Written by 05:06 Ibu & Anak

10 Rekomendasi Baby Cream (Krim Bayi) Terbaik

Sebagai orang tua, sangat penting untuk memastikan kulit bayi terhindar dari kekeringan, ruam, dan kondisi lain seperti eczema. Salah satu cara mudah memelihara kulit bayi yang sensitif adalah dengan mengoleskan baby cream atau krim bayi. Formulasi baby cream yang tinggi pelembap akan menghidrasi dan menekan penguapan air dari kulit agar kulit senantiasa lembap.

Jika Anda bermaksud membeli baby cream untuk persediaan di rumah, pilihlah produk yang aman digunakan setiap hari. Di pasaran, Anda akan menemukan berbagai merek baby cream, seperti Sebamed, Pigeon, Aveeno, dan Pure Baby. Manakah baby cream terbaik untuk bayi Anda? Untuk mengetahuinya, kami merekomendasikan sepuluh produk dan tips pemilihan baby cream. Simak ulasan ini sampai akhir, ya!

Apa itu Baby Cream?

Baby cream adalah emulsi dari minyak dan air, yang banyak digunakan untuk melindungi kulit bayi agar tetap lembut dan terhindar dari iritasi serta kekeringan. Baby cream biasanya dioleskan pada bagian pipi, lutut, siku, dan hidung bayi. Selain untuk melembutkan dan melembabkan, baby cream juga sering dimanfaatkan untuk menghaluskan kulit bayi agar mencegah pengelupasan dan timbul rasa gatal.

Selain baby cream, Anda mungkin pernah mendengar baby lotion. Produk ini memiliki fungsi umum yang sama untuk melembabkan dan menutrisi kulit. Hanya saja, tekstur baby lotion sedikit lebih encer. Pada baby cream, Anda akan melihat komposisi minyaknya lebih dari 50 persen, sehingga teksturnya lebih kental. Sementara baby lotion, 70 persen kandungannya adalah air yang menjadikan teksturnya lebih encer.

Produk lain yang memiliki fungsi hampir sama yakni baby oil. Kandungan minyaknya lebih banyak dibandingkan baby cream. Maka dari itu produk ini lebih sering dipakai untuk pijat bayi (baby massage) atau untuk membersihkan kerak pada kulit bayi. Berbeda dengan baby oil, karena tidak terlalu berminyak, baby cream sering dipakai untuk mencegah ruam pipi dari biang keringat atau alergi.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengoleskan Baby Cream?

Anda bisa menggunakan baby cream pada kulit bayi baru lahir (newborn) yang cenderung bersisik. Pada fase ini, kulit bayi masih terlindungi lapisan lilin (vernix), dan baru akan mengelupas pada minggu pertama setelah kelahiran. Ketika terjadi pengelupasan, kulit bayi cenderung kering dan bersisik. Pada saat itulah Anda bisa memakaikan baby cream untuk mengembalikan kelembapan kulit bayi.

Perlu Anda ingat, mengoleskan baby cream sama saja dengan memberikan sentuhan bahan kimia, yang beberapa di antaranya mungkin berbahaya bagi kulit bayi. Untuk itu, saat hendak mengoleskan baby cream, upayakan menghindari produk yang tinggi kandungan pelembap bersifat lengket seperti petroleum jelly. Sebagai gantinya, Anda bisa mencari baby cream berbahan minyak zaitun atau vitamin A dan E.

Cara Memilih Baby Cream (Krim Bayi)

Di bagian ini, kami akan menerangkan poin-poin pemilihan baby cream. Guna menemukan produk terbaik dan cocok bagi buah hati, Anda perlu memeriksa sederet aspek pada krim bayi. Simak lebih lanjut, yuk!

Pilih berdasarkan Tujuan atau Lokasi Penggunaannya

Berdasarkan penggunaannya, produk baby cream dibedakan menjadi dua versi, yaitu penggunaan untuk wajah dan penggunaan dengan tujuan mengatasi ruam popok. Meski belum jelas apa yang membedakan keduanya, namun secara umum baby cream untuk ruam popok mengutamakan komposisi dengan fungsi melembabkan dan menenangkan kulit dari iritasi.

Karena fungsinya yang lebih krusial, baby cream yang digunakan untuk mengatasi ruam popok cenderung bertekstur lebih kaku dan cepat kering. Hal ini dimaksudkan agar baby cream yang dipakai lebih mudah diserap kulit dan tidak menambah kelembapan yang akan memperburuk iritasi. Salah satu bahan pada baby cream yang berguna menenangkan iritasi adalah zinc oxide.

Pastikan Nyaman dengan Memilih Produk Berdaya Serap Baik

Sebagian produk baby cream mungkin memiliki kandungan minyak lebih banyak, seperti petroleum jelly. Kandungan tersebut cocok dijadikan penghalang keringat yang berpotensi menimbulkan iritasi. Akan tetapi, tekstur salep berkandungan petroleum jelly cenderung lebih lengket dan tidak cocok untuk kulit bayi yang sensitif. Apalagi, petroleum jelly membentuk lapisan di atas kulit, sehingga kurang direkomendasikan untuk kulit bayi yang rentan.

Sebagai gantinya, Anda dapat mempertimbangkan baby cream berbasis air. Produk semacam ini lebih mudah terserap ke dalam kulit karena daya permeabilitas yang lebih tinggi. Sayangnya, baby cream water-based tidak unggul menahan keringat, sehingga potensi terjadi iritasi pun semakin besar. Oleh sebab itu, pillihlah produk yang memiliki keseimbangan antara minyak dan air cukup agar penyerapannya baik dan tidak lengket di kulit.

Utamakan Produk yang Sedikit Bahan dan Aroma

Berbeda dari kulit orang dewasa, kulit bayi lebih sensitif dan rentan mengalami iritasi. Untuk itu, upayakan agar baby cream yang Anda pilih tidak mengandung bahan-bahan berbahaya. Sedikit komposisi bahan akan semakin baik, karena Anda tidak perlu khawatir akan risiko yang ditimbulkan dari penggunaan baby cream.

Selain itu, hindari juga krim bayi yang memiliki aroma buatan. Pasalnya, aroma argtifisial pada produk cukup reaktif pada kulit bayi yang sensitif. Sebaiknya Anda memilih produk yang tidak beraroma untuk menghindari alergi atau eksem. Beberapa produsen menyematkan aroma alami dari minyak esensial yang dapat menjadi alternatif pilihan untuk Anda pertimbangkan.

Bila Memungkinkan, Pilih yang Mengutamakan Komposisi Organik

Pastikan Anda memilih baby cream yang menggunakan bahan dasar nabati atau bahan yang dibudidayakan secara organik untuk kulit bayi sensitif. Karena tidak mengandung residu atau pestisida beracun di dalamnya, komposisi bahan organik akan menjauhkan kulit buah hati Anda dari iritasi dan kemerahan.

Di tempat lain, jika Anda terpaksa menggunakan produk hewani, kami sarankan Anda pilih baby cream dengan kualitas bahan dasar yang telah teruji oleh lembaga kesehatan, entahkah BPOM atau semacamnya. Produk yang bagus di kulit bayi umumnya diolah secara sederhana untuk meminimalisir penambahan zat kimia di dalamnya.

Pastikan Bebas Kandungan yang Berpotensi Negatif

Sebelum membeli baby cream, pastikan pula produk tersebut bebas komponen-komponen yang memungkinkan timbulnya masalah pada kulit bayi. Hindari paraben yang menjadi pengawet suatu produk agar terjaga kualitasnya. Selain itu, bahan pengharum (fragrance) sebaiknya dihindari karena bisa menimbulkan panas dan alergi.

Ada juga komponen lain semacam PEG (polyethylene glycol) yang bersifat karsinogenik dan mudah terkontaminasi dengan zat kimia. Untuk lebih amannya, selalu baca sertifikasi keamanan sebuah produk. Bila di dalam negeri ada BPOM, produk impor dapat Anda cek keamanannya dari sertifikasi FDA, Ecocert, atau semacamnya.

10 Rekomendasi Baby Cream (Krim Bayi) Terbaik

Setelah memahami aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam memilih baby cream, pada section ini kami telah rangkum sepuluh baby cream terbaik sebagai referensi. Pilihlah krim bayi yang dapat melembapkan, melembutkan, dan mengatasi ruam pada popok maupun area kulit lain. Selamat memilih!

1. Sebamed Baby Care Cream

Dibuat dengan teknologi Jerman yang aman bagi kulit

Sebamed Baby Care Cream adalah pelembab kulit hypoallergenic yang dibuat dengan teknologi canggih dari Jerman. Baby cream ini mampu melindungi kulit bayi Anda tetap dalam pH normal, terutama di area popok untuk mencegah dan mengurangi iritasi. Produk ini juga dapat memperkuat ketahanan kulit dengan cara membentuk skin barrier.

Komposisi bahan yang ada dalam produk ini dipilih dari kualitas terbaik sehingga aman diaplikasikan ke seluruh area kulit bayi. Tak hanya itu, produk ini juga cocok untuk mengatasi gangguan kulit seperti alergi, eczema, dan biang keringat. Teksturnya lembut membuat krim terasa nyaman di kulit. Selain diperkaya squalene melindungi kulit, ada juga lipid lecithin yang bertugas melembabkan kulit.

Bahan aktif Dexa panthenol, bisabolol, lipid lecithin, squalene
Tujuan/lokasi penggunaan Seluruh bagian tubuh
Keamanan Tidak menyebabkan alergi (hypoallergenic)
Isi 100 mL
Kisaran harga Rp141.000

2. Zwitsal Extra Care Baby Cream with Zinc

Diperkaya kandungan zinc untuk menjaga kulit bayi Anda tetap sehat sepanjang hari

Ini adalah produk baby cream yang didukung zinc untuk menjaga kesehatan dan kelembutan kulit bayi Anda. Kandungan zinc­-nya diklaim efektif meredakan ruam kemerahan akibat iritasi atau pemakaian popok ketat dan terlalu lama. Produk ini telah lolos uji hypoallergenic sehingga dipastikan aman untuk kulit bayi super sensitif.

Zwitsal Extra Care Baby Cream with Zinc dipastikan nyaman berkat tekstur lembut dan kemudahannya diserap kulit. Produk ini juga aman digunakan rutin karena terjamin takkan menyebabkan eksem. Kemasan baby cream berdesain praktis menjadikan produk ini mudah dibawa kemana-mana.

Bahan aktif Zinc oxide, jojoba oil, beeswax, simmondsia chinensis seed oil, allantoin
Tujuan/lokasi penggunaan Mengatasi ruam popok
Keamanan Teruji hypoallergenic
Isi 100 mL
Kisaran harga Rp30.500

3. Mustela Hydra Bebe Facial Cream

Mengandung 86% bahan organik yang aman untuk bayi baru lahir

Baby cream ini secara khusus diformulasikan untuk perawatan wajah bayi sejak bayi baru lahir. Komponen utama produk terdiri dari vegetable oil, vitamin E dan F yang bermanfaat untuk melembabkan kulit secara instan dalam jangka waktu lama. Selain itu, baby cream Mustela satu ini dilengkapi shea butter sebagai penjaga kulit bayi tetap kenyal, lembut, dan halus.

Secara keseluruhan, ingredients produk ini didominasi 86% bahan alami. Formula terbaru Avocado Perseose telah dipatenkan serta terpercaya dalam mempertahankan kekuatan sel sekaligus memperkuat perlindungan kulit secara alami. Bicara keamanan, Mustela membebaskan komponennya dari paraben, phthalates, dan phenoxyethanol, sehingga ideal mengenai kulit bayi baru lahir (neonatus/newborn).

Bahan aktif Avocado perseose, jojoba oil, vitamin E, vitamin F, shea butter,
Tujuan/lokasi penggunaan Kulit wajah
Keamanan Bebas paraben, bebas phthalates, bebas phenoxyethanol
Isi 40 mL
Kisaran harga Rp158.400

4. Pigeon Baby Diaper Rash Cream

Mampu melindungi bayi dari biang keringat dan iritasi kulit pada area popok

Pigeon Baby Diaper Rash Cream termasuk efektif untuk melindungi kulit bayi dari ruam popok atau kemerahan akibat iritas ringan. Krim bayi ramah kantong ini dapat pula mengurangi biang keringat umum mneimpa bayi. Bahan utamanya terdiri dari castor oil, zinc dioxide, chamomile, dan minyak jojoba yang sanggup melembutkan kulit bayi.

Baby cream dari Pigeon bebas kandungan pewarna serta cepat menyerap ke dalam kulit, membuat bayi merasa nyaman setiap habis dioleskan. Pakailah baby cream antilengket ini ketika mengganti popok. Jangan lupa bersihkan dulu area pantat bayi sampai kering sebelum mengaplikasikan krim bayi Pigeon.

Bahan aktif Zinc oxide, chamomile, jojoba oil, castor oil
Tujuan/lokasi penggunaan Mengatasi ruam popok
Keamanan Teruji hypoallergenic, tanpa pewarna
Isi 60 g
Kisaran harga Rp22.000

5. Buds Cherished Organics Baby Bum Balm

Teruji klinis melindungi dan mengurangi ruam popok pada kulit bayi

Baby Bum Balm didesain secara organik untuk memberikan perlindungan kulit pada area pantat bayi. Produk ini akan memelihara kulit bayi di area popok agar tidak mudah iritasi. Komponen yang melengkapi bahan produk antara lain minyak pohon yang bersifat antibakteri, serta mampu menyejukkan dan menyembuhkan kemerahan akibat gesekan popok.

Buds Cherished Organics Baby Bum Balm mengandung formula minim bahan kimia untuk mempercepat pemulihan ketika terjadi iritasi. Yang lebih baik lagi, produk ini mengantongi sertifikat penilaian Ecocert dari Perancis. Buat Anda yang memerlukan baby cream berbahan organik, jatuhkan pilihan Anda pada produk 99% bahan organik ini!

Bahan aktif Organic beeswax, spent grain wax, inca inchi, jojoba oil, sunflower oil, shea butter, vitamin E, tea tree oil
Tujuan/lokasi penggunaan Mencegah dan meredakan ruam popok
Keamanan Terbuat dari 99% bahan organik, tersertifikasi Ecocert dari Perancis
Isi 50 mL
Kisaran harga Rp329.900

6. Aveeno Baby Soothing Relief Moisturizing Cream

Dengan formula khusus untuk menjaga dan menutrisi kulit bayi

Baby cream dari Aveeno berikut akan membantu Anda mencegah kekeringan pada kulit bayi sekaligus menyediakan nutrisi yang dibutuhkannya. Komponen utama berupa Natural Colloidal Oatmeal Complex diformulasikan untuk menangani kulit bayi yang sensitif agar teras lembut dan lembap. Aveeno Baby Soothing Relief Moisturizing Cream teruji klinis mampu melembapkan kulit bayi hingga 24 jam.

Kelebihan lain dari produk ini yakni mempunyai tekstur tidak terlalu berminyak. Daya permeabilitas ke lapisan kulit juga tergolong cepat. Aveeno memastikan produknya teruji hypoallergenic, jadi takkan menimbulkan alergi. Absennya kandungan pewangi dan pewarna tambahan menambah nilai aman produk ini. Selain itu, baby cream berikut juga bebas dari zat kimia berbahaya seperti steroid, paraben, dan phthalate.

Bahan aktif Colloidal oatmeal, dimethicone 1.25%
Tujuan/lokasi penggunaan Seluruh bagian tubuh
Keamanan Bebas fragrance, bebas paraben, bebas phthalate, bebas dye, bebas alkohol, hypoallergenic, teruji dermatologi
Isi 141 g
Kisaran harga Rp149.000

7. Cussons Baby Newborn Cream

Mampu melindungi kulit bayi Anda yang baru lahir hingga 24 jam

Diperkaya dengan minyak zaitun organik, minyak chamomile alami, dan air murni, menjadikan produk Cussons yang satu ini cocok digunakan untuk bayi yang baru lahir dan memiliki kulit sensitif. Teksturnya sangat lembut dan bisa menjaga kelembaban kulit bayi Anda hingga 24 jam.

Formula dari Cussons Baby Newborn Cream bebas dari alkohol dan pewarna tambahan, menjadikannya aman bagi kulit bayi Anda yang sangat tipis dan sensitif. Kandungan pH-nya juga seimbang dan tidak menyebabkan alergi yang membuatnya teruji klinis hypoallergenic.

Bahan aktif Minyak zaitun organik, minyak chamomile alami, air murni
Tujuan/lokasi penggunaan Seluruh kulit bayi baru lahir (newborn)
Keamanan Teruji hypoallergenic, bebas pewarna, bebas alkohol
Isi 50 g
Kisaran harga Rp18.500

8. Pure Baby Rash Cream with Extra Moisturizing

Mengandung pelembab ekstra untuk mengurangi iritasi dan ruam popok

Diperkaya agen yang memberikan kelembapan ekstra, baby cream satu ini akan melembabkan sekaligus melindungi kulit bayi dari ruam popok, kemerahan, dan iritasi. Pure Baby menyertakan obat dexpanthenol dan zinc oxide pada produk ini sebagai pemulih iritasi ringan pada kulit bayi, terutama di area popok.

Untuk menggunakan baby cream ini, tertera petunjuk jelas pada kemasannya. Anda bisa menggunakan Pure Baby Rash Cream with Extra Moisturizing setiap mengganti popok. Namun, pastikan kulit bayi yang akan dioles dalam keadaan kering. Untuk selanjutnya, Anda bisa mengoleskan krim secara tipis dan merata pada bagian lipatan kulit atau area yang tertutup popok.

Bahan aktif Dexpanthenol, zinc oxide.
Tujuan/lokasi penggunaan Mencegah dan mengatasi segala jenis ruam pada kulit bayi
Keamanan Tersusun dari bahan alami, minim bahan yang berisiko mengiritasi kulit
Isi 50 g
Kisaran harga Rp42.800

9. Sudocrem Baby Care Cream

Cream antiseptik yang dapat menenangkan kulit iritasi dan meradang

Di luar negeri, baby cream ini lebih dikenal dengan nama Sudocrem Antiseptic Healing Cream. Produk yang ideal pula dipakai orang dewasa ini terbukti efektif menyembuhkan kemerahan serta ruam popok pada bayi, serta mampu melindungi kulit halusnya. Kandungan utamanya adalah emollient yang mampu menenangkan bagian kulit yang meradang.

Sudocrem Baby Care Cream dapat diandalkan sebagai anestesi lokal untuk meringankan rasa sakit. Bahan dasarnya bersifat menolak air yang akan membentuk pelindung guna mencegah iritasi saat bayi buang air. Karena bersifat antiseptik, produk ini juga bisa dipakai untuk mengatasi gangguan lain seperti bekas gigitan serangga, eksem, atau kulit pecah-pecah.

Bahan aktif Zinc oxide, anhydrous hypoallergenic lanolin, benzyl alcohol
Tujuan/lokasi penggunaan Mengurangi ruam popok, luka karena tempat tidur, eksem, luka bakar ringan dan jerawat
Keamanan Teruji klinis lebih dari 85 tahun
Isi 125 g
Kisaran harga Rp107.500

10. Sebamed Baby Cream Extra Soft

Mengandung formula lembut yang bisa menjaga kelembapan terutama di lingkungan yang ekstra dingin

Sebamed Baby Cream Extra Soft adalah krim bayi yang sangat lembut dan bisa digunakan untuk menjaga kelembapan kulit bayi, terutama di lingkungan dingin dan ber-AC. Formulanya kaya akan air dengan emulsi minyak hanya sekitar 42 persen membaut produk ini sanggup melembapkan tanpa menganggu kulit bernapas.

Baby cream dari Sebamed ini telah teruji klinis aman untuk bayi tanpa menyebabkan alergi. Produk ini bebas pewarna, phthalates, dan paraben. Untuk kandungan bahannya terdiri dari panthenol, allantoin, dan chamomile yang akan mengatasi rasa gatal dikarenakan iritasi, mempercepat penyembuhan, dan melembapkan kulit bayi.

Bahan aktif Castor oil, shea butter, jojoba oil, panthenol (vitamin B5)
Tujuan/lokasi penggunaan Mengatasi ruam popok, melindungi kulit bayi dari cuaca, rasa gatal, iritasi, dsb
Keamanan Bebas paraben, bebas pewarna, bebas phthalate, bebas formaldehyde, bebas nitro-mochus compounds, bebas nitrosamines, bebas dioxan, teruji secara klinis
Isi 200 mL
Kisaran harga Rp148.000

Panduan dalam Menggunakan Baby Cream

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai cara penggunaan baby cream untuk bayi. Pertama, gunakan baby cream untuk kulit bayi yang tampak kering, bersisik, dan rentan iritasi. Jika perlu tanyakan ke dokter anak Anda, jenis cream apa yang paling tepat dan jangan gunakan lebih dari satu produk untuk mengurangi bahan kimia pada kulit bayi.

Selanjutnya, gunakan produk ini pada kulit yang bersih, seperti sehabis mandi. Biasanya kulit bayi cenderung kering setelah mandi. Jadi oleskan sedikit baby cream pada telapak tangan Anda lalu pijatkan pada kulit bayi secara lembut. Oleskan baby cream secara merata terutama pada bagian pergelangan kaki, siku, tangan, atau lipatan-lipatan kulit yang rentan terjadi iritasi.

Lihat juga rekomendasi produk perawatan kulit bayi terbaik lainnya di sini!

Untuk merawat kulit bayi, orang tua dapat memanfaatkan baby cream sebagai pelindung kulit dari ruam dan kering. Selain baby cream, beberapa orang tua lebih memilih mengoleskan baby lotion yang mempunyai daya serap cepat ke dalam kulit.

Permasalahan lain pada kulit bayi seperti gatal dapat ditangani dengan baby powder. Sebaiknya Anda pilih bedak bayi yang talc free agar lebih aman untuk bayi. Pada tautan berikut, kami telah menyiapkan artikel khusus yang merekomendasikan baby lotion dan baby powder. Silakan pilih sesuai keperluan Anda!

10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik untuk Bayi
10 Rekomendasi Bedak Terbaik untuk Bayi

Kesimpulan

Sederet produk baby cream bisa Anda beli dengan mudah secara online. Gunakanlah baby cream berdasarkan instruksi pemakaian yang tertera. Lokasi dan tujuan pengaplikasian baby cream pun harus disesuaikan, apakah untuk mengatasi ruam popok, merawat kelembapan wajah atau kulit tubuh lain.

Oleh karena formulasi baby cream mengandung beberapa bahan kimiawi, Anda harus mengutamakan produk yang telah lolos uji hypoallergenic untuk meminimalisir alergi. Bila perlu, pilihlah baby cream berbahan organik yang ideal untuk kulit sensitif bayi. Kami harap Anda berhasil temukan krim bayi yang tepat untuk buah hati Anda!

(Visited 12.174 times, 115 visits today)