Written by 01:29 Ibu & Anak

10 Rekomendasi Sabun Mandi Terbaik untuk Bayi

Walau belum seaktif orang dewasa, bayi tetap perlu dimandikan teratur guna menjaga kebersihan kulitnya. Mengingat kulit bayi lebih rentan, pastikan Anda menggunakan sabun mandi yang diformulasi khusus untuk bayi. Perhatikan keamanan produk, serta pilihlah sabun mandi yang diproduksi merek-merek tepercaya.

Brand kenamaan seperti Johnson’s Baby, Pure Baby, Pigeon, Sebamed, dan lainnya, memproduksi sabun mandi yang bagus untuk bayi. Bagi Anda yang bingung menentukan, kami akan membagikan poin-poin penting dalam pemilihan sabun bayi. Tak ketinggalan, sepuluh sabun mandi terbaik untuk bayi akan kami sertakan pula. Karena itu, simak ulasan menarik kali ini sampai akhir!

Cara Memilih Sabun Mandi untuk Bayi

Tahukah Anda jika kulit bayi memiliki lapisan yang sangat tipis dan sensitif bila bersentuhan dengan bahan-bahan kimia? Oleh karena itu, penting untuk memilih sabun mandi dengan bahan-bahan lembut dan tidak menngiritasi kulit bayi. Cara-cara berikut ini bisa Anda terapkan untuk menentukan produk sabun mandi mana yang tepat untuk bayi Anda.

Pilih Bentuk Sabun berdasarkan Efektivitas dan Kemudahannya

Anda bisa menemukan tiga bentuk sabun bayi yang beredar di pasaran. Sabun batang membersihkan kotoran dengan lebih baik, sabun cair dapat menghaluskan kulit dan memiliki keharuman tahan lama, serta sabun busa yang cocok untuk newborn. Mari kita lihat karakteristik lengkapnya di bawah ini.

Sabun Batang: Membersihkan Kotoran dan Keringat Lebih Baik

Jika Anda menginginkan sabun batang untuk memandikan bayi, pilihlah sabun yang takkan menempel lama di kulit agar mengurangi risiko iritasi. Namun ingat, penggunaan sabun batang cukup memakan waktu karena Anda perlu menggosok terlebih dahulu ke tangan sampai berbusa sebelum diusap ke badan bayi.

Sabun bayi batangan mampu membersihkan kotoran serta keringat lebih baik. Hanya saja, daya pembersihnya yang tinggi turut mengangkat kelembapan alami kulit dan menyebabkan kulit kering. Jika bayi Anda berjenis kulit mudah kering, Anda bisa memilih sabun batang tanpa komposisi bahan kimia tambahan.

Sabun Cair: Menghasilkan Cukup Busa untuk Menjaga Kulit Bayi Halus

Jika Anda mencari sabun dengan keharuman tahan lama untuk bayi Anda, sabun berbentuk cair adalah pilihan tepat. Tak hanya harum, sabun cair dapat melembapkan dan meninggalkan tekstur halus setelah pembilasan. Meski begitu, formula pada sabun cair membuatnya lebih sulit dibilas hingga benar-benar bersih.

Sabun bayi cair lebih aman digunakan untuk bayi yang sudah bisa duduk mandiri. Untuk bayi yang mampu duduk mandiri, pastikan Anda memegangi badannya dengan baik karena sifat sabun yang licin membuat Anda harus ekstra hati-hati. Selain itu, tekstur selalu bersihkan bagian mulut dan atas serta tepian tutup botol sampai tak ada sisa cairan sabun yang tertinggal.

Sabun Busa: Pilihan Terbaik untuk Memandikan Bayi yang Belum Bisa Duduk

Memandikan bayi baru lahir bisa menjadi kesulitan tersendiri bagi orang tua baru. Sabun busa bisa menjadi pilihan untuk mengatasi permasalahan ini. Pada umumnya, sabun busa hadir dalam bentuk botol yang disertai pump sehingga lebih mudah digunakan dengan satu tangan. Selain itu, bentuk busa membuat Anda dapat langsung mengaplikasikannya pada kulit tanpa perlu menciptakan busa. Proses pembilasan juga lebih mudah untuk sabun jenis ini.

Di balik segala kemudahannya, sabun bayi berbentuk busa diedarkan dengan harga pasaran lebih mahal dibandingkan sabun cair dan batangan. Kemudian, pada sabun busa juga sering ditambahkan zat aditif untuk membuat busanya lebih tahan lama. Anda perlu memerhatikan komposisi bahannya dengan saksama untuk menghindari kemungkinan iritasi.

Sesuaikan Tingkat Keasaman (pH) Sabun dengan Kondisi Kulit Bayi

Anda mungkin sering mendengar kalimat “pH balance” pada produk-produk perawatan kulit. pH merupakan sebuah skala ukur yang menentukan tingkat asam atau basa suatu zat. Sifat asam memiliki kandungan pH antara pH 1 – pH 6. Sifat basa atau alkali memiliki kandungan pH antara pH 8 sampai pH 14. Kadar pH dapat dikatakan seimbang atau netral bila berada di angka pH 7.

Setelah lahir, pH pada permukaan kulit bayi berubah dari netral menjadi lebih asam. Kadar asam ini disebabkan karena tubuh bayi memproduksi mantel asam yang berfungsi sebagai penghalang untuk melindungi kulitnya. Disarankan memilih produk sabun bayi dengan tingkat pH sesuai tingkat pH kulit bayi agar tidak merusak lapisan barrier ini.

Cermati Formula Sabun untuk Memastikan Keamanan dan Nilai Lebihnya

Kandungan formula pada sabun bayi biasanya telah disesuaikan agar cocok di kulit bayi yang tipis dan sensitif. Namun, beberapa produk yang beredar masih menyertakan bahan kimia yang sifatnya bisa terlalu keras pada kulit bayi. Anda perlu mencermati komposisi sabun bayi agar bisa memberikan formula sabun terbaik dan aman untuk kulit buah hati Anda.

Hindari Bahan-bahan yang Berisiko Membawa Dampak Buruk

Beberapa bahan kimia bisa Anda tandai sebagai red flag karena berpotensi memberikan dampak buruk pada tubuh bayi. Di antaranya adalah DEA (Diethanolamine), MEA (Monoethanolamine), TEA (Triethanolamine). Tiga zat ini disinyalir dapat mengganggu hormon serta kinerja ginjal dan hati.

Kandungan triclosan dan tricocarban pada sabun bayi juga tidak disarankan. Meski bersifat antibacterial, zat ini mampu mendorong resistensi antibiotik yang menyebabkan bakteri menjadi kebal. Bahan ini juga dikaitkan dengan risiko keracunan pada pernapasan serta masalah hati.

Bahan pengawet yang perlu dihindari dari sabun mandi bayi adalah phthalates dan paraben. Bila kadarnya melebihi batas aman, kedua zat ini dapat menyerupai hormon estrogen yang kemudian mengganggu kinerja sistem hormon. Pada orang dewasa, paraben seringkali disebut sebagai pemicu kanker payudara.

Sabun bayi berbahan gentle akan menghindari pengunaan DMDM hydantoin pada formulanya. Bahan ini merupakan turunan dari formaldehyde yang sering dihubungkan dengan kondisi sakit telinga, pusing, nyeri dada, hingga kelelahan kronis. Ada juga senyawa retinyl palmitate yang bisa bersifat toksin untuk organ reproduksi. Zat ini juga dapat memicu perubahan tingkat biokimia dan sel tubuh.

Bila Anda membutuhkan informasi lebih lengkap mengenai kandungan bahan kimia suatu produk, Anda bisa mengeceknya di website Environmental Working Group (EWG). Anda akan menemukan komponen bahan kimia serta tingkat risiko dari sebuah produk. Tidak hanya pada produk-produk bayi, tetapi juga kosmetik serta skincare dewasa.

Pilih yang Tinggi Kandungan untuk Melembapkan Kulit Bayi

Biasanya, sabun bayi terbuat dari komposisi minyak yang membantu pemeliharaan kelembutan dan kelembapan kulit bayi. Sebaiknya Anda pilih sabun bayi yang menggunakan unsur minyak alami seperti coconut oil, organic palm oil, olive oil, jojoba seed oil, atau sweet almond oil.

Bahan dengan kandungan tertinggi dapat Anda temukan pada list komposisi yang ditulis paling awal. Untuk mendapatkan kulit bayi yang tidak hanya lembap, tetapi juga lembut, kandungan seperti glycerin, shea butter, honey, dan chamomile dapat menjadi komposisi yang aman untuk Anda pilih pada sabun bayi.

Tak Perlu Membeli Sabun Bayi yang Dikhususkan dengan Fungsi Antibakteri

Sabun antibakteri biasanya mengandung alkohol yang rentan membuat kulit bayi teriritasi. Pada sabun bayi, Anda bisa mengesampingkan fungsi antibakteri karena bahan ini pada umumnya bersifat keras. Selain itu, penggunaan sabun ini justru berisiko membuat bakteri menjadi kebal dengan antibiotik. Zat yang biasa digunakan sebagai bahan antibakterial misalnya triclosan.

Secara fungsi, sabun antibakteri tidak jauh berbeda dengan sabun biasa. Sabun biasa sama-sama memiliki kemampuan untuk membersihkan kotoran, bahkan tanpa risiko menyebabkan kulit kering dan iritasi. Selain itu, sabun dengan sifat antibakteri mempunyai kemungkinan lebih besar untuk mencemari air.

Utamakan Produk yang Tidak Menimbulkan Alergi (Hypoallergenic)

Tatkala memilih sabun mandi untuk bayi, carilah produk yang formulanya tak menimbulkan alergi. Sabun bayi semacam ini dapat dikenali dengan label “hypoallergenic” pada kemasannya.

Formula hypoallergenic tak hanya menjamin keamanan, tetapi juga bermanfaat untuk bayi yang sedang mengalami permasalahan kulit seperti eksem atau kulit sangat kering.

10 Rekomendasi Sabun Mandi Terbaik untuk Bayi

Pada bagian ini, kami telah menyiapkan sepuluh merek sabun bayi untuk mempermudah proses pemilihan. Tentukan sabun yang paling tepat dengan mempertimbangkan poin-poin penting yang telah kita bahas bersama di bagian sebelumnya, ya!

1. Johnson’s Baby Milk Soap

Kaya akan protein susu untuk kulit bayi halus dan lembut

Sabun bayi dengan bahan dasar protein susu keluaran Johnson’s ini akan mempertahankan kehalusan kulit buah hati Anda. Diformulasi bersama formula yang dinamai “No More Tears”, sabun bayi ini takkan menyebabkan perih ketika terkena mata.

Guna menunjang kualitas produk, setiap bayi yang menggunakan Johnson’s Baby Milk Soap akan menerima kebaikan vitamin A dan E yang terkandung di dalamnya. Walau berbentuk soap bar, sabun ini teruji secara klinis menjaga kelembutan bayi. Harga terjangkau, mudah dicari, efektif membersihkan. Kurang apalagi?

Bentuk sabunBatang
Tingkat keasaman (nilai pH)Tidak tercantum
Formulasi kandunganSodium Palmate, Sodium Palm Kernelate, Water, Sodium Chloride, Fragrance, Mineral Oil, Titanium Dioxide, Glycerin, Tetrasodium EDTA, Tocopheryl Acetate, Milk Protein.
KeamananTerbukti klinis menjaga kelembutan bayi (clinically mildness proven)
Isi/berat100 g
Kisaran hargaRp5.579

2. Sebamed Baby Bubble Bath

Membersihkan menyeluruh dengan formula extra gentle

Berkat komponen super lembut, sabun bayi ini ideal diaplikasikan ke bayi sangat sensitif atau sedang mengalami permasalahan seperti alergi dan eksem. Ekstrak chamomile turut terkandung menghasilkan aroma menenangkan untuk membuat pengalaman mandi lebih menyenangkan.

Kadar pH diatur pada angka 5,5 agar sesuai dengan derajat keasaman kulit bayi. Tak hanya itu, extra soft surfactant pada sabun bayi berwujud busa ini akan membersihkan secara  menyeluruh tanpa meninggalkan rasa kering di kulit. Fomulanya tanpa sabun, pewarna tambahan, maupun bahan-bahan kimia yang bersifat keras.

Bentuk sabunBusa
Tingkat keasaman (nilai pH)pH 5,5 (asam lemah)
Formulasi kandunganAqua, Laureth-6 Carboxylic Acid, Cocamidopropyl Betaine, Disodium Cocoamphodiacetate, Sodium C14-16 Olefin Sulfonate, Polysorbate 20, Laureth-2, Chamomilla recutita flower extract, Sodium Acetate, Sodium Ascorbate, PEG-150 Distearate, Alcohol, Parfum, Citric Acid, Lactic Acid, Sodium Hydroxide, Ascorbyl Palmitate, Sodium Benzoate, Phenoxyethanol.
KeamananTanpa nutri-musk compounds, tanpa formaldehyde, tanpa nitrosamines, tanpa dioxane, tanpa pewarna, bebas sabun dan agen basa, formula tidak mengiritasi mata, teruji secara dermatologis, BPOM NC16120701088
Isi/berat1.000 mL
Kisaran hargaRp550.000

3. Lactacyd Baby Liquid Soap

Ekstra melembapkan dengan kandungan lactic acid dan lactoserum

Lactacyd menghadirkan sabun bayi dengan kemampuan melembapkan sekaligus melindungi kulit bayi dari iritasi. Semua ini berkat tercantumnya lactic acid dan lactoserum dari ekstrak susu untuk membuat kulit bayi senantiasa lembut dan lembap.

Di samping itu, pH balance-nya takkan merusak mantel pelindung kulit bayi. Formula hypoallergenic dari Baby Liquid Soap besutan Lactacyd menjadikannya aman digunakan setiap hari, bahkan untuk kulit bayi sensitif. Kerennya lagi, produk ini telah diuji klinis untuk memastikan kelembutan dan keamanannya, lho!

Bentuk sabunCair
Tingkat keasaman (nilai pH)pH seimbang (tidak ada keterangan nilai pH)
Formulasi kandunganAqua, Sodium Laureth Sulfate, Cocamidopropyl Betaine, Glycol Distearate, Cocamide MEA, Laureth 10, Disodium Laureth Sulfosuccinate, Sodium Chloride, Whey Filtrate (Lactoserum), PEG 7 Glyceryl Cocoate, Parfum, Sodium Benzoate, PEG120 Methyl Glucose Dioleate, Phenoxyethanol, Citric Acid, Lactic Acid, Ethylhexylglycerin, Tetrasodium EDTA
KeamananHypoallergenic, BPOM NA54190700001
Isi/berat250 mL
Kisaran hargaRp116.000

4. Pure Baby Bath – Freshy Wash

Bebas bahan kimia merugikan plus wangi menyegarkan

Pure Baby dapat digunakan untuk membersihkan badan sekaligus rambut bayi Anda. Kandungan di dalamnya bebas SLS, paraben, dan pewangi sintetis yang tentunya membuat Anda tenang setiap kali memandikan buah hati. Selain aman, sabun ini mengeluarkan aroma bunga lembut yang mengharumkan tubuh bayi apsca mandi.

Secara klinis sabun bayi unggulan Pure Baby ini teruji aman bila terkena mata, serta nilai pH 5,5 dipastikan tidak menimbulkan risiko negatif pada kulit bayi. Tidak lupa, Pure Baby memastikan bayi Anda peroleh manfaat dari pro vitamin B5 dan ekstra moisturizer untuk menyehatkan sekaligus melembapkan kulitnya.

Bentuk sabunCair
Tingkat keasaman (nilai pH)pH 5,5 (asam lemah)
Formulasi kandunganDisodium EDTA, Sodium Citrate, D-Panthenol, Polyquaternium-7, PEG-150 Distearate, Polysorbate 80, Fragrance, Ethylhexyglycerin, Glyceryl Caprylate, Disodiumcocoamphodiacetate, Lauryl Betaine, Aloe Barbadensis (Aloe Vera) Leaf Juice, Anthermis Nobilis (Chamomile) Flower Extract, Propylene Glycol, Glycerine, Helianthus Annuus (Sunflower) Flower Extract, Sodium Benzoate, Potassium Sorbate, Maltooligosyl Glucoside, Hydrogenated Starch Hydrolysate, Bis (c13-15 alkoxy) PG-amodimethicone, Citric Acid, Aqua
KeamananBebas SLS, bebas paraben, hypoallergenic, BPOM NA18170700699
Isi/berat230 mL
Kisaran hargaRp34.000

5. Buds Cherished Organics Precious Newborn Head To Toe Cleanser

Kekuatan bahan organik untuk merawat kulit newborn baby

Buds Cherished Organics Precious Newborn Head to Toe Cleanser terbuat dari 99% bahan organik tersertifikasi Ecocert. Bahan-bahannya yang aman sangat cocok digunakan untuk bayi baru lahir (newborn) hingga berusia 6 bulan. Produk ini termasuk praktis karena dapat diaplikasikan pada badan, wajah, dan bahkan rambut!

Tinggi vitamin E dari minyak biji bunga matahari, sabun bayi tanpa pewangi artifisial ini akan mempertahankan kelembapan kulit. Aloe vera dan minyak geranium memperkaya kebaikan produk, seperti menjaga kelembutan, serta mencegah iritasi dan alergi.

Bentuk sabunCair
Tingkat keasaman (nilai pH)Tidak tercantum
Formulasi kandunganAqua/Water, Aloe Barbadensis Leaf Juice. Sodium Cocoglucoside Tartrate, Sodium Cocoyl Glutamate, Coco-glucoslde, Glyceryl Oleate, Parfum/Perfume, Xanthan Gum, Maris Sal (Sel De Mer), Lavandula Angustifolia (Lavender) Oil, Pelargonlum Graveolens (Geranium) Oil, Tocopherol, Hellanthus Annuus (Sunflower) Seed Oil, Geraniol*, Citral, Linalool
KeamananBebas pewangi buatan, sertifikasi organik dari ECOCERT, BPOM NA32161001560
Isi/berat250 mL
Kisaran hargaRp309.900

6. Pigeon Baby Wash 2 in 1

Mengandung ekstrak jojoba dan chamomile untuk kulit lembut dan kenyal

Pigeon Baby Wash 2 in 1 mengandung ekstrak jojoba dan chamomile di mana jojoba berguna untuk mempertahankan kelembapan alami kulit, sedangkan chamomile-nya baik untuk membuat kulit terasa halus, lembut, dan kenyal. Sama seperti beberapa produk sebelumnya, sabun ini juga dapat diaplikasikan sebagai shampoo, lho!

Formula lembut tidak pedih di mata dan tidak memicu alergi memastikannya aman dipakai setiap bayi. Cukup sekali pompa, Anda akan mendapatkan sabun cair dengan tekstur tidak lengket disertai wangi lembut siap gosok ke kulit bayi. Baik untuk rambut maupun tubuh, produk bayi multifungsi ini tetap mudah dibilas!

Bentuk sabunCair
Tingkat keasaman (nilai pH)pH 5,5 (asam lemah)
Formulasi kandunganWater (Aqua), Cocamidopropyl Betaine, Disodium Laureth Sulfosuccinate, Sodium Chloride, Glycerin, Sodium Cocoamphoacetate, PEG-160 Sorbitan Triisostearate, Sodium Benzoate, Caprylyl Glycol, Ethylhexylglycerin, Fragrance, Citric Acid, Sodium Citrate, Polyquaternium-6, Butylene Glycol, Prunus Yedoensis Leaf Extract
KeamananHypoallergenic, tidak mengiritasi mata, tanpa pewarna, tanpa paraben, tanpa sulfat, BPOM NA18201000093
Isi/berat400 mL
Kisaran hargaRp45.000

7. Zwitsal Baby Bath 2 in 1 Hair & Body

Dengan ekstrak aloe vera untuk menutrisi kulit dan rambut

Sabun bayi dari Zwitsal hadir memenuhi kebutuhan bayi di Indonesia dengan pemilihan bahan baku yang telah disesuaikan dengan kulit iklim tropis. Zwitsal Baby Bath adalah salah satu produk andalannya.  Berbahan dasar aloe vera yang diperkaya pro vitamin B5, produk ini siap memelihara kulit dan rambut bayi Anda tetap lembut dan sehat.

Formulanya clinically proven-nya dipastikan tidak mengiritasi kulit. Apalagi, klaim extra mild menjamin busa yang dihasilkan tidak membuat mata pedih. Ketika diusapkan ke rambut, Zwitsal mengatakan produknya ini mampu mencegah rambut kusut yang diakibatkan penggunaan sampo bernilai pH lebih tinggi dari 7.

Bentuk sabunCair
Tingkat keasaman (nilai pH)pH 4,5 – 6 (asam lemah)
Formulasi kandunganWater, Glycerin, Cocamidopropyl Betaine, Sodium Cocoyl Glycinate, Polyacrylate-33, Sodium Chloride, Phenaxyethanol, Caprylyl Glycol, Lauric Acid, Parfum, Sodium Hydroxide, Coconut Acid, Tetrasodium EDTA, Sodium Benzoate, Propylene Glycol, Sodium Carbonate, Panthenol, Aloe Barbadensis Leaf Ekstract, Butylene Glycol, Glucose, Lactic Acid, Citric Acid, Potassium Sorbate, Bisabolol
KeamananHypoallergenic, teruji klinis lembut dan tidak pedih di mata, bebas sulfat, bebas paraben, BPOM NA18141000770
Isi/berat300 mL
Kisaran hargaRp31.500

8. Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo

Merawat kulit iritasi dan sensitif dengan kandungan organic calendula

Tidak hanya mengutamakan formula yang ramah pada kulit bayi, Cetaphil juga menyematkan tanaman organic calendula yang bermanfaat untuk menenangkan kulit sensitif dan iritasi. Adapun kandungan utama lain seperti glycerin dan panthenol baik untuk memberikan suplai kelembapan pada kulit bayi.

Keamanan produk Cetaphil telah teruji secara dermatologis agar ramah bagi kulit bayi. Sabun ini bebas dari kandungan sabun, paraben, mineral oil, maupun bahan iritatif lainnya. Tak cuma itu, Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo akan meninggalkan sensasi lembut dan aroma wangi segar setelah mandi.

Bentuk sabunCair
Tingkat keasaman (nilai pH)pH seimbang (tidak tercantum nilai pH)
Formulasi kandunganAqua, Cocamidopropyl Betaine, Disodium Cocoamphodiacetate, Glycerin, Coco-Glucoside, Sodium Cocoamphoacetate, Panthenol, Heliotropine, Propylene Glycol, Polyquaternium-10, Quaternium-80, Sodium Chloride, Sodium Citrate, Citric Acid, Sodium Benzoate, Phenoxyethanol, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Sodium Hydroxide, Parfum
KeamananBebas sabun, bebas paraben, bebas mineral oil, teruji secara dermatologis, aman untuk bayi baru lahir, BPOM NC16160701226
Isi/berat400 mL
Kisaran hargaRp115.000

9. Mitu Baby Milk Bath

Ekstrak oatmilk untuk kulit bayi sehat bercahaya

Oatmilk dikenal akan kemampuannya merawat kesehatan kulit. Mitu Baby mempersembahkan kebaikan oat milk tersebut pada produk sabun bayi keluarannya guna menciptakan kulit bayi senantiasa sehat dan bercahaya. Selain oat milk, terdapat pula ekstrak minyak alami dari bergamot, mawar, jeruk, dan Ylang Ylang sebagai aromaterapi untuk menenangkan buah hati.

Sebelum diedarkan, Mitu Baby Milk Bath telah melalui uji hypoallergenic agar tetap aman ketika mengenai kulit bayi super sensitif. Tidak ketinggalan, Mitu memeriksakan sabun bayi ini ke MUI dan berhasil lolos dengan peroleh sertifikasi Halal MUI. Bagi Anda yang memerlukan sabun cair untuk bayi dengan susunan bahan alami, jangan lupakan produk satu ini!

Bentuk sabunCair
Tingkat keasaman (nilai pH)Tidak tercantum
Formulasi kandunganAqua, Sodium Lauroamphoacetate, Cocamidopropyl Betaine, Disodium Laureth Sulfosuccinate, Acrylates Copolymer, Glycol Distearate, Glyrcerine, Citric Acid, Fragrance, Oat (Avena Sativa) Extract, Sodium Benzoate, PEG-20 Glyceryl Laurate, Polysorbate 20, Tocopherol, Linoleic Acid, Retinyl Palmitate, Styrene/Acrylates Copolymer, Sodium Hydroxide, Disodium EDTA, Methylisothiazolinone
KeamananHypoallergenic, BPOM NA18140700431
Isi/berat400 mL (refill)
Kisaran hargaRp30.100

10. Cussons Baby Newborn Hair & Body Wash

Body care terjangkau untuk bayi baru lahir

Produk sabun khusus bayi newborn biasanya dibanderol dengan harga cukup tinggi. Namun, tidak dengan sabun cair keluaran Cussons Baby satu ini. Ingredients bebas sabun dan pewarna buatan dipastikan lebih aman ketika menyentuh kulit bayi. Produk ini juga tidak memicu reaksi alergi sebab hypoallergenic tested.

Cussons melengkapi manfaat produknya dengan minyak zaitun organik, natural chamomile, serta pure water untuk memberikan perawatan lengkap secara gentle agar tidak melukai kulit bayi. Hal menarik lainnya, Cussons mengklaim sabun ini mampu memberikan kelembapan hingga 10x, lho!

Bentuk sabunCair
Tingkat keasaman (nilai pH)pH seimbang (tidak tercantum nilai pH)
Formulasi kandunganAqua, Cocamidopropyl Betaine, Sodium Laureth Sulfate, PEG-6 Caprylic/Capric Glycerides, Glycerine, Sodium Benzoate, Parfum, Lactic Acid, Polyquaternium-7 Tetrasodium Glutamate Diacetate, PEG-200 Hydrogenetad Glyceryl Palmate, PEG-7 Glyceryl Cocoate, Sodium Hydroxide, Olea Europea (Olive) Oil, Anthemis Nobilis (Chamomile) Flower Oil.
KeamananTeruji hypoallergenic,
Isi/berat400 mL (refill)
Kisaran hargaRp28.900

Lihat juga rekomendasi produk body care untuk bayi lainnya di sini!

Setelah mandi, Anda bisa mengoleskan produk pelembap kulit seperti body lotion atau baby cream. Kedua produk ini bisa diaplikasikan ke beberapa area, termasuk bagian pantat untuk mencegah ruam akibat pemakaian popok.

Tidak sedikit orang tua juga memakaikan bedak untuk buah hatinya sehabis mandi. Ketiga produk ini sebaiknya Anda pilih berdasarkan keperluan. Untuk menemukan produk yang cocok, Anda bisa cek rekomendasinya di halaman-halaman berikut.

10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik untuk Bayi
10 Rekomendasi Baby Cream (Krim Bayi) Terbaik
10 Rekomendasi Bedak Terbaik untuk Bayi

Kesimpulan

Bagaimana, tidak sulit menemukan sabun mandi untuk buah hati, bukan? Apalagi, cara memilih produk yang aman dan berkualitas telah dijabarkan pula sebagai panduan Anda. Ketika memilih sabun mandi untuk bayi, Anda harus mengutamakan keamanannya. Dari segi derajat keasaman (pH), bentuk sabun, formula yang terkandung, hingga sertifikasinya, semua harus Anda cek secara teliti!

Berdasarkan produk yang telah kami rekomendasikan di atas, Anda bisa pastikan kembali kualitas produk dengan membaca review dari konsumen lain. Dengan demikian, diharapkan sabun bayi yang Anda pilih semakin cocok untuk kebutuhan si kecil. Tenang saja, seluruh sabun mandi bayi yang tercantum di atas termasuk best seller. Jadi, selamat berbelanja!

(Visited 3.007 times, 34 visits today)