Written by 09:03 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Sabun Pepaya Terbaik untuk Badan dan Wajah

Jinzu Papaya Whitening Soap

Sabun pepaya sedang booming belakangan ini. Mulai dari efek penyembuhan hingga perawatan kulit ditawarkan oleh sabun pepaya. Anda dapat membeli sabun berbahan organik ini sebagai sabun mandi harian. Produsen semacam The Body Shop, GIV, dan RDL mengeluarkan sabun pepaya yang bagus untuk wajah dan body treatment harian.

Di Indonesia, tidaklah sulit menemukan sabun pepaya terbaik. Berbagai tawaran fungsi dihadirkan untuk berbagai keperluan. Di sini, kami akan terangkan apa saja manfaat dari sabun pepaya. Tak lupa, poin-poin penting pada proses pemilihan juga kami paparkan, termasuk rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Maka dari itu, simak terus artikel ini!

Apa itu Sabun Pepaya dan Bagaimana Manfaatnya?

Apa itu Sabun Pepaya dan Bagaimana Manfaatnya

Sabun pepaya adalah jenis sabun yang dapat diproduksi secara homemade atau manufactured, baik dengan metode cold process maupun hot process. Bahan yang biasa digunakan antara lain ekstrak pepaya, jus pepaya, dan pulp pepaya. Selain menghasilkan warna oranye cerah, sejumlah kandungan pepaya dikenal bermanfaat untuk kulit.

Vitamin A dan C terkonsentrasi di sebagian besar buah pepaya, begitu pula dengan beta karoten dan enzim bernama papain. Vitamin dalam pepaya berfungsi mengatasi bintik atau flek hitam (blemish) dan menghilangkan bekas luka. Antioksidan dari vitamin menjadikan sabun pepaya efektif membersihkan sel-sel kulit mati guna mendorong pertumbuhan kulit baru yang sehat.

Kemudian, enzim papain memaksimalkan peran vitamin dalam pekerjaannya, di samping menjalankan beberapa fungsi spesifik. Papain disebutkan membantu pemeliharaan kulit tetap lembut, elastis, dan teremajakan. Inilah mengapa pepaya mulai dilirik sebagai salah satu komponen penyusun sabun muka atau perawatan kulit lain.

Untuk melihat efektivitas sabun pepaya, misalnya dalam hal meratakan warna kulit dan memudarkan bintik-bintik gelap, perlu waktu setidaknya beberapa bulan. Pada sabun pepaya sendiri, tidak jarang kombinasi bahan alami lain diterapkan, seperti buah-buahan tropis nanas dan lemon yang mengotpimalkan pembersihan kulit dan pori-pori.

Cara Memilih Sabun Pepaya yang Bagus

Apabila Anda tertarik membeli sabun pepaya, kami telah siapkan tips memilih sabun pepaya di bagian ini. Silakan cermati poin-poin berikut supaya memperoleh sabun pepaya yang tepat sesuai kebutuhan Anda.

Periksa Bahan Utama yang Dipilih dalam Pembuatan Sabun

Periksa Bahan Utama yang Dipilih dalam Pembuatan Sabun

Secara umum, sabun pepaya terbuat dari bubuk enzim papain yang telah diproses dan jus pepaya segar hasil olahan mixer atau semacamnya. Pada jenis sabun dari susunan bubuk enzim papain, antara satu produsen dan produsen lain memiliki karkateristik beragam, mulai dari warna, aroma, tekstur, atau elemen lainnya.

Hal tersebut dikarenakan bubuk enzim papain tidak diproduksi sendiri oleh produsen. Sabun yang memakai bubuk enzim papain tidak perlu memikirkan masa panen atau tempat pembuatan, beda halnya dengan sabun pepaya dari jus pepaya di mana wajib memproses pepaya segar.

Bahan baku sabun pepaya berupa jus pepaya asli dinilai lebih bagus karena dapat memperoleh enzim papain melalui pemrosesan lebih sedikit, serta memungkinkan kombinasi bahan alami pepaya lain ke dalamnya. Kekurangannya, sabun pepaya jenis ini hanya bisa diproses di kawasan dekat perkebunan pepaya, sehingga memerlukan biaya, waktu, dan tenaga lebih banyak, sekaligus berdampak pada meningkatnya harga produk.

Di luar dari bahan baku pembuatan, sejatinya kedua jenis sabun ini sama-sama berasal dari pepaya. Tentunya, enzim papain yang bersifat proteolitik ini tetap diperoleh dari kedua jenis sabun, termasuk wujud sabun itu sendiri, apakah bentuk batangan atau bentuk cair. Namun, penting memahami bahwa enzim papain dapat menurun efektivitasnya ketika dihilangkan, jadi periksa kembali apakah ada pelibatan panas saat proses pembuatan.

Pilih yang Kandungannya Lebih Banyak Bahan Alami

Pilih yang Kandungannya Lebih Banyak Bahan Alami

Supaya memperoleh manfaat utuh dari enzim papain, penting memilih sabun pepaya yang mengutamakan bahan-bahan alami. Meskipun keberadaan bahan sintetis seperti surfaktan dalam bentuk sodium lauryl sulfate (SLS) memungkinkan pembersihan lebih, namun kandungan tersebut memicu efek buruk bagi kulit dan lingkungan.

Oleh karenanya, utamakan produk berbasiskan alami yang diproses melalui metode tradisional. Bahan utama yang dikombinasi bersama lemak hewani atau nabati dan soda kaustik dianggap lebih lembut terhadap kulit, dan tidak membawa pengaruh buruk bagi lingkungan. Pilih juga sabun pepaya tanpa pewangi buatan, pewarna buatan, atau zat aditif lain.

Selalu teliti ingredients produk sebelum membeli. Bacalah di badan kemasan untuk mendapatkan informasi lebih lengkap. Jika tercantum komponen sintetis, lebih disarankan untuk beralih ke produk lain yang bahan-bahannya tidak berkontribusi terhadap kerusakan lingkungan.

Periksalah Kecocokan Sabun dengan Jenis Kulit Anda

Sabun pepaya dirancang secara lembut guna memenuhi kebutuhan kulit setiap orang. Namun demikian, beberapa produsen menerapkan komponen tambahan untuk memaksimalkan fungsinya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda pertimbangkan juga kandungan-kandungan produk agar cocok dengan kulit Anda.

Untuk Kulit Kering, Pilihlah Sabun yang Diperkaya Kandungan Pelembap

Untuk Kulit Kering Pilihlah Sabun yang Diperkaya Kandungan Pelembap

Kulit kering perlu perawatan lebih intens agar senantiasa terhidrasi. Anda perlu mengutamakan sabun pepaya berkandungan pelembap, seperti gliserin atau bisa juga memilih produk berbahan pelembap organik, misalnya minyak zaitun, lidah buaya, cocoa butter, jojoba oil, dan coconut oil. Kombinasi pepaya dan ekstrak alpukat juga bekerja lebih efektif dalam melembapkan kulit.

Karena tidak menutup kemungkinan adanya zat aditif dari sabun pepaya, pastikanlah sabun pilihan Anda tidak mengandung deterjen atau bahan antibakteri. Kedua bahan tersebut mungkin membantu pembersihan kuat pada kulit berminyak, namun pada kulit kering justru menyebabkan kulit meradang dan produksi minyak alami kulit berkurang.

Untuk Kulit Berminyak, Utamakan Sabun yang Berlabel Oil-Free

Untuk Kulit Berminyak Utamakan Sabun yang Berlabel Oil Free

Kondisi berkebalikan dari kulit kering, Anda yang mengalami masalah kelebihan minyak perlu mencari sabun pepaya yang formulanya oil-free. Bahan pelembap berbasis minyak perlu Anda hindari sebab hanya akan menambah efek kilap di wajah.

Sebagai alternatif, carilah produk berbahan pelembap lembut semisal gliserin yang tidak lengket pada kulit berminyak. Selain itu, sabun pepaya yang diperlengkap bahan antibakteri juga efektif membasmi aktivitas bakteri pada pori-pori wajah.

Untuk Kulit Sensitif, Hindari Sabun yang Menggunakan Zat Pewarna dan Parfum

Untuk Kulit Sensitif Hindari Sabun yang Menggunakan Zat Pewarna dan Parfum

Kesulitan mencari sabun mandi yang cocok untuk kulit sensitif Anda? Jadikan sabun pepaya yang lebih kaya bahan alami sebagai pilihan utama. Kekayaan bahan organik di sabun pepaya dapat menghindarkan reaksi iritatif terhadap kulit Anda yang sensitif.

Meski demikian, sangat penting meneliti bahan aditif yang mungkin ada. Produk dengan tambahan pewarna dan fragrance lebih baik dihindari karena bersifat reaktif. Periksa juga tingkat pH sabun agar seimbang dengan pH kulit, atau berada di angka tak jauh dari pH 5,5.

Untuk Kulit Kombinasi, Pilihlah Sabun yang Minim Bahan Aditif

Untuk Kulit Kombinasi Pilihlah Sabun yang Minim Bahan Aditif

Baik kulit normal, kering, berminyak, atau sensitif, memang syarat utama dalam memilih sabun mandi adalah minim atau sama sekali bebas zat aditif. Bagaimana dengan kulit kombinasi? Jika Anda mengalaminya, kami sarankan memilih sabun pepaya tanpa bahan aditif apa pun atau cobalah mencari sabun berkandungan benzoyl peroxide.

Kandungan tersebut sebenarnya sangat jarang ditemukan dalam sabun pepaya, tetapi semoga bisa Anda ingat apabila ingin memilih sabun mandi pada umumnya. Keberadaan benzoyl peroxide terbukti efektif mengurangi minyak dan mencegah pembentukan jerawat di bagian dada, punggung, atau tubuh lain.

Pilih Sabun dalam Bentuk Batang atau Cair?

Sabun pepaya berbentuk batang umumnya dipakai sebagai sabun mandi biasa. Sementara sabun pepaya dalam wujud cair lebih sering diformulasi sebagai facial wash. Walau begitu, ada pula sabun muka dalam kedua bentuk yang penggunaannya ideal untuk kulit badan ataupun kulit wajah. Lantas, mana yang hendak Anda pilih?

Sabun Batang: Lebih Terjangkau Soal Harga, Namun Berisiko Menjadikan Kulit Kering

Sabun Batang Lebih Terjangkau Soal Harga Namun Berisiko Menjadikan Kulit Kering

Dari segi kemasan, sabun batang dianggap lebih ramah lingkungan karena umumnya dibungkus kardus, sehingga mudah didaur ulang dan lebih cepat terurai. Di sisi lain, sabun batang juga lebih terjangkau soal harga, menjadikannya pilihan utama sebagai sabun mandi yang sangat sering dipakai. Lebih dari itu, sabun batang dapat pula menjadi opsi utama untuk Anda yang memiliki alergi dengan scented products.

Di balik kelebihan tersebut, sabun batang kurang cocok untuk dipakai sekeluarga karena khawatir terjadi perpindahan bakteri dari tubuh satu pengguna ke pengguna lain. Sabun pepaya batangan juga berisiko menyebabkan kulit kering akibat tingkat pH atau derajat keasamaan lebih tinggi dibandingkan sabun cair. Maka dari itu, Anda yang berkulit kering jangan berlama-lama menggosok tubuh dengan sabun batang.

Sabun Cair: Mudah Digunakan dan Tinggi Kandungan Pelembap, Namun Penggunaannya Boros

Sabun Cair Mudah Digunakan dan Tinggi Kandungan Pelembap Namun Penggunaannya Boros

Untuk Anda yang tidak bermasalah terhadap wewangian bisa mengutamakan sabun pepaya berbentuk cair. Oleh karena kemasannya secara umum berupa botol flip top, Anda pun tidak usah khawatir akan perpindahan bakteri layaknya penggunaan sabun pepaya berbentuk batang. Family-friendly! Sabun berwujud cair juga mempunyai pelembap lebih tinggi sehingga mencegah terjadinya kulit kering pasca pemakaian.

Sayangnya, sabun cair kerap dinilai boros dari sisi penggunaan. Oleh sebab itu, penting mengukur berapa kebutuhan Anda terhadap sabun cair untuk mencegah pemborosan. Satu hal lagi yang menjadi kekurangan tak terelakkan dari sabun cair adalah kemasannya berupa plastik, sehingga lebih sulit terurai di mana hal ini berisiko buruk terhadap lingkungan.

Bila Ada, Cek Juga Jenis Pewangi yang Digunakan Sebagai Bahan Aditif

Cek Juga Zat Pewangi yang Digunakan Sebagai Bahan Aditif

Apakah Anda termasuk penyuka wewangian saat memakai produk bathing? Tentu Anda menjadi tidak mood jika memakai sabun pepaya tanpa tanpa pewangi, bukan? Tenang saja, saat ini mulai hadir pilihan sabun pepaya ber-scented.

Berkaitan hal ini, perhatikanlah darimana asal aroma harum terpancar, apakah berasal dari bahan sintetis atau alami? Synthetic fragrance sebenarnya sah-sah saja dipilih, tetapi dapat merusak kesan alami dari sabun pepaya itu sendiri. Jika Anda tetap ingin merasakan harum saat mandi, gunakanlah sabun pepaya dengan wewangian minyak esensial atau minyak atsiri.

Cermati Kualitas Sabun yang Hendak Anda Pilih

Cermati Kualitas Sabun yang Hendak Anda Pilih

Apakah Anda mencari sabun pepaya untuk pria ataupun wanita yang berperforma unggul serta terbukti aman? Kami menyarankan agar Anda mengutamakan produk keluaran brand-brand populer supaya terhindari dari produk palsu. Jika mendapati produk yang kurang terkenal, Anda perlu waspada terhadap keaslian, kealamian, dan keamanan produk tersebut.

Sabun pepaya yang asli dan berkualitas hendaknya dibandrol harga tidak terlalu murah. Aroma yang tercium juga segar, alias tidak tajam dan menyengat di hidung. Selain itu, sabun pepaya yang diklaim alami bertekstur lembut merata. Satu kunci penting apabila Anda mencari sabun pepaya merek lokal adalah mengecek izin edar dari BPOM atau badan terkait apabila produk tersebut hasil import.

10 Rekomendasi Sabun Pepaya Terbaik untuk Kulit Badan dan Wajah

Apakah Anda memahami bagaimana pemilihan sabun pepaya yang benar? Selanjutnya, kami perlihatkan sepuluh merek sabun pepaya terbaik kepada Anda. Temukanlah produk yang paling cocok untuk Anda, dan jangan lup pikirkan juga soal efek penggunaannya, ya!

1. The Body Shop Papaya Shower Gel

The Body Shop Papaya Shower Gel

Rasakan sensasi kulit segar, wangi, dan lembap seusai mandi

The Body Shop Papaya Showe Gel diklaim mengandung ekstrak buah dan biji pepaya asli. Tawaran scent buah-buahan aromatik menenangkan saat dipakai mandi. Untuk Anda yang menyukai sabun berbusa kaya, produk ini dipastikan lather-rich.

Di samping kaya busa dan beraroma pepaya lembut, sabun berikut juga bebas sabun (soap-free). Tekstur gel sabun The Body Shop ini siap membersihkan kulit secara menyeluruh. Hasilnya? Kulit yang segar dan bersih Anda miliki! Setelah mandi, kulit pun berasa lembap berkat gliserin sehingga ideal untuk kulit kering sekalipun!

Jenis sabunCair
Efek penggunaanMelembapkan dan menyegarkan kulit
Komposisi bahanCarica papaya seed oil, glycerin
Berat/isi250 ml dan 500 ml
Kisaran hargaRp115.000

2. Kojie San Pureganics Papaya Whitening Soap

Kojie San Pureganics Papaya Whitening Soap

Sabun batangan berdaya pembersih ringan

Khawatir akan kulit kering saat mengenakan sabun mandi batangan? Mari berkenalan dengan produk ini, kandungan vitamin C tinggi di dalamnya bekerja mendorong produksi kolagen untuk meningkatkan elastisitas kulit. Dengan kata lain, efek kulit kering ataupun tertarik takkan ditimbulkan oleh sabun pepaya ini.

Kojie San Pureganics Papaya Whitening Soap memberi efek memutihkan dengan menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini. Aktivitas penuh sangat mungkin membuat kulit lelah dan tampak kusam akibat polusi. Permasalahan semacam itu dapat Anda atasi cukup dengan mengandalkan produk pembersih berdaya ringan ini.

Jenis sabunBatang
Efek penggunaanMeratakan warna dan meningkatkan elastisitas kulit
Komposisi bahanVitamin C, ekstrak pepaya, glycerin, coconut oil
Berat/isi135 gr
Kisaran hargaRp58.000

3. Jinzu Papaya Whitening Soap

Jinzu Papaya Whitening Soap

Dilengkapi arbutin untuk membuat kulit putih lebih cepat

Sebutan lain sabun ber-BPOM ini adalah Jinzu Papaya Brightening Soap, di mana menawarkan kelebihan utama sebagai sabun pepaya untuk memutihkan kulit. Berkat gabungan arbutin, vitamin, enzim papain, dan mineral memastikan hasil efek whitening lebih cepat terasa.

Jinzu Papaya Whitening Soap tersusun dari ekstrak pepaya alami, menjadikannya cepat diserap kulit untuk memaksimalkan perannya. Cukup gunakan 2 – 3 kali sehari selama beberapa menit, kombinasi formula di dalamnya akan menyelinap masuk ke dalam kulit dan berdampak baik pada penampilan Anda.

Jenis sabunBatang
Efek penggunaanMembersihkan dan mencerahkan kulit
Komposisi bahanArbutin, ekstrak pepaya, coconut oil, castor oil, glycerin, sodium hydroxide
Berat/isi120 gr
Kisaran hargaRp16.700

4. Leivy Shower Cream Papaya Enzymes

Leivy Shower Cream Papaya Enzymes

Sangat laris di Malaysia, Jepang, dan Indonesia

Enzim papain dari pepaya segar dapat Anda temui pada sabun ini. Yang menarik dari Leivy Shower Cream Papaya Enzymes terletak pada zat baik lain yang diterapkan. Misalnya saja, ekstrak licorice yang terkandung memungkinkan kulit tampak lebih segar, lembut, dan cerah berseri.

Sedangkan enzim buah betik atau pepaya tinggi akan vitamin sebagai antioksidan untuk memerangi radikal bebas. Enzim papain turut membantu fungsi pembaruan kulit. Meski dianggap sebagai sabun pepaya, sebenarnya sabun ini didominasi oleh susu kambing. Goat’s milk ini kemudian diolah bersama ekstrak pepaya untuk menghasilkan shower cream yang nyaman dipakai.

Jenis sabunCair
Efek penggunaanMelembapkan dan mencerahkan kulit
Komposisi bahanEkstrak licorice, ekstrak pepaya, vitamin A, vitamin C, vitamin E
Berat/isi1150 ml
Kisaran hargaRp82.500

5. Rewiu Body Wash Papaya

Rewiu Body Wash Papaya

Manjakan kulit dengan efek pencerah dan pelembap dari sabun ini

Rewiu Body Wash Papaya berhasil memenuhi standar Cara Pembuatan Kosmetika yang Baik (CPKB). Dengan kata lain, sabun ini menerapkan salah satu faktor penting yang diacu BPOM untuk meloloskan produk. Menyoal performa, produk besutan Duta Jaya Makmur asal Sidoarjo ini menawarkan kulit lebih sehat, cerah, dan lembap.

Setiap kali mandi menggunakan Rewiu Body Wash Papaya terasa menyenangkan berakat tekstur body wash yang memanjakan kulit. Untuk Anda yang menghadapi kondisi kulit kering dan kasar, cobalah sabun ini apabila ingin memperoleh kulit terasa lembut dan bebas kering.

Jenis sabunCair
Efek penggunaanMelembapkan dan mencerahkan kulit
Komposisi bahanEkstrak pepaya, glycerin
Berat/isi500 ml
Kisaran hargaRp31.780

6. RDL Papaya Brightening Soap

RDL Papaya Whitening Soap

Rasakan keaslian sabun pepaya best seller dari Filipina

Salah satu sabun pepaya terkenal dan favorit banyak orang Indonesia adalah RDL Papaya Brightening Soap. Dengan bandrolan harga tak sampai Rp20.000, produk asal Filipina ini sudah mengantongi sertifikasi halal dari negara produksinya. Anda tidak perlu meragukan keamanan produk karena BPOM terlebih dahulu menguji coba ingredients yang digunakan.

RDL Papaya Brightening Soap berafiliasi dengan pabrikan dalam negeri, PT. Amosys Indonesia, untuk mempermudah pemasaran. Untuk memastikan keamanan sabun ini, sabunnya dibungkus oleh plastik berlogo RDL. Produk ini bertekstur lembut dan mudah cair saat terkena air. Kombinasi bahan alami dan sintetis dari produk ini dipastikan ramah untuk segala jenis kulit. Namun untuk kulit kering, sebaiknya aplikasikan pelembap seusai penggunaan.

Jenis sabunBatang
Efek penggunaanMeratakan warna dan mencerahkan kulit
Komposisi bahanCoconut oil, sodium hydroxide, mineral oil, ekstrak pepaya, tocopheryl, ascorbyl palmitate, soya bean oil
Berat/isi135 gr
Kisaran hargaRp18.500

7. GIV Smooth White Papaya & Honey Body Wash

GIV Smooth White Papaya Honey

Body wash dengan aroma mewah yang disukai banyak orang

GIV mempunyai beberapa varian sabun pepaya, dan kami rekomendasikan Anda GIV Smooth White Papaya & Honey. Produk ini tergolong gentle di segala jenis kulit karena diperkaya madu untuk meningkatkan kelembapan kulit. Bersama kebaikan pepaya dan vita white complex, sabun ini memastikan kulit lebih cerah, halus, dan elastis.

Noda ataupun bintik hitam yang muncul akibat sinar ultraviolet mampu dihilangkan perlahan melalui sokongan enzim papain yang terkandung dalam sabun GIV.  Formula alami tersebut diperlengkap oleh wewangian mewah yang diracik khusus oleh perfumer dunia.

Jenis sabunCair
Efek penggunaanMencerahkan, menghaluskan, dan melembapkan kulit
Komposisi bahanEkstrak pepaya, bengkuang, yoghurt, madu
Berat/isi250 ml
Kisaran hargaRp22.400

8. Surewhite Brightening Soap

Surewhite Sunscreen Brightening Soap

Gabungan pepaya dan whitening agent untuk memutihkan wajah

Facial foam berbahan dasar pepaya dan telah diverifikasi aman oleh BPOM dirumuskan Surewhite. Untuk Anda yang ingin memanafaatkan keutamaan pepaya dalam sabun muka, produk ini wajib dicoba. Paparan sinar UV yang rentan merusak kulit dapat ditangkal baik dengan sabun ini.

Di luar fungsi utama ekstrak pepaya, sabun muka berikut dilengkapi glutathione dan arbutin untuk meningkatkan kecerahan kulit wajah. Bahkan, gejala penuaan seperti keriput dan bintik hitam akan dicegah kemunculannya sebisa mungkin melalui dukungan formula kolagen di dalamnya.

Jenis sabunCair
Efek penggunaanMemutihkan kulit wajah dan mencegah penuaan
Komposisi bahanEkstrak pepaya, glutathione, arbutin, collagen
Berat/isi100 ml
Kisaran hargaRp24.000

9. Metal Fortis Papaya Transparent Soap

Metal Fortis Papaya Transparent Soap

Nikmati kelembapan intens yang bertahan lama

Metal Fortis Papaya Transparent Soap adalah sabun pepaya merek lokal yang aman digunakan mandi setiap hari. Mengutamakan bahan alami berupa ekstrak buah pepaya asli dilengkapi vitamin C dan E, ketiga komponen tersebut berkolaborasi membersihkan serta menjadikan kulit terlihat lebih cerah.

Wewangian buah pepaya terpancar lembut, memberi sensasi mandi menakjubkan. Tidak berhenti di situ, Metal Fortis turut memperkaya kandungannya dengan pelembap yang memberikan kelembapan ekstrak bagi kulit. Apabila Anda berkulit kering, mari nikmati sensasi segar, wangi, dan lembap dari sabun ini!

Jenis sabunBatang
Efek penggunaanMemberi kulit kelembapan ekstra
Komposisi bahanEkstrak pepaya, minyak kelapa, glycerin, vitamin C, vitaminE
Berat/isi85 gr
Kisaran hargaRp9.750

10. Ainie Brightening Soap + Extract Papaya

Ainie Brightening Soap Extract Papaya

Fungsi pembersih, pencerah, dan pelembap dalam satu produk!

Ingin memanjakan kulit tubuh setiap kali mati? Penggunaan Ainie Brightening Soap + Extract Papaya akan mengantarkan Anda ke pengalaman tersebut. Mula-mula, sabun melakukan pembersihan menyeluruh mengandalkan ekstrak pepaya yang tinggi enzim proteolitik alami untuk meluruhkan kulit mati, mengatasi komedo, dan menekan pengaruh radikal bebas.

Demi menjaga kelembapan alami kulit tidak hilang, zat gliserin dan bahan baku coconut oil yang tercantum memainkan perannya sebagai agen pelembap. Pada saat bersamaan, kandungan arbutin melaksanakan tugasnya mencerahkan kulit. Dengan demikian, kulit merasakan manfaat pembersih, pencerah, dan pelembap sekaligus!

Jenis sabunBatang
Efek penggunaanMencerahkan dan melembapkan kulit
Komposisi bahanEkstrak pepaya, coconut oil, arbutin
Berat/isi135 gr
Kisaran hargaRp14.300

Lihat juga rekomendasi body wash terbaik di sini!

Jika ada keraguan menggosokkan sabun batangan ke tubuh karena berisiko menyebabkan kulit kering, Anda disarankan menggunakan body wash yang konsentrasi surfaktannya tidak membuat kulit kering.

Aveeno, Cetaphil, Sebamed, hingga merek-merek sabun mandi terkenal di Indonesia seperti Lifebuoy, Biore, dan Dove mengeluarkan body wash berkualitas baik. Berikut rekomendasi selengkapnya!

10 Rekomendasi Sabun Mandi Cair (Body Wash) Terbaik

Kesimpulan

Gunakanlah sabun pepaya secara rutin untuk memperoleh manfaat terbaik dari masing-masing produk. Dengan pemakaian teratur, kulit yang teremajakan, bertekstur lembut, dan terhindar dari efek penuaan sangat mudah Anda miliki. Lebih dari itu, segala kebaikan dari sabun pepaya bakal menutrisi kulit untuk memelihara kesehatannya!

Ingat kembali untuk mempertimbangkan kecocokan produk dengan kulit, terutama sabun pepaya dengan senyawa aditif yang mungkin bereaksi pada beberapa tipe kulit.  Kami harap artikel berguna bagi Anda sebagai panduan memilih sabun pepaya terbaik yang beredar luas di pasaran. Kulit bersih, cerah, dan tampak muda dengan sabun pepaya, kenapa tidak?!

(Visited 35.597 times, 33 visits today)