Written by 07:54 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Sunblock/Sunscreen Terbaik

Innisfree Daily UV Protection Cream Mild

Ancaman buruk akibat paparan berlebihan sinar matahari dan ultra violet bisa menimpa setiap orang, termasuk Anda. Sunblock dan sunscreen hadir sebagai produk yang mampu mencegah datangnya berbagai efek buruk paparan matahari berlebih. Setidaknya, terdapat dua jenis sinar UV yang mampu menembus lapisan ozon sehingga menyebabkan kerusakan pada kulit, yaitu sinar UVA dan UVB.

Sinar UVA dapat menembus hingga lapisan terdalam kulit yang menjadi faktor utama terjadinya penuaan dini, sedangkan sinar UVB menimbulkan warna kulit gelap akibat kulit terbakar pada lapisan teratas. Bagi Anda yang ingin memberikan perlundan terhadap kulit, kali ini kami akan mengulas cara memilih sunblock/sunscreen serta merekomendasikan produk terbaik. Selamat membaca!

Perbedaan Sunblock dan Sunscreen

Tabir surya dibedakan menjadi dua macam, yaitu physical sunscreen atau yang lebih akrab disebut sunblock, dan chemical sunscreen atau lebih populer dengan sebutan sunscreen. Dalam keseharian, kedua produk sun protection ini kerap dianggap sama, padahal faktanya tidak. Jadi sebelum memilih produk, sebaiknya kita bedah dulu secara bersama karakteristik dari dua bentuk tabir surya ini.

Sunblock (Physical Sunscreen): Menghalangi Sinar Matahari

Sunblock dikategorikan ke dalam physical sunscreen. Cara kerja sunblock dalam melindungi kulit adalah menghalau sinar UV-A dan UV-B terserap ke dalam kulit. Dengan kata lain, sunblock membentuk lapisan di atas permukaan kulit yang menghalangi masuknya sinar matahari.

Kelebihan sunblock terletak pada daya proteksinya yang kuat. Setelah mengoleskannya, Anda dapat keluar rumah tanpa menunggu kandungan krimnya meresap ke kulit. Meski demikian, sunblock kerap membentuk white cast atau lapisan transparan setelah diaplikasikan. Di sisi lain, sunblock juga perlu diaplikasikan berkala karena kemampuan memproteksinya tidak bertahan seharian.

Mencermati kandungannya, sunblock menyimpan mineral seperti titanium dioxide dan zinc oxide, yakni mineral alami yang tak mudah terurai oleh sinar matahari.Kedua mineral tersebut merupakan komponen utama pada sunblock yang bertindak sebagai UV filter, Bahan kimia pada sunblock juga terbatas, berkebalikan halnya dengan sunscreen.

Sunscreen (Chemical Sunscreen): Menyerap Sinar Matahari

Sunscreen merupakan tabir surya yang mencakup fungsi filterisasi dan penyerapan sinar UV-A untuk diubah menjadi energi panas yang dikeluarkan melalui kulit. Sunscreen digolongkan sebagai chemical sunscreen. Berbeda dengan sunblock, dari segi tekstur sunscreen lebih ringan sehingga lebih tepat dipakai sehari-hari untuk aktivitas minim di bawah matahari langsung. Sunscreen kurang cocok dikenakan untuk melindungi kulit saat berjemur atau berenang.

Saat ini, sunscreen sudah banyak dirancang dengan kemampuan menyerap sinar UV-B. Bahan-bahan yang umum tertera pada sunscreen antara lain avobenzoneaminobenzoic acidcinoxatedioxybenzone, dan sederet kandungan lainnya. Penggunaan sunscreen dianjurkan 20 – 30 menit sebelum keluar rumah. Hal ini ditujukan agar kandungan sun protector pada sunscreen terserap sempurna membentuk lapisan di bawah jaringan terluar kulit.

Cara Memilih Sunblock/Sunscreen

Seusai memahami perbedaan sunblock dan sunscreen dari sisi cara kerja, kandungan, dan penggunaan, berikutnya kami menjelaskan cara memilih tabir surya yang tepat. Simak dengan saksama, ya!

Kenali Cara Kerja Pelindung SPF dan PA

Untuk mengenali seberapa baik tabir surya memberi perlindungan, paling mudah dengan melihat kadar SPF dan PA pada kemasannya. SPF atau sun protector formula adalah zat pelindung kulit dari sinar UV-B, di mana “B” berarti “burning”. Formula ini memiliki angka kisaran tertentu, di mana SPF 15 efektif menyaring 93% paparan sinar UV-B, SPF 30 sebesar 97%, dan SPF 50 mampu menghalau 98% sinar UV-B. Perlu diperhatikan bahwa nilai SPF sebesar apa pun tidak sanggup melindungi hingga 100% terpaan sinar UV-B.

Berikutnya, PA atau protection grade of UV-A adalah komponen pelindung dari sinar UV-A. Huruf “A” pada UV-A berarti “aging”. Dengan kata lain, sinar UV-A merupakan pemicu eksternal yang mempercepat penuaan sel-sel kulit. Berbeda dengan SPF, PA menyatutkan tingkat perlindungan dengan tanda plus (+), biasanya mulai dari PA+ yang paling ringan hingga PA++++ yang terkuat. Di negara tropis seperti Indonesia, tabir surya dengan PA++ sampai +++ lebih dari cukup melindungi kulit.

Pahami Sederet Zat yang Biasa Terkandung pada Tabir Surya

Guna memperoleh fungsi maksimal, kami menyarankan Anda mencermati setiap kandungan tabir surya yang hendak dipilih. Sebelumnya telah disebutkan beberapa unsur sun protector pada physical sunscreen maupun chemical sunscreen. Di bagian ini, kami akan ulas efektivitas kerja dari masing-masing komponen tersebut.

  • Ecamsule. Merupakan bahan yang ditemukan pada sunblockEcamsule mampu menghalau sinar UV-A dan UV-B dengan baik. Tabir surya berkandungan ecamsule cocok untuk berenang. Tingkat proteksinya kuat, namun lebih rendah risiko mengiritasi kulit.
  • Avobenzone. Merupakan bahan pelindung yang bersifat stabil memproteksi kulit dari sinar matahari. Bahan ini optimal memblokir sinar UV-A, tetapi tidak efektif menghalau sinar UV-B. Pada kasus yang jarang, avobenzone menyebabkan dermatitis.
  • Benzophenone. Merupakan bahan tabir surya yang sering dipadukan bersama dioxybenzone dan oxybenzone. Komponen ini berperan menyerap sinar UV-A dan UV-B sekaligus mengubahnya. Tabir surya berkandungan benzophenone kuat memproteksi kulit terhadap sengatan kuat, sehingga cocok dipakai berenang. Hanya saja, kandungan ini menimbulkan iritasi kulit pada sebagian orang.
  • Titanium dioxide dan zinc oxide. Kombinasi ini telah lama dijadikan bahan penyusun tabir surya dengan keunggulan memantulkan sinar UV yang mengenai kulit. Terbukti aman dan dikategorikan sebagai physical agent, kedua bahan ini kerap meninggalkan white cast di kulit.

Pilihlah yang Memberikan Perlindungan Multi-Spektrum untuk UVA dan UVB

Jika Anda bermaksud mencari perlindungan ganda untuk dua tipe sinar matahari, pilihlah tabir surya multi-spektrum. Untuk mengenali hal ini, pada kemasan produk umumnya tercantum keterangan “broad-spectrum”, “multi-spectrum”, atau “UVA/UVB protection”. Tabir surya multi-spektrum sanggup menghalau sinar UV-A dan UV-B sekaligus memberikan perlindungan di lapisan dalam.

Bila tidak menemukan keterangan multi-spektrum, tabir surya yang mencatutkan nilai SPF dan PA pada bagian depan merupakan produk dengan level proteksi ganda. Perhatikanlah tingkat kekuatan sun protector dari masing-masing produk. Semakin besar nilainya, lebih berat pula tekstur krim serta memungkinkan efek white cast yang kontras.

Tekstur Tabir Surya perlu Disesuaikan dengan Kondisi Kulit

Memilih tabir surya berdasarkan teksturnya termasuk penting dipikirkan. Tabir surya ada yang berbentuk krim, losion, gel, atau cair. Pilihlah yang paling pas untuk kondisi kulit Anda. Berikut tips-nya!

Untuk Kulit Kering, Pilihlah yang Bertekstur Krim atau Losion

Bagi Anda yang mengalami permasalahan kulit kering, utamakan tabir surya yang dilengkapi bahan pelembap, misalnya lanolin, dimethicone, dan minyak. Kemudian, tekstur produk berupa krim, salep, atau lotion menjadi pilihan tepat karena memudahkan proses pembauran. Carilah tabir surya yang sedikit kental agar Anda yang berkulit sensitif dan kering bisa merasakan kelembapan.

Untuk Kulit Berminyak, Pilihlah yang Oil-Free dan Bertekstur Gel

Orang yang mempunyai kulit berminyak kurang cocok menggunakan tabir surya berkandungan minyak. Bila Anda memiliki tipe kulit berminyak, cobalah mencari tabir surya bebas minyak (oil-free). Tabir surya berkandungan alkohol dan bertekstur gel ideal digunakan. Pastikan formulanya ringan, tidak lengket, dan menggunakan air sebagai bahan dasarnya. Untuk kulit berminyak dan berjerawat, kandungan zinc oxide cukup bersahabat.

Untuk Kulit Sensitif, Pilihlah yang Bebas Pengawet serta Bertekstur Cair/Gel

Tabir surya untuk kulit sensitif haruslah bebas dari bahan pengawet, dan wewangian. Produk ini mungkin tidak tahan lama, namun risiko mengalami iritasi pun berkurang. Anda bermasalah dengan kulit sensitif? Carilah tabir surya bertekstur cair atau gel yang ramah di kulit. Produk berbahan alkohol dalam bentuk gel masih bisa digunakan, namun perlu diperiksa dulu tingkat toleransi pada kulit sensitif Anda.

Baik Jenis Krim Oles atau Spray, Pilihlah yang Paling Mudah Anda Gunakan

Dahulu tabir surya lebih banyak dirancang dalam bentuk krim oles dan losion. Semakin berkembang kebutuhan masing-masing orang, tabir surya kini dikemas dalam botol spray. Kedua macam produk pelindung sinar UV ini memiliki keunggulan masing-masing. Dari segi kepraktisan, tabir surya spray banyak dipilih, namun daya proteksinya tidaklah sebaik krim oles.

Jika enggan mengaplikasikan ulang tabir surya saat berkeseharian, membawa spray sunblock dapat menjadi solusi. Hanya saja perlu diperhatikan, untuk kemampuan memblokir sinar UV yang maksimal, kami menyarankan agar pertama-tama Anda utamakan aplikasi tabir surya berbentuk krim oles.

Tentukan Ukuran yang Tepat, Perhatikan juga Masa Kedaluwarsanya

Tanggal kedaluwarsa adalah aspek yang juga perlu diperhatikan. Terutama bagi produk yang bebas pengawet, biasanya tabir surya hanya bertahan selama beberapa bulan. Sebagai alternatifnya, kami menyarankan Anda yang berkulit sensitif membeli tabir surya bebas pengawet dalam ukuran kecil 20 – 30 ml atau 30 – 50 g.

Pada tabir surya berukuran 50 g ke atas biasanya mencantumkan bahan pengawet untuk menjaga kualitas kandungan sun protector-nya. Bila Anda berencana membeli tabir surya berukuran besar, pastikan agar tidak lupa untuk selalu menutup produk setiap kali usai digunakan.

Untuk Penggunaan Sehari-hari, Pilihlah yang Mengandung SPF 15 – 30

Seberapa lama Anda berada di luar ruangan menjadi penentu tingkat SPF yang ideal diperlukan dari sebuah tabir surya. Contohnya, bila Anda beraktivitas 10 menit di bawah matahari langsung, tabir surya berkadar SPF 15 mampu memproteksi kulit selama 10 x 15 = 150 menit.

Jika menggunakan SPF 30, maka kulit Anda terlindungi oleh pengeksposan matahari selama 10 x 30 = 300 menit. Baik SPF 15 ataupun 30, efektivitasnya menangkal sinar matahari hanya berbeda 4% persen saja. Itulah mengapa, untuk kegiatan sehari-hari, cukup menggunakan tabir surya bernilai SPF 15 – 30.

Untuk Berenang dan Berjemur, Pilihlah Tabir Surya yang Tahan Air (Waterproof)

Apakah Anda merencanakan pergi ke pantai untuk berlibur? Jangan lupa sediakan tabir surya yang waterproof agar kulit tidak gosong, ya! Bila memungkinkan, cari juga fitur sweatproof alias tahan keringat supaya Anda merasa lebih aman saat berjemur. Kami merekomendasikan sunblock bernilai SPF 50+/PA++++ apabila Anda ingin menghabiskan waktu di bawah matahari langsung dalam waktu lama.

10 Rekomendasi Sunblock/Sunscreen Terbaik

Sementara sunscreen yang bersifat kimiawi mengandung bahan aktif untuk menyerap efek buruk sinar matahari yang sudah terlanjur masuk ke dalam kulit. Setiap jenis produk tabir surya ini punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Apabila Anda sedang mencari sunscreen atau sunblock terbaik, pada tulisan ini kami telah merangkum produk rekomendasi untuk Anda gunakan. Selamat memilih!

1. Biore UV Aqua Rich Watery Essence

Biore UV Aqua Rich Watery Essence

Kisaran harga: Rp140.000

Memberikan proteksi kuat bagi kulit terhadap sinar UVA dan UVB

Biore UV Aqua Rich Watery Essence merupakan produk tabir surya yang diciptakan dengan teknologi bernama UV block dalam Watery Capsule. Produk ini dikombinasikan dengan SPF 50+ untuk perlindungan lebih kuat bagi kulit. Sebuah tabir surya dikatakan bagus apabila mempunyai SPF minimal 15 dimana produk ini melebihi konsentrasi yang disarankan.

Tabir surya unggulan Biore ini memberikan perlindungan yang kuat terhadap sinar UVA dan UVB. Saat digunakan, produk ini memberikan tekstur ringan seperti air sehingga tidak lengket dan bahkan terasa menyegarkan. Biore juga telah melengkapi tabir surya ini dengan asam hialuronat, royal jelly, dan ekstrak citrus untuk menjaga kelembaban kulit.

Tingkat proteksi SPF 50+ / PA++++
Broad spectrum
Jenis Krim oles
Tekstur Cair
Aroma Peony lembut
Waterproof ✔ | untuk kemasan baru
Ukuran 50 g
Kisaran harga Rp115.000

2. Skin Aqua UV Moisture Milk

Skin Aqua UV Moisture Milk

Kisaran harga: Rp35.000

Selain melindungi, juga memberi kelembapan yang nyaman saat disentuh

Tabir surya persembahan Skin Aqua mengandung properti pelindung kulit berupa SPF 50+ dan PA+++ yang mampu menangkal dampak buruk sinar UVA dan UVB. Produk ini dikemas dalam botol plastik dengan tutup ulir serta mulut botol berukuran kecil sehingga tidak membuat isi produk mudah tumpah. Dengan begitu, Anda juga bisa menerapkannya di luar rumah karena sifatnya yang praktis dan mudah dibawa kemana-mana.

Skin Aqua UV Moisture Milk mengandung bahan khusus yang melembabkan kulit. Tekstur tabir surya ini cair dengan warna putih menyerupai susu. Tenang saja, warna putih dari cairan tabir surya ini tak akan meninggalkan white cast. Kelebihan lainnya, produk ini mampu menyerap dengan cepat sempurna ke dalam kulit. Untuk Anda yang ingin punya riasan menempel lebih kuat, produk ini juga bisa diandalkan sebagai tabir surya untuk wajah, lho!

Tingkat proteksi SPF 50+ / PA+++
Broad spectrum
Jenis Krim oles
Tekstur Watery
Aroma
Waterproof
Ukuran 40 g
Kisaran harga Rp55.000

3. The Body Shop Skin Defence Multi-Protection Essence

The Body Shop Skin Defence Multi Protection Essence

Kisaran harga: Rp390.000

Tekstur milky-watery yang mempersingkat waktu pengaplikasian

The Body Shop meluncurkan high-end sun protection product yang dapat Anda jadikan andalan untuk menemani aktivitas sehari-hari. Dari segi packaging, Skin Defence Multi-Protection Essence berupa tube slim sehingga travel friendly dan tidak memenuhi banyak tempat di dalam pouch. Tabir surya merek The Body Shop berikut punya tekstur milky to water, sangat ringan dan mudah menyerap ketika dioleskan ke kulit.

Jika kebanyakan tabir surya perlu menunggu 15 – 20 menit sebelum mampu menyerap ke dalam kulit, produk satu ini tidak. Selain itu, Anda juga tak dibebani dengan tampilan putih alias white cast setelah mengaplikasikannya. Sunblock badan ini punya aroma citrus yang harum. Untuk daya tahannya, The Body Shop Skin Defence Multi-Protection Essence mampu melindungi kulit seharian meskipun hanya digunakan satu kali.

Tingkat proteksi SPF 50 / PA++++
Broad spectrum
Jenis Krim oles
Tekstur Milky to watery
Aroma Citrus lembut
Waterproof
Ukuran 40 ml
Kisaran harga Rp297.000

4. Etude House Sunprise Mild Airy Finish

Etude House Sunprise Mild Airy Finish

Kisaran harga: Rp128.000

Telah mengantongi label uji FDA, tak perlu dipertanyakan lagi keamanannya!

Titanium dioksida dan zinc oksida merupakan satu-satunya properti penyaring UVA dan UVB fisik yang disetujui oleh FDA untuk memberikan perlindungan terhadap matahari langsung. Produk tabir surya yang mengantongi mineral tersebut juga kerap disebut dengan mineral sunscreen  yang mana Etude House Sunprise Mild Airy Finish menyimpan kedua mineral tersebut.

Tabir surya ini tidak akan memberikan efek kemerahan, menghitam, ataupun keriput setelah penggunaan. Namun, di balik segala kelebihannya, Etude House Sunprise Mild Airy Finish mengandung alkohol dengan persentase yang cukup tinggi sehingga kurang cocok untuk kulit sensitif dan kering.

Tingkat proteksi SPF 50+ / PA+++
Broad spectrum
Jenis Krim oles
Tekstur Creamy
Aroma Mint
Waterproof
Ukuran 55 ml
Kisaran harga Rp152.000

5. Kiehl’s Ultra Light Daily UV Defense SPF 50 PA+++

Kiehls Ultra Light Daily UV Defense SPF 50 PA

Kisaran harga: Rp75.000

Seluruh formula ynag digunakan dipastikan non-comedogenic

Sebenarnya, produk yang sudah teruji klinis untuk segala jenis kulit ini merupakan CC cream. Namun, karena di dalamnya terdapat tambahan SPF 50 PA+++ untuk meningkatkan perlindungan terhadap kulit, maka produk ini berfungsi pula sebagai tabir surya untuk wajah. Tabir surya multifungsi dari Kiehl’s dikemas dalam tube fungsional dengan tutup erat yang mudah dibuka-tutup. Selain itu, Anda juga dipermudah ketika mengontrol jumlah isi yang ingin dikeluarkan.

Kiehl’s Ultra Light Daily UV Defense SPF 50 PA+++ diformulasikan dengan bahan-bahan non-comedogenic, anti polusi, dan ekstrak buah leci. Kombinasi kuat dari setiap kandungan tersebut efektif melindungi kulit dari berbagai kerusakan. Ancaman-ancaman seperti tanda penuaan bisa dicegah dengan baik olehnya. Tak hanya itu, tabir surya untuk pria dan wanita ini juga bisa menjadikan kulit tampak lebih sehat dan cerah.

Tingkat proteksi SPF 50 / PA++++
Broad spectrum
Jenis Krim oles
Tekstur Cair
Aroma Tidak ada aroma mengganggu
Waterproof
Ukuran 30 ml
Kisaran harga Rp495.000

6. Innisfree Daily UV Protection Cream Mild

Innisfree Daily UV Protection Cream Mild

Kisaran harga: Rp100.000

Perlindungan ganda dengan dukungan SPF 35/PA+++

Jika Anda memerlukan tabir surya untuk wajah dengan kualitas bagus dan sudah dibuktikan banyak orang, Innisfree Daily UV Protection Cream Mild jawabannya! Produk dari Innisfree ini dikemas dalam bentuk tube yang berdesain simpel dan sleek. Dengan packaging plastik berbentuk slim yang kokoh, Anda tak perlu khawatir isinya akan tumpah saat dimasukkan ke dalam makeup pouch.

Innisfree membekali tabir surya ini dengan SPF 35 PA+++. Bicara mengenai teksturnya, produk ini menyerupai cream tint sehingga sedikit memberikan tampilan white cast yang tidak mengganggu. Bagi Anda yang punya kulit rentan berminyak, Innisfree Daily UV Protection Cream Mild juga cocok digunakan karena memberikan efek matte finish.

Tingkat proteksi SPF 35 / PA+++
Broad spectrum
Jenis Krim oles
Tekstur Creamy
Aroma Tidak ada aroma mengganggu
Waterproof
Ukuran 50 ml
Kisaran harga Rp95.000

7. Votre Peau Facial Sun Shield SPF 50

Votre Peau Facial Sun Shield SPF 50

Kisaran harga: Rp240.000

Mineral sunsceen yang menjamin tidak adanya white cast

Sebagian tabir surya anorganik memang berrisiko menimbulkan white cast karena mengandung titanium dioxide dan zinc oxide. Namun, untuk mineral tabir surya yang satu ini, Votre Peau menjamin hasil akhir yang tidak menampilkan white cast. Produk ini dikemas dalam botol tahan udara yang disertai pump, sehingga lebih higienis karena terekspos secara minim dan tidak berkontak langsung dengan udara dari luar.

Tabir surya Votre Peau tidak akan menyebabkan iritasi atau reaksi alergi. Produk yang ampuh memproteksi kulit ini juga aman digunakan karena tidak mengandung parfum dan ekstrak tanaman tertentu. Tak hanya itu, Votre Peau Facial Sun Shield memberikan velvety-matte finish yang mana membuatnya lebih cocok untuk pemilik kulit berminyak.

Tingkat proteksi SPF 50
Broad spectrum
Jenis Krim oles
Tekstur Losion/whipped
Aroma Sedikit aroma kimia, tidak mengganggu
Waterproof
Ukuran 30 ml
Kisaran harga Rp275.000

8. L’Oreal UV Perfect Aqua Essence SPF50 PA++++

Loreal UV Perfect Aqua Essence SPF50 PA

Kisaran harga: Rp110.000

Kombinasi adenosine dan micronized hyaluronic acid-nya senantiasa melembapkan

Gelombang panjang sinar UVA bisa membuat kulit mengalami radikal bebas yang menyebabkan terjadinya penuaan, seperti timbul kerutan halus. Tak hanya itu, paparan matahari berlebihan juga akan menghilangkan elastisitas kulit serta menimbulkan flek hitam. Untuk mencegah terjadinya masalah-masalah tersebut, Anda perlu menerapkan produk tabir surya dari L’oreal ini.

L’oreal UV Perfect Aqua Essence SPF 50 PA++++ dirumuskan dengan kandungan adenosine dan micronized hyaluronic acid. Kombinasi kedua bahan tersebut bekerja menahan kadar air dalam kulit sekaligus membantu memperbaiki tanda-tanda penuaan. Selain itu, L’oreal menerapkan detoxyl dan vitamin E sebagai antioksidan yang fokus membantu menangkal radikal bebas serta polusi.

Tingkat proteksi SPF 50 / PA++++
Broad spectrum
Jenis Krim oles
Tekstur Gel cair
Aroma Tidak ada keterangan
Waterproof
Ukuran 30 ml
Kisaran harga Rp125.000

9. Emina Sun Protection SPF 30

Emina Sun Protection SPF 30

Kisaran harga: Rp35.000

Tabir surya broad spectrum yang beraroma manis lembut

Apabila Anda menginginkan tabir surya yang murah namun tetap punya kualitas cukup baik, produk yang kami sarankan adalah Emina Sun Protection SPF 30. Tabir surya dari brand lokal ini memiliki SPF 30 dan PA+++. Bukan hanya mampu melindugi kulit dari terpaan sinar matahari, Emina Sun Protection SPF 30 juga dibekali ekstrak lidah buaya dan emollient yang bekerja melembapkan kulit secara ekstra.

Tekstur Emina Sun Protection SPF 30 menyerupai losion dengan warna putih yang terasa ringan saat dibaurkan pada kulit wajah. Hal lain yang menarik dari produk ini ialah punya aroma yang manis dan lembut sehingga tidak merusak kenyamanan saat digunakan. Buat Anda dengan kulit rentan berjerawat (acne prone), tabir surya ini bisa dipakai tanpa takut muncul reaksi iritasi dan jerawat di wajah.

Tingkat proteksi SPF 30 / PA+++
Broad spectrum
Jenis Krim oles
Tekstur Losion ringan
Aroma Manis, lembut, dan menyegarkan
Waterproof
Ukuran 60 ml
Kisaran harga Rp25.000

10. Parasol Face Sunscreen Cream SPF 33

Parasol Face Sunscreen Cream SPF 33

Kisaran harga: Rp56.000

Bisa dijadikan sunscreen ataupun base makeup. Multifungsi!

Dilihat dari kemasannya, sekilas Parasol Face Sunscreen Cream SPF 33 tampak seperti obat salep yang berukuran mini. Tapi siapa kira kalau produk ini merpakan salah satu tabir surya yang bekerja dengan sangat baik untuk memberi perlindungan ganda di dalam lapisan kulit. Selain bekerja sebagai tabir surya, Anda juga bisa menggunakannya sebagai base makeup. Tenang saja, Parasol Face Sunscreen Cream SPF 33 tidak akan terasa lengket ataupun menimbulkan efek kilap di kulit.

Meskipun teksturnya creamy dan kental, formulasi bahan ringan yang terkandung di dalamnya akan membuat proses penyerapan lebih cepat. Parasol Face Sunscreen SPF 33 bisa Anda gunakan sebagai pelindung kulit wajah sebelum beraktivitas ringan di luar. Ingat, hanya untuk aktivitas ringan, sehingga daya tahan produk ini terbilang sebentar alias 10 – 15 menit saja.

Tingkat proteksi SPF 33
Broad spectrum
Jenis Krim oles
Tekstur Creamy
Aroma Tanpa aroma
Waterproof
Ukuran 20 g
Kisaran harga Rp58.000

Penggunaan Sunblock/Sunscreen yang Tepat

Produk tabir surya perlu diratakan ke seluruh permukaan kulit yang tidak tertutupi pakaian. Gunakanlah sebanyak 2 mg per cm2 tabir surya pada kulit Anda. Untuk lebih mudahnya, tuangkan kurang lebih seukuran koin 1.000 rupiah pada setiap bagian kulit yang ingin Anda lindungi, lalu ratakan ke seluruh permukaannya.

Jangan terlalu hemat dalam mengoleskan tabir surya, karena kulit Anda taruhannya! Jika penerapannya hanya ½ dari ukuran koin 1.000 rupiah, perlindungan yang diberikan akan turun hanya menyisakan seperempatnya. Begitu pun frekuensi penggunannya, sebaiknya 2 jam sekali dioleskan lagi guna meminimalisir risiko kulit terbakar.

Kesimpulan

Pelindung matahari berjenis apapun yang Anda gunakan, entah itu sunscreensunblock, atau pakaian protektif yang mengandung SPF, pastikan aman untuk kulit. Terutama buat Anda yang punya kulit sensitif dan rentan iritasi, upayakan menghindari tabir surya kimiawi yang mengandung banyak bahan aktif.

Selain itu, penggunaan tabir surya dengan ingredients yang banyak juga bisa meningkatkan risiko timbulnya bintik cokelat, kemerahan, dan rosacea. Jadi pertimbangkan betul saat memilih produk yang tepat. Dari ke-10 pilihan tabir surya di atas, kami harap Anda temukan yang cocok dan terbaik untuk kebutuhan Anda.

(Visited 53.430 times, 104 visits today)