Written by 02:36 Gaya & Penampilan

10 Rekomendasi Cat Kuku (Kuteks) Terbaik

Jika Anda sering mengecat kuku sendiri, Anda akan tahu bahwa tidak semua jenis cat kuku itu sama. Ada yang dengan satu goresan kuas bisa meng-cover seluruh permukaan kuku, yang lain mungkin butuh waktu berjam-jam untuk bisa kering. Menemukan cat kuku yang tepat menjadi sulit karena Anda mungkin juga mempertimbangkan apakah itu tahan lama dan sehat untuk kuku.

Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih kuteks untuk Anda yang tertarik menggunakannya. Beragam merek cat kuku pun hadir, mulai dari Maybelline, Revlon, Flormar, dan Inglot yang barangkali familier buat Anda. Sepuluh produk terbaik rekomendasi kami dapat Anda jadikan referensi. Siap menciptakan kuku cantik memukau dengan kuteks? Yuk, simak tuntas ulasannya!

Percantik Tampilan Kuku dengan Kuteks

Tidak ada perasaan yang sama seperti ketika melihat kuku yang baru dicat. Itu memberikan rasa percaya diri dan juga kesan mewah yang mendalam. Orang yang terbiasa menggunakan kuteks akan merasa hampa ketika jari-jari mereka tidak berwarna. Karena bagi mereka menggunakan kuteks itu ibarat menunjukkan sisi feminin pada diri mereka.

Sejarah kuteks sendiri sudah ada sejak lama. Di negara seperti Cina, trend menggunakan kuteks diperkirakan muncul sejak abad 3000 SM. Sementara di Mesir, warna kuku bisa menjadi simbol atas status seseorang. Namun, seiring berkembangnya teknologi, trend kuteks menjadi kian menjamur dan tidak hanya untuk kalangan tertentu. Bahannya pun kini kian bervariasi, Anda semakin bebas berekspresi!

Cara Memilih Cat Kuku (Kuteks)

Sama seperti cincin atau gelang pada tangan, cat kuku juga termasuk aksesoris yang bisa menambah kecantikaan Anda. Baik itu mengecat kuku di salon atau di rumah, rahasia cat kuku yang ideal adalah ketika hasilnya tampak bagus. Lalu, bagaimana cara memilih cat kuku yang tepat untuk jari-jari Anda? Berikut kami paparkan tips memilihya.

Pilih Jenis Finish Kuteks sesuai Keinginan Anda

Finish kuteks adalah istilah yang menunjukkan bagaimana kuteks terlihat setelah diaplikasikan. Ada banyak sekali jenis finish kuteks, seperti: matte, sheer, pearl, metallic, glitter, crème, flakie, textured, dan beberapa produsen menyematkan nama sendiri untuk mengesankan unik.

Banyak orang lebih memilih untuk menggunakan tekstur polos seperti matte atau crème biasa. Namun, jika Anda ingin menambahkan gaya, maka cobalah glitter, textured dan sebagainya. Kuteks dengan glitter mungkin terkesan sedikit ramai, tapi cocok untuk Anda yang suka tampil stand out di setiap kegiatan.

Pilih Warna Kuteks berdasarkan Warna Kulit Anda

Setiap warna kulit mungkin memiliki efek yang berbeda untuk jenis kuteks tertentu. Namun, tidak ada alasan untuk tidak menemukan satu warna yang tepat sekarang ini. Banyak brand kecantikan kini mulai merilis ratusan koleksi warna yang bisa disesuaikan dengan warna kulit Anda, mulai dari warna kulit gelap, terang, bahkan transparan!

Untuk Kulit Gelap, Pilih Warna Kuteks yang Lebih Terang

Ada dua tipe kulit gelap di Indonesia, yakni cokelat gelap dan sawo matang. Kulit cokelat gelap biasanya lebih eksotis jika dipadukan dengan warna-warna kuteks terang seperti kuning, turquoise, aqua, atau biru muda.

Sedangkan untuk Anda yang memiliki kulit kulit sawo matang bisa memadukannya dengan warna tosca, merah darah, merah maroon, dan biru navy. Sementara itu, hindari warna-warna nude yang mungkin akan terkesan kotor.

Untuk Kulit Terang, Pilih Warna Kuteks yang Cukup Gelap

Cermatlah apabila Anda termasuk salah seorang pemilik kulit terang. Alasannya, warna kulit terang tidak selalu cocok dengan semua jenis warna. Terkadang, jika warna yang dipilih terlalu terang, maka kuku yang dicat akan terkesan menor.

Sementara itu, jika memilih warna bening, hasilnya boleh jadi akan tampak pucat. Oleh sebabnya, cobalah untuk memilih warna yang agak gelap tapi tetap mencolok, seperti biru navy, pink fuschia (sebagi base coat), magenta, oranye, atau abu-abu kebiruan.

Periksa Seberapa Cepat Kuteks Kering setelah Dipoleskan

Setiap produk kuteks tentunya hadir dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada kuteks yang satu menit saja sudah kering, namun cepat mengelupas. Di sisi lain, ada yang sampai berjam-jam lamanya masih basah, namun awet dan tahan goresan. Jadi, pilihlah berdasarkan selera Anda, dan dalam rangka apa Anda memakai kuteks tersebut.

Tipe Cepat Kering: Hemat Waktu, namun Cairannya Mudah Menggumpal di Botol

Ketika Anda sedang terburu-buru ke suatu acara dan harus tetap stand out, maka satu-satunya pilihan yakni menggunakan kuteks yang cepat kering. Ini bisa menghemat waktu Anda.

Akan tetapi, jenis kuteks yang cepat kering seperti ini cenderung mudah menggumpal di pinggiran kuas dan botol. Dan poin negatifnya lagi, Anda mungkin harus mengencerkan cat kembali untuk bisa dipakai dengan baik.

Tipe Normal: Butuh Waktu Lama untuk Pengeringan, namun Daya Tahannya Lebih Lama

Jika Anda termasuk orang yang mengutamakan kualitas, maka sedikit waktu tambahan untuk mengeringkan kuteks tidak akan masalah. Anda mungkin harus mengaplikasikan ketika tidak ada tugas apa pun yang dikerjakan, atau harus bergegas ke suatu pertemuan.

Jika Anda tetap menginginkan kuteks yang lebih awet di kuku, Anda mungkin butuh bantuan spray atau air dingin untuk mempercepat proses pengeritan kuteks. Namun, kelebihan tipe kuteks ini adalah, Anda bisa menyimpan kuteks untuk waktu lebih lama dengan kekhawatiran kecil terjadi gumpalan di botol maupun kuasnya.

Pilih yang Tidak Mengeluarkan Bau Menyengat saat Digunakan

Ketika Anda pertama kali membuka botol kuteks, maka tumpukan bau aseton dan toluene akan memenuhi udara di sekitar ruangan. Selain mengganggu, paparan udara kimia ini dianggap beracun dan bisa membahayakan tubuh Anda.

Bahkan, paparan berlebih disebutkan berisiko menimbulkan kerusakan mata, saraf, dan juga paru-paru. Jadi, jika Anda ingin mempercantik kuku tanpa mengorbankan kesehatan, pilihlah jenis kuteks yang tidak berbau menyengat.

Periksa juga Panjang dan Ukuran Kuas

Aplikator kuas yang baik harus bisa menjangkau setiap sudut kuku Anda tanpa mengenai kulit, serta tidak menghasilkan gelembung ataupun bekas goresan. Baik panjang ataupun pendek itu tergantung kenyamanan Anda.

Jika Anda butuh melapisi sepuluh kuku jari dengan cepat, kami sarankan Anda memilih kuas kuteks yang sedikit lebih besar. Sebaliknya, apabila Anda menginginkan ketepatan untuk kuku kecil atau hiasan nail art, maka pilihlah kuas yang lebih kecil.

Pilih yang Mencantumkan Masa Pakai dan Keamanannya

Pastikan Anda memeriksa botol kuteks sebelum membelinya. Cek, pada kemasan botolnya apakah tertera tanggal kedaluwarsa atau tidak? Jika tidak, sebaiknya Anda tidak memilih produk tersebut, karena boleh jadi kuteks tersebut menggunakan kemasan daur ulang.

Hal lain yang mesti Anda lakukan ketika membeli kuteks adalah memeriksa tingkat keamanan kuteks. Biasanya, produk yang telah lulus standar BPOM digolongkan sebagai kutens yang aman. Dengan demikian, kandungan bahannya tidak berbahaya untuk kuku maupun kulit sekitar kuku Anda.

10 Rekomendasi Cat Kuku (Kuteks/Nail Polish) Terbaik

Mencari merek cat kuku yang bagus mungkin sedikit menyulitkan. Banyak masalah datang seperti mendapatkan tekstur yang pas tapi kuasnya menjengkelkan, atau lapisannya tidak tahan lama. Namun, setelah Anda mengetahui bagaimana cara memilih kuteks yang baik, maka kini waktunya mengetahui produk apa saja yang recommended untuk dipakai.

1. Maybelline Color Show Nail Polish

Sekali sapu, seluruh kuku ter-cover sempurna!

Hadir dalam 23 pilihan warna, Maybelline Color Show Nail Polish sangat cocok untuk kulit kuku yang tipis. Jenis cat kuku sheer ini cocok untuk Anda yang ingin mempertahankan warna alami dengan sapuan lembut sensasional. Tidak sulit untuk mengaplikasikan cat kuku ini, karena dengan satu sapuan kecil bisa menjangkau satu ukuran penuh kuku Anda mulai dari pangkal hingga ujung.

Untuk tingkat keringnya tergolong normal seperti cat kuku pada umumnya. Namun, Anda mungkin butuh base coat bening untuk mempertahankan cat kuku supaya lebih tahan lama. Selain teksturnya yang lembut, cat kuku ini juga diperkaya dengan kandungan honey nectar. Semua manfaat itu bisa Anda dapatkan dengan harga yang cukup murah, lho!

Jenis finish Sheer
Pilihan warna 23 warna
Tingkat kekeringan Normal
Tingkat bau saat dipoleskan Tidak disebutkan
Keamanan Didukung kandungan honey nectar
Kisaran harga Rp35.000

2. O.P.I Nail Lacquer

Kreasikan nail art dengan cepat!

Produk OPI Nail Lacquer sangat cocok untuk Anda yang suka kreasi nail art. Ada sekitar 200 pigmen warna yang cantik dengan corak berbeda, mulai dari glitter, pearl, sheer, shimmer, dan creme. Formula nail lacquer umumnya berbeda dengan nail polish karena lebih tahan lama dan sedikit agak tebal. Meskipun begitu, cat kuku ini bisa mengering dengan cepat!

Cat kuku ini tak mudah menggumpal, namun perlu waktu 1-2 menit untuk membuat satu lapisan yang optimal. Kandungan OPI Nail Lacquer tidak menimbulkan bau menyengat, serta kualitasnya telah teruji dan bahkan teregistrasi di Badan POM. Namun, cat kuku ini tidak cocok untuk kulit kuku Anda yang tipis.

Jenis finish Glitter, pearl, sheer, shimmer, creme
Pilihan warna 200 warna
Tingkat kekeringan Cepat
Tingkat bau saat dipoleskan Tidak menyengat
Keamanan BPOM
Kisaran harga Rp123.975

3. Pixy Nail Enamel

Membuat nail art tidak perlu mahal!

Jika Anda mencari produk nail art dengan harga murah dan sudah terdaftar di BPOM, maka Pixy Nail Enamel adalah pilihan produk yang pas! Ada 13 jenis pigmen warna regular yang bisa Anda dapatkan dengan price tag sangat terjangkau. Namun, perlu diingat bahwa kandungan dari cat kuku ini lumayan menghasilkan bau yang cukup menyengat.

Jenis cat kuku ini cocok untuk dipakai di acara-acara formal. Biasanya warna maroon adalah pilihan yang sering dipakai konsumen. Cara pemakaiannya juga mudah karena memiliki kuas kecil yang tidak terlalu panjang. Adapun teksturnya sangat pas, tidak terlalu cair maupun kental. Untuk proses keringnya sedikit memakan waktu, namun tergantung dari tebal lapisan yang Anda buat.

Jenis finish Regular
Pilihan warna 13 warna
Tingkat kekeringan Normal
Tingkat bau saat dipoleskan Cukup menyengat
Keamanan BPOM
Kisaran harga Rp21.000

4. Miniso Water Based Nail Polish

Cat kuku water-based yang wudhu-friendly!

Ada dua variasi tipe Miniso Water Based Nail Polish, yakni glitter dan matte dengan hasil keduanya yang cenderung sama. Partikel glitter pada cat kuku ini tidak begitu mencolok, sedangkan tipe matte-nya sedikit mengilap. Kendati demikian, Anda tak perlu merogoh kantong dalam-dalam untuk membeli cat kuku ini.

Ke-12 pilihan warnanya bisa Anda aplikasikan dengan sekali usap sebab water-based. Selain itu, cat kuku ini juga dipastikan tidak menyengat dan cepat kering. Jika Anda perhatikan tutup botolnya, tampak stiker bertuliskan “peel off” yang artinya bisa dibersihkan dengan sekali tarik! Cukup menguntungkan saat wudu untuk Anda yang ingin sholat, namun sedikit merugikan apabila sering terjadi gesekan.

Jenis finish Glitter, matte
Pilihan warna 12 warna
Tingkat kekeringan Cepat
Tingkat bau saat dipoleskan Tidak menyengat
Keamanan BPOM
Kisaran harga Rp39.000

5. Revlon Nail Enamel

Berani tampil sempurna dan tahan lama!

Salah satu kelebihan cat kuku Revlon ini adalah warnanya yang berani, cerah, dan tahan lama. Lebih dari 40 warna cat kuku dari Revlon bisa Anda pilih dengan karakteristik opaque, shimmer, metallic, chrome, dan sheer. Semua warna ini diklaim mampu bertahan hingga 10 hari, tentunya dengan pengaplikasian bersama base coat dan top coat dari Revlon.

Untuk penggunannya termasuk mudah, karena Revlon mendesain kuas sangat lembut dan tanpa meninggalkan bekas. Tekstur catnya cukup berair, tetapi tak gampang menghasilkan gelembung.  Hanya saja, Anda mungkin butuh 2-3 lapisan untuk membuat cat kuku ini meng-cover kuku.

Jenis finish Sheer, opaque, shimmer, metallic, chrome
Pilihan warna 47 warna
Tingkat kekeringan Cepat
Tingkat bau saat dipoleskan Tidak menyengat
Keamanan BPOM
Kisaran harga Rp31.500

6. Flormar Nail Enamel

Kosmetik Turki hadir untuk kreasi nail art yang berkualitas

Flormar Nail Enamel merupakan produk cat kuku yang diproduksi perusahaan kosmetik asal Turki. Jenis cat kuku yang ditawarkan ini memiliki tingkat kerapatan rendah sehingga cocok untuk wanita muslim. Setidaknya ada 20 warna yang bisa Anda coba dan bervariasi dari tipe classic, matte, nacreous, shimmer, shiny, silvery, dan special effect.

Soal harga cukup affordable. Selain berkualitas, cat kuku ini cepat kering dan pastinya tidak ada bau menyengat dari cairan catnya. Anda hanya butuh satu layer untuk memunculkan warna dari cat ini, namun dua lapisan cat akan membuat teksturnya semakin kuat. Biasanya, cat kuku Flormar akan bertahan 3-7 hari bergantung formula yang Anda pilih.

Jenis finish Classic, matte, nacreous, shimmer, shiny, silvery, special effect
Pilihan warna 20 warna
Tingkat kekeringan Cepat
Tingkat bau saat dipoleskan Tidak menyengat
Keamanan BPOM
Kisaran harga Rp42.920

7. Inglot O2M Breathable Nail Enamel

Cat kuku halal yang bisa bernapas!

Bahan dasar polymer dalam produk membuat cat kuku ini terkenal akan kemampuannya “bernapas”. Artinya, kandungan air dan udara bisa menembus cat kuku dan membuatnya cocok untuk wanita muslim. Selain halal, produk ini juga berbahan alami (vegan) yang tidak merusak kuku dan menjaganya tetap sehat. Untuk pilihan warnanya, ada ratusan pigmen warna dengan variasi matte dan shiny.

Produk cat kuku Inglot diformulasikan tanpa aroma mengganggu, cepat kering, dan tahan lama. Tetapi, Anda mungkin perlu O2M Breathable Base untuk meningkatkan hasilnya, dan O2M Breathable Top Coat untuk menjaganya lebih tahan lama. Sebab telah lulus BPOM dengan kualitas cukup sempurna, tentunya membuat Anda harus merogoh saku lebih untuk mendapatkan produk ini.

Jenis finish Matte, shiny
Pilihan warna 110 warna
Tingkat kekeringan Cepat
Tingkat bau saat dipoleskan Tidak menyengat
Keamanan Halal, vegan, breathable formula, BPOM
Kisaran harga Rp285.000

8. Catrice ICONails Gel Lacquer

Cat kuku tahan lama tanpa top coat

Jika cat kuku lain membutuhkan top coat untuk membuatnya tahan lama, maka tidak dengan ICONails Gel Lacquer! Cat kuku ini bisa bertahan hingga tujuh hari berkat formulasi shock-shield complex yang menjaganya tetap rata dan tidak rusak. Sementara itu, cat kuku ini juga mengandung minyak acai yang dipercaya bisa meregenerasi kuku untuk hasil akhir yang lebih high-shine.

Terdapat 47 jenis warna shiny yang bisa Anda aplikasikan dengan mudah tanpa memakan waktu lama untuk menunggunya kering. Cukup 1-2 lapisan, Anda bisa memperoleh warna cat yang intens. Sementara itu, kandungan vegan pada produk ini membuatnya aman tanpa aroma aseton yang menyengat, serta dinilai sehat juga untuk kuku.

Jenis finish Shiny
Pilihan warna 47 warna
Tingkat kekeringan Cepat
Tingkat bau saat dipoleskan Tidak menyengat
Keamanan BPOM, vegan
Kisaran harga Rp78.000

9. Innisfree Real Color Nail Polish

Variasi warna yang terinspirasi dari alam!

Brand kecantikan asal Korea, Innisfree, mengeluarkan cat kuku dengan 33 varian warna yang terinspirasi dari keindahan alam. Jenis cat kuku ini memiliki pigmentasi warna yang kuat dengan pilihan karakteristik regular, glossy, shimmer, glitter, dan flakies. Innisfree menggunakan bahan dasar alami untuk membuat cat kuku ini, sehingga baunya tidak menyengat dan tetap sehat.

Bahan-bahan alami seperti kalsium, argan oil, dan tangerine oil pada produk Innisfree dipercaya mampu menutrisi kuku yang rusak dan membuatnya tetap sehat. Produk Innisfree ini juga terjamin aman oleh BPOM, lho! Selain cepat kering, produk ini juga mudah dibersihkan hanya dengan kapas dan sedikit cairan aseton.

Jenis finish Regular, glossy, shimmer, glitter, flakies
Pilihan warna 33 warna
Tingkat kekeringan Cepat
Tingkat bau saat dipoleskan Tidak menyengat
Keamanan BPOM
Kisaran harga Rp49.000

10. Just Miss Stroberi Nail Polish

Produk paling murah yang bisa mempercantik kulit Anda

Cat kuku produksi Just Miss ini bisa Anda temui di stand Stroberi yang ada di beberapa mall. Tampilan Just Miss ini cukup mewah dengan tutup panjang berwarna hitam matte dan body botol berbentuk apel. Ada sekitar 130 lebih warna Just Miss yang bisa Anda pilih dengan variasi finish. Bukan hanya matte, namun ada juga variasi glitter dan shimmer!

Tekstur Just Miss Stroberi Nail Polish cukup berair, menjadikan pengaplikasiannya mudah rata dan fast dry. Untuk membuat pigmentasi warnanya sedikit intens, mungkin butuh 2-3 lapisan. Agar hasilnya perfect, sebaiknya aplikasikan base coat dan top coat. Tidak sampai Rp50.000, Anda bisa menikmati seluruh kelebihan cat kuku satu ini!

Jenis finish Glitter, shimmer, matte
Pilihan warna 130+ warna
Tingkat kekeringan Cepat
Tingkat bau saat dipoleskan Tidak menyengat
Keamanan BPOM
Kisaran harga Rp15.000

Tips Penggunaan Cat Kuku untuk Hasil Tahan Lama

Anda mungkin mengharapkan cat kuku yang tetap terlihat indah sepanjang minggu. Namun yang terjadi mungkin lapisan cat kuku ini pecah setelah 1-2 hari saja, bahkan beberapa jam pasca Anda mengaplikasikannya. Selain karena formula yang dipakai memang bertahan untuk waktu dekat, hal tersebut boleh jadi dikarenakan cara pemakaiannya yang keliru. Untuk mencegahnya, maka terapkan cara berikut:

  1. Bersihkan kuku dengan alat kikir kuku supaya rata. Selanjutnya oleskan base coat untuk lapisan primer (optional). Hal ini bertujuan menjaga kuku tidak menguning. Kemudian, tambahkan satu hingga dua lapisan kuteks sampai warnanya terlihat jenuh.
  2. Tunggu sampai cat benar-benar kering, kemudian pulas top coat untuk menyegel warna kuteks Anda supaya tahan lama dan lebih berkilau. Semprotkan spray atau rendam kuku Anda dalam air dingin untuk membuatnya benar-benar kering.

Ikuti tips di atas agar cat kuku Anda bertahan lama, ya!

Kesimpulan

Bersama kita telah membahas kelebihan cat kuku beserta cara memilih produk. Kami harap Anda tidak bingung lagi menentukan cat kuku yang bagus sesuai karakteristik dan finish yang Anda ingin capai. Berdasarkan referensi produk di atas, manakah cat kuku favorit Anda?

Kami harap artikel ini bermanfaat untuk Anda yang memerlukan kuteks berkualitas. Ingatlah untuk menggunakan base coat dan top coat supaya kuku Anda senantiasa cantik hingga berhari-hari. Bila sudah mulai pecah atau pudar dan Anda ingin hapus, gunakanlah nail polish remover supaya kuku Anda kembali bersih. Selamat mengkreasikan tampilan kuku Anda dengan kuteks terbaik di atas!

(Visited 825 times, 18 visits today)