Written by 10:39 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Memutihkan Wajah

Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Face Wash

Rutin membersihkan wajah berdampak baik pada kesehatan kulit wajah. Selain menyehatkan, aktivitas tersebut juga memudahkan Anda memiliki kulit wajah yang putih dan cerah. Namun, lebih baik lagi jika Anda menggunakan sabun pencuci muka untuk memutihkan wajah. Tenang saja, di Indonesia Anda bisa menemukan beragam produk pembersih wajah dengan efek memutihkan, kok!

Merek-merek seperti The Face Shop, Laneige, Kojie San, hingga brand Senka asal Jepang yang lagi booming belakangan ini memproduksi sabun pencuci muka untuk memutihkan wajah. Kami akan mencantumkan daftarnya dalam artikel ini. Sebelum menengok list-nya, pertama-tama ketahui dulu bagaimana memilih sabun cuci muka terbaik untuk memutihkan wajah di bagian berikut. Yuk!

Cara Memilih Sabun Cuci Muka untuk Memutihkan Wajah

Sebenarnya, sabun muka hanya bekerja sementara waktu dengan fokus utama membersihkan kulit wajah dari akumulasi kotoran, debu, dan minyak. Meski demikian, efek whitening dari produk yang selanjutnya Anda gunakan tak terasa optimal manfaatnya bilamana Anda tidak tepat dalam memilih serta menggunakan sabun muka.

Maka dari itu, kami akan menjelaskan terlebih dahulu, aspek-aspek apa saja yang penting diperhatikan dalam memilih sabun muka. Tujuan Anda ingin memutihkan wajah, bukan? Oleh sebabnya, penting memahami sederet kandungan yang terbukti efektif dalam membantu mencerahkan warna kulit. Selain itu, perhatikan pula kualitas kulit Anda supaya produk yang dipilih semakin cocok dengan kulit Anda. Mari simak selengkapnya di bagian ini!

Periksa Kandungan Pencerah pada Setiap Sabun Muka

Efek memutihkan pada sabun muka bergantung pada kandungan yang digunakan. Setidaknya, ada empat kandungan dengan efek memutihkan kulit yang bisa Anda temukan pada sabun muka, yakni alpha arbutin, niacinamide, glycolic acid, dan ekstrak bengkuang.

Alpha Arbutin: Membantu Wajah Lebih Cerah dengan Memudarkan Bintik Hitam (Freckles)

Alpha Arbutin Membantu Wajah Lebih Cerah dengan Memudarkan Bintik Hitam Freckles

Alpha arbutin dapat memberikan efek memutihkan dan meratakan warna kulit. Bahan ini sering dimasukkan dalam jajaran komposisi produk skincare, termasuk facial wash dalam bentuk facial foam, facial scrub, dan semacamnya. Alpha arbutin diperoleh dari buah-buahan berry, contohnya bagian daun dan buah bearberry.

Banyak sumber menyatakan efektivitas alpha arbutin sebagai kandungan yang ampuh memutihkan wajah. Bahkan, hasil yang ditawarkan lebih cepat daripada jenis arbutin lainnya, seperti beta arbutin. Bukan cuma menjadikan kulit cerah, alpha arbutin juga membantu memudarkan freckles atau bintik hitam di wajah dengan cepat.

Niacinamide: Menekan Produksi Melanin untuk Membantu Mencerahkan Warna Kulit

Niacinamide Menekan Produksi Melanin untuk Membantu Mencerahkan Warna Kulit

Niacinamide atau vitamin B3 adalah zat yang membawa kebaikan kulit bagi kulit, sehingga keberadaannya mudah ditemui pada produk-produk perawatan, termasuk sabun pencuci muka yang diklaim mampu memutihkan kulit. Sebagai vitamin esensial yang diperlukan kulit, niacinamide bertindak sebagai penghambat pertumbuhan melanin yang menyebabkan kulit tampak lebih gelap.

Efek buruk polusi yang merusak sel-sel kulit juga dapat dicegah melalui efek antioksidan pada niacinamide. Bahkan, senyawa ini juga bersifat anti-inflamasi yang berguna meredakan kemerahan akibat peradangan. Di samping itu, niacinamide turut membantu perbaikan kulit dengan merangsang produksi ceramide di dalam membran sel kulit.

Glycolid Acid: Mendukung Efek Mencerahkan Tone dan Corak Kulit

Glycolid Acid Mendukung Efek Mencerahkan Tone dan Corak Kulit

Tak hanya hadir dalam bentuk toner, lotion, krim, serum, atau pelembap, glycolic acid juga digunakan dalam skincare berbentuk sabun muka atau pembersih wajah. Di dunia kecantikan sendiri, glycolic acid menjadi salah satu kandungan terbaik untuk mencerahkan tone dan meratakan corak kulit.

Banyak ahli dermatologi menyarankan setiap orang yang ingin merasakan kulit cerah alami dengan rutin menggunakan produk perawatan berkandungan glycolic acid. Bicara keamanannya, produk berformulakan 6 – 12% asam glikolat masih tergolong aman. Menurut FDA (Food and Drugs Administration) sendiri, bahan ini termasuk dalam kategori A (tidak berisiko), sehingga aman untuk ibu hamil.

Ekstrak Bengkuang (Jicama): Kaya akan Vitamin dan Bahan Aktif untuk Memutihkan Wajah

Ekstrak Bengkuang Jicama Kaya akan Vitamin dan Bahan Aktif untuk Memutihkan Wajah

Sabun muka yang mengandung ekstrak bengkuang dapat meningkatkan warna cerah alami kulit Anda. Salah satu brand lokal pencetus sabun muka berkandungan ekstrak bengkuang adalah Mustika Ratu, namun belakangan muncul pula produk dari brand kenamaan lain.

Dahulu, bahan alami ini dimasukkan ke dalam produk lulur mandi, namun sekarang tak sedikit facial wash yang mengandalkan jicama extract untuk menghasilkan efek whitening. Bukan tanpa alasan, melainkan kandungan antioksidan tinggi dalam bengkuang mampu melindungi sel kulit dari efek buruk radikal bebas yang merusak kulit.

Bukan cuma itu, bengkuang juga diketahui mengandung zat lain seperti vitamin B, vitamin C, dan bahan aktif semacam isoflavonoid yang bertindak sebagai antioksidan dan antitirosin untuk membantu memutihkan kulit. Sementara pada produk berbentuk krim, ekstrak bengkuang akan lebih efektif dalam menghambat aktivitas enzim tirosinase yang diperlukan dalam produksi melanin.

Agar Lebih Optimal, Sesuaikan Sabun Muka dengan Jenis Kulit Anda

Tipe kulit Anda dengan teman, saudara, atau bahkan keluarga Anda belum tentu sama. Oleh karena itu, pertimbangkan juga pemilihan sabun muka untuk memutihkan wajah berdasarkan jenis kulit Anda. Tak usah khawatir karena kami juga memberikan sedikit insight agar nantinya Anda tak kesulitan ketika menentukan produk.

Kulit Normal: Pastikan Tidak Membuat Kulit Anda Kering setelah Penggunaan

Kulit Normal Pastikan Tidak Membuat Kulit Anda Kering Setelah Penggunaan

Kulit yang normal bukan berarti lebih tahan terhadap masalah. Apabila keliru memilih sabun muka, tetap saja masalah seperti kulit kering atau kulit berminyak dapat muncul. Oleh karena itu, pastikan Anda menghindari sabun muka berbentuk batang karena lebih rentan menjadikan kulit kering dan bahkan iritasi.

Pemilik kulit normal lebih disarankan menggunakan sabun pembersih wajah bertekstur cair atau busa dengan formula lebih lembut. Apabila Anda mendapati kulit wajah kering setelah mencuci muka, oleskanlah pelembap supaya kulit kembali kenyal dan elastis.

Kulit Kering: Carilah Sabun Muka yang Dilengkapi Pelembap

Kulit Kering Carilah Sabun Muka yang Dilengkapi Pelembap

Kulit yang kering dapat tersiksa oleh efek kulit tertarik setelah mencuci muka. Hal ini dapat Anda cegah dengan memilih sabun muka yang diperkaya bahan pelembap, baik itu berjenis humektan, emollient, ataupun occlusive. Apa saja contohnya?

  • Golongan humektan (water-based): aloe vera, alpha hydroxy acid (AHA), hyaluronic acidseaweed, dan glycerin.
  • Golongan emollient (oil-based): sunflower seed oil, jojoba oil, vegetable oil, shea butter, dan lanolin.
  • Golongan occlusive (oil-based): rose hip, hazelnut oil, avocado, beeswax, petroleum jelly, petrolatum mineral oil, dan dimethicone.

Walau masing-masing berfungsi melembapkan, lebih baik Anda mengutamakan sabun muka yang menggunakan pelembap tipe humektan karena tidak mengandung minyak yang berat. Jika kulit Anda tergolong sangat kering, pelembap berbasiskan minyak seperti emollient atau occlusive dapat menjadi pilihan.

Kulit Berminyak: Belilah Produk yang Efektif Mengontrol Minyak di Wajah

Kulit Berminyak Belilah Produk yang Efektif Mengontrol Minyak di Wajah

Selain mementinkan kandungan yang bekerja memutihkan wajah, Anda yang berkulit berminyak juga perlu memprioritaskan sabun muka yang menyimpan kandungan pengontrol minyak. Carilah sabun muka yang mengantongi komponen hyaluronic acid, niacinamide, salicylic acid, glycolic acid, atau retinol di dalamnya.

Agar tidak menimbulkan risiko negatif, hindarilah sabun muka berkomposisikan mineral oil, petrolatum, dan petroleum jelly. Ketiga kandungan ini bersifat comedogenic sehingga dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan produksi jerawat pun tak terelakkan.

Kulit Sensitif: Hindari Produk dengan Kandungan Sabun dan Deterjen

Kulit Sensitif Hindari Produk dengan Kandungan Sabun dan Deterjen

Term kulit sensitif mengarah pada kondisi kulit yang rentan mengalami iritasi terhadap interaksi bahan-bahan di dalam produk kosmetik ataupun skincare. Kulit yang sensitif biasanya merasakan efek tertarik setelah menggunakan sabun cuci muka. Pastikan Anda yang memiliki kulit sensitif memilih produk yang tidak memicu efek reaktif bagi kulit.

Produk pencuci muka bebas sabun (soap-free) dan tidak mengandung deterjen wajib menjadi opsi. Agar lebih aman, Anda juga dapat memilih produk berlabel hypoallergenic yang kandungannya telah teruji tidak menyebabkan alergi. Selain itu, produk tanpa pewangi sebaiknya tidak dipilih karena mendorong reaksi alergi pada kulit. Hal ini berlaku juga pada produk yang berbahan iritatif semisal sulfat dan alkohol (etanol).

Kulit Kombinasi: Hindari Pembersih Wajah dengan Kandungan Pewangi dan Alkohol

Kulit Kombinasi Hindari Pembersih Wajah dengan Kandungan Pewangi dan Alkohol

Apabila kulit Anda terasa berminyak hanya di zona T (kening, hidung, dan dagu), dan tidak di daerah lain seperti pipi, maka kulit Anda tergolong kombinasi. Cukup tricky untuk menggunakan kosmetik ataupun skincare pada kondisi kulit seperti ini. Jika tidak tepat menggunakan sabun muka, boleh jadi kulit wajah justru dihinggapi masalah lain seperti komedo dan pori-pori yang terlihat semakin besar.

Untuk menanggulangi perbedaan kondisi kulit pada zona wajah Anda, Anda bisa mengandalkan sabun muka bertekstur gel yang dapat membersihkan dan melembapkan tanpa menyumbat pori-pori kulit. Pastikan untuk memilih produk yang menghasilkan cukup busa agar tidak berpotensi menyebabkan ruam. Selain itu, hindari juga produk yang mengandung alkohol, pewangi, dan antibacterial agent.

Pilih Wujud Sabun Muka Berdasarkan Kemudahan Pemakaiannya

Pilih Wujud Sabun Muka Berdasarkan Kemudahan Pemakaiannya

Tersedia banyak sekali pilihan merek sabun muka untuk memutihkan wajah, namun dilihat dari wujudnya hanya terdiri dari 3 macam, yakni bubuk, krim, dan gel. Sabun muka dalam bentuk krim atau gel paling banyak ditemui di pasaran. Anda bisa memilih sabun muka berjenis cair atau krim karena menawarkan kepraktisan dan busa yang melimpah.

Beda halnya apabila Anda memikirkan segi biaya dan penggunaan, sabun muka berbentuk bubuk ideal dipilih. Alasannya, sabun muka jenis bubuk tidak mengandung air sehingga jangka waktu penyimpanannya lebih lama. Namun, produk berwujud bubuk sedikit merepotkan karena Anda harus membuat adonan menyerupai pasta terlebih dahulu sebelum bisa diaplikasikan ke wajah.

10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Memutihkan Kulit Wajah

Sudahkah Anda memperoleh gambaran sabun cuci muka dengan efek memutihkan mana yang Anda butuhkan? Berikut kami tampilkan 10 sabun muka terbaik yang diklaim efektif untuk memutihkan wajah. Yuk, dapatkan produk yang paling sesuai dengan tipe kulit Anda!

1. Natasha Gentle Foam Facial Wash

Natasha Gentle Foam Facial Wash

Mencerahkan skin tone secara merata sekaligus menyegarkannya

Produk pencuci muka dari Natasha hadir membawa kandungan lactic acid yang berperan baik dalam membersihkan wajah dan menyegarkannya. Belum usai di situ, asam laktat juga membantu menjaga kelembapan kulit wajah tanpa memberi kesan lengket.

Dengan menggandeng extract botanical ke dalamnya, sabun muka berikut bakal membuat kulit wajah bebas partikel asing yang melekat akibat polusi. Sifat anti polutan dari produk seberat 120 gram ini membantu kulit wajah terasa ringan. Uniknya lagi, Natasha Gentle Foam Facial Wash juga mampu menyingkirkan komedo sekaligus meningkatkan kecerahan skin tone.

Ukuran120gr
Kisaran hargaRp83.000

2. Laneige Multi Deep-Clean Cleanser

Laneige Multi Deep Clean Cleanser

hilangkan sel-sel kulit mati secara lembut

Dibandrol pada kisaran harga cukup tinggi, sabun cuci muka untuk memutihkan wajah dari Laneige menjamin hasil yang signifikan. Produk ini lebih cocok dipakai sehabis beraktivitas. Alasannya, kandungan enzim papain dari tumbuhan pada produk ini bakalan membersihkan makeup, sunscreen, dan debu halus dari kulit wajah.

Rasakan pembersihan optimal melalui dukungan pengangkatan sel-sel kulit mati dari Laneige Multi Deep-Clean Cleanser. Komposisinya pun diperkaya oleh ekstrak blueberry yang menjadikan kulit tampak lebih bersih dan cerah. Penggunaan produk ini begitu nyaman karena cellulose beads membuat teksturnya mudah meleleh di telapak tangan.

Ukuran30ml
Kisaran hargaRp64.720

3. Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Face Wash

Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Face Wash

Menghasilkan kulit cerah dan terjaga kelembapannya setiap habis mencuci muka

Terdapat dua zat aktif whitening agent yang membuat sabun muka ini sangat bagus dan recommended untuk meningkatkan kecerahan wajah. Kedua komponen tersebut adalah high purity arbutin dari tanaman bearberry dan whitening extract yang bekerja mencerahkan warna kulit, menyamarkan noda hitam, serta mencegah kulit tampak kusam.

Sabun muka dari Hada Labo ini tidak mengandung zat pewangi, pewarna, dan ethanol. Risiko kulit teriritasi juga rendah karena formula pH yang diseimbangkan dengan pH kulit. Setelah mencuci muka, agen pelembap hyaluronic acid menyelinap masuk ke lapisan kulit untuk melembapkan dan melembutkannya.

Ukuran100ml
Kisaran hargaRp37.000

4. Kojie San Skin Lightening Kojic Acid Soap

Kojie San Skin Lightening Kojic Acid Soap

Efektif menghilangkan age spot, freckles, noda jerawat, red mark, bekas luka, dan kerusakan akibat sinar UV

Kojie San Skin Lightening Kojic Acid Soap adalah sabun pembersih muka yang dirancang dalam bentuk batangan. Untuk menjaga kebershannya, Anda perlu membagi-bagi sabun menjadi beberapa potong agar tidak mudah terkontaminasi. Sesuai namanya, sabun ini dibekali kandungan aktif kojic acid dari hasil fermentasi beras yang ditugaskan untuk mencerahkan dan memutihkan kulit.

Kojie San menambahkan komponen lain berupa vitamin C sebagai antioksidan yang memaksimalkan whitening effect dari kojic acid. Berasal dari bahan-bahan yang ringan dan alami seperti minyak kelapa dan jeruk segar, produk ini pun memancarkan aroma segar yang tercium langsung sejak pemakaian pertama.

Ukuran135gr
Kisaran hargaRp38.400

5. Emina Bright Stuff Face Wash

Emina Bright Stuff Face Wash

Sehabis perawatan, kulit terasa lebih halus dan satu tingkat lebih cerah!

Kulit wajah yang lebih putih kini bisa Anda raih tanpa harus mengeluarkan banyak dana untuk perawatan. Emina menawarkan sabun muka berkemasan tube yang imut dan wangi untuk Anda gunakan sebagai daily cleanser. Produk yang ringan dan tidak memakan tempat ini terjamin kehigienisannya karena tutup flip top yang cukup rapat.

Emina Bright Stuff Face Wash diklaim sebagai produk pencuci muka yang mampu menghidrasi, mencerahkan, dan melindungi kulit dari efek radikal bebas. Keutamaan niacinamide di dalamnya mencegah kulit wajah menggelap dengan menekan pertumbuhan melanin. Bukan itu saja, sabun muka ini juga diperkaya Glycyrrhiza glabra extract atau licorice extract untuk mengatasi kulit kusam dan meredakan iritasi.

Ukuran50ml
Kisaran hargaRp18.000

6. Senka Perfect White Clay

Senka Perfect White Clay

Memiliki aroma bunga-bungaan lembut dengan busa yang padat dan melimpah!

Merek skincare asal Jepang, Senka, memproduksi sabun pencuci muka yang dapat mencerahkan kulit wajah secara bertahap. Produk ini sangat laris di pasaran Indonesia karena efektivitasnya yang terbukti. Senka Perfect White Clay mencatutkan bahan utama white cocoon dan hyaluronic acid yang membersihkan kulit secara mendalam serta melembapkannya.

Pada varian ini, white clay-nya mamu mengangkat sel kulit mati hingga ke pori-pori terdalam tanpa membuat kulit wajah kering. Bagi Anda yang bermasalah dengan kulit kusam dan gelap, lakukanlah perawatan rutin menggunakan sabun muka satu ini. Kandungannya terbukti ampuh memberikan kulit wajah putih dan cerah seketika!

Ukuran120gr
Kisaran hargaRp62.000

7. Fanbo Precious White Facial Wash

Fanbo Precious White Facial Wash

Kebaikan ekstrak bunga Sakura khas Jepang dimiliki produk ini!

Jika Anda mencari sabun muka yang menghasilkan banyak busa, produk dari Fanbo patut dicoba. Dihadirkan dengan fungsi memutihkan wajah, produk berwarna putih dominan dalam kemasan tube ini bisa Anda beli dengan harga sangat terjangkau.

Fanbo Precious White Facial Wash dilengkapi ekstrak bunga Sakura yang diyakini efektif memelihara kulit agar senantiasa halus, sehat, lembut, dan cerah. Pada bunga Sakura juga terdapat isoflavon untuk menghambat pembentuk melanin pada jaringan kulit.

Ukuran100ml
Kisaran hargaRp30.200

8. Biokos White n Clear Granular Cleansing Foam

Biokos White n Clear Granular Cleansing Foam

Berasal dari bahan-bahan alami yang cocok untuk segala jenis kulit dan usia

Martha Tilaar Group mengeluarkan sabun cuci muka yang dapat memutihkan kulit dengan menangkal hiperpigmentasi. Produk ini mengantongi beberapa kandungan aktif, antara lain lactic acid, ekstrak bio-mulberry, vitamin A, C, dan E, pro vitamin B5, aluminium silica, ginkgo biloba, dan double UV protector.

Menariknya lagi, walau Biokos White n Clear Granular Cleansing Foam memiliki butiranscrub granula, teksturnya dirancang agar lembut dan tidak menyebabkan kulit kering ataupun kasar. Untuk Anda yang mendapati kulit gelap akibat tumpukan sel kulit mati dan kotoran, angkat semua dosa tersebut dengan sabun muka ini!

Ukuran100gr
Kisaran hargaRp51.700

9. Safi White Expert Purifying Cleanser

Safi White Expert Purifying Cleanser

Rasakan perubahan kulit lebih bersih dan putih hanya dalam waktu 1 bulan!

Sabun pencuci muka dalam bentuk foam ini terbilang unik, karena menghasilkan busa cukup banyak, namun tidak membuat kulit kering semakin kering atau meninggalkan kesan kulit tertarik. Beberapa testimonium menyebutkan bahwa produk ini memberikan efek perubahan warna kulit lebih putih hanya dalam 1 bulan pemakaian.

Banyak orang dengan kulit sensitif yang terhindar dari efek kulit gatal, memerah, beruntusan, maupun berjerawat setelah memakai facial foam ini. Seluruh keunggulan ini tak lain karena Safi menerapkan komposisi alami berupa ekstrak habbatus sauda yang didukung OxyWhite Technology untuk membersihkan debu dan kotoran dari pori secara lembut sekaligus melembapkannya.

Ukuran100gr
Kisaran hargaRp35.000

10. The Face Shop Rice Water Bright Cleansing Foam

The Face Shop Rice Water Bright Cleansing Foam

Sensasi kulit wajah cerah bersinar dan bebas kucel setiap kali mencuci muka!

The Face Shop Rice Water Bright Cleansing Foam memanfaatkan rice water untuk membantu kulit senantiasa terhidrasi. Cleanser berbentuk foam berikut menawarkan Anda kulit yang bersih tanpa efek iritasi setelah pemakaian. Hal ini tidak mengherankan mengetahui rice water yang mengandung vitamin A, B, E, dan ceramide sebagai pencipta hydrating effect.

Selain mengedepankan formula, The Face Shop juga menyusun facial foam ini dengan tekstur yang creamy agar nyaman dan praktis saat diaplikasikan. Satu lagi, meski produk ini berbentuk foam, busa yang dihasilkan tidak terlalu banyak sehingga cocok dipakai oleh Anda yang berkulit sensitif, kering, ataupun kombinasi, entah itu wanita maupun pria.

Ukuran150ml
Kisaran hargaRp113.400

Kesimpulan

Sampai sini, apakah Anda telah menemukan sabun pencuci muka yang mampu memutihkan kulit wajah? Kami harap Anda berhasil menemukannya, dan produk tersebut sangat cocok dengan kulit Anda! Saat mencuci muka, lakukanlah secara tepat mulai dari proses pembasuhan, pengaplikasian, hingga pembersihan sisa sabun yang menempel di wajah.

Jika Anda terbantu oleh rekomendasi produk sabun cuci muka di atas, sebaiknya Anda share juga artikel ini agar teman-teman Anda mengetahuinya. Terima kasih sudah membacanya hingga akhir, dan… we hope you can find the best product from the list!

(Visited 157.438 times, 76 visits today)