Peralatan Musik

10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula

Violin—atau di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan biola—merupakan salah satu instrumen dalam keluarga alat musik string. Signifikansinya dalam musik klasik tidak perlu ditanya lagi, terlihat dari repertoarnya yang begitu luas dari zaman ke zaman. Tak heran, banyak orang ingin belajar memainkannya. Entah itu anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa. Apakah Anda termasuk salah satunya?

Jika Anda berminat belajar biola, maka Anda memerlukan biola terbaik yang cocok untuk pemula. Di artikel ini, kami akan membahas sederet kriteria yang menentukan kualitas biola. Lebih dari itu, kami juga telah mengumpulkan sepuluh biola terbaik yang ada di pasaran saat ini. Kita mulai pembahasannya, ya!

Cara Memilih Biola untuk Pemula

Sebagaimana alat musik lain, memilih biola tidak boleh sembarangan. Terdapat berbagai kriteria yang perlu dipenuhi agar sebuah biola dapat dikatakan berkualitas. Mulai dari ukuran yang cocok, kualitas konstruksi, jenis tone, kualitas kayu dan pernis, serta kelengkapannya.

Tentukan Dulu Ukuran yang Cocok

Biola memiliki variasi ukuran yang banyak, mulai dari yang terkecil hingga paling besar: 1/32, 1/16, 1/10, 1/8, 1/4, 1/2, 3/4, dan 4/4 (full size). Memilih ukuran yang tepat adalah hal pertama yang perlu dilakukan oleh semua orang yang ingin belajar memainkan biola. Bila memungkinkan, datanglah ke toko alat musik agar dapat dipandu menentukan ukuran yang sesuai.

Umur paling dini bagi anak-anak untuk mulai belajar biola adalah 3 tahun. Ukuran biola yang cocok untuk anak umur segini adalah 1/32, 1/16, atau 1/10. Sementara anak-anak di atas fase usia ini dapat secara bertahap naik dari ukuran 1/8 sampai 1/2. Untuk mengetahui mana ukuran yang persis cocok, Anda mesti mengukur panjang lengan anak tersebut, lalu cocokkan hasilnya dengan size chart yang bisa Anda lihat di internet.

Biola berukuran 3/4 dan 4/4 baru digunakan pada fase usia remaja dan dewasa. Remaja dan orang dewasa kebanyakan sudah cocok menggunakan biola full size 4/4. Tapi, remaja yang tubuhnya belum berkembang penuh, atau orang dewasa yang tangannya cenderung pendek, kemungkinan akan lebih cocok dengan biola 3/4.

Perlu diingat bahwa ukuran bow harus proporsional dengan ukuran biola. Jika biolanya 3/4, maka bow-nya juga harus 3/4. Jadi, jika Anda berniat membeli bow secara terpisah, pastikan untuk menyamakan ukurannya, ya!

Perhatikan Kualitas Konstruksinya

blank

Aspek ini menuntut ketelitian lebih dari Anda karena kualitas konstruksi biola akan berpengaruh pada kenyamanan bermain dan tone. Biola yang tidak nyaman dimainkan dapat membuat Anda malas berlatih. Sementara tone yang buruk dapat menyamarkan progres latihan Anda. Sebab itu, telitilah tiap bagian pada konstruksi biola. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Tuning Pegs

Mulai dari atas, bagian pertama yang perlu diperhatikan adalah tuning pegs. Tuning pegs yang baik harus terasa kencang dan mantap agar senar tidak mudah kehilangan tune. Namun, di saat yang sama juga mesti terasa mulus saat diputar supaya proses tuning terasa nyaman.

Bridge

Ke tengah, bagian yang mesti diperhatikan selanjutnya adalah bridge. Bridge berfungsi mentransmisikan getaran dari senar ke seluruh bodi biola. Juga berfungsi mengangkat senar di atas fingerboard. Posisi bridge harus tegak 90 derajat. Kemiringan bagian atasnya juga harus baik untuk memastikan tiap senar dapat dimainkan sendiri-sendiri dengan leluasa tanpa membunyikan senar yang lain.

Purfling

Purfling adalah tiga kayu tipis yang ditanam pada tatahan di sekitar ujung bodi biola. Fungsinya untuk mencegah keretakan yang rentan muncul pada ujung bodi agar tidak merambat ke tengah.

Produk yang murah kadang tidak memiliki purfling. Hanya ada garis yang dilukis di sekitar bodi yang kelihatannya seperti purfling sungguhan, padahal tidak ada kayunya. Jadi, kalau mau lebih tahan lama, pastikan ada purfling-nya.

Pilih yang Tone-nya Cocok dengan Preferensi Anda

blank

Tiap biola memiliki tone yang berbeda-beda. Umumnya, kita mendeskripsikannya di antara dua kutub: bright dan mellow. Bright, seperti namanya, berarti memiliki tone yang terang dan lebih tipis. Sementara itu, mellow terdengar lebih dalam dan bulat. Yang mana pun tidak masalah, selama Anda menyukainya. Sebab, bila Anda menyukai tone biola Anda, Anda bakal lebih semangat latihan.

Berkaitan dengan tone, Anda juga perlu memeriksa proyeksi suara. Dengarkan seperti apa suaranya di bawah telinga Anda saat Anda memainkannya. Lalu, suruh teman Anda memainkannya sementara Anda mendengarnya dari depan. Proyeksi inilah yang nantinya akan didengar oleh orang yang mendengar permainan Anda. Hal ini dapat membantu Anda menilai tone biola dalam perspektif yang lebih luas.

Perlu diketahui bahwa biola yang baru dibeli mungkin memerlukan beberapa waktu agar kualitas tone keluar sepenuhnya. Waktu yang diperlukan tidak menentu, tapi biasanya sekitar satu sampai dua bulan.

Jadi, bila Anda membeli biola secara online, lantas tidak suka dengan kualitas suaranya saat pertama datang, jangan terburu-buru untuk mengajukan refund. Izinkanlah biola baru Anda untuk warm up dengan terus memainkannya dalam rentang waktu tertentu.

Pastikan Terbuat dari Solid Wood Berkualitas dan Periksa juga Pernisnya

blank

Di pasaran, Anda akan menemukan dua jenis kayu yang dipakai sebagai konstruksi biola, yaitu plywood dan solidwood. Plywood adalah kayu lapis alias triplek yang, seperti sudah Anda tahu, berbentuk lembaran tipis. Bahannya yang lembut membuatnya kurang kokoh menahan tensi senar sehingga bakal lebih cepat rusak. Kualitas suaranya pun relatif buruk karena tidak menciptakan resonansi yang cukup.

Yang sepatutnya Anda beli adalah biola berbahan solid wood. Solid wood adalah kayu utuh yang diolah dari batang pohon. Permukaannya keras, kokoh, siap bertahan untuk pemakaian bertahun-tahun. Tapi, kualitas solid wood pun berbeda-beda. Tergantung jenis kayu pohon apa yang dipakai. Spruce dan maple adalah yang paling umum. Ada pula yang berbahan jati, mahoni, sampai pinus.

Setelah memastikan biola terbuat dari kayu berkualitas, selanjutnya Anda perlu memeriksa pernisnya. Meski sama-sama berfungsi lapisan pelindung, pernis biola tidak sama seperti pernis perabot kayu. Pernis biola tidak boleh terlalu tebal dan kaku karena dapat meredam vibrasi pada badan biola.

Pernis yang baik masih memperlihatkan serat kayu di permukaan biola. Jadi, jika permukaannya terlihat sangat mulus dan mengilap tanpa kelihatan serat kayu, itu tandanya pernis yang diaplikasikan cukup tebal. Produk seperti ini lebih baik Anda hindari.

Periksa Kelengkapannya

blank

Ketika membeli biola, biasanya Anda tidak hanya dapat biolanya saja, namun juga beberapa aksesori yang esensial. Yang paling sering masuk dalam kelengkapan utama adalah bow, rosin, dan hardcase.

Buat pemula, produk yang sudah lengkap dengan tiga aksesori tersebut bakal hemat. Kendati begitu, kualitas sederet aksesori tadi biasanya bukan yang terbaik. Jadi, selalu ada opsi untuk membeli aksesori ini secara terpisah bila Anda tidak puas dengan kualitasnya.

Tidak Perlu Terpaku Merek, Tapi Hindari yang Harganya Terlalu Murah

blank

Ada banyak merek biola tereputasi yang tersedia buat Anda. Kendati demikian, Anda tidak perlu terpaku pada biola bermerek terkenal. Pasalnya, biola adalah instrumen yang kualitasnya bergantung pada keterampilan pengrajinnya—atau biasa disebut luthier. Keterampilan ini dapat dimiliki siapa saja, tanpa perlu dikawal standar produksi ketat khas korporat.

Alhasil, kualitas biola buatan pengrajin lokal sama sekali tak kalah dengan merek-merek terkenal. Apalagi mengingat fakta bahwa biola yang handmade memiliki kualitas lebih bagus daripada produksi pabrik. Selain itu, harganya pun bakal lebih murah karena tidak termakan biaya distribusi yang besar. Terlebih bila Anda punya akses untuk membelinya langsung dari si luthier, bukan dari toko.

Meski begitu, Anda sebaiknya jangan membeli biola yang terlalu murah, misal yang kira-kira harganya di bawah 500 ribu. Pasalnya, biola seperti ini sebenarnya bukan biola, melainkan violin shaped objects (VSO) atau katakanlah biola mainan. Bentuknya memang seperti biola, tapi terdapat kecacatan fatal yang membuatnya tak bisa dimainkan sebagaimana biola sungguhan. Entah itu pada aspek konstruksi, jenis kayu/material yang dipakai, ataupun sederet alasan lainnya.

Sebisa Mungkin, Coba Dulu Sebelum Membeli

blank

Pada akhirnya, sebelum membeli memang paling ideal untuk mencoba biolanya secara langsung terlebih dulu. Datanglah ke toko musik atau pengrajin biola yang lokasinya dekat dengan Anda. Bila perlu, ajaklah orang yang lebih mengerti soal biola. Jangan ragu untuk berkonsultasi pada pegawai toko atau luthier tentang biola macam apa yang Anda inginkan.

Bila Anda benar-benar tidak punya akses ke toko musik atau luthier dan harus beli secara online, maka Anda harus ekstra teliti. Bacalah ulasan tiap produk yang Anda minati. Cari tahu seperti apa suaranya. Tanyakan juga pada penjualnya seperti apa return policy mereka apabila Anda menemukan cacat pada produk atau semata-mata tak suka dengan biolanya.

10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula

Sudah siap membeli biola pertama Anda? Di bagian ini kami sudah merangkum sepuluh biola terbaik dari beberapa merek yang tereputasi. Sebelum berangkat ke toko alat musik atau pengrajin lokal di sekitar Anda, produk-produk ini barangkali dapat menjadi referensi awal yang berguna.

1. Cremona Cervini HV-100

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Biola handmade dengan harga murah meriah

Cremona adalah salah satu brand biola paling terkenal pada level pemula sampai menengah. HV-100 adalah salah satu yang paling murah di katalog mereka. Kualitasnya apik dengan implementasi solid wood spruce dan maple. Pengkonstruksiannya pun dilakukan secara handmade sehingga setiap produk dibuat dengan perlakuan khusus untuk mengeluarkan potensi terbaiknya.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Opsi ukuran lengkap sehingga bisa dipakai oleh dewasa maupun anak-anak.
  • Value lebih tinggi karena handmade.
  • Proyeksi suara cukup baik untuk sekadar pemakaian di rumah atau studio.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Kualitas senar dan rosin bawaan bukan yang terbaik.
Variasi ukuran 1/2, 1/4, 3/4, 4/4
Kisaran harga Rp1.315.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

2. Cremona SV-75 Premier Novice Violin

 

blank

Sumber: Blibli.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Kualitas lebih tinggi, tapi tetap hemat

Kalau budget Anda agak lebih, kami merekomendasikan biola Cremona yang ini. Seperti produk sebelumnya, SV-75 juga handmade, namun dengan fingerboard yang lebih bagus karena terbuat dari rosewood. Di level ini, chin rest-nya pun sudah berbahan kayu, bukan lagi plastik. Secara keseluruhan, konstruksinya sangat apik dan mampu menghasilkan suara yang cantik.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Konstruksi rapi di segala sisi. Tidak ada sisa lem dan potongan kayu yang kasar.
  • Ada bermacam pilihan warna untuk memancing ketertarikan anak-anak.
  • Pernis berkualitas tinggi yang tak terasa lengket di kulit.
  • Harga sangat kompetitif.
  • Varian ukuran lengkap.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Kualitas senar bawaannya bukan yang terbaik. Mungkin harus diganti.
Variasi ukuran 1/2, 1/4, 1/8, 1/10, 1/16, 3/4, 4/4
Kisaran harga Rp3.980.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

3. Samuel Eastman VL100

Cek harga di Shopee Cek harga di Blibli Cek harga di Tokopedia

Biola pemula yang disukai di mana-mana!

Eastman VL100 adalah biola untuk pemula yang cukup terkenal secara global. Reputasi ini didapat dari kualitasnya yang memang baik dan konsisten pada tiap produk. Fingeboard sudah pakai ebony. Sudah ada pula hand-inland purfling sehingga ketahanannya jangan ditanya lagi. Bertahun-tahun kemudian, biola ini masih tetap nyaman dipakai sekalipun kemampuan bermain biola Anda sudah meningkat drastis.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Pernis tidak terlalu tebal tapi cukup baik melindungi permukaan kayu.
  • Tone jernih dengan resonansi yang baik.
  • Senar bawaannya sudah cukup baik sehingga tidak perlu diganti.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya mungkin agak kemahalan buat pemula yang masih anak-anak.
Variasi ukuran 4/4 – 1/16
Kisaran harga Rp13.000.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Blibli Cek harga & diskon di Tokopedia

4. Samuel Eastman VL80

Cek harga di Shopee Cek harga di Blibli Cek harga di Blibli

Alternatif lebih murah untuk VL100

Jika Anda membutuhkan alternatif yang lebih murah dari VL100, Eastman menawarkan seri VL80. Perbedaan terbesarnya ada pada tonewood. Jika VL100 menggunakan kayu yang sudah berumur, VL80 menggunakan kayu yang lebih muda. Perbedaan ini akan berdampak pada ketahanan instrumen, namun di luar itu, VL80 juga merupakan violin yang kompeten buat pemula.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Meski tidak ada karakteristik suara yang terlalu spesial, volumenya cukup lantang.
  • Sudah ada inlaid purfling.
  • Cukup baik dalam mempertahankan tune.
  • Harga sangat kompetitif.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Variasi ukuran 4/4 – 1/32
Kisaran harga Rp8.600.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Blibli Cek harga & diskon di Blibli

5. Andreas Eastman VL200

Cek harga di Shopee Cek harga di Tokopedia

Untuk pemula yang sudah lebih mahir

Kalau Anda sudah mulai belajar main biola untuk beberapa lama (tahunan), Anda dapat melirik biola Eastman yang selevel lebih tinggi, seperti VL200 satu ini. Bila kedua produk Eastman sebelumnya hanya kompeten, VL200 memiliki identitas yang lebih kuat.

Tak hanya sekadar terdengar bagus, tone biola ini terasa lebih kaya dan kompleks. Value-nya pun tinggi sehingga harga jual kembalinya juga takkan jatuh, andai kata di kemudian hari Anda mau membeli violin baru.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Memakai pernis spirit (alkohol), bukan minyak.
  • Kualitas kayu unggulan.
  • Kualitas senar dan aksesori lainnya sudah bagus.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya mungkin terlalu mahal untuk sebagian orang.
Variasi ukuran 4/4 – 1/16
Kisaran harga Rp19.000.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Tokopedia

6. Scott Cao STV-017E

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Memiliki overtone yang lebih kaya

Scott Cao adalah satu lagi merek biola yang cukup sering direkomendasikan untuk pemula. Dibandingkan produk lain di kelas harganya, biola ini sedikit lebih unggul dari sisi suara berkat overtone yang lebih kaya. Konstruksinya pun jempolan dengan fitting dari Indian rosewood yang berkualitas tinggi atau pada beberapa unit diganti dengan kayu ebony yang sama baiknya.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Dibuat secara handcraft.
  • Varian ukuran lengkap.
  • Proyeksi kuat sehingga suaranya takkan tenggelam dalam ensambel.
  • Harga kompetitif.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Variasi ukuran 1/32, 1/16, 1/10, 1/8, 1/4, 3/8, 1/2, 3/4, 7/8, 4/4
Kisaran harga Rp6.100.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

7. Ming Jiang Zhu 905

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Biola premium untuk investasi jangka panjang

Ming Jiang Zhu adalah pemenang medali emas Violin Society of America. Jadi, Anda bisa harapkan kualitas premium dari biola-biola buatan mereka. Tak terkecuali pada seri 905 ini yang tak hanya cocok buat pemula, tapi juga profesional. Jika Anda berencana menginvestasikan lebih banyak modal untuk menunjang pendidikan musik anak Anda, biola ini menjadi salah satu alternatif terbaik yang tersedia buat Anda.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Suaranya besar dengan tone yang penuh dan kaya menjadikannya cocok buat solois.
  • Seratus persen handmade.
  • Mudah dimainkan dan sangat responsif.
  • Desain sangat elegan dan berkelas.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya yang agak mahal mungkin membuatnya kurang cocok untuk orang yang sekadar belajar violin sebagai hobi.
Variasi ukuran 3/4, 4/4
Kisaran harga Rp17.800.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

8. Kinglos SDDS-1803

blank

Sumber: Kinglos.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Tokopedia

Alternatif untuk Anda yang mau belajar tanpa mengganggu orang lain

Mesti diakui, saat pertama kali belajar violin, suara yang Anda hasilkan pasti terdengar jelek. Bahkan mungkin cukup mengganggu untuk anggota keluarga lain di rumah. Supaya Anda bisa latihan tanpa bikin berisik, Anda bisa coba biola elektrik. Kali ini kami merekomendasikan Kinglos SDDS-1803

Perlu diperhatikan bahwa biola elektrik seperti ini kurang cocok untuk memainkan repertoar klasik. Jadi, hanya beli biola ini kalau Anda sekadar iseng saja sebagai hobi, atau hanya memainkan lagu-lagu non-klasik.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Konstruksi kokoh.
  • Bisa ditambahi efek suara macam-macam.
  • Pickup dengan tiga band untuk memudahkan pengaturan tone.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Kualitas senar, bridge, dan aksesori bawaan lainnya bukan yang terbaik.
Variasi ukuran 4/4
Kisaran harga Rp3.500.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Tokopedia

9. Mandalika Violin

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Ideal untuk pemula berkat harga yang terjangkau

Mandalika adalah produsen alat musik akustik asal Indonesia yang terkenal dengan ukulele dan gitarnya. Mandalika juga menawarkan biola yang diklaim memiliki kualitas premium. Terlihat dari bodi dan neck yang sudah memakai kayu maple. Harganya yang begitu terjangkau pun membuatnya jadi pilihan ideal untuk kebanyakan pemula, baik orang dewasa maupun anak-anak.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Paket penjualan sudah termasuk hardcase dan rosin.
  • Harga ukuran 1/2 maupun 4/4 sama.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Variasi ukuran 1/2, 4/4
Kisaran harga Rp530.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

10. Vienna Solid Wood

blank

Sumber: Blibli.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Murah meriah tapi sudah solid wood

Vienna merupakan salah satu biola murah meriah yang paling laris di pasaran. Dengan harga di bawah satu juta, Anda sudah mendapatkan biola berbahan solid wood dari spruce. Kualitas suaranya pun cukup bagus di levelnya. Selain lebih ramah di kantong, harganya yang murah juga membuat Anda takkan terlalu rugi jika ternyata Anda merasa bahwa biola bukan instrumen yang cocok buat Anda.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Sudah pakai solid wood.
  • Paket penjualan sudah termasuk rosin dan hardcase.
  • Harga sangat kompetitif.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Variasi ukuran 1/2, 1/4, 3/4, 4/4
Kisaran harga Rp945.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

Tabel Perbandingan Biola untuk Pemula

Produk Cremona Cervini HV-100 Cremona SV-75 Premier Novice Violin Samuel Eastman VL100 Samuel Eastman VL80 Andreas Eastman VL200 Scott Cao 017E Ming Jiang Zhu 905 Kinglos SDDS-1803 Mandalika Violin Vienna Solidwood
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Variasi ukuran 1/2, 1/4, 3/4, 4/4 1/2, 1/4, 1/8, 1/10, 1/16, 3/4, 4/4 4/4 – 1/16 4/4 – 1/32 4/4 – 1/16 1/32, 1/16, 1/10, 1/8, 1/4, 3/8, 1/2, 3/4, 7/8, 4/4 3/4, 4/4 4/4/ 1/2, 4/4 1/2, 1/4, 3/4, 4/4
Kisaran harga Rp1.315.000 Rp3.980.000 Rp13.000.000 Rp8.600.000 Rp19.000.000 Rp6.100.000 Rp17.800.000 Rp3.500.000 Rp530.000 Rp945.000
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Blibli Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Blibli Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli

Kesimpulan

Sudah siap membawa pulang biola pertama Anda? Sebelum memutuskan untuk membeli, jangan lupa untuk memeriksanya berdasarkan sederet kriteria yang telah kami jelaskan di bagian cara memilih.

Secara umum, biola bukan instrumen yang harganya murah. Sebab itu, kami ingatkan lagi untuk sebisa mungkin mencoba produknya secara langsung di toko alat musik atau pengrajin, sekalipun lokasinya agak jauh dari tempat Anda. Mudah-mudahan Anda segera menemukan biola untuk pemula yang cocok, ya!

Referensi

Violin Varnish Is a Thing of Beauty, But Not of Protective Strength
https://stringsmagazine.com/violin-varnish-is-a-thing-of-beauty-but-not-of-protective-strength/ diakses pada 4 Juli 2021

Top Tips for Buying A Violin: What to know
https://caswells-strings.co.uk/buying-violin-tips/ diakses pada 4 Juli 2021

Essential Violin Accessories for Students
https://thevault.musicarts.com/essential-violin-accessories-for-students/ diakses pada 4 Juli 2021

VSO
https://www.sharmusic.com/profiles/ParentsGuidetoVSO.pdf diakses pada 4 Juli 2021

You may also like

Comments are closed.