Written by 01:29 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Minuman Kolagen Terbaik

Minuman kolagen atau collagen drinks hadir dengan banyak pilihan rasa nikmat. Selain dikemas dalam botol siap minum, produk yang bermanfaat untuk pemeliharaan kulit, tulang, dan persendian ini tersedia dalam bentuk serbuk kemasan sachet. Belakangan, produk minuman kolagen kian menjamur di Indonesia.  Diva Beauty Drink, Kinohimitsu, Avance, Roove, dan merek lainnya mengeluarkan minuman berkolagen andalannya.

Karena harganya tidaklah murah, Anda dituntut memilih produk yang terbukti efektif memainkan peranannya sesuai kebutuhan. Nah, guna membantu Anda, kami akan menjelaskan poin-poin cara memilih minuman kolagen. Sepuluh rekomendasi minuman kolagen terbaik akan ikut kami sertakan untuk mempermudah Anda menentukan produk. Selamat membaca!

Apa itu Minuman Kolagen?

Kolagen adalah unsur penting yang diproduksi tubuh secara alami sebagai dukungan terhadap tulang dan jaringan otot. Terjaganya jumlah kolagen di dalam tubuh berdampak pula terhadap elastisitas kulit yang terjaga. Namun, porsi kolagen yang mampu diproduksi tubuh akan menurun seiring bertambahnya usia. Kulit yang kendur dan tidak kenyal lagi menjadi penanda tubuh kekurangan kolagen.

Minuman kolagen diciptakan khusus untuk membantu tubuh memperoleh asupan kolagen secara ideal. Namun perlu Anda ketahui, minuman kolagen tidaklah bekerja langsung meningkatkan jumlah kolagen tubuh. Tetapi, minuman kolagen melakukan mekanisme khusus untuk memicu produsen kolagen alami yang mana kemampuannya menurun di usia yang terus bertambah.

Molekul kolagen dalam minuman kolagen lebih cepat diserap saluran cerna karena telah dipecah (hydrolyzed) menjadi bagian-bagian lebih kecil yang disebut peptida kolagen. Saat terserap tubuh, peptida kolagen akan memicu aktivitas fibroblas, komponen sel yang menyintesis kolagen untuk berbagai keperluan, contoh paling penting adalah penyembuhan luka, termasuk mengembalikan kulit muda.

Cara Memilih Minuman Kolagen

Banyaknya minuman kolagen di pasaran mengharuskan Anda cermat memilih salah satunya. Oleh sebab itu, kami akan menjelaskan hal-hal penting yang mesti Anda perhatikan sewaktu membeli minuman kolagen, terutama ketika membelinya secara online. Simaklah poin-poin berikut secara saksama!

Pilihlah Tipe Kolagen berdasarkan Kebutuhan Anda

Minuman kolagen pada umumnya diperuntukkan bagi para wanita yang ingin menjaga kekenyalan kulitnya agar senantiasa terlihat awet muda. Walau demikian, beberapa produsen mencantumkan fungsi utama pada produknya sebagai penyehat persendian atau mengatasi masalah persendian. Itulah mengapa, kolagen secara umum dibedakan menjadi 3 macam, yakni kolagen tipe 1, 2, dan 3.

Kolagen Tipe 1 dan 3: Komposisi Terbesar yang Baik untuk Kulit dan Tulang

Kolagen tipe I dan III memiliki proporsi sangat besar di dalam tubuh karena memainkan peranan penting dalam pembentukan struktur rambut, kulit, serta tulang. Kolagen tipe I dan III adalah jenis kolagen yang paling sering digunakan oleh minuman kolagen dengan fungsi utama anti-aging, whitening, moisturizing, dan sebagainya.

Anda mungkin akan kesulitan mengetahui tipe kolagen dari setiap produk karena jarang yang menerangkan jenis kolagennya. Meski demikian, Anda tetap bisa mengira tipe kolagen yang terkandung dengan mengecek fungsi utama dari sebuah minuman kolagen. Jika berkaitan dengan pemeliharaan kulit, rambut, dan tulang, maka boleh jadi produk tersebut menyematkan tipe kolagen I dan III.

Kolagen Tipe 2: Berperan dalam Pemeliharaan Fungsi Persendian

Untuk kolagen tipe II biasanya ditemukan pada minuman kolagen yang cenderung diperuntukkan sebagai perawat sendi dan tulang rawan. Buat orang yang menderita nyeri sendi dianjurkan memilih minuman dengan kandungan kolagen tipe II. Selain efektif mengurangi artritis akibat penuaan, masalah radang sendi akibat salah gerak atau olahraga dapat teratasi oleh kolagen tipe II.

Sayangnya, minuman kolagen tipe II tidak banyak dijual di pasaran. Bila Anda mencari produk yang ditujukan untuk menyehatkan persendian dan tulang rawan, atau ingin mengurangi nyeri sendi di bagian lutut, sebaiknya Anda membeli suplemen kolagen yang menggunakan kolagen tipe II dalam bentuk tablet.

Pilihlah berdasarkan Wujud Kolagen yang Digunakan

Kolagen adalah unsur yang sulit diserap oleh tubuh. Maka dari itu, setiap orang yang memerlukan asupan kolagen tambahan untuk memilih produk jenis apa pun yang molekul kolagennya telah dipecah ke dalam bentuk lebih kecil. Pada minuman kolagen misalnya, Anda disarnakan memilih produk yang mencantumkan kolagen berwujud peptide collagen atau hydrolyzed collagen karena memiliki berat molekul rendah.

Bila menginginkan efek lebih baik lagi, cobalah membeli produk kolagen tripeptide agar penyerapannya optimal. Namun, untuk memperoleh minuman kolagen dengan wujud tripeptide collagen tidaklah mudah. Selain masih jarang ditemukan di Indonesia, rata-rata harganya pun tinggi, apalagi jika kolagennya berasal dari ikan  (fish collagen atau marine collagen) yang efektiitasnya lebih baik dibandingkan kolagen dari hewan darat.

Pilihlah berdasarkan Sumber Bahan Bakunya

Kolagen yang berasal dari sumber hewan darat disebut bovine collagen. Biasanya, sapi, ayam, dan babi dipilih sebagai hewan untuk diolah dan diambil unsur kolagennya. Nama lain bovine collagen adalah grass-fed collagen. Harga jual produk kolagen dari sumber darat cenderung lebih murah karena lebih sulit diserap dibandingkan kolagen dari hewan laut.

Untuk kolagen dari sumber hewan laut dinamakan marine collagen, namun umumnya disebut fish collagen karena berasal dari ikan. Beberapa marine collagen menggunakan sumber lain seperti ubur-ubur. Minuman kolagen yang menggunakan bahan baku marine collagen lebih tinggi nilai jualnya karena kolagen dari hewan laut lebih baik dan mudah diserap tubuh.

Jika Anda mengharapkan peran maksimal, direkomendasikan memilih minuman kolagen yang bahan bakunya diambil dari kulit ikan atau tulang ikan muda. Apabila memungkinkan, hindari minuman kolagen yang bahan baku kolagennya diambil dari sisik ikan atau ikan mentah karena kualitasnya kurang baik.

Pilih dengan Mengecek Jumlah Kolagennya

Para ahli tidak mencapai kesepakatan bulat berapa seharusnya orang dewasa menerima porsi kolagen dalam sehari. Namun, secara umum, angka 5.000 – 8.000 per hari dikatakan efektif untuk kulit, sedangkan 10.000 – 12.000 dianggap baik untuk pemeliharaan tulang dan persendian. Apabila Anda kali pertama mengonsumsi minuman kolagen, disarankan mengambil produk yang minimal mengandung 5.000 mg kolagen per saji.

Sama halnya dengan vitamin C, ketika kolagen yang masuk berlebihan, maka sisa yang tidak digunakan akan disekresi melalui urin. Sebaiknya Anda tidak mengonsumsi secara berlebih untuk meringankan kerja ginjal dalam mengolah sisa kolagen dan unsur-unsur sampah lain. Periksalah jumlah kolagen pada keterangan produk agar Anda lebih mudah menentukan minuman kolagen mana yang paling cocok dengan Anda.

Periksa Kandungan Pendukung yang Tersimpan di Dalamnya

Bahan pendukung seperti vitamin C dicantumkan ke dalam minuman kolagen bukan tanpa alasan. Sebagaimana diketahui, vitamin C akan membantu menyintesis kolagen yang telah diedarkan ke seluruh jaringan tubuh setelah berubah unsur menjadi asam amino. Selain vitamin C, zat besi juga mendukung pembentukan kolagen sehingga kedua zat pendukung ini umum ditemukan pada minuman kolagen.

Jika Anda mengharapkan kulit yang kenyal sekaligus mulus, carilah bahan pendukung yang melengkapi produk dengan fungsi mencerahkan, misalnya vitamin C tadi yang akan mengurangi jumlah melanin penyebab bintik gelap pada kulit. Selain itu, bahan pendukung lain semisal elastin dikenal ampuh meningkatkan elastisitas kulit, hyaluronic acid akan menghidrasi kulit agar tidak kering dan rusak, atau polyphenol sebagai komponen pencerah lain yang akan menambah nilai lebih dari minuman kolagen.

Pastikan Harganya Terjangkau untuk Pengonsumsian Jangka Panjang

Mungkin ini adalah faktor yang memengaruhi tingkat keberhasilan Anda. Jadi, jangan sampai Anda lewatkan untuk mempertimbangkan produk dari sisi harganya. Sebentar lagi akan Anda lihat bahwa rata-rata minuman kolagen dibanderol dengan kisaran harga Rp50.000 – Rp100.000 lebih per botolnya.

Karena minuman kolagen perlu dikonsumsi setiap hari, Anda harus menyediakan bujet cukup agar bisa memenuhi kebutuhan harian. Apalagi produk yang kandungan kolagennya mencapai 10.000 mg atau lebih, tentu harga jualnya lebih tinggi. Ada tidaknya varian rasa ikut menambah harga jual yang mau tidak mau mengharuskan Anda melakukan penghitungan kembali.

Upayakan membeli produk yang dari segi rasa, harga, dan kualitas seimbang. Pilihlah minuman kolagen yang mudah dijangkau oleh Anda agar setidaknya bisa Anda konsumsi 1 – 2 minggu untuk melihat perubahannya. Untuk memangkas biaya, disarankan memilih produk dalam bentuk sachet yang umumnya lebih murah. Bila berbentuk botol, carilah yang berukuran besar agar bisa dituang ke dalam gelas, sehingga lebih praktis dan hemat.

Pilih yang Rasanya Enak agar Tidak Cepat Bosan

Anda akan menemukan minuman kolagen dengan banyak pilihan rasa. Umumnya produk collagen drinks bercita rasa buah-buahan segar, misalnya strawberry, raspberry, blueberry, lemon, lici, dan lain sebagainya. Adanya rasa membantu Anda mengonsumsi secara teratur sekaligus mencegah kebosanan.

Namun, ada hal yang penting Anda ketahui, jika kandungan kolagen pada produknya mencapai puluhan hingga belasan ribu miligram, Anda mungkin akan mendapati rasa yang kurang enak. Produk tersebut dirancang khusus untuk keperluan orang yang mengalami kekurangan kolagen. Maka itu, penting mengetahui berapa kebutuhan kolagen Anda karena berhubungan pula dengan cita rasa yang ditawarkan.

10 Rekomendasi Minuman Kolagen Terbaik

Berikutnya akan kami ulas sejumlah minuman kolagen terbaik untuk Anda beli dan jadikan stok di rumah. Beberapa produk dikemas dalam sediaan botol yang jelas lebih praktis, bahkan bisa Anda bawa bepergian untuk diminum di sela-sela aktivitas. Pilihlah dengan mengutamakan kebutuhan Anda, mulai dari jumlah kolagen hingga kesesuaian budget yang Anda miliki. Selamat memilih!

1. Diva Mixed Berries Drink

Minuman kolagen yang rendah kalori

Diva Mixed Berries Drink merupakan minuman kolagen keluaran Kalbe yang mengandung kolagen aktif, super antioksidan, dan vitamin E. Minuman yang diklaim rendah kalori ini bermanfaat untuk mengencangkan kulit, mengurangi kerutan,  meningkatkan kelembapan, serta membantu regenerasi kulit. Selain itu, antioksidan yang terdapat di dalamnya berfungsi merawat wajah dari molekul bebas penyebab flek dan noda hitam di wajah.

Diva Mixed Berries Drink tidak mengandung bahan pengawet dan pemanis buatan yang artinya aman untuk dikonsumsi. Kalori yang terkandung di dalamnya pun tergolong rendah, yaitu hanya 35 kkal serta bebas lemak. Anda akan merasakan perubahan langsung setelah meminumnya dalam 14 hari, serta hasil yang optimal dalam 84 hari.

Jumlah kolagen 1.000 mg
Sumber kolagen Marine collagen
Kandungan pendukung Vitamin A, vitamin E, selenium, lycopene
Rasa Mixed berries (buah delima, acai, acerola, dan biji anggur)
Isi 6 botol @65 ml
Kisaran harga Rp70.000

2. Shiseido The Collagen Drink

Ampuh menyamarkan tanda-tanda penuaan

Salah satu tanda kurangnya kolagen tubuh adalah lambatnya proses penyembuhan luka. Untuk menangani kondisi tersebut, Shiseido menghadirkan minuman kolagen dengan kandungan pendukung ornithine yang baik untuk membantu pertumbuhan sel-sel kulit.

Tak hanya menyediakan protein kolagen, Shiseido The Collagen Drink juga lengkap akan komponen lain seperti ceramide, royal jelly, hyaluronic acid, GABA, dan beberapa jenis vitamin. Konsumsi teratur minuman kolagen ini tak sebatas membuat kulit awet muda, namun sekaligus sehat luar dalam!

Jumlah kolagen 1.000 mg
Sumber kolagen Marine collagen
Kandungan pendukung Royal jelly, hyaluronic acid, ceramide, GABA, ornithine, vitamin B2, vitamin B6, vitamin C, vitamin E
Rasa Mixed fruit
Isi 10 botol @50 ml
Kisaran harga Rp750.000

3. Everwhite Hi-Collagen Powder Drink

Tangkal radikal bebas melalui kandungan Pro-Glutathione-nya!

Minuman kolagen produksi brand lokal ini menganotngi banyak manfaat yang akan dirasakan tubuh, di antaranya mencerahkan kulit, menghilangkan noda hitam dan bekas luka, mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh, melancarkan pencernaan, dan membuat kulit lebih kencang dan kenyal.

Everwhite Ho-Collagen Powder Drink terbuat dari gabungan Pro-Glutathione, soluble fiber C, vitamin C, vitamin E, dan ekstrak buah anggur serta stroberi. Kandungan fish collagen yang ada di dalamnya pun dikenal ampuh dalam mengurangi kemunculan keriput di wajah. Saat akan mengonsumsinya, disarankan agar tidak menggunakan air dingin maupun air panas supaya tidak merusak manfaat dari kolagen tersebut.

Jumlah kolagen Tidak disebutkan
Sumber kolagen Marine collagen
Kandungan pendukung Pro-Glutathione, soluble fiber C, vitamin C, vitamin E, ekstrak anggur, ekstrak stroberi
Rasa Stroberi + anggur
Isi 20 sachet @12 gr
Kisaran harga Rp134.000

4. K-Liquid Mixed Collagen Drink

Bantu wujudkan kulit elastis, lembut, dan bercahaya

Minuman dengan kandungan 3.000 mg marine peptide collagen ini dikenal ampuh meningkatkan kelembapan dan kadar air dalam kulit. Selain itu, komposisi ekstrak stroberi dan apelnya berfungsi mendukung proses detoksifikasi di hati, mencegah kerutan di wajah, menyuburkan kulit, dan mencerahkan serta meningkatkan kilau kulit.

K-Liquid Mixed Collagen Drink bercita rasa buah lici yang nikmat. Anda bisa mengonsumsi minuman kolagen ini mulai usia 25 tahun. Alasannya, tubuh mulai kehilangan kolagen 1,5% per tahun sejak usia tersebut. Untuk Anda yang berumur 35 tahun ke atas, disarankan untuk mengonsumsi paling sedikit 1 botol per hari.

Jumlah kolagen 3.000 mg
Sumber kolagen Marine collagen
Kandungan pendukung Ekstrak stroberi, ekstrak apel
Rasa Lici
Isi 10 botol @50 ml
Kisaran harga Rp1.450.000

5. Kinohimitsu J’Pan Collagen Diamond Drink

Terbuat dari 100% bahan alami yang tersertifikasi

Kinohimitsu, perusahaan bio-nutraceutical dan cosmeceutical dengan penjualan terbaik di Singapura dan Malaysia ini meluncurkan salah satu produk unggulannya, Kihomitsu J’Pan Collagen Diamond Drink. Minuman fungsional ini berfungsi melindungi kulit agar tetap awet muda, kencang, dan elastis. Selain itu, minuman yang terbuat dari 100% bahan alami ini dapat membantu pembentukan tulang, rambut, gigi, otot, serta meningkatkan kekuatan sebagian besar organ utama tubuh.

Bagi Anda yang takut akan bahan berbahaya yang terkandung di dalamnya, Kihomitsu J’Pan Collagen Diamond Drink menjamin tidak adanya kandungan gula, pengawet, pewarna, dan perasa buatan sehingga aman dikonsumsi. Minuman kolagen ini juga sudah teruji oleh SGS, perusahaan pengawasan umum dalam hal pengujian dan sertifikasi produk.

Jumlah kolagen 5.300 mg
Sumber kolagen Marine collagen
Kandungan pendukung Perilla seed extract, silk protein peptide, soy isoflavone, ekstrak apel, ekstrak lemon, ekstrak lici
Rasa Tidak disebutkan
Isi 6 botol @50 ml
Kisaran harga Rp470.000

6. Avance CollaPlus Drink

Bahan-bahan kecantikan premium berkumpul jadi satu untuk ciptakan kulit awet muda!

Minuman kolagen rasa delima ini mengandung bahan-bahan kecantikan premium, seperti bubuk mutiara, peptida kolagen, ekstrak buah semangka, dan ekstrak delima. Masing-masing kandungannya berfungsi membantu meningkatkan kekenyalan kulit, memberikan dehidrasi maksimal pada kulit, mencerahkan kulit, dan efek antioksidan serta anti penuaan.

Cara mengonsumsi Avance CollaPlus Drink cukup mudah. Hanya dengan melarutkan satu bungkus pada 50-100 mL air bersuhu dingin atau normal, minuman ini sudah siap dikonsumsi. Disarankan untuk meminumnya setiap hari sebelum tidur saat perut keadaan kosong untuk hasil yang maksimal.

Jumlah kolagen 5.000 mg
Sumber kolagen Marine collagen
Kandungan pendukung Bubuk mutiara, ekstrak semangka, ekstrak delima
Rasa Delima
Isi 15 sachet
Kisaran harga Rp445.000

7. Pure Collagen Healthy Skin Care

Tidak mengakibatkan kenaikan berat badan

Bagi Anda yang mempunyai ketakutan akan kenaikan berat badan, Pure Collagen Healthy Skin Care adalah produk yang Anda butuhkan. Ya, minuman kolagen ini tidak mengakibatkan berat badan dan asam lambung naik, serta aman dikonsumsi dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Pasalnya, produk ini menggunakan bahan-bahan kaya kebaikan, seperti collagen, hyaluronat, vitamin C, ikan tilapia, dan buah stroberi yang diproduksi dengan teknologi tinggi.

Pure Collagen Healthy Skin Care bermanfaat untuk mencerahkan, melembapkan, dan menutrisi kulit, mengatasi jerawat dan bekas jerawat, mengecilkan pori-pori, serta mencegah penuaan dini. Minuman ini diklaim tidak memiliki efek samping negatif, baik selama pemakaian maupun setelah tidak mengonsumsinya lagi.

Jumlah kolagen Tidak disebutkan
Sumber kolagen Marine collagen
Kandungan pendukung Natrium hyaluronate, vitamin C, ekstrak stroberi
Rasa Stroberi
Isi 30 sachet
Kisaran harga Rp128.000

8. Roove Collagen Blueberry Drink

Minuman kolagen pertama dengan kandungan ekstrak blueberry dan pemanis alami stevia

Roove Collagen Blueberry Drink adalah minuman kolagen pertama di Indonesia yang mengandung ekstrak blueberry. Seperti diketahui, blueberry menyimpan antioksidan tertinggi di dunia, melebihi kandungan antioksidan pada apel, anggur, dan cranberry. Paduan ekstrak blueberry dan fish collagen nya pun akan merawat kulit Anda luar dalam!

Diperkaya vitamin C, omega 3 & 6, hyaluronic acid, dan L-Glutahuion, produk ini akan meningkatkan keremajaan kulit, samarkan kerutan halus di wajah, memperbaiki kulit yang terbakar matahari, dan menghambat penuaan. Kandungan stevia sebagai pemanis alami dan non dairy creamer memastikan produk ini takkan menyebabkan kenaikan berat badan.

Jumlah kolagen 2.000 mg
Sumber kolagen Marine collagen
Kandungan pendukung Hyaluronic acid, L-glutathione, stevia
Rasa Blueberry
Isi 25 sachet
Kisaran harga Rp315.000

9. The Beauty Bites Infused Collagen

Tidak mengandung pengawet membuatnya semakin aman diminum!

Ekstrak lemon pada The Beauty Bites Infused Collagen memberikan nutrisi vitamin C yang sangat baik bagi ketahanan tubuh. Minuman ini bermanfaat mencegah penuaan dini, mencerahkan kulit, mengencangkan dan menjaga kelembapan kulit, serta menghilangkan kerutan dan garis-garis halus di wajah

Produk ini dianjurkan untuk Anda yang berusia 25 tahun. Untuk Anda yang selalu begadang, peminum kopi, serta suka menghabiskan berjam-jam dalam lingkungan yang ber-AC juga dapat mengandalkan minuman kolagen berikut untuk pemeliharaan kondisi kulit.

Jumlah kolagen 5.000 mg
Sumber kolagen Marine collagen
Kandungan pendukung Ekstrak lemon, cinnamon, cardamom, chitosan, sorbic acid
Rasa Lemon
Isi 1 botol 100 ml
Kisaran harga Rp63.000

10. Laneige Youth Collagen Drink

Minuman kolagen yang dapat meningkatkan kualitas tidur Anda

Laneige Youth Collagen Drink diklaim dapat memberikan hidrasi pada kulit, melembapkan serta mencerahkan kulit. Lebih hebatnya, produk ini mampu meningkatkan kualitas tidur hingga 39,1% setelah pemakaian selama delapan minggu. Peningkatan kualitas tidur ini tentu saja berpengaruh baik bagi kulit, menjadikannya lebih glowing dan elastis, serta kerutan pada mata ikut berkurang.

Laneige mengandalkan gamma-Aminobutyric acid (GABA) sebagai komponen pendukung yang  akan memberikan efek relaksasi untuk stress relief. Bila Anda ingin tidur nyenyak setiap malam, cobalah konsumsi produk ini sebelum tidur. Untuk Anda yang mengalami kekeringan kulit, produk ini mengandung banyak mineral anorganik dengan kinerja baik mengembalikan kelembapan kulit.

Jumlah kolagen 5.000 mg
Sumber kolagen Marine collagen
Kandungan pendukung Deep sea water, gamma aminobutyric acid, pomegranate extract, red orange extract
Rasa Fruity (pomegranate + orange)
Isi 30 botol 25 ml
Kisaran harga Rp1.804.000

Lihat juga rekomendasi suplemen kolagen terbaik di sini!

Bentuk minuman memberikan keleluasaan bagi Anda dalam menentukan cita rasa dan bentuk kemasan. Sebenarnya, kolagen juga bisa diterima tubuh dari bentuk suplemen.

Di artikel lain, kami sempat mereferensikan suplemen kolagen terbaik. Anda yang tertarik mencobanya bisa mengecek produk rekomendasi kami pada taut berikut.

10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik

Kesimpulan

Perlu Anda perhatikan, minuman kolagen pada umumnya terbuat dari unsur hewani sehingga sebagian mungkin masih mengeluarkan bau kolagen ikan. Maka dari itu, pastikan agar produk yang Anda beli bisa diminum bersama makanan lain, misalnya yoghurt atau dicampur dengan susu untuk menutupi bau kolagen ikan.

Bagaimana pendapat Anda setelah melihat sepuluh minuman kolagen terbaik rekomendasi kami pada list di atas? Ada banyak sekali pilihan minuman kolagen yang bukan hanya enak dari segi rasa, tetapi juga praktis diminum karena beberapa merek menghadirkan produk sediaan botol. Rutinlah meminumnya untuk memperoleh kulit dan tubuh yang sehat. Semoga berhasil!

(Visited 16.987 times, 134 visits today)