Written by 19:55 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi BB Cream Terbaik untuk Usia 40-an

Menginjak usia 40 tahun ke atas, kulit memerlukan perhatian khusus. Pengenduran, kerut, dan dampak pertambahan usia lainnya mulai muncul. Selain menerapkan pola hidup sehat, aktivitas Anda yang tergolong padat memerlukan penggunaan produk skin care dan kosmetik secara tepat. Termasuk mengenakan makeup, sebaiknya Anda menggunakan BB cream yang sesuai untuk usia 40-an.

Bertambahnya usia mengharuskan Anda selektif menentukan produk. Namun kabar baiknya, produsen kosmetik seperti Skin79, Dr. Jart+. dan Maybelline menyediakan pilihan kosmetik untuk wanita usia 40-an. Di dalam artikel ini, kami akan memandu Anda temukan BB cream dengan kandungan khusus untuk merawat kulit wanita usia 40-an. Jadi, selamat membaca!

Kondisi Kulit di Usia 40-an

Ketika memasuki usia 40 tahun, Anda akan merasakan sejumlah perubahan pada kulit. Hal yang paling mungkin nampak lebih dulu adalah munculnya kerutan halus, kulit mengendur, dan pigmentasi yang menyebabkan wajah tampak kusam. Di tempat lain, penuaan membuat keseimbangan hormon terganggu sehingga kondisi kulit kering sulit dielakkan.

Selain itu, penurunan produksi minyak menyebabkan pertahanan alami kulit berkurang. Akibatnya, sensitivitas kulit meningkat terhadap rangsangan dari luar. Penggunaan kosmetik yang tidak sesuai hanya akan memperparah kondisi. Belum lagi persoalan lain terkait menurunnya kemampuan regenerasi kulit, di samping merutinitaskan perawatan kulit, Anda harus lebih cermat dalam menggunakan produk kosmetik.

Untuk Anda yang masih aktif mengaplikasikan riasan, perhatikanlah komposisi yang terkandung pada setiap produk. Berhubung artikel ini mengulas perihal BB cream, Anda akan kami bantu menemukan BB cream terbaik untuk usia 40-an. Formula pelembap menjadi salah satu yang paling penting, lalu disusul dengan fitur covering yang sempurna hingga aspek lain yang akan kita bahas sebentar lagi. Pilihlah BB cream yang paling cocok untuk Anda!

Cara Memilih BB Cream untuk Usia 40-an

Perhatikanlah poin-poin yang akan kami jabarkan berikut ini. Dari mulai ada tidaknya pelembap, kemampuan coverage, hingga fitur-fitur lain yang berguna memelihara kulit Anda di usia 40 tahunan, semua akan kami rincikan secara singkat di bagian ini. Mari kita bahas bersama!

Penting! Pilih BB Cream dengan Komponen yang Menjaga Kelembapan

Jumlah kolagen yang diproduksi secara alami oleh tubuh akan berkurang seiring bertambahnya usia. Sebagai dampaknya, kulit akan kehilangan elastisitasnya yang kemudian terjadi pengenduran di berbagai area kulit. Hal ini dapat diperparah oleh faktor alami lain berupa penurunan kelembapan kulit. Maka dari itu, perhatikanlah kemampuan melembapkan dari BB cream yang hendak Anda beli.

Produk kosmetik yang dioptimalkan oleh komponen pelembap akan membantu Anda memperoleh kelembapan tambahan. Carilah bahan-bahan moisturizer seperti glycerin, hyaluronic acid, ceramide, atau unsur lain yang mampu mengikat air agar kulit senantiasa lembap. Bila Anda bermaksud mempertahankan kekencangan kulit, direkomendasikan pula memilh BB cream yang diperkaya unsur kolagen.

Pilihlah BB Cream yang Mengatasi Keluhan di Wajah Anda

Walau tidak semua, namun secara umum BB cream dibekali kombinasi formula moisturizer, foundation, sunblock, dan primer. Mereka dirancang untuk membantu bermacam imperfeksi kulit tersamarkan. Pada aging skin, BB cream membantu meratakan kerutan, skin tone yang tidak seimbang, dan noda pigmentasi agar kulit terlihat lebih halus.

Meski demikian, biasanya BB cream tidak memainkan berbagai peran sekaligus. Apalagi, di counter, drugstore, atau toko online tempat Anda berburu kosmetik, pilihannya bukan hanya satu dua, tetapi puluhan produk dengan tawaran fungsi yang bermacam-macam. Hal ini tentu akan membuat Anda bingung bila tidak menentukan preferensi dari awal. Oleh sebab itu, pastikan Anda memilih BB cream yang benar-benar membantu mengatasi keluhan Anda.

Sebagai contoh, BB cream dengan kandungan skin care dan sun protection akan cocok untuk wanita Indonesia karena memberi penjagaan ekstra bagi kulit terhadap sinar matahari. Bila Anda dihadapi dengan permasalahan pigmentasi dan dark spots, temukanlah BB cream yang di dalamnya terkandung bahan pencerah untuk mengatasi hiperpigmentasi. Upayakanlah memilih BB cream dengan fungsi utama menangani kondisi yang dialami wajah Anda, ya!

Pilihlah yang Daya Coverage-nya Tinggi untuk Samarkan Aging Spots

Pada usia 40-an, noda hitam akibat pigmentasi, keriput atau garis halus, dan aging spots lain menjadi sesuatu yang kurang disukai kebanyakan wanita. Untuk itu, ketika membeli BB cream, carilah produk yang dapat bekerja sebagai penyamar aging spots di wajah.

BB cream yang berfungsi sebagai concealer akan membantu menyamarkan spots wajah. Namun yang lebih penting lagi, BB cream tersebut haruslah berdaya coverage tinggi. Hindari memilih produk yang daya coverage-nya rendah karena untuk menutupi aging spots, Anda akan mengaplikasikan krim lebih banyak yang justru membuat makeup tampak tebal dan tidak natural.

Perhatikan Kemampuan Pengoreksi Warna agar sesuai Tone Kulit

Tahukah Anda kalau semakin bertambah umur, jam tidur pun ikut berkurang? Nah, ketika tubuh tidak memperoleh waktu tidur berkualitas, kulit pun merasakan dampaknya. Penggelapan kulit adalah momok yang menghantui banyak wanita di usia 40-an akibat kelelahan dan tidur yang tidak berkualitas.

Untuk menanggulangi permasalahan ini, selain menerapkan pola tidur yang dianjurkan, Anda bisa menggunakan BB cream dengan kemampuan color control yang baik. Periksalah tone warna dari BB cream pilihan Anda, lalu sesuaikan dengan tone kulit wajah Anda. Anda bisa mengecek informasi shade produk melalui situs resmi. Atau, Anda dapat mengetahuinya di counter kosmetik sekaligus mencobanya langsung apabila terdapat trial kit atau sample size-nya.

Carilah BB Cream dengan Kandungan Tabir Surya untuk Anda yang Aktif di Luar Ruangan

Kulit yang mengalami aging tidak boleh terekspos sinar matahari terlalu sering. Sebab apabila dibiarkan, pertahanan alami kulit yang berkurang akan rusak, sehingga Anda bakal menemui bentuk kerusakan lebih parah yang hanya bisa ditangani dengan bantuan dokter. Oleh karenanya, periksalah kandungan tabir surya pada BB cream yang hendak Anda pilih.

Prioritaskan produk yang menyimpan komponen UV protector bersifat broad spectrum. BB cream dengan formula broad spectrum akan melindungi kulit Anda dari sinar UV-A yang menyebabkan penuaan dan UV-B yang berdampak pada penggelapan kulit. Untuk penggunaan sehari-hari, BB cream dengan SPF 30 dan PA++ sudah cukup. Jika Anda akan beraktivitas lama di luar ruangan, misalnya saat pergi ke pantai, gunakan produk berkadar tabir surya lebih tinggi.

Sebisa Mungkin Memilih BB Cream tanpa Zat Aditif

Poin yang tidak kalah penting untuk diperhatikan saat memilih BB cream untuk kulit usia 40-an Anda adalah memeriksa unsur-unsur aditifnya. Bila memungkinkan, pilihlah BB cream dengan bahan aditif paling sedikit. Akan lebih baik jika BB cream Anda tidak mengandung bahan aditif sama sekali.

Tetapi biasanya, kosmetik yang minim zat aditif akan lebih mudah rusak oleh oksidasi. Oleh sebab itu, periksa pula tanggal kedaluwarsa produk. Seimbangkanlah ukuran produk dengan seberapa sering Anda akan mengenakan makeup. Dengan begitu, Anda bukan hanya terhindar dari iritasi, melainkan tidak membuat produk sia-sia karena masa berlakunya yang sudah habis, namun krim masih tersisa cukup banyak.

Hindari Rugi dengan Memastikan Kecocokan Produk

Kunci penting dalam memilih BB cream atau produk kosmetik lain adalah memastikan kecocokannya terhadap kulit Anda. Semahal apa pun BB cream yang Anda beli, ketika digunakan dan ternyata tidak cocok dengan kulit Anda, pastinya akan membuat Anda rugi uang karena salah membeli.

Jadi, cermatilah produk yang akan Anda pilih. Anda bisa mengetahui cocok tidaknya produk dengan mencoba trial kit atau travel size di toko. Cara lain yang tidak memakan biaya namun kemungkinan salahnya tetap ada bisa dengan memeriksa review pengguna lain di internet. Bila kondisinya memungkinkan, Anda juga dapat membeli produk yang menerima pengembalian uang (refund) apabila Anda tidak cocok dengan produk tersebut.

10 Rekomendasi BB Cream Terbaik untuk Usia 40-an

Kami telah menyiapkan sepuluh BB cream terbaik untuk membantu Anda menyembunyikan tanda-tanda penuaan. Ke-10 produk BB cream berikut akan pas di kulit usia 40-an. Selamat memilih!

1. Caring by Biokos Timeless Illuminate BB Cream

Mengontrol kelembapan wajah untuk cegah makeup luntur

Bagi Anda yang menginginkan efek menyamarkan kerutan dari sebuah BB cream, produk suguhan Caring by Biokos ini mengantongi Rejuvenating Complex sebagai untuk mengurangi garis halus di wajah. Keberadaan Omega Complex turut merawat kelembapan kulit sehingga BB cream ini sangat ideal dipilih oleh Anda yang kulitnya kering.

Timeless Illuminate BB Cream dilengkapi formula pelindung UVA dan UVB untuk memproteksi kulit saat Anda beraktivitas di luar ruangan. Dark spots yang mengganggu akan ditangani secara baik oleh Mineral Tourmaline-nya. Bila penggunaannya dibantu penyemprotan powder dan setting spray, base complexion dengan kandungan skin care ini akan menahan minyak 3 – 4 jam.

Pelembap
CoverageSheer to medium
Tabir suryaSPF35/PA+++
KeamananTanpa paraben
Varian shadeLight dan medium
TeksturLiquid, mirip lotion
Isi30 g
Kisaran hargaRp136.000

2. 3CE Back to Baby BB Cream

Covering sempurna untuk kemerahan dan blemish

Dengan menggunakan aplikator yang tepat, 3CE Back to Baby BB Cream memungkinkan Anda peroleh hasil berbeda. Pakailah sponge bilamana Anda mengharapkan light coverage, atau aplikator puff dengan tambahan air jika Anda bermaksud menciptakan finish look dewy bagaikan kulit bayi.

Selain menyediakan hasil akhir berbeda, BB cream ini merupakan pilihan terbaik untuk Anda yang ingin menutupi red spot atau blemish. Hanya saja, produk ini lebih cocok digunakan oleh Anda yang memiliki skin tone kuning langsat. Pasalnya, 3CE Back to Baby BB Ceram akan menampilkan glowing effect yang justru berkesan greyish pada kulit cenderung gelap.

Pelembap
CoverageLight to medium
Tabir suryaSPF35/PA++
KeamananBebas paraben, bebas alkohol, bebas sulfat, bebas alergen
Varian shadeTidak ada
TeksturTidak diketahui
Isi30 ml
Kisaran hargaRp258.000

3. Skin79 Super+ Beblesh Balm BB Cream Gold

Pilihan utama untuk menyamarkan berbagai gejaa penuaan

BB cream ini menyajikan 3 fungsi sekaligus, yakni menghilangkan kerutan, mencerahkan, dan UV protection dengan nilai SPF30 dan PA++. Apabila kulit Anda termasuk gelap dan cenderug kering, produk ini akan sangat cocok karena dibekali caviar gold yang peranannya sebaik niacinamide untuk meningkatkan kelembapan kulit. Selain itu, caviar gold-nya juga membantu penutrisian kulit yang kelelahan.

Kerutan halus yang nampak pada beberapa titik wajah akan disamarkan oleh komponen yang telah dipatenkan bernaa SYN-COLL. Skin79 Super+ Beblesh Balm BB Cream Gold kompatibel untuk segala jenis kulit, terutama untuk kulit yang memasuki fase aging.

Pelembap
CoverageMedium coverage
Tabir suryaSPF30/PA++
KeamananBebas paraben, bebas alkohol, bebas sulfat, bebas alergen
Varian shadeNatural beige
TeksturLembut
Isi40 g
Kisaran hargaRp290.000

4. Dr. Jart+ Rejuvenating BB Beauty Balm

Tinted BB cream dengan kandungan anti-wrinkle dan pencerah

BB cream keluaran Dr. Jart+ diformulasikan dengan Natural Barrier Complex untuk meningkatkan pertahanan kulit dengan melembapkannya. Didukung Paracress Flower Extract, Rejuvenating BB Beauty Balm membuat garis halus tertutupi dengan baik oleh kemampuan full coverage-nya.

Menariknya lagi, BB cream ini mengandung bahan unik Hyper Soft Polymer yang akan mencegah perubahan warna kulit karena pertambahan usia. Hasilnya, skin tone tampak cerah bercahaya, tekstur kulit pun menjadi lebih halus. Bebas kandungan parabens formaldehyde dan tar dye, BB cream berkandungan ekstrak lima tanaman alami ini aman untuk Anda yang berkulit sensitif.

Pelembap
CoverageFull coverage
Tabir suryaSPF35/PA++
KeamananBebas paraben, bebas alergen, bebas sulfat, bebas alkohol, tidak diuji pada hewan
Varian shadeLight beige
TeksturSoft, light to the touch
Isi40 ml
Kisaran hargaRp380.000

5. Missha M Perfect Cover BB Cream

Keamanannya bagi kulit sudah teruji!

Nilai SPF yang dimiliki BB cream ini tergolong tinggi, memungkinkan Anda gunakan untuk menjalani hari di bawah matahari langsung. Perubahan warna kulit, dark spots, dan kerutan halus pada wajah akan tersembunyikan dengan optimal oleh M Perfect Cover BB Cream.

Missha menyediakan hyaluronic acid dan ceramide sebagai bahan pelembap yang sekaligus berfungsi meningkatkan elastisitas kulit. Selain itu, BB cream ini mengandung rosemary leaf extract dan chamomile flower extract untuk peranan skin calming. Pas untuk merawat kulit kemerahan karena iritasi!

Pelembap
CoverageMedium to full
Tabir suryaSPF42/PA+++
KeamananBebas alkohol
Varian shade13 (bright beige), 21 (light beige), 23 (natural beige), 25 (warm beige), 27 (honey beige), 29 (caramel beige), dan 31 (golden beige)
TeksturCukup kental
Isi20 ml
Kisaran hargaRp109.000

6. Nature Republic Origin Collagen BB Cream

Bebaskan kulit dari bintik dan noda akibat penuaan

Blemished spot di wajah mulai tidak terkontrol akibat penuaan yang terus berjalan? Gunakanlah Nature Republic Origin Collagen BB Cream, fungsi all in one-nya akan memelihara kesehatan kulit agar seluruh noda bintik tanda penuaan berkurang secara signifikan.

Sesuai namanya, produk ini memiliki komponen utama plant based collagen yang berguna meningkatkan kekencangan kulit. Selain menangani kulit kendur, krim BB buatan Korea ini memastikan wajah terlindungi dari sengatan matahari dengan kandungan SPF 25 dan PA++-nya.

Pelembap
CoverageMedium coverage
Tabir suryaSPF25/PA++
KeamananBebas alergen, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas alergen
Varian shadeOriginal, 01 (light beige), dan 02 (natural beige)
TeksturCreamy
Isi45 g
Kisaran hargaRp243.000

7. Maybelline Super Cushion Ultra Cover

Cukup diaplikasikan sedikit, makeup yang natural tercipta hingga 14 jam!

Maybelline mempersembahan cushion dengan tingkat coverage sebaik foundation, namun efeknya terasa ringan seperti BB cream. Daya tahannya yang mencapai 14 jam menjadikan produk berformula super light ini ideal untuk penggunaan harian. Belum lagi tambahan pure mineral pigments-nya, makeup Anda akan terlihat natural!

Uniknya lagi, Super Cushion Ultra Cover merupakan salah satu cushion dengan kandungan UV protection mencapai SPF 50/PA+++. Di samping optimal melindungi wajah dari sinar matahari, produk ini sangat nyaman digunakan. Apalagi dengan adanya spons bertekstur honeycomb yang unik, Anda akan peroleh makeup natural karena begitu mudah mengambil krim dengan takaran yang pas.

Pelembap
CoverageHigh coverage
Tabir suryaSPF50/PA+++
KeamananBebas alkohol, bebas paraben, bebas sulfat
Varian shadeNatural beige dan sand beige
TeksturRingan
IsiTidak dicantumkan
Kisaran hargaRp215.000

8. The Face Shop Power Perfection BB Cream

BB cream asal Korea yang efektif menutupi kerutan halus dan pori-pori

Salah satu hal yang pasti Anda senangi dari BB cream ini adalah keberadaan omega 3 yang membuat kulit lebih kenyal. The Face Shop memperkaya kandungan produk ini dengan Dolwoe extract untuk fungsi mencerahkan. Ada juga Vita Skin Complex sebagai unsur antioksidan untuk memberikan perlindungan kulit sekaligus menghaluskannya.

Power Perfection BB Cream menawarkan daya coverage yang maksimal untuk menyamarkan bermacam efek penuaan. Selain garis-garis halus, BB cream lengkap dengan broad spectrum protection ini juga menyembunyikan tampilan pori-pori untuk hasil makeup lebih tahan lama.

Pelembap
CoverageFull coverage
Tabir suryaSPF37/PA++
KeamananBebas alergen, bebas alkohol, bebas sulfat, bebas paraben
Varian shadeV103 pure beige, V201 apricote beige, dan V203 natural beige
TeksturCreamy
Isi20 g
Kisaran hargaRp150.000

9. Purito Snail Clearing BB Cream

Mengandung snail mucus filtrate yang melembapkan dan menutrisi kulit

Apakah Anda mengutamakan BB cream dengan bahan alami karena lebih aman untuk kulit wajah usia 40-an? Kami perkenalkan Purito Snail Clearing BB Cream, sebuah produk kosmetik dengan kombinasi licorice root, omija, sea daffodil, dan natto mucus extract yang dipastikan aman diaplikasikan ke segala jenis kulit, termasuk kulit sensitif dan mature skin.

Produk ini dikenal akan bahan utamanya berupa lendir siput yang ampuh menyamarkan kerutan halus. Purito menjamin krim BB buatannya ini bertekstur soft yang tidak lengket saat diaplikasikan ke kulit. Selain itu, lendir siputnya akan menyelinap hingga ke lapisan kulit untuk mentransfer kelembapan dan mengurangi sel mati. Dengan BB cream ini, tak ada lagi makeup terkesan cakey!

Pelembap
CoverageStrong
Tabir suryaSPF38/PA+++
KeamananBebas paraben, bebas alergen, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon
Varian shade21 (light beige), 23 (natural beige), dan 27 (sand beige)
TeksturSoft
Isi30 ml
Kisaran hargaRp184.000

10. Wardah Everyday BB Cream

Selain melindungi wajah dari sinar UV, aloe vera dan hyaluronic acid-nya akan melembapkan kulit

Karena harganya yang affordable, tak heran jika Wardah Everyday BB Cream menjadi produk yang digemari banyak wanita. BB cream dengan kemasan tube berwarna biru telur asin ini akan membuat wajah Anda terlihat sehat dan ternutrisi dengan fungsi menyegarkan, melembapkan, dan mencerahkannya.

Kebaikan witch hazel dan zinc gluconate berperan sebagai agen oil control untuk menyeimbangkan kadar sebum wajah. Formulanya pun diatur agar memberikan daya coverage yang long lasting, memastikan ketidaksempurnaan dan warna kulit tidak merata tersembunyi dengan kesan halus dan bercahaya.

Pelembap
CoverageLight to medium
Tabir suryaSPF 32
KeamananBebas alkohol, bebas sulfat, bebas alergen, bebas paraben
Varian shadeLight dan natural
TeksturCreamy
Isi50 ml
Kisaran hargaRp62.000

Kesimpulan

Bagaimana tanggapan Anda setelah membaca artikel ini? Anda yang memasuki usia 40 harus selektif menentukan produk. Penggunaan BB cream yang dilengkapi formula skin care akan membantu memaksimalkan rejimen perawatan kulit harian Anda. Kami harap setelah memilih BB cream untuk usia 40-an Anda, produk tersebut sanggup menutupi berbagai aging spots di wajah. Jadi, manakah BB cream yang akan Anda beli dan gunakan?

(Visited 6.843 times, 4 visits today)