Kosmetik & Kesehatan

10 Sunscreen untuk Kulit Sensitif [Kolaborasi dengan Dokter Umum]

Sunscreen atau tabir surya adalah produk pelindung kulit dari radiasi sinar matahari. Sama seperti perawatan kulit lainnya, memilih sunscreen tentu harus disesuaikan dengan jenis kulit, terutama bila Anda memiliki kulit sensitif yang membutuhkan perawatan khusus.

Di pasaran, banyak merek menawarkan produk sunscreen, seperti L’Oreal, Nivea, dan Cetaphil. Anda perlu jeli dalam memilih produk yang paling cocok untuk kulit sensitif Anda. Dalam artikel ini, PickyBest akan memaparkan cara memilih sunscreen untuk kulit sensitif sekaligus merekomendasikan produknya untuk Anda. Selamat membaca!

Berkolaborasi dengan Dokter Umum, dr. Felicia Puspita Sari

dr. Felicia Puspita SariPakar/Spesialis

dr. Felicia Puspita Sari adalah Dokter Umum yang menamatkan pendidikannya di Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana. Selama menjalani masa studi, dr. Felicia cukup sering mengikuti beberapa konferensi ilmiah, baik nasional maupun internasional.

Saat ini, dr. Felicia bertugas sebagai dokter umum di RS Cahya Kawaluyan, Bandung Barat. Sebelumnya, dr. Felicia juga pernah menangani banyak kasus di UGD atau poliklinik di salah satu rumah sakit di kota Denpasar, Bali.

Sekilas tentang Sunscreen

blank

Sunscreen adalah salah satu produk untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Penggunaan sunscreen direkomendasikan bagi setiap orang dengan beragam kondisi kulit. Supaya memberikan perlindungan maksimal, sunscreen perlu diaplikasikan berulang.

Sunscreen merupakan komponen perawatan kulit yang penting karena berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar UVB. Seberapa baik sunscreen dapat melindungi kulit dilihat dari komponen SPF yang terdapat di dalamnya.

SPF merupakan singkatan dari Sun Protection Factor. Semakin tinggi SPF, semakin banyak perlindungan yang akan Anda dapatkan. Sebagian besar sunscreen memiliki SPF 30 atau lebih.

Sunscreen sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu physical sunscreen dan chemical sunscreen.

  • Physical sunscreen bekerja dengan membentuk lapisan penangkal dan akan memantulkan sinar UV dari kulit. Jenis ini  biasanya mengandung zinc oxide dan titanium dioxide sebagai kandungan utamanya.
  • Chemical sunscreen mengandung filter kimiawi yang akan menyerap sinar UV sebelum mencapai kulit. Jenis ini mengandung kombinasi filter kimia seperti avobenzone, octinoxate, oxybenzone, dan ecamsule.
dr. Felicia Puspita Sari, Dokter Umum
dr. Felicia Puspita Sari

Cara Memilih Sunscreen untuk Kulit Sensitif

Sunscreen yang paling aman bagi kulit sensitif biasanya mengandung bahan organik. Tidak hanya itu, beberapa hal lain juga perlu dipertimbangkan dalam memilih sunscreen untuk kulit sensitif, di antaranya bahan yang terkandung, kandungan SPF/PA, dan sebagainya. Simak penjelasan lebih detailnya di bawah ini.

Pilih Produk yang Digolongkan sebagai Mineral/Physical Sunscreen

blank

Bagi kulit sensitif, menggunakan sunscreen yang kurang tepat akan menyebabkan kulit pecah-pecah dan iritasi. Oleh sebab itu, dokter kulit menganjurkan agar kulit sensitif menggunakan mineral sunscreen atau disebut juga dengan physical sunscreen, yaitu tabir surya yang mengandung titanium dioksida dan/atau seng oksida.

Kedua bahan mineral ini berfungsi sebagai penangkal radiasi sinar matahari sekaligus memberikan kelembutan serta mengurangi kemungkinan ruam atau reaksi iritasi pada kulit sensitif atau kering. Sunscreen untuk kulit sensitif yang menggunakan kedua bahan tersebut biasanya diberi label “broad spectrum”.

Matahari menghasilkan berbagai jenis atau panjang gelombang radiasi ultraviolet yang dikenal dengan UVA, UVB, dan UVC. Menurut penelitian, paparan sinar UVA dan UVB berperan dalam memicu kanker kulit.

Terdapat sunscreen dengan label atau keterangan “broad spectrum” atau spektrum luas, artinya sunscreen ini bekerja secara luas untuk melindungi kulit dari radiasi UVA dan UVB.

dr. Felicia Puspita Sari, Dokter Umum
dr. Felicia Puspita Sari

Pilih yang Menawarkan Manfaat Lain selain Melindungi Kulit

blank

Di samping berfungsi melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari, beberapa produk sunscreen dilengkapi formula tambahan untuk menambah manfaat dari penggunaannya. Jadi, Anda bisa tentukan lagi sesuai kebutuhan.

  • Jika Anda memiliki masalah jerawat, Anda dapat menggunakan sunscreen yang bersifat non-comedogenic untuk meminimalkan sumbatan pori-pori.
  • Untuk mendapatkan kulit yang tampak awet muda, gunakanlah sunscreen dengan formula anti-aging yang dapat memperlambat efek penuaan dini.
  • Jika kulit kering, pilih sunscreen yang mengandung pelembap agar kelembapan kulit Anda tetap terjaga, seperti coconut oil, castor oil, shea butter, dan aloe vera.

Selain mencari produk dengan manfaat tambahan, penggunaan sunscreen secara rutin juga dapat membantu mengurangi flek hitam. Seperti diketahui, flek hitam/hiperpigmentasi menggambarkan kondisi kulit berupa bercak-bercak gelap yang timbul akibat produksi melanin yang berlebihan.

Paparan sinar matahari merupakan salah satu penyebab utama hiperpigmentasi. Itulah mengapa Anda perlu menggunakan sunscreen untuk mencegah kondisi ini. Penggunaan sunscreen akan membantu mengurangi stres oksidatif yang disebabkan oleh sinar UVA dan UVB matahari.

Selain itu, dengan mencegah sinar UV yang berbahaya agar tidak mengenai kulit Anda, sunscreen juga membantu mencegah hiperpigmentasi yang telah ada agar tidak menjadi lebih parah. Dengan kata lain, sunscreen juga secara tidak langsung membantu mencerahkan hiperpigmentasi yang telah terjadi.

dr. Felicia Puspita Sari, Dokter Umum
dr. Felicia Puspita Sari

Pilih Ukuran Kemasan sesuai Kebutuhan

blank

Bagi Anda yang aktif di luar ruangan, tentunya membutuhkan sunscreen yang mudah dibawa di dalam tas. Apalagi, pemakaian tabir surya harus dipakai setiap 2-3 jam saat terpapar sinar matahari. Untuk itu Anda membutuhkan sunscreen dalam kemasan kecil.

Hal itu takkan menjadi masalah, karena umumnya sunscreen untuk kulit sensitif memang dijual dengan ukuran yang kecil dan sedang. Biasanya sunscreen berukuran antara 20 sampai 40 mL untuk ukuran travel size. Sementara untuk kebutuhan di rumah, tersedia ukuran besar mulai dari 80 mL sampai 100 mL atau lebih.

Perhatikan Nilai SPF dan PA-nya

blank

Pada kemasan sunscreen untuk kulit sensitif biasanya tertera kode SPF dan/atau PA+++, apa artinya?

  • SPF (sun protection factor) adalah kandungan yang mampu melindungi kulit dari paparan ultraviolet B (UVB) yang dapat menyebabkan terjadinya masalah kulit terbakar dan kemerahan.
  • PA (Protection Guide of UVA) berarti perlindungan dari sinar ultraviolet A (UVA) yang dapat merusak struktur kulit, mempercepat penuaan, bahkan menyebabkan kanker kulit.

Menurut American Academy of Dermatology, sunscreen harus memiliki minimal SPF 30, yang artinya dapat menghalangi 97% sinar UVB atau memberikan perlindungan terhadap sinar matahari 30 kali lebih lama dibandingkan jika tidak memakainya.

Hindari Produk dengan Kandungan yang Berisiko Mengiritasi Kulit

blank

Memilih sunscreen memang harus ekstra hati-hati, terutama bagi Anda yang memiliki kulit sensitif. Sebab, ada kandungan yang berbahaya bagi kulit. Anda perlu menghindari sunscreen dengan bahan kimia seperti dioxybenzone, para-aminobenzoic (PABA), sulisobenzone, dan oxybenzone.

Hindari pula sunscreen dengan kandungan pewangi, pengawet, dan alkohol yang berlebihan karena dapat menyebabkan kulit iritasi atau reaksi alergi.

Pilih Produk yang Bebas Minyak dan Diperkaya Bahan Pelembap

blank

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan oleh pemilik kulit sensitif adalah sunscreen yang bebas minyak, agar produk tidak menyumbat pori-pori. Sebaiknya pilih sunscreen dalam bentuk gel yang bersifat menenangkan dan tidak lengket di kulit.

Di samping itu, pilihlah sunscreen untuk kulit sensitif yang mengandung bahan-bahan yang melembapkan seperti colloidal oatmeal atau ceramide. Kedua bahan tersebut bisa memberikan manfaat untuk kulit lembap sekaligus melindunginya dari sinar matahari.

Jika Anda memiliki kulit sensitif, Anda harus selalu memperhatikan daftar kandungan bahan yang terdapat di suatu produk. Physical sunscreen pada umumnya tidak terlalu menyebabkan iritasi pada kulit sehingga cenderung lebih cocok untuk kulit sensitif.

Carilah sunscreen dengan kandungan zinc oxide atau titanium dioxide. Selain itu, carilah sunscreen dengan kandungan yang bersifat menenangkan serta anti-inflamasi seperti niacinamide, hyaluronic acid, dan ceramide. Kandungan tersebut memiliki manfaat untuk mencegah peradangan dan iritasi bagi kulit sensitif.

dr. Felicia Puspita Sari, Dokter Umum
dr. Felicia Puspita Sari

10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Sensitif

Di bagian ini, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sunscreen untuk kulit sensitif agar Anda lebih mudah dalam menentukan pilihan. Pada saat memilih nanti, jangan lupakan poin-poin yang telah dibahas sebelumnya, ya!

Daftar produk rekomendasi berikut sepenuhnya hasil pilihan PickyBest, bukan dr. Felicia.

1. L’Oreal Paris UV Perfect Matte & Fresh SPF50|PA++++

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Pelindung UV termaju dengan hasil matte dan formula pengontrol minyak

Sunscreen untuk kulit sensitif produksi L’Oreal Paris ini diciptakan untuk melindungi kulit terhadap tanda-tanda penuaan seperti bintik kecokelatan, kehilangan elastisitas, dan keriput. Dengan filter dan pelindung UVA terbaik, kulit akan tampak lebih cerah dan lebih mudah secara bertahap.

Selain itu, oil control formula dan detoxyl-nya memberikan perlindungan terhadap partikel debu yang menempel di kulit. Tak hanya itu, formula pengontrol minyaknya juga memberikan hasil matte sepanjang hari pada wajah.

Tingkat SPF dan PA SPF 50/PA+++
Manfaat lainnya Menyamarkan noda hitam dan mencegah proses penuaan dini
Ukuran 30 mL
Kisaran harga Rp99.000

2. Skin Aqua UV Moisture Milk

blank

Sumber: Rohto.co.id

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Memberikan perlindungan 50x lebih lama terhadap sinar matahari

Skin Aqua UV Moisture Milk merupakan tabir surya dengan kandungan SPF50+ yang akan memberikan perlindungan 50x lebih lama terhadap sinar matahari. Sementara PA+++-nya akan melindungi kulit dari UVA agar terhindar dari masalah penuaan dini.

Dengan tambahan AcHA dan kolagen, sunscreen untuk kulit sensitif ini juga mampu melembapkan dan melembutkan kulit. Anda bisa gunakan produk ini di bagian wajah atau tubuh tanpa rasa lengket, bahkan dipakai sebagai dasar makeup. Tanpa zat pewarna dan parfum, produk ini aman dipakai setiap hari!

Tingkat SPF dan PA SPF 50+/PA+++
Manfaat lainnya Mempertahankan elastisitas kulit dan menutrisi kulit
Ukuran 40 mL
Kisaran harga Rp48.000

3. Cetaphil UVA/UVB Defense SPF 50 +

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Sekaligus pelembap untuk covering wajah dan seluruh tubuh

Produk yang satu ini merupakan krim pelembap wajah sekaligus tabir surya yang memberikan perlindungan tinggi dari paparan sinar matahari dan penuaan dini. Cetaphil UVA/UVB Defense SPF 50 + telah teruji secara dermatologi dapat menutrisi serta melembapkan kulit.

Bersifat cepat meresap ke dalam kulit, sunscreen untuk kulit sensitif ini tidak meninggalkan bekas atau lengket di kulit. Menariknya lagi, produk ini tidak hanya baik digunakan untuk kulit sensitif, melainkan juga berbagai jenis kulit lainnya.

Tingkat SPF dan PA SPF 50+/UVA 28
Manfaat lainnya Melembapkan kulit dan mencegah penuaan dini
Ukuran 50 mL
Kisaran harga Rp330.000

4. NIVEA Sun Protect & White Oil Control Serum SPF50

blank

Sumber: Nivea.co.id

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Tabir surya berbentuk serum dan oil control

Produk tabir surya keluaran Nivea ini berbentuk serum dengan SPF50+ PA+++ yang akan melindungi kulit Anda dari efek negatif sinar matahari. Dengan varian oil control, sunscreen untuk kulit sensitif ini dapat mengurangi minyak berlebih pada wajah Anda dan membuat riasan menjadi tahan lama serta tidak mudah luntur.

Telah teruji secara dermatologis untuk semua jenis kulit, NIVEA Sun Protect & White Oil Control Serum SPF50 mempunyai tekstur ringan dan tidak lengket. Bila Anda menginginkan produk yang aman untuk kulit sensitif, menahan minyak, serta mudah meresap ke dalam kulit, produk ini jawabannya.

Tingkat SPF dan PA SPF 50+/PA+++
Manfaat lainnya Mengurangi minyak berlebih dan menjaga ketahanan make-up
Ukuran 30 mL
Kisaran harga Rp60.000

5. Klairs Soft Airy UV Essence

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Mengamankan kulit dari sinar ultraviolet tanpa white cast

Dengan tekstur gel dan berbahan dasar cair, Klairs Soft Airy UV Essence akan memberi perlindungan SPF 50+ PA++++ yang mengamankan kulit Anda dari sinar UVA maupun UVB.

Teksturnya yang lembut dan ringan takkan meninggalkan rasa berminyak atau lengket. Bukan cuma itu, formula di dalamnya juga dipastikan tidak menimbulkan white cast. Sunscreen untuk kulit sensitif ini diklaim aman meskipun Anda gunakan setiap hari.

Tingkat SPF dan PA SPF 50+/PA+++
Manfaat lainnya Mencegah iritasi dan menutrisi kulit
Ukuran 80 mL
Kisaran harga Rp325.000

6. Kiehl’s Ultra Light Daily UV Defense Mineral Sunscreen

blank

Sumber: Kiehls.co.id

Cek Harga di Lazada Cek Harga di Shopee Cek Harga di Blibli

Tabir surya mineral untuk kulit sensitif dan kulit rawan noda

Berbasis mineral 100%, sunscreen untuk kulit sensitif ini melindungi kulit dengan teknologi UVA/UVB dengan formulanya yang ringan dan cepat menyerap, sehingga menciptakan hasil akhir matte.

Kiehl’s Ultra Light Daily UV Defense Mineral Sunscreen telah teruji oleh dokter kulit untuk kulit sensitif dan rawan noda dalam mencegah komedo dan mencerahkan warna kulit alami.

Tingkat SPF dan PA SPF 50+/PA+++
Manfaat lainnya Melembapkan kulit
Ukuran 50 mL
Kisaran harga Rp700.000

7. Jafra Royal Jelly Boost Sunscreen

blank

Sumber: Jafra.com

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Tokopedia

Perlindungan hidrasi cerdas untuk kulit

Royal Jelly Boost Sunscreen adalah tabir surya keluaran Jafra yang tidak hanya melindungi kulit dari sinar UVA/UVB dan polusi, tapi juga mengandung perisai cahaya biru untuk melindungi kulit wajah dari radiasi layar ponsel dan televisi.

Sunscreen untuk kulit sensitif berbasis royal jelly ini bertekstur bening hingga nyaris tak terlihat. Bukan cuma untuk kulit sensitif, Jafra menyebutkan produknya ini nyaman pula dipakai untuk kulit kering.

Tingkat SPF dan PA SPF 30/PA+++
Manfaat lainnya Memberikan nutrisi pada kulit
Ukuran 50 mL
Kisaran harga Rp189.000

8. Bioderma Photoderm AKN Mat SPF 30

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Keampuhan antinoda dengan perlindungan yang tinggi

Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan bila menggunakan Bioderma Photoderm AKN Mat SPF 30 antara lain adalah perlindungan terhadap UVA/UVB yang sangat tinggi, serta meningkatnya kualitas sebum sehingga kemunculan noda pada wajah dapat dicegah.

Tidak hanya mengaktifkan pertahanan alami kulit dan melindungi dari risiko sel, pelembap ini juga dapat memberikan kulit tampilan matte look yang tahan lama. Sunscreen untuk kulit sensitif ini tahan air, dan saat diaplikasikan di wajah pun tidak ada efek berminyak atau jejak putih.

Tingkat SPF dan PA 30 SPF/ PA+++
Manfaat lainnya Melembapkan kulit
Ukuran 40 mL
Kisaran harga Rp330.000

9. Nature Republic California Aloe Fresh Powdery Sun Stick SPF 50+/PA++++

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Sunstick dengan ekstrak lidah buaya segar dari California

Berbeda dari tabir surya lain, produk ini berbentuk stick atau batangan yang melengkung sehingga mudah untuk digunakan. Dapat secara langsung dioleskan ke wajah dan bagian tubuh yang terpapar sinar matahari, sunstick ini melindungi kulit dari radikal bebas sekaligus melembutkan dan mencerahkannya.

Sunscreen untuk kulit sensitif  yang mengandung ekstrak lidah buaya dari perkebunan luas di California ini juga akan memberikan kelembapan pada kulit yang teriritasi sinar UV. Tak hanya itu, Nature Republic memastikan sunscreen besutannya ini menjaga kulit Anda tetap ternutrisi.

Tingkat SPF dan PA 50+/PA++++
Manfaat lainnya Memberikan nutrisi pada kulit
Ukuran 22 g
Kisaran harga Rp225.000

10. Parasol UV Guard Moisturizing Sunscreen Lotion SPF 30

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Perlindungan kulit maksimal dalam bentuk lotion

Apabila Anda mencari tabir surya yang memberikan kelembapan ekstra sekaligus dapat mengurangi kerutan pada kulit, Parasol UV Guard Moisturizing Sunscreen Lotion SPF 30 adalah jawabannya.

Sunscreen untuk kulit sensitif berbentuk lotion ini mengandung vitamin E dan aloe vera yang dapat menjaga kelembapan alami kulit selain memberi perlindungan maksimal terhadap sinar UVA dan UVB.

Tingkat SPF dan PA 30 / PA+++
Manfaat lainnya Melembapkan kulit
Ukuran 30 mL
Kisaran harga Rp75.000

Tabel Perbandingan Sunscreen untuk Kulit Sensitif

Produk L’Oreal Paris UV Perfect Matte & Fresh SPF50|PA++++ Skin Aqua UV Moisture Milk Cetaphil UVA/UVB Defense SPF 50 + NIVEA Sun Protect & White Oil Control Serum SPF50 Klairs Soft Airy UV Essence Kiehl’s Ultra Light Daily UV Defense Mineral Sunscree Jafra Royal Jelly Boost Sunscreen Bioderma Photoderm AKN Mat SPF 30 Nature Republic California Aloe Fresh Powdery Sun Stick SPF 50+/PA++++ Parasol UV Guard Moisturizing Sunscreen Lotion SPF 30
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Tingkat SPF dan PA SPF 50/PA+++ SPF 50+/PA+++ SPF 50+/UVA 28 SPF 50+/PA+++ SPF 50+/PA+++ SPF 50+/PA+++ SPF 30/PA+++ 30 SPF/ PA+++ 50+/PA++++ 30 / PA+++
Manfaat lainnya Menyamarkan noda hitam dan mencegah proses penuaan dini Mempertahankan elastisitas kulit dan menutrisi kulit Melembapkan kulit dan mencegah penuaan dini Mengurangi minyak berlebih dan menjaga ketahanan make-up Mencegah iritasi dan menutrisi kulit Melembapkan kulit Memberikan nutrisi pada kulit Melembapkan kulit Memberikan nutrisi pada kulit Melembapkan kulit
Ukuran 30 mL 40 mL 50 mL 30 mL 80 mL 50 mL 50 mL 40 mL 22 g 30 mL
Kisaran harga Rp99.000 Rp48.000 Rp330.000 Rp60.000 Rp325.000 Rp700.000 Rp189.000 Rp330.000 Rp225.000 Rp75.000
Periksa ketersediaan Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Tokopedia Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Bukalapak Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Bukalapak Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli

Informasi Pendukung, Tip, dan Saran dari dr. Felicia Puspita Sari

blank

Tip tambahan dalam memilih sunscreen untuk kulit sensitif yang kering, berminyak, atau berjerawat

Orang yang memiliki kulit sensitif cenderung memiliki kulit yang kering, bersisik, serta mudah terjadi iritasi. Tipe kulit ini membutuhkan sunscreen yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat matahari dan tetap menjaga kulit tetap terhidrasi. Sehubungan dengan itu, carilah sunscreen yang mengandung pelembap (moisturizer) dan emolien dalam formulanya, seperti sodium hyaluronate dan capric triglyceride.

Pada orang dengan kulit berminyak dan cenderung berjerawat, direkomendasikan untuk menggunakan sunscreen yang berbahan dasar air (gel), powder, ataupun lotion yang ringan. Jangan lupa untuk memilih sunscreen dengan label “non-comedogenic”.

Hal yang perlu diperhatikan saat memilih sunscreen yang water-resistant

Sunscreen yang water-resistant bekerja melindungi kulit Anda bahkan saat Anda sedang melakukan aktivitas di dalam air seperti berenang ataupun ketika berkeringat. Sunscreen ini memiliki daya tahan yang lebih kuat.

Sama seperti sunscreen yang lain, sunscreen yang water-resistant juga perlu diaplikasikan ulang atau re-apply sesuai dengan aturan pakai yang ada pada kemasan produk. Selalu gunakan suncreen sesuai dengan aturan pakai agar Anda mendapatkan manfaat sunscreen secara maksimal.

Perlukah memakai sunscreen meski sedang berada di dalam ruangan?

Secara umum, baik untuk outdoor maupun indoor, sunscreen tetap perlu digunakan. Anda dapat memilih physical sunscreen maupun chemical sunscreen yang memiliki SPF 30 atau lebih serta berlabel “broad spectrum”. Semakin tinggi SPF dan PA, semakin kuat kemampuan sunscreen tersebut untuk melindungi kulit dari sinar UV.

Selain perlu menggunakan sunscreen secara rutin, Anda juga perlu mengaplikasikan ulang atau re-apply sunscreen setiap 2 hingga 4 jam sekali atau setelah Anda berkeringat dan terkena air. Pasalnya, semakin lama kulit terpapar sinar matahari, bahan aktif dalam sunscreen yang memberikan perlindungan terhadap sinar UV akan mulai rusak dan berkurang, sehingga perlu diaplikasikan ulang.

Yuk, cek rekomendasi sunscreen untuk tipe kulit lain dari PickyBest lainnya!

Formula pada setiap sunscreen selalu disesuaikan dengan kebutuhan kulit masing-masing orang. Bila pada artikel ini kita membahas sunscreen yang dirancang untuk kulit sensitif, Anda juga bisa menemukan produk untuk kulit berjerawat.

Biasanya, sunscreen untuk kulit berjerawat memiliki tekstur lightweight dan berlabel nonkomedogenik. Jadi, bila kulit sensitif Anda disertai jerawat, cobalah pilih salah satu sunscreen rekomendasi kami pada artikel berikut. Tentukan yang paling sesuai, ya!

Kesimpulan

Kulit sensitif memerlukan perhatian khusus dan perlindungan ekstra. Maka dari itu, dibutuhkan berbagai pertimbangan ketika memilih sunscreen untuk kulit sensitif, terutama menyangkut kandungan zat yang aman serta manfaatnya.

Berdasarkan sepuluh produk yang kami rekomendasikan, pilihlah sunscreen untuk kulit sensitif yang tak hanya melindungi kulit dari sinar UV, tapi juga yang mampu menjaga kulit agar tetap sehat, terawat, dan bebas dari masalah. Semoga Anda menemukan sunscreen yang tepat untuk kulit sensitif Anda, ya!

You may also like

Comments are closed.