Kosmetik & Kesehatan

10 Vitamin Kulit Terbaik [Kolaborasi dengan Dokter Gizi]

Seiring bertambahnya usia, kesehatan kulit akan semakin menurun. Stres, gaya hidup tidak sehat, dan kebiasaan buruk lain juga dapat berdampak negatif terhadap kulit. Agar kulit tetap sehat, Anda perlu mengonsumsi vitamin kulit. Namun, Anda perlu memilih produk berdasarkan kandungan dan fungsi kerjanya.

Sepuluh merek vitamin kulit terbaik, seperti Realfood, Blackmores, Erha, dan lainnya akan Anda temukan di sini sebagai rekomendasi agar Anda mendapatkan produk terbaik. Ikuti juga ulasan kami mengenai efektivitas dan cara memilih vitamin kulit. Bookmark dan baca artikel PickyBest kali ini sampai tuntas, ya!

Kami banyak menggunakan istilah vitamin kulit yang merujuk pada suplemen kulit. Jadi, pada produk-produk yang akan kami tampilkan tidak hanya mengandung vitamin, melainkan beberapa komponen nutrisi lain yang baik untuk kulit.

Berkolaborasi dengan Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Kurnia Sitompul

dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GKPakar/Spesialis

dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK adalah dokter spesialis gizi klinik lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Dokter yang berpraktik di klinik Panacea Balikpapan ini kerap menangani pasien dengan masalah obesitas dan penyakit metabolik.

Selain aktif sebagai dokter praktik, dr. Kurnia juga sering diundang sebagai narasumber pada acara atau seminar terkait kesehatan dan nutrisi. Melalui akun Instagram-nya, dr. Kurnia juga banyak berbagi informasi terkait kesehatan nutrisi.

Manfaat dari Konsumsi Vitamin Kulit

Seberapa Efektif Suplemen untuk Kesehatan Kulit

Benarkah vitamin kulit sedemikian efektif untuk menjaga kesehatan kulit? Disadur dari sebuah publikasi jurnal Dermato Endocrinology, kelaziman riset terhadap antioksidan seperti karotenoid, tocopherol, dan flavonoid diketahui menjadi agen yang mempromosikan kulit sehat dan cantik.

Komponen lain semacam vitamin A, C, D, dan E, serta asam lemak esensial omega-3, beberapa jenis protein, dan probiotik lactobacillus juga meningkatkan kualitas kulit sehat. Penelitian tersebut juga menemukan adanya efek anti-aging dari antoksidan dalam menekan penuaan dini akibat reactive oxygen species (ROS).

Sementara sederet bahan lain seperti collagen, resveratrol, astaxanthin, dan hyaluronic acid, hingga ekstrak bambu, buah zaitun, dan teh hijau, mulai dicantumkan ke dalam vitamin kulit terbaik. Jadi, selama komponen yang dimiliki berdampak positif bagi kulit, Anda dapat mempertimbangkannya dengan menyesuaikan apa yang sebenarnya kulit Anda butuhkan.

Substansi seperti tokoferol, karotenoid, dan flavonoid memiliki peran sebagai antioksidan terhadap paparan radikal bebas dari sekitar kita.

Vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, asam lemak esensial omega-3, beberapa jenis protein, dan probiotik lactobacillus juga terbukti memiliki efek antioksidan, fotoproteksi, mencegah beberapa kelainan kulit, hingga mempercepat penyembuhan penyakit yang mengenai kulit.

dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik
dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK

Cara Memilih Vitamin Kulit

Saat memilih, Anda harus mencermati masing-masing fungsi dari setiap komponennya, entah itu vitamin, mineral, protein dan asam amino, ataupun asam lemak esensial. Selain itu, penting juga membaca khasiat yang diberikan oleh vitamin kulit terbaik Anda.

Pahami Fungsi dari Setiap Komponen yang Terkandung

Berikut ini beberapa jenis komponen yang sebaiknya ada di dalam suplemen vitamin kulit terbaik pilihan Anda.

Vitamin A: Mengandung Retinoid untuk Mendukung Regenerasi Sel Kulit

Vitamin A Mengandung Retinoid untuk Mendukung Regenerasi Sel Kulit

Golongan retinoid, termasuk retinol, isotretinoin, tretinoin, dan bahan sejenis lain merupakan bentuk turunan dari vitamin A yang dalam banyak studi diketahui berguna dalam pemeliharaan kulit. Vitamin A sendiri marak dijumpai dalam produk-produk krim atau serum perawatan yang digunakan secara topikal ke permukaan kulit.

Retinoid mampu mendorong arus pergantian kulit agar tekstur kulit tampak merata, sel mati akan mudah terkelupas, serta mengatasi jerawat dan menghambat tanda-tanda penuaan (aging-effects). Meski rata-rata penelitian tersebut digunakan secara topikal, vitamin kulit terbaik yang mengandung retinoid pun telah dimanfaatkan untuk pengobatan sistemik.

Sebuah studi di tahun 2015 juga menemukan bahwa penggunaan topikal, bukan suplementasi, retinol (0,1%) dan asam retinoat (0,1%) dapat meningkatkan ketebalan lapisan epidermis kulit dalam waktu 14 minggu. Pada minggu ke-12 setelah pemberian retinoid, para peserta penelitan mendapatkan efek pengurangan kerutan di wajah karena retinoid mampu meningkatkan sintesis protein kolagen.

Vitamin B Kompleks: Menangkal Tanda-tanda Penuaan secara Signifikan

Vitamin B Kompleks Menangkal Tanda tanda Penuaan Secara Signifikan

Pada studi di tahun 2018, diketahui bahwa vitamin B dapat memproduksi sel-sel kulit baru yang lebih sehat. Namun, tidak semua riset menemukan hasil serupa karena efektivitas vitamin B kompleks lebih tinggi untuk penggunaan topikal, terutama untuk mendapatkan efek regenerasi pada kulit.

Walau demikian, vitamin B kompleks terbukti menjadi senyawa yang diperlukan tubuh untuk merawat kesehatan kulit, sistem saraf, dan saluran cerna. Sebagai contoh, vitamin B3 bersifat anti-aging, seperti mengurangi munculnya age spots dan perubahan warna kulit.

Di sisi lain, vitamin B5 atau pantothenic acid diketahui berfungsi ganda untuk mengatasi jerawat dan melawan penuaan. Percobaan terkontrol pada tahun 2014 juga menemukan adanya penurunan jumlah jerawat dan peradangan kulit secara signifikan pada peserta yang mengonsumsi suplemen berkandungan vitamin B5 selama 12 minggu.

Vitamin C: Mampu Mencegah Kerusakan Oksidatif akibat Radikal Bebas

Vitamin C Mampu Mencegah Kerusakan Oksidatif Akibat Radikal Bebas

Vitamin C merupakan antioksidan kuat untuk menangkal efek radikal bebas. Jika Anda ingin menangkal risiko negatif radikal bebas, seperti penuaan, carilah vitamin kulit terbaik yang diperkaya kandungan vitamin C.

Merujuk pada studi tahun 2010, terdapat pula korelasi antara pengonsumsian vitamin C untuk mengurangi efek buruk paparan sinar matahari bagi kulit.

Vitamin D: Mengurangi Peradangan Kulit yang Memicu Iritasi, Jerawat, dan Eksem

Vitamin D Mengurangi Peradangan Kulit yang Memicu Iritasi Jerawat dan Eksem

Selain dikenal sebagai zat yang berperan baik bagi tulang, vitamin D juga merupakan nutrisi bermanfaat yang mendukung metabolisme kulit. Apabila Anda menginginkan kulit senantiasa sehat, cobalah minum vitamin kulit terbaik yang mengandung vitamin D secara rutin.

Dengan tercukupinya vitamin D, berbagai masalah peradangan yang membuat kulit iritasi, berjerawat, dan bahkan mengalami eksem dapat dihindari. Selain itu, kombinasi vitamin D dan E dalam produk topikal juga memberi dampak positif terhadap pemulihan dermatitis atopik.

Vitamin E: Memperbaiki Kerusakan Kulit dan Membantu Penyembuhan Luka

Vitamin E Memperbaiki Kerusakan Kulit dan Membantu Penyembuhan Luka

Vitamin E berperan sebagai antioksidan sehingga mampu mempertahankan integritas membran sel, termasuk sel darah merah. Dengan demikian, penyembuhan luka berlangsung lebih cepat.

Selain itu, radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh dan mempercepat proses penuaan juga dapat dihambat oleh vitamin kulit terbaik berkandungan vitamin E.

Kaitan vitamin E dengan pembentukan sel darah merah bersifat tidak langsung lewat interaksi dengan vitamin lainnya dalam tubuh.

dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik
dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK

Kolagen: Protein yang Ampuh Menghambat Tampilan Efek Penuaan

Kolagen Protein yang Sangat Ampuh Menghambat Tampilan Efek Penuaan

Kolagen adalah protein paling penting di dalam jaringan tubuh, seperti kulit, rambut, persendian, dan lainnya. Kolagen umum digunakan sebagai komponen anti-aging dalam sebuah produk, termasuk vitamin kulit terbaik.

Cara kerja kolagen adalah dengan merekatkan lapisan terluar dan terdalam kulit agar tetap kuat dan kencang. Peran kolagen bisanya digabungkan dengan protein lain bernama elastin.

Pertambahan usia dan faktor internal lain seperti malnutrisi dan penyakit nutrisi dapat menurunkan produksi kolagen. Selain itu, faktor eksternal seperti paparan asap, pajanan sinar matahari, konsumsi alkohol berlebihan, dan pola makan tidak sehat juga dapat menurunkan jumlah kolagen di dalam tubuh

dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik
dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK

Magnesium: Menyeimbangkan Hormon Kortisol Penyebab Jerawat dan Gangguan Kulit Lain

Magnesium Menyeimbangkan Hormon Kortisol Penyebab Jerawat dan Gangguan Kulit Lain

Apabila kulit wajah Anda mengalami breakouts akibat stres atau ketidakseimbangan hormon, cobalah membeli vitamin kulit terbaik yang diperkaya magnesium. Suplemen magnesium dapat meningkatkan penampilan kulit dari luar secara menyeluruh.

Berdasarkan penelitian, konsumsi suplemen magnesium juga terbukti menurunkan meringankan masalah jerawat sekaligus membantu menyeimbangkan kadar hormon kortisol akibat stres.

Zinc: Mempromosikan Kulit Sehat dan Mengatasi Peradangan Jerawat

Zinc Mempromosikan Kulit Sehat dan Mengatasi Peradangan Jerawat

Zinc merupakan salah satu nutrisi esensial yang mendukung sistem imun tubuh melawan sel-sel ‘jahat’. Selain menangkal ragam penyakit, mineral satu ini juga dibuktikan sanggup men-treatment jerawat. Apabila Anda sedang bermasalah dengan jerawat, cobalah konsumsi vitamin kulit terbaik yang diperkaya zinc.

Zinc mengandung properti anti-inflammatory yang dapat meringankan kemerahan dan kulit iritasi akibat jerawat, bahkan membantu menyamarkan luka bekas jerawat. Beberapa bentuk inflamasi yang mampu diatasi oleh zinc antara lain melasma, rosacea, eksem, dan seborrheic dermatitis.

Sama halnya dengan vitamin E, penggunaan oral dari zinc memberikan hasil efektif untuk kulit.

Omega-3: Menjadikan Kulit Halus, Lembut, Elastis, dan Wrinkle-Free

Omega 3 Menjadikan Kulit Halus Lembut Elastis dan Wrinkle Free

Konsumsi vitamin kulit terbaik dengan tambahan asam lemak omega-3 dapat membantu Anda memiliki kulit yang lembut, halus, dan elastis. Bukan hanya itu saja, salah satu senyawa asam lemak omega-3 yaitu docosahexanoic acid (DHA) bertanggung jawab dalam pemeliharaan kesehatan membran sel yang terdapat di sebagian besar kulit.

EPA juga golongan asam lemak omega-3 yang mempunyai manfaat lain bagi kulit, seperti mengontrol produksi minyak, menghidrasi kulit, mencegah hyperkeratinization folikel rambut, mengurangi penuaan dini, dan menurunkan risiko pembentukan jerawat.

Omega-3 merupakan asam lemak tidak jenuh berantai ganda (PUFA) yang terdiri dari ALA, EPA dan DHA. Semuanya berfungsi menjaga kesehatan kulit, mulai dari hidrasi kulit, kontrol produksi minyak, hingga mencegah proses penuaan.

EPA secara khusus memiliki efek anti peradangan yang terutama dibutuhkan pada gangguan kulit, misalkan dermatitis, psoriasis, dan kelainan kulit lainnya.

dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik
dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK

Pilih yang Menawarkan Khasiat sesuai Kebutuhan Kulit Anda

Vitamin kulit terbaik bekerja dengan mengatasi berbagai kondisi yang terjadi pada kulit. Maka dari itu, Anda jangan hanya melihat kandungan-kandungan dari setiap suplemen, namun juga membaca keterangan fungsi utamanya apakah sesuai kebutuhan kulit Anda atau tidak.

Untuk Kulit Kering: Carilah Vitamin dengan Kandungan Vitamin B, C, dan E

Untuk Kulit Kering Carilah Suplemen dengan Kandungan Beberapa Jenis Vitamin B C dan E

Bila kulit Anda rentan kering, kami sarankan agar Anda membeli vitamin khusus untuk kulit kering. Suplemen yang diformulasi vitamin B, C, dan E adalah opsi terbaik Anda.

  • Vitamin B dapat membantu memperbaiki gejala kekurangan vitamin B berupa kulit kering.
  • Vitamin C dapat dipilih untuk Anda yang mengalami kulit kering disertai gatal. Vitamin C akan memperbaiki jaringan tubuh sekaligus memproduksi protein kolagen untuk meningkatkan elastisitas kulit.
  • Vitamin E dapat bertindak sebagai pelembap kulit. Vitamin E juga menggantikan peran sebum untuk menghasilkan minyak kulit alami. Selain itu, vitamin E bersifat antiinflamasi serta memberi soothing effect pada kulit kering, gatal, dan terkelupas.

Omega-3 juga dibutuhkan untuk mempertahankan kelembapan kulit, demikian pula vitamin D. Defisiensi vitamin D terbukti berhubungan dengan kelainan kulit seperti psoriasis yang menglamai kulit kering sebagai gejala.

dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik
dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK

Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat: Utamakan Vitamin dengan Kandungan Zinc

Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat Utamakan Suplemen Berkandungan Zinc

Pada kulit berminyak dan berjerawat, baik secara topikal ataupun oral, penggunaan zinc terbukti ampuh melawan jerawat. Mekanisme zinc dalam menangkal jerawat adalah dengan menurunkan produksi minyak wajah serta menghentikan infeksi bakteri penyebabnya.

Tubuh hanya memerlukan sedikit zinc, yakni sekitar 8-11 mg untuk dewasa. Sebuah penelitian juga menunjukkan bukti adanya penyembuhan jerawat dari pemakaian 30 mg suplemen zinc. Konsumsi dengan takaran lebih tanpa anjuran dokter dapat menimbulkan risiko kesehatan.

Pada beberapa kasus dengan gejala kulit berminyak, dosis zinc dapat ditingkatan menyesuaikan gejala dan berat badan.

dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik
dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK

Untuk Kulit Kusam: Suplemen yang Mengandung Vitamin B12 akan Mencegah Hiperpigmentasi

Untuk Kulit Kusam Suplemen yang Mengandung Vitamin B12 akan Mencegah Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi adalah kondisi di mana kulit mengalami penggelapan akibat produksi pigmen melanin secara berlebih. Salah satu faktor pencetus kondisi ini adalah seringnya kulit tidak memperoleh proteksi cukup saat terekspos sinar matahari.

Untuk mengatasi kulit kusam akibat hiperpigmentasi, vitamin kulit terbaik yang mengandung vitamin B12 dapat dikonsumsi. Vitamin B12 akan mengontrol produksi pigmen pada titik-titik rentan di kulit.

Hiperpigmentasi dapat menjadi salah satu gejala defisiensi vitamin B12. Namun, untuk kulit kusam juga dibutuhkan vitamin lain seperti vitamin C.

dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik
dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK

Untuk Anti Penuaan: Kolagen akan Bertindak sebagai Anti-Aging

Untuk Anti Penuaan Suplemen Kolagen akan Bertindak Sebagai Anti Aging

Belakangan ini, suplemen kolagen ramai dibicarakan. Salah satu keunggulan kolagen yang telah terbukti adalah menjaga kadar kolagen tubuh dalam pembangunan tulang, gigi, sendi, otot, dan kulit. Bertambahnya usia dapat mengurangi jumlah kolagen tubuh yang berdampak pada menurunnya elastisitas kulit.

Bila Anda ingin memperlambat efek penuaan, cobalah memilih vitamin kulit terbaik dengan kandungan kolagen. Selain itu, produksi kolagen juga dapat dijaga dengan mencukupi kebutuhan cairan, olahraga rutin, dan konsumsi makanan sehat.

Proses penuaan memang dapat terkait dengan menurunnya kolagen dalam tubuh. Namun, penuaan juga dapat terjadi karena paparan kulit terhadap radikal bebas, sehingga selain pemenuhan kolagen, juga dapat diberikan antioksidan.

dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik
dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK

10 Rekomendasi Vitamin Kulit Terbaik

Pada bagian berikut, kami telah menjabarkan sepuluh vitamin kulit terbaik yang bisa Anda konsumsi. Pilihlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Selamat menentukan pilihan!

Sepuluh produk rekomendasi berikut sepenuhnya hasil pilihan PickyBest, bukan dr. Kurnia Sitompul.

1. Noera Collagen Drink

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Menghaluskan dan mencerahkan kulit, menjaga kesehatan rambut dan kuku

Selain perawatan kulit dari luar, Anda juga perlu suplemen dengan kandungan vitamin dan kolagen yang bermanfaat untuk menjaga kelembapan dan elastisitas kulit. Seperti halnya Noera Collagen Drink, yang merupakan vitamin kulit dalam bentuk minuman rendah kalori dengan rasa stroberi segar.

Mengandung vitamin dan kolagen, suplemen ini bermanfaat untuk melembapkan, menghaluskan, dan mencerahkan kulit; menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam, serta membantu mengencangkan kulit dan mengurangi efek penuaan. Suplemen ini juga memberikan nutrisi pada tulang dan sendi, serta bantu menjaga kesehatan rambut dan kuku.

Fungsi Mencerahkan, menghaluskan, anti-aging, melembabkan kulit, mengurangi keriput, menghilangkan jerawat dan flek hitam
Kandungan utama Salmon collagen, L-glutathione, vitamin C, vitamin E, dan ekstrak strawberry
Aturan konsumsi 1-2 x 1 sachet per hari
Ukuran/isi 15 sachet @15 gr
Kisaran harga Rp175.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. Realfood Forever Young

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Mengandung sarang burung walet, bantu tingkatkan produksi kolagen dan antibodi

Realfood Forever Young merupakan vitamin kulit dengan kandungan kolagen untuk perawatan kulit wajah dari dalam. Diformulasikan dari sarang burung walet, vitamin kulit terbaik ini bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen dalam kulit, meningkatkan elastisitas kulit, dan mencerahkan kulit.

Di samping itu, vitamin kulit ini juga berfungsi sebagai pelembap kulit alami untuk membantu meningkatkan produksi imunoglobulin dan antibodi. Produk ini pun telah mengantongi sertifikasi halal serta bebas pengawet, bahan pewarna, dan pemanis buatan.

Fungsi Mencerahkan, meningkatkan produksi kolagen, elastisitas, dan kelembapan kulit
Kandungan utama Sarang burung walet (asam amino dan asam sialat), epidermal growth factor (EGF), kolagen, dan antioksidan
Aturan konsumsi 1 botol per hari
Ukuran/isi 6 botol @70 ml, 12 botol @70ml
Kisaran harga Rp350.000 – Rp600.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

3. BYT Colla

blank

Sumber: Byt.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Formulasi dari Jepang untuk kulit wajah bebas jerawat dan lebih glowing

Bila Anda mengalami kulit kering dan kusam, atau flek hitam, vitamin kulit terbaik berbentuk minuman kecantikan ini cocok untuk Anda. BYT Colla memiliki bahan kandungan lengkap, seperti tripeptide collagen, berbagai jenis algae, dan beberapa jenis vitamin.

Formulasi dari semua bahan diproses dari Jepang dan diciptakan untuk mengurangi bekas luka jerawat secara signifikan dan mencerahkan kulit wajah hingga terlihat glowing.

Fungsi Mengatasi kulit kusam, flek hitam dan jerawat, kulit kering, skin barrier rusak, tidak elastis, dan tanda-tanda penuaan
Kandungan utama Fish collagen tripeptide, L-glutathione grade A, pureway-C, dan pemanis alami stevia
Aturan konsumsi 2 x 1 sachet per hari
Ukuran/isi 16 sachet @10 gr
Kisaran harga Rp350.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

4. Blackmores Natural E 250 IU

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Kaya dengan vitamin E sebagai antioksidan dan menangkal radikal bebas

Bila kulit Anda sering terpapar polusi dan radiasi sinar matahari, Anda butuh suplemen kulit yang mengandung antioksidan tinggi. Dengan kandungan vitamin E, Blackmores Natural E 250 IU dibuat untuk menjaga kesehatan kulit Anda dari dalam. Sebagai antioksidan, kandungan vitamin E dalam suplemen ini juga membantu menangkal radikal bebas dan meregenerasi sel-sel dalam tubuh.

Fungsi Menangkal radikal bebas, menjaga kesehatan kulit dari dalam, dan meregenerasi sel tubuh yang rusak
Kandungan utama Natural vitamin E (d-alpha-tocopherol)
Aturan konsumsi 1 tablet per hari
Ukuran/isi 50 tablet
Kisaran harga Rp192.500
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

5. H2 Pure Skin

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Mengandung banyak jenis vitamin untuk memelihara kesehatan kulit Anda

Untuk membantu memelihara kesehatan kulit Anda, H2 Pure Skin memberikan kandungan berbagai macam vitamin di dalam produknya, seperti vitamin A, C, dan E.

Tak hanya itu, vitamin kulit terbaik ini juga mengandung astaxanthin, OPC grape seed, horsetail, dan zinc. Kesemua bahan tersebut dipadukan untuk memberikan nutrisi pada kulit, sehingga kesehatan kulit Anda lebih terpelihara.

Fungsi Memelihara kesehatan kulit dan memberikan nutrisi pada kulit
Kandungan utama Vitamin A, vitamin C, vitamin E, astaxanthin, OPC grape seed, horsetail, dan zinc
Aturan konsumsi 1 kaplet per hari
Ukuran/isi 30 kaplet
Kisaran harga Rp240.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. Meiji Amino Collagen Premium

blank

Sumber: Meiji.co.jp

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Cegah munculnya jerawat dan mengurangi tanda penuaan

Saat kulit mulai terasa kendur dan muncul garis-garis halus, waktunya untuk Anda mengonsumsi suplemen kulit dengan kandungan kolagen dan vitamin, seperti Meiji Amino Collagen Premium.

Suplemen ini diformulasikan dengan bahan-bahan premium, seperti ceramide, HA, kolagen dari ikan, vitamin C, dan Coenzyme Q10 sebagai antioksidan. Perpaduan semua bahan tersebut bantu menetralkan zat-zat berbahaya, mencegah timbulnya jerawat, dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Fungsi Mengencangkan kulit, mengunci kelembapan, menyamarkan garis halus, dan menjaga kesehatan tubuh
Kandungan utama Glucosamine, amino acid, ceramide, hyaluronic acid, coenzyme Q10, low molecular fish collagen, dan vitamin C
Aturan konsumsi 1 sdm per hari
Ukuran/isi 196 gr
Kisaran harga Rp483.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

7. Nourish Skin Ultimate – New Formula

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Meningkatkan elastisitas dan kelembapan kulit; mengurangi kulit kasar, flek hitam, dan keriput

Pola hidup tidak sehat serta bertambahnya usia dapat menyebabkan kulit kering, kasar, dan kusam, serta muncul flek hitam dan keriput. Untuk mengatasinya, Anda perlu mengonsumsi Nourish Skin Ultimate, yang merupakan vitamin kulit terbaik untuk meningkatkan elastisitas dan kelembapan kulit.

Dengan meningkatnya elastisitas dan kelembapan kulit, Anda akan merasakan kulit yang lebih kenyal, kencang, flek hitam dan keriput pun memudar. Kulit juga terhindar dari efek radikal bebas serta alergi makanan laut. Kulit Anda akan terlihat lebih segar, berseri, dan tampak lebih muda.

Fungsi Mengurangi flek hitam, keriput, kulit kusam, kering dan kasar
Kandungan utama Marine protein extract, collagen, herbal, vitamin, dan mineral
Aturan konsumsi 1 tablet per hari
Ukuran/isi 15 dan 30 tablet
Kisaran harga Rp119.000 – Rp229.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

8. Glutathionic

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Kesehatan kulit terjaga dan tampak lebih cerah

Anda ingin memelihara kesehatan kulit sekaligus memiliki kulit yang lebih cerah? Dapatkan keindahan kulit yang Anda inginkan dengan Glutathione, suplemen makanan dengan kandungan vitamin C dan E yang akan membantu menjaga kesehatan kulit Anda. Memiliki daya serap yang optimal, suplemen ini juga membuat kulit tampak lebih cerah.

Fungsi Membantu menjaga kesehatan kulit dan membuat kulit tampak lebih cerah
Kandungan utama Glutathione (fermentasi saccharomyces cerevisiae), vitamin C, dan vitamin E
Aturan konsumsi 1 kaplet per hari
Ukuran/isi 30 kaplet (5 strip @6 kaplet)
Kisaran harga Rp370.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

9. Hakubi White C

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Membantu proses regenerasi kulit, mencerahkan kulit, dan menghilangkan flek hitam

Produk yang satu ini merupakan suplemen khusus perawatan kulit yang memiliki kandungan L-cysteine serta vitamin C dan B6 yang bekerja optimal dalam meningkatkan kesehatan kulit.

Formulasi bahan-bahan yang terkandung pada vitamin kulit terbaik ini akan membantu proses regenerasi kulit dan menghilangkan bintik hitam pada wajah. Selain itu, suplemen ini juga dapat membuat kulit Anda terlihat lebih mulus dan putih cerah.

Fungsi Membantu memutihkan dan meregenerasi kulit
Kandungan utama L-cysteine, ascorbic acid (vitamin C), vitamin B6, dan calcium pantothenate
Aturan konsumsi 15 tahun ke atas (3 x 2 tablet per hari), 7-14 tahun (3 x 1 tablet per hari)
Ukuran/isi 90 tablet
Kisaran harga Rp225.889
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

10. ERHA skincore

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Tampil awet muda, daya tahan tubuh terjaga

Bila Anda sedang mencari multivitamin untuk kulit sekaligus menjaga daya tahan tubuh, Erha Skincore adalah pilihan yang tepat. Vitamin kulit terbaik ini mengandung bahan antioksidan kompleks untuk menangkal radikal bebas, memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, dan mencegah virus masuk ke dalam tubuh Anda.

Bahan-bahan dalam suplemen ini juga membantu memperlambat tanda-tanda penuaan sekaligus dapat meningkatkan daya tubuh dan mempercepat penyembuhan luka. Tak hanya itu, suplemen ini juga bantu menambah energi dan vitalitas Anda sehari-hari.

Fungsi Mencegah tanda-tanda penuaan dan menjaga daya tahan tubuh
Kandungan utama Beta carotene, vitamin C, vitamin E, zinc, selenomethionine, alpha lipoic acid (ALA), CoQ10, L-carnosine, MSM, dan nicotinamide
Aturan konsumsi 2 x 1 kaplet per hari
Ukuran/isi 30 kapsul (3 blister @10 kapsul)
Kisaran harga Rp260.700
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

Tabel Perbandingan Vitamin Kulit

Produk Noera Collagen Drink Realfood Forever Young BYT Colla Blackmores Natural E 250 IU H2 Pure Skin Meiji Amino Collagen Premium Nourish Skin Ultimate – New Formula Glutathionic Hakubi White C ERHA skincore
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Fungsi Mencerahkan, menghaluskan, anti-aging, melembabkan kulit, mengurangi keriput, menghilangkan jerawat dan flek hitam Mencerahkan, meningkatkan produksi kolagen, elastisitas, dan kelembapan kulit Mengatasi kulit kusam, flek hitam dan jerawat, kulit kering, skin barrier rusak, tidak elastis, dan tanda-tanda penuaan Menangkal radikal bebas, menjaga kesehatan kulit dari dalam, dan meregenerasi sel tubuh yang rusak Memelihara kesehatan kulit dan memberikan nutrisi pada kulit Mengencangkan kulit, mengunci kelembapan, menyamarkan garis halus, dan menjaga kesehatan tubuh Mengurangi flek hitam, keriput, kulit kusam, kering dan kasar Membantu menjaga kesehatan kulit dan membuat kulit tampak lebih cerah Membantu memutihkan dan meregenerasi kulit Mencegah tanda-tanda penuaan dan menjaga daya tahan tubuh
Kandungan utama Salmon collagen, L-glutathione, vitamin C, vitamin E, dan ekstrak strawberry Sarang burung walet (asam amino dan asam sialat), epidermal growth factor (EGF), kolagen, dan antioksidan Fish collagen tripeptide, L-glutathione grade A, pureway-C, dan pemanis alami stevia Natural vitamin E (d-alpha-tocopherol) Vitamin A, vitamin C, vitamin E, astaxanthin, OPC grape seed, horsetail, dan zinc Glucosamine, amino acid, ceramide, hyaluronic acid, coenzyme Q10, low molecular fish collagen, dan vitamin C Marine protein extract, collagen, herbal, vitamin, dan mineral Glutathione (fermentasi saccharomyces cerevisiae), vitamin C, dan vitamin E L-cysteine, ascorbic acid (vitamin C), vitamin B6, dan calcium pantothenate Beta carotene, vitamin C, vitamin E, zinc, selenomethionine, alpha lipoic acid (ALA), CoQ10, L-carnosine, MSM, dan nicotinamide
Aturan konsumsi 1-2 x 1 sachet per hari 1 botol per hari 2 x 1 sachet per hari 1 tablet per hari 1 kaplet per hari 1 sdm per hari 1 tablet per hari 1 kaplet per hari 15 tahun ke atas (3 x 2 tablet per hari), 7-14 tahun (3 x 1 tablet per hari) 2 x 1 kaplet per hari
Ukuran/isi 15 sachet @15 gr 6 botol @70 ml, 12 botol @70ml 16 sachet @10 gr 50 tablet 30 kaplet 196 gr 15 dan 30 tablet 30 kaplet (5 strip @6 kaplet) 90 tablet 30 kapsul (3 blister @10 kapsul)
Kisaran harga Rp175.000 Rp350.000 – Rp600.000 Rp350.000 Rp192.500 Rp240.000 Rp483.000 Rp119.000 – Rp229.000 Rp370.000 Rp225.889 Rp260.700
Periksa ketersediaan Cek diskon di ShopeeCek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di ShopeeCek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di ShopeeCek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di ShopeeCek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di ShopeeCek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di ShopeeCek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di ShopeeCek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di ShopeeCek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di ShopeeCek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di ShopeeCek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli

Tip dan Saran dari dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK

blank

Konsumsi suplemen yang dikhususkan untuk kulit menyesuaikan kondisi individual, karena suplementasi dapat menjadi bagian dari pengobatan dan terapi pencegahan.

Terapi pengobatan apabila ada gangguan kulit yang dialami, sedangkan pencegahan saat seseorang memiliki risiko tinggi mengalami gangguan kulit, misalnya paparan radikal bebas dan usia lanjut yang berisiko penuaan

Anjuran dalam mengonsumsi suplemen kulit

Suplementasi untuk kulit tidaklah lebih superior dibanding makanan yang kita konsumsi sehari-hari, sehingga:

  • Diharapkan untuk memenuhi diet seimbang terlebih dahulu agar kebutuhan protein serta vitamin yang dibutuhkan kulit dapat terpenuhi.
  • Hindari paparan radikal bebas seperti asap rokok dan sinar matahari.
  • Konsultasi terlebih dahulu tentang jenis dan dosis suplemen yang akan dikonsumsi.
  • Pilih vitamin yang dibutuhkan sesuai kondisi kulit dan hindari dosis terlalu tinggi. Konsumsi sesuai anjuran dan perhatikan interaksinya dengan obat atau suplemen lain

Kesimpulan

Vitamin kulit dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit. Jangan lupa menerapkan pola hidup sehat dan hindari stres agar kesehatan kulit Anda tetap terjaga. Saat mengonsumsi suplemen, ikutin anjuran pemakaian dan saran dokter supaya terhindar dari hipervitaminosis.

Berdasarkan rekomendasi produk di atas, sudahkah Anda menemukan vitamin kulit terbaik sesuai kebutuhan kulit Anda? Mengonsumsi suplemen yang bagus dan sesuai kebutuhan akan membuat penampilan Anda semakin bersinar. Semoga Anda berhasil temukan vitamin kulit terbaik, ya!

You may also like

Comments are closed.