Written by 10:56 Ibu & Anak

10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik

Pompa ASI dapat mencegah saluran payudara tersumbat akibat jarang diperah atau tidak segera menyusui bayi. Selain itu, menyediakan pompa ASI juga dapat meringankan payudara tegang dikarenakna produksi air susu melimpah. Pompa ASI dibedakan menjadi beberapa macam berdasarkan metode penggunaannya.

Supaya tidak keliru, Anda dapat mengenali aspek-aspek untuk ditinjau ketika memilih pompa ASI. Setelah itu, kami pun merekomendasikan sejumlah merek pompa ASI berkualitas dari Pigeon, Mooimom, Real Bubee, Medela dan sebagainya. Yuk, temukan pompa ASI terbaik yang cocok untuk bayi Anda sekarang!

Cara Memilih Pompa ASI

Memilih produk pompa ASI yang bagus tidaklah mudah. Terdapat berbagai merek pompa ASI di pasaran dengan rentang harga ratusan ribu sampai dengan jutaan. Klaim-klaim dari tiap merek pun bermacam-macam. Oleh karena itu, kami akan sajikan beberapa tips memilih pompa ASI bagi Anda dan buah hati Anda di sini!

Sesuaikan Tipe Pompa dengan Frekuensi Penggunaan

Sebelum memilih pompa ASI, perkirakan dulu seberapa sering Anda akan menggunakannya. Apakah Anda memerlukan pompa ASI hanya untuk sesekali ketika payudara Anda memproduksi terlalu banyak ASI, atau Anda membutuhkan pompa ASI setiap waktu karena bayi Anda tidak bisa menyusu langsung kepada Anda?

Semakin sering Anda menggunakan pompa ASI, maka Anda membutuhkan pompa ASI yang berkinerja lebih cepat dan nyaman digunakan, begitu pun sebaliknya. Dua tipe pompa ASI yang dapat Anda pilih sesuai frekuensi penggunaan dibedakan menjadi pompa manual dan pompa elektrik. Apa perbedaannya?

Pompa Manual: Cocok untuk Penggunaan yang Tidak Terlalu Sering

Dibanderol dengan harga yang relatif murah, pompa manual ini sangat cocok untuk ibu menyusui yang tidak terlalu sering menggunakan pompa ASI. Alat ini dilengkapi dengan penyedot dan sebuah tuas yang digerakkan manual dengan tangan untuk melangsungkan proses pemerahan ASI.

Dengan ukuran ringkas dan kecil, breast pump ini sangat praktis untuk dibawa berpergian. Selain itu, komponen alat pada pompa manual juga lebih sedikit, menjadikan tipe ini lebih mudah dibersihkan. Dengan pompa manual, Anda juga bisa mengatur daya isap secara manual karena digerakkan dengan tangan sendiri.

Pompa Elektrik: Memerah ASI Lebih Mudah dan Tidak Melelahkan

Jika Anda cukup sering menggunakan pompa ASI manual, tangan Anda lebih mudah pegal. Selain melelahkan, kecepatan pompa manual juga tergolong lambat yang membuatnya banyak memakan waktu. Untuk itu, jika Anda hendak memompa ASI lebih sering, pompa ASI elektrik merupakan pilihan tepat bagi Anda.

Pompa elektrik bekerja menggunakan listrik atau baterai. Anda tidak perlu mengeluarkan tenaga untuk memompa ASI. Waktu yang dibutuhkan untuk memompa ASI juga lebih cepat daripada pompa manual. Selain itu, jenis ini hadir dengan berbagai pilihan model seperti model dua pompa untuk kedua payudara atau satu pompa saja.

Komponen Penting pada Pompa ASI yang Perlu Diperhatikan

Ketika menentukan pompa ASI, Anda perlu memastikan tiap-tiap komponen pompa sudah aman dan nyaman ketika dipakai. Dari mulai corong, seperti ukuran dan bahannya, hingga material botol dan kapasitas tampungnya perlu Anda periksa.

Corong: Pastikan Berbahan Lembut dan Ukurannya Pas dengan Payudara

Bagian corong pompa ASI merupakan salah satu komponen yang harus Anda pastikan terbuat dari bahan lembut agar nyaman digunakan. Areola dan puting ibu menyusui rentan terluka karena terlalu sering menyusui atau dipompa. Oleh karena itu, penting untuk mengecek bahan baku corong. Pilihlah corong yang terbuat dari silikon dan bukan plastik.

Selain corong yang lembut, carilah pompa ASI dengan corong berukuran sesuai payudara Anda. Apabila corong terlalu kecil atau justru kebesaran maka akan memengaruhi kemampuan pompa dalam memerah ASI. Perlu diingat pula, payudara ibu laktasi pasti bertambah besar. Jadi pastikan hindari memilih ukuran corong sesuai dengan ukuran payudara saat tidak menyusui.

Botol: Pilih yang Bebas BPA serta Mampu Menampung Seluruh ASI

BPA atau Bisphenol A adalah bahan kimia yang sering dicampurkan dalam barang plastik. Zat ini dapat memberikan dampak negatif terhadap kesehatan anak. Jadi, pastikan botol pompa ASI yang Anda beli berlabel bebas BPA. Selain lebih aman, botol bebas BPA juga lebih padat dan kuat daripada botol ASI plastik biasanya.

Perhatikan pula ukuran botol yang memengaruhi kapasitas tampungnya. Botol ASI pada umumnya berukuran sama dengan botol susu bayi, yakni sekitar 120 mL sampai 160 mL. Namun, ada juga botol pompa ASI berukuran tak lebih dari 100 mL. Disarankan memilih botol berkapasitas besar supaya Anda tak perlu repot menyediakan beberapa botol terlebih jika produksi ASI Anda banyak.

Cek Kemudahan Membersikan Seluruh Spare Part Pompa ASI

Meskipun dapat dibongkar pasang, spare part pompa ASI terdiri dari bermacam bentuk dan ukuran yang membuatnya cukup sulit dibersihkan. Mengingat kebersihan adalah hal yang wajib dijaga ketika Anda mempunyai bayi, maka pastikan pompa ASI yang akan Anda pilih mudah dibersihkan.

Pilih yang Spare Part-nya Sedikit dan Mudah Dibongkar Pasang

Pompa ASI yang memiliki banyak spare part akan memakan waktu lebih lama untuk dibersihkan. Untuk itu, pilihlah pompa ASI dengan spare part lebih sedikit dan sederhana agar mudah dibersihkan.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk mengutamakan pompa ASI berbentuk sederhana supaya lebih gampang ketika harus dibongkar-pasang. Hindari pula membeli produk yang komponennya berukuran terlalu kecil guna mencegah terjadinya spare part hilang atau terselip dan rusak.

Ketahui Metode Sterilisasi dan Pembersihan Produk

Pompa ASI yang habis dipakai harus segera disterilkan. Ketahuilah bahwa tiap pompa ASI memiliki teknik sterilisasi yang beragam. Ada yang menggunakan microwave, dishwaher, direbus, dan ada pula yang membutuhkan sabun sterilisasi tertentu.

Untuk memudahkan, pilihlah pompa ASI dengan metode sterilisasi yang sama dengan botol susu bayi Anda. Hanya saja, Anda mungkin membutuhkan steamer atau sterilizer agar proses sterilisasi berjalan maksimal. Sementara proses pembersihan, biasanya sudah cukup dengan air dan sabun cuci piring biasa.

Pertimbangkan Keunggulan Produk yang Mempermudah Pemerahan ASI

Beberapa produk pompa ASI dilengkapi dengan fitur pengaturan kekuatan isapan. Dengan fitur ini, Anda bisa menyesuaikan kekuatan penyedotan pompa ASI sesuai kenyamanan Anda tanpa perlu khawatir puting sakit diakibatkan daya isap terlalu kencang.

Selain fitur setting daya isap, sejumlah pompa ASI dilengkapi mode massage. Mode ini akan memberikan pijatan lembut pada payudara Anda. Selain membuat Anda nyaman dan rileks sebelum ASI diperah, fitur pompa ASI ini juga akan menstimulasi ASI agar lebih lancar.

Pilihlah pompa ASI dengan sistem tertutup (closed system) agar menjamin ASI yang diperah tetap higienis. Bila Anda ingin memastikan ASI hasil pumping tidak terkontaminasi bakteri dari udara, produk dengan fitur independent one way milk flow path dapat pula menjadi pilihan.

10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik

Untuk mempermudah Anda menemukan alat pompa ASI terbaik, berikut kami rekomendasikan produk pompa ASI dengan jenis, bentuk dan material corong, serta ukuran botol bermacam-macam. Perhatikan fitur produk agar Anda mendapatkan nilai lebihnya. Selamat memilih!

1. Real Bubee Double Electric Breast Pump

Pompa ASI elektrik murah yang cocok bagi wanita karir

Pompa ASI ini dibanderol dengan harga tak sampai Rp200.000, menjadikannya cocok dipilih ibu menyusui yang kali pertama menjajal pompa ASI. Pompa dengan pilihan mode single atau dual pump ini tidak memiliki banyak bagian. Mudah dirakit dan dibersihkan!

Sedang bekerja di kantor dan payudara Anda terasa penuh? Tenang saja, pompa ASI Real Bubee ini muat dimasukkan ke dalam pouch ukuran sedang, lho! Selain itu, produk ini juga menghasilkan suara yang tidak terlalu berisik, Anda pun bebas worry aktivitas pumping ASI mengganggu bayi Anda saat tertidur.

Tipe pompaElektrik
Material bebas BPA
Kapasitas tampung botol150 mL
Metode pembersihanTidak disebutkan
Metode sterilisasiTidak disebutkan
Isi paket kemasan1 mesin, 1 kabel power USB, 2 botol susu, 2 corong pompa ASI, 2 membran valve, 2 membran diafragma, 1 konektor untuk pemakaian single, 1 konektor untuk pemakaian double, 2 selang panjang, 1 stiker
KeunggulanPengoperasian ke stopkontak atau melalui powerbank dengan kabel USB
Kisaran hargaRp165.000

2. Medela Harmony Manual Breast Pump

Pompa manual yang meniru gaya isapan bayi

Pompa ASI manual dari Medela ini bekerja hampir tanpa mengeluarkan suara. Didesain secara ergonomis, Anda mudah melakukan bongkar pasang serta proses pembersihan. Pompa bebas BPA ini dilengkapi karet lembut pada bagian tuas. Tuas pompa ini dapat diputar  agar angle tangan Anda dapat disesuaikan senyaman mungkin.

Dilengkapi mode 2-Phase Expression Technology, proses kerja pompa ASI ini meniru gaya isapan alami ketika bayi mengisap ASI. Anda bisa memulai memompa dengan bagian handle yang lebih pendek untuk menciptakan daya isap kuat layaknya bayi kelaparan, lalu berpindah ke bagian handle yang lebih panjang untuk aliran lebih stabil.

Tipe pompaManual
Material bebas BPA
Kapasitas tampung botol150 mL
Metode pembersihanDicuci seperti biasa
Metode sterilisasiDirebus, microwave/sterilizer, dll
Isi paket kemasan1 pompa, 1 corong ukuran M (24 mm), 1 botol susu, tutup botol, 1 stand botol, 1 konektor, 1 valve, 1 membrane (1 cadangan), 1 tempelan kulkas cara penyimpanan ASIP
KeunggulanMemiliki teknologi 2-Phase Expression yang menstimulasi keluarnya ASI seperti perilaku mengisap bayi alami
Kisaran hargaRp590.000

3. Claire’s Electric Breast Pump B-20

Disertai mode pijat untuk memudahkan keluarnya ASI

Berdaya isap lembut, pompa ASI besutan Claire’s ini dilengkapi tombol pengatur. Keberadaan katup distribusi isapan yang dipatenkan serta corong berbahan sillicone gel, proses memompa ASI senyaman memerah secara manual! Pompa elektrik ini mengantongi label BPA-free yang menjamin keamanannya bagi bayi.

Kapasitas botol penampung ASI produk termasuk besar, cocok bagi Anda yang memproduksi banyak ASI. Menggunakan baterai yang tahan lama sebagai sumber tenaga, Anda tak perlu repot-repot mencari stopkontak ketika ingin menggunakannya. Anda hanya perlu me-recharge saat baterai berkapasitas 800 mAh ini habis.

Tipe pompaElektrik
Material bebas BPA
Kapasitas tampung botol210 mL
Metode pembersihanTidak disebutkan
Metode sterilisasiTidak disebutkan
Isi paket kemasan1 mesin, 1 botol susu, 1 bottle stand/funnel cover, 1 silicone nipple
Keunggulan10 level kekuatan pijat, 15 level kekuatan isap, sistem anti-back flow, motor full protection
Kisaran hargaRp390.000

4. Philips Avent Comfort Single Electric Breast Pump

Dilengkapi 3 setelan untuk mengatur kekuatan memompa

Desain unik yang disisipkan Philips pada pompa ini memungkinkan Anda memompa ASI tanpa harus membungkukkan badan. Selain nyaman dipakai sembari duduk, corong pompa dilengkapi bantalan pijat yang lembut dan terasa hangat di kulit untuk merangsang aliran ASI.

Jumlah spare part pompa ini sedikit yang Anda bisa cuci menggunakan dishwaher. Dengan closed system, ASI dijamin takkan bersentuhan dengan selang atau unit alas. Selain ringkas, ringan, dan higienis, pompa ini dirancang agar bisa dikombinasikan dengan produk dari rangkaian Philips Avent lainnya, seperti botol dan wadah penampung ASI.

Tipe pompaElektrik
Material bebas BPA
Kapasitas tampung botol125 mL
Metode pembersihanSemua sparepart nonlistrik bisa dicuci
Metode sterilisasiTidak disebutkan
Isi paket kemasan1 bodi pompa ASI, 1 unit alas termasuk selang, 1 botol susu, 1 dot ekstra lembut untuk bayi baru lahir, 1 cakram penyegel untuk menyimpan susu, 2 kemasan sampel bantalan payudara, 1 cakram karet tambahan
Keunggulan3 level pengaturan daya isap
Kisaran hargaRp1.855.000

5. Pigeon Breast Pump Manual

Disertai bantalan kedap udara untuk mengurangi rasa sakit

Pompa ASI satu ini dilengkapi perfect sealing air cushion untuk mendukung stimulasi pengisapan lebih stabil dan tidak sakit. Selain itu, produk ini mempunyai desain ergonomis yang nyaman tanpa membuat tangan cepat lelah. Fungsi peristaltic nipple pada pompa ini mampu meniru gerakan lidah bayi saat menyusu.

Dengan teknologi independent one way milk flow path, aliran susu yang keluar dipastikan tidak tercampur oleh udara. Tekanan isapan pompa ASI Pigeon satu ini bisa Anda atur sesuai kenyamanan. Bagi Anda yang ingin memeras ASI disertai pemijatan lembut, corong karet lembut pompa ini memungkinkannya!

Tipe pompaManual
Material bebas BPA
Kapasitas tampung botolTidak disebutkan
Metode pembersihanTidak disebutkan
Metode sterilisasiTidak disebutkan
Isi paket kemasan1 pompa manual, 1 Comfort ProperFitTM Flange ukuran regular, 1 Peristaltic PlusTM Nipple (SS Size) Hood & Cap (tutup ulir), 1 sealing disc untuk penyimpanan ASI
KeunggulanMode pijat untuk stimulasi,  tempat aliran susu dan udara terpisah, bantalan kedap udara untuk memompa lebih nyaman tanpa rasa sakit, pergerakan penyedot alami seperti bayi
Kisaran hargaRp395.000

6. Mooimom Silicone Breast Pump

Salah satu pompa ASI best seller pilihan banyak ibu di dunia

Pompa ASI ini memiliki desain kecil, corong unik, dan bentuk sederhana yang menjadikannya praktis guna dan bermobilitas tinggi. Terbuat dari 100% food grade silcone, tanpa BPA, PVC, dan Phthalate, produk ini sangat aman bagi bayi maupun Anda tanpa menimbulkan iritasi kulit.

Corong pompa terbuat dari silikon berebntuk ergonomis yang cocok untuk berbagai ukuran payudara. Keunggulan lain dari pompa ini adalah beragamnya cara mensterilisasi. Pompa ini dapat dimasukkan ke mesin sterilisasi, microwave, atau bisa juga Anda rebus dengan air mendidih. Alat ini juga aman disimpan di kulkas karena dapat menahan suhu dari -20 °C sampai 250 °C.

Tipe pompaManual
Material bebas BPA
Kapasitas tampung botol120 mL
Metode pembersihanTidak disebutkan
Metode sterilisasiDipanaskan/direbus, microwave/sterilizer
Isi paket kemasan1 pompa ASI silikon
KeunggulanDesain mulut ergonomis yang sesuai untuk berbagai bentuk payudara, material 100% food grade silicone
Kisaran hargaRp149.000

7. Cmbear Double Electric Breast Pump

Pompa elektrik yang mengutamakan kenyamanan dan kebersihan

Terbuat dari silikon yang lembut, corong pompa ini terasa halus saat digunakan. Selain tidak mengandung BPA, pompa ASI Cmbear dilengkapi bantalan pijat tipe petal yang akan memberikan pijatan lembut pada payudara Anda. Pompa satu ini juga memiliki bentuk yang simpel, menjadikannya praktis Anda bawa bepergian.

Cmbear Double Electric Breast Pump memiliki sistem anti-backflow yang dapat mencegah ASI mengalir ke arah pompa untuk menjaganya tetap higienis. Selain itu, produk ini juga dilengkapi dua mode isapan dengan rentang hingga 12 level. Satu lagi, mulut corong dan botol yang luas memudahkan aliran susu masuk tanpa khawatir mengenai pakaian.

Tipe pompaElektrik
Material bebas BPA
Kapasitas tampung botol180 mL per botol
Metode pembersihanTidak disebutkan
Metode sterilisasiDirebus dengan air mendidih
Isi paket kemasan1 pompa, 2 botol susu, 1 nipple, 1 kabel USB, 2 connecting pipe
Keunggulan12 mode pemijatan atau pengisapan, anti-back flow protection, rechargeable untuk penggunaan tanpa kabel, indikator level dengan lampu ketika pompa beroperasi
Kisaran hargaRp549.000

8. Spectra 9 Plus Electric Breast Pump Portable & Rechargeable

Tetap bisa memompa ASI saat tidak ada listrik

Spectra menghadirkan pompa ASI elektrik yang disematkan fitur massage untuk tahap awal atau fase LDR (Let Down Reflex). Selain mempermudah keluarnya ASI, alat ini juga dapat Anda atur kekuatan isapnya hingga 10 level. Mengadopsi sistem hospital grade, pompa ini unggul dari segi kualitas sekaligus kenyamanan.

Berkat closed system-nya, Spectra 9 Plus Electric Breast Pump menjamin ASI tidak masuk ke dalam mesin. Bagi Anda yang memerlukan pompa ASI untuk penggunaan di luar rumah atau ketika di rumah sedang terjadi pemadaman listrik, alat ini mampu beroperasi selama 1 jam dengan rechargeable battery-nya.

Tipe pompaElektrik
Material bebas BPA
Kapasitas tampung botolTidak disebutkan
Metode pembersihanTidak disebutkan
Metode sterilisasiTidak disebutkan
Isi paket kemasan1 pompa, 1 adaptor, 2 corong berukuran S, 2 backflow protector, 2 silicone massager berukuran S, 4 valve, 2 tutup corong, 2 selang, 2 stand bottle, 2 botol PP + nipple S, 2 standard neck connector, 1 tuas manual
KeunggulanMassage mode, ultra-quiet motor, backflow protector, adjustable suction levels, auto-timer with display, lightweight
Kisaran hargaRp1.995.000

9. Gabag Kolibri X1 Breast Pump

Sediakan ASI dalam kantong untuk stok di rumah

Pompa ASI ini dilengkapi kolibri konektor yang memungkinkan Anda untuk memindahkan ASI dari pompa langsung ke kantong ASI. Adanya fitur ini begitu memudahkan karena Anda tidak perlu lagi repot-repot menuangkan ASI dari wadah ke kantong ASI. Corong pompa ini tersusun dari silikon yang memastikan aerola Anda tidak akan terasa nyeri.

Di samping mengusung teknologi ultra silent yang membuat pemompaan tidak berisik, pomp ini juga didukung 16 mode pengisapan. Menairknya lagi, baterai Gabag Kolibri X1 Breast Pump bisa di-recharge melalui power bank, USB laptop, dan bahkan charger mobil!

Tipe pompaElektrik
Material bebas BPATidak disebutkan
Kapasitas tampung kantong30 lembar kantong @100 ml
Metode pembersihanTidak disebutkan
Metode sterilisasiTidak disebutkan
Isi paket kemasan1 silikon diafragma, 1 badan pompa, 1 corong silikon, 1 katup, 1 kolibri konektor, 1 pompa motor, 1 kabel USB, 30 lembar kantong ASI
Keunggulan16 mode pengisapan, ultra silent, comfortable connector
Kisaran hargaRp509.000

10. Little Giant Estilo Manual Breast Pump LG-6932

Tangan bebas pegal meski memompa ASI secara manual!

Little Giant merancang pompa ASI manual andalannya supaya tetap nyaman dipakai untuk memompa ASI dalam keadaan duduk bersandar. Selain itu, tuas pompa didesain agar tidak membuat tangan Anda mudah pegal. Disertai tutup corong dengan bantalan silikon, rasa sakit pada puting dan payudara Anda dapat terminimalisir.

Pompa ASI perpaduan bahan polypropylene dan silicone tanpa BPA ini memiliki corong dengan 2 ukuran funnel. Apabila Anda ingin memompa ASI tanpa silicone massager, ukuran funnel-nya sebesar 24 mm. Namun, ketika menggunakan silicone massager, funnel-nya akan berukuran 21 mm.

Tipe pompaManual
Material bebas BPA
Kapasitas tampung botol150 mL
Metode pembersihanTidak disebutkan
Metode sterilisasiTidak disebutkan
Isi paket kemasan1 pompa, 1 botol, 1 corong dan tutupnya, 1 diafragma, 1 botol, 1 valve, 1 nipple + lid + nipple cover
KeunggulanMempunyai 2 ukuran funnel: tanpa silikon (24 mm) dan dengan silikon (21 mm)
Kisaran hargaRp127.000

Kesimpulan

Memerah ASI adalah kegiatan lumrah yang dilakukan ibu semasa laktasi. Baik Anda sudah mulai bekerja atau berupaya tetap di rumah, tetap penting menjaga kesehatan payudara dengan rajin memerah ASI. Pastikan Anda hanya membeli pompa ASI terbaik yang selain aman, penggunaannya pun nyaman berdasarkan kebutuhan Anda.

Perhatikan kemudahan membersihkan alat, termasuk kemudahan membongkar-pasang komponen pompa ASI. Material pompa Asi yang berkualitas dapat membuat umur produk tahan lebih lama. Dari sepuluh produk yang telah direkomendasikan, kami harap Anda berhasil menemukan satu pompa ASI yang sesuai dengan kebutuhan. Happy pumping, Mom!

(Visited 2.154 times, 20 visits today)