Written by 15:10 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik

NeoCell Super Collagen Type 1 3 Powder

Kolagen adalah struktur organik pembangun otot, tulang, sendi, gigi, dan kulit. Sekitar 30% kolagen memenuhi jaringan penyusun tubuh manusia. Walau bisa diciptakan secara mandiri, produksi kolagen terus menurun seiring bertambahnya usia. Itulah mengapa suplemen kolagen diciptakan sebagai pemenuh kebutuhan kolagen harian sebagian orang.

Pada kali ini, kami bermaksud memaparkan rekomendasi suplemen kolagen terbaik untuk mendukung kulit dan tubuh sehat. Namun, sebelum melihat produk suplemen keluaran merek Puritan’s Pride, Kinohimitsu, atau Sports Research, mari bersama-sama mengetahui apa fungsi kolagen beserta cara memilih suplemen kolagen yang bagus dan berkualitas. So, keep scrolling, ya!

Apa Fungsi Kolagen untuk Kulit dan Tubuh?

Kolagen merupakan protein paling melimpah di dalam tubuh dan menjadi komponen utama dari jaringan ikat, seperti ligamen, tendon, kulit, dan otot. Kolagen dikenal akan peran pentingnya dalam memelihara struktur kesehatan kulit, penguatan tulang. dan manfaat lainnya untuk rambut maupun kuku.

Dalam satu dekade terakhir, suplemen kolagen menjadi tren di tengah masyarakat. Kebanyakan suplemen menggunakan kolagen yang terhidrolisis supaya lebih cepat diserap tubuh. Meminum suplemen kolagen digadang-gadang membawa banyak fungsi positif terhadap tubuh. Apa saja manfaatnya?

Menjaga Kulit Terasa Elastis dan Lebih Terhidrasi

Menjaga Kulit Terasa Elastis dan Lebih Terhidrasi

Untuk Anda yang bermaksud meremajakan kulit saat memasuki usia 30-an, suplemen kolagen dapat diambil sebagai solusi praktis. Kolagen berperan baik dalam memperkuat struktur kulit, menjadikannya kencang dan elastis serta senantiasa terhidrasi. Seiring bertambahnya usia seseorang, produksi kolagen akan berkurang yang mana hal ini mengantarkan pada kondisi kulit kering dan kemunculan tanda-tanda penuaan.

Suplemen yang mengandung kolagen dapat digunakan untuk menghambat efek penuaan. Mengonsumsi 2,5 – 5 gram kolagen selama delapan minggu terbukti mengurangi kekeringan kulit dan meningkatkan elastisitas dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya. Meminum sumber kolagen secara teratur juga membantu tubuh memperoleh protein pendukung kulit lain, semisal elastin dan fibrillin.

Mengurangi Nyeri Sendi Seperti Osteoarthritis dan Rematik

Mengurangi Nyeri Sendi Seperti Osteoarthritis dan Rematik

Peran baik lain dari kolagen adalah menjaga kesehatan sendi. Apabila Anda sedang menderita nyeri sendi, contohnya rematik atau osteoarthritis, cobalah mengambil suplemen kolagen untuk diminum setiap hari. Kolagen akan membantu mengurangi nyeri persendian pada orang dengan kondisi osteoarthritis dengan efek samping yang sangat minim.

Lalu, kolagen dalam meredakan nyeri sendi akibat rematik juga terbukti efektif, namun peranannya belum bisa menggantikan obat methotrexate. Sampai sekarang, methotrexate masih diandalkan para ahli untuk mengobati rematik. Meski demikian, tetap saja kolagen ideal dijadikan pilihan terbaik untuk meringankan gejala-gejala rematik.

Menguatkan Tulang untuk Menghambat Terjadinya Pengeroposan

Menguatkan Tulang untuk Menghambat Terjadinya Pengeroposan

Struktur tulang lebih banyak dibangun oleh protein kolagen untuk memperkukuhnya. Sebuah fakta umum bahwasanya orang lansia lebih sering mengalami pengeroposan tulang dikarenakan jumlah kolagen dalam tubuhnya mulai berkurang. Kondisi seperti osteoporosis merupakan karakter utama dari gejala kepadatan tulang.

Kabar baiknya, rajin meminum suplemen kolagen akan membantu menghambat penurunan kepadatan tulang yang berujung osteoporosis. Sebuah studi yang melibatkan 66 wanita mengambil 5 gram kolagen dalam sehari selama 12 bulan. Hasilnya, terjadi peningkatan kepadatan mineral tulang atau bone mineral density (BMD) sebanyak 7% daripada wanita lain yang tidak mengonsumsi kolagen.

Membantu Meningkatkan Massa Otot

Membantu Meningkatkan Massa Otot

Terdapat sekitar 1-10% jumlah kolagen dalam jaringan penyusun otot. Protein kolagen menjadikan otot berfungsi dengan baik dan tetap kuat untuk dipakai beraktivitas. Kondisi degenerasi otot atau sarkopenia yang kemunculannya berkaitan dengan pertambahan usia dapat diperlambat dengan rutin meminum suplemen kolagen.

Studi lain juga menemukan adanya perbedaan hasil latihan dari pria yang menjalani program olahraga dibantu kolagen dengan kelompok pria lain yang tidak didukung kolagen. Apabila Anda hobi berolahraga, terutama angkat beban dan berharap massa otot bertambah, ambillah suplemen kolagen setelah latihan untuk membantu meningkatkan sintesis protein otot seperti creatine.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Apakah Anda tahu bahwa kolagen juga diatribusikan dengan pencegahan penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke? Penjelasan sederhananya, kolagen akan memperkuat struktur arteri sehingga proses pengedaran darah ke seluruh tubuh berlangsung dengan baik. Apabila terjadi kekurangan kolagen, peran arteri pun menjadi lemah dan rapuh.

Saat terjadi kondisi demikian, kondisi aterosklerosis rentan terjadi. Aterosklerosis adalah penyakit yang ditandai oleh penyempitan pembuluh darah di mana berpotensi menyebabkan serangan jantung dan stroke. Berdasarkan hasil riset, pengambilan kolagen 16 gram sehari selama 6 bulan menunjukkan adanya kenaikan jumlah kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL) cholesterol hingga 6%.

Mengenal Tipe-tipe Kolagen Paling Umum dan Fungsinya

Sebelum membeli suplemen kolagen, sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu bahwa kolagen terdiri dari banyak jenis. Namun, terdapat tiga yang biasa diformulakan ke dalam komponen suplemen kolagen untuk merawat kulit, rambut, kuku, ataupun jaringan tubuh lain, yakni kolagen tipe 1, 2, dan 3.

Fungsi dari masing-masing tipe kolagen akan kami ulas selengkapnya pada poin-poin berikut. Silakan dicermati!

Kolagen Tipe 1 dan 3: Berdampak Baik untuk Kesehatan Rambut, Kulit, dan Tulang

Kolagen Tipe 1 dan 3 Berdampak Baik untuk Kesehatan Rambut Kulit dan Tulang

Terdapat 19 macam asam amino berbentuk protein dalam kolagen tipe 1 dan 3. Kombinasi dari dua tipe kolagen ini terhadap tubuh antara lain:

  • Mengurangi garis-garis halus dan kerutan
  • Meningkatkan elastisitas kulit
  • Memperbaiki dan memperkuat struktur kuku yang mulai lemah
  • Memperkaya komponen tulang agar tetap kuat dan berfungsi baik
  • Menebalkan serta memperkuat akar rambut, sekaligus mencegah terjadinya kerontokan
  • Memproduksi glycine (salah satu komponen pembentuk creatine) untuk pembangunan massa otot dan membakar lemak selama tidur

Selain keenam fungsi tersebut, rajin meminum suplemen kolagen juga diketahui memberi hasil signifikan terhadap penghidrasian kulit hingga 28%, lho!

Kolagen Tipe 2: Penting untuk Mendukung Fungsi Sendi dan Tulang Rawan

Kolagen Tipe 2 Penting untuk Mendukung Fungsi Sendi dan Tulang Rawan

Karakteristik efek dari kolagen tipe 2 cenderung untuk menyehatkan organ dalam tubuh, seperti bagian sendi dan tulang rawan atau cartliage. Meminum suplemen kolagen dalam keadaan perut kosong dan di waktu menjelang tidur menunjukkan berbagai dampak positif, antara lain:

  • Memproduksi 50-60% protein di dalam tulang rawan
  • Memproduksi 85-90% kolagen di dalam tulang rawan artikular
  • Mengurangi nyeri sendi di bagian lutut
  • Meningkatkan chondroitin, glucosamine, dan hyaluronic acid

Jadi, bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan tulang dan sendi, sangat tepat memilih kolagen tipe 2 dalam produk suplemen. Untuk Anda yang mulai sering terserang nyeri sendi karena faktor usia atau aktivitas olahraga berlebihan juga bisa membantu mempertahankan kekuatan tulang dan sendi dengan suplemen kolagen tipe 2.

Cara Memilih Suplemen Kolagen yang Bagus

Untuk mempermudah Anda menemukan suplemen kolagen terbaik, kami tidak hanya merekomendasikan produk hasil riset kami secara online, namun juga memberikan panduan pemilihan agar Anda mengetahui elemen apa saja yang mesti diperhatikan saat memilih suplemen kolagen. Berikut tips-nya!

Sesuaikan Tipe Kolagen dengan Apa yang Anda Butuhkan

Sesuaikan Tipe Kolagen dengan Apa yang Anda Butuhkan

Apa tujuan Anda mengonsumsi suplemen kolagen? Jika Anda lebih mengutamakan fungsi untuk merawat kesehatan kulit agar senantiasa lembap, elastis, dan kencang, pilihlah suplemen kolagen yang menggunakan tipe kolagen 1 dan 3. Selain mendukung pemeliharaan kulit, kolagen tipe 1 dan 3 juga berperan dalam pembentukan tulang, rambut, dan kuku.

Sementara bagi Anda yang menginginkan terbebas dari risiko gangguan sendi, suplemen kolagen tipe 2 tepat untuk Anda. Kolagen jenis ini biasanya tercantum dalam kemasan suplemen, Anda hanya perlu memeriksanya. Supaya efektivitas dari suplemen kolagen terasa optimal, jangan meminum suplemen kolagen dengan kelompok tipe berbeda ini secara bersamaan, ya!

Utamakan Suplemen yang Menggunakan Hydrolyzed Collagen Peptide

Utamakan Suplemen yang Menggunakan Hydrolyzed Collagen Peptides

Agar kolagen lebih mudah diserap tubuh, komponen pembentuk proteinnya pun di-breakdown untuk mencapai tujuan tersebut. Peptida kolagen atau hydrolyzed collagen peptide adalah nama lain dari hasil olahan kolagen tersebut. Dengan bentuk yang lebih kecil, kolagen terhidrolisis atau kolagen hidrolisat memungkinkan untuk larut lebih mudah di dalam air panas atau dingin, juga lebih cepat dicerna tubuh.

Jadi, apabila Anda menghendaki untuk meningkatkan elasisitas kulit, memperkuat rambut, memperbaiki kuku lemah, dan mendapatkan fungsi suplemen kolagen lainnya, pastikan membeli produk yang menggunakan hydrolyzed collagen peptide. Tenang saja, produk suplemen yang kami rekomendasi di bawah nanti dapat Anda ketahui menggunakan kolagen jenis terhidrolisis atau tidak.

Cermati Sumber untuk Memperoleh Kolagen: Hewan Laut atau Darat?

Cermati Sumber untuk Memperoleh Kolagen Hewan Laut atau Darat

Berbicara tentang suplemen kolagen, apakah Anda sudah mengetahui darimana sumber kolagen tersebut diperoleh? Pada umumnya, suplemen yang diformulasi kolagen mengambil bahan dasar yang berasal dari hewan darat (bovine collagen) ataupun hewan laut (marine collagen), seperti sapi dan ikan.

  • Bovine Collagen. Kolagen yang bersumber dari hewan darat ini biasanya lebih terjangkau soal harga, sangat cocok untuk Anda yang bujetnya terbatas. Bovine collagen termasuk efektif untuk pemeliharaan kulit, namun daya serap dari kolagen ini tidak sebaik kolagen marine.
  • Marine Collagen. Untuk sumber kolagen dari hewan laut, tingkat penyerapannya lebih tinggi daripada kolagen bovine. Namun hal ini masih dipengaruhi oleh bagian tubuh mana yang digunakan, apakah kulit ikan atau sisik ikan. Sebaiknya Anda memilih suplemen kolagen yang menjadikan kulit sebagai sumber kolagennya.

Membandingkan performa antara bovine collagen dan marine collagen tentu harus dikaitkan dengan faktor-faktor lain, seperti tujuan dan budget Anda. Meskipun marine collagen dinilai lebih baik dibandingkan bovine collagen, apabila bagian yang dipakai adalah sisik ikan tentu kualitasnya pun tak jauh berebda dengan bovine collagen.

Apalagi, akhir-akhir ini sudah banyak suplemen kolagen dengan bahan dasar hewan darat yang mempunyai molekul halus dan berdaya serap tinggi, sehingga Anda tubuh lebih mudah mencernanya dan Anda bisa menghemat biaya ketimbang membeli marine collagen. Sebaiknya lengkapi khazanah pengetahuan Anda terhadap sebuah produk dengan membaca review dari konsumen lain di internet sebelum membeli.

Periksa Komponen Pendukung untuk Peran Lebih Optimal

Periksa Komponen Pendukung untuk Peran Lebih Optimal

Bacalah dengan saksama persentasi kolagen dari suplemen yang hendak Anda beli. Setelah itu, periksa juga bahan pendukung untuk memaksimalkan kinerja kolagen di dalam tubuh. Sebagai contoh, suplemen kolagen yang diperkaya bahan aktif seperti vitamin C, zinc, ceramide, hyaluronic acid, polyphenol, elastin, dan ekstrak biji anggur memberikan manfaat lebih melimpah.

Kombinasi bahan-bahan tersebut, terutama berkat adanya vitamin C dan zinc, akan mengoptimalkan daya serap dari kolagen. Belum lagi dengan adanya ceramide dan hyaluronic acid untuk melembapkan, polyphenol untuk mencerahkan kulit, dan sebagainya yang pastinya membawa keuntungan lebih banyak bagi kulit. Untuk memperoleh hasil yang Anda inginkan, pilihlah suplemen kolagen dengan komponen pendukung sesuai kebutuhan Anda

Pilih yang Menggunakan Pemanis Alami dari Tanaman

Pilih yang Menggunakan Pemanis Alami dari Tanaman

Suplemen yang berasal dari bahan-bahan alami biasanya dilengkapi tambahan pemanis untuk mempermudah setiap orang dalam mengonsumsinya. Terutama suplemen kolagen dalam bentuk minuman dan bubuk, adanya rasa tentunya lebih disukai. Namun, tetaplah perhatikan darimana sumber pemanis tersebut didapatkan, apakah pemanis buatan atau pemanis alami?

Sebaiknya Anda mengutamakan suplemen kolagen dengan pemanis alami seperti gula aren, madu murni, dan Stevia. Beberapa juga menggunakan ekstrak buah seperti stroberi dan anggur karena dianggap lebih aman daripada pemanis buatan semacam aspartame dan sucralose. Anda sebaiknya mencermati hal ini matang-matang sebelum membeli sebuah produk untuk dikonsumsi rutin.

Lebih Baik Suplemen dalam Bentuk Kapsul, Bubuk, atau Cair?

Lebih Baik Suplemen dalam Bentuk Kapsul Bubuk atau Cair

Sama halnya dengan obat-obatan, suplemen kolagen juga diracik dalam banyak versi bentuk, yakni bentuk bubuk, kapsul, dan cair. Setiap orang tentu mempunyai preferensi tersendiri, bagaimana dengan Anda? Kami sarankan Anda memilih bentuk suplemen sesuai kemudahan dan kenyamanan dalam mengonsumsi.

Suplemen kolagen berbentuk bubuk tentu memerlukan effort lebih, tetapi produk semacam ini menawarkan variasi rasa yang enak di lidah. Namun, Anda tidak bisa fleksibel meminum suplemen dalam wujud bubuk karena perlu peralatan tambahan untuk mengolahnya.

Jika Anda ingin dimudahkan, cobalah suplemen kolagen berbentuk minuman yang bisa dikonsumsi kapan pun dan di mana pun Anda mau. Anda juga tidak perlu repot menyiapkan gelas atau sendok untuk menyeduhnya. Kepraktisan ini bisa juga Anda rasakan dengan memilih suplemen kolagen berbentuk kapsul, namun biasanya suplemen kapsul tidak dilengkapi pemanis.

10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik untuk Kulit dan Tubuh

Sudah siap memperoleh tubuh sehat dengan tampilan kulit cantik, rambut bagus, kuku indah, dan tulang kuat? Berikut ini kami bagikan sepuluh merek suplemen kolagen terbaik untuk Anda. Pilihlah suplemen dengan mengutamakan fungsi, bahan baku, komponen pendukung, dan kemudahan penggunaannya, ya!

1. NeoCell Super Collagen Type 1 & 3 Powder

NeoCell Super Collagen Type 1 3 Powder

Berasal dari bahan alami yang aman dikonsumsi setiap hari

Tanda-tanda penuaan bukan hanya muncul pada area kasatmata seperti kulit. Penurunan struktur tulang dan pelemahan fungsi sendi merupakan aging-effect lain yang tak tampak. Kabar baiknya, Anda yang mulai memasuki middle-age dapat mencegah kondisi tersebut dengan meminum suplemen kolagen.

Cobalah produk keluaran NeoCell ini. Merupakan suplemen yang teruji klinis efektif memproduksi kolagen. Bukan hanya banyak, kolagen yang dihasilkan pun memiliki sturktur yang mudah diserap tubuh. Per satu sendok takarnya, NeoCell Super Collagen menyediakan 6.600 mg kolagen. Anda bisa meminum suplemen ini saat sarapan atau sebelum tidur.

BentukBubuk
Sumber kolagenBovine collagen
Bahan pendukungOrganic natural flavors, citric acid, stevia leaf extract, beet root
Jenis kolagenHydrolyzed collagen
Kolagen per porsi6.600 mg
Kisaran hargaRp280.000
Berat/isi198 g

2. Diva Beauty Drink

Diva Beauty Drink

Diperkaya antioksidan dari ekstrak buah segar

Membutuhkan asupan kolagen tubuh yang praktis? Kami yakin produk satu ini akan membuat Anda jatuh hati. Diva Beauty Drink dikemas dalam botol siap minum, Anda bahkan bisa menyimpannya di dalam kulkas bila ingin diminum dalam keadaan dingin.

Diva Beauty Drink menawarkan citara rasa buah segar dan enak setiap kali konsumsi. Kolagen yang hilang dan rusak mampu digantikan secara cepat berkat double action formula-nya. Cukup diminum dua kali sehari secara teratur, kulit yang elastis, lembap, kencang, serta halus akan Anda miliki setelah 14 hari!

BentukCair
Sumber kolagenMarine collagen
Bahan pendukungVitamin A & E, pomegranate, acai, acerola, grape seed, seleniu, lycopene
Jenis kolagenElastin peptida
Kolagen per porsi1.000 mg
Kisaran hargaRp127.000
Berat/isi16 botol @85 ml

3. Sports Research Collagen Peptides

Sports Research Collagen Peptides

Mengandung kolagen tipe 1 dan 3 untuk membangun kekuatan tulang dan sendi

Apakah Anda memerlukan suplemen dengan jumlah tinggi kolagen per serving-nya? Jajallah produk best seller di Amazon ini! Tidak memiliki perasa, suplemen berikut sangat aman. Untuk Anda yang ingin memperkuat tulang dan memperbaiki gangguan sendi, Sport Research Cllagen Peptides pilihannya!

Meski unflavored, Anda bisa mencampurkannya ke dalam smoothies sebagai menu sarapan. Mengingat total kolagen yang diberikan sangatlah tinggi, produk ini begitu direkomendasikan sebagai suplemen kolagen untuk usia 30-an di mana produksi kolagen mulai menurun, dan tanda-tanda awal penuaan mulai muncul.

BentukBubuk
Sumber kolagenBovine collagen
Bahan pendukung×
Jenis kolagenHydrolyzed collagen
Kolagen per porsi11.000 mg
Kisaran hargaRp695.000
Berat/isi454 g

4. Puritan’s Pride Hydrolyzed Collagen 1000 mg

Puritans Pride Hydrolyzed Collagen 1000 mg

Suplemen yang bekerja utuh menyehatkan kulit, otot, tulang, dan sendi

Puritan’s Pride Hydrolyzed Collagen 1000 mg mengandung kolagen murni 100% untuk menjaga kesehatan banyak fungsi tubuh, terutama kulit. Bukan cuma menciptakan kulit yang semakin cantik, suplemen kolagen ini menjamin pemeliharaan rambut agar lebih kuat dan kuku tidak mudah patah.

Belum selesai sampai di situ, Puritan’s Pride mengklaim produk buatannya ini mampu mendukung kesehatan otot, tulang rawan, dan gigi. Meminumnya setiap hari dipastikan aman karena bebas pewarna dan pemanis buatan. Cukup 4 tablet setiap kali minum, dua kali sehari, rasakan peningkatan kondisi rambut, kulit, dan kuku secara signifikan!

BentukKapsul
Sumber kolagenTidak disebutkan
Bahan pendukungVitamin C, L-Ornithine HCl, vegetable cellulose, silica, vegetable magnesium stearate
Jenis kolagenHydrolyzed collagen
Kolagen per porsi4.000 mg
Kisaran hargaRp240.000
Berat/isi180 butir

5. Everwhite Hi-Collagen Drink

Everwhite Hi Collagen Drink 1

Pilihan yang cukup praktis untuk melawan radikal bebas perusak sel kulit

Salah satu komponen andalan Everwhite Hi-Collagen Drink adalah Pro-Gluta, yakni antioksidan yang satu tingkat lebih bagus dari glutathione dalam hal mencerahkan dan menguatkan kulit. Suplemen dalam bentuk bubuk ini juga membantu menangkal radikal bebas serta memperbaiki sel kulit yang rusak.

Everwhite Hi-Collagen Drink dapat Anda beli dengan mudah di banyak toko online Indonesia. Sudah banyak orang yang merasakan perubahan positif semenjak konsumsi minuman kolagen ini, mulai dari kulit yang terasa kenyal dan tampak lebih putih berseri, sampai efek detoksifikasi racun pun akan tubuh terima.

BentukBubuk
Sumber kolagenMarine collagen
Bahan pendukungPro-Glutathione, soluble fiber C, vitamin C & E, ekstrak buah anggur, ekstrak buah stroberi
Jenis kolagenTidak disebutkan
Kolagen per porsi12.000 mg
Kisaran hargaRp160.000
Berat/isi20 sachet @12 g

6. Shiseido The Collagen Powder V

Shiseido The Collagen Powder V

Hadir juga dalam bentuk tablet yang praktis konsumsi

Hadir dalam kemasan baru yang lebih cantik dan menggoda, Shiseido The Collagen Powder V tetap mengedepankan performanya dalam memelihara jumlah kolagen tubuh. Mengandung bahan-bahan alami terekstraksi yang dikenal baik untuk kulit, menjadikan suplemen ini sanggup mempertahankan kecantikan kulit dari dalam.

Dua komponen utama di dalam suplemen ini adalah ekstrak buah cowberry dan amla. Rekam jejak kedua bahan tersebut sebagai beauty fruit tak perlu diragukan lagi. Teratur meminum suplemen kolagen bubuk dari Shiseido memungkinkan Anda memiiki kulit mulus dan bersih bagaikan wanita-wanita di Jepang.

BentukBubuk
Sumber kolagenMarine collagen
Bahan pendukungHyaluronic acid, ceramide, vitamin C
Jenis kolagenHydrolyzed collagen
Kolagen per porsi5.000 mg
Kisaran hargaRp325.000
Berat/isi126 g

7. LVN Collagen

LVN Collagen

Kombinasi kolagen dan L-Glutathione yang powerful dalam memelihara kulit

Mobilitas tinggi, gaya hidup tidak sehat, dan kebiasaan memakai riasan wajah dapat berisiko buruk pada wajah, seperti memunculkan garis-garis halus. Kelelahan kulit juga dapat mengendurkan dan membuat kulit terlihat kusam. Agar kulit kembali cerah dan awet muda, suplemen LVN Collagen selalu dapat Anda andalkan.

Tersedia 5 keutamaan dari suplemen ini, antara lain menangkal radikal bebas, menjaga kekenyalan kulit, mencegah penuaan dini, memudarkan flek hitam, dan menghilangkan bekas luka melalui proses regenerasi sel. Senyawa L-Glutathione bertindak sebagai antioksidan untuk merawat kulit dari dampak buruk stress, sinar UV, alkohol, racun, dan faktor aging. Didukung ekstrak tebu, LVN Collagen akan mendorong produksi HDL dan mengurangi kadar LDL.

BentukBubuk
Sumber kolagenMarine collagen
Bahan pendukungGlycine, abstract cane, calcium gangang sea, corn fiber, wheat fiber, premix of vitamins and mineral, aloe vera extract, L-glutathione
Jenis kolagenTidak disebutkan
Kolagen per porsiTidak diketahui
Kisaran hargaRp60.000
Berat/isi10 sachet

8. Byoote Collagen

Byoote Collagen

Produk lokal yang terjamin keamanan dan kehalalannya

Untuk tampil cantik dan mempesona, memakai produk skin care saja belumlah cukup. Akan lebih maksimal ketika Anda juga memenuhi keperluan kulit dari dalam. Pilihlah Byoote Collagen apabila Anda mendambakan kulit yang senantiasa lembap, bebas kerutan, dan terlihat segar setiap harinya.

Byoote Collagen adalah suplemen dengan kandungan hydrolyzed collagen untuk mendukung pencernaan lebih mudah dan cepat. Mengombinasikan bahan-baahn terbaik yang diproses melalui teknologi dari Jepang, serta sudah melewati proses uji BPOM dan terbukti halal oleh MUI, tidak ada excuses lagi bagi Anda untuk menolak suplemen kolagen ini.

BentukBubuk
Sumber kolagenTidak disebutkan
Bahan pendukungGlutathione grade A, green algae, snow algae, pomegranate extract, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D, lutanion blue
Jenis kolagenHydrolyzed collagen
Kolagen per porsiTidak diketahui
Kisaran hargaRp360.000
Berat/isi16 sachet

9. Kinohimitsu J’Pan Collagen Diamond 5300 Drink

Kinohimitsu JPan Collagen Diamond 5300 Drink

Menangkal penampilan mata panda dan kulit kendur akibat tubuh lelah

Sudah sering menerapkan pelembap, namun masalah kulit kering belum juga teratasi? Psst… Kinohimitsu mengeluarkan suplemen yang dapat bekerja dari dalam untuk membuat kulit Anda selalu lembap, lho! Bekerja seharian di dalam ruangan dingin tak lagi menjadi worry selama Anda memelihara kelembapan tubuh dengan rutin meminum suplemen ini.

Kinohimitsu J’Pan Collagen Diamond 5300 Drink praktis untuk Anda simpan di dalam tas dan diminum kapan pun Anda mau. Produk ini dapat pula menjadi andalan bagi Anda yang terbiasa kerja hingga larut malam. Dengan menjaga kebutuhan kolagen tubuh, efek kulit lesu, timbulnya kantung mata dan kerutan pun dapat dicegah.

BentukCair
Sumber kolagenMarine collagen
Bahan pendukungSilk protein, perilla seed extract
Jenis kolagenHydrolyzed collagen
Kolagen per porsi5.300 mg
Kisaran hargaRp725.000
Berat/isi16 botol @50 ml

10. Hemaviton Collagen Asta Advanced

Hemaviton Collagen Asta Advanced

Mengantongi Advanced Formula untuk mempertahankan tampilan kulit cerah, halus, dan lembap

Hemaviton Collagen Asta Advanced mengandung fish collagen untuk men-support pemeliharaan kesehatan kulit. Ingin tampilan cerah, halus, dan kulit selalu terasa lembap tanpa mengeluarkan banyak biaya perawatan? Suplemen kolagen merek dalam negeri ini bisa Anda masukkan ke dalam daftar pilihan.

Mengonsumsi suplemen ini tidak butuh banyak effort karena dikemas dalam bentuk kaplet siap minum. Tergolong sebagai obat bebas, suplemen Hemaviton aman tanpa efek samping selama dikonsumsi mengikuti aturan pakai. Meminum produk ini secara rutin bukan hanya membuat kulit sehat, tetapi juga terlindungi dari efek buruk radikal bebas.

BentukKaplet
Sumber kolagenMarine collagen
Bahan pendukungAstaxanthin, vitamin C, vitamin E alami, beta carotene
Jenis kolagenTidak disebutkan
Kolagen per porsi250 mg
Kisaran hargaRp48.000
Berat/isi10 butir

Seberapa Banyak Tubuh Memerlukan Kolagen dalam Sehari?

Seberapa Banyak Tubuh Memerlukan Kolagen dalam Sehari

Kebutuhan tubuh terhadap kolagen tentu berbeda-beda antara satu orang dengan yang lain. Anda mungkin mengetahui berapa total kolagen yang diterima tubuh dengan membaca tabel ingredients per sekali serving. Akan tetapi, jumlah tersebut bukanlah patokan untuk Anda mengetahui berapa sebenarnya tubuh Anda memerlukan kolagen dalam sehari.

Mengutip dari Naked Nutrition, asupan kolagen 5 gram per hari atau kurang dapat Anda jadikan acuan apabila Anda baru pertama kali meminum suplemen kolagen. Untuk memudahkan Anda, mari kita perjelas dengan menyesuaikan kebutuhan kolagen terhadap kondisi yang mungkin Anda alami atau tujuan yang Anda inginkan.

  • Apabila Anda sedang mengalami osteoarthritis, rematik, atau kondisi terkait lainnya, studi menunjukkan bahwa konsumsi hydrolyzed collagen dengan dosis 8 – 12 gram per hari membantu meningkatkan level kolagen plasma dan meringankan gejala peradangan.
  • Merujuk pada studi lain ditemukan adanya pengurangan tampilan garis halus pada wanita usia di atas 30-an tatkala mereka mendapatkan 10 gram kolagen peptida dari beberapa jenis buah.
  • Sementara penggunaan 2,5 – 5 gram kolagen per hari selama 4 minggu diketahui terjadinya peningkatan elastisitas kulit pada wanita usia 35 – 55 tahun.
  • Menariknya lagi, konsumsi kolagen dengan dosis tinggi mencapai 40 gram per hari selama 3 bulan memperlihatkan adanya peningkatan kekuatan persendian dan tulang pada partisipan yang mempunyai riwayat arthritis.

Ingatlah bahwa semakin banyak Anda mendapatkan kolagen, bukan berarti keseluruhan kolagen tersebut akan dicerna tubuh. Jika tubuh telah memenuhi keperluan kolagen dan protein harian, maka sisa kolagen akan diekskresi melalui urin. Selain itu, perhatikan pula mengenai perbedaan yang tubuh Anda rasakan setelah meminum suplemen kolagen, sehingga Anda bisa memutuskan untuk tetap melanjutkan pengonsumsian atau menyudahinya.

Baca juga rekomendasi suplemen untuk menjaga kesehatan kulit dan minuman kolagen terbaik di sini!

Kami anjurkan Anda menggunakan suplemen untuk kesehatan kulit yang kandungannya lebih kaya akan komponen penutrisi kulit. Bila Anda ingin mengonsumsi kolagen secara nikmat, pilihlah minuman kolagen yang menawarkan bermacam varian rasa.

Berikut ini suplemen terbaik untuk membantu menjaga kulit sehat. Beberapa minuman kolagen juga dapat Anda periksa list-nya pada salah satu artikel di bawah. Silakan dibaca dan selamat memilih!

10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit
10 Rekomendasi Minuman Kolagen Terbaik

Kesimpulan

Memiliki tampilan kulit cantik dan sehat luar dalam tentu menjadi impian semua orang. Selain memungkinkan terwujudnya keinginan tersebut, konsumsi suplemen kolagen secara rutin juga mendukung penguatan jaringan ikat lain, termasuk sendi dan tulang.

Kami sudah menampilkan sepuluh pilihan suplemen kolagen terbaik dari merek-merek terkenal. Apakah Anda telah memutuskan produk mana yang hendak dibeli? Minumlah suplemen kolagen berdasarkan petunjuk pemakaian yang benar. Baik dalam bentuk kapsul, bubuk, ataupun minuman, kolagen menjadi komponen penting yang sebaiknya Anda terus penuhi kebutuhan hariannya. Kami harap artikel ini bermanfaat untuk Anda!

(Visited 32.681 times, 343 visits today)