Written by 22:04 Kesehatan & Kecantikan

10 Pasta Gigi Sensitif Terbaik untuk Anak dan Dewasa

Pepsodent Sensitive Expert Original

Sering mengalami ngilu saat konsumsi makanan panas atau minuman dingin? Boleh jadi Anda mengalami masalah gigi sensitif. Supaya tidak semakin parah, lakukanlah perawatan menggunakan pasta gigi sensitif. Bukan hanya orang dewasa yang mengalami masalah ini, tetapi sebagian anak juga bisa mengalami hal serupa. Oleh karena itu, sesuaikanlah pasta gigi sensitif yang digunakan berdasarkan usia.

Mulai dari Sensodyne yang dikenal sebagai perancang pasta gigi sensitif terbaik di Indonesia, hingga merek-merek lain yang tak mau kalah, Pepsodent, Colgate, dan Enzim hadir sebagai opsi bagi banyak orang yang menderita gigi sensitif. Mari temukan produk yang paling tepat untuk Anda melalui artikel ini! Namun sebelumnya, mari ketahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan gigi menjadi sensitif.

Apa yang Menjadi Penyebab Gigi Sensitif?

Penyebab Gigi Sensitif

Walau faktanya tidak semua orang mengalami kondisi gigi sensitif, sebagian lain mengaku pernah mengalaminya. Sebenarnya, apa yang menjadi pemicu gigi sensitif? Gigi yang sensitif dapat terjadi akibat lapisan di bawah email gigi atau disebut dentin terbuka. Dentin yang terbuka sendiri bisa disebabkan oleh dua hal.

Pertama dikarenakan resesi atau penurunan gusi akibat terjadinya penyakit gusi dan penyikatan gigi dengan cara dan produk yang salah. Lalu penyebab kedua terbukanya dentin akibat terkikisnya lapisan email karena erosi oleh makanan dan minuman asam. Proses pemutihan gigi (bleaching) dan bertambahnya usia juga menjadi penyebab lain terjadinya gigi sensitif.

Saat terjadi penurunan gusi dan terkikisnya email, tulang gigi (dentin) bisa terbuka. Sebagai akibatnya, dentin yang terbuka akan menerima rangsangan dari luar, seperti makanan atau minuman yang dingin, panas, dan asam, sehingga membuat gigi terasa ngilu akibat mengenai saraf secara langsung. Untuk mengetahui kondisi gigi sensitif, biasanya akan muncul rasa ngilu secara tiba-tiba setelah mendapatkan rangsangan dari makanan dan minuman bersifat tadi.

Cara Memilih Pasta Gigi Sensitif yang Bagus

Pasta gigi yang digunakan untuk mengatasi gigi sensitif tentu saja berbeda dengan pasta gigi biasa. Hal utama yang membedakan adalah formula kandungan di setiap pasta gigi sensitif lebih kaya bahan aktif. Untuk lebih jelasnya, simaklah bagaimana pemilihan produk pasta gigi untuk gigi sensitif yang benar berikut ini.

Pilih yang Mengandung Bahan Utama Aktif untuk Menangani Gigi Sensitif

Untuk menanggulangi gigi sensitif, setiap produk yang Anda pilih haruslah mengandung bahan aktif untuk perawatan. Ayo lanjutkan pemahaman Anda tentang bahan utama aktif di setiap pasta gigi yang bekerja efektif menangani gigi sensitif.

Potassium Citrate untuk Bantu Redakan Ngilu dalam Waktu Singkat

Potassium Citrate untuk Bantu Redakan Ngilu dalam Waktu Singkat

Kandungan potassium citrate atau kalium sitrat mempunyai peran cukup penting dalam merawat gigi sensitif. Potassium citrate bekerja meredakan ngilu dalam waktu singkat, bahkan hanya setengah menit alias 30 detik saja. Pasta gigi dengan kandungan ini akan memblokir sinapsis di antara sel-sel sarah, sehingga rangsangan terhadap saraf akan mengurangi nyeri yang ditimbulkan.

Merujuk pada penelitian yang diterbitkan pada Journal of Clinical Periodontology, disebutkan bahwa kalium sitrat, sodium fluoride, dan cetylpyridinium chloride berperan efektif membantu meredakan hipersensitivitas akibat dentin terbuka, plak, dan radang gusi. Pasta gigi yang mengandung salah satu bahan tersebut akan memblokir sinyal rasa sakit akibat saraf yang terangsang, sehingga pemakaian rutin secara perlahan akan membuat rasa ngilu berkurang.

Zinc Citrate Sebagai Pereda Gingivitis atau Radang Gusi

Zinc Citrate Sebagai Pereda Gingivitis atau Radang Gusi

Gingivitis atau radang gusi adalah salah satu jenis penyakit gusi yang umum dijumpai. Dampak dari munculnya masalah ini adalah gusi berdarah dan gigi menjadi lebih sensitif. Untuk Anda yang menderita radang gusi, carilah pasta gigi dengan kandungan zinc citrate.

Zinc citrate terbukti secara klinis mampu membantu meredakan radang gusi. Oleh karena itu, pastikan juga pasta gigi yang Anda hendak beli dan gunakan mengandung senyawa satu ini. Selalu periksa secara saksama kandungannya agar hasilnya terasa optimal ketika dipakai terus-menerus.

Hydroxyapatite yang Dapat Meremineralisasi Email Gigi

Hydroxyapatite yang Dapat Meremineralisasi Email Gigi

Bahan aktif hydroxyapatite pada pasta gigi untuk gigi sensitif merupakan komponen utama yang berfungsi menyehatkan gigi dan tulang. Senyawa yang satu ini memiliki peranan penting dalam membantu proses remineralisasi email gigi.

Seperti yang diketahui, makanan dan minuman asam dapat mengerosi email gigi sehingga membuat dentin tubules atau pipa dentin yang terhubung ke saraf mengalirkan rangsangan langsung. Akibatnya, nyeri pun tak terelakkan. Dengan memakai pasta gigi yang diperkaya hydroxyapatite, maka dentin yang terbuka akan tertutup karena zat ini akan mengembalikan mineral gigi yang terlepas dan rusak.

Aluminum Lactate untuk Melindungi Gigi dari Rangsangan Eksternal

Aluminum Lactate untuk Melindungi Gigi dari Rangsangan Eksternal

Aluminum lactate cukup banyak digunakan pada pasta gigi sensitif oleh brand-brand besar di dunia. Bahan ini efektif dalam meringankan stimulan yang berasal dari dentin. Jika dipadukan dengan kalium nitrat, aluminum lactate akan meredakan rasa ngilu di gig. Senyawa ini sama seperti hydroxyapatite yang berperan melindungi pipa dentin agar menjaga saraf terkena rangsangan-rangsangan dari luar.

Periksa Kandungan Antiseptik untuk Mencegah Penyakit Periodontal

Periksa Kandungan Antiseptik untuk Mencegah Penyakit Periodontal

Infeksi gusi adalah penyakit periodontal yang dapat menyebabkan gigi sensitif. Jika Anda mengalami masalah ini, gunakanlah pasta gigi yang di dalamnya terdapat gabungan kandungan untuk pencegahan penyakit gusi dan perawatan gigi sensitif.

Kombinasi senyawa seperti triclosan, cetylpyridinium chloride, dan isopropyl methylphenol bertindak sebagai bahan antiseptik yang bakal mencegah penyakit periodontal tadi. Pasta gigi yang mengandung tokoferol asetat juga bisa dipilih karena dapat membantu memperlancar peredaran darah. Di sisi lain, kandungan ekstrak siwak serta asam traneksamat pada pasta gigi juga dianjurkan karena bersifat anti-inflamasi.

Hindari Bahan Sensitif yang Berdampak Buruk pada Gigi

Hindari Bahan Sensitif yang Berdampak Buruk pada Gigi

Seusai memeriksa kandungan bahan-bahan aktif pada pasta gigi sensitif, nyatanya tidak semua produk cocok untuk setiap orang, termasuk Anda. Untuk itu, sebaiknya teliti kembali kandungan lain yang justru bisa membuat gigi sensitif Anda bertambah buruk kondisinya.

Zat seperti sakarin atau pemanis pasta gigi perlu dihindari karena dapat meningkatkan risiko karies gigi. Lalu, zat lain berupa kalsium karbonat dan silikat juga banyak ditemukan pada pasta gigi pemutih, dan ini perlu dihindari karena bersifat abrasif yang justru memperburuk kondisi gigi Anda yang sensitif.

Bahan sensitif lain yang perlu dijauhkan adalah sodium lauryl sulfate (SLS), yakni deterjen yang menjadikan pasta gigi berbusa saat Anda melakukan penyikatan. Kandungan semacam ini tidak baik pada pasta gigi sensitif. Anda yang sering mengalami sariawan juga perlu menghindari pasta gigi dengan kandungan SLS karena bisa menambah risiko terjadinya sariawan di area mulut.

10 Rekomendasi Merek Pasta Gigi Sensitif Terbaik

Sesudah mengetahui apa saja yang mesti diperhatikan ketika memilih pasta gigi, di bagian ini kami akan menampilkan 10 merk pasta gigi sensitif terbaik. Anda dapat jadikan referensi supaya tidak perlu mencari sendiri. Pilihlah berdasarkan kandungan bahannya, daya abrasifnya, dan kemampuan lain yang disertakan.

1. Colgate Sensitive Pro-Relief Toothpaste

Colgate Sensitive Pro Relief Toothpaste

Kisaran harga: Rp39.500

Pasta gigi dengan formula Pro-Argin yang dapat tutupi lubang tak kasat mata

Banyak dokter gigi yang menangani pasien dengan gigi sensitif menggunakan bahan bernama Pro-Argin. Formula ini dapat ditemukan pada pasta gigi Colgate Sensitive Pro-Relief. Berdasarkan bahan tersebut, pasta gigi ini akan menutupi lubang-lubang kecil tak kasat mata untuk meremineralisasi agar gigi terlindungi dari sensitivitas.

Colgate Sensitive Pro-Relief Toothpaste telah dipakai banyak orang karena kandungannya terbukti klinis meredakan gigi sensitif dengan cepat dan tahan lama. Tidak mengandung alkohol dan telah memperoleh persetujuan dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) dan FDA (Food and Drugs Administration), produk ini aman digunakan rutin hingga gigi sensitif teratasi.

2. Pepsodent Sensitive Expert Original

Pepsodent Sensitive Expert Original

Kisaran harga: Rp19.100

Bantu perbaiki lubang-lubang kecil untuk mengembalikan kekuatan gigi

Sebagai salah satu merek pasta gigi nomor satu di Indonesia, Pepsodent ikut menghadirkan pasta gigi untuk gigi sensitif. Telah mendapatkan label halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia), pasta gigi sensitif yang murah ini mengandung hydroxyapatite (HAP), mineral, dan sodium untuk mengembalikan mineral alami pada gigi.

Pepsodent Sensitive Expert Original juga menyimpan zinc citrate untuk meredam risiko terjadinya gigi sensitif di lain hari. Monofluorophosphate di dalamnya berperan memperbaiki lubang-lubang kecil yang sulit tampak oleh mata telanjang guna mengembalikan kekuatan gigi. Selain menyehatkan dan menekan sensitivitas gigi, produk ini juga membuat napas menjadi segar.

3. Systema Pro Sensitive

Systema Pro Sensitive

Kisaran harga: Rp20.000

Perawatan intensif untuk menyehatkan dan menangani gigi sensitif

Dentin yang terbuka menjadi penyebab utama gigi mengalami sensitif. Supaya tertutup kembali, Systema menerapkan komponen aluminum lactate ke dalam komposisinya. Sudah pasti, pasta gigi sensitif satu ini akan membentuk lapisan pelindung yang lebih tahan lama agar dentin lebih kukuh dan tidak menciptakan dentin tubules.

Systema Pro Sensitive juga diformulasikan dengan kandungan potassium nitrate yang mampu menguraikan rasa ngilu akibat gigi sensitif. Apalagi, kandungan IPMP pada pasta gigi ini ikut membantu membunuh bakteri pada gusi. Satu lagi, Systema menyertakan kandungan GK2 yang akan menjaga kesehatan gugi agar terhindar dari bermacam masalah radang gusi.

4. Antiplaque Total Solutions Toothpaste

Antiplaque Total Solutions Toothpaste

Kisaran harga: Rp67.000

Pasta gigi terbaik untuk meredakan gigi sensitif, membersihkan bakteri mulut, dan menghilangkan plak

Tidak perlu banyak-banyak, cukup 1 cm saja penggunaannya, pasta gigi ini akan bersihkan mulut dari bakteri. Pasta gigi Antiplaque dengan tekstur yang sangat kental satu ini mempunyai beragam bahan aktif untuk memberikan banyak fungsi baik terhadap mulut. Arnica montana extract misalnya, kandungan ini bersifat sebagai anti inflamasi untuk membantu menyembuhkan sariawan di area mulut.

Adanya eugenia caryophyllus extract dan cloxifenol merupakan kandungan utama yang akan membantu Anda mengurangi rasa ngilu akibat gusi bengkak dan nyeri karena gigi sensitif, serta membunuh bakteri dan jamur pemicu permasalahan gigi dan mulut. Pasta gigi sensitif Antiplaque Total Solutions juga menyimpan sodium monofluorophosphate atau fluoride untuk melindungi gigi dari gigi berlubang sekaligus menguatkan enamel gigi.

5. Sensodyne Protection Fresh Mint

Sensodyne Protection Fresh Mint

Kisaran harga: Rp19.900

Teruji klinis untuk memberi perawatan 24 jam pada gigi sensitif

Sensodyne adalah merek pasta gigi sensitif yang sangat terkenal di Indonesia. Dari banyaknya varian tersedia, kami rekomendasikan Anda Sensodyne Protection Fresh Mint. Pasta gigi berkemasan tube ini diformulasikan dengan bahan-bahan khusus untuk memberikan perlindungan optimal selama 24 jam bagi gigi.

Keberadaan fluoride pada komposisinya ikut mendukung penguatan gigi agar terhindar dari gigi berlubang. Menariknya lagi, Sensodyne menyertakan kandungan mint sebagai perasa alami yang bukan cuma membuat mulut tetap bersih, tetapi napas pun lebih segar. Cukup gunakan 2 kali sehari, tidak butuh waktu lama produk ini langsung menghilangkan ngilu akibat konsumsi makanan dan minuman dingin.

6. Sensodyne Gentle Whitening

Sensodyne Gentle Whitening

Kisaran harga: Rp52.500

Gigi sensitif teratasi, gigi putih didapatkan!

Rangkaian produk perawatan gigi sensitif dari Sensodyne satu ini juga dapat Anda pilih sebagai opsi utama. Varian Gentle Whitening sama-sama dibekali formula yang mampu mengurangi sensasi ngilu akibat rangsangan eksternal selama 24 jam lamanya.

Sensodyne Gentle Whitening akan menenangkan saraf penyebab rasa ngilu sekaligus membentuk dinding pelindung untuk cegah rangsangan eksternal kembali mengenai saraf. Satu lagi, pasta gigi ini juga diformulasikan dengan whitening agent yang menjadi gigi Anda tampak lebih cerah berseri.

7. Pasta Gigi Siwak F Sensitive

Pasta Gigi Siwak F Sensitive

Kisaran harga: Rp42.800

Kombinasi bahan herbal dan bahan aktif untuk mencegah ngilu gigi dan menghambat pembentukan plak/karang gigi

Diproduksi oleh PT. Miswak Utama,  Siwak F Sensitive adalah pasta gigi sensitif berbahan herbal yang bisa digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak. Menurut keterangannya, produk ini dapat dipakai anak mulai usia 2 – 6 tahun dengan syarat harus pengawasan orang dewasa, serta hanya digunakan dalam jumlah sedikit. Meski berbahan herbal, Siwak F Sensitive tidak boleh ditelan karena menyimpan bahan aktif lain yang bekerja mencegah rasa ngilu pada gigi.

Pasta gigi herbal untuk gigi sensitif ini menggunakan kandungan utama serbuk kayu siwak (salvadora persica) yang dipadukan bersama bahan-bahan alami lain, seperti minyak cengkeh dan ekstrak daun sirih untuk menjaga kesegaran mulut, membunuh bakteri buruk, dan menguatkan gigi. Sementara bahan aktif lain ikut membantu menghambat pembentukan plak dan karang gigi.

8. Lavera Basis Sensitiv Zahngel Bio-Erdbeere & Bio-Himbeere

Lavera Basis Sensitiv Zahngel Bio Erdbeere Bio Himbeere Kinder

Kisaran harga: Rp80.000

Diformulasikan khusus untuk mengatasi gigi sensitif anak

Jika Anda mencari pasta gigi sensitif untuk anak, jadikanlah produk ini opsi utama. Merupakan produk import dari Jerman, Lavera Basis Sensitiv Zahngel Bio-Erdbeere & Bio-Himbeere mengandung 100% bahan alami yang tersertifikasi. Kandungannya dipastikan bebas bahan pengawet alami ataupun kimia, silikon, parafin, dan minyak, sehingga aman untuk anak-anak.

Pasta gigi Lavera Basis juga tidak berbasiskan fluoride dan foaming agent (surfaktan), membuatnya aman ketika tertelan oleh anak Anda yang baru belajar menyikat gigi. Untuk membersihkan sisa-sisa makanan, terdapat kandungan silika alami yang abrasif melunturkan plak dan bakteri penyebab karies gigi. Xylitol-nya akan mencegah pembentukan plak dan melindungi kerusakan akibat produksi asam.

9. Longrich White Tea Multi-Effect Toothpaste

Longrich White Tea Multi Effect Toothpaste

Kisaran harga: Rp139.000

Kekayaan bahan alami untuk ragam fungsi perawatan

Longrich White Tea Multi-Effect merupakan pasta gigi untuk gigi sensitif yang aman digunakan dalam jangka panjang. Alasannya, pasta gigi ini terbuat dari susunan bahan alami berupa white tea dan xylitol, sehingga tidak menimbulkan efek samping. Butiran silikon lembut bekerja membersihkan gigi, serta antiseptik TSC-nya menjadikan mulut segar.

Pasta gigi Longrich cocok untuk segala usia. Selain efektif membersihkan gigi, pasta gigi tanpa fluoride ini juga mampu mencegah keropos dan mengatasi sensasi ngilu akibat gigi sensitif. Sudah disetujui oleh World Dental Foundation, Longrich White Tea Multi-Effect bukan cuma anti jamur dan anti bakteri, tetapi juga anti-karsinogenik.

10. Enzim 40 Plus

Enzim 40 Plus

Kisaran harga: Rp35.200

Pasta gigi sensitif tanpa deterjen yang dikhususkan bagi usia 40 tahun ke atas

Seiring bertambahnya usia, pertahanan gigi semakin lemah. Itulah mengapa, Enzim menciptakan pasta gigi ini. Khusus bagi Anda yang berusia 40 tahun ke atas, Enzim 40 Plus akan membantu menghilangkan rasa ngilu pada gigi yang sensitif melalui kandungan potassium nitrate-nya.

Bukan itu saja, enzim AMG (Amyloglucosidase), LPO (Lactoperoxidase), dan GO( Glucose Oxidase) akan mengontrol keseimbangan bakteri di dalam mulut dan meningkatkan kualitas air ludah. Bakteri patogen akan terbasmi oleh lysozyme dan lactoferrin pada pasta gigi sensitif ini. Serbuk silica-nya juga ikut mendukung penutupan lubang dentin agar sensasi ngilu tak terjadi di kemudian hari.

Baca juga rekomendasi pasta gigi terbaik dengan fungsi lainnya!

Selain diproduksi dengan bahan aktif untuk menangani gigi sensitif, pasta gigi juga dirancang untuk keperluan. Misalnya saja, untuk memutihkan gigi, diperlukan bahan whitening agent khusus yang tidak dimiliki pasta gigi jenis lain.

Ada juga pasta gigi untuk mengatasi dan mencegah gigi berlubang. Namun, pasta gigi untuk anak juga dibuat dengan formula yang lebih aman untuknya. Jika Anda membutuhkan salah satunya, lihatlah produk rekomendasi kami terkait pasta gigi tersebut pada artikel-artikel berikut ini!

Kesimpulan

Penipisan lapisan email dapat mendorong rasa ngilu akibat rangsangan dari makanan dan minuman asam. Menggunakan pasta gigi sensitif akan membantu meredakan nyeri yang timbul. Lakukanlah penyikatan dengan sikat gigi berbulu lembut dan gunakan pasta gigi yang minim daya abrasif.

Upayakan membeli pasta gigi untuk gigi sensitif yang mengutamakan bahan aktif semacam potassium citrate, hydroxyapatite, zinc citrate, aluminum lactate, atau fluoride. Pemakaian pasta gigi sensitif secara rutin juga mampu mencegah penyakit periodontal agar masalah ngilu tidak lagi terjadi di kemudian hari.

(Visited 25 times, 1 visits today)