Written by 01:13 Furnitur

10 Rekomendasi Rak Bunga Terbaik

Rak bunga akan membantu tanaman hias Anda tersusun lebih rapi. Di samping fungsinya sebagai penata pot tanaman, rak bunga dapat pula digunakan sebagai bookshelf. Namun, Anda perlu selektif menentukan rak bunga, dari mulai material, ukuran, hingga desainnya.

Bila Anda berencana membeli rak bunga sebagai furnitur ruangan, kami akan berikan panduan memilihnya pada artikel ini. Setelah itu, Anda juga akan kami rekomendasikan rak bunga terbaik dari berbagai merek. Selain IKEA, produsen lain seperti AONEZ dan Guninco turut memproduksi rak bunga. Mari simak ulasannya sampai tuntas!

Cara Memilih Rak Bunga

Sebelum membeli rak bunga, pahami kebutuhan Anda terlebih dahulu. Rak bunga dibedakan berdasarkan material, jenis, bentuk, ukuran, dan model yang beragam. Supaya menemukan produk yang sesuai, baca terlebih dulu panduan memilihnya berikut ini!

Berdasarkan Material, Pilih Rak Bunga sesuai Dekorasi yang Anda Inginkan

Material penyusun rak bunga menentukan cocok tidaknya rak bunga tersebut dengan nuansa dekorasi yang Anda inginkan.

Rak Bunga berbahan Plastik yang Terkesan Minimalis

Jika desain minimalis adalah gaya Anda, rak bunga bermaterial plastik dapat menjadi pilihan. Rak plastik umumnya berukuran lebih kecil, cocok untuk Anda yang ingin menyusun pot tanaman hias mini. Selain itu, rak bunga dari plastik juga lebih mudah dipindahkan karena bobotnya yang ringan.

Kelebihan bahan plastik lainnya adalah ketahanannya terhadap air. Dengan demikian, Anda bisa menyiram tanaman tanpa material rak bunga melapuk. Hanya saja, rak bunga plastik tidak cukup awet. Seiring waktu, warnanya akan memudar, terutama bila diletakkan di ruangan terbuka. Bila rusak atau patah, akan sulit memperbaiki rak seperti sedia kala.

Rak Bunga berbahan Kayu untuk Dekorasi yang Tampak Natural

Rak bunga berbahan kayu biasanya dibanderol dengan harga cukup tinggi, terlebih jika terbuat dari kayu berkualitas. Rak dari kayu lebih cocok diletakkan di dalam ruangan untuk meminimalkan proses pelapukan. Sebagai dekorasi ruangan, material kayu akan menghadirkan nuansa natural yang homey.

Jika tertarik membeli rak bunga dari kayu, upayakan agar tidak banyak air yang mengenai permukaan rak. Sebab ketika terkena air, permukaannya akan lebih lama mengering, berisiko menumbuhkan jamur, serta mempercepat pelapukan. Bila memungkinkan, pilihlah material kayu yang diberi pelapis agar lebih tahan lama.

Rak Bunga berbahan Besi Mampu Ciptakan Nuansa bergaya Eropa

Rak yang terbuat dari besi unggul dalam hal kekuatan rangkanya, ideal untuk Anda gunakan jangka lama. Material besi cenderung mudah dibentuk. Karenanya, tak jarang Anda temukan banyak rak besi beraksen ornamen unik seperti ukiran bergaya Eropa. Rak besi juga tersedia dalam berbagai ukuran, dari kecil hingga besar.

Namun, rak bunga berbahan besi memiliki risiko berkarat. Cat yang mengelupas juga bisa terjadi sehingga mengurangi estetikanya. Selain itu, rak besi cenderung lebih berat dari material lain, membuatnya tidak bisa sering-sering dipindahkan. Solusinya, Anda bisa memilih rak dari baja ringan. Akan tetapi, meski karakteristik baja ringan tahan karat dan lebih enteng, material ini cenderung tinggi soal harga.

Tentukan Rak Bunga berdasarkan Jenis, Bentuk, dan Ukuran Pot

Pertimbangan lain saat memilih rak bunga adalah memerhatikan jenis, bentuk, dan ukuran pot. Anda tentu ingin rak bunga yang mampu menampung hampir seluruh tanaman hias Anda, bukan? Untuk itu, Anda perlu menyesuaikan rak dengan ukuran pot-pot bunga yang Anda miliki.

Rak bunga yang terbuat dari kayu bisa menampung tanaman dalam pot besar. Ketahanan dan stabilitas yang tinggi menjadi nilai lebih material kayu. Jadi, bagi Anda yang kebanyakan potnya berukuran besar, lebih disarankaan menggunakan rak berbahan kayu sebagai penyusun pot tanaman Anda.

Sementara itu, bahan plastik memiliki daya tahan paling rendah dibandingkan material lain. Rak plastik lebih disarankan untuk menata pot-pot berukuran kecil. Bila dipaksa untuk menaruh pot berat, rak plastik akan berisiko patah atau minimal bengkok. Hasilnya, pot Anda terjatuh, tanaman rusak, dan ruangan pun berantakan.

Bila ukuran pot Anda beragam, cobalah memilih rak besi. Rak besi memiliki durabilitas tinggi sehingga ideal untuk menahan pot berukuran kecil, sedang, dan besar. Namun, Anda mungkin perlu mencari lokasi penempatan semipermanen karena bobotnya yang berat.

Pilih Model Rak sesuai Kebutuhan atau Tempat Peletakannya

Berbagai macam desain rak bunga bisa Anda sesuaikan dengan lokasi penempatannya. Secara garis besar, rak bunga didesain bertingkat sejajar, bertingkat menyerupai tangga, dan peletakkannya digantung. Selain ketiga desain tersebut, masih banyak model rak bunga yang unik. Manakah yang cocok dengan Anda?

Model Bertingkat Sejajar, Ideal untuk Lokasi Sempit

Rak bertingkat sejajar ideal ditempatkan di lokasi yang sempit. Bodinya ramping dan tidak banyak mengonsumsi tempat, membuat rak model ini cocok disandingkan dengan perabotan lain. Bagi Anda yang tinggal di kamar sempit, bentuk rak seperti ini juga bisa Anda letakkan untuk dekorasi ruangan.

Model Bertingkat seperti Tangga, Ideal untuk Ruangan yang Cukup Luas

Anda yang memiliki ruangan luas dapat memilih lebih banyak model rak bunga. Salah satu yang mungkin pas buat Anda adalah rak bunga bertingkat seperti tangga. Rak dengan model seperti ini cocok untuk menata pot tanaman sesuai ukuran agar terkesan menarik. Anda bisa menaruh pot berukuran kecil di atas, disusul pot sedang, dan pada pijakan terbawah untuk pot paling besar.

Model Rak Gantung yang Menghemat Tempat

Jika Anda ingin menaruh rak bunga tanpa harus memakan banyak space, rak bunga model gantung pilihannya! Alih-alih meletakkannya di lantai, Anda bisa menempel rak gantung di dinding kamar atau ruang tamu. Selain ditempel, rak yang sepenuhnya digantung juga ada, lho! Hanya saja, rak semacam ini biasanya tidak didesain untuk meletakkan lebih dari 1 pot.

10 Rekomendasi Rak Bunga Terbaik

Setelah memahami cara memilih rak bunga sesuai kebutuhan Anda, kini saatnya kami memberikan rekomendasi rak bunga terbaik yang bisa Anda jadikan referensi. Kami harap Anda temukan salah satu yang paling cocok!

1. IKEA LANTLIV Stand Tanaman – Putih

Sumber: Ikea.co.id

Rak simpel nan elegan, cocok diletakkan di lokasi sempit

Berdesain simpel dengan ukuran tidak terlalu besar membuat rak ini cocok dipasang di ruangan sempit sekalipun. Berkat warna putih cerahnya, rak bunga IKEA ini membuat nuansa ruangan semakin elegan. Dudukan tambahan di bawah rak ini bisa Anda manfaatkan untuk meletakkan aksesori, buku, atau koleksi pot tanaman Anda lainnya.

Material Fibreboard dan kayu beech/kayu birch
Tingkat 2 tingkat
Bisa digantung Tidak
Ukuran (p x l x t) 32 cm x 32 cm x 78 cm
Bobot 4,21 kg
Beban maksimum 25 kg
Kisaran harga Rp499.000

2. IKEA ASKHOLMEN Stand Tanaman – Cokelat Muda

Sumber: Ikea.co.id

Stand tanaman dengan aksen kayu alami untuk menghias sudut ruangan

Rak bunga ini memiliki tiga kaki yang membuatnya cocok diletakkan di sudut ruangan. Bila Anda penyuka gaya natural, aksen kayu alami pada produk ini bakal membuat Anda jatuh hati. Terbuat dari kayu akasia, rak ini dilapisi pewarna kayu semitransparan yan memberi kesan alami. Selain itu, pelapis tersebut membuat rak lebih tahan lama.

Material Kayu akasia solid
Tingkat 3 tingkat
Bisa digantung Tidak
Ukuran (p x l x t) 45 cm x 29 cm x 116 cm
Bobot 3,83 kg
Beban maksimum Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp399.000

3. AONEZ Rak Bunga Lapis Ganda Tahan Air

Sumber: Shopee.co.id

Rak berukuran mini dengan kemampuan anti air

Rak bunga Aonez satu ini terbuat dari material polyvinyl chloride (PVC). Berukuran mini, rak ini bisa dijadikan hiasan meja belajar atau meja kerja Anda. Taruhlah beberapa pot tanaman hijau berukuran kecil di atasnya, suasana belajar dan bekerja Anda semakin menenangkan. Berkat material PVC-nya, rak ini memiliki fitur tahan air. Anda pun tidak perlu khawatir rak bunga melapuk atau berjamur meskipun diletakkan di luar ruangan.

Material Plastik/PVC
Tingkat 2 tingkat
Bisa digantung Tidak
Ukuran (p x l x t) 40 cm x 16 cm x 35 cm
Bobot 0,98 kg
Beban maksimum Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp99.999

4. IKEA HYLLIS Unit Rak – Dalam/Luar Ruang

Sumber: Ikea.co.id

Rak bunga dari material baja galvanis yang ringan dan durable

Rak bunga dengan bobot ringan umumnya memiliki durabilitas yang kurang baik. Namun, kekurangan tersebut tidak berlaku untuk produk IKEA satu ini. Bahannya berupa baja galvanis yang ringan, serta dukungan build quality yang solid membuat rak ini sanggup menahan beban hingga 25 kg.

Meskipun berbahan besi, Anda tetap bisa meletakkan rak ini di dalam ruangan. Bagian kaki raknya dilapisi plastik khusus yang akan mencegah tergoresnya lantai Anda. Menariknya lagi, rak ini juga fleksibel untuk penggunaan di luar maupun dalam ruangan.

Material Besi
Tingkat 3 tingkat
Bisa digantung Tidak
Ukuran (p x l x t) 60 cm x 27 cm x 74 cm
Bobot 3,64 kg
Beban maksimum 25 kg
Kisaran harga Rp179.000

5. Rak Bunga Kayu & Besi 6 Susun

Sumber: Shopee.co.id

Menambah estetika ruangan dengan model zig-zagnya

Penggunaan rak bunga tidak sekadar untuk meletakkan pot tanaman saja. Bagi Anda yang mengutamakan unsur estetika, kami rekomendasikan rak bunga dengan dudukan bersusun zig-zag ini. Dengan rak ini, Anda juga bisa memadupadankan warna-warni bunga koleksi Anda berkat susunan 6 tingkatnya.

Tersedia dalam 2 warna netral yaitu hitam dan putih, Anda bisa pilih warna sesuai kesukaan atau kebutuhan ruangan. Uniknya lagi, rak bunga ini memungkinkan Anda memilih sendiri material pembuatannya, mulai dari full kayu, full besi, atau kombinasi kayu dan besi.

Material Kayu dan besi
Tingkat 6 tingkat
Bisa digantung Tidak
Ukuran (p x l x t) 31 cm x 21 cm x 140 cm
Bobot Tidak disebutkan
Beban maksimum Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp220.000 – Rp290.000

6. Guninco Amtali 2 Rak Dinding Gantung

Sumber: Shopee.co.id

Rak gantung ekonomis yang mudah dipasang

Butuh hiasan untuk dinding kamar Anda? Rak bunga Guninco ini dapat digantung pada salah satu sisi dinding kamar Anda. Selain cocok menghiasi kamar, rak ini ideal pula ditempatkan di ruang baca, ruang tamu, atau ruangan indoor lain. Bahannya berupa kayu yang dikombinasikan dengan tali makrame, sentuhan sederhana nan manis akan menemani hari-hari Anda selama di rumah!

Material Kayu
Tingkat 3 tingkat
Bisa digantung Ya
Ukuran (p x l x t) 36 cm x 9 cm x 60 cm
Bobot Tidak disebutkan
Beban maksimum Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp42.000

7. Clover Rak Tanaman

Rak tiga susun untuk menata banyak pot bunga

Jika koleksi pot bunga Anda cukup banyak, rak satu ini mungkin layak dipertimbangkan. Rak bersusun tiga dengan dudukan persegi panjang dari Clover ini sanggup menampung lebih banyak pot bunga. Pada bagian paling bawah, Anda bisa menaruh 1 – 2 pot berukuran mini hingga sedang.

Sementara di tingkat kedua dan pertama, Anda bisa menjajarkan beberapa pot bunga mini. Walau tampak seperti kayu, bahan utama rak bunga ini adalah plastik. Buat Anda yang khawatir rak bunga melapuk, berkarat, atau mengelupas, Clover Rak Tanaman berikut menjadi salah satu opsi terbaik Anda!

Material Plastik
Tingkat 3 tingkat
Bisa digantung Tidak
Ukuran (p x l x t) 51,2 cm x 64,2 cm x 90,3 cm
Bobot 3,1 kg
Beban maksimum 18,9 kg
Kisaran harga Rp349.000

8. AONEZ Rak Tanaman Hias

Sumber: Shopee.co.id

Rak dekoratif bergaya minimalis yang mudah diinstal

Sebelum membeli furnitur, Anda mungkin perlu tahu seberapa mudah menginstal barang tersebut. Hal yang sama berlaku ketika membeli rak bunga. Bila Anda memiliki concern tersebut, rak bunga Aonez ini merupakan pilihan ideal. Rak ini tersusun atas beberapa bagian dasar yang mudah mudah dibongkar pasang.

Rak dengan gaya minimalis ini juga fleksibel ditempatkan di berbagai ruangan, seperti di balkon hingga di depan kamar mandi. Karena ukurannya tergolong kecil, rak ini bisa dialihfungsikan sebagai rak buku, sepatu, atau benda-benda lain.

Material Plastik/PVC
Tingkat 2 tingkat
Bisa digantung Tidak
Ukuran (p x l x t) 52 cm x 23 cm x 40 cm
Bobot 1 kg
Beban maksimum Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp95.000

9. Rak Bunga Wooden

Sumber: Shopee.co.id

Rak kayu berbentuk unik menyerupai huruf A

Bagi Anda yang bosan dengan bentuk rak bertingkat sejajar, Rak Bunga Wooden mungkin menjadi satu yang Anda suka. Mengusung desain bodi A-shape, Anda bisa meletakkan 4 pot bunga berukuran mini hingga sedang di setiap dudukannya.

Material kayu pinus penyusunnya didesain solid. Lapisan luar rak ini diberi finishing clear glossy untuk kesan halus pada setiap sisi permukaan. Walau menggunakan bahan dasar kayu, Rak Bunga Wooden bersifat water resistant, lho! Untuk Anda yang mencari rak bunga tidak mudah lapuk dan berjamur, segera pilih produk ini!

Material Kayu
Tingkat 2 tingkat
Bisa digantung Tidak
Ukuran (p x l x t) 50 cm x 16 cm x 50 cm
Bobot 1 kg
Beban maksimum Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp66.000

10. IKEA LERBERG Shelf Unit – Dark Grey

Sumber: Ikea.co.id

Rak penyimpanan multifungsi untuk menata tanaman sekaligus buku

Jika Anda mencari rak besar, tinggi, dan serbaguna, IKEA LERBERG Shelf Unit menjadi salah satu yang recommended. Mempunyai empat tingkat sejajar dengan lebar dudukan berbeda-beda, ukuran pot bunga yang bisa ditampung pun beragam.

Di samping ideal untuk menyusun pot bunga, Anda bisa menggunakan rak ini untuk menata buku bacaan hingga mini speaker. Membaca buku ditemani musik favorit, atau ingin sekadar bersantai memandangi indahnya bunga-bunga? Rak bunga multifungsi ini jawabannya!

Material Besi
Tingkat 4 tingkat
Bisa digantung Tidak
Ukuran (p x l x t) 60 cm x 35 cm x 148 cm
Bobot 5,12 kg
Beban maksimum 10 kg
Kisaran harga Rp299.000

Kesimpulan

Wah, pilihan rak bunga yang beredar di pasaran cukup banyak, bukan? Saat memilih rak bunga, Anda perlu memerhatikan aspek seperti bahan, ukuran, hingga bentuknya. Selain mengecek langsung rak bunga pilihan Anda, tentukan dulu di mana Anda ingin menaruh rak bunga.

Jumlah dan ukuran pot bunga koleksi Anda turut menentukan rak bunga mana yang sebaiknya Anda pilih. Semoga setelah melihat ulasan kami terkait cara memilih rak bunga, sekaligus melihat produk rekomendasinya, Anda berhasil temukan salah satu pilihan terbaik.

(Visited 278 times, 7 visits today)