Written by 01:46 Ibu & Anak

10 Rekomendasi ASI Booster Terbaik

ASI booster adalah makanan tambahan yang diklaim efektif meningkatkan produksi ASI. Di Indonesia, para ibu zaman dulu biasa mengonsumsi daun katuk atau daun pepaya dengan tujuan meningkatkan kuantitas ASI. Seiring waktu berjalan, ASI booster pun hadir dalam produk yang praktis dikonsumsi.

Pada artikel ini, kami akan memberi penjelasan terkait ASI booster, termasuk cara memilih dan produk-produk rekomendasi sebagai referensi Anda. Nature’s Way, Hydromamma, Herbilogy, dan lainnya adalah contoh merek ASI booster di pasaran. Manakah produk yang cocok untuk Anda? Ketahui bersama, yuk!

Apakah Setiap Ibu Menyusui Memerlukan ASI Booster?

Banyak ibu menyusui yang merasa membutuhkan ASI booster dengan alasan ASI-nya sedikit. Namun, apakah setiap ibu menyusui memang membutuhkan ASI booster? Tentu saja, penentuannya tergantung dari kondisi ibu dan anak itu sendiri.

Rata-rata ibu menyusui bisa menghasilkan ASI cukup sesuai kebutuhan bayinya, apalagi ibu yang menyusui langsung dari payudara setiap 2 – 3 jam. Produksi ASI juga dipengaruhi oleh banyak faktor, terutama kondisi psikologis sang ibu.

Namun, bagi ibu dengan produksi ASI rendah dikarenakan kondisi tertentu atau setelah dipisahkan dengan bayi karena suatu alasan, misalnya setelah bayi dirawat di NICU, konsumsi ASI booster sangat diperlukan.

Selain itu, ibu yang ingin menyusui bayi adopsi, menyusui secara tidak langsung (exclusive pumping), atau menyusui kembali setelah berhenti juga disarankan mengonsumsi ASI booster.

Cara Memilih ASI Booster

Banyaknya ASI booster yang beredar di pasaran mungkin membuat Anda bingung memilihnya. Berikut kami paparkan poin-poin yang akan membantu Anda mengatasi kebingungan itu.

Pastikan Mengandung Bahan untuk Meningkatkan Produksi ASI

Yang terutama harus diperhatikan dalam memilih ASI booster adalah kandungan bahannya. Ada beberapa bahan alami yang diklaim dapat menambah produksi ASI, di antaranya fenugreek, fennel, serta almon.

Fenugreek: Mendorong Produksi ASI serta Menambah Berat Badan Bayi

Banyak penelitian mengungkap bahwa fenugreek terbukti meningkatkan produksi ASI. Hal ini terlihat dari volume susu ibu menyusui yang mengonsumsi teh fenugreek berjumlah dua kali lebih banyak dari ibu yang tidak mengonsumsi.

Ibu menyusui yang rutin mengonsumsi kapsul fenugreek juga tampak mengalami peningkatan produksi ASI dalam sebulan. Peningkatan produksi ASI ini berpengaruh pada peningkatan berat badan bayi.

Oleh karenanya, banyak konselor laktasi merekomendasikan fenugreek sebagai ASI booster. Fenugreek juga dikategorikan aman oleh FDA (Food and Drug Administration) sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk mengonsumsinya.

Fennel: Mengandung Zat yang Mampu Meningkatkan Suplai ASI

Biji dan daun fennel atau tanaman adas dipercaya dapat melancarkan produksi ASI. Meski belum ada uji ilmiah secara menyeluruh yang memastikan bahwa fennel bisa meningkatkan kuantitas ASI, sebuah penelitian menyatakan bahwa ibu menyusui yang mengonsumsi herbal ini mengalami peningkatan jumlah ASI.

Namun, meski dinyatakan aman oleh FDA, berlebihan mengonsumsi fennel dapat membahayakan bayi melalui ASI. Bayi yang menyusu dari ibu pengonsumsi fennel berlebih berpotensi mengalami alergi hingga keracunan. Apabila Anda memiliki alergi seledri, wortel, dan tanaman mugwort lainnya, hindari konsumsi fennel.

Jika Anda ingin memilih fennel sebagai ASI booster, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Jangan sampai alih-alih ingin meningkatkan produksi ASI, Anda malah membahayakan diri dan si buah hati.

Almon: Selain Meningkatkan Kuantitas, Kualitas ASI pun Bertambah

Almon kaya kandungan nutrien dan sumber mineral penting sehingga banyak yang mejadikannya sebagai bahan utama ASI booster. Berbeda dengan bahan lainnya, ASI booster dari almon biasanya diproduksi dalam bentuk susu.

Selain meningkatkan kuantitas ASI, asam lemak omega-3 di dalam almon juga meningkatkan kualitas ASI. Almon juga mengandung kalsium dan fosfor untuk mebentuk tulang kuat dan sehat bagi ibu maupun bayi.

Pilih Bentuk yang Paling Nyaman untuk Anda Konsumsi

Setelah mengetahui bahan utama yang dapat meningkatkan produksi ASI, Anda juga perlu mempertimbangkan bentuk ASI booster sesuai kenyamanan Anda. Apa saja bentuk produk ASI booster paling umum di pasaran?

Kapsul: Praktis tanpa Perlu Diseduh maupun Diaduk

Jika Anda menyukai kepraktisan, ASI booster sediaan kapsul cocok dipilih. Selain praktis dibawa bepergian, Anda juga tidak perlu mengolahnya terlebih dulu. Cukup menyiapkan air putih, Anda bisa langusng menelannya tanpa menyita banyak waktu.

Biasanya, per kemasan produk berisi puluhan kapsul yang dapat dikonsumsi hingga beberapa minggu. Beberapa produk tak jarang mencantumkan nutrisi tambahan yang bermanfaat untuk ibu menyusui.

Bubuk: Cocok untuk Anda yang Sulit Mengonsumsi Bentuk Tablet

Sebagian orang kesulitan menelan tablet seperti kapsul atau pil. Apakah Anda salah satunya? Jika ya, pertimbangkan ASI booster dalam bentuk bubuk untuk Anda konsumsi.

Suplemen penambah ASI dalam bentuk bubuk bisa berupa bubuk susu atau bubuk dicampurkan langsung pada minuman. Meski perlu melakukan pengolahan terlebih dulu, Anda dapat menikmati varian rasa kesukaan untuk meningkatkan selera.

Teabag: Tawaran Sensasi Minum Teh yang Menenangkan

ASI booster juga hadir dalam bentuk serbuk teh berkemasan teabag. Bentuk ini cukup praktis tanpa perlu menakar serta tidak meninggalkan ampas. Anda dapat meminum ASI booster jenis ini layaknya minum teh!

ASI booster dalam bentuk teabag termasuk salah satu yang banyak diminati. Bila memungkinkan, pilihlah aroma teh yang Anda sukai untuk menambah kenikmatan. Perhatikan juga waktu konsumsi yang tepat sesuai aturan pakainya, ya.

Perhatikan Sertifikasi untuk Memastikan Keamanan Produk

Sumber: Pom.go.id

ASI booster merupakan suplemen makanan yang akan masuk ke tubuh Anda dan sedikit banyak berpengaruh terhadap bayi Anda melalui ASI. Tentu saja Anda tidak ingin memasukkan sembarang produk yang tidak aman bagi tubuh Anda dan si kecil.

Untuk itu, utamakan produk yang sudah tersertifikasi lembaga pengawas keamanan pangan. Di Indonesia, Anda bisa mengacu pada izin edar dari BPOM atau sertifikat halal dari MUI bagi Anda yang beragama Islam.

Selain kedua sertifikasi tersebut, Anda mungkin menemukan produk dengan izin edar lain, misalnya P-IRT. Bacalah saksama label izin edar, nomor registrasi, maupun sertifikasi pada kemasan, agar produk yang Anda konsumsi lebih terjamin keamanannya.

10 Rekomendasi ASI Booster Terbaik

Setelah memahami cara memilih ASI booster, kini saatnya Anda menyimak sepuluh rekomendasi ASI booster yang telah dirangkum khusus bagi Anda para ibu menyusui. Selamat menentukan pilihan!

1. Nature’s Way Fenugreek Seed

Menambah ASI sekaligus melancarkan pencernaan

Nature’s Way menghadirkan biji fenugreek dalam bentuk kapsul yang bisa Anda konsumsi dengan mudah. Tidak hanya menambah ASI, produk ini pun diklaim mampu melancarkan pencernaan.

ASI booster ini tidak mengandung pewarna, perasa buatan, serta pengawet, menjadikannya lebih aman bagi Anda dan buah hati. Bagi Anda yang alergi terhadap jagung kedelai, garam, gula, dan ragi, produk ini dipastikan bebas komponen tersebut!

Komposisi bahanFenugreek (seed), plant-derived capsule (hypromellose), silica
BentukKapsul
Varian/rasa
SertifikasiTru-ID™ Certified, Non-GMO Project Verified
Ukuran/isi100 butir
Kisaran hargaRp106.000

2. Hydromamma

Sumber: Blibli.com

Menjaga ibu menyusui tetap terhidrasi dan berstamina

Sebab ASI terdiri dari 87% air yang diambil dari cairan tubuh, dehidrasi pun rentan dialami ibu menyusui. Oleh karenanya, ibu menyusui membutuhkan cairan yang lebih besar dibanding yang tidak menyusui.

Hydromamma adalah serbuk minuman yang diformulasikan untuk memenuhi kebutuhan cairan Anda selama menyusui agar tetap terhidrasi. Selain itu, kandungan asam folat dan vitamin C tinggi di dalamnya akan membuat stamina Anda tetap terjaga.

Komposisi bahanGula, pengatur keasaman (asam tartrat, natrium sitrat, kalium sitrat), perisa sintetik (mixed berry dan cranberry), ekstrak (raspberry (0,45%) dan mixed berry (0,11%)), vitamin C, magnesium laktat, pewarna alami antosianin, maltodekstrin, pemanis alami glikosida steviol, asam folat
BentukBubuk
Varian/rasaCoconut, mixed berry, orange, lemon, blackcurrant, dan roasted coffee
SertifikasiBPOM, Halal MUI
Ukuran/isi1 boks (12 saset)
Kisaran hargaRp60.000

3. Herbilogy Breastfeeding Capsule

Berisikan komposisi herbal tanpa tambahan pengawet dan pewarna

Suplemen ini mengandung ekstrak herbal yang terkenal dapat melancarkan dan meningkatkan produksi ASI. Selain daun ketuk, terdapat pula ekstrak daun kelor dan ekstrak fenugreek di dalamnya.

Terdiri dari 100% alami tanpa pengawet, pewarna, dan bahan kimia lain menjadikannya aman dikonsumsi. Selain itu, ekstrak herbal pada produk ini juga berasal dari tanaman premium untuk memastikan ASI berkualitas tinggi.

Komposisi bahanEkstrak daun katuk, ekstrak daun kelor, ekstrak fenugreek/klabet
BentukKapsul
Varian/rasa
SertifikasiBPOM, Halal MUI
Ukuran/isi60 butir
Kisaran hargaRp86.900

4. MamaBear Teh Pelancar ASI

Melancarkan ASI dengan aroma yang relaxing

Bila Anda sering lelah di masa laktasi sembari mengurus bayi, Anda dapat memulihkan kondisi tubuh dengan mengonsumsi teh dari MamaBear ini. Selain membantu memulihkan tenaga dan menenangkan diri, produk ini juga membantu melancarkan produksi ASI.

ASI booster ini bisa disajikan panas, dingin, bahkan dengan es. Bila ingin lebih nikmat, Anda bisa menambahkan madu atau lemon sebagai penambah cita rasa. Di samping terjamin halal dan aman, produk ini diklaim takkan menimbulkan ketergantungan.

Komposisi bahanKelabat, adas, jintan hitam
BentukTeabag
Varian/rasaManis alami
SertifikasiBPOM, Halal MUI
Ukuran/isi1 boks (20 teabag @3 g)
Kisaran hargaRp42.000

5. Fenucaps Plus

ASI lebih kental, berat badan bayi pun ideal!

Fenugreek yang terkenal berkhasiat meningkatkan produksi ASI berkolaborasi dengan jahe dan kunyit pada produk ini. Sebagai tambahan informasi, jahe dan kunyit dapat mencegah penyumbatan ASI serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Seluruh kombinasi tersebut tak sekadar membantu jumlah ASI meningkat, melainkan level kekentalan dan kualitasnya ikut bertambah. Efeknya, bayi Anda akan lebih cepat mencapai berat badan idealnya!

Komposisi bahanFenugreek powder, ginger, tumeric
BentukKapsul
Varian/rasa
SertifikasiTidak diketahui
Ukuran/isi100 butir
Kisaran hargaRp280.000

6. Herbilogy Breastfeeding Tea

Dengan cita rasa vanila untuk menemani tea time Anda

Herbilogy menghadirkan varian Breastfeeding Tea untuk Anda yang sulit menelan kapsul. Hadir dalam bentuk teh, kenikmatannya pun dapat Anda rasakan di setiap tegukannya.

Berbeda dengan teh pelancar ASI lain, Herbilogy menambahkan rasa vanila pada produknya ini. Dengan demikian, Anda tak sekadar merasakan manfaat ASI booster-nya, melainkan sekaligus memanjakan lidah!

Komposisi bahanDaun teh, ekstrak daun katuk, ekstrak biji klabet (fenugreek), vanila
BentukTeabag
Varian/rasaTeh herbal
SertifikasiBPOM, Halal MUI
Ukuran/isi1 boks (20 teabag)
Kisaran hargaRp67.000

7. Alamon Sari Bubuk Almond

Menggunakan almond murni yang kaya manfaat

Apabila Anda tidak begitu menyukai aroma herbal, Anda bisa memilih Alamon Sari Bubuk Almond sebagai alternatif. ASI booster satu ini menawarkan enam belas varian rasa lezat.

Oleh karena berbahan dasar almond, produk ini tak sebatas meningkatkan nutrisi ASI, tetapi juga bermanfaat bagi otak, sebagai sumber energi dan serat, serta menyuplai antioksidan sebagai antipenuaan.

Komposisi bahanAlmond
BentukBubuk
Varian/rasaAvocado, banana, blueberry, choco banana, cappucino, bubble gum, dark chocolate, green tea, leci, mango, original, purple taro, red velvet, strawberry, Thai milk tea, vanilla
SertifikasiIzin Edar P-IRT
Ukuran/isi170 g
Kisaran hargaRp42.500

8. Herbs of Gold Breastfeeding Support

Mendorong produksi ASI sekaligus melancarkan pencernaan

Butuh ASI booster berbentuk kapsul dengan substansi dasar fenugreek? Herbs of Gold Breastfeeding Support pilihan yang tak boleh Anda lewatkan. Formula herbal tersebut dikombinasikan dengan blessed thistle.

Berkat dua bahan aktif tersebut, produksi ASI akan meningkat, pencernaan Anda pun menjadi lancar. Bila Anda mencari ASI booster yang juga mampu membuat perut merasa lega, produk ini pilihannya!

 

Komposisi bahanFenugreek seed extract, blessed thistle herb extract
BentukTablet
Varian/rasa
SertifikasiTidak diketahui
Ukuran/isi60 butir
Kisaran hargaRp230.000

9. Lactamond

Mengandalkan bahan golongan superfood yang kaya nutrisi

Lactamond mengutamakan kacang-kacangan seperti almon, edamame, kacang merah, kacang hijau, dan soya sebagai bahan utamanya. Kombinasi bahan tersebut menjadikan produk ini tinggi komponen superfood!

Bubuk minuman ini juga mengandung kolagen ikan, madu, bit merah, dan serat gandum yang sangat baik untuk pemeliharaan kesehatan. Hadir dengan pilihan rasa chocolate, strawberry, dan vanilla, Anda semakin leluasa menentukan pilihan!

Komposisi bahanAlmond, kedelai organik, kedelai jepang (edamame), kacang merah (adzuki), kacang hijau, dan bahan lainnya
BentukBubuk
Varian/rasaChocolate, strawberry, vanilla
SertifikasiBPOM, Halal MUI
Ukuran/isi200 g
Kisaran hargaRp37.000

10. Almom Booster Milk

Sumber: Blibli.com

Nyaman dikonsumsi tanpa rasa lengket di tenggorokan

Produk berbentuk bubuk tak jarang mengendap jika dibiarkan terlalu lama. Nah, Almom Booster Milk adalah produk yang menjamin serbuknya tidak mengendap dan menimbulkan rasa seret di tenggorokan.

Di samping berkomposisikan almond dan kedelai sebagai penunjang produksi ASI, keberadaan chia seed pada produk ini turut membantu menambah kecerdasan bayi Anda.

Komposisi bahanAlmond, soya, oat, cia seed, sugar, herbals
BentukBubuk
Varian/rasaNutella, oreo, taro, mocca, chocoberry, dan matcha
SertifikasiIzin Edar P-IRT
Ukuran/isi1 boks (5 saset @50 g)
Kisaran hargaRp31.500

Lihat juga rekomendasi produk untuk ibu menyusui lainnya di sini!

Seperti yang Anda lihat, ASI booster kebanyakan berbentuk bubuk susu maupun teh siap seduh. Bila Anda menghendaki konsumsi produk yang praktis, Anda dapat memilih suplemen berbentuk kapsul.

Selain itu, Anda mungkin memerlukan pompa ASI guna mengembalikan kelancaran produksi ASI. Pada tautan berikut, Anda dapat memilih suplemen dan pompa ASI yang bisa disesuaikan keperluan Anda. Selamat memilih!

10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Ibu Menyusui
10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik

Kesimpulan

Dehidrasi, jarangnya memerah ASI, hingga faktor pendukung lain dapat membuat produksi ASI berkurang. Anda dapat mengonsumsi ASI booster untuk mengembalikan kelancaran ASI.

Berdasarkan sepuluh produk rekomendasi kami, pilihlah yang kandungan, rasa, dan bentuknya sesuai preferensi Anda. Semoga ASI booster yang Anda pilih bekerja efektif meningkatkan kuantitas ASI Anda, ya!

(Visited 845 times, 10 visits today)