Kosmetik & Kesehatan

10 Sabun Pemutih Wajah Terbaik [Kolaborasi dengan Dokter Kulit]

Kulit wajah yang sehat dan cerah dapat diperoleh melalui berbagai cara. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan sabun pemutih wajah. Sabun ini bisa membersihkan sel kulit mati, kotoran, dan sisa makeup sehingga wajah tampak  lebih cerah.

Di pasaran telah tersedia beragam pilihan sabun pemutih wajah terbaik dari Avoskin, Jarkeen, dan masih banyak lagi. Supaya tidak membuat Anda bingung memilihnya, simak rekomendasi produk terbaik dari PickyBest beserta cara memilihnya kali ini.

Berkolaborasi dengan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Nessya Dwi Setyorini

dr. Nessya Dwi Setyorini, Sp.DVPakar/Spesialis

dr. Nessya Dwi Setyorini, Sp.DV adalah dokter spesialis kulit dan kelamin yang banyak menangani kasus medis kulit, dari mulai dermatitis, akne, psoriasis, melasma, freckles, dan infeksi kulit lain.

Selain praktik di RSIA SamMarie Basra, Klinik Bamed Health Care, dan ZAP Premiere Central Park, dokter lulusan Universitas Indonesia ini juga aktif sebagai pembicara di berbagai event seputar kesehatan kulit dan kecantikan.

Cara Memilih Sabun Pemutih Wajah

Sebenarnya, sabun muka hanya bekerja sementara waktu dengan fokus utama membersihkan kulit wajah dari akumulasi kotoran, debu, dan minyak. Meski demikian, tetap penting bagi Anda memilih produk yang tepat dengan menerapkan tip-tip berikut.

Periksa Kandungan Pencerah pada Setiap Produk

Efek memutihkan pada sabun muka bergantung pada kandungan yang digunakan. Setidaknya, ada empat kandungan dengan efek memutihkan kulit yang bisa Anda temukan pada sabun muka, yakni alpha arbutin, niacinamide, dan glycolic acid.

Alpha Arbutin: Berperan sebagai Pencerah dan Antioksidan

blank

Alpha arbutin adalah bahan yang mudah dijumpai pada produk skincare, termasuk sabun muka. Alpha arbutin diperoleh dari buah-buahan berry, contohnya bagian daun dan buah bearberry.

Senyawa turunan hidrokuinon ini berguna untuk mencerahkan kulit dengan cara kerja menghambat enzim tirosinase untuk menekan pembentukan pigmen berwarna cokelat. Selain mencerahkan kulit, alpha arbutin juga berperan sebagai antioksidan.

Sebuah penelitian buta acak ganda terkendali pada 102 wanita dengan melasma dan lentigo menunjukkan arbutin secara signifikan menurunkan kadar melanin pada area pigmentasi dibandingkan plasebo. Perbaikan klinis ditemukan pada 75,86% pasien melasma dan 56% pasien lentigo.

Arbutin memiliki sejumlah kelebihan, di antaranya tidak mengiritasi kulit dan mata, bentuknya stabil, dan tidak sensitif terhadap cahaya.

dr. Nessya Dwi Setyorini, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin
dr. Nessya Dwi Setyorini

Niacinamide: Mencerahkan sekaligus Melindungi Barrier Kulit

blank

Niacinamide atau nicotinamide adalah vitamin larut dalam air yang termasuk dalam kelompok vitamin B. Melalui penelitian, niacinamide diketahui mampu mencerahkan kulit pada konsentrasi 4%.

Di samping mencerahkan, niacinamide juga membantu memproteksi skin barrier, memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, anti aging, dan fotoproteksi (melindungi dari UVA dan UVB).

Konsentrasi niacinamide 2-5% secara ilmiah terbukti bermanfaat bagi kulit, di antaranya untuk hidrasi, mengurangi sebum, sebagai skin barrier, mengatasi jerawat, dan mengurangi pigmentasi. Konsentrasi di atas 8-10% belum ada studi lebih lanjut, diperkirakan sama dengan 4-5%.

dr. Nessya Dwi Setyorini, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin
dr. Nessya Dwi Setyorini

Glycolid Acid: Mencerahkan Tone dan Meratakan Warna Kulit

blank

Di dunia kecantikan, glycolic acid menjadi salah satu kandungan terbaik untuk mencerahkan tone dan meratakan warna kulit. Senyawa golongan AHA ini dapat diperoleh secara alami dari susu, buah, dan gula.

Bila Anda ingin merasakan kulit cerah alami, rutinlah menggunakan produk perawatan berkandungan glycolic acid. Bicara keamanannya, produk berformulakan di bawah 10% asam glikolat masih tergolong aman, bahkan untuk wanita hamil.

Glycolic acid adalah senyawa yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati (eksfoliasi), meratakan warna kulit, memperbaiki tekstur kulit, dan menyamarkan hiperpigmentasi.

Senyawa ini dapat digunakan untuk semua jenis kulit. Penggunaan glycolic acid secara bebas yang disarankan berada pada konsentrasi 5 – 8%. Selain glycolic acid, bahan lain seperti kojic acid juga dapat membantu mencerahkan kulit.

dr. Nessya Dwi Setyorini, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin
dr. Nessya Dwi Setyorini

Agar Lebih Optimal, Sesuaikan dengan Jenis Kulit Anda

Pertimbangkan juga memilih sabun pemutih wajah berdasarkan jenis kulit Anda, ya.

Kulit Kering: Carilah Sabun Muka yang Dilengkapi Pelembap

blank

Kulit yang kering berisiko menimbulkan efek tertarik setelah mencuci muka. Hal ini dapat Anda cegah dengan memilih sabun muka yang diperkaya bahan pelembap, baik itu berjenis humektan, emollient, ataupun occlusive.

Apa saja contohnya?

  • Golongan humektan (water-based): aloe vera, alpha hydroxy acid (AHA), hyaluronic acidseaweed, dan glycerin.
  • Golongan emollient (oil-based): sunflower seed oil, jojoba oil, vegetable oil, shea butter, dan lanolin.
  • Golongan occlusive (oil-based): rose hip, hazelnut oil, avocado, beeswax, petroleum jelly, petrolatum mineral oil, dan dimethicone.

Walau masing-masing berfungsi melembapkan, lebih baik Anda mengutamakan sabun muka yang menggunakan pelembap tipe humektan karena tidak mengandung minyak yang berat. Jika kulit Anda tergolong sangat kering, pelembap berbasiskan minyak seperti emollient atau occlusive dapat menjadi pilihan.

Sabun muka hadir dalam beberapa jenis yang semuanya memiliki efisiensi yang sama sebagai pembersih. Namun untuk pemilik kulit kering sebaiknya memilih sabun yang tidak berbusa.

dr. Nessya Dwi Setyorini, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin
dr. Nessya Dwi Setyorini

Kulit Berminyak: Belilah Produk yang Efektif Mengontrol Minyak di Wajah

blank

Anda pemilik tipe kulit berminyak perlu memprioritaskan sabun muka yang menyimpan kandungan pengontrol minyak, misalnya niacinamide, salicylic acid, glycolic acid, atau retinol.

Agar tidak menimbulkan risiko negatif, hindari sabun muka berkomposisikan mineral oil, petrolatum, dan petroleum jelly karena bersifat comedogenic yang dapat menyumbat pori-pori.

Kulit Sensitif: Hindari Produk dengan Kandungan Sabun dan Deterjen

blank

Term kulit sensitif mengarah pada kondisi kulit yang rentan mengalami iritasi terhadap interaksi bahan-bahan di dalam skincare. Kulit sensitif biasanya merasakan efek tertarik setelah menggunakan sabun cuci muka, bahkan tak jarang disertai rasa perih, panas, dan kemerahan.  Sabun muka bebas sabun (soap-free) dan tidak mengandung deterjen dapat menjadi opsi.

Anda juga dapat memilih produk berlabel hypoallergenic yang kandungannya telah teruji tidak menyebabkan alergi. Selain itu, produk dengan pewangi sebaiknya dihindari karena berisiko memicu reaksi negatif, begitu pun bahan iritatif lain semisal sulfat dan alkohol (etanol).

10 Rekomendasi Sabun Pemutih Wajah Terbaik

Berikut ini berbagai pilihan sabun pemutih wajah yang bisa Anda pertimbangkan. Tentukan pilihan berdasarkan kebutuhan kulit Anda. Selamat memilih!

Semua produk rekomendasi berikut sepenuhnya murni pilihan PickyBest, bukan dr. Nessya.

1. Avoskin Natural Sublime Facial Cleanser

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Cleanser yang bisa membersihkan, mencerahkan, sekaligus melembapkan

Dengan menggunakan produk ini, Anda bisa memperoleh banyak manfaat. Sabun pemutih wajah dari Avoskin ini dapat membersihkan wajah secara optimal. Tidak hanya membersihkan, produk ini juga bisa mencerahkan dan melembapkan kulit. Bebas dari paraben dan alkohol, produk ini aman untuk kulit yang sensitif.

Karena tidak meninggalkan kesan kulit terasa kering, Anda bisa menggunakannya dengan nyaman. Aplikasikan cleanser ini pada seluruh wajah dengan pijatan lembut. Bersihkan dengan air dan kulit Anda akan lebih siap memakai skincare selanjutnya.

Kandungan pencerah Niacinamide, disodium cocoyl glutamate, citric acid, xanthan gum
Jenis kulit Kulit kering dan sensitif
Tekstur Gel
Ukuran 100 mL
Kisaran harga Rp109.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. Harlette Oatmilk Gentle Facial Wash

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Menjadikan kulit lebih lembut dan lembap

Jika Anda mencari sabun pemutih wajah yang lembut dan bebas SLS, Anda bisa menggunakan produk ini. Diformulasikan dengan oat dan susu, facial wash ini bisa menjadikan kulit lebih lembut saat disentuh. Selain itu, kulit akan lebih terhidrasi, lembap, dan bebas dari debu serta kotoran.

Selain bebas dari alkohol, produk ini juga bebas dari paraben. Bahkan, facial wash ini tergolong aman untuk kulit sensitif. Untuk menjaga kesehatan skin barrier, gunakan Harlette Oatmilk Gentle Facial Wash ini secara rutin, ya.

Kandungan pencerah Oryza sativa (rice) bran extract, citric acid, bisabolol
Jenis kulit Semua jenis kulit
Tekstur Krim sedikit cair
Ukuran 100 g
Kisaran harga Rp115.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

3. Jarkeen Gentle Bright Daily Cleanser

blank

Sumber: Jarkeen.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Efektif untuk menghaluskan dan mengencangkan kulit

Jarkeen Gentle Bright Daily Cleanser merupakan sabun pemutih wajah dengan kandungan vitamin C yang efektif menghaluskan kulit. Setelah menggunakan produk ini, muka akan bersih dari debu, kotoran, dan sisa make up.

Selain itu, kulit Anda juga akan terlihat lebih kenyal, cerah, dan sehat merona. Apabila Anda memiliki pori-pori yang besar, Anda bisa menggunakan daily cleanser ini untuk mengecilkannya.

Daily cleanser ini juga memiliki kelebihan lain, yaitu dapat mendukung pembentukan kolagen. Jika kulit Anda memiliki cukup kolagen, kulit akan tetap lentur dan kencang. Dengan kata lain, cleanser ini juga bermanfaat sebagai anti aging. 

Kandungan pencerah Glycolic acid, glutatione, vitamin C (ethyl ascorbic acid), liqorice, niacinamide, galactomyses
Jenis kulit Semua jenis kulit
Tekstur Busa
Ukuran 100 mL
Kisaran harga Rp111.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

4. EverShine Moringa Facial Wash

blank

Sumber: Evershine.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Terasa lembut dan tidak meninggalkan rasa kering

EverShine Moringa Facial Wash diperkaya dengan ekstrak tumbuhan yang dapat menangkal radikal bebas. Formulanya sangat lembut sehingga efektif dalam membersihkan dan melembapkan kulit. Tidak menghasilkan banyak busa, produk ini terasa lembut di kulit tanpa merusak kelembapan alaminya.

Manfaat lainnya yang bisa diperoleh dari penggunaan sabun pemutih wajah ini yaitu sebum di wajah lebih terkontrol dan jerawat berkurang. Kadar pH-nya yang seimbang membantu menjaga keseimbangan air dan minyak alami pada kulit. Satu lagi, produk ini tidak menimbulkan efek kulit kering, lho!

Kandungan pencerah Moringa oleifera leaf, gluthatione, lemon, niacinamide
Jenis kulit Semua jenis kulit
Tekstur Gel
Ukuran 100 mL
Kisaran harga Rp129.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

5. The Body Shop Drops Of Light Brightening Cleansing Foam Face Wash

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Teksturnya lembut dan pemakaiannya awet

Kombinasi antara vitamin C dan red algae pada sabun pemutih wajah ini dapat menjaga kulit agar tetap lembap. Produk dengan tekstur cream ini dapat membersihkan wajah dari sisa kotoran dengan hasil kulit terasa sangat halus dan kenyal.

Teksturnya lembut dan pemakaiannya juga awet, hanya butuh sedikit untuk menghasilkan busa yang banyak. Sabun pemutih wajah dari The Body Shop ini tidak membuat kulit kering sama sekali. Sebaliknya, kulit menjadi lebih lembut setelah penggunaan.

Kandungan pencerah Vitamin C
Jenis kulit Kulit kering dan kusam
Tekstur Krim
Ukuran 125 mL
Kisaran harga Rp289.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. Trueve Gentle Foaming Facial Cleanser

blank

Sumber: Trueve.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Sudah memenuhi standar BPOM dan halal

Trueve telah mengeluarkan sabun pemutih wajah yang dapat membersihkan wajah dengan maksimal. Formulanya gentle dan busanya lembut, sehingga tidak membuat kulit menjadi kering dan terasa seperti tertarik. Produk ini telah menerima penghargaan sebagai Winner Tokopedia Beauty Awards 2021.

Karena dilengkapi dengan niacinamide, produk ini dapat memberikan efek hydrating dan brightening. Kandungan glucosyl ceramide-nya dapat meningkatkan skin barrier. Semua bahan yang digunakan dalam membuat produk ini telah memenuhi standar BPOM, halal, dan dermatologically tested.

Kandungan pencerah Niacinamide, licorice extract
Jenis kulit Semua jenis kulit
Tekstur Krim
Ukuran 100 g
Kisaran harga Rp101.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

7. The Face Shop Rice Water Bright Foaming Cleanser

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Membersihkan secara mendalam dan menyeluruh

The Face Shop telah menghadirkan sabun pemutih wajah yang bekerja mendalam dan menyeluruh. Produk ini bakal meningkatkan skin tone, menghidrasi, dan melembutkan kulit. Dilengkapi dengan moringa oil, sabun ini dapat melembapkan wajah.

Cleanser ini memiliki aroma yang lembut dan menenangkan. Di samping optimal membersihkan, produk ini juga bisa dipilih untuk Anda yang menghindari paraben dan mineral oil.

Kandungan pencerah Oryza sativa (rice) extract, oryza sativa (rica) bran oil, titanium dioxide
Jenis kulit Semua jenis kulit
Tekstur Krim
Ukuran 150 mL
Kisaran harga Rp210.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

8. Sbcskin Gentle Facial Wash

blank

Sumber: Sbcskin.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Tidak ada kandungan SLS, alkohol, maupun fragrance

Sabun pemutih wajah yang gentle ini tidak mengandung SLS, alkohol, maupun fragrance, sehingga aman untuk kulit yang kering dan sensitif. Produk ini didesain dengan kandungan surfaktan yang ramah agar tidak memberi efek kulit tertarik setelah penggunaan.

Kandungan pencerah Xanthan gum, farnesol
Jenis kulit Normal, kering, dan sensitif
Tekstur Gel
Ukuran 100 mL
Kisaran harga Rp156.825
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

9. SKINTIFIC 5X CERAMIDE LOW PH CLEANSER

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Busanya halus dan lembut, aman untuk kulit sensitif

Jika Anda mencari sabun pemutih wajah dengan formula yang gentle, Skintific 5x Ceramide Low PH Cleanser bisa menjadi pilihan. Produk ini sanggup membersihkan tanpa meninggalkan rasa kering ataupun menghilangkan kelembapan kulit.

Berkat kandungan ceramide-nya, cleanser ini bisa menjaga kulit tetap terhidrasi. Diperkaya dengan niacinamide, produk ini juga bermanfaat untuk mengatasi peradangan dan mengendalikan produksi minyak di kulit. Busanya halus dan lembut sehingga kulit akan terhindar dari iritasi setelah mencuci wajah.

Kandungan pencerah Niacinamide, citric acid, salicylic acid, ascorbic acid
Jenis kulit Semua jenis kulit terutama kulit sensitif
Tekstur Gel
Ukuran 80 mL
Kisaran harga Rp119.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

10. Bioxsine Pure & White Face Wash

blank

Sumber: Bioxsine.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Tokopedia Cek harga di Blibli

Mencegah flek hitam dan kerutan

Face wash berupa gel ini dapat membantu membersihkan riasan dan kotoran di wajah. Dengan formula yang aman untuk kulit sensitif, produk ini dapat membuat kulit lebih bersih dan cerah. Tidak hanya itu, sabun pemutih wajah ini juga dapat mencegah flek hitam dan meratakan warna kulit.

Selain itu, face wash ini juga bisa mengurangi hiperpigmentasi dan bintik-bintik di wajah. Hal ini dapat diperoleh setelah pemakain selama satu bulan. Kerutan juga dapat dicegah berkat sifat antioksidan yang dimilikinya. Aplikasikan pada kulit Anda dua kali dalam sehari sambal dipijat secara lembut.

Kandungan pencerah Alpha arbutin, resveratrol, niacinamide, vitamin C
Jenis kulit Semua jenis kulit
Tekstur Krim
Ukuran 200 mL
Kisaran harga Rp299.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Tokopedia Cek harga & diskon di Blibli

Tabel Perbandingan Sabun Pemutih Wajah

Produk Avoskin Natural Sublime Facial Cleanser Harlette Oatmilk Gentle Facial Wash Jarkeen Gentle Bright Daily Cleanser EverShine Moringa Facial Wash The Body Shop Drops Of Light Brightening   Cleansing Foam Face Wash Trueve Gentle Foaming Facial Cleanser The Face Shop Rice Water Bright Foaming   Cleanser Sbcskin Gentle Facial Wash SKINTIFIC 5X CERAMIDE LOW PH CLEANSER Bioxsine Pure & White Face Wash
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Kandungan pencerah Niacinamide, disodium cocoyl glutamate, citric acid, xanthan gum Oryza sativa (rice) bran extract, citric acid, bisabolol Glycolic acid, glutatione, vitamin C (ethyl ascorbic acid), liqorice,   niacinamide, galactomyses Moringa oleifera leaf, gluthatione, lemon, niacinamide Vitamin C Niacinamide, licorice extract Oryza sativa (rice) extract, oryza sativa (rica) bran oil, titanium   dioxide Xanthan gum, farnesol Niacinamide, citric acid, salicylic acid, ascorbic acid Alpha arbutin, resveratrol, niacinamide, vitamin C
Jenis kulit Kulit kering dan sensitif Semua jenis kulit Semua jenis kulit Semua jenis kulit Kulit kering dan kusam Semua jenis kulit Semua jenis kulit Normal, kering, dan sensitif Semua jenis kulit terutama kulit sensitif Semua jenis kulit
Tekstur Gel Krim sedikit cair Busa Gel Krim Krim Krim Gel Gel Krim
Ukuran 100 mL 100 g 100 mL 100 mL 125 mL 100 g 150 mL 100 mL 80 mL 200 mL
Kisaran harga Rp109.000 Rp115.000 Rp111.000 Rp129.000 Rp289.000 Rp101.000 Rp210.000 Rp156.825 Rp119.000 Rp299.000
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Blibli

Informasi Tambahan dari Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Nessya Dwi Setyorini

blank

Apakah sabun muka benar-benar dapat membantu mencerahkan kulit?

Sabun muka dapat mencerahkan kulit. Namun, fungsi utama sabun muka adalah sebagai pembersih, sehingga dibutuhkan produk skincare lain, misalnya toner, essence, serum, atau krim untuk mencerahkan kulit.

Gaya hidup yang bisa diterapkan untuk memperoleh kulit cerah

Lakukan pola nutrisi seimbang, olahraga, pastikan waktu tidur cukup, mengonsumsi air putih minimal 2 L/hari, kurangi stres, serta mengurangi alkohol dan rokok.

Terapi pada klinik kecantikan untuk memperoleh kulit cerah

Chemical peeling, mikrodermabrasi, IPL (intense pulsed light), dan laser.

Kesimpulan

Itulah berbagai pilihan produk sabun pemutih wajah yang efektif untuk membuat kulit lebih cerah. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Gunakan sabun ini secara teratur agar wajah tetap sehat.

Pastikan Anda memakai sabun pemutih wajah terbaik yang aman bagi kulit. Hal ini untuk mencegah terjadinya iritasi maupun reaksi alergi. Dari berbagai produk yang telah diulas, manakah yang akan Anda pilih?

 

You may also like

Comments are closed.