Kosmetik & Kesehatan

10 Sunscreen Terbaik [Kolaborasi dengan Dokter Kulit]

Sinar matahari bisa memberikan pengaruh buruk pada kulit, seperti sunburn, kulit kusam, dan berbagai masalah kulit lainnya. Agar terhindar dari pengaruh buruk tersebut, Anda sebaiknya memakai sunscreen.

Saat ini telah tersedia berbagai merek sunscreen terbaik di pasaran, seperti Avoskin, N’PURE, Biore, dan Neutrogena. Di bawah ini, kami sudah merangkum beberapa rekomendasi sunscreen terbaik versi PickyBest. Selamat memilih!

Berkolaborasi dengan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Dinda Saraswati Murniastuti

dr. Dinda Saraswati Murniastuti, Sp.DVPakar/Spesialis

dr. Dinda Saraswati Murniastuti adalah dokter spesialis dermatovenereologi lulusan Pendidikan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, Universitas Gadjah Mada. Sejak 2019, beliau aktif menjadi dokter praktik di sejumlah rumah sakit di kawasan Yogyakarta.

Selama bertugas, beliau sering menangani pasien dengan permasalahan akne, melasma, dan penyakit kulit lainnya. dr. Dinda juga menjadi founder Mydervia Dermatology Clinic yang tak hanya melayani prosedur kecantikan biasa, tetapi lengkap dengan fasilitas pelayanan kesehatan kulit terpadu.

Mengenal Tipe Sunscreen dalam Melindungi Kulit

blank

Sunscreen terbaik dibedakan menjadi dua macam, yaitu physical sunscreen dan chemical sunscreen. Apa karakteristik dari dua bentuk sunscreen ini?

Physical Sunscreen

Physical sunscreen bekerja menghalau sinar UV-A dan UV-B dengan membentuk lapisan di atas permukaan kulit yang menghalangi masuknya sinar matahari.

Bahan yang tergolong physical sunscreen adalah mineral seperti titanium dioxide dan zinc oxide, yakni mineral alami yang tak mudah terurai oleh sinar matahari.

Physical sunscreen mengandung UV filter yang bersifat anorganik (mineral sunscreen). Tipe sunscreen ini dianjurkan untuk anak-anak, kulit sensitif, dan acne prone skin.

dr. Dinda Saraswati Murniastuti, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin
dr. Dinda Saraswati Murniastuti

Chemical Sunscreen

Chemical sunscreen mencakup fungsi filterisasi dan penyerapan UVA dan UVB untuk diubah menjadi energi panas yang dikeluarkan melalui kulit.

Bahan-bahan yang termasuk chemical sunscreen tergolong bahan organik, antara lain cinnamates, octisalate, dan dioxybenzone.

Chemical sunscreen bisa digunakan untuk usia remaja, dewasa, dan berbagai jenis kulit.

dr. Dinda Saraswati Murniastuti, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin
dr. Dinda Saraswati Murniastuti

Cara Memilih Sunscreen

Berikutnya, kami akan menjelaskan cara memilih sunscreen terbaik agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Simak dengan saksama, ya!

Kenali Cara Kerja Pelindung SPF dan PA

blank

Untuk mengenali seberapa baik sunscreen memberi perlindungan, Anda dapat melihat kadar SPF dan PA pada kemasannya.

SPF (Sun Protector Formula)

SPF adalah zat pelindung kulit dari sinar UV-B, di mana “B” berarti “burning”. Formula ini memiliki angka kisaran tertentu, di mana SPF 15 efektif menyaring 93% paparan sinar UV-B, SPF 30 sebesar 97%, hingga SPF 50 yang mampu menghalau 98% sinar UV-B. .

Perlu diperhatikan bahwa sebesar apa pun nilai SPF tidak sanggup melindungi hingga 100% terpaan sinar UV-B.

SPF adalah singkatan dari Sun Protector Factor. Angka di belakang SPF menunjukkan seberapa lama produk memberi perlindungan sebelum terjadinya “sunburn” yang diakibatkan oleh sinar UVB. Sunburn ditandai dengan munculnya warna kemerahan pada kulit.

Sebagai contoh SPF 30, memiliki arti sunscreen tersebut mampu 30x kali lama melindungi dari terjadinya sunburn. Misal, kulit kita akan menjadi sunburn (kemerahan) setelah 1 menit, maka sunscreen SPF 30 akan memperpanjang masa menjadi sunburn menjadi 30 menit.

Begitu pun dengan SPF 50 menjadi 50 menit, SPF 100 menjadi 100 menit. Sehingga, berapa pun nilai SPF-nya, penggunaan sunscreen tetap harus diulangi.

dr. Dinda Saraswati Murniastuti, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin
dr. Dinda Saraswati Murniastuti

PA (Protection Grade of UV-A)

PA adalah komponen pelindung dari sinar UV-A yang menghambat efek penuaan sel-sel kulit. Berbeda dengan SPF, PA menyatutkan tingkat perlindungan dengan tanda plus (+).

Biasanya, PA+ adalah level perlindungan paling ringan, hingga PA++++ yang terkuat. Di negara tropis seperti Indonesia, sunscreen terbaik dengan PA++ sampai +++ lebih dari cukup melindungi kulit.

Selan menyebabkan sel kulit menjadi “menua” yang ditandai dengan hiperpigmentasi, hilangnya elastisitas kulit, kulit kering, dan bintik-bintik usia, sinar UVA juga menyebabkan kulit menjadi gelap (tanned).

dr. Dinda Saraswati Murniastuti, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin
dr. Dinda Saraswati Murniastuti

Pahami Sederet Zat yang Biasa Terkandung pada Tabir Surya

blank

Guna memperoleh fungsi maksimal, kami menyarankan Anda mencermati setiap kandungan sunscreen terbaik yang hendak dipilih.

Secara umum, sunscreen mengandung bahan-bahan UV protector seperti ecamsule, avobenzone, benzophenone, titanium dioxide, dan zinc oxide.

Ecamsule

Ecamsule memiliki proteksi terhadap sinar UVA1 (340 – 400 nm) dan UVA2 (320 – 540 nm), namun tidak memiliki proteksi terhadap UVB, sehingga tetap harus dikombinasi UV filter lainnya.

Ecamsule memiliki kelebihan sifatnya yang fotostabil (tidak sensitif terhadap cahaya), sehingga efektif digunakan pada kondisi outdoor. Ecamsule juga memiliki penetrasi rendah ke dalam kulit sehingga resiko terhadap iritasi rendah.

Avobenzone

Avobenzone adalah jenis chemical UV filter yang mampu memproteksi sinar UVA1 dan UVA2, namun tidak termasuk UVB. Avobenzene bersifat tidak stabil terhadap cahaya, sehingga biasanya diberi tambahan photostabilizer pada sunscreen tersebut untuk mempertahankan kestabilan dan durasinya.

Benzophenone

Benzophenone merupakan bahan chemical sunscreen yang sering dikenal dengan nama oxybenzone. Proteksi meliputi UVA2 dan UVB.

Dalam beberapa penelitian, diketahui benzophenone memiliki efek berbahaya pada terumbu karang, sehingga tidak disarankan digunakan berenang di laut/obyek wisata dengan terumbu karang.

Titanium dioxide dan zinc oxide

Titanium dioxide dan zinc oxide merupakan UV filter pada mineral/physical sunscreen. Zinc oxide merupakan UV filter yang paling luas spektrum proteksinya karena meliputi UVB, UVA1, dan UVA2. Kelemahan dari Zinc oxide adalah meninggalkan white cast.

dr. Dinda Saraswati Murniastuti, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin
dr. Dinda Saraswati Murniastuti

Pilihlah yang Memberikan Perlindungan Multi-Spektrum untuk UVA dan UVB

blank

Untuk perlindungan ganda dari UV-A dan UV-B, pilihlah sunscreen terbaik yang multi-spektrum. Pada kemasan, produk ini umumnya tercantum keterangan “broad-spectrum”, “multi-spectrum”, atau “UVA/UVB protection”.

Bila tidak menemukan keterangan multi-spektrum, sunscreen terbaik dengan keterangan SPF dan PA pada kemasan menandakan produk dengan karakteristik broad-spectrum.

Pilih Tekstur Sunscreen sesuai Kondisi Kulit

Sunscreen ada yang berbentuk krim, losion, gel, atau cair. Pilihlah yang paling pas untuk kondisi kulit Anda. Berikut tips-nya!

Untuk Kulit Kering, Pilihlah yang Bertekstur Krim atau Losion

blank

Bagi Anda yang mengalami permasalahan kulit kering, utamakan sunscreen terbaik yang dilengkapi bahan pelembap, misalnya lanolin, dimethicone, dan minyak.

Untuk kulit kering, pilihlah sediaan sunscreen dengan bentuk krim karena lebih mengunci kelembapan. Selain itu, bisa juga dengan mengoptimalkan penggunaan moisturizer dengan kandungan ceramide/hyaluronic acid sebelum menggunakan sunscreen.

dr. Dinda Saraswati Murniastuti, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin
dr. Dinda Saraswati Murniastuti

Untuk Kulit Berminyak, Pilihlah yang Oil-Free dan Bertekstur Gel/Watery

blank

Bila Anda memiliki tipe kulit berminyak, pilihlah sunscreen terbaik yang bebas minyak (oil-free). Sunscreen berkandungan alkohol dan bertekstur gel ideal digunakan. Pastikan formulanya ringan, tidak lengket, dan menggunakan air sebagai bahan dasarnya.

Untuk kulit berminyak yang rata-rata disertai permasalahan akne, maka pemilihannya bisa disamakan seperti pada kulit sensitif. Selain itu dapat pula memilih jenis sunscreen yang nonkomedogenik (tertera di kemasan).

dr. Dinda Saraswati Murniastuti, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin
dr. Dinda Saraswati Murniastuti

Untuk Kulit Sensitif, Pilihlah yang Bebas Parfum serta Bertekstur Cair/Gel

blank

Sunscreen terbaik untuk kulit sensitif sebaiknya bebas dari bahan pengawet dan wewangian. Produk ini mungkin tidak tahan lama, namun risiko mengalami iritasi pun berkurang.

Untuk kulit yang sensitif atau memiliki bakat atopi, pilih jenis physical sunscreen karena cenderung hanya sedikit terserap kulit sehingga minimal risiko iritasi/alergi.

Untuk chemical sunscreen, bisa pilih kandungan avobenzone dan octocrylene yang relatif lebih aman untuk kulit sensitif. Namun, kulit sensitif perlu menghindari kandungan oxybenzone.

dr. Dinda Saraswati Murniastuti, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin
dr. Dinda Saraswati Murniastuti

Baik Jenis Krim Oles atau Spray, Pilihlah yang Paling Mudah Anda Gunakan

blank

Dahulu sunscreen lebih banyak dirancang dalam bentuk krim oles dan losion. Namun sekarang, muncul banyak sunscreen terbaik tipe spray. Kedua jenis ini memiliki keunggulan masing-masing. Bila ingin praktis, pilihlah sunscreen tipe spray.

Jika tak ingin repot mereaplikasi sunscreen di sela-sela aktivitas, membawa spray sunblock dapat menjadi solusi. Hanya saja perlu diperhatikan, untuk kemampuan memproteksi sinar UV, kami sarankan Anda mengutamakan sunscreen berbentuk losion/krim.

Untuk Penggunaan Sehari-hari, Pilihlah yang Mengandung SPF 30

blank

Seberapa lama Anda berada di luar ruangan menjadi penentu tingkat SPF yang ideal diperlukan dari sebuah sunscreen. Angka SPF umum yang dianjurkan untuk penggunaan harian adalah SPF 30.

Bila Anda terekspos sinar matahari cukup intens, pertimbangkan sunscreen terbaik dengan SPF tinggi, misalnya SPF 45 – 50, serta paling tidak dilengkapi formula PA++++ agar kulit senantiasa terlindungi.

Berapa pun nilai SPF dan PA-nya, yang diutamakan adalah jumlah yang tepat dan pengulangan aplikasi sunscreen.

dr. Dinda Saraswati Murniastuti, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin
dr. Dinda Saraswati Murniastuti

Untuk Berenang dan Berjemur, Pilihlah Sunscreen yang Tahan Air (Waterproof)

blank

Apakah Anda merencanakan pergi ke pantai untuk berlibur? Jangan lupa sediakan sunscreen terbaik yang waterproof agar kulit tidak gosong, ya! Bila memungkinkan, cari juga fitur sweatproof alias tahan keringat supaya Anda merasa lebih aman saat berjemur.

Untuk aktivitas berenang bisa memilih yang water-resistant dan tetap lakukan pengulangan di sela-sela waktu berenang untuk mempertahankan kadar proteksi.

dr. Dinda Saraswati Murniastuti, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin
dr. Dinda Saraswati Murniastuti

10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik

Pada bagian ini, Anda akan melihat daftar rekomendasi produk sunscreen terbaik yang banyak ditemukan di pasaran.

Semua produk rekomendasi berikut sepenuhnya murni pilihan PickyBest, bukan dr. Dinda Saraswati Murniastuti.

1. Avoskin The Great Shield Sunscreen

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Meminimalkan efek buruk dari polusi dan sinar ultraviolet

Sunscreen terbaik ini memberikan perlindungan pada kulit dari sinar UVA dan UVB. Tidak hanya itu, sunscreen ini juga meminimalkan efek negatif dari paparan polusi. Hadir dengan tekstur yang ringan, produk ini gampang diaplikasikan ke kulit. Bahkan, sunscreen ini tidak meninggalkan sensasi lengket dan white cast.

Melalui produk ini, Avoskin menyertakan kandungan penting seperti vitamin C yang berfungsi melawan efek buruk radikal bebas. Selain itu, kandungan centella asiatica-nya dapat menghasilkan efek calming pada kulit. Bebas dari paraben dan hypoallergenic, produk ini aman digunakan, bahkan pada kulit sensitif sekalipun.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Dapat menahan minyak di wajah.
  • Tidak menimbulkan jerawat atau beruntusan.
  • Membuat wajah menjadi cerah.
  • Aromanya enak dan tidak menyengat.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Teksturnya berat dan susah di-blend jika wajah dalam kondisi kering.
  • Meninggalkan whitecast.
Tipe Kombinasi physical dan chemical sunscreen
SPF dan PA SPF 50 dan PA++++
Jenis kulit Semua jenis kulit
Water resistant Tidak
Ukuran 30 mL
Kisaran harga Rp139.000

2. Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Kulit lebih lembap dan calm

Selain melindungi kulit dari sinar matahari, sunscreen dari Azarine ini kaya akan manfaat lainnya. Misalnya, selain melembapkan kulit, sunscreen ini bisa menenangkan kulit. Teksturnya berupa gel yang dingin dan ringan, sehingga sangat nyaman digunakan.

Selain itu, formulanya mudah diserap oleh kulit bahkan tidak meninggalkan white cast. Sunscreen terbaik ini cocok untuk kulit normal, kulit berminyak, hingga kulit yang berjerawat. Kabar baiknya, produk ini tidak mengandung alkohol, fragrance, dan oil. Hasilnya matte dan natural di kulit.

7 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Dapat melembapkan kulit.
  • Tidak menimbulkan whitecast maupun efek greasy.
  • Memberikan sensasi dingin saat diaplikasikan.
  • Membantu meredakan kemerahan.
  • Membantu mengurangi jerawat.
  • Formulanya ringan, teksturnya lembut, dan cepat meresap.
  • Tidak membuat wajah menjadi kusam.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Tipe Chemical sunscreen
SPF dan PA SPF 45 dan PA++++
Jenis kulit Semua jenis kulit
Water resistant Tidak
Ukuran 50 mL
Kisaran harga Rp65.000

3. N’PURE Cica Beat The Sun SPF 50 PA ++++

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Formulanya dirancang untuk melembapkan, menenangkan, dan melindungi kulit

N’PURE Cica Beat The Sun SPF 50 PA ++++ adalah sunscreen terbaik dengan label halal dan terdaftar di BPOM. Sunscreen ini membantu melembapkan, menenangkan, dan melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Selain itu, produk ini bebas dari paraben, SLS, alkohol, dan silicon sehingga aman digunakan untuk daily. Produknya ringan tanpa adanya sensasi greasy.

Saat digunakan, produk ini juga tidak meninggalkan white cast. Selain itu, produk ini membuat kulit lebih glowing. Menariknya, sunscreen ini tidak perih di mata. Jika Anda mencari produk yang affordable dan kaya manfaat, tak ada salahnya mencoba sunscreen ini.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Teksturnya ringan, tidak lengket, tidak berminyak, dan cepat meresap.
  • Aman dan bebas dari bahan-bahan yang berbahaya.
  • Terasa adem di kulit.
  • Tidak menimbulkan rasa gatal.
  • Membuat kulit tampak glowing.
  • Packaging-nya praktis dibawa ke mana-mana.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Dapat menyebabkan purging pada pengguna yang kurang cocok dengan produk ini.
Tipe Kombinasi physical dan chemical sunscreen
SPF dan PA SPF 50 dan PA ++++
Jenis kulit Semua jenis kulit terutama kulit berjerawat
Water resistant Tidak
Ukuran 35 mL
Kisaran harga Rp119.000

4. Kao Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+ PA++++

blank

Sumber: Kao.com

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Teksturnya ringan seperti air sehingga nyaman digunakan

Biore UV Aqua Rich Watery Essence merupakan sunscreen terbaik yang teksturnya ringan seperti air. Selain melindungi kulit dari pengaruh buruk dari sinar UV, produk ini dapat mencegah kulit kering.

Meskipun waterproof, produk ini mudah dibersihkan menggunakan sabun. Keamanannya terjamin karena bebas dari pewarna. Anda juga bisa menggunakannya sebagai base makeup tanpa adanya rasa lengket. Bahkan, produk ini bisa diratakan ke kulit dengan baik tanpa meninggalkan white cast.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Teksturnya sangat ringan, tidak lengket, dan gampang meresap.
  • Tidak membuat kulit menjadi berminyak.
  • Tidak menimbulkan whitecast.
  • Aromanya segar dan tidak mengganggu.
  • Bisa menaikkan tone kulit.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Bisa menimbulkan beruntusan pada pengguna yang kurang cocok dengan produk ini.
Tipe Chemical sunscreen
SPF dan PA SPF 50+ dan PA++++
Jenis kulit Semua jenis kulit terutama kulit kering
Water resistant Ya
Ukuran 50 g
Kisaran harga Rp121.600

5. NEUTROGENA Ultra Sheer Dry-Touch Sunscreen SPF 50+

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Cegah penuaan dini dan atasi produksi sebum berlebih

Sinar matahari bisa menyebabkan terjadinya penuaan dini. Cegah hal ini dengan menggunakan sunscreen Neutrogena untuk memperoleh perlindungan kulit dari sinar ultraviolet untuk jangka panjang. Teksturnya ringan dan menjaga kulit dari produksi sebum berlebih.

Sunscreen terbaik ini non-comedogenic sehingga tidak menyumbat pori-pori. Di samping itu, produk ini tidak mengandung oil, tahan air, dan keringat. Sebelum melakukan aktivitas, gunakan produk ini pada kulit dalam jumlah yang cukup. Re-apply terutama ketika kulit berkeringat dan setelah berenang.

7 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Formulanya cepat meresap dan mudah diratakan.
  • Tidak menyebabkan breakout, berminyak, maupun kusam.
  • Setelah pemakaian, kulit terasa lembut dan tampak cerah.
  • Isinya banyak sehingga pemakaiannya cukup awet.
  • Ringan dan gentle di kulit.
  • Aman untuk semua jenis kulit.
  • Bagus untuk menahan minyak di wajah.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Baunya lumayan kuat.
Tipe Chemical sunscreen
SPF dan PA SPF 50+
Jenis kulit Semua jenis kulit terutama kulit kering
Water resistant Ya
Ukuran 88 mL
Kisaran harga Rp190.000

6. ERHA Helios Water Resistant SPF50/PA++

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Sunscreen yang bersifat water assistant

ERHA memproduksi sunscreen yang memberikan perlindungan menyeluruh pada kulit sehingga terhindar dari efek buruk sinar ultraviolet. Tak hanya itu, sunscreen ini diklaim dapat memperbaiki sel kulit berkat kandungan antioksidannya. Tergolong water assistant product, sunscreen terbaik ini dapat digunakan saat beraktivitas di air seperti berenang.

Selain itu, produk ini mengandung sebum absorber yang bisa menyerap sebum berlebih pada kulit. Ketika diaplikasikan, formulanya terasa ringan di kulit. Kabar baiknya, produk ini bisa menangkal munculnya tanda-tanda penuaan kulit. Kulit pun lebih cerah dan bebas dari iritasi termasuk redness. Selain digunakan pada wajah, Anda bisa menggunakannya pada tubuh.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Sangat cocok digunakan pada kulit kering.
  • Sangat efektif melindungi kulit saat melakukan aktivitas outdoor.
  • Memiliki tekstur yang lembut.
  • Dapat menahan keringat sehingga tidak gampang luntur.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Kurang cocok diaplikasikan pada kulit yang berminyak.
Tipe Tidak ada keterangan
SPF dan PA SPF50 dan PA++
Jenis kulit Semua jenis kulit terutama kulit berminyak
Water resistant Ya
Ukuran 60 g
Kisaran harga Rp159.400

7. SOMETHINC Holyshield! Sunscreen Shake Mist SPF46 PA+++

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Mudah diaplikasikan, bahkan ketika memakai riasan sekalipun

Sering melakukan aktivitas di luar ruangan dan terpapar sinar ultraviolet? Anda perlu menggunakan SOMETHINC Holyshield! Sunscreen Shake Mist SPF46 PA+++ untuk melindungi kulit dari UVA dan UVB. Sunscreen bebas alkohol ini gampang diaplikasikan, bahkan ketika memakai riasan sekalipun.

Hasil akhirnya tidak lengket dan tidak meninggalkan white cast. Setelah diaplikasikan, kulit tampak healthy. Teksturnya ringan dan aromanya fresh. Formulanya juga tidak perih di mata dan kulit. Selain itu, sunscreen terbaik ini juga fungal acne-friendly dan hypoallergenic.

7 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Teksturnya cair, ringan, dan mudah meresap di kulit.
  • Hasil akhirnya dewy.
  • Formulanya tidak lengket.
  • Packaging-nya cantik dan aromanya lembut.
  • Aman digunakan pada kulit sensitif.
  • Tidak meninggalkan whitecast.
  • Mudah dan praktis digunakan.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Tipe Kombinasi physical dan chemical sunscreen
SPF dan PA SPF 46 dan PA+++
Jenis kulit Semua jenis kulit
Water resistant Tidak
Ukuran 50 mL
Kisaran harga Rp109.000

8. Lacoco En Nature Daily UV Counter SPF 50 PA++

blank

Sumber: Lacoco.co.id

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Menjadikan kulit tetap lembap, lembut, dan kenyal

Untuk Anda yang memiliki kulit kering, gunakan Lacoco En Nature Daily UV Counter untuk melembapkan kulit dan menjaga kelembutannya. Manfaat ini dapat diperoleh berkat kandungan squalene-nya. Tidak hanya itu, kandungan ini juga bisa menjaga kekenyalan kulit wajah. Hadir tanpa silicon, produk ini mempunyai tekstur ringan tanpa meninggalkan kesan greasy dan white cast.

Terpapar sinar ultraviolet bisa menyebabkan tanda penuaan. Menggunakan sunscreen terbaik ini secara teratur bisa mencegah hal ini. Kandungan niacinamide di dalamnya dapat membuat kulit wajah menjadi cerah dan mencegah jerawat. Formulanya bersifat non-comedonic dan tidak membuat pori-pori tersumbat sehingga aman digunakan.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Ringan, gentle, dan mudah diaplikasikan.
  • Aman digunakan oleh remaja maupun dewasa.
  • Hasil akhirnya dewy dan tidak lengket.
  • Tidak membuat wajah menjadi berminyak maupun iritasi.
  • Memberikan efek cerah pada wajah.
  • Nyaman dipakai untuk harian.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Isinya sedikit.
Tipe Kombinasi physical dan chemical sunscreen
SPF dan PA SPF 50 dan PA++
Jenis kulit Semua jenis kulit terutama kulit kering
Water resistant Tidak
Ukuran 20 mL
Kisaran harga Rp150.000

9. Kose Cosmeport Suncut UV Protect Spray

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Bisa dipakai di atas makeup atau sebagai base makeup

Jika Anda memerlukan produk sebagai base makeup, Anda bisa menggunakan sunscreen terbaik dari Kose ini. Bahkan, produk ini bisa dipakai di atas makeup. Formulanya waterproof, tidak sticky, lembut, dan cepat kering.

Selain itu, produk ini bebas pewarna, mineral oil, dan paraben sehingga tidak perlu diragukan lagi keamanannya. Pakailah secara berulang untuk mencegah sunburn dan penggelapan kulit.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Kemasannya berupa spray yang mudah dipakai.
  • Tidak menimbulkan jerawat dan iritasi.
  • Kemasannya travel-friendly.
  • Tidak ada bau yang mengganggu.
  • Tidak terasa perih saat digunakan.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Setelah dipakai cukup lama, wajah akan berminyak.
Tipe Chemical sunscreen
SPF dan PA SPF 50 + dan PA ++++
Jenis kulit Semua jenis kulit
Water resistant Ya
Ukuran 60 g
Kisaran harga Rp255.000

10. Banana Boat Ultra Protect Sunscreen Continous Spray SPF 50 PA++++

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Kaya akan vitamin C dan E yang bermanfaat untuk kulit

Untuk memberi perlindungan pada kulit dari sinar ultraviolet, semprotkan Banana Boat Ultra Protect Sunscreen Continous Spray. Produk ini mengandung aloe vera, vitamin C, dan E yang bermanfaat untuk kulit.

Saat digunakan, jangan langsung menyemprotkannya pada kulit. Semprotkan sunscreen terbaik ini ke tangan dulu sebelum mengaplikasikannya ke kulit. Re-apply setiap dua jam sekali untuk hasil yang maksimal.

7 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tidak terasa lengket dan tidak berat di kulit.
  • Dapat melembapkan dan menenangkan kulit di bawah sinar matahari.
  • Membuat kulit terlihat cerah.
  • Wanginya enak.
  • Tidak meninggalkan whitecast.
  • Kemasannya praktis untuk reapply.
  • Isinya cukup banyak.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Awalnya terasa agak greasy.
Tipe Chemical sunscreen
SPF dan PA SPF 50 dan PA++++
Jenis kulit Semua jenis kulit
Water resistant Ya
Ukuran 170 g
Kisaran harga Rp217.000

Tabel Perbandingan Sunscreen

Produk Avoskin The Great Shield Sunscreen Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel N’PURE Cica Beat The Sun SPF 50 PA ++++ Kao Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+   PA++++ NEUTROGENA Ultra Sheer Dry-Touch Sunscreen   SPF 50+ ERHA Helios Water Resistant SPF50/PA++ SOMETHINC Holyshield! Sunscreen Shake Mist   SPF46 PA+++ Lacoco En Nature Daily UV Counter SPF 50 PA++ Kose Cosmeport Suncut UV Protect Spray Banana Boat Ultra Protect Sunscreen Continous   Spray SPF 50 PA++++
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Tipe Kombinasi physical dan chemical sunscreen Chemical sunscreen Kombinasi physical dan chemical sunscreen Chemical sunscreen Chemical sunscreen Tidak ada keterangan Kombinasi physical dan chemical sunscreen Kombinasi physical dan chemical sunscreen Chemical sunscreen Chemical sunscreen
SPF dan PA SPF 50 dan PA++++ SPF 45 dan PA++++ SPF 50 dan PA ++++ SPF 50+ dan PA++++ SPF 50+ SPF50 dan PA++ SPF 46 dan PA+++ SPF 50 dan PA++ SPF 50 + dan PA ++++ SPF 50 dan PA++++
Jenis kulit Semua jenis kulit Semua jenis kulit Semua jenis kulit terutama kulit berjerawat Semua jenis kulit terutama kulit kering Semua jenis kulit terutama kulit kering Semua jenis kulit terutama kulit berminyak Semua jenis kulit Semua jenis kulit terutama kulit kering Semua jenis kulit Semua jenis kulit
Water resistant Tidak Tidak Tidak Ya Ya Ya Tidak Tidak Ya Ya
Ukuran 30 mL 50 mL 35 mL 50 g 88 mL 60 g 50 mL 20 mL 60 g 170 g
Kisaran harga Rp139.000 Rp65.000 Rp119.000 Rp121.600 Rp190.000 Rp159.400 Rp109.000 Rp150.000 Rp255.000 Rp217.000
Periksa ketersediaan Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli

Penggunaan Sunblock/Sunscreen yang Tepat

blank

Penggunaan sunscreen terbaik perlu merata ke seluruh permukaan kulit yang tidak tertutupi pakaian. Gunakanlah sebanyak 2 mg per cm2 sunscreen pada kulit Anda. Untuk lebih mudahnya, tuangkan kurang lebih seukuran koin seribu rupiah pada setiap bagian kulit yang ingin Anda lindungi, lalu ratakan ke seluruh permukaannya.

Jangan terlalu hemat dalam mengoleskan sunscreen, karena kulit Anda taruhannya! Jika penerapannya hanya ½ dari ukuran koin seribu rupiah, perlindungan yang diberikan akan turun. Begitu pun frekuensi penggunannya, sebaiknya 2 jam sekali dioleskan lagi guna meminimalisir risiko kulit terbakar.

Tip dan Saran dari Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Dinda Saraswati Murniastuti

blank

Lakukan upaya berikut untuk memaksimalkan perlindungan kulit dari efek buruk sinar matahari:

  • Ketika beraktivitas outdoor dengan paparan sinar matahari tinggi, gunakan topi, payung, kacamata hitam, dan baju yang tertutup.
  • Tambahkan produk antioksidan pada skincare harian Anda, misalnya serum vitamin C atau bisa dengan suplementasi antioksidan yang diminum.
  • Perbanyak konsumsi air putih, serta sayuran hijau dan merah yang kaya akan antioksidan.

Yuk, cek rekomendasi sunscreen dari PickyBest lainnya!

Kesimpulan

Berbagai masalah kulit seperti kulit kusam, sunburn, dan sebagainya bisa terjadi akibat paparan sinar matahari. Menggunakan cleanser, toner, dan pelembap pada kulit tidaklah cukup. Anda bisa mencegah hal ini dengan memakai sunscreen.

Kami telah mengulas berbagai rekomendasi produk sunscreen terbaik. Pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Semoga ulasan kami kali ini bisa bermanfaat untuk Anda, ya!

You may also like

Comments are closed.