Written by 01:15 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Usia 40-an

Di usia 40-an, proses regenerasi kulit tak lagi sebaik saat usia muda. Selain itu, kulit juga menjadi cenderung lebih kering. Karenanya, dibutuhkan skincare yang dapat membantu menambah dan mempertahankan kelembapan kulit. Salah satu alternatif yang bisa Anda pertimbangkan adalah penggunaan essence.

Anda bisa menemukan beragam merek essence seperti SK-II, L’Oreal, Somethinc, dan masih banyak lagi. Lantas, mana yang cocok untuk kebutuhan kulit di usia 40-an? Ada banyak poin yang mesti Anda pertimbangkan, dan kami akan jelaskan di artikel ini. Setelah memahaminya, kami rekomendasikan pula produk terbaiknya.

Optimalkan Efek Penggunaan Skincare Anda Menggunakan Essence

Essence merupakan produk skin care berbahan dasar air yang mengandung bahan aktif berkonsentrasi tinggi. Sedikit mirip serum, hanya saja, konsentrasi bahan aktif pada serum biasanya lebih tinggi. Fungsi utama essence adalah untuk mengembalikan kelembapan kulit. Selain itu, essence juga membantu memaksimalkan penyerapan nutrisi produk skin care selanjutnya.

Namun, penggunaan essence sebenarnya bukan hal yang wajib, lho. Jika kulit Anda terlalu berminyak, mengaplikasikan terlalu banyak produk skin care justru dapat menimbulkan ketidaknyamanan. Anda bisa melewatkan tahap essence dan langsung menggunakan serum dan moisturizer. Selain itu, essence juga tidak diperlukan jika Anda sudah memiliki serum dengan bahan aktif yang sama.

Cara Memilih Essence untuk Usia 40-an

Bagian ini akan menjelaskan cara memilih essence yang cocok untuk usia 40-an. Anda perlu mencocokkan formulanya dengan kebutuhan kulit. Simak poin-poinnya berikut ini.

Pilih yang Mengandung Formula Anti-aging agar Kulit Tampak Awet Muda

Memasuki usia 40-an, Anda sangat disarankan memilih skincare yang memiliki kemampuan anti-aging. Beberapa bahan yang terkenal dengan manfaat anti-aging antara lain ceramide, peptide, dan adenosine. Apa saja manfaat ketiga bahan ini?

Ceramide bekerja memperlambat tanda-tanda penuaan dengan cara memperkuat fungsi skin barrier. Alhasil, kulit pun terasa lebih lembut dan tampak awet muda. Tak hanya itu, ceramide juga baik untuk merawat kulit yang sedang mengalami iritasi dan peradangan. Sangat cocok untuk kulit sensitif!

Peptide berfungsi mendorong produksi kolagen yang memegang peranan penting dalam proses regenerasi kulit. Peptide bekerja dengan memberikan sinyal pada sel kulit untuk mengganti kolagen yang hilang. Dengan begitu, regenerasi kulit dapat dioptimalkan sehingga tampilan garis halus dan kerutan dapat diminimalkan.

Adenosine memiliki manfaat untuk memperbaiki tampilan kulit yang mengalami penuaan. Adenosine menutrisi permukaan kulit untuk mengurangi kerutan yang nampak. Sebuah riset menyebutkan bahwa pengaplikasian adenosine secara topikal efektif memberikan manfaat anti-aging.

Perhatikan apakah essence incaran Anda mengandung ketiga bahan tersebut. Jika ingin lebih mudah, Anda bisa memilih produk dengan klaim anti-aging. Pada umumnya, skincare dengan klaim anti-aging sudah menyesuaikan formulasinya untuk merawat tanda-tanda penuaan.

Pilih Essence yang Mampu Memberikan Kelembapan Maksimal

Seiring bertambahnya usia, kulit cenderung semakin kering. Penyebabnya antara lain berkurangnya produksi minyak alami kulit, kerusakan akibat paparan sinar UV, dan regenerasi kulit yang melambat. Hal ini menyebabkan kulit menjadi sangat kering dan tak jarang terasa kasar saat diraba.

Untuk itu, pilihlah essence dengan kandungan formula yang mampu memberikan kelembapan maksimal. Tak hanya sekadar menghidrasi, tetapi juga mampu memerangkap kelembapannya di dalam kulit. Beberapa kandungan yang kami rekomendasikan antara lain aloe vera, fermentasi jamur galactomyces, dan hyaluronic acid.

Aloe vera memiliki kemampuan melembapkan yang baik sekaligus cepat diserap kulit. Selain itu, aloe vera bersifat menyejukkan sehingga sering juga dimanfaatkan untuk menenangkan kulit kemerahan dan iritasi. Aloe vera cocok untuk merawat kulit rentan berjerawat hingga kulit sensitif sekalipun.

Sementara itu, fermentasi jamur galactomyces kaya akan asam amino, vitamin, dan enzim yang bermanfaat untuk kulit. Tak hanya kemampuan melembapkannya yang mumpuni, kandungan ini dapat memperkuat skin barrier sehingga baik untuk melawan tanda penuaan.

Kemudian, manfaat hyaluronic acid (HA) untuk melembapkan kulit sudah tak perlu diragukan lagi. hyaluronic acid bekerja dengan menyerap kandungan air dari luar dan memerangkapnya ke dalam lapisan kulit. Bahkan, satu gram HA dapat menahan hingga enam liter air, lho! Hasilnya, kulit tampak lembap dan terhidrasi lebih lama.

Sesuaikan Kandungannya dengan Permasalahan Kulit yang Anda Hadapi

Sebagai pertimbangan lanjutan, Anda bisa memilih kandungan essence yang dapat merawat permasalahan kulit Anda. Untuk kulit berjerawat, pilih essence yang mengandung salicylic acid atau centella asiatica.

Salicylic acid akan mengurangi jerawat dengan mengeksfoliasi secara lembut dan membersihkan pori-pori. Sedangkan centella asiatica sudah sangat terkenal akan fungsinya untuk menenangkan peradangan kulit.

Jika Anda memiliki permasalahan kulit kusam, pilihlah essence dengan kandungan bahan pencerah seperti arbutin dan vitamin B3 (niacinamide). Selain mencerahkan, dua kandungan ini juga baik untuk melembapkan dan mengatasi tanda-tanda penuaan kulit.

Untuk kulit sensitif, essence dengan kandungan panthenol dapat menyejukkan kulit serta mengunci kelembapannya.

10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Usia 40-an

Pada bagian ini, kami telah menyiapkan sepuluh rekomendasi essence terbaik versi PickyBest. Selamat memilih!

1. SK-II R.N.A.Power Radical New Age Essence

Sumber: Sk-ii.com

Lawan kerutan dengan RNArchitect dan ekstrak biji carob

Essence mewah satu ini diformulasi dengan RNArchitect yang mampu menyamarkan garis-garis halus akibat kulit kering. Hasilnya, kulit wajah pun tampak lebih sehat dan awet muda. Ekstrak biji carob-nya dipercaya dapat memperbaiki tekstur kulit yang melemah seiring bertambahnya usia.

Pemakaian satu botol essence ini diklaim mampu meringkas tampilan pori-pori besar, mengurangi kerutan, serta mempromosikan kelembapan kulit. Dapatkan kulit tampak lebih segar, kencang, dan merona keesokan harinya bersama SK-II R.N.A.Power Radical New Age Essence!

Kandungan utamaRadical New Age Complex, PITERA™, Glyco Repair (Carob Extract), Palmitoyl Pentapeptide-4
Preferensi bahan aditifBebas sulfat, bebas alkohol, minimal ingredients
Ukuran50 mL
Kisaran hargaRp1.875.000

2. Safi Age Defy Gold Water Essence

Mengandung ekstrak emas dan silk protein

Safi Age Defy Gold Water Essence mengandung kombinasi ekstrak emas dan silk protein yang berkhasiat merawat keremajaan kulit secara optimal. Tak hanya itu, essence ini juga dapat memelihara struktur kulit yang mengalami tanda-tanda penuaan.

Diperkaya dengan bio hyaluronic, essence ini juga bermanfaat untuk mempertahankan kelembapan kulit seharian. Kulit pun terasa lembut, elastis, dan siap menerima produk skincare berikutnya.

Kandungan utamaGold extract, silk protein, bio hyaluronic
Preferensi bahan aditifBebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon
Ukuran100 mL
Kisaran hargaRp111.300

3. Wardah Renew You Treatment Essence

Kulit halus, cerah, dan terasa kencang bukan sekadar mimpi!

Essence ini merupakan salah satu produk dari lini anti-aging Wardah. Berfokus untuk mengurangi tanda-tanda penuaan, Wardah Renew You Treatment Essence mengandalkan kandungan phyto cell apple (ekstrak stem cell apel), advanced hyaluronic, dan argireline peptide.

Ekstrak stem cell apel dan advance hyaluronic-nya membuat kulit wajah tak hanya lembap, tetapi juga meningkatkan tekstur kulit menjadi lebih halus. Sedangkan argireline peptide berguna untuk memelihara kekencangan kulit. Essence ini dapat Anda gunakan mulai usia 20-an untuk mencegah timbulnya penuaan dini.

Kandungan utamaApple Phyto Cell Extract (ekstrak stem cell apel), Advanced Hyaluronic Acid, Argireline Peptide
Preferensi bahan aditifBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon
Ukuran100 mL
Kisaran hargaRp129.200

4. COSRX Advanced Snail 96 Mucin Power Essence

Sumber: Cosrx.co.kr

Mengandung 96% filtrat sekresi siput

Filtrat sekresi siput (mucin) pada produk ini membawa dua khasiat utama, yakni memberikan kelembapan optimal pada kulit serta memperbaiki teksturnya. Dua khasiat ini membuatnya cocok untuk merawat kulit yang mengalami masalah tanda-tanda penuaan.

Essence ini memiliki tekstur yang agak kental. Meski begitu, pengaplikasiannya tetap nyaman karena tanpa rasa lengket dan mudah menyerap. Kandungan 96% sekresi siputnya akan memerangkap kelembapan dalam kulit serta menjaga elastisitasnya.

Kandungan utamaFiltrat sekresi siput (mucin), betaine, panthenol
Preferensi bahan aditifBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, fungal acne safe, minimal ingredients
Ukuran100 mL
Kisaran hargaRp302.618

5. Benton Fermentation Essence

Mengandung fermentasi galactomyces, menjaga kulit lembap dan elastis

Essence ini mengandung bahan utama fermentasi jamur galactomyces yang memiliki kemampuan melembapkan serta meningkatkan elastisitas kulit. Diperkaya bifida ferment lysate yang kaya akan protein, vitamin, dan mineral untuk menutrisi kulit sekaligus menjadikannya tampak bening dan sehat.

Ada juga kandungan ceramide NP yang berperan sebagai pelindung kulit dan pengatur keseimbangan air dan minyak dalam kulit. Tiga kandungan powerful-nya membuat kemampuan anti-aging Benton Fermentation Essence tak perlu Anda ragukan lagi.

Kandungan utamaGalactomyces ferment filtrate, bifida ferment lysate, ceramide NP, peptide, adenosine
Preferensi bahan aditifBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon
Ukuran100 mL
Kisaran hargaRp175.000

6. Somethinc C-Riously 24k Gold Essence

Vitamin C-nya lebih stabil, cocok untuk kulit sensitif sekalipun!

Walau banyak digemari, beberapa orang tidak cocok dengan kandungan vitamin C yang keasamannya terlalu tinggi. Essence satu ini mungkin dapat menjadi salah satu alternatifnya. Menggunakan turunan vitamin C yaitu ascorbyl glucoside, tingkat keasamannya lebih aman dan stabil daripada vitamin C biasa.

Selain kandungan vitamin C yang lebih ramah di kulit, Somethinc C-Riously 24k Gold Essence juga diperkaya ekstrak emas untuk mengurangi tampilan garis halus dan kerutan. Katakan selamat tinggal pada kulit kusam dan tanda-tanda penuaan!

Kandungan utamaAscorbyl glucoside, ekstrak emas
Preferensi bahan aditifBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, fungal acne safe, minimal ingredients
Ukuran40 mL
Kisaran hargaRp225.500

7. Estee Lauder Micro Essence Skin Activating Treatment Lotion

Kulit tampak lebih sehat dalam empat minggu!

Estee Lauder Micro Essence Skin Activating Treatment Lotion mengandung nutrisi berukuran mikro yang dapat membuat nutrisinya meresap lebih cepat ke dalam lapisan kulit. Nutrisi micro-nutrient bio-ferment-nya diformulasikan secara tepat untuk mengembalikan keremajaan dan memberikan energi pada kulit.

Tidak mengandung tambahan wewangian dan non-acnegenic, essence ini dapat digunakan untuk semua jenis kulit. Tak tanggung-tanggung, Estee Lauder mengklaim produknya ini dapat membuat kulit tampak lebih sehat hanya dalam empat minggu!

Kandungan utamaAcetyl glucosamine, sodium hyaluronate, citric acid
Preferensi bahan aditifBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, fungal acne safe
Ukuran5 oz (±150 mL)
Kisaran hargaRp1.530.000

8. Kiehl’s Iris Extract Activating Essence Treatment

Sumber: Kiehls.co.id

Mengandung ekstrak akar iris dan LHA, perawatan maksimal tanda penuaan

Kiehl’s Iris Extract Activating Essence Treatment merupakan kombinasi yang pas untuk Anda yang berfokus pada perawatan tanda-tanda penuaan. Essence ini mengandung dua bahan utama yang berfokus pada kemampuan anti-aging, yaitu ekstrak akar iris dan LHA.

Ekstrak akar iris dipercaya mengandung nutrisi yang mampu memperlambat timbulnya garis halus dan kerutan. Sedangkan LHA berfungsi membantu pengelupasan sel kulit mati. Kulit kusam, garis halus, dan tekstur kulit kasar perlahan-lahan berkurang!

Kandungan utamaEkstrak akar iris florentina, Lipo Hydroxy Acid (LHA), sodium hyaluronate, adenosine
Preferensi bahan aditifBebas paraben, bebas sulfat, bebas silikon, fungal acne safe
Ukuran6.8 oz (±200 mL)
Kisaran hargaRp654.000

9. L’Oreal Revitalift Crystal Micro Essence

Nutrisinya menyerap maksimal hingga sepuluh lapisan kulit

Mendambakan kulit sebening kristal? L’Oreal Revitalift Crystal Micro Essence jawabannya! Kandungan skin brightening actives dan centella asiatica pada produk ini dapat mempercepat peremajaan kulit dan menghaluskan teksturnya.

Kemampuan anti-aging-nya semakin baik dengan kandungan adenosine di dalamnya. Tekstur essence ini sangat cair, saat diaplikasikan terasa ringan dan mudah meresap seperti air.

Kandungan utamaMadecassoside, adenosine, salicylic acid
Preferensi bahan aditifBebas paraben, bebas sulfat, bebas silikon, fungal acne safe
Ukuran130 mL
Kisaran hargaRp171.300

10. Secret Key Starting Treatment Essence

Mengandung 94% galactomyces

Satu lagi produk essence dengan kandungan galactomyces. Secret Key Starting Treatment Essence sering disebut-sebut sebagai dupe dari SK-II Facial Treatment Essence yang dibanderol dengan harga jauh lebih tinggi.

Berkat kandungan arbutin, centella asiatica, dan adenosine, essence ini dapat Anda masukkan ke jajaran perawatan tanda-tanda penuaan. Tak hanya itu, teksturnya yang cair seperti air terasa sejuk saat diaplikasikan ke wajah.

Kandungan utamaGalactomyces yeast, Arbutin, Centella Asiatica Extract, Adenosine Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract, Butylene Glycol, Glycerin, Camellia Sinensis Leaf Extract, Hamamelis Virginiana (Witch Hazel) Extract, Aloe Barbadensis Leaf Juice
Preferensi bahan aditifBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, cruelty free
Ukuran155 mL
Kisaran hargaRp252.000

Tabel Perbandingan Essence untuk Usia 40-an

ProdukSK-II R.N.A.Power Radical New Age EssenceSafi Age Defy Gold Water EssenceWardah Renew You Treatment EssenceCOSRX Advanced Snail 96 Mucin Power EssenceBenton Fermentation EssenceSomethinc C-Riously 24k Gold EssenceEstee Lauder Micro Essence Skin Activating   Treatment LotionKiehl’s Iris Extract Activating Essence   TreatmentL’Oreal Revitalift Crystal Micro EssenceSecret Key Starting Treatment Essence
Kandungan utamaRadical New Age Complex, PITERA™, Glyco Repair (Carob Extract), Palmitoyl   Pentapeptide-4Gold Extract, Silk Protein, Bio HyaluronicApple Phyto Cell Extract (ekstrak stem cell apel), Advanced Hyaluronic   Acid, Argireline PeptideFiltrat sekresi siput (mucin), betaine, panthenolGalactomyces ferment filtrate, bifida ferment lysate, ceramide NP,   peptide, adenosineAscorbyl glucoside, ekstrak emasAcetyl glucosamine, sodium hyaluronate, citric acidEkstrak akar iris florentina, Lipo Hydroxy Acid (LHA), sodium   hyaluronate, adenosineMadecassoside, adenosine, salicylic acidGalactomyces yeast, Arbutin, Centella Asiatica Extract, Adenosine   Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract, Butylene Glycol, Glycerin,   Camellia Sinensis Leaf Extract, Hamamelis Virginiana (Witch Hazel) Extract,   Aloe Barbadensis Leaf Juice
Preferensi bahan aditifBebas sulfat, bebas alkohol, minimal ingredientsBebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikonBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikonBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, fungal acne   safe, minimal ingredientsBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikonBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, fungal acne   safe, minimal ingredientsBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, fungal acne   safeBebas paraben, bebas sulfat, bebas silikon, fungal acne safeBebas paraben, bebas sulfat, bebas silikon, fungal acne safeBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, cruelty free
Ukuran50 mL100 mL100 mL100 mL100 mL40 mL5 oz (±150 mL)6.8 oz (±200 mL)130 mL155 mL
Kisaran hargaRp1.875.000Rp111.300Rp129.200Rp302.618Rp175.000Rp225.500Rp1.530.000Rp654.000Rp171.300Rp252.000
Periksa ketersediaan

Tips Menggunakan Essence agar Manfaatnya Terserap Maksimal ke Kulit

Essence digunakan setelah tahapan cleansing dan toning. Terdapat dua cara penggunaan essence, yaitu langsung menggunakan tangan atau dituang ke kapas terlebih dahulu.

Kami lebih menyarankan Anda menggunakan essence secara langsung menggunakan tangan. Penggunaan kapas akan membuat sebagian besar essence justru terserap ke kapas alih-alih ke kulit Anda.

Bagaimana penggunaan essence yang tepat? Anda cukup menuangkan essence secukupnya ke telapak tangan yang bersih, tap sedikit di telapak tangan, kemudian ratakan ke wajah sambil ditekan-tekan dengan lembut. Tak hanya memilih skincare yang cocok, cara penggunaan skincare juga akan memengaruhi hasilnya, lho!

Yuk, cek rekomendasi produk kosmetik dan skin care dari PickyBest lainnya!

Pada usia 40-an, Anda perlu selektif dalam mengenakan produk kosmetik maupun skin care. Pada artikel-artikel berikut, kami rekomendasikan produk yang cocok untuk usia 40-an. Pilihlah sesuai kondisi wajah Anda!

Kesimpulan

Usia 40-an membutuhkan tambahan nutrisi untuk melembapkan kulit, essence dapat menjadi salah satu pilihannya. Anda sebaiknya memilih essence yang melembapkan dan memiliki manfaat anti-aging. Selain itu, tak ada salahnya memilih yang juga mengandung bahan yang dapat merawat permasalahan kulit Anda.

Hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah cara penggunaan essence yang tepat. Essence sebaiknya diaplikasikan secara langsung menggunakan tangan yang bersih. Dengan adanya artikel ini, kami harap Anda terbantu dalam memilih, mencari, memakai essence yang tepat.

Referensi

About Essence for Skin Care: How to Use & How It Differs from Toners and Serums
https://www.healthline.com/health/what-is-essence diakses pada 21 Februari 2021

Seberapa Penting Fungsi Essence dalam Rangkaian Skincare?
https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/fungsi-essence/ diakses pada 21 Februari 2021

Ceramide dalam Produk Skincare, Apa Manfaatnya untuk Kulit?
https://www.sehatq.com/artikel/ceramide-adalah-asam-lemak-bermanfaat-untuk-kelembapan-kulit diakses pada 21 Februari 2021

Beautypedia: Ceramide & Peptide, Anti-Aging Superstar
https://editorial.femaledaily.com/blog/2017/05/19/beautypedia-ceramide-peptide-anti-aging-superstar/ diakses pada 21 Februari 2021

Why Adenosine Is the Next Anti-Aging Ingredient, You Should Know About.
https://thedermreview.com/adenosine/ diakses pada 21 Februari 2021

Dry Skin Solutions for Aging Skin
https://www.webmd.com/beauty/features/age-dry-skin diakses pada 21 Februari 2021

Top 5 Skincare Ingredients for Dry Skin
https://www.dermadoctor.com/blog/top-5-dry-skin-skincare-ingredients/ diakses pada 21 Februari 2021

Galactomyces, Kandungan Skin Care dari Fermentasi Jamur yang Banyak Terdapat pada Produk Kecantikan Korea
https://journal.sociolla.com/beauty/manfaat-galactomyces diakses pada 21 Februari 2021

Mengenal Kandungan Hyaluronic Acid pada Skincare dan Manfaatnya untuk Kulit Wajah
https://www.sehatq.com/artikel/hyaluronic-acid-adalah-sahabat-kulit-agar-tetap-lembap-adakah-efek-sampingnya diakses pada 21 Februari 2021

Can Salicylic Acid Help Treat Acne?
https://www.healthline.com/health/skin/salicylic-acid-for-acne diakses pada 21 Februari 2021

Lebih Kenal Dengan Centella Asiatica Dan Manfaatnya Untuk Kulit Wajah
https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/kenali-manfaat-centella-asiatica-untuk-kulit-wajah diakses pada 21 Februari 2021

Memiliki Manfaat Melembapkan Kulit, Yuk, Berkenalan dengan Kandungan Panthenol!
https://journal.sociolla.com/beauty/kandungan-panthenol diakses pada 21 Februari 2021

(Visited 358 times, 4 visits today)