Interior & Furnitur

10 Rekomendasi Bingkai Foto Terbaik untuk Hiasan Dinding

Sekarang ini foto lebih banyak disimpan dalam bentuk digital. Namun masih banyak juga foto yang dipajang di bingkai karena akan lebih mudah dilihat kapan saja dan lebih berkesan. Apalagi bila dipasang di bingkai yang keren dan matching dengan ruangan Anda. Selain untuk menempatkan foto, bingkai juga dapat dijadikan hiasan dinding yang berisi gambar atau tulisan.

Jika Anda hobi mendekorasi rumah, Anda bisa mendapatkan beberapa bingkai dari merek Kunataruma, Wooden Projects, Picaro, dan lainnya. Banyaknya variasi bingkai mungkin membuat Anda sulit untuk menentukan pilihan. Simak cara memilih bingkai dan rekomendasi pilihan kami berikut ini agar Anda lebih mudah menentukan produk. Selamat membaca!

Cara Memilih Bingkai Foto untuk Hiasan Dinding

Ada beberapa cara dalam memilih bingkai foto untuk menghias dinding rumah. Anda dapat memilih berdasarkan bahan, model, ukuran, dan sebagainya. Berikut ini akan kami bagikan beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan sebelum membeli bingkai. Simak lebih lanjut, ya!

Pilih Berdasarkan Bahannya

Salah satu pertimbangan dalam memilih bingkai adalah bahan pembuatannya. Bisa terdiri dari kayu, aluminium, atau bahan lainnya, semua memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Di bawah ini adalah penjelasannya.

Bingkai Kayu: Lebih Tahan Lama dan Serbaguna

Bila Anda menyukai hal-hal yang berkesan alami sebagai hiasan dinding, Anda dapat memilih bingkai kayu. Terbuat dari berbagai macam jenis kayu, bingkai ini terlihat estetis, serta ramah lingkungan dan tahan lama.

Pada dasarnya bingkai kayu cocok untuk rumah atau ruangan bergaya apa saja, tetapi akan lebih pas lagi bila menjadi hiasan di rumah/ruangan bergaya tradisional atau klasik.

Bingkai Aluminium: Memiliki Bobot yang Cenderung Lebih Ringan

blank

Bingkai ini terbuat dari aluminium yang memiliki bobot cukup ringan. Biasanya bingkai ini memiliki desain yang stylish, modern, dan simple dengan warna hitam matte dan kuningan. Bingkai aluminium ini cocok untuk menghiasi dinding rumah Anda yang bergaya kontemporer atau modern.

Sesuaikan dengan Lokasi Pemasangan Bingkai

Anda juga perlu mempertimbangkan ruangan yang akan dipasang bingkai. Apakah areanya luas atau sempit, sering dilewati atau jarang, bisa juga dari segi fungsi ruangan. Simak uraiannya masing-masing di bawah ini.

Pintu Masuk atau Lorong: Berikan Kesan Ramah untuk Semua Orang

blank

Manfaatkan dinding kosong di area pintu masuk atau lorong dengan menempatkan bingkai foto yang berisi foto-foto atau karya seni. Hal ini dapat menimbulkan kesan ramah saat Anda menyambut tamu, sekaligus menambah estetika rumah Anda.

Dinding lorong yang panjang dapat Anda isi dengan bingkai triple berukuran sedang. Jika dinding Anda hanya dapat menampung satu bingkai foto, Anda dapat menempatkan satu bingkai foto besar di sana. Namun, ukuran bingkai tetap harus disesuaikan dengan luasnya dinding agar terlihat seimbang.

Ruang Tamu: Tampilkan Karya Seni Favorit Anda

blank

Dinding ruang tamu Anda bisa berfungsi sebagai galeri sesuai luas dinding. Untuk ruangan yang sempit, Anda bisa menempatkan tiga bingkai secara vertikal. Bila ruangan Anda luas, Anda dapat memajang foto atau karya seni favorit Anda di bingkai yang sangat besar atau dengan grid style.

Untuk Anda yang suka bereksperimen dan tampil edgy, Anda juga bisa mengisi dinding dengan susunan bingkai yang asimetris. Dengan begitu, Anda bisa menambahkan bingkai foto atau hiasan lain di dinding begitu saja tanpa harus mengatur ulang bingkai-bingkai yang sudah ada sebelumnya.

Dapur: Pilih Triple Frame Sederhana untuk Ruangan Dapur yang Minimalis

blank

Biasanya dapur memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan ruangan lainnya. Bila Anda ingin mengisi dinding kosong di dapur, Anda dapat menempatkan bingkai foto minimalis dan tidak terlalu memakan tempat.

Anda dapat meletakkan tiga buah bingkai foto kecil yang disusun secara horizontal, berisi gambar atau quotes dengan tipografi sederhana, bisa juga resep keluarga yang ditulis tangan oleh nenek Anda.

Ruang Makan: Gunakan Bingkai Foto Besar atau Bingkai Galeri yang Berbeda

blank

Ruang makan cenderung memiliki ukuran besar dengan dinding yang luas. Di sana Anda dapat bereksperimen dengan gaya galeri yang berbeda dari ruangan lain, seperti rangkaian bingkai foto yang lebih besar. Namun, penyesuaian juga perlu dilakukan bila Anda memiliki dinding yang areanya relatif kecil.

Kamar Tidur: Ciptakan Suasana Damai dengan Foto Klasik Berbingkai

blank

Bingkai foto di kamar tidur biasanya berisi foto-foto yang lebih pribadi, akrab, dan intim, seperti foto pernikahan, keluarga, sahabat, atau kekasih. Semua itu dapat memberikan perasaan dan pikiran yang nyaman dan tenang.

Anda dapat menggantung sejumlah bingkai foto di dinding atas tempat tidur, atau meletakkannya di meja rias atau rak. Namun, jangan sampai berlebihan, karena akan membuat ruangan menjadi berkesan sempit dan berantakan.

Ruang Kerja: Pilih Bingkai dengan Desain yang Rapi dan Sederhana

blank

Jika Anda sering bekerja dari jarak jauh dan memiliki ruang kerja di rumah, Anda dapat membuat ruangan tersebut terlihat rapi dan profesional namun tetap sesuai dengan kepribadian Anda. Untuk hiasan dinding, pilihlah bingkai kayu atau logam dengan desain minimalis dan berwarna netral.

Anda dapat memamerkan beberapa karya seni, foto, diploma, piagam penghargaan, atau logo perusahaan Anda di dinding di atas meja kerja. Tambahkan sedikit sentuhan pribadi dengan meletakkan sejumlah foto orang terkasih di bingkai yang disangga di atas meja atau rak buku.

Kamar Anak: Padukan Beberapa Buah Bingkai dengan Karakter Favoritnya

blank

Untuk dekorasi kamar tidur anak, perlu disesuaikan dengan kepribadian dan kesukaannya agar tercipta suasana yang menyenangkan. Di dinding di atas tempat tidur, Anda bisa meletakkan poster film, karakter, atau buku favorit anak dengan bingkai sederhana.

Berikan bingkai berdesain unik dengan warna menarik untuk anak Anda memajang foto atau gambar hasil karyanya, baik yang digantung di dinding, diletakkan di atas meja belajar atau rak buku. Biarkan anak mendekorasi kamarnya sendiri namun Anda tetap perlu membimbing dan mengawasinya.

Kamar Mandi: Kombinasikan dengan Barang-barang yang Ada di Dalamnya

blank

Kamar mandi merupakan area berukuran relatif sempit dan cenderung lembap. Kecuali barang-barang yang fungsional, tidak banyak yang dapat dijadikan dekorasi tambahan di kamar mandi karena berisiko rusak akibat kelembapan. Jika Anda berani mengambil risiko dan berniat mengisi dinding yang kosong, gunakan bingkai tahan air dan tahan jamur dengan desain simple.

Anda bisa meletakkan gambar bunga atau kata-kata sederhana. Anda juga dapat meletakkan karya seni yang bernuansa sesuai dengan barang-barang yang ada di dalam kamar mandi seperti warna handuk, wallpaper, atau tirai shower. Hindari jumlah yang terlalu banyak agar bingkai tidak berdekatan satu sama lain.

Sesuaikan dengan Interior yang Anda Miliki

blank

Sebagai hiasan dinding, desain atau gaya bingkai yang Anda pasang sebaiknya disesuaikan juga dengan desain interior rumah Anda. Jika interior rumah Anda bergaya modern atau kontemporer, bingkai berwarna hitam atau netral seperti krem atau putih akan cocok terpasang di dinding agar terlihat berkelas.

Bila rumah Anda bernuansa tradisional, Anda dapat memilih bingkai foto kayu dengan berbagai nuansa warna. Anda dapat memilih bingkai yang terbuat dari logam bergaris atau kayu bertekstur sederhana untuk rumah Anda yang bernuansa vintage atau tradisional.

Pilih Berdasarkan Ukurannya

blank

Hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan adalah ukuran bingkai. Pastikan berapa ukuran gambar yang akan Anda pasang sehingga Anda dapat memilih ukuran bingkai yang tepat. Jangan sampai bingkai yang Anda pilih lebih kecil daripada gambar karena akan terlihat aneh.

Anda dapat membeli bingkai dengan beberapa pilihan ukuran standar yang biasanya berbentuk persegi panjang. Di sisi lain, Anda juga dapat memesan bingkai dengan ukuran yang dikustomisasi sehingga bisa sesuai dengan gambar atau foto yang akan dipasang.

Sesuaikan Bingkai dengan Foto yang Hendak Dipasang

blank

Selain sesuai dengan interior rumah Anda, bingkai foto juga sebaiknya dicocokkan dengan foto atau gambar yang akan dipasang. Hal ini bisa membantu membuat foto atau gambar serta bingkainya terlihat lebih menonjol.

Bingkai hitam dengan desain yang minimalis dan ramping cocok untuk memasang foto profesional atau formal. Dengan begitu foto Anda akan terlihat lebih berkelas. Sedangkan untuk foto saat liburan bersama keluarga atau teman, Anda dapat memilih bingkai yang bergaya funky dan unik agar terlihat lebih fun dan kreatif.

10 Rekomendasi Bingkai Foto Terbaik untuk Hiasan Dinding

Pada bagian ini, kami akan memberikan rekomendasi bingkai foto yang telah kami seleksi menjadi sepuluh produk saja agar Anda lebih mudah memilih. Perhatikan deskripsi serta kelebihan dan kekurangan masing-masing bingkai. Jangan lupa untuk mengikuti tips cara memilih bingkai yang telah kami uraikan di atas, ya!

1. Kunataruma Frame Foto

blank

Sumber: Shopee.co.id

Natural dan elegan dengan bahan dari kayu berdesain minimalis

Meski terbuat dari kayu, bingkai foto ini memiliki kesan elegan karena desainnya yang minimalis. Tersedia dua pilihan ukuran untuk foto 4R dan 5R, serta dua pilihan warna oak wood dan natural wood.

Dengan warna alami yang cenderung terang, bingkai ini akan membuat gambar atau foto yang Anda pasang terlihat lebih fokus. Anda dapat meletakkan bingkai ini di atas meja atau menggantungnya di dinding sesuai penataan rumah Anda.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Memiliki bahan yang kokoh dan detail yang rapi.
  • Terdapat penyangga untuk menggantung bingkai.
  • Terdapat space antara kaca dan bagian dalam yang bisa digunakan untuk craft

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Tidak terdapat banyak variasi model.
Bahan Kayu
Ukuran 4R (6 inch)
Kisaran harga Rp30.000

2. Wooden Projects Wall Decor Scandinavian Pot Bunga

blank

Sumber: Shopee.co.id

Lebih ramping, minimalis, eksklusif

Bila Anda ingin memberi dekorasi pada area tembok yang terbatas, Anda dapat memasang hiasan dinding yang berbentuk ramping dan memanjang secara vertikal. Warna hiasan sebaiknya putih atau cenderung terang dengan desain simple agar dinding terlihat luas dan tidak sesak.

Semua itu bisa Anda dapatkan dari Wooden Projects Wall Decor Scandinavian Pot Bunga. Memiliki desain yang minimalis, bingkai ini terlihat ramping dan eksklusif. Bingkai terbuat dari material papan MDF putih yang terjamin kualitasnya dan dilengkapi dengan besi earpiece untuk menggantungkannya di dinding.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Memiliki masa garansi.
  • Pembelian langsung dengan sticker vinyl tahan air yang dapat di-request.
  • Menggunakan cat acrylic water based yang tahan jamur.
  • Terdapat gantungan pada bagian atas bingkai.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Hanya tersedia dalam warna putih.
Bahan Kayu
Ukuran 20x40cm
Kisaran harga Rp22.900

3. Caiul Magnet Frame Foto Fujifilm Instax

blank

Sumber: Shopee.co.id

Foto lebih artsy dengan bingkai mungil kombinasi warna-warni

Anda punya beberapa foto seru bersama orang tersayang dan ingin dipasang berdekatan? Kreasikan foto-foto Anda ukuran 2R atau dari Instax Mini Anda dengan Magnet Frame Foto Fujifilm Instax ini agar foto-foto Anda terlihat lebih arsty.

Bingkai mungil ini bisa dikombinasikan dengan bingkai sejenis menjadi bentuk yang berbeda-beda. Tersedia dalam warna-warna yang keren, bingkai ini cocok diletakkan di atas meja atau rak untuk memberi sentuhan ceria di ruangan Anda. Karena menggunakan magnet, Anda tak perlu khawatir bingkai ini akan jatuh.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tersedia dalam berbagai warna yang berbeda.
  • Tidak perlu menggunakan paku saat akan menggantungnya sehingga tidak merusak dinding.
  • Dapat pula disesuaikan dalam berbagai bentuk.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Hanya tersedia dalam satu ukuran.
Bahan Plastik
Ukuran 2R
Kisaran harga Rp12.000

4. Cute Animals Photo Frame

blank

Sumber: Shopee.co.id

Bingkai lucu untuk dekorasi kamar anak

Sekilas bingkai ini tampak seperti terbuat dari kayu, padahal terbuat dari plastik bercorak kayu. Desainnya lucu dengan adanya bentuk kuping hewan yang simple, tapi tetap mempertahankan kesederhanaan dan terlihat elegan.

Bingkai seperti ini cocok untuk dipasangi foto anak Anda dan ditempatkan di kamar si kecil. Bisa muat foto ukuran 6R, bingkai ini bisa digantung di dinding atau diletakkan di meja.

 2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Memiliki desain yang unik.
  • Memiliki detail yang halus dan rapi.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Hanya tersedia dalam satu ukuran.
Bahan Plastik dan kayu
Ukuran 20 cm x 15 cm (6R)
Kisaran harga Rp43.800

5. Wooden Projects Tropical – MT

blank

Sumber: Shopee.co.id

Bentuk yang kotak membuatnya terlihat simple dan compact

Salah satu produk berkualitas keluaran dari Wooden Projects lainnya adalah bingkai berbentuk persegi ini. Memiliki sisi panjang yang sama, bingkai kotak berkesan lebih simple dan compact, namun tetap terlihat elegan. Bentuknya yang kotak akan mengingatkan Anda pada postingan foto di Instagram.

Bingkai ini berisi berbagai macam quotes dan gambar minimalis yang keren untuk mengisi dinding rumah. Anda bisa mengganti quotes tersebut dengan koleksi foto pribadi favorit Anda. Tak perlu bingung memilih foto mana yang perlu dipajang, karena bingkai ini cocok untuk foto bertema apapun.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Memiliki masa garansi resmi.
  • Pengguna mengatakan bahan produk cukup tebal dan memiliki cat warna yang bagus.
  • Harga relatif lebih murah.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Seorang pengguna mengatakan bagian ujung mudah terkelupas.
Bahan Kayu
Ukuran 20×20 cm
Kisaran harga Rp7.900

6. PICORA Estilo Pigura Frame Premium

blank

Sumber: Shopee.co.id

Klasik dan sederhana, desain yang elegan sepanjang masa

Dengan sedikit aksen timbul mengikuti bentuknya tanpa banyak ornamen di sekelilingnya, bingkai ini menampilkan kesan klasik dan sederhana. Desain seperti ini terlihat elegan sepanjang masa. Apapun foto yang Anda pasang di bingkai ini akan terlihat lebih fokus dan menonjol, tidak kalah dari bentuk bingkainya sendiri.

Terbuat dari bahan MDF dan kaca, bingkai ini tersedia dalam beberapa ukuran, mulai dari 4R hingga 8R. Cocok untuk di ruangan bergaya apapun, bingkai ini dapat digantung atau berdiri di atas meja. Selain itu, bingkai juga dapat diletakkan secara horizontal atau vertikal.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tersedia dalam beragam ukuran.
  • Memiliki bahan yang tebal dan kokoh.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Hanya tersedia dalam satu warna.
Bahan MDF dan kaca
Ukuran Ukuran produk: 15.9 x 21 x 1.8 cm (p x l x t); ukuran foto: 12.7 x 17.8 cm (5R); lebar profile: 2.2 cm; bobot produk: 420 gram
Kisaran harga Rp9.900

7. Bingkai Foto Vertical 3 Pcs

blank

Sumber: Shopee.co.id

Tiga foto dalam satu frame yang minimalis dengan harga murah

Bentuk produk ini memanjang secara vertikal dan dapat diisi 3 buah foto atau gambar berukuran 4R dalam satu frame. Berbahan fiber dan kaca, bingkai ini memiliki pilihan warna warna hitam atau putih minimalis.

Bingkai bersusun ini cocok untuk menghiasi area dinding yang sempit seperti di antara dua jendela atau di pilar persegi. Dengan bingkai seperti ini, Anda tak perlu menggunakan banyak paku untuk menggantungkan beberapa foto. Harganya pun terbilang murah, jadi Anda bisa lebih banyak berhemat.

Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tersedia dalam dua warna pilihan.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Beberapa pengguna mengatakan kaca rentan pecah.
Bahan Fiber, kaca, dan MDF (triplek)
Ukuran 10×15 cm (4R) x 3 pcs
Kisaran harga Rp20.500

8. Bingkai Foto Tegak W-752-B

blank

Sumber: Shopee.co.id

Model vintage untuk foto jadul atau momen kenangan

Bila Anda menyukai bingkai dengan ukiran yang cantik dan elegan, Anda dapat memilih bingkai yang satu ini. Memiliki ukuran 13cm x 18cm, bingkai ini tersedia dalam beberapa pilihan warna, seperti hitam, putih, pink, dan ungu.

Bingkai dengan model vintage ini cocok untuk menempatkan foto klasik atau momen kenangan, seperti foto masa kecil Anda atau foto pernikahan. Namun tak menutup kemungkinan juga untuk menempatkan foto yang paling baru.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tersedia dalam beberapa pilihan warna.
  • Memiliki bobot yang ringan.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Hanya tersedia dalam satu ukuran.
Bahan Plastik
Ukuran 13×18 cm
Kisaran harga Rp10.000

9. PICORA Alto Double Pigura Frame

blank

Sumber: Shopee.co.id

Dua foto dalam satu bingkai, praktis dan minimalis

Bingkai ini berbentuk persegi panjang dan dapat diisi dengan dua foto sekaligus. Dapat digantung di dinding atau berdiri di atas meja, bingkai ini dapat dipasang secara horizontal atau vertikal.

Selain memiliki desain yang minimalis, bingkai ini juga tersedia dalam beberapa warna, seperti hitam, putih, cokelat, dan natural. Anda dapat memasang foto Anda dan pasangan di dalam masing-masing frame secara bersebelahan.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Pemasangan lebih praktis karena bisa memuat dua foto sekaligus dalam satu bingkai.
  • Tersedia dalam beberapa pilihan warna.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Hanya tersedia dalam satu ukuran.
Bahan MDF
Ukuran Ukuran bingkai: 19.6 x 27.2 x 1.5 cm (p x l x t); ukuran foto: 12.7 x 17.8 cm (5R) x 2 pcs; lebar profile: 1.5 cm; bobot produk: 506 gram
Kisaran harga Rp13.000

10. Bingkai Foto 9 Frame Susun (Model Gantung)

blank

Sumber: Shopee.co.id

Sembilan foto kolase yang bisa dilepas-pasang

Anda memiliki kumpulan foto yang ingin dipasang di banyak bingkai? Dengan menggunakan satu bingkai ini, Anda tak perlu membeli banyak bingkai. Tak tanggung-tanggung, produk ini dapat memajang 9 foto dalam satu bingkai!

Dengan bentuknya yang seperti keping puzzle, bingkai-bingkai ini dapat dilepas-pasang dan diatur ulang. Selain foto, bingkai juga dapat dikombinasikan dengan gambar atau tulisan yang menarik sesuai kreasi Anda. Bingkai unik ini juga cocok untuk kado.

Alasan untuk Membeli Produk:

  • Bisa diatur sesuai keinginan.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harga cenderung lebih mahal.
Bahan Plastik
Ukuran Dimensi produk: 50 x 50 x 2 cm; frame size: 10 x 15 cm
Kisaran harga Rp140.000

Tabel Perbandingan Bingkai Foto Untuk Hiasan Dinding

Produk Kunataruma Frame Foto Wooden Projects Wall Decor Scandinavian Pot Bunga Caiul Magnet Frame Foto Fujifilm Instax Cute Animals Photo Frame Wooden Projects Tropical – MT PICORA Estilo Pigura Frame Premium Bingkai Foto Vertical 3 Pcs Bingkai Foto Tegak W-752-B PICORA Alto Double Pigura Frame Bingkai Foto 9 Frame Susun (Model Gantung)
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Bahan Kayu Kayu Plastik Plastik dan kayu Kayu MDF dan kaca Fiber, kaca, dan MDF (triplek) Plastik MDF Plastik
Ukuran 4R (6 inch) 20x40cm 2R 20 cm x 15 cm (6R) 20×20 cm Ukuran produk: 15.9 x 21 x 1.8 cm (p x l x t); ukuran foto: 12.7 x 17.8 cm (5R); lebar profile: 2.2 cm; bobot produk: 420 gram 10×15 cm (4R) x 3 pcs 13×18 cm Ukuran bingkai: 19.6 x 27.2 x 1.5 cm (p x l x t); ukuran foto: 12.7 x 17.8 cm (5R) x 2 pcs; lebar profile: 1.5 cm; bobot produk: 506 gram Dimensi produk: 50 x 50 x 2 cm; frame size: 10 x 15 cm
Kisaran harga Rp30.000 Rp22.900 Rp12.000 Rp43.800 Rp7.900 Rp9.900 Rp20.500 Rp10.000 Rp13.000 Rp140.000
Periksa ketersediaan

Kesimpulan

Bingkai foto selain bisa digunakan untuk memajang foto kenangan berkesan juga dapat digunakan untuk memajang dekorasi cetak lain, seperti karya seni, gambar, atau quotes. Fungsinya tentu saja untuk mengisi dinding yang kosong atau memberi sentuhan hangat dan personal pada sebuah ruangan.

Anda dapat memilih bingkai foto sesuai selera, tapi tetap perlu memperhatikan bahan, jumlah, ukuran, dan kesesuaian dengan gaya ruangan atau rumah Anda. Jangan sampai bingkai di dinding tidak matching dengan nuansa ruangan. Perhatikan selalu hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih bingkai seperti yang telah kami sampaikan di atas. Selamat mendekorasi rumah!

Referensi

BUYING GUIDE: HOW TO CHOOSE WALL ART AND PICTURE FRAMES
https://www.made.com/buying-guide-wall-art-and-picture-frames diakses pada 11 Agustus 2021

7 Places To Add Frames In Your Home
https://www.frameiteasy.com/learn/places-to-add-frames-in-home/ diakses pada 11 Agustus 2021

10 HELPFUL TIPS TO FOLLOW BEFORE BUYING PICTURE FRAMES
http://universalarquati.com/blog/10-helpful-tips-to-follow-buying-picture-frames diakses pada 11 Agustus 2021

You may also like

Comments are closed.