Written by 02:42 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Skincare Korea Terbaik

Banyak wanita Indonesia mengharapkan kulit cerah layaknya wanita Korea. Apakah Anda salah satunya? Untuk mewujudkan keinginan tersebut, Anda dapat menjalankan rutinitas perawatan kulit menggunakan skincare asal Korea. Namun, manakah produk paling tepat untuk Anda?

Guna membantu Anda, kami menyiapkan beberapa poin terkait pemilihan produk yang bisa Anda jadikan acuan. Selain itu, kami juga merangkum skincare Korea terbaik versi PickyBest sebagai referensi Anda. Tanpa berlama-lama lagi, mari simak ulasan ini sampai tuntas!

Cara Memilih Skincare Korea

Apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih skincare Korea, terutama bagi Anda yang pemula? Melalui poin-poin berikut, Anda akan ketahui semuanya!

Temukan Produk dengan Karakteristik sesuai Kondisi Kulit

Pertama, pastikan Anda mengenali kondisi kulit Anda, apakah berminyak, kering, kombinasi, sensitif, atau berjerawat. Masing-masing kondisi kulit memerlukan penanganan berbeda, sehingga jenis skincare yang dibutuhkan pun berbeda.

Kulit Berminyak: Pilih yang Mengontrol Sebum dan Nonkomedogenik

Jika Anda memiliki kulit berminyak, pastikan skincare yang Anda pilih mengandung bahan yang dapat mengontrol produksi sebum. Kulit berminyak juga rentan terhadap komedo. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda memilih produk berlabel nonkomedogenik.

Bahan-bahan skincare yang menawarkan kemampuan pengontrol minyak antara lain asam salisilat, retinol, dan sulfur. Bahan-bahan ini dapat menjaga keseimbangan sebum di kulit serta tidak menyumbat pori. Namun, apabila Anda sedang hamil, hindari produk berkandungan retinol demi kesehatan bayi Anda.

Kulit Kering: Pilih Produk Water-based yang Tinggi Kandungan Pelembap

Kulit kering memiliki kadar air rendah. Oleh karenanya, pilihlah skincare berbahan dasar air untuk membuat kulit terhidrasi. Selain itu, pilih juga produk yang mengandung bahan pelembap seperti asam laktat, lanolin, petroleum, atau urea. Bahan-bahan ini akan meminimalkan efek kulit kering.

Kemudian, Anda juga bisa mencari skincare berkandungan minyak, namun tetap berstatus water-based. Kandungan minyak jojoba, minyak zaitun, atau shea butter biasa ditemukan pada skincare, di mana bahan-bahan ini bagus untuk merawat kulit yang kering.

Kulit Kombinasi: Pilih yang Menyesuaikan Ketidakseimbangan Kondisi

Jika Anda memiliki kulit kombinasi berminyak dan kering, Anda perlu memilih skincare yang bisa mengontrol sebum di area wajah berminyak sekaligus melembapkan area yang kering. Skincare berbahan dasar air bisa menjadi pilihan utama Anda.

Bila memilih sabun pembersih, hindarilah produk dengan tambahan scrub karena berisiko mengikis area kulit yang kering. Sebaiknya, gunakan sabun pembersih berbentuk gel atau krim sebab memiliki tekstur lembut untuk kulit wajah. Sementara itu, Anda juga dianjurkan memilih produk minim kandungan alkohol.

Pada kulit kombinasi berminyak dan kering, alkohol mungkin membantu mengurangi minyak. Namun, di saat bersamaan, alkohol akan mengikat air yang menyebabkan bagian kulit kering Anda rentan iritasi. Jadi, bijaklah memilih skincare sesuai kondisi kulit kombinasi Anda.

Kulit Sensitif: Pilih yang Bebas atau Paling Tidak Minim Zat Aditif

Salah dalam memilih skincare akan menimbulkan efek negatif pada kulit sensitif. Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan pada Anda yang berkulit sensitif, hindarilah zat-zat yang memicu iritasi seperti parfum, alkohol, astringen, dan minyak esensial.

Sebaiknya, utamakan skincare berbahan alami seperti teh hijau, bunga kamomil, atau lidah buaya. Ketiga bahan tersebut akan memberi efek tenang pada kulit sensitif. Bahan-bahan alami lain seperti minyak kelapa dan shea butter juga dapat menenangkan sekaligus melembapkan kulit sensitif.

Kulit Berjerawat: Pilih yang Mengandung Bahan Aktif untuk Melawan Jerawat

Jika Anda memiliki kulit berjerawat, Anda dapat merawatnya dengan skincare berkandungan bahan aktif pembasmi jerawat. Benzoyl peroxide, tea tree oil, salicylic acid, dan azelaic acid adalah beberapa contoh zat aktif yang mampu melawan jerawat.

Di tempat lain, jerawat membuat kulit sensitif, sehingga kulit pun rentan iritasi. Maka itu, Anda juga bisa mencari produk yang kandungannya didesain untuk kulit sensitif. Untuk memudahkan pencarian, Anda bisa memprioritaskan produk yang mencantumkan keterangan fragrance-free, oil-free, atau hypoallergenic.

Utamakan Produk yang Terdaftar di Badan POM

Sumber: Pom.go.id

Yang tak kalah penting, pastikan produk pilihan Anda terdaftar di Badan POM. Hal ini akan memastikan produk yang Anda gunakan aman sebab sudah teruji klinis. Walau demikian, Anda tetap perlu mewaspadai klaim palsu produk yang mengaku telah berizin BPOM.

Di situs resmi BPOM, Anda dapat memastikan apakah produk yang Anda pilih teregistrasi di Badan POM. Kabar baiknya, seluruh skincare Korea rekomendasi kami di bawah sudah memperoleh izin edar dari BPOM. Dengan begitu, Anda pun merasa lebih aman setiap kali mengaplikasikan produk.

10 Rekomendasi Skincare Korea Terbaik

Kini, kami rekomendasikan Anda skincare Korea dengan jenis, kandungan, serta harga yang beragam. Pilihlah skincare paling sesuai dengan kebutuhan dasar kulit maupun perawatan Anda, ya!

1. Pyunkang Yul Moisture Cream

Susunan bahan alami teruji hypoallergenic yang juga aman dipakai anak

Skincare dari Pyunkang Yul ini berbentuk krim lembut dengan formula hypoallergenic. Bila Anda membutuhkan night cream tanpa kandungan parfum maupun pewarna, produk satu ini dapat menjadi pilihan. Anda yang berkulit sensitif juga bisa menggunakannya!

Dengan bahan utama coptis chinensis, pelembap ini melindungi Anda dari iritasi. Krim ini bahkan dapat digunakan pada kulit anak berkat kandungan alaminya yang bekerja lembut di kulit. Walau banyak dipakai sebagai krim malam, Pyunkang Yul Moisture Cream dapat pula Anda gunakan di pagi hari, lho.

Jenis skincareKrim malam
Rekomendasi kulitSemua
No. BPOMNA26180103785
Ukuran/isi100 mL
Kisaran hargaRp202.500

2. COSRX AHA 7 Whitehead Power Liquid

Sumber: Cosrx.com

Mengeksfoliasi secara lembut untuk bebaskan wajah Anda dari permasalahan komedo

Komponen glycolic acid dalam Cosrx AHA 7 Whitehead Power Liquid akan meluruhkan sel mati sekaligus meregenerasi sel baru untuk kulit lebih segar. Apabila digunakan rutin, skincare ini akan memberikan Anda efek kulit glowing, bebas komedo, serta bertekstur halus.

Menariknya, COSRX mengklaim produknya ini cruelty-free. Bahkan, Anda yang menerapkan gaya hidup vegan pun bisa menggunakannya! Tidak berhenti di situ, chemical exfoliator ini juga didukung hyaluronic acid untuk memberikan efek lembap pasca pemakaian pada kulit kering, berminyak, maupun kombinasi.

Jenis skincareEksfoliator kimia
Rekomendasi kulitBerminyak, kering, kombinasi
No. BPOMNA26180104451
Ukuran/isi100 mL
Kisaran hargaRp165.000

3. Innisfree Bija Trouble Spot Essence

Sumber: Innisfree.com

Tersiksa dengan jerawat meradang? Usir saja dengan essence ini!

Bija Trouble Spot Essence persembahan Innisfree berikut mengandung minyak bija yang dapat membantu mengatasi peradangan pada kulit berjerawat. Tak hanya itu, kandungan asal pulau Jeju ini juga mampu mengeksfoliasi dan mengatasi kelebihan minyak pada kulit.

Pada kulit berminyak, produk ini tak sekadar menekan produksi minyak, tetapi pori-pori pun takkan tersumbat berkat formula non-comedogenic-nya. Meski berbentuk tube yang praktis guna, penggunaannya dianjukan memakai cotton bud agar lebih higienis.

Jenis skincareEssence
Rekomendasi kulitBerminyak, berjerawat
No. BPOMNA26200100467
Ukuran/isi15 mL
Kisaran hargaRp198.000

4. Nature Republic California Aloe Fresh Powdery Sun Stick

Memberi perlindungan terhadap sinar matahari sekaligus menenangkan kulit

Tabir surya produksi Nature Republic ini berbentuk stik yang praktis pakai serta travel friendly. Kandungan lidah buaya dari perkebunan California pada tabir surya ini akan menenangkan kulit yang terpapar sinar matahari. Soal perlindungan, nilai SPF50+ dan PA++++ akan bekerja maksimal melindungi kulit!

Uniknya, produk ini dapat dioleskan pada area wajah dan tubuh. Formulanya yang waterproof dan sweatproof menjadikannya ideal dipakai untuk berenang maupun berolahraga. Walau menawarkan proteksi tinggi, hasil akhir kulit Anda takkan disertai penampilan whitecast.

Jenis skincareTabir surya
Rekomendasi kulitSemua
No. BPOMNA26191705081
Ukuran/isi22 g
Kisaran hargaRp190.000

5. Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask

Sumber: Innisfree.com

Bekerja mengontrol sebum dan merontokkan sel kulit mati dengan efek menyegarkan

Wajah Anda berminyak sampai-sampai rentan dihampiri jerawat? Supaya terbebas dari masalah tersebut, Innisfree menghadirkan wash-off mask berkandungan volcanic clay. Dengan produk ini, minyak pada wajah Anda akan terkontrol, sel kulit mati pun ikut luruh.

Berkat fungsi utamanya membersihkan kulit secara menyeluruh, wajah kusam sekalipun akan dibantucerahkan olehnya. Masker yang berhasil memenangkan 22 Global Beauty Awards ini bakal membuat Anda nyaman selama penggunaan berkat efek dingin segar yang ditawarkan.

Jenis skincareMasker bilas
Rekomendasi kulitBerminyak, kombinasi, berjerawat
No. BPOMNA26190205159
Ukuran/isi100 mL
Kisaran hargaRp146.000

6. Some by Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner

Sumber: Somebymi.us

Toner yang akan melembutkan, mencerahkan, dan menjaga kulit awet muda

Produk ini menggabungkan AHA, BHA, PHA, dan ekstrak pepaya untuk mengangkat dead skin cell dan kotoran pada wajah Anda. Meski tersusun dari tiga jenis acid, ekstrak tea tree water yang tinggi (10.000 ppm) di dalam toner ini akan segera melembutkan kulit.

Bukan hanya itu, keberadaan niacinamide pada produk ini turut membantu Anda yang menginginkan wajah cerah. Belum lagi, adenosine-nya akan mengurangi tampilan wrinkles pada aging skin. Jadi, Anda yang berharap wajah lembut, cerah, dan bebas tanda penuaan jangan sampai melewatkan produk ini!

Jenis skincareToner
Rekomendasi kulitBerminyak, berjerawat
No. BPOMNA26201200388
Ukuran/isi150 mL
Kisaran hargaRp130.000

7. Klavuu White Pearlsation Special Divine Pearl Serum

Sumber: En.klavuu.com

Mencegah penuaan dini dengan kandungan Korean pearl extract

Jika Anda mempunyai tanda-tanda penuaan seperti kerutan halus dan noda hitam, cobalah serum satu ini. Klavuu menyematkan ekstrak mutiara dan niacinamide sebagai kandungan dasar untuk peranan mencegah penuaan dini serta mencerahkan wajah.

Tekstur produk ini ringan dan tidak lengket, membuatnya mudah terserap kulit tanpa menimbulkan efek tidak nyaman. Di sisi lain, ada pula marine scent yang bakal hilang seiring waktu. Yuk, dapatkan kulit senantiasa terlihat muda dengan rutin memakai Klavuu White Pearlsation Special Divine Pearl Serum!

Jenis skincareSerum
Rekomendasi kulitKendur, kusam
No. BPOMNA26180110582
Ukuran/isi33 mL
Kisaran hargaRp358.000

8. COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser

Sumber: Cosrx.com

Membersihkan wajah dari kotoran tanpa mengiritasi kulit

COSRX selalu mengedepankan produk yang bersifat gentle di kulit, tak terkecuali untuk pembersih wajah satu ini. Dikhususkan untuk mengusir segala kotoran pada wajah, Low pH Good Morning Gel Cleanser meninggalkan kulit bertekstur rata tanpa efek tertarik.

Berkat nilai pH rendahnya, cleanser satu ini tidak merusak skin barrier apalagi menimbulkan iritasi pada lapisan kulit. Walau sudah dirancang seaman mungkin untuk semua kulit, termasuk sensitif, COSRX tetap menjamin produknya ini memberikan kesan kulit lembap, segar, dan bahkan tampak bercahaya!

Jenis skincareSabun muka
Rekomendasi kulitSemua
No. BPOMNA26181202986
Ukuran/isi150 mL
Kisaran hargaRp117.000

9. SK-II Facial Treatment Mask

Sumber: Sk-ii.co.id

Keutamaan PITERATM untuk kulit cerah sebening kristal

SK-II dikenal akan formulasi utamanya bernama PITERA yang telah dipatenkan. Konsentrasi PITERA yang menyimpan lebih dari lima puluh nutrisi mikro seperti vitamin, mineral, asam amino, dan asam organik tersebut dapat Anda temukan pada sheet mask ini.

Meski tergolong pricey, Anda takkan dirugikan setelah merasakan efek kulit cerah bagaikan kristal yang dijanjikan olehnya. Sehabis pakai, Anda juga merasakan wajah bebas dehidrasi dengan seketika.

Jenis skincareMasker lembaran
Rekomendasi kulitKering
No. BPOMNA22140200057
Ukuran/isi1 box / 6 pcs
Kisaran hargaRp650.000

10. Benton Aloe Real Cool Soothing Gel

Lolos skin patch primary irritation test dengan nilai indeks kurang dari 1%!

Apakah Anda memerlukan skincare Korea dengan bahan utama lidah buaya? Jika benar, soothing gel produksi Benton ini mungkin menjawab kebutuhan Anda. Berbahan dasar 93% aloe yang teruji hypoallergenic, produk ini akan mengantarkan kulit Anda pada kondisi terbaiknya!

Di dalamnya, tersedia pula soothing cooler dari kombinasi lima ekstrak bahan botani yang bakal mendinginkan kulit. Guna memastikan keamanan produk, Benton menyerahkan produknya untuk diuji klinis di OATC Skin Research Center. Hasilnya, soothing gel ini memperoleh skin irritation index di angka 0.02!

Jenis skincareSoothing gel
Rekomendasi kulitSemua
No. BPOMNA26190105870
Ukuran/isi300 mL
Kisaran hargaRp66.000

Kesimpulan

Skincare dari Korea memungkinkan Anda peroleh kulit segar dan cerah. Seusai membaca poin-poin pemilihan produk, apakah Anda berhasil temukan satu atau lebih skincare sesuai kebutuhan? Pada rekomendasi produk di atas, Anda dapat memilih skincare berdasarkan jenisnya.

Dari sabun muka hingga tabir surya, seluruh produk bisa Anda temukan pada list yang telah kami sediakan. Agar hasil perawatan Anda maksimal, pastikan untuk menyeimbangkan perawatan kulit dengan pola hidup sehat, ya. Semoga artikel ini bermanfaat!

(Visited 860 times, 18 visits today)