Written by 18:47 Kesehatan & Kecantikan

10 Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Berlubang

Pepsodent Fresh Cool Mint Pencegah Gigi Berlubang

Pasta gigi dapat membantu mencegah pembentukan lubang pada gigi. Apabila Anda sedang mengalami gigi berlubang, sebaiknya beralih dari pasta gigi biasa ke pasta gigi untuk gigi berlubang. Umumnya, pasta gigi ini memiliki kandungan bahan aktif berupa fluoride dengan konsentrasi cukup tinggi. Fluoride berperan efektif dalam mencegah karies atau pembusukan akibat sisa-sisa makanan, air liur, dan jutaan bakteri yang memicu pembentukan lubang pada gigi.

Bakteri yang dibiarkan hidup lama di dalam plak akan menciptakan asam yang mengikis enamel atau email (lapisan terluar gigi). Proses penipisan enamel akan membuat permukaan dan sela-sela gigi lapuk sehingga terbentuklah lubang. Itulah mengapa penting menyikat gigi dengan pasta gigi untuk gigi berlubang. Selain bisa mencegah pembesaran lubang pada gigi, pemakaian sikat gigi semacam ini juga dapat menjauhkan Anda dari risiko sakit gigi.

10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Mencegah dan Mengatasi Gigi Berlubang

Selain memeriksa kandungan fluoride, di dalam pasta gigi berlubang setidaknya diperlukan pula bahan aktif lain, seperti kalsium karbonat, aluminium oksida terhidrasi, atau garam fosfat sebagai agen abrasif. Ada juga humektan semacam gliserol dan sorbitol untuk melindungi tekstur pasta gigi agar tetap lembap dan tidak cepat kering.

Apabila Anda ingin membelikan pasta gigi untuk anak-anak agar terhindar dari risiko berlubang, saat ini banyak juga pasta gigi dengan perasa dari ekstrak buah-buahan, contohnya stroberi, nanas, apel, jeruk, dan anggur. Untuk orang dewasa, ekstrak minyak esensial seperti peppermint dan lemon juga digunakan untuk meningkatkan kesegaran mulut.

Berikut ini, kami rekomendasikan sepuluh pasta gigi untuk menghindari Anda dari masalah gigi berlubang akibat tumpukan plak pada permukaan gigi. Selain itu, bagi Anda yang telah mengalami karies, sebaiknya pakai juga pasta gigi berlubang ini secara rutin agar plak tersebut tidak berdampak merusak lapisan gigi. Mari pilih yang paling cocok untuk Anda!

1. Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang

Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang

Kisaran harga: Rp9.000

Formula kalsium aktif berukuran mikro untuk menutupi lubang kecil tak kasat mata

Sebagai merek pasta gigi terkemuka di Indonesia, Pepsodent mengeluarkan bermacam pasta gigi dengan formulasi yang beragam. Untuk membantu mencegah gigi berlubang, dikeluarkanlah Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang. Pasta gigi ini diperkaya oleh kandungan kalsium 50% lebih tinggi dibandingkan pasta gigi lain.

Selain bekerja memperkuat struktur gigi, formulasi tersebut juga bersifat anti bakteri sehingga sisa-sisa makanan tidak akan menjadi tempat bertumbuhnya bakteri penyebab gigi berlubang. Pepsodent menambahkan teknologi Mikro Kalsium Aktif yang membuat pasta gigi ini secara aktif mengisi lubang kecil tak kasat mata sehingga tidak terjadi pelebaran pembentukan lubang.

2. Pepsodent Fresh Cool Mint Pencegah Gigi Berlubang

Pepsodent Fresh Cool Mint Pencegah Gigi Berlubang

Kisaran harga: Rp10.600

Double action formula untuk melindungi gigi lebih efektif dari karies

Varian lain dari Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang, pada seri ini diperkaya oleh formula ekstrak minyak peppermint. Seperti yang diketahui bersama, kandungan peppermint dalam produk oral dapat memberikan kesegaran pada area mulut sekaligus menghindari Anda dari bau napas tidak sedap yang keluar dari mulut.

Pasta gigi untuk gigi berlubang ini juga diperkaya Active Micro-Calcium dan Pro-Fluoride Complex sebagai agen pelindung terbaik bagi gigi Anda dan anggota keluarga. Formula double action dalam pasta gigi ini bekerja dua kali lebih efektif dalam memelihara gigi dari kerusakan enamel akibat makanan dan minuman hingga seharian lamanya.

3. Sensodyne Repair and Protect Extra Fresh

Sensodyne Repair and Protect Extra Fresh

Kisaran harga: Rp32.000

Bekerja sekaligus dalam mencegah gigi berlubang dan mengatasi gigi sensitif

Sebenarnya, Sensodyne mengeluarkan tiga varian pasta gigi seri Repair & Protect, yakni Repair & Protect biasa, Extra Fresh, dan Whitening. Salah satu yang diformulasikan untuk mencegah gigi berlubang adalah Sensodyne Repair and Protect Extra Fresh-nya. Selain membantu mengurangi pembentukan lubang, pasta gigi ini juga akan memberi perlindungan 24 jam bagi gigi sensitif.

Perasaan nyut-nyutan akibat gigi berlubang atau ngilu akibat gigi sensitif akan teratasi dengan pasta gigi ini. Teknologi Novamin yang mutakhir membuat pasta gigi ini bekerja membentuk lapisan mineral hingga 1,5 kali lebih kuat dibandingkan lapisan alami dentin. Dengan demikian, masalah gigi sensitif akan hilang dan mulut pun bertambah kesegarannya.

4. Colgate Maximum Cavity Protection Great Fresh Cool Mint Toothpaste

Colgate Maximum Cavity Protection Great Fresh Cool Mint Toothpaste

Kisaran harga: Rp10.500

Sudah disetujui oleh BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) dan FDA (Foods and Drugs Administration)

Jika Anda ingin mencari pasta gigi untuk gigi berlubang yang aman bagi anak-anak, produk dari Colgate ini dapat digunakan oleh anak mulai usia 2 tahun. Namun, bagi anak berumur 2 – 6 tahun, pemakaiannya hanya sebesar ukuran biji jagung untuk mencegah pasta gigi tertelan. Sementara untuk diberikan pada anak di bawah 2 tahun, perlu konsultasi terbelbih dahulu dengan dokter gigi.

Pasta gigi dari Colgate ini dirumuskan dengan agen abrasif yang dapat menyapu plak di permukaan gigi secara sempurna. Kandungan liquid calcium dan fluoride di dalamnya berfungsi untuk menghindari Anda dari gigi berlubang. Rasa mint pada produk ini akan menyegarkan napas Anda. Tidak mengandung alkohol dan telah memperoleh persetujuan dari FDA dan BPOM, pasta gigi ini dipastikan aman untuk digunakan setiap hari.

5. Sensodyne Sensitif Essensial Care Fresh Mint

Sensodyne Sensitif Essensial Care Fresh Mint

Kisaran harga: Rp43.500

Tidak perlu khawatir ketika makan dan minum berkat perlindungan ganda dari pasta gigi ini!

Pemakaian teratur pasta gigi Sensodyne Sensitif Essensial Care Fresh Mint akan meredakan syaraf gusi yang ngilu pada orang dengan gigi sensitif. Apabila Anda kesulitan minum minuman dingin akibat gigi yang sensitif serta takut akan terjadinya pembentukan karies, pasta gigi ini menjadi pilihan tepat untuk Anda.

Formulasi bahan aktif pada pasta gigi ini akan mengurangi rasa ngilu gigi sensitif Anda jika dipakai secara teratur. Kondisi asam pada mulut akibat keberadaan plak takkan terjadi berkat kemampuannya membersihkan secara optimal. Setelah penyikatan, mulut pun akan terasa lebih segar dan bersih berkat rasa mint yang dimilikinya.

6. Colgate Total Professional Whitening

Colgate Total Professional Whitening

Kisaran harga: Rp54.000

Memberikan gigi putih tanpa merusak lapisan enamel gigi

Formula Total (Triclosan, Fluoride, dan Copolymer) pada pasta gigi ini terbukti klinis membantu mengurangi timbunan plak yang menjadi sarang bakteri hingga 90% selama 12 jam lamanya. Dengan fokus demikian, produk ini akan menjauhkan Anda dari banyak masalah pada gigi dan mulut, seperti gigi berlubang, krang gigi, radang gusi, serta bau napas tidak sedap.

Colgate juga melengkapi pasta gigi ini dengan formula whitening yang akan memutihkan gigi Anda secara perlahan tanpa membuat lapisan email terkikis berlebihan. Sama seperti pasta gigi Colgate lainnya, pada varian Total Professional Whitening juga juga tidak dibuat dengan tambahan alkohol atau bahan iritatif lain sehingga Anda tidak perlu meragukan keamanannya.

7. Ciptadent Maxi 12 Plus

Ciptadent Maxi 12 Plus

Kisaran harga: Rp5.400

Merawat kesehatan gigi dan mulut dengan 5 perlindungan sekaligus

Ciptadent Maxi 12 Plus tetrdiri dari 3 varian sensasi rasa, yaitu fresh mint (biru), cool mint (hijau), dan ice mint (merah). Dalam satu pasta gigi ini terdapat formula komplet yang berkinerja memberikan 5 perlindungan sekaligus, salah satunya adalah micro active foam.

Micro active foam yang terkandung di dalam pasta gigi ini akan memberantas tumpukan plak yang disebabkan oleh sisa makanan ataupun bakteri yang hinggap di permukaan gigi melalui pembentukan busa lembutnya. Selain itu, terdapat pula fluoride ganda, kalsium, dan multivitamin A, C, dan E yang memaksimalkan proses pembersihan gigi dari plak. Sementara xylitol yang tertera akan melindungi gigi dari masalah gigi berlubang.

8. Formula Strong Protector

Formula Strong Protector

Kisaran harga: Rp15.000

Aman digunakan oleh seluruh keluarga!

Opsi lain bagi Anda yang belum menemukan pasta gigi untuk gigi berlubang datang dari Formula. Varian Strong Protection dalam produk ini berperan dalam melindungi lapisan enamel gigi dari serangan asam melalui SPL (System Protective Layer)-nya.

Dibekali kandungan duo fluoride, pasta gigi ini semakin efektif untuk cegah gigi Anda dari risiko berlubang atau pembesaran pembentukan lubang. Tentu saja, Formula menyematkan kandungan aktif lain sehingga membuat pasta gigi ini memelihara kesehatan gigi dan gusi secara menyeluruh.

9. Enzim Classic Mild

Enzim Classic Mild

Kisaran harga: Rp17.000

Tanpa kandungan deterjen sehingga takkan menyebabkan mulut kering

Menyikat gigi dengan Enzim Classic Mild dapat membantu pelihara kesehatan gigi dan mulut sekaligus membuat napas lebih segar. Produk ini bekerja dengan mengontrol perkembangbiakan bakteri di dalam rongga mulut dengan tiga formula aktifnya, yaitu enzim Amiloglucosidase (AMG), Laktoperoksidase (LPO), dan Gluco-oksidase (GO).

Tidak terlewat, Enzim juga memperkaya kandungannya dengan fluoride sehingga bukan hanya mulut bebas bakteri dan bernapas segar yang Anda peroleh, melainkan juga terlindungi dari gigi berlubang. Sementara laktoferin dan lisozim yang ikut menyatu dalam formulanya akan menghambat serta membunuh bakteri patogen yang masuk dari luar ke dalam rongga mulut.

10. Sensatia Botanicals Herbal Blend Natural Toothpaste

Sensatia Botanicals Herbal Blend Natural Toothpaste

Kisaran harga: Rp110.000

Jadikan napas segar alami dengan bahan-bahan herbalnya

Sensatia Botanicals mengandalkan bahan-bahan herbal berpadu ekstrak peppermint untuk memberikan kesegaran pada mulut setiap habis penyikatan dengan produk ini. Beberapa tambahan kandungan aktif, seperti calcium glycerolphosphate, organic sea salt, dan minyak daun betel juga disertakan dalam pasta gigi ini. Produk ini terdiri dari dua ukuran kemasan tube, yaitu 40 gram dan 120 gram.

Kandungan calcium glycerophosphate-nya berfungsi sebagai penetralisir asam dan memperkuat email gigi. Untuk minyak daun betel di dalamnya akan membantu melawan bakteri patogen dari luar atau bakteri dari sisa makanan untuk membuat napas mulut lebih segar alami. Walau tanpa fluoride, Sensatia berani menjamin pasta gigi ciptaannya ini mampu melindungi gigi dari risiko berlubang serta mencegah terjadinya penyakit gusi.

Kesimpulan

Disarankan untuk membeli pasta gigi untuk gigi berlubang dari merek-merek terkemuka. Namun, di toko-toko online banyak juga dijumpai pasta gigi tanpa merek namun mengklaim mampu mencegah karies gigi pemicu terbentuknya lubang. Sebaiknya, Anda utamakan pasta gigi yang telah bersegel organisasi terkemuka, misalnya Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan American Dental Association (ADA).

Hal yang tak kalah penting lagi, pastikan pasta gigi pilihan Anda tidak atau hanya sedikit mengandung bahan-bahan yang bersifat alergen atau iritatif. Sederet bahan aktif dalam pasta gigi yang dikategorikan sebagai alergen atau zat iritatif antara lain asam sitrat, triclosan, propilen glikol, natrium lauryl sulfate, PEG-8, PEG-12, PEG-1450, parabens, dan pirofosfat.

Dengan memilih pasta gigi minim alergen atau bahan iritatif, maka risiko munculnya luka atau sariawan di dalam pipi, gusi, lidah, dan langit-langit mulut dapat dihindari. Dampak negatif bibir berwarna kemeraha, gatal, dan bahkan terasa sakit juga tidak akan terjadi ketika Anda memakai pasta gigi untuk gigi berlubang yang tepat.

(Visited 58 times, 2 visits today)