Written by 16:52 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Skincare Terbaik untuk Kulit Berminyak

Pemilik tipe kulit berminyak akrab dengan permasalahan kulit seperti jerawat dan komedo. Penyebabnya tak lain ialah produksi minyak berlebih yang menyebabkan pori-pori tersumbat. Oleh karena hal tersebut, tipe kulit berminyak dianjurkan memilih produk skincare dengan fungsi oil control.

Beberapa merek skincare menawarkan produk yang cocok untuk kulit berminyak, di antaranya Himalaya, Safi, Avoskin, dan masih banyak lagi. Artikel ini akan membahas cara memilih skincare untuk merawat kulit berminyak. Lebih dari itu, kami juga menyiapkan rekomendasi produk terbaik versi PickyBest. Baca sampai habis, ya!

Cara Memilih Skincare untuk Kulit Berminyak

Untuk memaksimalkan efek suatu produk skin care, penting untuk menerapkan urutan skin care yang tepat. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kandungan dan tekstur skincare yang baik untuk kulit berminyak. Bagaimana langkah-langkahnya?

Pilih Pembersih yang Ampuh Melenyapkan Minyak dan Kotoran

Mulai tahapan skin care Anda dengan membersihkan wajah secara tuntas. Bagi pemilik kulit berminyak, sabun wajah yang mengandung foam (busa) lebih disarankan. Busa sabun mampu mengangkat minyak dan kotoran dengan lebih baik. Pilihlah sabun wajah yang formulanya lembut dan tidak membuat wajah terasa kering.

Lakukanlah tahapan double cleansing untuk skin care malam Anda. Awali dengan cleansing oil yang ringan dan bisa diemulsi agar proses bilasnya lebih mudah. Kemudian, lanjutkan pembersihan dengan sabun wajah biasa. Anda cukup mencuci wajah dengan sabun dua kali sehari. Terlalu sering mencuci wajah justru dapat memicu produksi minyak karena kulit kehilangan kelembapan.

Gunakan Masker Wajah yang Mampu Menyerap Kelebihan Minyak

Dari beberapa jenis masker, clay mask dapat menjadi pilihan yang tepat untuk merawat kulit berminyak. Kandungan clay-nya membantu menyerap ekses minyak serta mengecilkan pori-pori kulit. Beberapa clay mask juga dilengkapi butiran scrub yang berperan sebagai exfoliator untuk mengikis sel kulit mati.

Namun, daya serapnya yang tinggi sekaligus menjadi kekurangan clay mask. Selain mengangkat minyak dan kotoran, masker ini turut mengangkat kelembapan alami kulit. Jangan lupa aplikasikan pelembap setelah menggunakan clay mask, ya!

Aplikasikan Exfoliating Toner dan Hydrating Toner sesuai Kebutuhan

Tipe kulit berminyak kerap mengalami masalah kulit kusam dan beruntusan. Untuk mengatasinya, gunakan exfoliating toner secara rutin. Toner ini mengandung senyawa AHA/BHA/PHA yang mampu mengeksfoliasi sel kulit mati dengan gentle. Hasilnya, kulit wajah tampak lebih cerah dan halus.

Hydrating toner bermanfaat untuk memberikan hidrasi serta menyegarkan kulit. Pilihlah hydrating toner yang teksturnya ringan dan menyejukkan. Anda bisa mempertimbangkan kandungan bahan alami seperti centella asiatica, orange extract, tea tree extract, atau ekstrak bunga-bungaan.

Pilih Serum Wajah yang Melembapkan dan Mudah Meresap

Umumnya, serum merupakan skincare yang mengandung komposisi tertentu dengan konsentrasi tinggi. Serum yang cocok untuk kulit berminyak di antaranya adalah kandungan asam hialuronat dan niacinamide. Asam hialuronat bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit dan membuatnya terasa lembut dan kenyal.

Kandungan niacinamide selain baik untuk melembapkan, juga berfungsi mencerahkan, merawat kulit berjerawat, serta sebagai anti-aging. Selain itu, asam hialuronat dan niacinamide juga mampu mengontrol produksi minyak. Pilihlah serum yang teksturnya watery dan tidak lengket agar lebih mudah meresap ke dalam kulit.

Pakailah Pelembap yang Lightweight serta Mudah Dibaurkan

Pelembap atau moisturizer berperan untuk mengunci kelembapan beserta nutrisi dari produk skincare sebelumnya agar tidak menguap sia-sia. Untuk kulit berminyak, kami merekomendasikan pelembap berbentuk gel atau losion. Bentuk gel atau losion lebih ringan dan mudah dibaurkan, sehingga penyerapannya juga lebih cepat.

Pilihlah pelembap yang mengandung asam hialuronat, gliserol, atau AHA seperti salicylic acid. Kandungan AHA dapat membantu meredakan peradangan pada kulit berjerawat. Untuk menghindari over-hydration, aplikasikan pelembap secukupnya saja. Penggunaan pelembap berlebihan dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan membuat kulit terasa semakin berminyak.

Lindungi Kulit dengan Sunscreen yang Nyaman di Wajah

Kunci terpenting rangkaian skin care ada pada penggunaan sunscreen. Pastikan Anda menggunakan sunscreen setiap hari agar kulit senantiasa terlindungi dari efek negatif sinar matahari. Untuk iklim tropis seperti di Indonesia, sebaiknya gunakan broad spectrum sunscreen dengan minimal SPF 30.

Untuk kulit berminyak, pilihlah sunscreen bertekstur ringan dan mudah meresap. Pilihlah water-based sunscreen yang memberikan kenyamanan saat diaplikasikan. Jika Anda sering menggunakan riasan, Anda juga bisa menggunakan sunscreen berbahan dasar silikon yang dapat sekaligus menjadi dasar riasan.

10 Rekomendasi Skincare Terbaik untuk Kulit Berminyak

Pada bagian ini, kami telah menyiapkan sepuluh rekomendasi produk skincare untuk merawat kulit berminyak Anda. Simak deskripsi masing-masing produk, lalu pilihlah sesuai kebutuhan Anda!

1. DHC Deep Cleansing Oil

Sumber: Dhccare.com

Ampuh membersihkan riasan waterproof tanpa feel berminyak

Bagi pemilik kulit berminyak, sangat penting untuk membersihkan makeup hingga tuntas agar pori-pori wajah dapat bernapas kembali. Menggunakan bahan dasar organic olive oil, produk ini mampu membersihkan kotoran dan sisa makeup dengan tuntas tanpa membuat wajah terasa kering. Aromanya juga menyegarkan berkat kandungan rosemary leaf oil-nya.

DHC Cleansing Oil merupakan tipe cleansing oil yang mudah diemulsi, menjadikannya terasa ringan dan nyaman di kulit. Selain itu, kandungan minyaknya tidak menimbulkan efek greasy setelah dibilas. Tanpa penambahan parfum dan pewarna, pemilik kulit sensitif sekali pun bisa menggunakan produk ini.

Jenis produkCleansing oil
Kandungan pentingOrganic olive oil, rosemary leaf oil, tocopherol (vitamin E)
KeamananFragrance-free, colorant-free, paraben-free, sulfate-free, alcohol-free, minimal ingredients
Ukuran/isi70 mL, 200 mL
Kisaran hargaRp349.000 (ukuran 200 mL)

2. Kiehl’s Calendula Deep Cleansing Foaming Face Wash

Sumber: Kiehls.co.id

Kebaikan tanaman calendula untuk wajah segar dan lembap

Tanaman calendula merupakan herbal yang sering digunakan dalam produk skin care untuk kulit berminyak. Sifatnya yang menenangkan dapat mengurangi kemerahan dan merawat kulit berminyak. Berpadu dengan gliserol, Kiehl’s Calendula Facial Wash membuat wajah Anda terasa segar dan terjaga kelembapannya.

Facial foam ini membersihkan wajah dengan gentle sehingga tidak mengganggu keseimbangan kadar air di dalam kulit. Meski tidak mengandung sulfat, gelnya mampu menghasilkan busa yang cukup banyak untuk mengangkat minyak dan kotoran.

Jenis produkSabun wajah
Kandungan pentingCalendula, glycerin
KeamananSoap-free, paraben-free, sulfate-free, alcohol-free, fungal acne safe
Ukuran/isi75 mL, 230 mL
Kisaran hargaRp399.000 (ukuran 230 mL)

3. Himalaya Purifying Neem Mask

Menyerap ekses minyak sekaligus merawat kulit berjerawat

Jika wajah berminyak Anda disertai jerawat, clay mask satu ini patut dipertimbangkan. Memanfaatkan kebaikan neem dan kunyit, Himalaya Purifying Neem Mask akan menenangkan jerawat meradang. Neem dikenal sebagai agen antibakteri, sedangkan kunyit bersifat antiseptik dan antiinflamasi.

Kandungan fuller’s earth clay-nya berfungsi menyerap ekses minyak sekaligus membersihkan pori-pori. Tak heran, kulit wajah akan terasa sejuk dan lebih cerah setelah menggunakan produk ini. Sayangnya, masker ini memiliki butiran scrub sedikit kasar yang mungkin kurang cocok untuk pemilik kulit sensitif.

Jenis produkMasker wajah
Kandungan pentingNeem, turmeric, fuller’s earth clay
KeamananAlcohol-free, fungal acne safe
Ukuran/isi50 gr, 100 gr
Kisaran hargaRp40.000 (ukuran 100 gr)

4. Avoskin Miraculous Refining Toner

Mengeksfoliasi dengan lembut untuk hasilkan kulit halus dan glowing

Tipe kulit berminyak sering kali mengalami permasalahan kulit kusam dan komedo. Salah satu cara merawatnya adalah dengan menggunakan exfoliating toner yang lembut dan melembapkan. Avoskin menghadirkan toner dengan kandungan AHA/BHA/PHA, niacinamide, tea tree, dan raspberry extract untuk kulit cerah dan glowing.

Selain itu, toner merek lokal ini juga diperkaya witch hazel dan aloe vera untuk mengontrol produksi minyak dan melembapkan kulit. Berkat komposisinya yang ramah, toner merek lokal ini cocok digunakan untuk kulit sensitif dan acne-prone. Bagi Anda yang baru pertama kali mencoba produk chemical exfoliator, Avoskin Miraculous Refining Toner dapat menjadi opsi yang tepat.

Jenis produkExfoliating toner
Kandungan pentingAHA/BHA/PHA, niacinamide, tea tree, raspberry extract, witch hazel, Aloe vera
KeamananFragrance-free, paraben-free, sulfate-free, acohol-free, fungal acne safe
Ukuran/isi20 mL, 100 mL
Kisaran hargaRp189.000 (ukuran 100 mL)

5. Klairs Supple Preparation Unscented Facial Toner

Formulanya ringan dan kaya akan hydrating agent!

Kulit berminyak memerlukan toner yang teksturnya ringan namun tetap menyediakan hidrasi maksimal. Dengan konsistensi seperti gel, toner Klairs satu ini cepat meresap dan nyaman di wajah. Kandungan centella asiatica di dalamnya berfungsi sebagai soothing agent untuk menenangkan peradangan.

Tak hanya itu, Klairs juga menyertakan ekstrak tumbuh-tumbuhan yang bermanfaat untuk memperkuat skin barrier. Asam hialuronatnya baik untuk mempertahankan hidrasi kulit lebih lama. Tanpa tambahan parfum dan essential oil, pemilik kulit sensitif tak perlu khawatir menggunakannya sehari-hari.

Jenis ProdukHydrating toner
Kandungan pentingHyaluronic acid, centella asiatica extract, glycyrrhiza glabra (licorice) root extract, panthenol, luffa cylindrica fruit/leaf/stem extract, althaea rosea flower extract, aloe barbadensis leaf extract, oleracea extract
KeamananFragrance-free, paraben-free, sulfate-free, acohol-free, fungal acne safe
Ukuran/Isi180 mL
Kisaran HargaRp310.000

6. Whitelab Brightening Face Serum

Mengandung niacinamide dan kolagen untuk kulit cerah awet muda

Niacinamide merupakan bahan aktif skincare yang bermanfaat untuk kulit berminyak. Selain mencerahkan, niacinamide juga dapat berperan mengontrol minyak dan menyamarkan noda hitam. Selain itu, kandungan ini dapat membantu meredakan peradangan pada kulit berjerawat..

Kandungan niacinamide pada Whitelab Brightening Face Serum diperkaya dengan kolagen yang baik untuk merawat elastisitas kulit. Kolagen juga berguna untuk menyamarkan garis-garis halus tanda penuaan dini. Tak hanya itu, teksturnya yang cair membuat serum ini nyaman dibaurkan dan cepat terserap ke dalam kulit.

Jenis ProdukSerum
Kandungan pentingNiacinamide 10%, collagen
KeamananParaben-free, sulfate-free
Ukuran/Isi20 mL
Kisaran HargaRp75.000

7. Bhumi Ceramide Hydra Lock Moisturizer

Sumber: Bhumi.co.id

Memperkuat skin barrier dengan hasil akhir mattifying

Wajah mudah berjerawat dan tampak kusam dapat menjadi tanda keseimbangan skin barrier terganggu. Untuk mengatasinya, gunakan skincare yang mengandung bahan aktif yang mampu memperkuat skin barrier. Kandungan ceramide dalam Bhumi Ceramide Hydra Lock Moisture dapat membantu memperbaiki skin barrier serta melindungi kulit dari radikal bebas.

Pelembap ini juga diperkaya kandungan yang baik untuk kulit berminyak seperti asam linoleat, zinc, dan grapeseed oil. Finish-nya yang mattifying membuatnya cocok dijadikan dasar riasan. Jika Anda mencari pelembap yang nyaman digunakan sebelum beraktivitas, produk ini boleh sekali Anda pertimbangkan.

Jenis produkPelembap
Kandungan pentingHyaluronic acid 1%, ceramide 2%, zinc PCA, borage oil, grapeseed oil
KeamananParaben-free, sulfate-free
Ukuran/isi45 gr
Kisaran hargaRp239.000

8. Safi Dermasafe Soothe & Hydrate Day Moisturizer

Pelembap yang ringan tanpa kandungan harsh chemical

Saat kulit sedang mengalami breakout, Anda lebih dianjurkan memakai skincare yang komposisinya tidak mengandung harsh chemical. Untuk pelembap, Anda bisa menjajal lini produk Safi Dermasafe ini. Diperkaya licorice extract dan chamomile, kulit breakout Anda akan tetap lembap dan segar seharian.

Teksturnya tidak greasy dan cepat meresap ke dalam kulit, menjadikannya terasa ringan dan nyaman untuk kulit berminyak. Selain itu, produk ini juga tidak mengandung alkohol dan fragrance yang dapat memicu iritasi. Tak hanya melembapkan, kandungan niacinamide-nya juga dapat mencerahkan wajah, lho!

Jenis produkPelembap
Kandungan pentingGlycyrrhiza glabra (licorice) root extract, niacinamide, sodium hyaluronate, glycerin, alpha-bisabolol
KeamananFragrance-free, sulfate-free, alcohol-free, fungal acne safe
Ukuran/isi50 gr
Kisaran hargaRp129.000

9. Neogen Day-Light Protection Sunscreen

Sumber: Neogenlab.us

Memberikan proteksi maksimal dengan tekstur ringan seperti air

Beberapa produk sunscreen sering kali meninggalkan rasa greasy dan terasa berat. Neogen Day-Light Protection Sunscreen hadir dengan tekstur ringan seperti air, membuatnya nyaman di kulit. Meski terasa ringan, sunscreen ini mampu memberikan perlindungan maksimal terhadap sinar matahari melalui SPF 50-nya.

Tak hanya sebagai pelindung, sunscreen ini juga memiliki fungsi melembapkan. Diperkaya kandungan rose, honey, dan raspberry extract, kulit Anda akan terasa lembap, segar, dan terlindungi. Produk ini cocok untuk Anda yang malas menggunakan sunscreen karena khawatir akan menimbulkan rasa tidak nyaman di kulit.

Jenis ProdukSunscreen
Kandungan pentingZinc oxide, isoamyl p-methoxycinnamate, ethylhexyl methoxycinnamate, bis-ethylhexyloxyphenol, methoxyphenyl triazine, titanium dioxide, rose extract, honey, raspberry extract, lavender oil
KeamananFragrance-free, paraben-free, sulfate-free, alcohol-free
Ukuran/Isi50 mL
Kisaran HargaRp330.000

10. Innisfree Tone Up No Sebum Sunscreen

Cocok digunakan sebagai base makeup sehari-hari

Jika aktivitas harian Anda akrab dengan penggunaan makeup, sunscreen satu ini layak dipertimbangkan. Kandungan silikonnya dapat menyamarkan pori-pori yang tampak besar dan mengisi tekstur wajah. Dengan begitu, Anda tak perlu lagi menggunakan primer sebelum riasan. Lebih praktis, bukan?

Produk ini juga dapat membantu mengontrol produksi sebum sehingga makeup Anda lebih flawless dan tahan lama. Selain itu, physical sunscreen ini juga memberikan proteksi lebih baik karena bekerja memantulkan sinar matahari. Alih-alih meninggalkan whitecast, sunscreen ini justru membuat kulit wajah tampak lebih cerah!

Jenis produkSunscreen
Kandungan pentingZinc oxide, titanium dioxide, camelia japonica extract, centella asiatica extract, citrus junos peel extract, glycerin, helianthus annuus (sunflower) seed oil, hamamelis virginiana (witch hazel) leaf extract, camellia sinensis leaf extract, cocos nucifera (coconut) fruit extract
KeamananParaben-free, sulfate-free, alcohol-free
Ukuran/isi50 mL
Kisaran hargaRp160.000

Lihat juga rekomendasi produk terbaik untuk kulit berminyak di sini!

Butuh produk spesifik yang sesuai dengan kulit berminyak Anda? Pada artikel-artikel berikut, kami merekomendasikan sederet produk terbaik untuk kulit berminyak.

Silakan tentukan produk berdasarkan kebutuhan Anda. Dari mulai foundation, bb cream, bedak, sabun muka, masker, serum, essence, hingga pelembap, semua tersedia! Selamat memilih!

10 Rekomendasi Foundation Terbaik untuk Kulit Berminyak
10 Rekomendasi BB Cream Terbaik untuk Kulit Berminyak
10 Rekomendasi Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak
10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berminyak
10 Rekomendasi Masker Terbaik untuk Kulit Berminyak
10 Rekomendasi Serum Terbaik untuk Kulit Berminyak
10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Kulit Berminyak
10 Rekomendasi Pelembap Terbaik untuk Kulit Berminyak

Kesimpulan

Merawat kulit berminyak memang membutuhkan perhatian khusus. Tak hanya soal pemilihan produk, menerapkan skin care yang tepat juga perlu diperhatikan. Mulailah rutinitas skin care Anda dengan double cleansing, kemudian lanjutkan dengan menggunakan masker. Setelahnya, aplikasikan toner untuk mengembalikan hidrasi dan menyeimbangkan pH kulit.

Gunakan serum untuk memberikan nutrisi tambahan pada kulit Anda. Lalu, pastikan memilih pelembap yang ringan untuk mengunci kelembapan lebih lama. Terakhir, jangan lupa aplikasikan sunscreen sebelum beraktivitas di siang hari. Kami harap artikel ini dapat membantu Anda menemukan skincare terbaik untuk merawat kulit berminyak!

(Visited 734 times, 7 visits today)