Kosmetik & Kesehatan

9 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering

Radiasi sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan pada kulit, penuaan dini, hingga berisiko kanker kulit. Untuk menghindarinya, Anda membutuhkan pelindung saat di bawah terik matahari, seperti pakaian, topi, kacamata hitam. Selain itu Anda juga membutuhkan tabir surya atau sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Bila Anda memiliki jenis kulit kering, Anda dapat menggunakan sunscreen keluaran COSRX, Erha, L’Oreal, atau lainnya. Untuk membantu Anda menentukan pilihan, kami akan memberikan tips bagaimana cara memilih sunscreen yang tepat dan merekomendasikan produk-produk terbaik yang ada di pasaran. Simak uraiannya, ya!

Mengapa Harus Menggunakan Sunscreen?

Beberapa produk tabir surya disebut “sunscreen”, dan sebagian lagi disebut “sunblock”. Sunscreen memiliki kemampuan menyaring serta menyerap sebagian sinar matahari. Diformulasikan dengan menggunakan berbagai bahan kimia, seperti oxybenzone atau avobenzone, sunscreen kurang cocok untuk kulit sensitif atau alergi.

Sedangkan sunblock bekerja dengan cara memantulkan sinar matahari dari kulit serta menghalangi sinar agar tidak menembus kulit. Menggunakan bahan aktif seperti titanium oxide atau zinc oxide, sunblock menghasilkan konsistensi lebih tebal dan solid, sehingga cukup sulit menyebar ke seluruh tubuh.

Baik sunscreen atau sunblock, keduanya sama-sama memberi perlindungan kulit dari sinar ultraviolet. Karena itu, para dokter kulit sangat menganjurkan penggunaan tabir surya saat Anda berada di luar ruangan agar Anda terhindar dari efek buruk sinar matahari.

Cara Memilih Sunscreen untuk Kulit Kering

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih sunscreen untuk kulit kering, seperti formula dan kandungan bahan pelembap. Untuk lebih jelasnya, simak uraian di bawah ini.

Pilih Berdasarkan Formulanya

Dalam memilih sunscreen, perlu mempertimbangkan formula produk tersebut. Pada umumnya, sunscreen terbagi menjadi dua macam formula, yaitu losion dan gel. Sebaiknya pilihlah formula yang paling cocok untuk kondisi kulit Anda agar manfaatnya lebih efektif. Berikut ini adalah penjelasannya.

Lotion: Memberikan Kelembapan Optimal Pada Wajah

blank

Losion adalah bahan pelembap wajah dan tubuh yang mengandung 5%-25% zat larut minyak. Formulanya dirancang untuk meresap dan memberikan kelembapan ekstra pada kulit – terutama wajah, memberikan hidrasi serta menjaga kelembapan alami kulit.

Dengan konsistensi yang lebih tebal dan agak cair, losion mudah menyerap ke dalam kulit. Namun demikian, daya serapnya tidak secepat gel. Produk berupa losion ideal untuk Anda yang memiliki kulit normal atau kering.

Gel: Lebih Cepat Meresap ke Dalam Kulit

blank

Gel adalah cairan kental yang terdiri dari air dan senyawa lain yang larut dalam air, seperti ekstrak lidah buaya dan gliserin. Kandungan minyak atau zat lain dalam gel biasanya hanya sekitar 5%. Karena berbasis air, membuat gel terasa ringan, mudah dioleskan ke kulit, dan tidak lengket.

Karena kandungan cairan yang tinggi dan tekstur yang lebih cair, gel juga sangat cepat menyerap ke kulit, tidak menyumbat pori-pori, dan tidak membuat kulit berminyak. Namun, Anda harus mengoleskannya lebih tebal untuk mendapatkan kelembapan ekstra. Produk berupa gel cocok untuk jenis kulit berminyak, berjerawat, atau kombinasi.

Pilih yang Mengandung SPF 30 atau Lebih Tinggi

blank

SPF singkatan dari Sun Protection Factor, adalah kandungan dalam sunscreen yang mampu melindungi kulit dari paparan sinar UVB. Angka pada SPF merupakan acuan besarnya perlindungan yang diberikan pada kulit saat berada di bawah sinar matahari. Misalnya, SPF 15 akan memblokir 93% radiasi UVB.

Kebanyakan dermatolog merekomendasikan penggunaan sunscreen minimal SPF 30, yang artinya dapat menyaring 97% sinar UVB, atau SPF 50 yang dapat menyaring 98% sinar UVB. Semakin tinggi peringkat SPF, semakin tinggi pula tingkat perlindungannya, dan semakin kental formulanya. Perlu diketahui, faktanya tidak ada sunscreen yang dapat menyaring sinar matahari sepenuhnya.

Pastikan Sunscreen Memiliki Kandungan Bahan Pelembap

blank

Bagi pemilik kulit kering, Anda membutuhkan kelembapan tambahan agar kulit tidak semakin kering saat berada di bawah sinar matahari. Untuk itu, Anda membutuhkan sunscreen yang mengandung bahan pelembap, seperti ceramide, gliserin, dan asam hialuronat.

9 Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Kering

Di bagian berikut ini, kami akan memberikan rekomendasi sembilan produk sunscreen untuk kulit kering yang telah kami seleksi untuk mempermudah Anda menentukan pilihan. Saat memilih produk, ingat selalu tips yang telah Anda baca sebelumnya, ya!

1. COSRX Aloe Soothing Sun Cream SPF 50+ PA+++

blank

Sumber: Cosrx.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Sunscreen dengan kelembapan ala moisturizer

Sunscreen produksi COSRX ini memiliki tekstur yang ringan dan melembapkan, hingga terasa mirip moisturizer. Terbuat dari ekstrak daun aloe arborescens sebagai bahan utama, produk ini dapat menenangkan dan melembapkan kulit.

Gunakan COSRX Aloe Soothing Sun Cream saat cuaca panas, musim kemarau, atau saat Anda sedang berlibur di pantai untuk memberi kesejukan pada kulit Anda. Dengan SPF 50+ dan PA+++ yang terkandung di dalamnya, produk ini akan memberi perlindungan yang maksimal.

8 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Memberikan efek melembapkan pada kulit.
  • Saat di-blend, formulanya cepat meresap.
  • Teksturnya ringan, tidak lengket, dan tidak greasy.
  • Tidak menimbulkan white cast.
  • Bisa di-layer dengan makeup.
  • Formulanya non-comedogenic dan non-irritant.
  • Wanginya enak, calm, dan menyegarkan.
  • Kulit jadi lebih kenyal.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Mengandung fragrance dan alcohol, kulit sensitif harus hati-hati menggunakannya.
Kandungan utama Aloe barbadensis leaf water, ethylhexyl methoxycinnamate, glycerin, propylene glycol, stearic acid
Bentuk Lotion
Tingkatan SPF SPF 50+
Bahan pelembab Aloe barbadensis leaf water, stearic acid
Isi 50 mL
Kisaran harga Rp199.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. N’PURE Cica Beat The Sun SPF 50 PA ++++

Cek harga di Shopee Cek harga di Blibli Cek harga di Tokopedia

Perlindungan ekstra dan aman dengan 100% bahan alami

Jika Anda sedang hamil atau menyusui, kulit tetap harus terlindungi saat berada di bawah sinar matahari. Jika Anda ragu dengan bahan kimia yang terkandung di dalam sunscreen, pilihlah produk yang menggunakan bahan alami agar tetap aman selama menggunakannya.

N’PURE Cica Beat The Sun akan mengatasi keraguan Anda, karena dibuat dari 100% natural cica leaf water dan ekstrak bahan alami lainnya. Dengan kandungan SPF 50 dan 50 PA ++++, sunscreen ini selain memberi perlindungan ekstra, juga melembapkan sekaligus menenangkan kulit. Produk ini juga aman untuk semua jenis kulit.

8 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Saat di-apply, ringan dan tidak membuat gerah.
  • Memberikan efek calming dan moist.
  • Tidak ada aroma yang mengganggu.
  • Tidak menimbulkan white cast.
  • Setelah pemakaian, ada efek glowing-nya.
  • Teksturnya lembut, tidak lengket, dan mudah di-blend.
  • Kemasannya elegan dan travel friendly.
  • Tidak mengandung alkohol dan fragrance.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Jika kurang cocok, bisa menyebabkan muka berminyak dan jerawat.
Kandungan utama Natural cica leaf water, ekstrak chrysanthemum, ekstrak chamomile, ekstrak daun camellia
Bentuk Gel
Tingkatan SPF SPF 50
Bahan pelembab Natural cica leaf water
Isi 35 mL
Kisaran harga Rp149.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Blibli Cek harga & diskon di Tokopedia

3. ERHA Perfect Shield Normal to Dry Skin SPF30/PA++

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Memberi perlindungan sempurna dengan vitamin E dan aloe vera

Tabir surya yang satu ini keluaran ERHA, sebuah brand klinik kecantikan yang juga memproduksi produk perawatan kulit berkualitas. ERHA Perfect Shield memberikan perlindungan ganda dari sinar UVA dan UVB, dan diformulasikan untuk melindungi jenis kulit normal hingga kering.

Mengandung vitamin E sebagai antioksidan, sunscreen ini juga melindungi kulit dari radikal bebas dan dari tanda-tanda penuaan. Diperkaya juga dengan aloe vera dan d-panthenol sebagai pelembap dan soothing agent, produk ini pun bermanfaat untuk mempertahankan kelembapan dan kenyamanan kulit wajah serta tubuh.

9 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tidak ada white cast dan mudah di-blend.
  • Sangat ringan, tidak membuat gerah.
  • Cepat meresap tanpa meninggalkan kesan greasy dan oily.
  • Memberi efek glowing dan lembap.
  • Mudah ditemukan, tanpa harus ke klinik.
  • Harganya affordable.
  • Isinya banyak, tidak cepat habis.
  • Membuat makeup lebih menempel di kulit.
  • Aromanya light, tidak mengganggu.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Bisa menimbulkan beruntusan jika kurang cocok.
  • Ada kandungan parabennya.
Kandungan utama Aloe vera, ethylhexyl salicylate, cetearyl ethylhexanoate, panthenol, vitamin E
Bentuk Gel
Tingkatan SPF SPF 30
Bahan pelembab Aloe vera, glyceryl
Isi 30 gr
Kisaran harga Rp76.700
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

4. Kahf Triple Protection Sunscreen Moisturizer

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Bukalapak

Sunscreen untuk pria dengan tiga macam proteksi

Tidak hanya wanita, pria juga perlu melindungi kulitnya dari efek buruk sinar matahari. Kahf Triple Protection adalah sunscreen sekaligus pelembap dengan formula SPF 30, PA+++, dan Skin Deep Moist Actives untuk bantu melindungi kulit pria dari sinar UVA dan UVB, sekaligus menjaga kelembapan alaminya.

Produk ini juga diperkaya dengan ekstrak Japanese Mugwort yang bermanfaat untuk mencegah kulit mengalami kemerahan dan bopeng. Teksturnya yang ringan membuatnya mudah menyerap kulit dan tidak lengket. Produk yang cocok untuk semua jenis kulit ini wajib dipilih pria yang sering beraktivitas di luar ruangan.

8 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Multifungsi, bisa dipakai sebagai sunscreen sekaligus moisturizer.
  • Teksturnya ringan, cepat meresap, dan tidak lengket.
  • Tidak ada white cast.
  • Memberikan efek lembap di kulit.
  • Wanginya sangat segar.
  • Bisa melindungi kulit dari sinar matahari, radiasi, dan polusi udara.
  • Memberikan efek soothing.
  • Harganya ramah di kantong.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Mengandung alkohol, kurang ramah untuk kulit sensitif.
  • No fungal acne safe.
Kandungan utama Skin-deep moist™ actives, ekstrak japanese mugwort
Bentuk Gel
Tingkatan SPF SPF 30
Bahan pelembab Skin-deep moist™ actives
Isi 30 mL
Kisaran harga Rp35.100
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Bukalapak

5. Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50

blank

Sumber: Rohto.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Sunscreen multifungsi sebagai pelembap sekaligus dasar makeup

Anda mencari sunscreen yang multifungsi sebagai pelembap sekaligus dasar makeup? Temukan semua manfaat yang Anda cari di Skin Aqua UV Moisture Milk, yang mengandung SPF 50 PA++ untuk melindungi kulit dari sinar UVB dan memperlambat tanda-tanda penuaan. Perpaduan Improved Hyaluronic Acid (AcHA) dan kolagennya membantu menjaga elastisitas kulit.

Tidak hanya itu, sunscreen ini juga diperkaya juga dengan vitamin B5, E, dan C. Mengandalkan formula berbasis air, produk ini dapat digunakan sebagai dasar makeup yang terasa ringan di kulit, cepat meresap, dan tidak lengket. Semua jenis kulit apa pun cocok menggunakan sunscreen ini.

9 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Teksturnya cair, ringan, tidak pekat, dan cepat meresap.
  • Tidak ada efek white cast.
  • Dapat mencerahkan kulit.
  • Bisa ditimpa dengan makeup.
  • Bisa menahan minyak di wajah.
  • Harganya murah.
  • Mudah dicari di toko offline dan online.
  • Gampang diratakan di kulit.
  • Packaging-nya praktis, mudah dibawa ke mana-mana.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Lumayan susah untuk dibersihkan.
  • Meninggalkan efek greasy.
Kandungan utama Zinc oxide, hyaluronic acid (acha), collagen , vitamin B5, E, C, glycerin, panthenol
Bentuk Gel
Tingkatan SPF SPF 50
Bahan pelembab Hyaluronic acid (AcHA), glycerin
Isi 40 mL
Kisaran harga Rp62.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. Biore UV Aqua Rich Watery Gel SPF 50+ PA++++

blank

Sumber: Kao.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Waterproof sunscreen dengan segudang manfaat lainnya

Anda ingin berenang tapi khawatir sunscreen yang Anda pakai akan luntur? Tenang, ada Biore UV Aqua Rich yang waterproof dengan SPF 50+/PA++++, mampu melindungi kulit meski Anda berenang atau berkeringat di bawah terik matahari.

Formula micro defense-nya akan melindungi kulit Anda secara merata, begitu pun dengan water capsule dan ekstrak royal jelly. Keduanya berperan sebagai pelembap untuk mencegah kulit menjadi kering, berjerawat, komedo, dan beruntusan. Telah lolos tes alergi, produk ini aman untuk digunakan di wajah dan seluruh badan.

7 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Cukup awet pemakaiannya, bisa sampai beberapa bulan.
  • Setelah pemakaian, coverage makeup jadi lebih bagus.
  • Ada efek tone up-nya.
  • Teksturnya ringan, tidak sticky, dan gampang di-blend.
  • Memberikan sensasi cooling di kulit.
  • Hasilnya, kulit lebih glowing.
  • Selain wajah, bisa diaplikasikan di badan.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Dapat mengakibatkan beruntusan.
  • Meninggalkan white cast.
Kandungan utama Aqua micro capsule, hyaluronic acid, royal jelly extract, citrus
Bentuk Gel
Tingkatan SPF SPF 50+
Bahan pelembab Aqua micro capsule, hyaluronic acid
Isi 50 gr
Kisaran harga Rp102.100
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

7. Avoskin The Great Shield Sunscreen SPF 50 PA++++

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Kemasan ramping, manfaat jumbo

Hadir dalam ukuran kecil dan ramping, Avoskin The Great Shield Sunscreen memiliki manfaat yang besar. Dengan SPF 50 PA++++ dan zinc oxide serta vitamin C, sunscreen ini secara optimal menghalangi radiasi sinar UVA dan UVB masuk ke kulit Anda sekaligus memproteksi kulit dari efek buruk polusi.

Tak hanya itu, formulasi perpaduan kandungan di dalam sunscreen ini juga efektif untuk mencegah hiperpigmentasi pada kulit, meredakan iritasi dan peradangan, serta mengurangi risiko kerusakan sel kulit akibat radikal bebas. Khusus dipakai untuk kulit wajah, produk ini aman untuk kulit sensitif.

9 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Teksturnya ringan dan mudah di-blend.
  • Memberikan efek glowing dan calming.
  • Tidak ada efek white cast.
  • Setelah pemakaian, kulit terasa kenyal dan ternutrisi.
  • Bisa mengontrol minyak di wajah.
  • Tidak meninggalkan kesan greasy.
  • Kemasannya higienis, dilengkapi pump.
  • Bisa membantu memudarkan jerawat.
  • Packaging-nya simpel, praktis untuk dibawa.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Menimbulkan jerawat dan beruntusan jika kurang cocok.
Kandungan utama Zinc oxide, niacinamide, centella asiatica leaf extract, titanium dioxide, squalane, vitamin C
Bentuk Lotion
Tingkatan SPF SPF 50
Bahan pelembab Centella asiatica leaf extract, squalane
Isi 5 mL
Kisaran harga Rp55.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

8. YOU Daily Skin Goods Tone Up UV Elixir SPF 50+ PA++++

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Bukalapak

Formulanya melindungi dan merawat kulit secara intensif

Jika Anda ingin mencari sunscreen yang dapat melindungi sekaligus merawat kulit, Anda perlu memakai YOU Daily Skin Goods Tone Up UV Elixir ini. Dengan 5x UV Care & Defense, sunscreen ini memproteksi sekaligus menghidrasi, menenangkan, melembutkan, dan mencerahkan kulit.

Diperkaya dengan minyak biji bunga matahari yang kaya vitamin E, serta Hyaluronic Acid, formulanya akan membantu kulit Anda menjadi lebih cerah berseri dan warna kulit yang rata. Di samping itu, produk ini juga membantu meningkatkan elastisitas kulit dan menghambat pembentukan melanin.

8 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Packaging-nya cantik.
  • Memberikan efek lembap.
  • Membuat kulit terlihat glowing.
  • Hasil makeup jadi lebih bagus dan awet.
  • Wanginya soft floral, tidak mengganggu.
  • Bisa berperan sebagai oil control.
  • Tidak lengket di kulit.
  • Efek tone up-nya bagus di kulit.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Susah di-blend.
  • Meninggalkan white cast.
Kandungan utama Sunflower seed oil, hyaluronic acid, bisabolol
Bentuk Lotion
Tingkatan SPF SPF 50+
Bahan pelembab Hyaluronic acid
Isi 40 mL
Kisaran harga Rp57.300
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Bukalapak

9. Lacoco Daily UV Counter SPF 50 PA++

blank

Sumber: Lacoco.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Melindungi kulit dari radikal bebas tanpa silikon

Ingin kulit terlindungi sekaligus tampak awet muda? Anda dapat menggunakan Lacoco Daily UV Counter. Selain mengandung SPF 50 dan PA++, produk ini juga diperkaya dengan squalane yang berfungsi untuk melembapkan dan melembutkan kulit wajah, sekaligus menjaga kekenyalannya.

Sunscreen ini juga dilengkapi dengan niacinamide dan ekstrak licorice. Keduanya membantu mencerahkan wajah dan menghilangkan jerawat secara alami, sekaligus menangkal radikal bebas. Selain menggunakan bahan alami, produk ini juga dibuat tanpa silikon, sehingga aman untuk digunakan ibu hamil dan menyusui.

8 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Formulanya ringan, lembut, dan cepat meresap.
  • Tidak meninggalkan white cast.
  • Tidak lengket dan mudah diratakan.
  • Aroma floral-nya enak.
  • Bisa di-layer dengan makeup.
  • Kemasannya praktis, mudah dibawa, tidak makan tempat.
  • Tidak mengandung paraben dan fragrance.
  • Memberikan finish yang glowing dan lembap.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Bisa menimbulkan rasa tingling.
Kandungan utama Extract coconut oil, squalane, niacinamide, silica, glycyrrhiza uralensis (licorice) root extract, titanium dioxide
Bentuk Lotion
Tingkatan SPF SPF 50
Bahan pelembab Extract coconut oil, squalane
Isi 20 mL
Kisaran harga Rp150.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

Tabel Perbandingan Sunscreen untuk Kulit Kering

Produk COSRX Aloe Soothing Sun Cream SPF 50+ PA+++ N’PURE Cica Beat The Sun SPF 50 PA ++++ ERHA Perfect Shield Normal to Dry Skin SPF30/PA++ Kahf Triple Protection Sunscreen Moisturizer Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50 Biore UV Aqua Rich Watery Gel SPF 50+ PA++++ Avoskin The Great Shield Sunscreen SPF 50 PA++++ YOU Daily Skin Goods Tone Up UV Elixir SPF 50+ PA++++ Lacoco Daily UV Counter SPF 50 PA++
blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Kandungan utama Aloe barbadensis leaf water, ethylhexyl methoxycinnamate, glycerin, propylene glycol, stearic acid Natural cica leaf water, ekstrak chrysanthemum, ekstrak chamomile, ekstrak daun camellia Aloe vera, ethylhexyl salicylate, cetearyl ethylhexanoate, panthenol, vitamin E Skin-deep moist™ actives, ekstrak japanesse mugwort Zinc oxide, hyaluronic acid (acha), collagen , vitamin B5, E, C, glycerin, panthenol Aqua micro capsule, hyaluronic acid, royal jelly extract, citrus Zinc oxide, niacinamide, centella asiatica leaf extract, titanium dioxide, squalane, vitamin C Sunflower seed oil, hyaluronic acid, bisabolol Extraxt coconut oil, squalane, niacinamide, silica, glycyrrhiza uralensis (licorice) root extract, titanium dioxide
Bentuk Lotion Gel Gel Gel Gel Gel Lotion Lotion Lotion
Tingkatan SPF SPF 50+ SPF 50 SPF 30 SPF 30 SPF 50 SPF 50+ SPF 50 SPF 50+ SPF 50
Bahan pelembab Aloe barbadensis leaf water, stearic acid Natural cica leaf water Aloe vera, glyceryl Skin-deep moist™ actives Hyaluronic acid (AcHA), glycerin Aqua micro capsule, hyaluronic acid Centella asiatica leaf extract, squalane Hyaluronic acid Extract coconut oil, squalane
Isi 50 mL 35 mL 30 gr 30 mL 40 mL 50 gr 5 mL 40 mL 20 mL
Kisaran harga Rp199.000 Rp149.000 Rp76.700 Rp35.100 Rp62.000 Rp102.100 Rp55.000 Rp57.300 Rp150.000
Periksa ketersediaan Cek diskon di ShopeeCek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di ShopeeCek diskon di Blibli Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di ShopeeCek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di ShopeeCek diskon di Lazada Cek diskon di Bukalapak Cek diskon di ShopeeCek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di ShopeeCek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di ShopeeCek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di ShopeeCek diskon di Lazada Cek diskon di Bukalapak Cek diskon di ShopeeCek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli

Panduan Pemilihan SPF Berdasarkan Warna Kulit dan Aktivitas yang Dilakukan

blank

Sinar UV yang paling kuat terjadi antara pukul 10 pagi hingga 4 sore. Pada saat itu, sinar matahari dapat membakar kulit yang tidak terlindungi dalam waktu tidak sampai 15 menit. Untuk mendapatkan perlindungan kulit yang maksimal, gunakan tabir surya sesuai dengan jenis kulit Anda.

Tak hanya itu, Anda juga perlu sesuaikan tingkat SPF tabir surya dengan lamanya waktu yang akan Anda habiskan di bawah sinar matahari. Selain itu, warna kulit Anda juga perlu dipertimbangkan. Misalkan kulit Anda putih dan akan berada di luar ruangan dalam waktu 1 jam, maka Anda menggunakan sunscreen dengan SPF 15 sudah cukup. Ketika Anda melakukan kegiatan outdoor selama 4-5 jam, yang Anda perlukan adalah SPF 50-100.

Sedangkan jika Anda berkulit gelap dan melakukan aktivitas di bawah sinar matahari selama 1 jam, Anda cukup menggunakan sunscreen dengan SPF 8. Namun gunakan SPF 15-30 saat Anda harus berada di luar ruangan selama 4-5 jam.

Kesimpulan

Penggunaan sunscreen sangat direkomendasikan untuk melindungi kulit Anda dari efek buruk sinar matahari. Bagi pemilik kulit kering, sunscreen yang mengandung pelembap adalah pilihan yang ideal. Hal itu untuk melindungi kulit sekaligus menambah kelembapan kulit Anda.

Dalam memilih sunscreen untuk kulit kering, Anda perlu mengingat poin-poin penting yang telah kami sebutkan di atas. Semoga tips dan rekomendasi dari kami dapat membantu Anda menemukan produk yang paling cocok untuk Anda. Selamat melindungi dan merawat kulit!

Referensi

How To Choose The Right Sunscreen For You, According To Dermatologists
https://www.forbes.com/sites/nomanazish/2021/05/31/how-to-choose-the-right-sunscreen-for-you-according-to-dermatologists/?sh=3aae4d4a747e diakses pada 27 Agustus 2021

The Difference Between Sunscreen and Sunblock
https://www.verywellhealth.com/sunscreen-or-sunblock-514381 diakses pada 27 Agustus 2021

How To Choose Sunscreen
https://www.stylecraze.com/articles/things-to-consider-when-choosing-a-sunscreen/ diakses pada 27 Agustus 2021

GELS, CREAMS OR LOTIONS —THE BEST MOISTURISER FORMULA FOR YOUR SKIN TYPE
https://www.bebeautiful.in/all-things-skin/everyday/gels-creams-or-lotions-which-moisturiser-is-the-best-for-you diakses pada 27 Agustus 2021

How to choose the right sunscreen?
https://www.watsons.co.id/blog/en/skincare/choose-right-sunscreen/ diakses pada 27 Agustus 2021

You may also like

Comments are closed.