Written by 00:52 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Serum Pemutih Wajah Terbaik

Estee Lauder Advanced Night Repair Synchronized Recovery Complex II

Salah satu skin care yang belakangan ramai dicari adalah whitening serum. Mengetahui Indonesia sebagai kawasan tropis, maka pembentukan melanin yang memicu kulit tampak kusam sulit dihindarkan. Untuk itulah serum pemutih wajah diandalkan sebagian wanita. Apabila Anda bermaksud membeli serum yang mampu memutihkan wajah, pastikan untuk memilih produk yang tepat.

Kami akan membahas bagaimana memilih serum untuk memutihkan wajah melalui artikel ini. Selain itu, kami juga memberikan rekomendasi serum pemutih wajah terbaik untuk Anda beli sesuai kebutuhan. Sebelum menengok produk-produk keluaran merek ternama, misalnya The Ordinary, SK-II, dan L’oreal, terlebih dahulu kita periksa seberapa jauh whitening serum bekerja. Let’s go!

Efektivitas Serum Wajah untuk Memutihkan Kulit

Efektivitas Serum Wajah untuk Memutihkan Kulit

Label “whitening” atau “pemutih kulit” yang disematkan menjadikan serum pemutih wajah begitu menggoda. Namun, apakah whitening serum cukup efektif untuk membantu kulit terlihat lebih putih dan bercahaya? Untuk mengetahui seberapa efektif sebuah serum pemutih, tentu masing-masing orang perlu membuktikannya sendiri.

Secara umum, serum yang diklaim mampu memutihkan kulit mengantongi bahan yang terbukti ampuh mengurangi bercak gelap, bintik hitam, atau noda hiperpigmentasi lain. Komponen semisal essential fruit oil, ekstrak tumbuhan, dan bahan lain termasuk vitamin C, vitamin E, dan hyaluronic acid disusun agar bekerja sinergis merevitalisasi area kulit gelap atau tidak merata supaya terlihat lebih cerah dari dalam.

Apabila dalam penggunaan rutin terlihat perubahan dark spot mulai tersamarkan dan bahkan hilang, maka serum pemutih tersebut dapat dianggap efektif. Hanya saja, proses mendapatkan hasil ini berbeda-beda bagi setiap orang. Anda juga perlu mengetahui bahwa efek whitening yang diberikan dari setiap produk tidak sepenuhnya bertahan lama. Maka dari itu, periksa lebih jauh akan suatu produk dengan membaca pengalaman pengguna lain secara online.

Cara Memilih Serum Pemutih Wajah yang Bagus

Sudah siap menemukan serum pemutih wajah terbaik di Indonesia? Eits, jangan terburu-buru, ya! Sebelum menentukan, ketahui dulu poin-poin apa saja yang sebaiknya dipertimbangkan dalam memilih whitening serum. Check it out!

Pilih dengan Memeriksa Kandungan yang Mencerahkan Kulit

Satu hal yang sangat penting diperhatikan ketika membeli serum adalah mengecek komposisi kandungannya. Karena itu, penting bagi Anda mengetahui hasil kerja dari setiap bahan serum pemutih dalam hal memberikan efek whitening terhadap kulit.

Bahan-bahan seperti arbutin, niacinamide, vitamin C beserta turunannya, dan beberapa bahan lain dikenal sebagai agen pemutih kulit dengan cara kerja berbeda-beda. Agar lebih jelas, kami sudah merangkum fungsi kerja dari masing-masing komponen tersebut di bagian ini.

Arbutin: Senyawa Aktif yang Ampuh Menghambat Pembentukan Melanin

Arbutin Senyawa Aktif yang Ampuh dalam Menghambat Pembentukan Melanin

Kandungan arbutin banyak ditemui dalam produk-produk skin care untuk memutihkan kulit. Komponen ini pertama kali dikembangkan oleh produsen asal Jepang, Shiseido, untuk produk essence-nya. Arbutin merupakan glikosilasi hydroquinone hasil ekstraksi buah bearberry.

Berdasarkan temuan banyak studi, arbutin diketahui efektif menahan pembentukan enzim tyrosinase sehingga produksi melanin pemicu bintik hitam pun berkurang. Merupakan bentuk turunan dari hydroquinone, kandungan arbutin dinilai lebih aman digunakan secara bebas. Untuk kulit kering, serum pemutih yang mengandung arbutin terasa lebih nyaman karena tidak membuat kulit terasa lebih kering.

Vitamin B3 (Niacinamide): Efektif Memutihkan Wajah tanpa Menghambat Aktivitas Tirosinase

Vitamin B3 Niacinamide Efektif Memutihkan Wajah Tanpa Menghambat Aktivitas Tirosinase

Tidak seperti kebanyakan agen pencerah lain, niacinamide atau vitamin B3 dianggap paling aman dari efek samping serta hasil kerjanya pun sudah bisa terlihat kurang dari 4 minggu. Niacinamide memainkan banyak peran pada kulit, seperti memperbaiki tekstur, menghilangkan kemerahan, meningkatakn pertahanan kulit, mengatasi kerutan, dan pastinya mencerahkan wajah.

Cara kerja niacinamide sendiri adalah dengan memperlambat kerja sel melanosit menghasilkan melanin. Bahan satu ini akan menciptakan sekat yang memisahkan lapisan terluat kulit atau keratinocytes dengan melanocytes supaya pigmen hitam tidak muncul ke permukaan kulit. Menariknya, niacinamide tidak menghambat aktivitas enzim tirosinase seperti halnya arbutin, sehingga metabolisme dan perkembangbiakan sel tetap berjalan.

Vitamin C dan Turunannya: Bertindak sebagai Antioksidan sekaligus Pencerah Kulit

Vitamin C dan Turunannya Bertindak Sebagai Antioksidan Sekaligus Pencerah Kulit

Vitamin C sangat dikenal sebagai komponen yang manjur dan efektif untuk memutihkan kulit. Tidak sulit menemukan serum pemutih wajah yang mengandung vitamin C pada formulasinya. Vitamin C dan berbagai bentuk derivatifnya seperti asam askorbat (ascorbic acid) dinilai efektif meningkatkan kecerahan kulit.

Selain itu, vitamin C juga properti antioksidan kuat untuk meningkatkan vitalitas kulit melawan efek buruk radikal bebas. Meski menawarkan performa unggul dalam mencerahkan kulit, vitamin C mempunyai kekurangan seperti tidak stabil dan mudah teroksidasi. Maka dari itu, pastikan Anda membeli produk serum pemutih berkandungan vitmain C yang dikemas dengan betul agar kedap udara serta tidak mudah dihinggapi bakteri.

Hydroquinone: Zat yang Sangat Ampuh dalam Memberikan Efek Whitening

Hydroquinone Zat yang Sangat Ampuh dalam Memberikan Efek Whitening

Beberapa waktu lalu sempat heboh soal efek samping bahan pencerah hydroquinone. Salah satu whitening agent ini memang dikenal sangat efektif menciptakan kulit lebih terang dalam waktu relatif singkat. Hydroquinone bekerja membatasi produksi melanin dan mengurangi persentase melanin yang berlebihan.

Untuk Anda yang menginginkan serum pemutih wajah untuk menyamarkan sun spots, bekas jerawat, flek hitam, dan noda bercak lain di kulit wajah, pastikan di dalamnya terkandung hydroquinone. Namun ingat, penggunaan hydroquinone dalam dosis rendah (0,5% – 2%) merupakan aturan yang ditetapkan oleh Food & Drug Administration (FDA) pada tahun 1982. Jika persentase dosisnya melebihi itu, Anda perlu berkonsultasi kepada dokter.

Kojic Acid: Komponen untuk Menghilangkan Tanda-tanda Hiperpigmentasi

Kojic Acid Komponen untuk Menghilangkan Tanda tanda Hiperpigmentasi

Apakah saat ini Anda diganggu oleh bekas jerawat, bintik-bintik, bercak penuaan, dan noda hitam lain di area wajah? Kami sarankan supaya Anda mencari serum pemutih dengan kandungan kojic acid di dalamnya. Zat satu ini terbukti sanggup menghilangkan tanda-tanda hiperpigmentasi tersebut.

Kojic acid dimanfaatkan pula untuk memberikan efek antipenuaan alami karena sifatnya yang mampu mengikat zat besi. Sama dengan komponen pencerah pada umumnya, kojic acid juga mencegah pembentukan enzim tyrosinase, yakni asam amino yang diperlukan untuk memproduksi pigmen melanin.

Pilih yang Paling Cocok dengan Kondisi dan Tipe Kulit Anda

Pilih yang Paling Cocok dengan Kondisi dan Tipe Kulit Anda

Bagaimana tipe kulit seseorang memengaruhi produk skin care yang digunakan. Apabila Anda mengalami kondisi kulit mudah kering, tentu lebih bagus memakai serum pemutih yang diperlengkap oleh bahan-bahan pelembap. Anda dapat membeli serum yang mengandung ceramide dan hyaluronic acid untuk mengunci cairan dan mencegah terjadinya dehidrasi kulit.

Serum pemutih yang mengandung hyaluronic acid, ceramide, dan marine protein juga dapat diandalkan oleh Anda yang memiliki tipe kulit berminyak. Ketiga bahan pelembap tersebut dianggap ringan sehingga tidak meninggalkan kesan berat, lengket, ataupun membuat kulit terlihat semakin berminyak.

Kemudian, apabila kulit Anda rentan berjerawat (acne-prone), serum pemutih yang dibekali salicylic acid akan sangat membantu menangani masalah jerawat Anda. Imbangi bahan tersebut dengan produk berkandungan vitamin C dan pelembap untuk membantu meringankan efek kemerahan dan peradangan akibat jerawat.

Periksa juga Aspek Lain seperti Tekstur, Aroma, dan Kemasannya

Periksa Juga Aspek Lain Seperti Tekstur Aroma dan Kemasannya

Di samping memperhatikan formula dan kecocokannya dengan kulit, Anda juga perlu mempertimbangkan pemilihan dari segi tekstur, aroma, dan kemasan. Jika Anda menginginkan serum beraroma wangi, pilihlah produk yang diperkaya bahan wewangian alami.

Soal tekstur, setiap dari Anda pastinya tidak ingin menunggu serum meresap dalam waktu lama. Untuk itu, carilah serum pemutih yang bertekstur lembut agar mudah terserap dan tidak terasa lengket. Anda dapat berselancar di internet membaca ulasan pengguna lain untuk meyakinkan diri sebelum membeli.

10 Rekomendasi Serum Pemutih Wajah Terbaik

Selanjutnya, kami akan memperlihatkan ke-10 produk serum pemutih wajah terbaik. Silakan pilih dengan mengingat kembali elemen-elemen apa saja yang penting diperhatikan. Selamat memilih!

1. Estee Lauder Advanced Night Repair Synchronized Recovery Complex II

Estee Lauder Advanced Night Repair Synchronized Recovery Complex II

Kisaran harga: Rp945.000

Serum pemutih yang diformulasi dengan bahan peremaja kulit

Malam hari adalah waktu paling ideal untuk kulit merevitalisasi keadaannya. Anda bisa mengandalkan serum pemutih wajah dari Estee Lauder sebagai daily night serum. Menyuguhkan properti eksklusif ChronoluxCBTM, serum ini akan memaksimalkan proses regenerasi kulit di malam hari sekaligus mengurangi tanda-tanda penuaan yang membuat wajah terlihat kusam dan lesu.

Setelah diaplikasikan ke kulit wajah, kandungan-kandungan baik berupa antioksidan dan hyaluronic acid akan menjaga kelembapan sepanjang malam. Produk Estee Lauder ini telah memenangkan lebih dari 150 penghargaan dunia sebagai serum terbaik untuk memutihkan kulit. Hanya dalam waktu 4 minggu, sekitar 75% telah merasakan kulit terlihat awet muda dan 82% mengaku kulitnya lebih terhidrasi, lembut, dan kuat.

Bahan pemutihCola acuminata (kola) seed extract, hydrolyzed algin, pantethine, caffeine, lecithin, tripeptide-32
TeksturTidak lengket, cepat meresap
AromaFragrance-free
Isi30 ml

2. Humphrey Niacinamide 10% + ‌Hyaluronic Acid Serum

Humphrey Niacinamide 10 Hyarulonic Acid Serum

Kisaran harga: Rp229.000

Mampu mengurangi kemerahan dan memudarkan bekas jerawat

Apabila Anda ingin memperbaiki tekstur wajah yang terasa kasar disertai masalah kulit gelap akibat hiperpigmentasi, serum pemutih satu ini patut dipertimbangkan. Terdiri dari kombinasi niacinamide sebesar 10% dan hyaluronic acid, kedua bahan tersebut bergabung memberikan efek sinergis kulit satu tingkat lebih cerah, indah, dan bercahaya.

Dark spots akibat hiperpigmentasi dapat dikurangi dengan baik oleh produk ini. Yang lebih disukai lagi, serum pemutih ciptaan Humphrey dapat meredakan kemerahan pada kulit sensitif. Keluhan minyak berlebih juga mampu ditangani secara baik oleh serum ini. Satu lagi, Humphrey Niacinamide 10% + Hyaluronic Acid Serum ikut meningkatkan elastisitas kulit.

Bahan pemutihNiacinamide
TeksturCukup kental, mudah dibaurkan
AromaWangi chemical tidak menyengat
Isi10 ml

3. The Ordinary Ascorbic Acid 8% + Alpha Arbutin 2%

The Ordinary Ascorbic Acid 8 Alpha Arbutin 2

Kisaran harga: Rp185.000

Whitening serum yang ideal dipakai semua orang

The Ordinary merumuskan serum pemutih dengan kandungan asam askorbat dan alpha arbutin. Bagi Anda yang ingin memperoleh kulit wajah lebih cerah dalam waktu cukup singkat, cobalah produk unggulan satu ini. Cukup dengan formulasi kedua komponen tersebut, serum water-free formula ini akan mewujudkan impian Anda mendapatkan kulit putih dan sehat.

Selain mengutamakan fungsi pencerah, kandungan vitamin C dalam serum ini ikut membantu menyamarkan tanda penuaan. Produk ini aman dipakai semua orang dengan tipe kulit apa pun berkat formulanya yang tanpa alkohol, bebas minyak, silicone-free, cruelty-free, gluten-free, dan nut-free.

Bahan pemutihAscorbic acid, alpha arbutin
TeksturCukup cair
AromaWangi tidak menyengat
Isi30 ml

4. Nacific Phyto Niacin Whitening Essence

Nacific Phyto Niacin Whitening Essence

Kisaran harga: Rp377.000

Essence yang efektif mencerahkan kulit wajah kusam

Salah satu serum pemutih wajah yang telah diakui performa baiknya adalah Nacific Phyto Niacin Whitening Essence. Serum berkemasan plastik transparan yang kukuh ini dibekali berbagai bahan alami tinggi antioksidan seperti vitamin C dari ekstrak lemon, serta komponen organik ekstrak kulit murbei untuk menghambat pembentukan melanin.

Produk best seller dari Nacific ini bisa Anda aplikasikan setelah menggunakan toner untuk hasil maksimal. Bila ingin mengoptimalkan kinerjanya lagi, Anda dapat melengkapi skin whitening treatment ini dengan double cleansing setiap hari.

Bahan pemutihNiacinamide
TeksturCairan sedikit kental, tidak lengket
AromaWangi lembut
Isi50 ml

5. SK-II Facial Treatment Essence

SK II Facial Treatment Essence

Kisaran harga: Rp940.000

Membantu siklus peremajaan kulit hanya dalam 14 hari pemakaian

Menggunakan produk serum dari SK-II akan mengantarkan Anda pada tampilan kulit mulus dan prima setiap hari. Dengan mengombinasikan formula PiteraTM yang sudah dipatenkan oleh SK-II, serum ini akan melembutkan kulit wajah sekaligus membersihkan sel mati dari lapisan permukaan kulit.

Hanya dalam pemakaian teratur selama 2 minggu, facial essence persembahan SK-II ini menjamin kulit yang senantiasa muda. Untuk Anda yang ingin menyamarkan bintik hitam, mengurangi kerutan, meratakan tekstur kulit, dan membuat kulit terasa kencang, biarkan SK-II Facial Treatment Essence membuktikan dirinya di kulit wajah Anda.

Bahan pemutihPitera
TeksturCair, tidak lengket
AromaAsam, tidak menyengat
Isi75 ml

6. Avoskin Miraculous Refining Serum

Avoskin Miraculous Refining Serum

Kisaran harga: Rp219.000

Tersedia 6 fitur perawatan menarik dalam satu produk serum

Perpaduan antara AHA, BHA, niacinamide, dan ceramide membuat efektivitas serum pemutih wajah ini tidak sebatas mencerahkan. Lebih dari itu, Avoskin Miraculous Refining Serum akan mengeksfoliasi kulit secara lembut dengan tujuan menciptakan warna kulit merata, pori-pori mengecil, dan noda hitam di wajah tersamarkan.

Avoskin Miraculous Refining Serum adalah serum pemutih yang aman tanpa kandungan paraben. Anda yang mencari produk cruelty-free, tanpa parfum, dan tanpa mineral oil juga bisa memilih produk satu ini. Namun ingat, karena menggunakan AHA dan BHA, sensitivitas kulit terhadap matahari meningkat sehingga Anda memerlukan perlindungan dari sunscreen, juga kurangi kontak langsung dengan sinar UV saat melakukan perawatan dengan produk ini.

Bahan pemutihNiacinamide
TeksturKental, terasa lengket di awal pemakaian
AromaFragrance-free
Isi30 ml

7. Natur-E Brightening Serum

Natur E Brightening Serum

Kisaran harga: Rp47.900

Telah teruji secara klinis memberikan efek brightening selama penggunaan 14 hari

Natur-E Brightening Serum merupakan salah satu rangkaian perawatan kulit dari Natur-E White Series yang mengandung glutathione, vitamin E, olive fruit extract, dan GigawhiteTM. Kiriman komponen tersebut akan membantu mencerahkan warna kulit dengan kesan alami.

Berbekal formulasi unik yang mampu memerangkap kandungan aktif di dalamnya, kinerja serum pemutih besutan Natur-E semakin optimal dan merata. Produk ini didesain agar cepat terabsorpsi sehingga tidak butuh waktu lama untuk melakukan perawatan dengannya.

Bahan pemutihGlutathione
TeksturLembut, tidak lengket
AromaTidak diketahui
Isi15 ml

8. Azarine Cosmetics C-White Serum

Azarine Cosmetics C White Serum

Kisaran harga: Rp42.500

Memadukan bahan-bahan alami yang aman untuk kulit sensitif

Brand lokal yang sudah berdiri sejak 2002 ini ikut meramaikan pasar dengan merilis serum pemutih yang mengandung kebaikan vitamin C. Serum ini telah memperoleh izin resmi dari BPOM untuk diedarkan luas ke seluruh Indonesia. Bahkan, Azarina Cosmetics C-White Serum telah merebak ke negara tetangga seperti Malaysia, China, Vietnam, Singapura, dan Australia.

Serum ini dibekali hasil ekstraksi bahan-bahan alami seperti pepaya, kakadu plum, dan bengkuang. Didukung niacinamide, manfaat mencerahkannya pun terasa lebih maksimal. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, serum pemutih Azarine aman dipakai tanpa reaksi negatif apa pun.

Bahan pemutihNiacinamide, ekstrak pepaya, ekstrak bengkuang
TeksturLembut, tidak lengket
AromaWangi lembut seperti losion
Isi20 ml

9. Bio-Essence Tanaka Bio-White Advanced Whitening Serum

Bio Essence Tanaka Bio White Advanced Whitening Serum

Kisaran harga: Rp250.000

Mencerahkan kulit dengan mengurangi bintik hitam

Gabungan manfaat whitening agent dan moisturizing agent membuat serum ini sangat efektif untuk Anda yang ingin meningkatkan kecerahan kulit kering dan kusam. Bio-Essence melibatkan cukup banyak bahan seperti camellia extract, tanaka tree bark extract, dan komponen utama arbutin serta white plus complex untuk mengoptimalkan peranannya.

Mekanisme mencerahkan dari serum pemutih wajah ini dimulai dari pengurangan bintik hitam akibat melanin berlebih. Dengan pemakaian teratur, penampakan bintik hilang akan hilang secara berangsur, tampilan kulit kusam pun berkurang dan yang tersisa hanyalah kulit wajah cerah bercahaya nan merona.

Bahan pemutihArbutin, white plus complex
TeksturCairan kental
AromaWangi bunga lembut
Isi30 ml

10. L’oreal Paris White Perfect Clinical Derm White Essence

Loreal Paris White Perfect Clinical Derm White Essence

Kisaran harga: Rp189.000

Kaya akan bahan aktif pencerah untuk tampilan kulit flawless dan merona

Formulasi tiga bahan aktif dengan aksi mencerahkan, yakni actyl C, adenosine, dan fiberastyl dijamin efektif memudarkan segala noda hitam pada wajah yang kusam. Apabila selama ini Anda belum menemukan serum pemutih yang sanggup menanggulangi akumulasi bintik gelap di kulit wajah, produk dari L’oreal Paris ini solusinya!

Bukan cuma memutihkan kulit dengan mengurangi noda hitam, L’oreal Paris White Perfect Clinical Derm White Essence mampu pula menghilangkan bekas jerawat. Hasilnya, kulit muka lebih halus tanpa dosa akan Anda miliki. Cukup menghabiskan 1 botol, kulit kusam akibat noda hitam dan bekas jerawat niscaya sirna. Tidak percaya? Buktikan sendiri!

Bahan pemutihActyl C, adenosine, fiberastyl
TeksturCair, tidak lengket
AromaWangi bunga lembut
Isi30 ml

Baca juga rekomendasi serum terbaik lainnya di sini!

Serum juga diformulasi bahan-bahan khusus untuk membantu mengecilkan pori ataupun untuk manfaat lain. Anda bisa melihat produk serum terbaik dengan fungsi selain memutihkan kulit melalui links berikut ini. Silakan pilih produk berdasarkan kebutuhan Anda, ya!

10 Rekomendasi Serum Terbaik untuk Merawat Kulit Wajah
10 Rekomendasi Serum Terbaik untuk Mengecilkan Pori-pori

Kesimpulan

Dengan terciptanya produk serum pemutih wajah, tentu impian memiliki warna kulit bebas bintik gelap lebih mudah diwujudkan. Selain menggunakan serum rutin sebagai daily treatment, penting juga mengaplikasikan produk pelindung kulit semisal tabir surya sebelum beraktivitas guna mendorong peran serum semakin optimal dalam memutihkan kulit.

Anda juga bisa memanfaatkan serum pemutih untuk merawat kulit bekas jerawat dengan syarat: serum tersebut mengandung bahan peregenerasi kulit seperti keratin. Dari sepuluh whitening serum yang kami perlihatkan di atas, apakah Anda telah menemukan produk sesuai kebutuhan? Ayo wujudkan mimpi Anda memiliki wajah cerah dan sehat tanpa harus melakukan perawatan yang memakan banyak biaya! Good luck!

(Visited 71.340 times, 966 visits today)