Written by 02:45 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Ibu Menyusui

Air Susu Ibu (ASI) merupakan nutrisi terbaik yang bisa diberikan pada bayi yang baru lahir. Oleh karenanya, banyak ibu berusaha meningkatkan kualitas ASI agar bayi mendapatkan asupan gizi maksimal. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi suplemen khusus untuk ibu menyusui. Selain berguna melancarkan ASI, kesehatan ibu pun lebih terjaga.

Anda bisa menemukan berbagai brand suplemen ibu menyusui di pasaran, seperti Legendairy, Blackmores, Herbilogy, MamaBear, dan masih banyak lagi. Bingung memilihnya? Tenang, pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih suplemen menyusui sesuai kebutuhan Anda. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik versi PickyBest. Selamat membaca!

Perlukah Ibu Menyusui Mengonsumsi Suplemen?

Meskipun diproduksi secara alami, adakalanya kualitas ASI menurun. Hal itu bisa disebabkan berbagai faktor, seperti stres atau kelelahan. Akibatnya, produksi ASI tidak lancar sehingga asupan nutrisi untuk bayi menjadi kurang maksimal. Suplemen berfungsi sebagai pelengkap asupan makanan ibu agar kondisi tubuhnya tetap fit selama menyusui. Suplemen menyusui juga biasanya mengandung vitamin B dan D, yang penting bagi ibu dan bayi.

Saat membeli, pastikan Anda memilih suplemen yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Perhatikan juga apakah suplemen tersebut mengandung bahan tertentu yang dapat memicu reaksi alergi bagi Anda. Agar lebih tenang, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suplemen menyusui.

Cara Memilih Suplemen untuk Ibu Menyusui

Pada bagian ini, kami telah merangkum beberapa informasi mengenai cara memilih suplemen untuk ibu menyusui. Hal yang perlu dipertimbangkan antara lain, kandungan nutrisi serta bentuk produknya. Simak pembahasan selengkapnya di bawah ini, ya!

Pilih Suplemen dengan Kandungan Esensial untuk Ibu dan Bayi

Suplemen bertindak sebagai pelengkap nutrisi dari makanan harian ibu. Oleh karena itu, kandungan nutrisinya harus dapat memenuhi kekurangan asupan gizi dari makanan sehari-hari. Berikut ini beberapa kandungan esensial yang terkandung di dalam suplemen ibu menyusui.

Vitamin A: Bagus untuk Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A didapatkan dari senyawa beta-carotene yang secara alami ada pada sayur dan buah-buahan. Vitamin A baik untuk memelihara kesehatan mata dan memperlambat penurunan kemampuan penglihatan. Selain itu, vitamin A juga baik untuk meningkatkan sistem imunitas ibu dan bayi agar tidak mudah sakit. Ibu menyusui sebaiknya mengonsumsi kurang lebih 1.000 mcg vitamin A per harinya.

Vitamin B Kompleks: Kaya Manfaat Baik bagi Ibu dan Bayi

  • Vitamin B1 dan B2; Menunjang tumbuh kembang otak dan saraf bayi serta menyediakan tambahan energi bagi ibu menyusui. Asupan minimal yang disarankan adalah 1 mg per hari.
  • Vitamin B3 dan B6; Memelihara kesehatan mata dan kulit. Vitamin B6 juga disebut-sebut dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Asupan yang diperlukan setiap harinya adalah 2 mg.
  • Vitamin B9 dan B12; Membantu pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia pada bayi serta meningkatkan intensitas produksi ASI. Kedua vitamin ini juga dapat menjaga tubuh tetap fit. Jumlah konsumsi yang disarankan adalah ±400 mg vitamin B9 dan 3 mcg vitamin B12 per hari.

Vitamin C: Memelihara Kekebalan Tubuh

Dalam periode menyusui, tubuh ibu dituntut untuk selalu siap menyusui. Mengonsumsi vitamin C dapat membantu memelihara stamina ibu agar senantiasa bugar. Tercukupinya vitamin C juga membantu ibu tidak mudah lelah menjalani rutinitasnya. Takaran vitamin C yang dibutuhkan ibu menyusui per harinya sekitar 100-120 mg.

Vitamin D: Meningkatkan Kekuatan Tulang dan Gigi Bayi

Vitamin D memegang peranan penting bagi manusia. Ia membantu tubuh menyerap kalsium secara optimal. Bersama dengan kalsium dan fosfor, vitamin D dapat meningkatkan kepadatan tulang ibu serta bayinya. Selain itu, vitamin D juga dapat merangsang pertumbuhan gigi pada bayi. Jumlah konsumsi vitamin D harian yang dianjurkan adalah ±15 mcg.

Vitamin E: Mencegah Kerusakan Sel dan Jaringan Tubuh

Vitamin E telah dikenal sebagai zat yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit. Manfaat lain yang tak kalah penting adalah memelihara sel dan jaringan tubuh dari kerusakan. Vitamin E juga dapat membantu meningkatkan sistem imun. Bagi ibu menyusui, konsumsi vitamin E hariannya sebaiknya tak kurang dari 15-20 mg.

Nutrisi Penting Lainnya yang Harus Diperhatikan

Selama periode menyusui, sangat penting untuk menjaga kepadatan tulang ibu. Konsumsi kalsium memang tidak akan mengurangi atau menambah jumlah kalsium dalam ASI. Namun, kekurangan asupan kalsium akan berdampak pada kesehatan tulang ibu menyusui. Dampaknya antara lain adalah nyeri punggung hingga tulang keropos. Oleh sebab itu, sebaiknya ibu menyusui mengonsumsi kalsium sebanyak 1.200 mg per hari.

Nutrisi lain yang patut dipertimbangkan adalah zat besi, yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Dengan memenuhi asupan zat besi, ibu akan terhindar dari anemia dan keletihan. Hal ini karena zat besi berperan mengikat oksigen dalam darah dan mengedarkannya ke seluruh tubuh. Asupan zat besi harian yang diperlukan ibu menyusui kurang lebih 30-35 mg .

Untuk mendukung perkembangan otak bayi, diperlukan sejenis asam lemak yang lebih dikenal dengan sebutan omega 3, seperti DHA dan EPA. Kekurangan asupan omega 3 dapat berdampak pada berkurangnya kandungan omega 3 pada ASI. Oleh karenanya, pastikan ibu mengonsumsi omega 3 sebanyak 300-600 mg setiap hari.

Nutrisi yang tak kalah wajib dipenuhi yaitu yodium. Ibu menyusui termasuk golongan yang rentan kekurangan yodium. Selain pembengkakan kelenjar tiroid, kekurang yodium juga dapat menghambat tumbuh kembang bayi. Yodium relatif mudah dikonsumsi karena biasanya terkandung pada garam juga suplemen makanan. Jumlah konsumsi yang dianjurkan untuk ibu menyusui adalah antara 200-250 mcg.

Pilih yang Bentuknya Tidak Menyulitkan untuk Dikonsumsi

Bentuk suplemen yang beredar di pasaran sangat bervariasi, mulai dari kapsul, pil, tablet, serbuk, hingga cairan. Sesuaikan bentuk suplemen dengan kenyamanan Anda ketika mengonsumsinya. Suplemen padat seperti kapsul, pil, atau tablet relatif lebih mudah dikonsumsi karena bisa langsung ditelan dengan air putih.

Namun, jika Anda termasuk orang yang sama sekali tidak bisa meminum tablet, suplemen berbentuk serbuk atau cair adalah pilihan ideal. Umumnya, suplemen serbuk bisa dinikmati dengan mencampurkannya pada minuman hangat atau dingin. Agar lebih aman bagi ibu dan bayi, sebaiknya pilih yang tidak mengandung tambahan perasa dan pewarna artifisial

10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Ibu Menyusui

Di bawah ini kami telah menyiapkan sepuluh produk suplemen laktasi dari berbagai merek. Silakan Anda pilih sesuai kriteria terbaik Anda.

1. Herbs of Gold Breastfeeding Support

Ekstrak tanaman fanugreek untuk meningkatkan produksi ASI

Tanaman fanugreek merupakan jenis tanaman herbal yang sering digunakan sebagai ASI booster di negara-negara Barat seperti Amerika Serikat. Selain fanugreek, produk ini juga mengekstraksi manfaat blessed thistle untuk memaksimalkan fungsi kelancaran ASI. Kedua bahan herbal ini diproses dengan cara dikeringkan kemudian dikemas dalam stoples tabung berisi 60 butir.

Herbs of Gold melabeli produknya vegan friendly serta tidak mengandung kacang-kacangan. Komposisinya relatif aman dari kandungan yang bersifat alergen seperti laktosa, gluten, dan kacang. Nilai tambah lain suplemen ini adalah bebas pewarna, perasa, dan pengawet sehingga dipastikan aman bagi ibu dan bayi.

Kandungan Fenugreek seed extract, blessed thistle herb extract
Bentuk Tablet
Dosis 2 tablet/hari
Keamanan Formula bahan herbal (vegan)
Berat/isi 60 butir
Kisaran harga Rp280.000

2. Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold

Bisa dikonsumsi sejak masa kehamilan

Suplemen dengan kandungan fish oil terkadang mengeluarkan aroma sedikit amis yang bisa memicu rasa mual. Namun, hal ini tidak berlaku untuk Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold. Meski mengandung fish oil yang kaya kandungan DHA, produk ini tidak menimbulkan aroma amis yang mengganggu. Suplemen ini juga tinggi kandungan kalsium untuk memelihara kekuatan tulang.

Tak hanya itu, mineral zat besi di dalamnya didapatkan dari besi fumarat, yang lebih ramah bagi pencernaan ibu. Menariknya lagi, suplemen ini bisa dikonsumsi sejak masa kehamilan sebagai nutrisi untuk ibu dan janin. Tak perlu khawatir, dosis produk ini telah disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi harian ibu hamil dan menyusui di Indonesia.

Kandungan Asam folat, kalium iodide, omega-3 (DHA + EPA), zat besi, niasin, vitamin C, kalsium, zinc, magnesium, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, vitamin E
Bentuk Kapsul
Dosis 2 kapsul/hari
Keamanan BPOM SI174307791
Berat/isi 60 butir
Kisaran harga Rp165.000

3. Legendairy Milk Pump Princess

Terbuat dari perpaduan tanaman herbal organik bagi ibu yang alergi fanugreek

Beberapa wanita mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi suplemen laktasi yang mengandung biji fanugreek. Jika Anda adalah salah satunya, produk suplemen keluaran Legendairy ini dapat menjadi alternatif. Mengantongi sertifikasi khusus fanugreek-free serta 100% vegan, Anda bisa lebih yakin mengonsumsi produk ini tanpa khawatir risiko alergi.

Anda yang concern dengan bahan pangan organik juga patut mempertimbangkan Legendairy Milk Pump Princess. Legendairy memastikan produknya 100% terbuat dari bahan organik. Produk ini juga berlabel nonGMO yang berarti tanaman herbalnya dibudidayakan secara alami tanpa rekayasa genetika. Dalam tiap kapsulnya, Anda akan mendapatkan kebaikan black cumin seed, fennel seed, serta tanaman herbal lainnya.

Kandungan Black cumin seed, fennel seed, dill seed
Bentuk Kapsul
Dosis 3 kali per hari @2 kapsul
Keamanan Terbuat dari bahan organik herbal (vegetarian), halal, sugar free, no additives, no fillers, NON GMO Verified
Berat/isi 60 butir
Kisaran harga Rp430.000

4. MamaBear Teh Pelancar ASI

Nikmati segudang manfaat dalam secangkir teh yang nikmat

Produk ini berbentuk serbuk teh siap seduh yang sangat praktis untuk Anda nikmati sehari-hari. Cukup tuangkan 1 sachet ke dalam 200-300 ml air hangat maupun dingin, teh pun siap untuk diminum. Anda bisa menambahkan pemanis tambahan seperti gula atau madu. Jika ingin rasanya lebih segar, tambahkan perasan lemon ke dalamnya.

MamaBear Teh Pelancar ASI akan cocok bagi Anda yang kurang suka mengonsumsi suplemen berbentuk tablet. Anda akan tetap mendapatkan tambahan nutrisi yang dibutuhkan, sekaligus menikmati seduhan teh yang menenangkan. Tak perlu khawatir soal keamanan produk, MamaBear Teh Pelancar ASI telah mendapatkan izin edar dari Badan POM serta label Halal MUI.

Kandungan Trigonella foenum-graecum seed, feoniculum vulgare seed, pempinella anisum seed, nigella sativa seed (habattussauda), stevia zanthorrhiza root, curcuma longa root, zingiber officinale
Bentuk Bubuk
Dosis 3 – 4 sachet/hari
Keamanan BPOM TR183213571, Halal LPPOM MUI 071200355551016, tidak mengandung kafein, terbuat dari bahan-bahan alami
Berat/isi 20 sachet @3 gram
Kisaran harga Rp42.000

5. Herbilogy Breastfeeding

Ekstrak daun katuk dan daun kelor untuk produksi ASI lebih deras

Daun katuk telah dikenal luas sebagai tanaman herbal yang berkhasiat meningkatkan produksi ASI. Produk ini terbuat dari komposisi ekstrak daun katuk, daun kelor, dan fanugreek yang ampuh untuk membuat ASI lebih deras. Di dalam daun katuk terdapat senyawa polyphenol yang baik untuk merangsang hormon laktasi. Sementara itu, daun kelor dan biji fanugreek bermanfaat untuk melancarkan keluarnya ASI.

Produk ini diklaim aman untuk konsumsi harian karena tidak mengandung pewarna, pengawet, serta bahan kimia lainnya. Hal yang tak kalah penting, produk ini sudah legal beredar di Indonesia berkat sertifikasi dari BPOM dan label halal MUI. Saat mengonsumsi suplemen ini, Anda dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih.

Kandungan Sauropus androgynus (daun katuk) extract, moringa oliefera (daun kelor) extract, trigonella foenum-graecum (fenugreek) extract
Bentuk Kapsul
Dosis 2 – 3 kapsul/hari
Keamanan Bebas pengawet, pewarna, aroma, serta bahan kimia obat, BPOM TR162393971, Halal MUI
Berat/isi 60 butir
Kisaran harga Rp86.900

6. Mama ASIX Teh Pelancar ASI

Sumber: Shopee.co.id

Kemasan tea bag untuk hasil seduhan tanpa residu

Mama ASIX Teh Pelancar ASI dikemas dalam tea bag sehingga cara penyajiannya sangat praktis. Seduhan teh akan berwarna kecoklatan dengan sendirinya tanpa perlu banyak diaduk. Selain itu, tea bag akan membuat Anda lebih nyaman karena bisa diminum tanpa terganggu ampasnya.

Teh ini terbuat dari campuran tanaman herbal seperti bunga lawang dan habbatussauda. Produk ini baik untuk menjaga keseimbangan hormon sekaligus meningkatkan imunitas ibu dan bayi. Tak hanya itu, Mama ASIX juga mengeklaim produknya mampu menambah produksi ASI dalam waktu singkat, antara 1-3 hari saja.

Kandungan Fenugreek, adas, bunga lawang, jintan hitam (habbatussauda), temulawak, kayu manis
Bentuk Kantong teh (tea bag)
Dosis 2 kali /hari
Keamanan 100% bahan herbal, P-IRT No. 2133524010914-21, Halal LPPOM MUI No. 07120052401218
Berat/isi 210 g / 60 tea bag
Kisaran harga Rp110.000

7. Nulacta Plus

Sumber: Blibli.com

Membantu perkembangan saraf dan otak bayi dengan kandungan DHA dan EPA

Pada usia bayi, buah hati Anda memerlukan nutrisi yang memadai agar tumbuh kembangnya optimal. Suplemen ini mengandung minyak ikan yang kaya DHA dan EPA, sangat bermanfaat untuk perkembangan saraf dan jaringan otaknya. Kandungan lain seperti asam folat, baik untuk produksi sel darah merah agar ibu terhindar dari anemia.

Kebanyakan suplemen laktasi tidak disarankan untuk diminum pada periode kehamilan karena dikhawatirkan dapat memicu terjadinya kontraksi. Namun, Nulacta Plus dapat dikonsumsi selama periode kehamilan dan menyusui. Selain itu, kandungan vitamin E dan kalsiumnya baik untuk menjaga kepadatan tulang serta kesehatan kulit ibu.

Kandungan Fish oil, EPA + DHA, peppermint oil, vitamin E, asam folat
Bentuk Kapsul
Dosis 2 kapsul/hari
Keamanan BPOM SI204331051
Berat/isi 5 blister @12 butir
Kisaran harga Rp278.000

8. Alamon ASI Booster

Sumber: Shopee.co.id

ASI booster dalam bentuk susu almon dengan 16 varian rasa

Bosan dengan suplemen ASI yang itu-itu saja? Anda bisa mencoba ASI booster satu ini. Alamon terbuat dari kacang almon yang telah diproses sedemikian rupa hingga menjadi butiran granula. Anda bisa menyeduhnya dengan air hangat, dingin, atau dijadikan milk shake. Alamon tersedia dalam 16 varian rasa, di antaranya dark chocolate, vanilla, avocado, dan cappucino.

Produk ini mengantongi kebaikan nutrisi kacang almon seperti tinggi kandungan polifenol, asam folat, vitamin E, dan serat. Selama menyusui, waktu makan dan minum ibu bisa saja menjadi berantakan sehingga kurang baik untuk pencernaan. Susu almon yang tinggi kandungan serat ini, baik untuk memelihara kesehatan pencernaan ibu untuk mencegah konstipasi.

Kandungan Vitamin E, polifenol, asam folat
Bentuk Bubuk
Dosis Untuk 5 kali minum @34 gram
Keamanan Dinkes PIRT : 3133674010093-23
Berat/isi 170 g
Kisaran harga Rp42.500

9. Nutrimax Mother

Sumber: Gogobli.com

Bisa juga dikonsumsi sebagai persiapan menghadapi kehamilan

Nutrimax Mother diformulasikan sebagai suplemen yang baik dikonsumsi sejak perencanaan kehamilan, masa kehamilan, hingga menyusui. Tiap tabletnya mengandung multivitamin lengkap yang dibutuhkan ibu seperti vitamin A, C, E, dan B kompleks. Nutrimax juga dapat membantu meminimalkan rasa mual yang biasa muncul selama trimester awal kehamilan.

Selain multivitamin, suplemen ini juga dilengkapi dengan nutrisi esensial lainnya seperti kalsium, zat besi, dan zinc. Dengan memenuhi kebutuhan gizi ibu, nutrisi untuk bayi juga senantiasa terjaga. Sebab, sumber nutrisi bayi merupakan dari tubuh ibunya. Calon ibu yang ingin segera mempunyai anak juga bisa mengonsumsi Nutrimax secara rutin. Produk ini membantu mempersiapkan tubuh menghadapi kehamilan.

Kandungan Vitamin A, vitamin C, vitamin D3, vitamin E, vitamin B1, niacin, vitamin B6, asam folat, vitamin B12, biotin, vitamin B5, kalsium, zat besi, fosfor, iodine, magnesium, zinc, mangan, potasium, kolin, inositol
Bentuk Tablet
Dosis 1 – 2 tablet/hari
Keamanan BPOM SI174508071
Berat/isi 30 butir
Kisaran harga Rp156.000

10. Hydromamma

Tersedia dalam berbagai rasa buah yang segar

Hydromamma cocok untuk Anda yang mencari suplemen dalam bentuk minuman menyegarkan. Produk ini dibungkus dalam kemasan sachet yang sangat praktis. Anda bisa menyeduhnya dengan air dingin, atau dicampur dengan minuman favorit Anda. Pilihan rasanya juga banyak, seperti lemon, mixed berry, dan coconut yang bisa Anda pilih sesuka hati.

Suplemen ini mengandung nutrisi lengkap untuk ibu menyusui agar tetap fit dan tidak mudah sakit. Tak hanya itu, Anda yang sedang menjalani masa kehamilan pun bisa mengonsumsinya. Rasa buahnya yang segar mampu mengurangi mual. Ia juga mampu membantu mengatasi perut begah. Satu lagi, produk ini juga tidak mengandung pewarna buatan atau zat kimia tambahan lainnya.

Kandungan Asam folat, vitamin C, kalium, natrium
Bentuk Bubuk
Dosis 2 – 3 sachet/hari
Keamanan Tanpa pewarna, pemanis buatan, rendah gula, tanpa kalori, BPOM
Berat/isi 12 sachet
Kisaran harga Rp55.000

Lihat juga rekomendasi susu dan vitamin untuk ibu hamil di sini!

Pemeliharaan kondisi tubuh diperlukan tak hanya ketika laktasi, tetapi juga pada fase kehamilan. Pada masa kehamilan, ibu memerlukan nutrisi seimbang untuk tubuhnya, serta bayi yang dikandungnya.

Guna menempuh kebutuhan nutrisi harian, susu dan vitamin khusus ibu hamil menjadi upaya yang bisa dilakukan. Di bawah ini, Anda bisa melihat pilihan produk susu maupun vitamin untuk ibu hamil.

10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Ibu Hamil
10 Rekomendasi Vitamin Terbaik untuk Ibu Hamil

Kesimpulan

Setiap orang tua tentu ingin memberikan kualitas ASI terbaik bagi bayinya. Mengonsumsi suplemen untuk ibu menyusui merupakan salah satu jalan yang bisa ditempuh. Di dalam suplemen menyusui terdapat nutrisi tambahan yang telah diformulasi khusus untuk kelancaran ASI ibu sekaligus memelihara kesehatan ibu.

Tak hanya bertindak sebagai ASI booster, suplemen laktasi juga dapat berfungsi memperkuat sistem imun ibu agar senantiasa sehat selama menyusui. Terdapat berbagai macam bentuk suplemen yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan selera. Setelah membaca artikel ini, kami harap Anda bisa mendapatkan suplemen ibu menyusui yang paling cocok untuk menemani periode laktasi Anda.

(Visited 24 times, 1 visits today)