Written by 01:53 Interior & Furnitur

10 Rekomendasi Kasur Matras Terbaik

Kasur matras yang berkualitas baik akan menghasilkan kualitas tidur yang baik pula. Jika kualitas tidur baik, kesehatan fisik dan mental pun terjaga. Salah dalam memilih kasur dapat menimbulkan gangguan kesehatan seperti nyeri tulang belakang, mendengkur, hingga rentan stres akibat tidur kurang nyenyak.

Di Indonesia, sejumlah merek seperti Comforta, Uniland, dan Bigland memproduksi kasur matras dengan fitur-fitur tertentu yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Untuk membantu Anda, berikut kami jelaskan cara memilih kasur matras serta sepuluh rekomendasi produk terbaik versi PickyBest. Selamat membaca!

Cara Memilih Kasur Matras

Sebelum menjatuhkan pilihan pada suatu produk, Anda terlebih dahulu harus memahami cara memilih kasur matras yang baik. Kenyamanan dan ukuran yang sesuai adalah dua aspek terpenting yang harus diperhatikan. Untuk lebih jelasnya, yuk, simak tips berikut!

Pilihlah Jenis Kasur sesuai Kebutuhan dan Kenyamanan Anda

Pertama, kenali kebutuhan dan kenyamanan Anda. Apakah Anda membutuhkan kasur yang cukup keras untuk menopang tubuh Anda sendiri, atau kasur yang lembut untuk tidur bersama anak-anak. Ada beberapa jenis kasur matras yang dapat Anda pilih yaitu kasur pegas, nonpegas, dan kasur hybrid. Ayo bedah satu per satu perbedaannya.

Kasur Pegas: Lebih Adem berkat Adanya Sirkulasi Udara

Kasur pegas terdiri dari tiga bagian yakni fondasi, inti, dan lapisan atas. Lapisan terbawah atau fondasi biasanya terbuat dari wol yang menopang pegas atau besi spiral di bagian inti. Di bagian inti ini, semakin banyak spiral yang digunakan, semakin tebal kumparannya dan membuat dukungan matras menjadi lebih baik. Sedangkan lapisan atas berupa busa yang nyaman atau fiber sebagai penutup pegas.

Kasur pegas juga dinilai lebih ideal untuk ditiduri. Pasalnya, struktur berupa kumparan besi menjadikan matras ini lebih kuat menopang tubuh. Namun, kasur pegas tidak mampu menyerap gerakan dengan baik. Jadi, jika Anda tidur bersama anak atau pasangan, Anda mungkin akan merasakan gerakan mereka saat sedang tidur.

Bagi Anda yang mudah berkeringat, Anda bisa memilih kasur matras jenis pegas ini. Sirkulasi udara di dalam matras membuatnya terasa lebih adem saat digunakan. Kasur pegas cocok juga bagi Anda yang tinggal di tempat yang bercuaca panas. Sayangnya, kasur matras jenis ini harganya cenderung lebih mahal dan sulit dibersihkan.

Kasur Tanpa Pegas (Busa): Mendistribusikan Tekanan dan Berat Badan secara Merata

Kasur busa tanpa pegas mengandung lapisan-lapisan lembut poliuretan atau busa poliol. Lapisan-lapisan busa ini memiliki ketebalan yang bervariasi, sehingga menciptakan fondasi sempurna untuk tekanan merata yang menyesuaikan berat tubuh. Karena menyesuaikan bentuk tubuh, Anda tidak hanya bebas dari gangguan gerakan pasangan selagi tidur, tetapi juga dapat mengurangi nyeri di badan.

Namun, kasur busa biasanya cenderung menahan panas sehingga lebih cocok digunakan di daerah yang dingin. Kabar baiknya, beberapa produsen kasur busa menambahkan gel foam atau teknologi pendingin lainnya untuk menyerap panas tersebut. Jadi, Anda tidak perlu khawatir kepanasan saat tidur.

Mengenai perawatan, kasur matras busa cukup dibalik setiap tiga bulan sekali. Mudah sekali, bukan? Cocok bagi Anda yang menyukai kepraktisan dalam merawat kasur. Jika Anda lebih memilih belanja online, kasur busa juga lebih mudah untuk dikirimkan dalam boks dibanding kasur pegas.

Kasur Hybrid: Kombinasi Kelebihan dari Kasur Pegas dan Tanpa Pegas

Bagi Anda yang menginginkan kelebihan dari kasur pegas sekaligus kasur busa, Anda bisa mempertimbangkan kasur hybrid. Kasur jenis ini mengombinasikan busa memori, lateks, atau gel dengan fondasi kumparan pegas. Pegas ini menjadikan kasur terasa bouncy saat Anda merebahkan diri sementara busanya terasa lembut menopang badan.

Jika Anda sering nyeri punggung, kasur jenis ini juga cocok untuk Anda karena komponen-komponennya mengikuti bentuk tubuh dengan baik. Lapisan-lapisan busanya dapat membantu melenturkan tulang belakang, mengangkat panggul, serta merelaksasi otot-otot dan ligament Anda.

Sesuaikan Ukuran Matras dengan Ruangan dan Tubuh Anda

Selain mempertimbangkan jenis kasur, hal lain yang patut Anda pertimbangkan yakni ukurannya.

Ada beragam jenis ukuran matras di pasaran, yakni:

  • Single (90×200, 100×200)
  • Super Single (120×200, 140×200)
  • Queen (160×200)
  • King (180×200)
  • Extra King (200×200)

Pastikan Anda memilih kasur matras dengan ukuran yang sesuai dengan ruangan dan juga tubuh Anda. Kasur yang besar untuk ruangan yang kecil tentu akan menjadikan ruangan semakin sempit.

Pemilihan kasur yang sesuai dengan besar ruangan juga akan menjadikan ruangan terlihat estetik. Di samping itu, perhatikan juga tinggi serta berat badan Anda. Untuk kenyamanan saat tidur, pilihlah kasur yang panjangnya lebih 10-15 cm dari tinggi badan Anda.

Jika Membeli di Toko, Cek Kenyamanannya dengan Berbaring Langsung di Atas Kasur

Anda juga bisa langsung mencoba berbaring di atas kasur ketika sedang memilih-milih di toko untuk memastikan kenyamanannya. Cobalah untuk berbaring selama 10 – 15 menit dengan posisi tidur yang biasa Anda lakukan di rumah. Jika Anda tidak menemukan posisi yang nyaman, Anda bisa mencoba kasur yang lain.

Namun, bila Anda lebih memilih membeli kasur secara online, pastikan Anda sudah mengetahui detail produk yang akan Anda beli. Anda juga bisa melihat-lihat review pengguna di internet yang sudah membeli kasur matras incaran Anda. Jangan lupa untuk memperhatikan ukuran, bahan, dan fitur-fitur lain yang Anda butuhkan.

10 Rekomendasi Kasur Matras Terbaik

Seusai mengetahui cara memilih kasur matras, berikut kami sajikan sepuluh kasur matras terbaik rekomendasi PickyBest untuk memudahkan Anda menjatuhkan pilihan. Selamat memilih!

1. Comforta Super Dream

Meminimalisir efek gerakan dengan sistem perakitan pegas sejajar tulang punggung

Sering merasa terganggu dengan gerakan pasangan saat tidur? Cobalah pertimbangkan kasur pegas dari Comforta ini. Produk ini menggunakan sistem perakitan pegas secara vertikal yang sesuai dengan tulang punggung manusia. Dengan sistem ini, jumlah pegas menjadi lebih banyak pergerakan saat tidur pun teredam.

Lapisan kain sistem knitted dan quilting tebal pada kasur ini menjadikannya empuk untuk Anda tiduri. Tak hanya itu, kasur ini juga lebih kokoh dan tahan lama berkat corner guard di setiap pojok kasur. Corner guard ini juga menopang tubuh Anda dengan lebih kuat.

JenisPegas
Ukuran90 cm x 200 cm
WarnaAbu-abu
HargaRp4.420.000

2. Domi Mattress Wonder Gray

Sumber: Shopee.co.id

Dilengkapi teknologi Sanitized yang mencegah pertumbuhan bakteri

Jika Anda memiliki kulit sensitif, kami merekomendasikan Domi Mattress Wonder. Produk ini menggunakan kain lembut berteknologi Sanitized dari Swiss. Teknologi ini mencegah bakteri dan tungau berkembang biak pada kasur. Anda pun tidak perlu khawatir lagi akan gatal-gatal saat tidur.

Uniknya, kasur matras ini dikemas dengan cara divakum dan digulung ke dalam boks, menjadikannya super praktis bagi Anda yang lebih suka membeli kasur secara online. Mengenai keawetannya, produk ini menggunakan busa jenis poliuretan yang tahan lama serta tidak mudah kempis.

JenisPegas
Ukuran90 cm x 200 cm
WarnaPutih
HargaRp1.799.000

3. Inthebox Hybrid

Sumber: Inthebox.id

Kasur di dalam boks memudahkan proses pengiriman

Dikemas di dalam boks, kasur jenis ini memudahkan Anda ketika hendak membawanya pulang setelah proses pembelian. Dengan kemasan boks ini, Anda juga dapat dengan mudah memasukannya ke kamar. Sedangkan untuk pembelian secara online, akan lebih menghemat biaya pengiriman.

Selain kemasan yang praktis, produk ini terbuat dari memory foam dan busa yang tidak mudah kempis. Perpaduan kedua bahan ini menjadikan kasur mengikuti lekuk tubuh Anda sekaligus menopangnya dengan baik. Apabila Anda memiliki bayi, kasur ini cocok untuk dijadikan pilihan karena cukup lembut.

JenisHybrid
Ukuran160 cm x 200 cm
WarnaBiru
HargaRp1.314.560

4. Quantum Maxwell Latex Orthopedic

Sumber: Blibli.com

Bebas sakit punggung dengan fitur Ortho Spring Support

Terbuat dari R90 rebonded foam dengan ketebalan 28 cm, produk ini direkomendasikan bagi Anda yang mengalami keluhan sakit punggung. Pegas yang digunakan dalam kasur ini adalah pegas jenis bonnel dengan kawat lebih besar dan diameter lebih kecil. Hal ini menjadikan kasur cukup keras untuk menopang punggung Anda.

Mengenai kenyamanannya, produk ini menggunakan natural latex sebagai lapisannya. Natural latex mengandung banyak sekali lubang kecil sehingga lima kali lebih adem dibanding synthetic latex. Anda pun tidak akan merasa kegerahan tidur di atas kasur ini.

JenisTanpa pegas
Ukuran90 cm x 200 cm
WarnaPutih
HargaRp2.869.750

5. Inoac Yukata Kasur Lipat

Sumber: Blibli.com

Bisa dilipat, ruangan kamar Anda tetap lega di luar jam tidur

Brand Inoac mungkin sudah tak asing di telinga kebanyakan penduduk Indonesia. Salah satu seri kasur terlaris dari Inoac adalah Yukata Kasur Lipat. Meski berbahan dasar foam, kasur ini dapat menjadi pilihan untuk Anda yang ingin tidur nyenyak tanpa kegerahan, serta mengharapkan keawetan tanpa khawatir kasur kempes.

Motif bernuansa sederhana membuat kasur ini ideal ditempatkan di berbagai desain kamar. Di samping varian ukuran yang banyak, sesuai namanya, kasur ini dapat dipilih bila Anda ingin menjaga ruangan tetap lega hanya dengan melipatnya saat tidak dipakai.

JenisBusa
Ukuran120 cm x 200 x 15 cm
WarnaBiru
HargaRp1.071.000

 6. Sleep Center Superfit Fantasia

Sumber: Shopee.co.id

Menopang tubuh dengan kuat berkat foam encasement-nya

Sleep Center merancang Superfit Fantasia dengan harga ekonomis, namun tetap mengusung teknologi unggulan, seperti Pocket Spring yang mengurangi getaran saat kasur terguncang. Tenang, produk ini hadir dengan berbagai varian ukuran, Anda pun bisa sesuaikan dengan jumlah pengguna.

Busa ekstra keras berupa foam encasement membuat kasur ini memberi topangan ekstra. Berkat lapisan terluar yang terbuat dari 3D knitted fabric, kasur ini bakal mengikuti lekuk tubuh Anda selama tidur.  Belum usai, Sleep Center menyematkan plush top sebagai pelapis pegas agar badan Anda tetap nyaman saat berbaring.

JenisPegas
Ukuran90 x 200 cm
WarnaPutih
HargaRp1.599.000

7. Informa Sleep Cusco

Sumber: Ruparupa.com

Lengkap dengan bantal dan guling yang cover bawaannya bisa dicuci

Brand kenamaan, Informa, menghadirkan kasur dengan pegas yang mudah kembali ke posisi semula. Pocket spring ini sanggup menopang dua orang dengan menyebarkan beban ke seluruh penjuru tanpa mengeluarkan suara berisik. Ditambah busa berkepadatan medium, tubuh pun tertopan optimal agar tidur semakin nyaman.

Saat membeli Informa Sleep Cusco, Anda tidak perlu membeli ekstra bantal dan guling, karena sudah dijual sepaket dengan dua aksesori kasur tersebut. Bantal dan gulingnya terbuat dari chopped memory foam dengan kover yang dapat dilepas dan dicuci. Anda bisa membeli produk ini online dalam kemasan kotak untuk isi yang telah divakum.

JenisHybrid
Ukuran180 x 200 x 20 cm
WarnaPutih dan hitam
HargaRp2.849.000

8. Elite Prudent Mattress

Sumber: Shopee.co.id

Dengan teknologi EverFlex yang memberikan kenyamanan maksimal

Produk ini dilengkapi fitur-fitur yang memastikan kenyamanan Anda saat tidur. Pegas EverFlex-nya memiliki daya elastisitas dan ketahanan prima yang memberikan titik tekanan balik yang nyaman bagi tubuh.

Elite Prudent Mattress juga dilengkapi busa Ultracel yang segera kembali ke bentuk semula setelah menopang tubuh Anda meski dalam waktu lama. Selain itu, kasur ini memiliki lapisan yang diinjeksi gel yang beradaptasi dengan suhu. Hal ini menjadikan springbed ini dapat menyesuaikan suhunya dengan tubuh Anda begitu Anda merebahkan diri.

JenisPegas
Ukuran100 cm x 200 cm
WarnaAbu-abu
HargaRp2.100.000

9. IKEA Moshult

Sumber: Ikea.co.id

Ramah lingkungan karena dapat didaur ulang

Mengusung konsep kemasan kasur yang dapat digulung, Anda pun lebih mudah membawa pulang kasur dari IKEA ini. Selain itu, produk ini juga memiliki sarung yang dapat dilepas dan dicuci untuk memudahkan proses pembersihan, bahkan dengan mesin cuci.

Dengan bahan yang dapat didaur ulang, produk ini cocok untuk Anda yang peduli akan lingkungan. Pada sisi kasur terdapat ritsleting tanpa ujung yang membuatnya aman saat dimainkan anak-anak. Untuk kenyamanan bagi Anda serta keamanan bagi anak, IKEA Moshult pilihannya.

JenisBusa
Ukuran80 cm x 200 cm
WarnaPutih
HargaRp999.000

10. Simply Original Bed

Nyaman saat tidur, praktis saat pengiriman

Simply Original Bed menawarkan fitur-fitur yang memberi Anda kenyamanan ekstra. Kasur matras ini menggunakan Ultra Flex high density yang menopang tubuh Anda dengan kokoh serta mampu mengikuti lekuk tubuh Anda. Pelindung kasurnya pun dapat dilepas sehingga Anda bisa mencucinya secara berkala.

Tidak hanya kenyamanan saat tidur, produk ini juga memiliki kemasan yang praktis sehingga memudahkan pengiriman. Dikemas dalam boks, menjadikannya hemat tempat serta biaya pengiriman saat dikirim ke rumah Anda.

JenisBusa
Ukuran100 cm x 200 cm
WarnaPutih
HargaRp1.760.000

Tabel Perbandingan Kasur Matras

ProdukComforta Super DreamDomi Mattress Wonder GrayInthebox HybridQuantum Maxwell Latex OrthopedicInoac Yukata Kasur LipatSleep Center Superfit FantasiaInforma Sleep CuscoElite Prudent MattressIKEA MoshultSimply Original Bed
JenisPegasPegasHybridBusaBusaPegasHybridPegasBusaBusa
Ukuran90 cm x 200 cm90 cm x 200 cm160 cm x 200 cm90 cm x 200 cm120 x 200 x 15 cm90 x 200 cm180 x 200 x 20 cm100 cm x 200 cm80 cm x 200 cm100 cm x 200 cm
WarnaAbu-abuPutihBiruPutihBiruPutihPutih hitamAbu-abuPutihPutih
Kisaran hargaRp4.420.000Rp1.799.000Rp1.314.560Rp2.869.750Rp1.071.000Rp1.599.000Rp2.849.000Rp2.100.000Rp999.000Rp1.760.000
Periksa ketersediaan

Kesimpulan

Memilih kasur matras yang sesuai dengan kebutuhan sangat berpengaruh terhadap kualitas tidur Anda. Kulitas tidur yang baik akan memengaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan. Untuk itu, penting bagi Anda memilih kasur yang nyaman Anda tiduri.

Kami telah menjelaskan cara memilih kasur matras terbaik. Dari sepuluh rekomendasi produk versi kami, sudahkah Anda menentukan pilihan? Semoga Anda merasa terbantu dengan artikel ini. Selamat menentukan!

Referensi

Innerspring – Mattress Tech From The 1800s
https://purple.com/mattress-types/innerspring-mattresses diakses pada 18 Januari 2021

Which is Best: Memory Foam vs Spring Mattress
https://www.ghostbed.com/pages/memory-foam-vs-spring-mattress diakses pada 18 Januari 2021

What is a Hybrid Mattress?
https://casper.com/blog/what-is-hybrid-mattress/ diakses pada 18 Januari 2021

Pengenalan Jenis Kasur, Spring Bed dan Matras Terlengkap
https://www.dekoruma.com/kasur/about diakses pada 18 Januari 2021

Tips Memilih Kasur yang Sehat dan Sesuai Dengan Kebutuhan Anda
https://hellosehat.com/pola-tidur/tips-tidur/tips-memilih-kasur/ diakses pada 18 Januari 2021

(Visited 117 times, 1 visits today)