Written by 01:20 Fashion

10 Rekomendasi Smartwatch Terbaik

Smartwatch adalah perangkat sandingan smartphone yang sangat berguna. Selain menjadi perpanjangan ponsel untuk mengakses notifikasi, smartwatch juga memiliki fitur-fitur berguna lainnya, terutama yang berhubungan dengan kebugaran badan.

Brand semacam Fitbit, Samsung, dan Apple berlomba mengeluarkan smartwatch berkualitas. Bagi Anda yang pemula, melalui artikel ini kami menerangkan cara memilih smartwatch sekaligus menampilkan sepuluh produk terbaik pilihan PickyBest untuk Anda. Simak pembahasannya sampai habis, ya!

Cara Memilih Smartwatch

Memilih smartwatch cukup tricky karena selain mempertimbangkan fungsionalitasnya, Anda juga harus mempertimbangkan desain tampilannya. Selain itu, Anda juga perlu mengecek detail-detail lain seperti kompabilitas, jenis, dan fitur.

Perhatikan Kompatibilitasnya dengan Sistem Operasi Smartphone

Umumnya, smartwatch Android hanya bisa disambungkan dengan ponsel dengan sistem operasi Android. Begitu pun smartwatch Apple, hanya bisa disambungkan dengan iPhone. Kalaupun berusaha diakali agar tersambung, fiturnya takkan sinkron karena dirancang melalui perspektif berbeda.

Meski begitu, banyak pula merek yang mengeluarkan smartwatch yang bisa dipakai di ponsel Android maupun iOS. Jika Anda tipe orang yang senang gonta-ganti gawai, lebih baik pilih smartwatch seperti ini agar ketika Anda berganti sistem operasi, smartwatch tetap dapat dipakai.

Pilih Jenisnya, Hybrid Smartwatch atau Regular Smartwatch?

Terdapat dua tipe smartwatch, yakni hybrid dan regular. Keduanya punya keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Hybrid Smartwatch: Stylish, Kokoh, dan Baterainya Tahan Lama

Biasanya, fungsi pintar pada smartwatch jenis ini hanya yang esensial saja, seperti notifikasi dari ponsel, pengatur musik, dan activity tracker. Sebagai gantinya, seperti pada jam analog tradisional, baterai arloji akan bertahan dalam waktu berbulan-bulan, bahkan tahunan. Sekalipun baterainya habis, fungsi jam masih akan bekerja normal untuk waktu yang lebih lama lagi.

Dari segi desain, smartwatch hybrid terlihat seperti jam analog biasa, karena lebih disenangi penggemar horologi. Strap-nya juga bisa diganti sesuai keingingan asal ukurannya sama. Bodi jam pun lebih kukuh, tahan debu dan air. Sebaiknya, pilihlah hybrid smartwatch produksi merek-merek jam tangan terkenal di dunia horologi. Sebab, brand semacam ini berkomitmen tinggi dalam layanan purna jualnya.

Regular Smartwatch: Fitur Lengkap untuk Fungsionalitas Maksimal

Berbeda dari hybrid smartwatch yang berupa jam tangan analog dengan beberapa fungsi pintar. Smartwatch regular bertindak bak asisten pribadi yang mencatat keseluruhan aktivitas penggunanya.

Memang, pengalaman utuh memakai jam tangan pintar baru bisa terasa pada produk smartwatch reguler. Setiap merek menawarkan fitur canggih untuk segala macam kebutuhan, mulai dari kesehatan, kebugaran, sampai transaksi keuangan.

Meski bertindak sebagai perpanjangan smartphone, smartwatch secara perlahan terus mengadopsi teknologi yang membuatnya bisa dipakai mandiri, seperti mengirim pesan, membuat panggilan telepon, bahkan mengakses aplikasi hiburan seperti Spotify dan YouTube.

Periksa Sediaan Fitur yang Menunjang Kebutuhan Harian Anda

Ada banyak sekali fitur yang ditawarkan oleh smartwatch. Namun, jika Anda memiliki keterbatasan budget sehingga tidak bisa memilih produk yang punya banyak fitur, setidaknya, pastikan fitur-fitur berikut ini terdapat dalam produk pilihan Anda.

Fitur Fitness Tracker untuk Anda yang Hobi Olahraga

Fitness tracker adalah salah satu fitur paling umum di smartwatch. Produk yang memiliki fitur ini memiliki kapabilitas dalam menghitung detak jantung, langkah kaki, dan pembakaran kalori harian.

Biasanya, terdapat pula mode olahraga sesuai jenis latihan yang pengguna lakukan, seperti berlari, bersepeda, berenang, dan seterusnya. Data yang didapat kemudian bisa di-review oleh pengguna lewat aplikasi di ponsel.

Pola Tidur Terpantau dengan Fitur Sleep Monitor

Fitur sleep monitor di smartwatch tidak hanya bermanfaat untuk membuat jadwal tidur, tetapi juga menganalisis siklus tidur dan mengingatkan pengguna untuk tidur dengan cukup.

Beberapa produk bahkan mampu menganalisis berdasarkan fase tidur yang dilalui dan memberikan skor kualitas tidur pengguna. Hal ini sangat berguna untuk memastikan tidur Anda selalu berkualitas.

Fitur Water Resistant untuk Anda yang Sering Berkegiatan Outdoor

Smartwatch tidaklah seperti jam tangan biasa yang hampir selalu water resistant. Sekalipun water resistant, Anda harus mengetahui rating-nya untuk memahami seberapa tahan airnya produk tersebut.

Pada produk smartwatch, rating water resistant yang biasa digunakan adalah Ingress Protection Code (IP Code). Sedangkan untuk mengukur ketahanan perangkat dari tekanan air sesuai kedalamannya, digunakan satuan ukur ATM.

Fitur Notifikasi untuk Meningkatkan Efektivitas Kerja

Karena merupakan perpanjangan dari smartphone, smartwatch wajib memiliki fitur notifikasi. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mendapat notifikasi di jam tangan ketika ada pesan atau panggilan yang masuk ke smartphone.

Bahkan, beberapa produk memungkinkan pengguna untuk membalas pesan dan menjawab telepon dari smartwatch. Kami sangat merekomendasikan Anda memilih smartwatch dengan fitur notifikasi guna meningkatkan efektivitas kerja.

Agar Penampilan Tidak Monoton, Pilih yang Strap-nya Bisa Diganti

Penampilan bakal terlihat monoton kalau strap pada smartwatch tidak bisa diganti. Maka itu, Anda kami sarankan memilih produk yang memungkinkan penggantian strap atau band agar warna dan modelnya bisa disesuaikan dengan gaya Anda.

Tetapi, Anda harus siap mengeluarkan budget ekstra untuk membeli custom strap, sebab tiap produk kebanyakan hanya menyertakan satu strap bawaan saja.

10 Rekomendasi Smartwatch Terbaik

Sekarang Anda sudah memahami caranya memilih smartwatch terbaik. Agar semakin mudah, silakan cek beberapa produk berkualitas yang kami kumpulkan di bagian ini. Selamat menentukan!

1. VYATTA Fitme Soul Smartwatch

Sumber: Shopee.co.id

Memiliki desain sporty dengan 23 mode olahraga

Smartwatch produksi VYATTA satu ini didesain untuk Anda yang berkomitmen tinggi dengan olahraga. Produk ini menawarkan mode khusus untuk 23 jenis olahraga berbeda, mulai dari berlari, bersepeda, bahkan berenang untuk memvariasikan tipe olahraga Anda!

Saat berolahraga, Anda dapat memantau sirkulasi oksigen melalui oxygen sensor pada produk ini. Kemudian, VYATTA Fitme Soul Smartwatch secara konstan memantau kecepatan detak jantung dan jumlah kalori yang sudah terbakar. Fitur-fitur tersebut akan mendukung latihan sesuai target.

Dari segi konektivitas, smartwach ini juga memiliki fitur notifikasi untuk tetap terhubung dengan smartphone saat ada pesan atau panggilan masuk ke ponsel Anda. Kalau Anda suka mendengarkan musik ketika berolahraga, Anda juga bisa mengatur penyetelannya dengan produk ini.

Jenis smartwatchRegular
KompatibilitasAndroid OS, iOS
LayarLCD touch screen 33 mm
Kelengkapan fiturGPS, music controller, costumised wallpaper, live tracking sport center, incoming calls notification, social media & messenger center
Baterai180 mAh, hingga pemakaian 6 hari
Water resistantIPX8
Kisaran hargaRp589.000

2. Fitbit Versa 3

Sumber: Fitbit.com

Perbaiki kualitas tidur dengan bantuan sleep monitoring

Anda yang rutinitasnya padat, barangkali kesulitan mendapatkan tidur cukup dan berkualitas. Untuk bantu mengatasinya, manfaatkanlah fitur sleep monitoring pada produk ini.

Fitbit Versa 3 dapat memantau tidur Anda dalam setiap fase dan memberikan skor terhadap kualitas tidur. Fitur Smart Wake-nya berguna untuk membangunkan tidur Anda dengan getaran tanpa suara di sela-sela jam istirahat.

Selain itu, smartwatch buatan Fitbit ini juga sangat berguna untuk kaum perempuan karena bisa memonitor siklus menstruasi beserta simtomnya. Lebih dari itu, produk ini juga mampu memantau masa subur, sehingga bisa menjadi referensi untuk mengatur aktivitas intim dengan pasangan.

Jenis smartwatchRegular
KompatibilitasAndroid OS 7.0 ke atas, iOS 12.2 ke atas
LayarAMOLED
Kelengkapan fiturPace & distance with built-in GPS, heart rate tracking, oxygen saturation monitoring, sleep tracking & sleep score, smart wake, skin temperature variation, guided breathing sessions, menstrual health tracking, smartphone app notifications, call & text, store & play music, always-on display, microphones, Fitbit Pay
BateraiPemakaian hingga 6 hari dengan fitur fast charging
Water resistant5 ATM
Kisaran hargaRp4.499.000

3. Zeblaze HYBRID Smartwatch

Sumber: Shopee.co.id

Memiliki tampilan klasik jam analog dengan activity tracker menyeluruh

Jika Anda ingin hidup lebih sehat, mungkin smartwatch hybrid satu ini bisa membantu. Selama Anda beraktivitas, perangkat ini akan mencatat beragam parameter dari tubuh Anda, misalnya detak jantung, langkah kaki, dan pembakaran kalori.

Selanjutnya, data yang tercatat akan dianalisis melalui aplikasi Comfit untuk memberi tahu Anda cara agar menjadi lebih bugar. Jika Anda sudah punya target latihan, goal reminder pada smartwach ini akan mengirimkan notifikasi saat Anda terlalu lama duduk atau tidak bergerak.

Karena merupakan jenis hybrid, produk buatan Zeblaze ini bergaya analog yang cukup modis. Untuk memudahkan pengoperasian fitur, terdapat layar sentuh minimalis yang bisa disembunyikan ketika tidak diperlukan. Supaya tidak monoton, Anda juga bisa mengganti strap-nya sesuai gaya yang Anda inginkan.

Jenis smartwatchHybrid
KompatibilitasAndroid OS, iOS
LayarOLED 12 mm
Kelengkapan fiturHeart rate, blood pressure, sport modes, sleep tracking, smart notifications, goal reminders, weather & temperature, exercise training, Comfit Apps synchronization
BateraiHingga pemakaian 7 hari untuk smart mode, dan 3 tahun untuk watch mode
Water resistant5 ATM
Kisaran hargaRp399.000

4. Alexandre Christie Smart Hybrid S001

Terlihat seperti jam analog, tetapi memuat beragam fitur pintar

Anda tentu sudah tidak asing dengan nama Alexandre Christie sebagai salah satu brand terhormat di dunia horologi. Smart Hybrid S001 adalah produk smartwach pertama mereka yang mengusung konsep hybrid.

Produk ini didesain tanpa layar interface, sehingga tidak merusak estetika khas jam analognya. Sangat cocok untuk Anda yang menginginkan fitur pintar smartwatch sambil tetap tampil perlente.

Sebagai ganti absennya layar, Anda dapat mengakses fitur-fitur pintar jam tangan ini dengan mengintegrasikannya ke smartphone lewat aplikasi. Saat ada notifikasi masuk, produk ini akan bergetar untuk meminimalkan distraksi yang terlalu mengganggu.

Jenis smartwatchHybrid
KompatibilitasAndroid OS, iOs
Layar
Kelengkapan fiturToogle mode, music control, ring phone, take a photo, date, goal tracking, stopwatch, second timezone, notification
BateraiHingga pemakaian 1 tahun
Water resistant3 ATM
Kisaran hargaRp2.000.000

5. Amazfit T-Rex

Sumber: Amazfit.com

Memiliki bodi ekstra kukuh untuk penggemar aktivitas outdoor

Amazfit T-Rex dapat memuaskan Anda yang berjiwa petualang karena memenuhi standar militer MIL-STD 810G. Artinya, produk ini telah lolos 29 tes fisik yang menguji ketahanan, misalnya tes temperatur panas dan dingin, radiasi matahari, kelembapan, benturan, dan kontaminasi debu. Saat berada di medan yang sulit, Anda minim khawatir akan perangkat rusak.

Ketika berolahraga, Anda bisa mengaktifkan fitur layar always-on agar informasi selalu tampil di layar. Anda bisa mengecek progres dengan sekejap tanpa perlu menyalakan layarnya terlebih dulu dengan menekan tombol. Namun, karena fitur ini akan lebih cepat menghabiskan baterai, lebih baik hanya digunakan ketika perlu saja.

Jenis smartwatchRegular
KompatibilitasAndroid OS 5.0 ke atas, iOS 10.0 ke atas
LayarAMOLED 33 mm
Kelengkapan fiturHigh-precision GPS dual satellite positioning, 14 sports mode, heart rate monitor, weather notification, call reminder, event reminder, app notification
Baterai390 mAh, hingga pemakaian 20 hari
Water resistant5 ATM
Kisaran hargaRp1.529.000

6. Fitbit Sense

Sumber: Fitbit.com

Membantu manajemen stres dengan EDA Scan App

Kalau Anda sering mengalami stres karena rutinitas yang hectic, smartwatch unggulan Fitbit ini mungkin dapat menjadi solusi. Fitbit Sense memiliki aplikasi EDA Scan yang memindai respon tubuh terhadap stres dari aktivitas elektrodermal.

Program andalan tersebut akan membantu Anda melakukan manajemen stres harian. Data yang tercatat juga bisa Anda teruskan ke dokter sebagai referensi tambahan dalam merawat kesehatan mental Anda.

Selain itu, smartwatch ini juga sangat spesial karena memiliki mikrofon untuk mengakses voice assistant Google dan Alexa. Anda bisa menginstruksikan perintah hanya dengan bicara. Lebih jauh lagi, Anda bahkan bisa menjawab telepon dari jam tangan super fungsional ini!

Jenis smartwatchRegular
KompatibilitasAndroid OS 7.0 ke atas, iOS 12.2 ke atas
LayarAMOLED
Kelengkapan fiturStress management score, EDA scan app, biosensor core, on-wrist skin temperature sensor, voice assistant, pace & distance with built-in GPS, heart rate tracking, oxygen saturation monitoring, sleep tracking & sleep score, smart wake, skin temperature variation, guided breathing sessions, menstrual health tracking, smartphone app notifications, call & text, store & play music, always-on display, microphones, Fitbit Pay
BateraiHingga pemakaian 6 hari
Water resistant5 ATM
Kisaran hargaRp5.899.000

7. Fossil FTW1189 Barstow Smoke Hybrid Smartwatch

Sumber: Fossil.com

Smartwatch hybrid dari produsen arloji veteran

Jika Anda penggemar horologi, tentu sudah tidak asing dengan nama Fossil. Pada produk satu ini, Fossil menawarkan smartwatch hybrid berbahan stainless steel yang terlihat sangat elegan.

Fossil FTW1189 memberi penanda notifikasi melalui jarum khusus yang setiap angkanya mewakili jenis notifikasi berbeda sesuai pengaturan. Artinya, Anda tak perlu repot membuka ponsel saat ada notifikasi yang tidak begitu penting.

Strap berbahan stainless steel memang terlihat sangat elegan, tetapi beberapa orang mungkin tidak menyukai sensasinya yang berat di pergelangan tangan. Jangan khawatir, strap dari produk ini bisa dengan bahan kulit, lho!

Jenis smartwatchHybrid
KompatibilitasAndroid OS 5.0 ke atas, iOS 12.0 ke atas
LayarTidak disebutkan
Kelengkapan fiturActivity tracker, music controller, notifications (alarm clock, app alert, calendar alert, email, multiple time zones, social media, text)
BateraiHingga pemakaian 6 bulan
Water resistant5 ATM
Kisaran hargaRp2.557.000

8. Samsung Galaxy Watch Active2

Sumber: Samsung.com

Memiliki pendeteksi workout otomatis agar olahraga lebih praktis

Workout tracker pada Samsung Galaxy Watch Active2 mampu mendeteksi workout yang sedang dilakukan pengguna secara otomatis. Artinya, ketika Anda sedang berlari, mode lari pada smartwatch akan aktif otomatis. Begitu pun untuk jenis workout lainnya, Anda tidak usah repot-repot mengaktifkannya secara manual.

Di samping itu, smartwatch asal Korea Selatan ini tak sebatas mengirimkan notifikasi pesan dan panggilan, tetapi juga mampu membalas pesan dan membuat panggilan. Jika Anda kesulitan mengetik di layarnya yang kecil, Anda bisa manfaatkan fitur touch screen handwriting untuk menulisnya secara manual.

Meski kompatibel untuk Android dan iOS, produk ini lebih ideal disandingkan dengan ponsel Android karena kedua fitur unggulannya tadi tidak sinkrong saat dihubungkan ke iPhone.

Jenis smartwatchRegular
KompatibilitasAndroid OS 5.0 ke atas, iOS 9.0 ke atas
LayarSuper AMOLED
Kelengkapan fiturSleep tracker, heart rate monitor, step counter, oxygen monitor, blood pressure measure, activity tracker, notification reminder, rotating bezel, health track monitoring, daily assistant, event reminder, built-in altimeter & barometer
Baterai247 mAh, hingga pemakaian 43 jam
Water resistantIP68
Kisaran hargaRp4.479.000

9. Apple Watch Series 6

Sumber: Apple.com

Smartwatch paling ideal untuk pengguna iPhone

Untuk user iPhone, smartwatch ini barangkali opsi yang paling ideal. Selain menghubungkannya dengan iPhone, Anda juga dapat mengintegrasikannya dengan layanan Apple lain, seperti Apple Music, Siri, dan AppStore.

Kunci Macbook Anda bahkan dapat terbuka otomatis saat mendeteksi kehadiran Anda. Pada seri terbarunya ini, Apple juga memperkenalkan teknologi sensor kadar oksigen darah yang diklaim dapat menjadi indikator kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Apple Watch Series 6 juga menawarkan fitur wallet untuk menyimpan tiket bioskop, konser, boarding pass, dan banyak lagi. Dari segi tampilan, jam tangan pintar ini tampak modis karena wajahnya bisa digonta-ganti menyesuaikan mood dan penampilan Anda. Strap-nya pun bisa diganti dengan sesuai selera.

Jenis smartwatchRegular
KompatibilitasiPhone 6s dengan iOS 14.0 ke atas
LayarLTPO OLED 44mm
Kelengkapan fiturGPS, layar retina always-on, sensor jantung optik, panggilan darurat SOS, activity tracker, sinkronasi dengan Apple Music, pesan teks, phone tracker, aplikasi wallet, aplikasi tidur, notifikasi, pandungan pernapasan, pemantau siklus menstruasi, heart rate monitor
Baterai303.8 mAh, hingga pemakaian 18 jam
Water resistant5 ATM
Kisaran hargaRp6.190.000

10. Garmin Venu Sq – Music Edition

Sumber: Garmin.co.id

Membuat latihan lebih maksimal dan asyik

Smartwatch produksi Garmin satu ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan para sport enthusiast. Pasalnya, jam tangan pintar ini tidak hanya mencatat workout harian, melainkan juga mampu merencanakan menu yang pas sesuai jenis olahraga yang Anda lakukan.

Terdapat lebih dari dua puluh program latihan dalam perangkat ini. Jika masih kurang, Anda tinggal unduh lebih banyak lagi di aplikasi Garmin Connect. Kalau Anda seorang atlet, Garmin Venu Sq menawarkan fitur Garmin Coach yang membuat Anda dapat berlatih dengan bantuan pelatih profesional secara gratis.

Menariknya, produk asal Amerika Serikat ini dibekali fitur keamanan yang akan mengirim peringatan otomatis kepada kontak Anda apabila Anda terlibat insiden selama latihan.

Selain itu, latihan Anda pun akan lebih asyik dengan pemutar musik bawaan yang bisa disambungkan dengan earphone bluetooth. Musik dapat terus berputar meskipun ponsel Anda kehilangan koneksi internet!

Jenis smartwatchRegular
KompatibilitasAndroid OS, iOS
LayarLCD 33 mm
Kelengkapan fiturGPS, body battery energy monitoring, pulse ox sensor, stress tracking, menstrual cycle tracking, hydration tracking, respiration tracking, advanced sleep monitoring, wrist-based heart rate, mindful breathing, preloaded workouts, built-in sports apps, Garmin coach, custom workouts, fitness tracking, smart notifications, music, safety and tracking features,
BateraiHingga pemakaian 6 hari
Water resistant5 ATM
Kisaran hargaRp3.999.000

Kesimpulan

Smartwatch adalah perangkat yang sangat berguna berkat segudang fitur yang ia tawarkan. Dengan menyandingkannya pada smartphone, Anda seolah mendapatkan asisten pribadi yang mencatat segala aktivitas Anda, dari mulai kerja, olahraga, dan istirahat.

Bagaimana, apakah Anda menemukan produk yang cocok di antara rekomendasi kami? Kalau ini pertama kalinya Anda membeli smartwatch, pilihlah yang memiliki kombinasi fitur kesehatan dan notifikasi yang cukup untuk kebutuhan Anda. Semoga Anda bisa menemukan smartwatch yang mempermudah rutinitas harian Anda, ya!

(Visited 252 times, 5 visits today)