Written by 14:47 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Skincare Terbaik untuk Kulit Kusam

Anda yang memiliki kulit kering mungkin tidak asing dengan masalah wajah kusam. Meski begitu, wajah yang tampak kusam juga bisa terjadi pada kulit berminyak. Wajah kusam membuat penampilan Anda tidak segar, yang kemudian bisa berdampak pada kepercayaan diri Anda.

Untuk mengembalikan kecerahan wajah, Anda dapat mencoba sejumlah skincare untuk kulit kusam keluaran COSRX, Whitelab, Innisfree, dan sebagainya. Dari pemicu kulit kusam, cara memilih produk, hingga rekomendasi produk terbaik versi PickyBest akan kami bahas melalui artikel ini. Selamat membaca!

Sederet Faktor yang Menyebabkan Kulit Kusam

Wajah kusam bisa disebabkan oleh banyak hal. Namun, faktor pendorong ini sering kali berhubungan dengan kebiasaan, dehidrasi misalnya. Saat tubuh kekurangan cairan, maka proses hidrasi di bawah permukaan kulit akan berkurang. Hal inilah yang kemudian menjadikan kulit terlihat kusam.

Kemungkinan mendapati kulit kusam dapat pula dipengaruhi oleh seringnya mengabaikan penggunaan moisturizer. Penumpukan kulit mati menjadi faktor lain yang turut membuat wajah kelihatan kusam, bahkan dapat menyebabkan masalah kulit lain seperti jerawat dan flek hitam.

Di sisi lain, kebiasaan merokok ikut menyumbang peranan kulit kusam akibat produksi kolagen yang berkurang. Sebagai gantinya, kulit akan mengalami kondisi bernama premature skin aging. Terkait penuaan, secara alami, penuaan sendiri juga menurunkan kecerahan kulit. Anda bisa meminimalkan efek penuaan dengan dengan nutrisi dari produk-produk skin care.

Cara Memilih Skincare untuk Kulit Kusam

Agar mendapat hasil memuaskan, jangan pilih sembarang skincare. Periksalah kandungan bahan dan kesesuaiannya dengan kulit Anda. Supaya tidak salah pilih, simak terlebih dulu poin-poin pemilihan di bagian ini, ya!

Periksa Komponen Penting yang Terkandung

Tidak sembarang nutrisi dapat mencerahkan dan membuat kulit berkilau. Karena itu, perhatikan dulu komposisi produk sebelum membeli. Berikut adalah beberapa komponen yang bermanfaat untuk merawat kulit kusam.

Vitamin C: Membantu Memudarkan Bintik Hitam atau Hiperpigmentasi

Vitamin C adalah komponen penting yang patut ada di dalam skincare. Alasannya, vitamin C dapat mengurangi produksi melanin berlebih yang menyebabkan hiperpigmentasi.

Jika masalah kulit kusam Anda disebabkan bintik hitam dan hiperpigmentasi, kami merekomendasikan Anda memilih skincare yang kaya kandungan vitamin C. Biasanya, kandungan vitamin C lebih banyak ditemukan dalam bentuk serum.

Niacinamide: Mencerahkan Area Gelap dengan Mendorong Produksi Kolagen

Niacinamide adalah komponen yang sering ditemukan dalam produk skincare. Kelompok vitamin B3 ini efektif untuk mencerahkan area gelap di wajah dengan meningkatkan produksi kolagen. Selain itu, niacinamide juga kaya manfaat lain seperti menghilangkan jerawat, mengurangi kerutan dan garis halus, bahkan mencegah kanker kulit.

Meski baik untuk kulit, Anda perlu memperhatikan tingkat asupan niacinamide. Jika digunakan berlebihan, zat ini dapat menyebabkan iritasi. Selain itu, niacinamide juga dapat menimbulkan alergi pada jenis kulit tertentu. Karena itu, untuk mengukur kandungan niacinamide, lakukanlah patch test mandiri sebelum membeli produk.

Hyaluronic Acid: Mencegah Dehidrasi Penyebab Kulit Tampak Kusam

Dehidrasi pada kulit merupakan salah satu penyebab kulit kusam. Agar kelembapan kulit selalu terjaga, gunakanlah skincare yang kaya kandungan hyaluronic acid (HA). Senyawa ini berfungsi mengikat air dalam kulit, sehingga wajah selalu terhidrasi. Kandungan penting ini lebih sering ditemukan pada produk serum.

Karena memiliki ukuran molekul besar, hyaluronic acid pada skincare biasa dipecah menjadi lebih kecil agar lebih mudah diserap kulit. Proses pemecahan molekul dilakukan melalui beberapa proses. Hyaluronic acid yang direaksikan dengan air menghasilkan hydrolized hyaluronic acid.

Sementara itu, metode pemecahan molekul yang melewati proses penggaraman menghasilkan sodium hyaluronic acid. Ada pula jenis lain bernama sodium acetylated hyaluronic acid yang memiliki ukuran molekul paling kecil dan daya ikat air paling kuat.

Bila memungkinkan, sesuaikan jenis hyaluronic acid pada skincare dengan kebutuhan kulit Anda. Untuk percobaan pertama, pilihlah hyaluronic acid normal atau hydrolized hyaluronic acid. Jika kurang efektif, baru tingkatkan ke sodium hyaluronic acid atau sodium actylated hyaluronic acid.

Retinoid: Memaksimalkan Proses Pergantian Sel Kulit

Retinoid merupakan gabungan komponen yang berhubungan dengan vitamin A, misalnya retinol dan tazarotene. Komponen ini berfungsi untuk membantu proses pengelupasan sel kulit tua dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru agar kulit terlihat segar. Di samping itu, retinoid juga meningkatkan pertumbuhan kolagen untuk meregenerasi kulit.

Selain retinoid, Anda juga bisa memilih kandungan Alpha Hydroxy Acid (AHA). Seperti retinoid, zat ini juga berfungsi melakukan eksfoliasi dan meningkatkan kolagen. Lebih jauh lagi, AHA berkemampuan untuk meningkatkan ketebalan kulit dan memelihara kelembapan kulit.

Sesuaikan Karakteristik Produk dengan Kondisi Kulit Anda

Kulit kusam tidak bisa dicerahkan lewat sembarang produk. Hal pertama yang perlu Anda pahami adalah bahwa kebanyakan skincare telah memiliki kandungan pH yang seimbang dengan pH kulit. Tetapi, jika Anda memiliki tipe kulit kering, skincare yang alkalinya tinggi akan membuat kulit Anda makin kering. Oleh karena itu, sebaiknya utamakan cream-based skincare yang tinggi komponen pelembap.

Sebaliknya, untuk Anda yang mempunyai kondisi kulit berminyak, hindari skincare berbasis krim. Alasannya, konsistensi krim kurang ampuh untuk mengangkat sebum berlebih. Namun, Anda yang berkulit berminyak sebaiknya tetap gunakan moisturizer berbentuk gel atau losion agar wajah terhidrasi.

Di samping memperhatikan jenis kulit, Anda juga perlu memilih skincare yang bekerja menyingkirkan kulit mati, seperti exfoliating toner atau face scrub. Penggunaan sunscreen dengan daya broad-spectrum juga penting. Dengan begitu, kulit Anda akan terlindungi dari sinar UVA dan UVB, membuat skin barrier dan kelembapan wajah lebih terjaga.

10 Rekomendasi Skincare Terbaik untuk Kulit Kusam

Pada bagian ini, kami akan menampilkan sepuluh skincare yang diformulasi untuk mencerahkan kulit kusam. Oleh karena ada cukup banyak jenis dan merek, pilihlah skincare paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat menentukan!

1. COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner

Sumber: Cosrx.com

Maksimal dalam meluruhkan sel mati untuk kulit lebih halus dan cerah

COSRX memproduksi toner yang mampu memangkas kulit mati dan mencerahkan wajah. Walaupun berjenis exfoliating toner, produk satu ini bisa Anda gunakan setiap hari, lho. Penggunaannya pun nyaman karena cukup disemprot ke wajah. Teksturnya yang cair membuat produk ini cepat diserap kulit tanpa meninggalkan efek lengket.

COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner mampu mencerahkan kulit kusam pada wajah kombinasi berminyak dan kering. Anda yang memiliki kulit kering akan mendapat manfaat dari AHA yang bersifat melembapkan. Sedangkan sifat BHA yang mengeringkan aan cocok untuk Anda yang kulitnya berminyak.

Jenis skincareToner
Komponen pentingGlycolic acid
Rekomendasi kulitSemua jenis kulit
Ukuran/isi150 mL
Kisaran hargaRp150.000

2. The Body Shop Skin Defence Multi-Protection Lotion SPF 50+ PA++++

Sumber: Thebodyshop.co.id

Diperkaya ekstrak alga merah dan vitamin C untuk kulit cerah

Aktivitas di luar rumah membuat kulit yang terpapar matahari jadi kusam dan kering. Untuk melindungi dan menjaga kelembapan kulit selama Anda berkegiatan, gunakanlah tabir surya produksi The Body Shop satu ini. Dengan SPF 50+ dan PA+++, kulit Anda akan terlindungi seharian.

Berbeda dengan produk tabir surya biasanya, The Body Shop Skin Defence Multi-Protection Lotion juga melindungi kulit dari paparan sinar UVA (broad-spectrum). Selain memproteksu kulit, tentu saja Anda memperoleh fungsi pencerah dan manfaat kulit sehat berkat kandungan ekstrak alga merah dan vitamin C di dalamnya.

Jenis skincareTabir surya
Komponen pentingVitamin C, organic aloe vera, red algae extract
Rekomendasi kulitSemua jenis kulit
Ukuran/isi60 mL
Kisaran hargaRp499.000

3. Whitelab Brightening Face Serum

Membuat kulit bebas dari tampilan kusam dan tanda-tanda penuaan!

Serum buatan Whitelab ini memiliki kandungan niacinamide yang untuk membuat kulit kusam nampak lebih cerah, serta mengurangi masalah kulit seperti noda hitam dan jerawat. Berpadu dengan kolagen yang menjaga elastisitas kulit, Anda pun dapat menunda kemunculan tanda-tanda penuaan!

Setiap kali meratakan serum ini, Anda akan merasa nyaman berkat konsistensi cairan serum yang cepat terserap kulit. Tak hanya itu, serum ini juga telah diuji secara dermatologis bebas dari zat aditif berisiko, membuatnya aman digunakan secara rutin.

Jenis skincareSerum
Komponen pentingNiacinamide, collagen
Rekomendasi kulitSemua jenis kulit
Ukuran/isi20 mL
Kisaran hargaRp75.000

4. Azarine Cosmetics C White Night Moisturizer

Sumber: Azarinecosmetic.com

Diformulasi bahan pencerah untuk samarkan noda hitam

Agar mendapat hasil perawatan maksimal, gunakanlah krim malam sebelum Anda tidur. Azarine Cosmetics C White Night Moisturizer mengandung vitamin C dari bahan alami seperti lemon untuk membantu pudarkan dark spot penyebab kulit kusam.

Oleh sebab dirancang untuk pemakaian sebelum tidur, produk ini bersifat mudah terserap kulit. Aromanya pun segar, memberi Anda efek relaksasi menjelang tidur. Efek kelembapannya sendiri bertahan lama sampai Anda bangun di pagi hari!

Jenis skincarePelembap
Komponen pentingVitamin C
Rekomendasi kulitSemua jenis kulit
Ukuran/isi25 g
Kisaran hargaRp58.500

5. Laneige Water Sleeping Mask

Sumber: Laneige.com

Meremajakan dan mencerahkan kulit dalam semalam

Masker malam produksi Laneige ini dirancang khusus untuk mencerahkan wajah dengan menjaga kelembapannya sepanjang malam. Buat Anda yang tidak memperoleh waktu tidur cukup, produk ini membantu menekan efek lelah yang muncul pada kulit wajah Anda.

Laneige Water Sleeping Mask memanfaatkan bahan-bahan aktif seperti hydro ion mineral water, ekstrak akar mawar malam, dan ekstrak aprikot Hunza. Ketika dipakai, produk ini bekerja meremajakan kulit yang lelah setelah beraktivitas seharian dengan bahan aromatik yang mengoptimalkan regenerasi kulit.

Jenis skincareMasker malam
Komponen pentingAscorbyl glucoside, sodium hyaluronate
Rekomendasi kulitSemua jenis kulit
Ukuran/isi70 mL
Kisaran hargaRp380.000

6. Neogen Bio-Peel Gauze Peeling – Lemon

Sumber: Neogenlab.us

Angkat kulit mati dan sisa kotoran dengan cotton pad beraroma lemon

Eksfoliasi sangat penting untuk menyingkirkan tumpukan kulit mati penyebab kulit kusam. Agar eksfoliasi kulit Anda lebih teratur, cobalah eksfoliator ini. Neogen Bio-Peel Gauze Peeling – Lemon memiliki bentuk cotton pad lembut yang mampu mengangkat kulit mati dan sisa kotoran di wajah. Kandungan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan juga membuat wajah beberapa tingkat lebih cerah.

Produk ini akan memanjakan kulit Anda karena selain meluruhkan sel-sel mati, kinerjanya juga optimal dalam melembutkan dan memperbaiki tekstur permukaan kulit. Aroma lemon semerbak menyegarkan membuat Anda betah selama treatment. Bosan pakai exfoliating toner, jangan ragu beralih ke chemical exfoliator ini!

Jenis skincareChemical exfoliator
Komponen pentingVitamin C, sodium hyaluronate
Rekomendasi kulitNormal, kering, berminyak
Ukuran/isi200 mL / 30 pads
Kisaran hargaRp230.000

7. Frudia Citrus Brightening Toner

Sumber: Frudia.co.id

Mengandung senyawa kaya dari jeruk untuk menjaga kulit cerah secara merata

Produk berikut mengantarkan kebaikan vitamin C yang sangat kaya karena 86% terbuat dari ekstrak jeruk. Di samping mencerahkan melalui substansi vitamin C-nya, toner ini juga mengurangi produksi melanin yang menggelapkan kulit melalui kandungan dari air jeruknya.

Untuk menghilangkan kusam pada wajah, pakailah Frudia Citrus Brightening Toner di pagi dan malam hari. Penggunaan rutin akan membuat wajah terasa lembut dan kenyal. Dengan kondisi wajah segar, cerah, dan lembut, makeup pun yang Anda kenakan pun lebih mudah menempel.

Jenis skincareToner
Komponen pentingVitamin C, niacinamide
Rekomendasi kulitNormal, kering, berminyak
Ukuran/isi195 mL
Kisaran hargaRp252.000

8. All Perfect Whitening Serum

Sumber: Shopee.co.id

Serum kaya niacinamide yang baik untuk kulit kusam disertai jerawat

Seperti namanya, serum satu ini memiliki fungsi utama untuk mencerahkan kulit. Serum ini dapat menjadi solusi bagi Anda yang memiliki kulit kusam sekaligus berjerawat. Pasalnya, kandungan niacinamide yang dikenal mampu mencerahkan, juga berkemampuan dalam meredakan jerawat dan inflamasi.

Meski diklaim aman untuk tipe kulit apa pun, kandungan alkohol di dalamnya membawa risiko kulit kering apabila melebihi aturan pakai. Untuk itu, All Perfect Whitening Serum akan cocok diaplikasikan bersama moisturizer yang memberi hidrasi optimal terhadap wajah Anda.

Jenis skincareSerum
Komponen pentingGlutathione, collagen, niacinamide
Rekomendasi kulitSemua jenis kulit
Ukuran/isi30 mL
Kisaran hargaRp150.000

9. Innisfree Tone Up No Sebum Sunscreen

Tabir surya antisebum yang juga cocok sebagai alternatif makeup base

Buat Anda yang mengalami wajah kusam akibat minyak berlebih, Innisfree merilis skincare yang tepat untuk Anda. Berjenis sunscreen, produk ini didesain untuk mengontrol sebum berlebih. Tak cuma situ, sunscreen ini juga memiliki efek tone-up yang melembutkan, menghidrasi dan mencerahkan kulit.

Guna memberikan perlindungan bagi kulit dari sinar matahari, Innisfree menyematkan kadar SPF 50+ dan PA++++. Hal menarik lain dari produk ini, Anda juga dapat menjadikannya sebagai makeup base alternatif pengganti foundation. Satu produk untuk ragam fungsi!

Jenis skincareTabir surya
Komponen pentingCitric acid, centella asiatica extract, green tea extract
Rekomendasi kulitNormal, kering, berminyak
Ukuran/isi50 mL
Kisaran hargaRp146.000

10. Goodal Green Tangerine Vita C Dark Spot Serum

Sumber: Shopee.co.id

Menggunakan jenis vitamin C yang stabil terhadap sinar UV

Goodal memproduksi serum dari bahan baku green tangerine yang hanya mekar selama empat minggu dalam setahun. Jenis jeruk ini memiliki kandungan vitamin C sepuluh kali lipat lebih banyak dibandingkan jeruk mandarin biasa. Selain itu, vitamin C berbentuk ascorbyl glucoside pada serum ini tidak mengiritasi kulit, serta stabil terhadap sinar UV.

Bila Anda telah lama berharap memiliki kulit terlihat segar berkilau sekaligus lembap, Goodal Green Tangerine Vita C Dark Spot Serum pilihannya! Produk ini cocok untuk berbagai jenis kulit, termasuk kulit sensitif. Di samping memudarkan dark spot sebagaimana nama produk, Anda pun memperoleh efek kerutan berkurang, lho!

Jenis skincareSerum
Komponen pentingVitamin C
Rekomendasi kulitNormal, kering, berminyak
Ukuran/isi30 mL
Kisaran hargaRp216.000

Lihat juga rekomendasi produk terbaik untuk mencerahkan wajah di sini!

Tersedia banyak pilihan produk untuk mencerahkan wajah kusam Anda. Selain daftar produk yang kami sertakan di atas, Anda bisa memilih produk lain secara spesifik dengan fungsi serupa.

Mulai dari sabun muka, serum, dan krim pencerah wajah bisa Anda gunakan. Pilihlah produk yang kiranya memungkinkan untuk Anda gunakan secara rutin. Berikut artikel rekomendasi yang dapat Anda simak lebih lanjut!

Kesimpulan

Perawatan dengan skincare untuk kulit kusam patut memperhatikan unsur hidrasi dan kelembapan. Selain itu, perlu juga diperhatikan kecocokan produknya dengan jenis kulit Anda. Di antara produk yang kami rekomendasikan, adakah yang sesuai dengan preferensi Anda?

Jika Anda bingung, kami sarankan untuk lebih lanjut membaca ulasan pengguna terhadap kualitas suatu produk. Meski demikian, Anda masih harus memastikan komposisi skincare aman untuk kulit Anda. Semoga produk rekomendasi kami mengantarkan Anda memperoleh kulit wajah bebas kusam, ya!

(Visited 286 times, 7 visits today)