah obat untuk merasakan reaksinya dalam 5 – 15 menit.

BentukGel
KandunganNa Lauryl Sulfoacetate, Na Citrate, Sorbic Acid, Sorbitol, PEg-400
Kisaran hargaRp20.000
Isi5 ml

2. Dulcolactol Sirup

Dulcolactol Sirup

Minum bersama sari buah kesukaan Anda, dijamin lebih nikmat!

Mulai dari usia bayi, anak-anak, dewasa, sampai lanjut usia (lansia), Dulcolatol Sirup bertindak efektif menyembuhkan konstipasi agar BAB kembali lancar. Produk keluaran Boehringer Ingelheim bisa diminum tanpa air atau jika ingin lebih nikmat dan unik lagi, Anda bisa campurkan sirop obat sembelit ini ke dalam sari buah tinggi serat.

Selaras dengan namanya, Dulcolactol Sirup memanfaatkan bahan aktif laktulosa terhidrolisis untuk menurunkan konsentrasi feses supaya lebih lunak. Bila Anda adalah ibu hamil yang sedang mengalami sembelit, penggunaan Dulcolactol Sirup haus dengan pertimbangan dokter.

BentukSirop
KandunganLactulosa
Kisaran hargaRp77.000
Isi60 ml

3. Madu Anak Syifa Kids MBELIT

Madu Anak Syifa Kids MBELIT

Sirop berbahan dasar madu alami tanpa tambahan bahan artifisial

Terbuat dari bahan baku madu asli bercita rasa manis, obat herbal sembelit berbentuk sirup ini bakal digemari setiap anak. Anda pun lebih tenang saat memberikan anak Madu Anak Syifa Kids MBELIT sebab terhindar dari efek samping obat-obatan kimia.

Selain mengutamakan madu murni, sirop untuk mengobati sembelit anak ini juga bebas pengawaet, pewarna, dan perasa tambahan. Sementara bahan alaminya diperkaya minyak zaitun, ekstrak Curcuma longa, dan masih banyak lagi yang membuatnya tinggi akan vitmain dan mineral. Untuk menangani berbagai masalah perut pada anak, serahkan saja pada Madu Anak Syifa Kids MBELIT!

BentukEmulsi
KandunganMadu Murni, Nigella Sativa, Minyak Zaitun, Cinnamomum Extract, dll
Kisaran hargaRp45.000
Isi100 ml

4. Himalaya Herbal Triphala

Himalaya Herbal Triphala

100% vegan-friendly karena berasal dari kombinasi tiga macam buah

Bagi Anda yang mengutamakan produk terpercaya, brand Himalaya yang sudah berdiri sejak 1937 menawarkan tablet obat penyembuh sembelit berbasiskan pure herbs. Untuk varian ini, tercantum keutamaan triphala yang memberikan efek pendorong gerakan peristaltik usus secara lembut dan membantu meningkatkan frekuensi buang air besar agar kembali normal.

Bukan hanya membantu pergerakan usus normal, Himalaya Herbal Triphala mendukung pula detoksifikasi racun di dalam saluran cerna. Dukungan tambahan dari tiga macam buah tersebut memainkan properti antioksidan kuat serta meningkatkan kesehatan usus. Bila Anda ingin memulihkan kondisi sembelit yang menyebabkan perut kembung, cobalah produk ini!

BentukTablet
KandunganTriphala
Kisaran hargaRp120.000
Isi60 butir

5. Herba Daun Ungu

Herba Daun Ungu

Tersusun dari ekstrak daun ungu kaya senyawa aktif dengan bermacam khasiat luar biasa

Herba Daun Ungu mengusung komponen tanaman herbal ekstrak daun ungu yang kaya akan bahan aktif dengan khasiat luar biasa. Beberapa bahan aktif tersebut antara lain senyawa saponin, tanin, flavonoid, alkaloid, dan steroid. Sebutir kapsul obat sembelit ini terkandung sebanyak 400 mg ekstrak daun ungu tanpa bahan kimia.

Selain diklaim mengatasi sembelit melalui pengenceran feses, Herba Daun Ungu memainkan fungsi lain untuk meredakan nyeri pada radang sendi, mengobati bisul, menyembuhkan luka borok, meringankan gejala ambeien, dan memperlancar haid. Selama mengonsumsi obat ini, dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi makanan tinggi serat dan minum air putih.

BentukKapsul
KandunganGraptophyllum Pictum
Kisaran hargaRp55.000
Isi60 butir

6. Green World Stockist Koloklin Capsule

Green World Stockist Koloklin Capsule

Racikan bahan alami yang teruji klinis oleh FDA dan halal MUI

Koloklin Capsule telah diedarkan ke lebih dari 20 negara, termasuk Indonesia. Obat sembelit bersertifikasi aman dari Food and Drug Administration (FDA) ini dikembangkan berbasis teknologi canggih dengan mengikuti hasil riset jangka panjang. Selain disetujui FDA, kapsul obat sembelit ini juga memperoleh sertifikat halal dari MUI Indonesia.

Produk ini bertindak langsung di saluran cerna untuk mengembalikan kinerja usus. Di dalamnya tercantum 100% bahan herbal alami yang tidak hanya membantu meningkatkan kontraksi usus, melainkan juga melembapkan dinding usus, mempermudah BAB, memperbaiki selaput usus yang rusak, serta menstabilkan bakteri baik untuk memaksimalkan fungsi pencernaan. Tertarik mencobanya?

BentukKapsul
KandunganLotus Leaf Extract, Polygonum Multiflorum, Semen Cassiae, Aloe
Kisaran hargaRp215.000
Isi60 butir

7. Forlax 10g

Forlax

Bekerja secara bertahap dalam rentang waktu 24 hingga 48 jam

Saat masuk ke dalam tubuh, Forlax akan mengalirkan air ke feses yang padat supaya lebih mudah dikeluarkan saat BAB. Dengan meningkatnya asupan air, volume feses pun bertambah sehingga memungkinkan perut terasa sedikit kembung. Namun kabar baiknya, obat ini memiliki tahapan kerja dalam kurun 24 – 48 jam, di mana pada rentang waktu tersebut frekuensi BAB lebih sering.

Untuk pengonsumsian Forlax sendiri tidak boleh sembarangan. Anjuran pakainya adalah dengan melarutkan bubuk ke dalam segelas air, lalu diminum sesegera mungkin. Produk ini bisa dikonsumsi dengan dosis normal 1 – 2 sachet per hari di mana salah satu waktu terbaik meminumnya ketika pagi hari. Sementara penggunanya, Forlax hanya diperuntukkan bagi usia 8 tahun ke atas.

BentukBubuk
KandunganMacrogol 4000
Kisaran hargaRp350.000
Isi10 gr

8. Dulcolax Bisacodyl 5mg

Dulcolax Bisacodyl

Sekali telan, khasiatnya langsung terasa selama 6 – 12 jam

Dulcolax Bisacodyl digolongkan sebagai obat sembelit yang menstimulasi otot usus besar berkontraksi untuk mengeluarkan feses. Obat ini terbukti efektif melancarkan buang air besar hanya dalam 6 – 12 jam setelah pengonsumsian. Apabila Anda memerlukan obat dengan reaksi cepat, kami harap produk ini cocok dengan Anda.

Yang menarik dari Dulcolax Bisacodyl adalah bentuk tablet salut enteriknya tahan terhadap cairan lambung, menyebabkan peranannya optimal dan konsisten merangsang pergerakan peristaltik usus. Buat Anda yang ingin segera bebas dari kondisi sembelit yang menimpa, produk besutan Boehringer Ingelheim berikut solusinya!

BentukTablet
KandunganBisacodyl
Kisaran hargaRp6.400
Isi4 butir

9. Senokot® Tablets with Senna

Senokot® Tablets with Senna

Mengandalkan bahan utama Senna yang sudah diakui badan FDA di Amerika Serikat

Selama 8 – 12 jam setelah meminum obat ini, ritme kontraksi usus akan dikontrol sepenuhnya untuk mendukung kemudahan pengeluaran feses. Efek laktasif yang dimiliki produk ini bersumber dari bahan dasar Senna, tumbuhan herbal yang telah diakui FDA sebagai bahan efektif untuk mengobati sembelit.

Keutamaan Senokot® Tablets with Senna sendiri terletak pada efek penyembuhan berkalanya. Itulah mengapa obat ini lebih disukai karena selain aman, tahapan kerjanya pun terus berprogres hingga akhirnya pergerakan usus pun kembali normal.

BentukTablet
KandunganNatural Senna
Kisaran hargaRp125.000
Isi60 butir

10. Jesscool

Jesscool

Efektif meredakan gejala panas dalam, termasuk susah buang air besar!

Sembelit bisa juga menjadi indikasi terjadinya panas dalam yang disertai gejala lain seperti sariawan, bibir pecah-pecah, dan sakit tenggorokan. Apabila Anda mengalami masalah ini, produk yang cocok untuk Anda adalah Jesscool. Produk ciptaan Konimex ini hadir dalam 2 pilihan rasa, yaitu jeruk nipis dan lemon tea.

Jesscool didesain dalam bentuk tablet effervescent yang tidak hanya praktis dikonsumsi, tetapi juga memberikan sensasi segar saat diminum. Untuk dukungan penyembuhan sembelit, Jesscool dirumuskan bersama bahan-bahan sumber serat alami yang aman dan efektif. Dikemas dalam sachet satuan, obat ini praktis dibawa ke mana pun Anda bepergian.

BentukTablet effervescent
KandunganExtract Thyme, Chicory Radix Extract
Kisaran hargaRp12.875
Isi6 butir

Kesimpulan

Menjadikan obat sebagai pertolongan tambahan untuk mengatasi sembelit akan memaksimalkan proses pemulihan. Namun ingat untuk memilih obat sembelit berdasarkan cara kerja dan tingkat kemudahannya menurut Anda, ya! Dari kesepuluh obat sembelit terbaik di atas, manakah yang paling cocok untuk Anda?

Supaya obat sembelit yang Anda konsumsi memberi dampak signifikan, imbangi dengan meminum lebih banyak cairan. Anda juga bisa memperbanyak asupan tinggi serat seperti buah-buahan berry, apel, pir, mangga, atau sayur brokoli dan kacang-kacangan. We hope you get well soon!

 

(Visited 126 times, 2 visits today)