Written by 15:01 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Body Wash Terbaik

Selain wangi dan berbusa cukup banyak, body wash disukai orang karena memberikan sensasi segar dan lembap setelah mandi. Apakah Anda berencana mengganti bar soap dengan body wash atau body soap? Sabun dalam bentuk cair diproduksi sejumlah merek, seperti Dove, Lifebuoy, Biore, dan Sebamed yang familier di telinga.

Apa saja hal yang perlu diperhatikan saat membeli body wash? Tidak hanya memilih produk keluaran brand ternama, sebaiknya Anda periksa juga formula, kecocokannya dengan kulit, dan jumlah busa yang dihasilkan. Kami telah pilihkan body wash terbaik untuk Anda jadikan referensi. Sebelum menentukan, kita pahami dulu bedanya body wash dan bar soap atau sabun batangan. Selamat membaca!

Perbedaan Body Wash dan Bar Soap

Mandi adalah kebutuhan setiap orang, terutama kita yang tanggal di daerah tropis. Sabun mandi tidak hanya berbentuk cair, tetapi dahulu lebih terkenal sabun bentuk batangan atau bar soap. Walaupun dari segi fungsi dan efektivitas membunuh kuman sama-sama baik, namun ada perbedaan di antara body wash yang berwujud cair dan bar soap yang berwujud keras.

Perbedaan dari body wash dengan bar soap terletak pada surface active agent (surfactant)-nya. Surfaktan adalah molekul dengan dua sifat berbeda, yakni larut dalam air (hydrophilic) dan larut dalam minyak (hydrophobic). Berkat dua sifat ini, surfaktan pada sabun mandi mampu mengikat minyak atau lemak lalu melarutkannya bersama air.

Baik itu bar soap ataupun body wash, keduanya memiliki surfaktan yang diperoleh dari reaksi penyabunan/saponifikasi, di mana prosesnya adalah mereaksikan minyak dengan alkali (NaOH/KOH) untuk hasilkan sabun dan gliserol. Pada sabun padat atau sabun batang (bar soap), lazim digunakan NaOH seperti sodium stearate, sedangkan KOH atau kalium hidroksida untuk membuat body wash atau sabun cair, misalnya sodium lauryl sulfate, sodium lauryl ether sulfate, atau sodium cocoamphoacetate.

Karena sumber surfaktan yang berbeda ini, muncul pula perbedaan prinsip dari body wash dan bar soap yang terletak pada nilai pH (Powder of Hydrogen)-nya. Jadi, apabila pH pada bar soap tergolong memiliki pH basa atau sekitar 8 – 11, body wash memiliki pH sedikit asam, atau secara umum antara 4 – 6.

Berdasarkan informasi pH tersebut, dapat diketahui bahwa pH pada body wash lebih mendekati pH permukaan kulit, yaitu sekitar 5,5. Sementara nilai pH bar soap yang jauh lebih tinggi menjadi salah satu alasan mengapa kulit menjadi kering setelah dibersihkan dengan bar soap.

Cara Memilih Body Wash

Seusai menjelaskan perbedaan agen pembersih yang dimiliki body wash dan bar soap, tentu Anda sudah paham mengapa body wash dinilai lebih aman dan nyaman untuk kulit. Selanjutnya, kami akan melanjutkan pembahasan tentang poin-poin penting untuk diperiksa saat memilih body wash. Berikut ulasan selengkapnya!

Pilih Body Wash berdasarkan Kondisi Kulit Anda

Kecocokan produk dengan kulit menjadi aspek penting untuk Anda perhatikan saat pertama kali membeli body wash. Bagaimana kondisi kulit Anda menentukan jenis produk yang sesuai. Pada dasarnya, body wash dirancang khusus dengan formula untuk kebutuhan masing-masing tipe kulit. Namun, tipe kulit cenderung berubah seiring usia, atau bergantung pada seberapa sering Anda mandi dan musim apa yang sedang berlangsung.

Saat musim hujan atau Anda sering terpapar udara dingin, kondisi kulit Anda akan mudah kering, sehingga Anda lebih cocok menggunakan body wash yang diperkaya bahan pelembap. Kemudian, perlu Anda ketahui juga bahwa produksi minyak semakin berkurang dari wajah ke arah kaki. Hal ini dikarenakan jumlah kelenjar minyak semakin sedikit dari kepala ke bawah. Maka dari itu, pilihlah produk yang bekerja baik untuk melembapkan, apa pun tipe kulit Anda.

Sementara, bagi Anda yang merasa kulit rentan terhadap iritasi, carilah body wash yang rendah kandungan pewangi (fragrance). Sebagai gantinya, pilihlah produk yang menawarkan wewangian lembut atau segar dari tumbuhan alami, misalnya organic rose, buah-buahan citrus, dan sebagainya.

Pilih Body Wash berdasarkan Sensasi Akhir yang Diinginkan

Setiap orang memiliki idealisme sendiri terhadap body wash yang mereka suka. Apa pun preferensi Anda, para ahli menekankan bahwa sabun yang meninggalkan kulit kesat sehabis mandi tidak berarti menandakan kulit bersih sebagaimana dipahami banyak orang selama ini. Justru, kulit kesat memerlukan perawatan tambahan pasca mandi, seperti pengaplikasian body lotion agar kelembapan kulit kembali terjaga.

Untuk Anda yang menginginkan sensasi melembapkan, Anda perlu mengecek komposisi formula dan temukanlah agen pelembap di antara list ingredients-nya. Body wash dengan tambahan bahan shea butter, susu, minyak almond, minyak argan, minyak biji bunga matahari, aloe vera, dan vitamin E akan meninggalkan kulit lembap setelah mandi.

Akan tetapi, untuk Anda yang bermaksud membeli body wash dengan sensasi akhir menyegarkan, kami menyarankan produk bebas detergen atau soap-free. Namun sayangnya, karakteristik sabun ini lebih sering dimiliki sabun batangan. Oleh karena itu, jika Anda sulit menemukan produk bebas detergen, sensasi segar bisa Anda raih dengan memilih body wash berkandungan bahan-bahan refreshing, seperti apricot kernel oil, lemon verbena, pomegranate, dan sebagainya.

Tidak Perlu Membeli Produk dengan Kandungan Antibakteri

Sabun mandi atau sabun cuci tangan dengan kandungan antibakteri kerap dipilih orang karena diklaim bekerja lebih baik membunuh bakteri, kuman, dan virus dibandingkan sabun biasa. Walau tampak menggoda karena iming-iming kemampuan “antibacterial“-nya, sayangnya FDA (Food and Drug Administration) melakukan banning atau pelarangan terhadap 19 bahan antibakteri dalam produk sabun. Namun, pelarangan ini tidak berlaku untuk produk hand sanitizers dan tisu antibakteri (wipes).

Adapun ke-19 kandungan antibakteri yang di-banned FDA adalah:

  • Triclosan
  • Triclocarban
  • Tribromsalan
  • Sodium oxychlorosene
  • Triple dye
  • Secondary amyltricresols
  • Phenol kurang dari 1,5%
  • Phenol lebih dari 1,5%
  • Methylbenzethonium chloride
  • Undecoylium chloride iodine complex
  • Povidone-iodine, 5% hingga 10%
  • Poloxamer-iodine complex
  • Nonylphenoxypoly (ethyleneoxy) ethanol-iodine
  • Iodine complex (phosphate ester of alkylaryloxy polyethylene glycol)
  • Iodine complex (ammonium ether sulfate and polyoxyethylene sorbitan monolaurate)
  • Hexylresorcinol
  • Hexachlorophene
  • Fluorosalan
  • Cloflucarban

Dari sekian banyak kandungan antibakteri di atas, triclosan dan triclocarban adalah bahan paling sering digunakan. Bukan tanpa alasan diberlakukan aturan tersebut, sebab ada studi yang mengungkapkan penggunaan sabun berkandungan triclosan tidak memberikan manfaat tambahan, alias efektivitasnya sama saja dengan menggunakan sabun biasa dan air.

Bahkan, masih dalam penelitian yang sama, sabun antibakteri justru menyebabkan pertumbuhan bakteri berbahaya yang resisten. Selain itu, sebagian besar triclosan dan triclocarban yang diproduksi setiap tahun terbuang sebagai limbah yang membahayakan kehidupan air. Jadi, periksalah body wash yang hendak Anda beli, lalu pastikan tidak ada salah satu atau kombinasi kandungan antibakteri yang dilarang FDA tersebut.

Memilih yang Banyak Ciptakan Busa atau Sebaliknya?

Beberapa orang lebih senang mandi dengan body wash yang menghasilkan busa melimpah. Bagaimana dengan Anda? Sebenarnya, total busa yang dihasilkan body wash tidak berkolerasi dengan efektivitas pembersihannya. Kemampuan membersihkan sabun memang terletak pada surfaktannya, namun ketika busa yang tercipta cukup banyak, justru bahan pembersihnya akan bertindak kuat mengangkat sebagian lapisan lipid (zat lemak tidak larut air) pada kulit.

Saat zat lipid pengikat kelembapan kulit ikut larut oleh sabun, kulit akan terasa kesat dan kering. Oleh karena ini adalah anggapan lama yang harus diubah, Anda lebih baik mementingkan body wash yang tidak terlalu banyak mengeluarkan busa. Sekalipun sebuah produk menawarkan busa melimpah, pastikan pula unsur pelembap atau minyak yang dimilikinya bekerja optimal mencegah kulit kering seusai mandi.

Periksa Label Produk agar Lebih Memudahkan

Produsen biasanya mencantumkan notable label pada kemasan untuk menarik perhatian sekaligus mempermudah pengguna menentukan produk. Anda bisa memanfaatkan label produk untuk memilih body wash yang cocok dengan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin merasakan efek kulit lembap selama dan setelah mandi, body wash berlabel “hydrating” dan “moisturizing” dapat Anda pilih.

Ada juga produk yang mencantumkan label “hypoallergenic”, “fragrance-free”, atau “gentle”. Body wash dengan karakteristik tersebut akan pas untuk Anda yang tidak bisa menggunakan sembarang produk karena kulit rentan iritasi. Walau tertera klaim dan label produk, sebaiknya Anda memeriksa lebih lanjut kualitas produk untuk meyakinkan diri dengan membaca review pengguna lain di internet. Pastikan banyak ulasan positif terhadap body wash yang akan Anda pilih, ya!

10 Rekomendasi Body Wash Terbaik

Berjam-jam kami menelusuri ulasan pengguna terhadap banyak sekali body wash. Dari seluruh pilihan yang ada, berikut sepuluh body wash terbaik yang digemari banyak orang karena bebas kandungan antibakteri yang dilarang FDA, serta memberikan sensasi lembap ataupun segar yang bisa disesuaikan dengan selera Anda. Selamat memilih!

1. Betadine Natural Defense Nourishing Manuka Honey & Moisturising Aloe Vera Body Wash

Kombinasi bahan alami untuk melembapkan, melembutkan, dan menutrisi kulit

Kendati mencatutkan label “sabun antibakteri”, body wash produksi Betadine ini aman dari komponen antibakteri yang dilarang FDA. Selain bebas triclosan, triclocarban, atau bahan antibakteri berpotensi bahaya lain, sabun ini didukung vitamin E untuk mempertahankan kelembapan kulit.

Kombinasi madu Manuka dan aloe vera extract menjadikan kulit lembut, lembap, dan ternutrisi. Kelembutan tak hanya dirasakan kulit, Anda pun akan menikmati aroma madu menenangkan selama mandi. Produk yang telah lolos dermatologically tested ini memiliki pH seimbang, sehingga ideal dan aman untuk penggunaan sehari-hari.

Sensasi Melembapkan
Bebas bahan antibakteri yang dilarang FDA
Jumlah busa Sedang
Isi 500 mL
Kisaran harga Rp67.000

2. Sebamed Liquid Face & Body Wash

Tidak merusak mantel pelindung kulit karena bernilai pH 5,5

Anda ingin membersihkan muka tanpa memakai produk khusus seperti face wash? Produk keluaran Sebamed berikut tidak hanya ampuh merontokkan polutan tak kasat mata dari tubuh, melainkan wajah Anda yang kotor bisa pula dibersihkan olehnya. Karena dirancang multifungsi, Liquid Face & Body Wash bekerja dan berformula lembut.

Sebamed menjamin body wash ini tidak mengiritasi kulit. Dengan kata lain, Anda yang berkulit sensitif sekalipun dapat menggunakannya. Formula soap-free sabun mandi ini tidak sekadar menyegarkan, tetapi kulit pun merasakan kelembutan dan terpelihara berkat gabungan panthenol dan vitamin E-nya. Satu lagi yang mesti Anda tahu, body wash ini mengantongi pH 5,5, membuatnya aman untuk digunakan setiap hari.

Sensasi Melembapkan
Bebas bahan antibakteri yang dilarang FDA
Jumlah busa Sedikit
Isi 1.000 mL
Kisaran harga Rp410.000

3. The Body Shop British Rose Shower Gel

Rasakan kulit segar, lembut, dan harum secara bersamaan!

Shower gel andalan The Body Shop mengutamakan wewangian bunga mawar pilihan dari Inggris. Selepas kerja atau beraktivitas lain, Anda dapat memilih body wash satu ini untuk kembalikan mood yang rusak. Di samping beraroma lembut organic rose, komposisi bebas sabunnya memastikan shower gel ini meninggalkan kesegaran seusai mandi.

Walaupun memberikan sensasi skin refreshing, The Body Shop British Rose Shower Gel dilengkapi bahan baik lain untuk melembapkan dan melembutkan kulit. Aktivitas mandi juga semakin menyenangkan karena busa sabun yang dihasilkan cukup melimpah.

Sensasi Melembapkan
Bebas bahan antibakteri yang dilarang FDA
Jumlah busa Sedang
Isi 250 mL
Kisaran harga Rp79.200

4. Love Beauty and Planet Murumuru Butter & Rose Body Wash

Bebas unsur aditif yang mengiritasi kulit

Oleh karena mengandung keutamaan organic murumuru butter, body wash berikut ini mampu mengunci kelembapan kulit secara sempurna. Untuk Anda yang bermasalah dengan kulit kering dan membutuhkan body wash dengan efek melembapkan optimal, produk berkemasan cantik ini salah satu yang bisa diandalkan!

Bukan hanya itu saja, Love Beauty and Planet menjamin produk besutannya ini meninggalkan sensasi kulit lembut dan halus saat disentuh. Tidak perlu ada rasa khawatir saat menggunakan body soap ini. Pasalnya, selain mengandung 92% bahan alami, sabun mandi ini juga bebas kandungan silikon, paraben, sulfat, pewarna, dan phthalate,

Sensasi Melembapkan
Bebas bahan antibakteri yang dilarang FDA
Jumlah busa Banyak
Isi 400 mL
Kisaran harga Rp55.000

5. Dove Deeply Nourishing Body Wash

Busa melimpah tanpa mengeringkan kulit? Sabun ini jawabannya!

Sejak kali pertama pemakaian, Dove Deeply Nourishing Body Wash langsung menjadikan kulit lebih halus, lembut, dan kenyal. Gabungan Nutrium Moisture dan bahan-bahan pembersih lembut di dalamnya tidak sebatas melembapkan kulit, melainkan juga menjamin keberlangsungan penutrisian kulit.

Body soap ini bisa Anda terapkan bersama puff atau foaming net untuk memaksimalkan fungsi pengelupasan sel kulit mati. Meskipun hasil busanya terbilang banyak, Anda tidak akan merasakan efek kulit kesat apalagi kering setelahnya. Ayo ciptakan kulit cantik Anda bersama Dove Deeply Nourishing Body Wash!

Sensasi Melembapkan
Bebas bahan antibakteri yang dilarang FDA
Jumlah busa Banyak
Isi 550 mL
Kisaran harga Rp78.500

6. Cetaphil Ultra Gentle Body Wash

Sudah teruji secara dermatologi aman untuk kulit

Tidak ada kandungan fragrance membuat pembersih tubuh asal Kanada ini ideal untuk segala kondisi kulit. Cetaphil bekerja menyeluruh menyingkirkan segala kotoran, debu, dan mikroorganisme yang melekat pada kulit. Selama dan sesudah mandi, perpaduan lidah buaya, vitamin B5, dan bahan pelembap lainnya akan menjaga lapisan penahan alami kulit (skin barrier).

Selain bebas pewangi, Cetaphil Ultra Gentle Body Wash diklaim hypoallergenic alias rendah iritasi. Anda yang memiliki kulit sensitif akan suka setiap kali mandi dengan body wash ini, begitu pula Anda yang khawatir kulit tampak kering sehabis mandi, body wash yang teruji secara dermatologi ini menjadi opsi terbaik yang sayang dilewatkan.

Sensasi Melembapkan
Bebas bahan antibakteri yang dilarang FDA
Jumlah busa Sedang
Isi 500 mL
Kisaran harga Rp148.000

7. Lifebuoy Lemon Fresh Body Wash

Dengan aroma buah lemon yang menyegarkan

Lifebuoy mengeluarkan cukup banyak sabun mandi, termasuk soap bar. Apabila Anda penggemar salah satu merek body wash terkemuka di Indonesia ini, kami rekomendasikan varian Lemon Fresh Body Wash. Cantuman label antibakteri pada kemasan produk hanya untuk menarik minat konsumen, sementara kandungan antibakteri di dalamnya dipastikan bebas dari bahan terlarang oleh FDA.

Sesuai namanya, body wash sediaan botol flip top atau kemasan refill ini memberikan sensasi kesegaran dari aroma lemon. Menariknya lagi, sari lemon di dalamnya ikut mewujudkan kulit terasa kencang sehabis mandi. Kemudian, bahan alami yang menjadi sumber asam citrus dari alam tersebut juga menyimpan unsur pencerah yang akan membuat kulit Anda tampak lebih bercahaya.

Sensasi Menyegarkan
Bebas bahan antibakteri yang dilarang FDA
Jumlah busa Banyak
Isi 450 mL (refill)
Kisaran harga Rp28.700

8. Aveeno Daily Moisturizing Body Wash

Hypoallergenic. Dijamin aman untuk kulit sensitif!

Apakah Anda berencana membeli body wash tanpa campuran pewarna sekaligus bebas sabun? Jika iya, kami harap produk di atas cocok dengan Anda. Jaminan formula minim unsur tambahan menjadikan body soap ini bekerja optimal membersihkan kulit tanpa menimbulkan efek iritasi pada kulit sensitif.

Aroma wangi yang ringan juga membuatnya ideal dipilih oleh Anda yang kurang nyaman dengan produk ber-fragrance kuat. Aveeno mencantumkan oat kernel oil sebagai komponen utama di dalamnya. Bahan tersebut dilengkapi emollients dan natural oils untuk menciptakan kelembapan kulit sekaligus menenangkannya.

Sensasi Melembapkan
Bebas bahan antibakteri yang dilarang FDA
Jumlah busa Sedang
Isi 354 mL
Kisaran harga Rp159.000

9. St. Ives Fresh Skin Apricot Exfoliating Body Wash

Mengandung walnut shell powder untuk lulur lembut

Tersedia beberapa varian body wash dari St. Ives, salah satunya Fresh Skin Apricot Exfoliating Body Wash. Produk yang populer akan fungsi smoothing skin dan glowing skin ini mengandalkan 100% ekstrak alami apricot kernel oil. Selain membersihkan dengan fitur exfoliating, komponen organik tersebut turut menyegarkan kulit.

Anda yang tidak nyaman oleh tampilan kulit kusam akibat tumpukan sel-sel kulit mati, St. Ives Fresh Skin Apricot Exfoliating Body Wash akan mengelupas sel-sel kulit mati tersebut sehingga kulit pun tampak lebih cerah. Formula bebas paraben yang didukung hasil lolos uji dermatologis memberikan manfaat pembersihan menyeluruh tanpa risiko iritasi ataupun kerusakan kulit.

Sensasi Melembapkan
Bebas bahan antibakteri yang dilarang FDA
Jumlah busa Sedang
Isi 400 mL
Kisaran harga Rp52.000

10. Biore Body Foam Bright Freshen Up Matcha

Body wash yang terinspirasi dari kecantikan wanita Jepang

Biore Body Foam Bright Freshen Up Matcha mengandung bahan hyaluronic acid tinggi untuk pemeliharaan kulit lembap. Diklaim sebagai body wash pertama yang menggunakan teknologi Japan Bright Micellar, produk rumusan Biore ini memainkan tiga fungsi penting, yakni membersihkan, melembapkan, dan mencerahkan.

Sensasi aroma segar hadir berkat kandungan matcha yang sekaligus menjadi natural fragrance. Selain menyegarkan, beberapa orang menyukai sabun cair ini karena efek melembapkannya tidak membuat kulit licin, tetapi masih ada sedikit kesat sebagai pertanda sisa polusi dan kelebihan minyak terangkat sempurna.

Sensasi Menyegarkan
Bebas bahan antibakteri yang dilarang FDA
Jumlah busa Banyak
Isi 220 mL (refill)
Kisaran harga Rp21.000

Lihat juga rekomendasi body lotion dan body scrub terbaik di sini!

Bahan pembersih pada body wash memang mampu melembapkan kulit. Akan tetapi, Anda bisa memberikan kelembapan tambahan menggunakan body lotion. Kemudian, kulit bersih dapat juga Anda miliki dengan rutin melakukan lulur badan menggunakan body scrub.

Berikut kami rekomendasikan body lotion dan body scrub berkualitas kepada Anda. Silakan gunakan untuk menjaga kulit lembap dan ternutrisi, serta body scrub-nya Anda pakai rutin beberapa kali per minggu agar kulit tetap lembut, halus, dan cerah.

10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik
10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik untuk Kulit Kering
10 Rekomendasi Body Scrub Terbaik untuk Memutihkan Kulit

Kesimpulan

Hidup sehat bisa dimulai dengan membiasakan mandi secara teratur. Namun, pembersih tubuh yang Anda gunakan saat mandi juga perlu dipastikan kualitasnya. Oleh karena itu, list produk body wash terbaik yang kami rangkum dari hasil temuan review-review positif pengguna di atas dapat Anda jadikan referensi memilih. Beberapa merek mungkin sudah tidak asing di telinga, bukan?

Apabila Anda menyukai sensasi mandi banyak busa, pastikan produk tersebut tidak menyebabkan kulit kering. Prioritaskan memilih body wash yang mengandung pelembap agar minyak alami kulit tidak luruh oleh surfaktan. Selain itu, buat mandi Anda semakin nyaman dengan membeli produk yang memancarkan aroma kesukaan Anda. Jadikan aktivitas mandi Anda salah satu momen pembangkit dan pengembali mood, yuk!

(Visited 4.190 times, 23 visits today)