Kosmetik & Kesehatan

10 Suplemen Kolagen Terbaik [Kolaborasi dengan Dokter Gizi]

Kolagen adalah struktur organik pembangun otot, tulang, sendi, gigi, dan kulit yang produksinya dapat menurun seiring bertambahnya usia. Itulah mengapa, suplemen kolagen diciptakan sebagai pemenuh kebutuhan kolagen harian sebagian orang.

Pada kali ini, kami akan merekomendasikan suplemen kolagen terbaik untuk Anda keluaran merek Puritan’s Pride, Kinohimitsu, atau Sports Research. Sebelum itu, bahas fungsi kolagen dan cara memilih produk yang tepat terlebih dulu, yuk!

Berkolaborasi dengan Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Shiela Stefani

dr. Shiela Stefani, M.Gizi, SpGK, AIFO-K, FINEMPakar/Spesialis

dr. Shiela Stefani, M.Gizi, Sp.GK, AIFO-K, FINEM adalah dokter gizi klinik lulusan Spesialis Gizi Klinik, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia tahun 2020.

Selain berpraktik di klinik Tivaza dan RS Unggul Karsa Medika Bandung, dokter yang banyak menangani kasus malnutrisi, obesitas, dislipidemia, hipertensi, diabetes melitus, dan penyakit ginjal kronis ini juga berprofesi sebagai dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Maranatha.

Apa Fungsi Kolagen untuk Kulit dan Tubuh?

Kolagen merupakan protein paling melimpah di dalam tubuh dan menjadi komponen utama dari jaringan ikat, seperti ligamen, tendon, kulit, dan otot. Kolagen dikenal akan peran pentingnya dalam memelihara struktur kesehatan kulit, penguatan tulang. dan manfaat lainnya untuk rambut maupun kuku.

Dalam satu dekade terakhir, suplemen kolagen menjadi tren di tengah masyarakat. Kebanyakan suplemen menggunakan kolagen yang terhidrolisis supaya lebih cepat diserap tubuh. Meminum suplemen kolagen digadang-gadang membawa banyak fungsi positif terhadap tubuh. Apa saja manfaatnya?

Menjaga Kulit Terasa Elastis dan Lebih Terhidrasi

Menjaga Kulit Terasa Elastis dan Lebih Terhidrasi

Kolagen berperan baik dalam memperkuat struktur kulit, menjadikannya kencang, elastis, serta senantiasa terhidrasi. Namun, bertambahnya usia mengantarkan seseorang pada kondisi kulit kering dan tanda-tanda penuaan akibat berkurangnya kolagen.

Suplemen yang mengandung kolagen dapat digunakan untuk menghambat efek penuaan. Konsumsi 2,5 – 15 gram kolagen per hari didukung asupan asam amino yang adekuat dapat mengurangi kekeringan kulit dan meningkatkan elastisitas.

Mengurangi Nyeri Sendi Seperti Osteoarthritis dan Rematik

Mengurangi Nyeri Sendi Seperti Osteoarthritis dan Rematik

Kolagen banyak dikaitkan dengan fungsinya untuk mengurangi nyeri persendian, terlebih pada orang dengan kondisi osteoartritis. Hanya saja, belum ada bukti yang cukup untuk merekomendasikan penggunaan kolagen untuk pengobatan harian pasien osteoartritis.

Studi independen masih diperlukan untuk mengonfirmasi efek terapeutik kolagen pada penderita osteoartritis. Sementara di sisi lain, kolagen diketahui dapat membantu mengurangi nyeri sendi akibat rematik, namun perannya belum bisa menggantikan obat methotrexate.

Menguatkan Tulang untuk Menghambat Terjadinya Pengeroposan

Menguatkan Tulang untuk Menghambat Terjadinya Pengeroposan

Osteoartritis adalah masalah persendian yang dapat muncul akibat penuaan. Selain osteoartritis, risiko terjadinya osteoporosis (pengeroposan atau berkurangnya kepadatan tulang) juga semakin besar seiring bertambahnya usia.

Oleh karena kolagen menjadi protein yang menguatkan tulang, maka konsumsi suplemen kolagen merupakan salah satu yang dapat membantu merawat dan mencegah terjadinya osteoporosis.

Membantu Menjaga Kekuatan Otot

Membantu Meningkatkan Massa Otot

Terdapat sekitar 1-10% jumlah kolagen dalam jaringan penyusun otot. Protein kolagen menjadikan otot berfungsi dengan baik dan tetap kuat untuk dipakai beraktivitas.

Kondisi degenerasi otot atau sarkopenia yang kemunculannya berkaitan dengan pertambahan usia dapat diperlambat dengan pola makan yang sehat, termasuk mengonsumsi cukup protein, salah satunya kolagen.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Kolagen juga diatribusikan dengan pencegahan penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke. Penjelasan sederhananya, kolagen akan memperkuat struktur arteri sehingga proses pengedaran darah ke seluruh tubuh berlangsung dengan baik. Apabila terjadi kekurangan kolagen, peran arteri pun menjadi lemah dan rapuh.

Saat terjadi kondisi demikian, aterosklerosis (penyakit yang ditandai dengan penyempitan pembuluh darah) rentan terjadi. Berdasarkan hasil riset, pemberian kolagen 16 gram sehari pada orang sehat selama 6 bulan menunjukkan adanya kenaikan jumlah kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL) cholesterol hingga 6%.

Cara Memilih Suplemen Kolagen yang Bagus

Untuk mempermudah Anda menemukan suplemen kolagen terbaik, kami akan berikan panduan memilihnya. Silakan disimak, ya!

Sesuaikan Tipe Kolagen dengan Apa yang Anda Butuhkan

Sesuaikan Tipe Kolagen dengan Apa yang Anda Butuhkan

Apa tujuan Anda mengonsumsi suplemen kolagen? Pastikan memilih suplemen dengan tipe kolagen sesuai kebutuhan Anda.

  • Fungsi merawat kesehatan kulit, tulang, rambut, dan kuku, pilihlah suplemen kolagen yang menggunakan tipe kolagen I dan III.
  • Fungsi menurunkan risiko gangguan sendi, pilihlah suplemen kolagen tipe II.

Sekitar 28 tipe kolagen dapat ditemukan di dalam tubuh manusia. Dari semua tipe/kelas kolagen, hanya ada 5 tipe yang paling banyak komposisinya, yakni tipe kolagen I, II, III, IV, dan V. Tipe kolagen I merupakan tipe kolagen yang paling banyak di antara semua tipe kolagen, yakni sekitar 90%.

dr. Shiela Stefani, Dokter Spesialis Gizi Klinik
dr. Shiela Stefani

Utamakan Suplemen yang Menggunakan Hydrolyzed Collagen Peptide

Utamakan Suplemen yang Menggunakan Hydrolyzed Collagen Peptides

Agar kolagen lebih mudah diserap tubuh, komponen pembentuk proteinnya pun di-breakdown untuk mencapai tujuan tersebut. Peptida kolagen atau hydrolyzed collagen peptide adalah nama lain dari hasil olahan kolagen tersebut.

Dengan bentuk yang lebih kecil, peptida kolagen larut lebih mudah di dalam air panas atau dingin, juga lebih cepat dicerna tubuh. Untuk itu, Anda bisa mempertimbangkan suplemen yang mengandung kolagen terhidrolisis.

Peptida kolagen adalah hasil pemecahan kolagen (protein) menjadi bentuk yang lebih kecil (peptida). Di dalam peptida kolagen dapat terkandung berbagai tipe kolagen tergantung sumbernya, misalnya kolagen tipe I yang berasal dari kulit ikan hiu, sementara kolagen tipe II berasal dari tulang rawan ikan hiu.

dr. Shiela Stefani, Dokter Spesialis Gizi Klinik
dr. Shiela Stefani

Cermati Sumber untuk Memperoleh Kolagen: Hewan Laut atau Darat?

Cermati Sumber untuk Memperoleh Kolagen Hewan Laut atau Darat

Pada umumnya, suplemen kolagen mengambil bahan dasar yang berasal dari hewan darat (bovine collagen) ataupun hewan laut (marine collagen), seperti sapi dan ikan.

  • Bovine Collagen. Kolagen yang bersumber dari hewan darat ini biasanya lebih terjangkau soal harga, sangat cocok untuk Anda yang bujetnya terbatas. Bovine collagen termasuk efektif untuk pemeliharaan kulit, namun daya serap dari kolagen ini tidak sebaik kolagen marine.
  • Marine Collagen. Untuk sumber kolagen dari hewan laut, tingkat penyerapannya lebih tinggi daripada kolagen bovine. Namun hal ini masih dipengaruhi oleh bagian tubuh mana yang digunakan, apakah kulit ikan atau sisik ikan. Sebaiknya memilih suplemen kolagen yang menjadikan kulit sebagai sumber kolagennya.

Sapi, babi, dan ikan adalah beberapa contoh hewan yang menjadi sumber kolagen. Bagian yang digunakan dapat berupa hewan utuh, kulit, sisik, dan tulang rawan/tulang muda.

dr. Shiela Stefani, Dokter Spesialis Gizi Klinik
dr. Shiela Stefani

Periksa Komponen Pendukung untuk Peran Lebih Optimal

Periksa Komponen Pendukung untuk Peran Lebih Optimal

Suplemen kolagen yang diperkaya bahan aktif seperti vitamin C, zinc, ceramide, hyaluronic acid, polyphenol, elastin, dan ekstrak biji anggur memberikan manfaat lebih melimpah. Oleh sebab itu, Anda bisa pertimbangkan produk yang dilengkapi bahan pendukung lain.

Penting juga untuk mengimbangi pengonsumsian suplemen kolagen dengan penerapan pola hidup sehat, seperti:

  • Tidur berkualitas dengan durasi yang cukup (7-9 jam per hari).
  • Hindari kebiasaan merokok, termasuk menjadi perokok pasif.
  • Kontrol stres agar terciptanya hormon kortisol secara berlebihan (penyebab menurunnya produksi kolagen) dapat dicegah.
  • Lakukan olahraga rutin untuk menghambat aktivitas sel yang berkaitan dengan penuaan kulit.
dr. Shiela Stefani, Dokter Spesialis Gizi Klinik
dr. Shiela Stefani

Lebih Baik Suplemen dalam Bentuk Kapsul, Bubuk, atau Cair?

Lebih Baik Suplemen dalam Bentuk Kapsul Bubuk atau Cair

Sama halnya dengan obat-obatan, suplemen kolagen juga memiliki banyak bentuk, seperti bubuk, kapsul, dan cair. Kami sarankan Anda memilih bentuk suplemen sesuai kemudahan dan kenyamanan dalam mengonsumsi.

  • Bentuk bubuk menawarkan variasi rasa yang enak di lidah. Namun, Anda tidak bisa fleksibel meminum suplemen dalam wujud bubuk karena perlu peralatan tambahan untuk mengolahnya.
  • Bentuk minuman bisa dikonsumsi kapan pun dan di mana pun Anda mau. Anda juga tidak perlu repot menyiapkan gelas atau sendok untuk menyeduhnya.
  • Bentuk kapsul juga terbilang praktis, namun biasanya suplemen kapsul tidak dilengkapi pemanis.

10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik

Sudah siap memperoleh tubuh sehat dengan tampilan kulit cantik, rambut bagus, kuku indah, dan tulang kuat? Berikut kami bagikan sepuluh merek suplemen kolagen terbaik untuk Anda. Pilihlah suplemen dengan mengutamakan fungsi, bahan baku, komponen pendukung, dan kemudahan penggunaannya, ya!

Semua produk rekomendasi berikut sepenuhnya murni pilihan PickyBest, bukan dr. Shiela Stefani.

1. NeoCell Super Collagen Type 1 & 3 Powder

NeoCell Super Collagen Type 1 3 Powder
Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Berasal dari bahan alami yang aman dikonsumsi setiap hari

Tanda-tanda penuaan bukan hanya muncul pada area kasatmata seperti kulit. Penurunan struktur tulang dan pelemahan fungsi sendi merupakan aging-effect lain yang tak tampak. Kabar baiknya, Anda yang mulai memasuki middle-age dapat mencegah kondisi tersebut dengan meminum suplemen kolagen.

Cobalah produk keluaran NeoCell ini. Merupakan suplemen yang teruji klinis efektif memproduksi kolagen. Bukan hanya banyak, kolagen yang dihasilkan pun memiliki sturktur yang mudah diserap tubuh. Per satu sendok takarnya, NeoCell Super Collagen menyediakan 6.600 mg kolagen. Anda bisa meminum suplemen ini saat sarapan atau sebelum tidur.

Bentuk Bubuk
Sumber kolagen Bovine collagen
Bahan pendukung Organic natural flavors, citric acid, stevia leaf extract, beet root
Jenis kolagen Hydrolyzed collagen
Kolagen per porsi 6.600 mg
Kisaran harga Rp280.000
Berat/isi 198 g

2. Diva Beauty Drink

Diva Beauty Drink
Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Diperkaya antioksidan dari ekstrak buah segar

Membutuhkan asupan kolagen tubuh yang praktis? Kami yakin produk satu ini akan membuat Anda jatuh hati. Diva Beauty Drink dikemas dalam botol siap minum, Anda bahkan bisa menyimpannya di dalam kulkas bila ingin diminum dalam keadaan dingin.

Diva Beauty Drink menawarkan citara rasa buah segar dan enak setiap kali konsumsi. Kolagen yang hilang dan rusak mampu digantikan secara cepat berkat double action formula-nya. Cukup diminum dua kali sehari secara teratur, kulit yang elastis, lembap, kencang, serta halus akan Anda miliki setelah 14 hari!

Bentuk Cair
Sumber kolagen Marine collagen
Bahan pendukung Vitamin A & E, pomegranate, acai, acerola, grape seed, seleniu, lycopene
Jenis kolagen Elastin peptida
Kolagen per porsi 1.000 mg
Kisaran harga Rp127.000
Berat/isi 16 botol @85 ml

3. Sports Research Collagen Peptides

Sports Research Collagen Peptides
Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Mengandung kolagen tipe 1 dan 3 untuk membangun kekuatan tulang dan sendi

Apakah Anda memerlukan suplemen dengan jumlah tinggi kolagen per serving-nya? Jajallah produk best seller di Amazon ini! Tidak memiliki perasa, suplemen berikut sangat aman. Untuk Anda yang ingin memperkuat tulang dan memperbaiki gangguan sendi, Sport Research Cllagen Peptides pilihannya!

Meski unflavored, Anda bisa mencampurkannya ke dalam smoothies sebagai menu sarapan. Mengingat total kolagen yang diberikan sangatlah tinggi, produk ini begitu direkomendasikan sebagai suplemen kolagen untuk usia 30-an di mana produksi kolagen mulai menurun, dan tanda-tanda awal penuaan mulai muncul.

Bentuk Bubuk
Sumber kolagen Bovine collagen
Bahan pendukung ×
Jenis kolagen Hydrolyzed collagen
Kolagen per porsi 11.000 mg
Kisaran harga Rp695.000
Berat/isi 454 g

4. Puritan’s Pride Hydrolyzed Collagen 1000 mg

Puritans Pride Hydrolyzed Collagen 1000 mg
Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Suplemen yang bekerja utuh menyehatkan kulit, otot, tulang, dan sendi

Puritan’s Pride Hydrolyzed Collagen 1000 mg mengandung kolagen murni 100% untuk menjaga kesehatan banyak fungsi tubuh, terutama kulit. Bukan cuma menciptakan kulit yang semakin cantik, suplemen kolagen ini menjamin pemeliharaan rambut agar lebih kuat dan kuku tidak mudah patah.

Belum selesai sampai di situ, Puritan’s Pride mengklaim produk buatannya ini mampu mendukung kesehatan otot, tulang rawan, dan gigi. Meminumnya setiap hari dipastikan aman karena bebas pewarna dan pemanis buatan. Cukup 4 tablet setiap kali minum, dua kali sehari, rasakan peningkatan kondisi rambut, kulit, dan kuku secara signifikan!

Bentuk Kapsul
Sumber kolagen Tidak disebutkan
Bahan pendukung Vitamin C, L-Ornithine HCl, vegetable cellulose, silica, vegetable magnesium stearate
Jenis kolagen Hydrolyzed collagen
Kolagen per porsi 4.000 mg
Kisaran harga Rp240.000
Berat/isi 180 butir

5. Everwhite Hi-Collagen Drink

Everwhite Hi Collagen Drink 1
Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Pilihan yang cukup praktis untuk melawan radikal bebas perusak sel kulit

Salah satu komponen andalan Everwhite Hi-Collagen Drink adalah Pro-Gluta, yakni antioksidan yang satu tingkat lebih bagus dari glutathione dalam hal mencerahkan dan menguatkan kulit. Suplemen dalam bentuk bubuk ini juga membantu menangkal radikal bebas serta memperbaiki sel kulit yang rusak.

Everwhite Hi-Collagen Drink dapat Anda beli dengan mudah di banyak toko online Indonesia. Sudah banyak orang yang merasakan perubahan positif semenjak konsumsi minuman kolagen ini, mulai dari kulit yang terasa kenyal dan tampak lebih putih berseri, sampai efek detoksifikasi racun pun akan tubuh terima.

Bentuk Bubuk
Sumber kolagen Marine collagen
Bahan pendukung Pro-Glutathione, soluble fiber C, vitamin C & E, ekstrak buah anggur, ekstrak buah stroberi
Jenis kolagen Tidak disebutkan
Kolagen per porsi 12.000 mg
Kisaran harga Rp160.000
Berat/isi 20 sachet @12 g

6. Shiseido The Collagen Powder V

Shiseido The Collagen Powder V
Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Hadir juga dalam bentuk tablet yang praktis konsumsi

Hadir dalam kemasan baru yang lebih cantik dan menggoda, Shiseido The Collagen Powder V tetap mengedepankan performanya dalam memelihara jumlah kolagen tubuh. Mengandung bahan-bahan alami terekstraksi yang dikenal baik untuk kulit, menjadikan suplemen ini sanggup mempertahankan kecantikan kulit dari dalam.

Dua komponen utama di dalam suplemen ini adalah ekstrak buah cowberry dan amla. Rekam jejak kedua bahan tersebut sebagai beauty fruit tak perlu diragukan lagi. Teratur meminum suplemen kolagen bubuk dari Shiseido memungkinkan Anda memiiki kulit mulus dan bersih bagaikan wanita-wanita di Jepang.

Bentuk Bubuk
Sumber kolagen Marine collagen
Bahan pendukung Hyaluronic acid, ceramide, vitamin C
Jenis kolagen Hydrolyzed collagen
Kolagen per porsi 5.000 mg
Kisaran harga Rp325.000
Berat/isi 126 g

7. LVN Collagen

LVN Collagen
Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Kombinasi kolagen dan L-Glutathione yang powerful dalam memelihara kulit

Mobilitas tinggi, gaya hidup tidak sehat, dan kebiasaan memakai riasan wajah dapat berisiko buruk pada wajah, seperti memunculkan garis-garis halus. Kelelahan kulit juga dapat mengendurkan dan membuat kulit terlihat kusam. Agar kulit kembali cerah dan awet muda, suplemen LVN Collagen selalu dapat Anda andalkan.

Tersedia 5 keutamaan dari suplemen ini, antara lain menangkal radikal bebas, menjaga kekenyalan kulit, mencegah penuaan dini, memudarkan flek hitam, dan menghilangkan bekas luka melalui proses regenerasi sel. Senyawa L-Glutathione bertindak sebagai antioksidan untuk merawat kulit dari dampak buruk stress, sinar UV, alkohol, racun, dan faktor aging. Didukung ekstrak tebu, LVN Collagen akan mendorong produksi HDL dan mengurangi kadar LDL.

Bentuk Bubuk
Sumber kolagen Marine collagen
Bahan pendukung Glycine, abstract cane, calcium gangang sea, corn fiber, wheat fiber, premix of vitamins and mineral, aloe vera extract, L-glutathione
Jenis kolagen Tidak disebutkan
Kolagen per porsi Tidak diketahui
Kisaran harga Rp60.000
Berat/isi 10 sachet

8. Byoote Collagen

Byoote Collagen
Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Produk lokal yang terjamin keamanan dan kehalalannya

Untuk tampil cantik dan mempesona, memakai produk skin care saja belumlah cukup. Akan lebih maksimal ketika Anda juga memenuhi keperluan kulit dari dalam. Pilihlah Byoote Collagen apabila Anda mendambakan kulit yang senantiasa lembap, bebas kerutan, dan terlihat segar setiap harinya.

Byoote Collagen adalah suplemen dengan kandungan hydrolyzed collagen untuk mendukung pencernaan lebih mudah dan cepat. Mengombinasikan bahan-baahn terbaik yang diproses melalui teknologi dari Jepang, serta sudah melewati proses uji BPOM dan terbukti halal oleh MUI, tidak ada excuses lagi bagi Anda untuk menolak suplemen kolagen ini.

Bentuk Bubuk
Sumber kolagen Tidak disebutkan
Bahan pendukung Glutathione grade A, green algae, snow algae, pomegranate extract, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D, lutanion blue
Jenis kolagen Hydrolyzed collagen
Kolagen per porsi Tidak diketahui
Kisaran harga Rp360.000
Berat/isi 16 sachet

9. Kinohimitsu J’Pan Collagen Diamond 5300 Drink

Kinohimitsu JPan Collagen Diamond 5300 Drink
Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Menangkal penampilan mata panda dan kulit kendur akibat tubuh lelah

Sudah sering menerapkan pelembap, namun masalah kulit kering belum juga teratasi? Psst… Kinohimitsu mengeluarkan suplemen yang dapat bekerja dari dalam untuk membuat kulit Anda selalu lembap, lho! Bekerja seharian di dalam ruangan dingin tak lagi menjadi worry selama Anda memelihara kelembapan tubuh dengan rutin meminum suplemen ini.

Kinohimitsu J’Pan Collagen Diamond 5300 Drink praktis untuk Anda simpan di dalam tas dan diminum kapan pun Anda mau. Produk ini dapat pula menjadi andalan bagi Anda yang terbiasa kerja hingga larut malam. Dengan menjaga kebutuhan kolagen tubuh, efek kulit lesu, timbulnya kantung mata dan kerutan pun dapat dicegah.

Bentuk Cair
Sumber kolagen Marine collagen
Bahan pendukung Silk protein, perilla seed extract
Jenis kolagen Hydrolyzed collagen
Kolagen per porsi 5.300 mg
Kisaran harga Rp725.000
Berat/isi 16 botol @50 ml

10. Hemaviton Collagen Asta Advanced

Hemaviton Collagen Asta Advanced
Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Mengantongi Advanced Formula untuk mempertahankan tampilan kulit cerah, halus, dan lembap

Hemaviton Collagen Asta Advanced mengandung fish collagen untuk men-support pemeliharaan kesehatan kulit. Ingin tampilan cerah, halus, dan kulit selalu terasa lembap tanpa mengeluarkan banyak biaya perawatan? Suplemen kolagen merek dalam negeri ini bisa Anda masukkan ke dalam daftar pilihan.

Mengonsumsi suplemen ini tidak butuh banyak effort karena dikemas dalam bentuk kaplet siap minum. Tergolong sebagai obat bebas, suplemen Hemaviton aman tanpa efek samping selama dikonsumsi mengikuti aturan pakai. Meminum produk ini secara rutin bukan hanya membuat kulit sehat, tetapi juga terlindungi dari efek buruk radikal bebas.

Bentuk Kaplet
Sumber kolagen Marine collagen
Bahan pendukung Astaxanthin, vitamin C, vitamin E alami, beta carotene
Jenis kolagen Tidak disebutkan
Kolagen per porsi 250 mg
Kisaran harga Rp48.000
Berat/isi 10 butir

Informasi Tambahan dari Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Shiela Stefani

blank

Tidak ada rekomendasi dosis kolagen harian hingga saat ini. Penuhi kebutuhan protein dari bahan makanan sumber (makanan berprotein tinggi, biji-bijian, buah, dan sayuran) setiap harinya dengan memperhatikan gizi seimbang sesuai kebutuhan masing-masing orang.

Yuk, cek juga rekomendasi suplemen kulit dan minuman kolagen dari PickyBest lainnya!

Kesimpulan

Tampilan kulit cantik dan sehat dapat Anda raih dengan menerapkan gaya hidup sehat diimbangi konsumsi suplemen kolagen. Selain itu, konsumsi suplemen kolagen secara rutin juga mendukung penguatan jaringan ikat lain, termasuk sendi dan tulang.

Kami sudah menampilkan sepuluh pilihan suplemen kolagen terbaik dari merek-merek terkenal. Apakah Anda telah memutuskan produk mana yang hendak dibeli? Kami harap artikel ini bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari suplemen kolagen, ya!

You may also like

Comments are closed.