Written by 06:25 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Serum Vitamin C Terbaik

Goodal Green Tangerine Vita C Dark Spot Serum

Serum vitamin C adalah produk perawat kulit yang digandrungi banyak orang sejak lama. Mendapatkan kulit sehat, lembut, kencang, dan tampak bercahaya tidaklah sulit dengan bantuan vitamin C. Apabila Anda kesulitan memperoleh sumber asupan vitamin C harian dari beraneka macam buah, serum vitamin C menjadi opsi terbaik untuk Anda.

Mulai dari produk drugstore sampai high-end, serum vitamin C dapat dibeli dengan mudah. Brand kondang seperti Laneige, Sensatia Botanicals, dan Wardah memproduksi serum vitamin C berkualitas bagus. Supaya tidak bingung, kami sarankan Anda melihat panduan pemilihannya dalam artikel ini. Setelah itu, kami merekomendasikan produk serum vitamin C terbaik. Selamat membaca!

Serum Vitamin C dan Fungsinya untuk Kulit

Serum Vitamin C dan Fungsinya untuk Kulit

Serum vitamin C berperan banyak bagi tubuh, terutama untuk memelihara kesehatan kulit. Berbagai penelitian terhadap efektivitas vitamin C bagi kulit sangatlah banyak. Secara topikal, serum vitamin C ideal untuk semua jenis kulit. Peranannya tetap optimal saat dipadukan dengan bahan aktif lain seperti alpha hydroxy acid, retinol, ataupun SPF.

Salah satu bentuk turunan vitamin C, yakni magnesium ascorbyl phospate, membantu mempertahankan kelembapan kulit lebih baik melalui hydrating effect-nya. Vitamin C juga membantu melembutkan permukaan kulit untuk penampilan lebih muda. Peradangan seperti kulit memerah dapat pula ditangani dengan baik oleh serum vitamin C.

Selain fungsi-fungsi tersebut, berikut keuntungan lain yang kulit rasakan saat rutin mengaplikasikan serum yang mengandung vitamin C:

  • Mencerahkan kulit dengan mengurangi produksi melanin yang memunculkan bintik-bintik gelap, melasma, dan bahkan jerawat.
  • Menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata dengan cara menghidrasi under-eye area.
  • Sebagai anti-aging dengan meningkatkan jumlah kolagen. Hal ini membantu mencegah kemunculan gejala penuaan dini sekaligus menjaga kekencangan kulit.
  • Memperbaiki kerusakan kulit seperti sunburn akibat paparan sinar matahari yang memicu radikal bebas melalui sifat antioksidannya.

Satu lagi yang mungkin belum Anda ketahui, serum vitamin C juga dapat dimanfaatkan ke area tubuh lain untuk membantu mempercepat penyembuhan luka, lho!

Apakah Anda Memerlukan Serum Vitamin C?

Apakah Anda Memerlukan Serum Vitamin C

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda harus mengecek dulu apakah Anda mengalami masalah yang berkaitan dengan kulit. Contohnya, jika pada wajah Anda mulai terjadi pengenduran atau terlihat garis halus, hiperpigmentasi, kemerahan, dan bentuk imperfeksi lain, tentu Anda membutuhkan serum vitamin C.

Kandungan vitamin C aktif pada serum membawa banyak sekali keuntungan untuk menanggulangi kondisi-kondisi tersebut. Namun, Anda yang mempunyai tipe kulit sensitif harus lebih selektif dalam memilih dan menggunakan serum. Tenang saja, pada bagian selanjutnya kami akan menjelaskan bagaimana cara menemukan serum vitamin C yang tepat.

Cara Memilih Serum Vitamin C

Mengetahui banyaknya kelebihan yang ditawarkan dari produk serum vitamin C, tentunya Anda tidak boleh sembarangan memilih produk. Cermatilah beberapa elemen sebelum menentukan serum, mulai dari jenis vitamin C yang terkandung, tingkat konsentrasi, tekstur, bahan pendukung, dan kesesuaiannya terhadap kondisi kulit Anda. Selengkapnya dapat diketahui melalui poin-poin berikut.

Pilih Berdasarkan Jenis Vitamin C yang Digunakan

Pilih Berdasarkan Jenis Vitamin C yang Digunakan

Vitamin C adalah unsur yang tidak stabil dan mudah rusak. Karena alasan tersebutlah vitamin C kemudian diolah bersama turunan vitamin C atau vitamin C derivative supaya khasiatnya tetap maksimal. Dalam urusan pemilihan serum, sebaiknya Anda mengetahui jenis vitamin C apa saja yang digunakan.

Berikut ini beberapa jenis vitamin C yang paling sering diformulasikan ke dalam produk serum:

  • L-ascorbic acid (LAA). Adalah bentuk turunan paling murni dari vitamin C dengan kinerja paling kuat terhadap kulit. Walau efektif untuk mencerahkan, menghidrasi, dan mereduksi hiperpigmentasi, ascorbic acid adalah komponen yang sangat mudah teroksidasi oleh udara dan suhu, serta konsentrasinya tidak stabil.
  • Sodium ascorbyl phosphate (SAP). Sodium ascorbyl phosphate cukup kuat dalam menahan paparan sinar, panas, dan udara, serta memiliki unsur lebih stabil. Untuk Anda yang berkulit sensitif dapat mencari serum vitamin C berkandungan SAP karena mempunyai pH netral. Bentuk vitamin C satu ini juga efektif mengatasi jerawat.
  • Magnesium ascorbyl phosphate (MAP). Jika kulit Anda tergolong kering atau sensitif, serum vitamin C dengan kandungan magnesium ascorbyl phosphate diketahui lebih ramah. Turunan vitamin C ini dapat membantu menangani efek hiperpigmentasi.

Selain ketiga bentuk vitamin C tersebut, Anda mungkin mendapati vitamin C derivatives lain seperti ascorbyl glucoside, ascorbyl palmitate, magnesium ascorbyl palmitate, ethyl ascorbic acid, dan tetrahexyldecyl ascorbate. Meskipun beberapa macam turunan vitamin C tersebut terbilang cukup stabil dibandingkan ascorbic acid, tetap disarankan supaya menjauhi wajah dari sinar matahari langsung ataupun eksposan udara terus-menerus.

Awali dengan Serum yang Konsentrasi Vitamin C-nya Rendah

Awali dengan Serum yang Konsentrasi Vitamin C nya Rendah

Tingkat konsentrasi vitamin C dari setiap produk berbeda-beda. Semakin tinggi konsentrasinya, efektivitasnya pun meningkat, namun bedampak pula pada kulit yang rentan kering. Apabila Anda baru pertama kali membeli serum vitamin C, lebih baik memilih produk dengan konsentrasi rendah untuk mengecek reaksi kulit terhadap penggunaan serum.

Memilih serum dengan konsentrasi rendah juga membantu kulit beradaptasi semisal di lain waktu Anda ingin mengganti ke produk dengan konsentrasi lebih tinggi. Ingat juga bahwa serum yang konsentrasi vitamin C-nya tinggi tidak boleh digabung dengan bahan-bahan keras lain, seperti AHA, BHA, retinol, atau niacinamide sebab dapat menimbulkan reaksi iritasi ataupun kemerahan.

Pilihlah Serum berdasarkan Kondisi Kulit

Pilihlah Serum yang Paling Sesuai dengan Kondisi Kulit

Setiap orang mempunyai kebutuhan yang berbeda akan kulit mereka. Maka dari itu, kami menyarankan Anda membeli serum vitamin C yang kandungan dan performanya sesuai dengan kondisi kulit Anda.

  • Kulit Berminyak dan Berjerawat. Carilah serum dengan konsentrasi tinggi untuk membantu menjaga kelembapan minyak di wajah Anda. Serum yang diperkaya bahan antibakteri juga mendukung efektivitas bahan utamanya dalam membasmi bakteri penyebab jerawat.
  • Kulit Kering. Kami sarankan Anda membeli serum vitamin C berbasiskan minyak yang dilengkapi bahan aktif untuk melembapkan, misalnya hyaluronic acid, ceramide, glycerin, dan lain-lain. Serum dengan tambahan kolagen juga dapat dipilih apabila Anda mengharapkan kulit elastis, kencang, dan teremajakan.
  • Kulit Sensitif. Anda bisa membeli serum vitamin C dengan konsentrasi rendah agar peranannya tidak menimbulkan reaksi iritatif terhadap kulit sensitif Anda. Serum dengan turunan vitamin C seperti magnesium ascorbyl phosphate atau sodium ascorbyl phosphate merupakan pilihan terbaik Anda.

Periksa Bahan Pendukung untuk Memperoleh Manfaat Lebih

Periksa Bahan Pendukung untuk Memperoleh Manfaat Lebih

Dalam rangka berlomba-lomba memperoleh predikat sebagai serum vitamin C terbaik, tidak sedikit produsen menambahkan bahan-bahan pendukung untuk memaksimalkan manfaat sebuah serum. Misalnya, ketika vitamin C dikombinasi bersama pro-vitamin B3 dan kolagen, maka ketiganya akan bersinergi menekan proses pigmentasi akibat pengaruh sinar UVB.

Beberapa produk dilengkapi komponen pendukung alami semisal aloe vera yang berguna melembutkan kulit. Sementara bahan pendukung yang paling umum digunakan adalah pelembap, semacam glycerin, hyaluronic acid, dan ceramide, di mana bahan-bahan ini bisa Anda utamakan keberadaannya apabil Anda memerlukan serum vitamin C untuk kulit kering dan sensitif. Carilah bahan pendukung yang paling Anda perlukan untuk mendapatkan manfaat lebih!

Pastikan Teksturnya Mudah Meresap dan Nyaman di Kulit

Pastikan Teksturnya Mudah Meresap dan Nyaman di Kulit

Jangan lupakan soal tekstur produk! Sebagus apa pun serum Anda, rasanya akan kurang nyaman ketika teksturnya sulit meresap ke lapisan kulit. Carilah serum yang teksturnya paling nyaman buat Anda, namun tetap utamakan produk yang lebih gampang menyerap ke dalam kulit.

Untuk Anda yang kulitnya cenderung berminyak, mungkin akan lebih nyaman menggunakan serum dengan tekstur ringan. Tetapi, orang dengan kulit kering boleh jadi lebih suka dengan tekstur serum yang sedikit kental. Apa pun merek dan teksturnya, pilihlah serum yang paling nyaman untuk Anda.

Hindari Bahan-bahan yang Memungkinkan Terjadinya Iritasi

Hindari Bahan bahan yang Memungkinkan Terjadinya Iritasi

Di samping memikirkan kenyamanan, Anda juga harus mempertimbangkan aspek keamanan produk. Terlebih bagi Anda yang kulitnya sensitif atau kering, penting memperhatikan bahan-bahan tertentu supaya tidak memperburuk kondisi kulit Anda.

Jauhilah produk serum yang mengandung bahan-bahan iritatif seperti pewangi buatan, pewarna, paraben, dan alkohol. Dengan menyeleksi bahan-bahan aditif semacam itu, Anda pun tidak perlu khawatir terhadap risiko terjadinya iritasi. Lalu, pilih juga serum dengan keasaman rendah atau memiliki tingkat pH normal, ya!

10 Rekomendasi Serum Vitamin C Terbaik untuk Kulit Wajah

Berikut ini pilihan serum vitamin C terbaik yang telah kami kumpulkan berdasarkan kepuasaan pengguna. Pilihlah produk yang menurut Anda paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan kulit. Selamat memilih!

1. Goodal Green Tangerine Vita C Dark Spot Serum

Goodal Green Tangerine Vita C Dark Spot Serum

Kisaran harga: Rp330.000

Mengandung 3 komponen utama untuk mencerahkan kulit

Serum persembahan Goodal ini mengandung 70% vitmain C alami yang berasal dari green tangerine. Dibandingkan natural tangerines, formula vitamin C yang terkandung di dalam green tangerine 10 kali lebih banyak. Menghadirkan fungsi utama untuk memudarkan dark spot, kemerahan, dan membantu melembutkan kulit, hasil signifikan akan muncul hanya dalam beberapa minggu.

Goodal Green Tangerine Vita C Dark Spot Serum mempromosikan hydrating effect untuk kesegaran lebih lama. Gunakanlah serum vitamin C ini setelah proses cleansing dan toning dalam regimen perawatan kulit Anda. Supaya cairannya lebih cepat meresap, bantulah dengan menepuk-nepuk menggunakan tangan.

Kondisi kulit Kulit kering, berminyak, dan acne-prone
Bahan pendukung Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Root Extract, Arbutin, Ascorbyl Glucoside, Panthenol, Centella Asiatica Extract, Sodium Hyaluronate, Adenosine, Tocopheryl Acetate (Vitamin E)
Tekstur Gel, cepat meresap
Isi 30 ml

2. Sensatia Botanicals Facial C-Serum Unscented Sensitive

Sensatia Botanicals Facial C Serum Unscented Sensitive

Kisaran harga: Rp180.000

Tekstur menyerupai cream yang menghidrasi kulit kering dan sensitif

Pada seri Facial C-Serum, Sensatia Botanicals menyediakan cukup banyak pilihan, mulai dari kebutuhan kulit normal dan kering, hingga kulit berminyak cenderung berjerawat. Kami rekomendasikan Anda varian Unscented Sensitive yang juga cocok diaplikasikan ke seluruh tipe kulit, termasuk kulit normal, kering, dan berminyak.

Dikemas bersama komposisi herbal, seluruh racikannya menjadi ramuan esensial beraroma menyegarkan yang murni dan cepat meresap ke dalam kulit. Serum vitamin C berbahan alami ini efektif mengurangi keriput dan memperbaiki tekstur permukaan kulit yang tidak merata. Bukan cuma itu, serum ini juga meredakan kemerahan akibat jerawat di area wajah sampai hasil optimal dengan pemakaian teartur.

Kondisi kulit Kulit kering dan sensitif
Bahan pendukung Centella Asiatica (Gotu Kola), Tocopherol (Vitamin E), Citric Acid
Tekstur Creamy, mudah meresap
Isi 60 ml

3. Laneige White Dew Original Ampoule Essence

Laneige White Dew Original Ampoule Essence

Kisaran harga: Rp720.000

Menghasilkan tampilan kulit cerah dan lembap sejak pemakaian pertama

Tidak sedikit wanita mengaku puas setelah mendapatkan dukungan perawatan serum vitamin C dari produk Laneige satu ini. Jika Anda mendambakan kulit terlihat cerah dan senantiasa lembap, White Dew Original Ampoule Essence mencantumkan komponen pencerah berupa ekstrak Saururus Chinensis yang telah dipatenkan.

Ekstrak bahan unik tersebut mendorong pemudaran noda-noda gelap dan warna kulit tidak merata. Kebaikan serum vitamin C ini pun bertambah akibat adanya glycocomponent dari Phyto Sugar Water yang mampu menjadikan kulit lembap dan semakin berseri. Dengan konsentrasi cukup tinggi, serum ini bekerja mencerahkan dan melembapkan secara maksimal dari lapisan dalam.

Kondisi kulit Semua jenis kulit
Bahan pendukung Panthenol, Sodium Hyaluronate, Acetyl Glucosamine
Tekstur Gel, cepat meresap
Isi 40 ml

4. Charlotte Kay Vitamin C Serum

Charlotte Kay Vitamin C Serum 1

Kisaran harga: Rp300.000

Selain menghilangkan kerutan dan mencerahkan, kulit pun terasa kencang!

Ingin melihat perubahan signifikan berupa penampilan kulit kencang dan cerah tanpa kerutan maupun bintik hitam? Produk dari Charlotte Kay satu ini memungkinkan hasil demikian hanya dalam 2 minggu pemakaian! Cukup ditetes 2 – 3 kali setiap pagi dan malam hari, formula mudah meresapnya langsung bertindak memberikan treatment menyeluruh di kulit wajah.

Vitamin C Serum berkemasan emas dari Charlotte Kay aman digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk pengguna berkulit sensitif. Komposisi yang tercantum pada serum vitamin C tanpa SLS, paraben, dan merkuri ini dipastikan aman, tidak menimbulkan iritasi, kemerahan, ataupun kulit terkelupas. Untuk result lebih baik, Anda bisa memadukannya bersama Charlotte Kay Ageless Firming Serum.

Kondisi kulit Kulit normal, kombinasi, dan berminyak
Bahan pendukung Galactomyces Ferment Filtrate, Vitamin B3 (Niacinamide)
Tekstur Ringan
Isi Tidak diketahui

5. Hanasui Serum Vitamin C Kuning

Hanasui Serum Vitamin C Kuning

Kisaran harga: Rp15.300

Mempromosikan pembentukan kolagen untuk kulit sehat dan cantik

Keutamaan vitamin C di dalam Hanasui Serum Vitamin C Kuning dimaksimalkan untuk mencapai tujuan utamanya, yakni melindungi kulit dari radikal bebas, mendorong peningkatan jumlah kolagen, dan brightening effect. Anda yang ingin terhindar dari efek penuaan dini perlu sekali mencoba serum vitamin C yang murah ini.

Dengan terpenuhinya kebutuhan kolagen, kulit pun merasakan banyak sekali manfaat, antara lain tekstur kenyal, halus, dan terbebas dari aging-effect semisal wrinkle. Buat Anda yang kesehariannya banyak terpapar pengaruh luar, entah itu polusi, matahari, AC, atau asap rokok, serum vitamin C yang telah memiliki izin edar BPOM ini sangat bisa diandalkan.

Kondisi kulit Semua jenis kulit
Bahan pendukung Sodium Ascorbyl Phosphate, Glycerin
Tekstur Gel, cukup kental
Isi 20 ml

6. i-Face Vitamin C Serum

i Face Vitamin C Serum

Kisaran harga: Rp81.500

Diolah dengan teknologi mikro untuk meningkatkan daya serap

i-Face mempercayakan turunan vitamin C lebih stabil berupa ethyl L-ascorbic acid sebagai komponen utama serum buatannya ini. Apabila Anda mengharapkan efek pencerahan dalam waktu singkat, i-Face Vitamin C Serum bisa dites sendiri kemampuannya. Diproses melalui micronized technology, ascorbic acid lebih cepat terserap ke lapisan kulit.

Pengombinasian formula dengan ekstrak plum superfruit memberikan properti antioksidan jauh lebih kuat dibandingkan antioksidan buah jeruk. Serum vitamin C dengan konsentrasi ascorbic acid mencapai 10% ini terasa nyaman serta ideal untuk semua jenis kulit. Anda bisa pula memadukan penggunaannya bersama kosmetik lain, semisal foundation atau krim skin care lain dengan syarat i-Face Vitamin C Serum lebih didahulukan pengaplikasiannya.

Kondisi kulit Semua jenis kulit
Bahan pendukung Polyphenol
Tekstur Ringan
Isi 10 ml

7. Envygreen Intensive Vitamin C Serum

Envygreen Intensive Vitamin C Serum

Kisaran harga: Rp98.000

Serum yang dinilai bagus untuk mencerahkan muka

Berbeda dengan produk serum vitamin C pada umumnya, Envygreen mengandalkan turunan jenis vitamin C berupa sodium ascorbyl phosphate yang mana selain lebih stabil, agen tersebut juga tidak mudah teroksidasi oleh udara ataupun panas.

Belum selesai sampai situ, Envygreen Intensive Vitamin C Serum diperlengkap kandungan aloe vera extract untuk memberikan efek dingin dan tenang after-treatment. Apabila Anda telah lama bermimpi mempunyai tampilan kulit yang cerah dari hari ke hari tanpa kehilangan kelembapan, produk satu ini bisa menjadi opsi utama.

Kondisi kulit Semua jenis kulit
Bahan pendukung Aloe Vera Extract, Sodium Ascorbyl Phospate
Tekstur Sedikit kental
Berat 10 gr

8. Sunday Riley C.E.O Glow Vitamin C + Turmeric Face Oil

Sunday Riley CEO Glow Vitamin C Turmeric Face Oil

Kisaran harga: Rp550.000

Mempromosikan efek kulit cerah, anti-aging, hingga penyembuhan luka!

Kami pun sadar kalau serum vitamin C dalam poin ini dibandrol dengan harga lumayan mahal. Namun tunggu dulu, Sunday Riley C.E.O Glow Vitamin C + Turmeric Face Oil bukanlah produk yang bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya, serum ini bukan hanya berkomposisikan vitamin C dari jeruk terbaik, tetapi juga dipadukan dengan segudang bahan organik lain.

Red raspberry, ginger, jojoba, turmeric, cranberry, evening primrose, dan pomegranate adalah komponen alami tambahan yang sanggup menambah efek kerja dari serum ini. Bukan cuma sebatas memberi efek glowing, serum satu ini juga berani menjamin kulit lebih terlindungi dari ragam bentuk complexion. Formulanya tanpa paraben, sulfat, alkohol, dan silikon, siapa pun dapat menggunakannya!

Kondisi kulit Kulit kering dan sensitif
Bahan pendukung Tetrahexyldecyl Ascorbate, Tocopherol (Vitamin E), Alpha-Bisabolol, Punica Granatum (Pomegranate) Oil
Tekstur Ringan (lightweight)
Isi 15 ml

9. Wardah C-Defense Serum

Wardah C Defense Serum

Kisaran harga: Rp82.500

Tetap nyaman meskipun tekstur gelnya cenderung oily

Wardah sebagai brand lokal tidak mau ketinggalan dalam meluncurkan produk serum. C-Defense Serum merupakan satu dari sekian banyak deretan produk serum ciptaannya. Produk ini memiliki kemampuan untuk meninggalkan healthy-look dan youthful glowing pada kulit Anda.

Bahan aktif antioksidan berupa 10% hi-grade vitamin C yang terkandung berperan istimewa untuk menutrisi, memperbaiki, dan melindungi seluruh lapisan kulit. Komposisi pelengkap prolonged hydration biosaccharide-nya turut menjaga kelembapan dan kelembutan kulit. Bagi Anda yang ingin mempercepat penyembuhan jerawat, serum vitamin C merek Wardah jawabannya!

Kondisi kulit Kulit kering dan sensitif
Bahan pendukung Aloe Vera Extract, Prolonged Hydration Biosaccharide
Tekstur Gel, sedikit kental
Isi 17 ml

10. Garnier Light Complete Whitespeed Vitamin C Super Essence

Garnier Light Complete Whitespeed Vitamin C Super Essence

Kisaran harga: Rp75.000

Memancarkan aroma segar khas lemon yang menyegarkan

Seluruh rangkaian kulit Garnier cukup terkenal di Indonesia, baik untuk kalangan pria ataupun wanita. Kabar baik bagi Anda penyuka produk Garnier, belum lama ini Garnier merilis produk serum vitamin C yang diklaim membantu mengatasi kulit wajah kusam agar kembali cerah dan sehat bercahaya.

Light Complete Whitespeed Vitamin C Super Essence akan memperlihatkan progres positif perihal penyamaran noda hitam dan bekas jerawat. Tersedia dua pilihan ukuran yang bisa Anda pilih, yakni ukuran 10 ml dan 30 ml. Satu lagi, vitamin C dalam serum ini berasal dari Lemon Yuzu asli Jepang yang bukan cuma wangi segar, tetapi dianggap 30x lebih baik dalam mengurangi penggelapan kulit.

Kondisi kulit Semua jenis kulit
Bahan pendukung White speed
Tekstur Ringan
Isi 30 ml

Cara Menggunakan Serum Vitamin C

Cara Menggunakan Serum Vitamin C yang Benar

Supaya serum vitamin C bekerja sempurna, Anda perlu mengaplikasikannya dengan benar. Cukupilah antara 1-3 tetes serum untuk setiap kali penggunaan. Takaran tersebut sebenarnya tidak bisa dijadikan acuan. Anda perlu mempertimbangkannya sesuai jenis vitamin C serta rangkaian perawatan kulit yang Anda lakukan.

Sebagai contoh, untuk serum vitamin C berkandungan L-ascorbic acid (LAA) yang water-based cenderung tipis dari segi tekstur, sehingga Anda bisa mengaplikasikannya sesegera mungkin setelah mencuci muka. Jika dalam regimen perawatan kulit Anda melibatkan toner, pakailah serum vitamin C sehabis pengaplikasian toner agar formula toner lebih dahulu diserap kulit.

Gunakanlah serum sesuai aturan yang tertera dalam produk. Namun pada umumnya, serum akan berfungsi lebih optimal ketika digunakan dua kali sehari. Beberapa produk juga ada yang hanya digunakan sebagai day serum ataupun night serum. Telitilah sebelum membeli agar Anda tidak merasa dirugikan karena mendapatkan serum yang tidak sesuai dengan kebutuhan.

Kapan Sebaiknya Mengganti Serum dengan Produk Baru?

Kapan Sebaiknya Mengganti Serum dengan Produk Baru

Meskipun tanggal kedaluwarsa serum masih jauh, dalam beberapa kasus Anda perlu mengganti serum karena sudah tidak layak pakai. Terdapat beberapa indikator untuk memudahkan Anda mengenali kualitas serum apakah masih layak digunakan atau seharusnya diganti.

Serum vitamin C yang terlihat jernih atau sedikit keputihan menandakan kualitas serum yang masih bagus. Namun, ketika warna cairan serum berubah kekuningan, kecokelatan, atau warna tidak biasa lainnya, hentikan pemakaian serum tersebut dan belilah serum baru.

Aroma dapat juga menjadi sinyal untuk mengetahui kesegaran serum, apakah masih layak atau tidak untuk dipakai. Apabila serum mengeluarkan aroma cukup asam atau aneh dan menyengat, sebaiknya Anda tidak lagi menggunakan serum tersebut.

Untuk menjaga kualitas serum, simpanlah serum di area yang terbebas dari sinar matahari langsung ataupun udara panas. Selain itu, pastikan untuk selalu menutup serum dengan rapat untuk mencegah terjadinya oksidasi akibat udara di ruangan.

Baca juga rekomendasi serum wajah terbaik lainnya!

Serum vitamin C sangat bermanfaat untuk membuat kulit satu tingkat lebih cerah dan kuat dari pengaruh buruk radikal bebas. Selain vitamin C, serum juga dirancang bersama formula lain untuk menciptakan peran berbeda tergantung kandungan yang digunakan.

Apabila Anda sedang menderita kondisi pori-pori terbuka, pilihlah serum yang secara khusus bekerja mengecilkan pori-pori. Anda juga bisa mencari serum dengan bahan tambahan semacam arbutin untuk memutihkan kulit atau membeli produk berdasarkan tipe kulit.

Untuk mengatasi masalah atau mewujudkan keinginan tersebut, Anda tidak perlu melakukan riset sendiri! Berikut kami rekomendasikan serum wajah terbaik lain yang mungkin berguna untuk menangani berbagai kondisi kulit Anda. Check it out!

10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Melembapkan Kulit
10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Memutihkan Kulit
12 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak
10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Mengecilkan Pori-pori
10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Usia 20-an
10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Usia 40-an

Kesimpulan

Seusai membaca article ini, apa Anda sukses menemukan serum vitamin C terbaik sesuai kebutuhan kulit Anda? Saat menggunakan serum, ketahuilah bagaimana aturan pemakaian yang tertulis pada bagian belakang kemasan. Hal ini akan membantu Anda mencapai efektivitas peran yang ditawarkan oleh serum tersebut.

Serum vitamin C dianggap sebagai primadona dalam regimen skin care harian. Walau demikian, tetap penting memperhatikan reaksi serum terhadap kulit. Jika Anda merasakan gatal saat atau setelah pemakaian, maupun timbul masalah lain, sebaiknya Anda menghentikan penggunaan serum tersebut. Pastikan hanya membeli dan memakai serum yang paling cocok dan aman untuk kulit Anda, ya!

(Visited 26.393 times, 39 visits today)