Written by 04:17 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Usia 40 Tahun ke Atas

Biossance Squalene Phyto Retinol Serum

Di usia 40-an, berbagai tanda penuaan begitu mudah muncul. Faktor hormon dan paparan matahari semakin mempercepat kemunculannya. Untuk menghambat age spot di wajah, Anda bisa menggunakan serum anti-aging. Serum wajah untuk usia 40 tahun ke atas mengandung zat lebih banyak, terutama untuk menjaga elastisitas dan kekencangan kulit.

Berencana membeli serum anti-aging? Anda akan menemukan banyak pilihan produk, seperti merek The Ordinary, Kiehl’s, Hada Labo, dan lain-lain di pasaran. Supaya kulit kencang dan tanda penuaan tersamarkan, Anda perlu membeli serum wajah yang bagus untuk usia 40-an. Berikut akan kami ulas cara memilih dan rekomendasi produk terbaiknya. Follow terus artikel ini, ya!

Fungsi Serum untuk Melawan Tanda Penuaan

Fungsi Serum untuk Melawan Tanda Penuaan

Serum dibekali komponen lebih banyak daripada produk perawatan wajah lain, contohnya toner. Sementara serum anti-aging lebih sering mengandung nutrisi dan antioksidan yang membantu penampilan kulit terlihat lebih muda dan sehat. Setiap kombinasi komponen dalam produk serum anti-aging difungsikan untuk kebutuhan spesifik.

Keutamaan dari serum anti-aging untuk usia 40 tahun ke atas adalah bekerja mengirimkan konsentrasi bahan untuk menangani beragam tanda penuaan, seperti garis halus, bintik hitam, kerutan, dan jerawat. Walau tinggi akan kandungan nutrisi dan antioksidan, konsentrasi serum anti-aging didesain supaya lebih mudah dan cepat meresap ke dalam kulit.

Bagi Anda yang saat ini bermasalah dengan kondisi kulit kering, serum yang diperkaya pelembap seperti hyaluronic acid dapat diutamakan. Kemudian, apabila Anda berhadapan dengan flek hitam akibat paparan sinar matahari, gunakanlah serum wajah yang tinggi akan vitamin C. Telitilah kandungan dari setiap serum sebelum membelinya, ya!

Cara Memilih Serum Wajah untuk Usia 40 Tahun ke Atas

Sesuai penjelasan sebelumnya, kebanyakan serum dirancang untuk keperluan tertentu. Maka dari itu, penting memilih serum wajah yang kandungannya berguna untuk memperbaiki kondisi pada kulit wajah Anda. Selengkapnya akan kami uraikan di bawah ini.

Periksa Kandungan yang Membawa Kebaikan untuk Kulit

Serum wajah yang ditujukan khusus untuk keperluan usia 40-an biasanya mengandung bahan-bahan untuk melembapkan, mendorong produksi protein kolagen agar kulit tetap elastis, dan lain sebagainya. Dari sekian banyak unsur, diharapkan agar Anda mengutamakan serum dengan kombinasi bebarapa bahan berikut.

Hyaluronic Acid: Memberikan Kelembapan untuk Kulit yang Kering

Hyaluronic Acid Memberikan Kelembapan untuk Kulit yang Kering

Para skin care enthusiast pastinya sudah familiar dengan unsur satu ini. Hyaluronic acid adalah agen pelembap yang umum ditemui di dalam produk serum wajah. Untuk Anda yang mengalami kondisi kulit wajah rentan kering, kami sarankan memakai serum yang mencantumkan hyaluronic acid ke dalam tabel ingredients-nya.

Walau membantu melembapkan, perlu diketahui bahwa cara kerja hyaluronic acid adalah menarik kelembapan dari udara. Jadi, ada juga kasus penggunaan serum anti-aging berkomponenkan hyaluronic acid justru membuat kulitnya kering. Untuk menghindari kondisi ini, pastikan Anda menggunakan serum di ruangan yang cukup lembap. Jika tidak, maka hyaluronic acid akan mengambil sumber kelembapan lain dari dalam kulit, yang justru membuat kulit semakin kering.

Vitamin C: Memperbaiki Kulit Rusak dan Mendorong Produksi Kolagen

Vitamin C Memperbaiki Kulit yang Rusak dan Mendorong Produksi Kolagen

Produksi melanin sebenarnya baik untuk menangkal efek buruk sinar matahari. Namun terkadang, melanin diproduksi secara berlebihan karena sinar UV mempromosikan bintik hitam dan kulit tampak kusam. Belum lagi, pertumbuhan usia menyebabkan jumlah kolagen turun, sehingga muncullah garis-garis halus, kerutan, dan kulit pun menjadi kendur.

Kami anjurkan Anda mencari serum wajah yang mengandung vitamin C. Vitamin C akan membantu menangkal efek radikal bebas akibat sinar matahari, juga mencerahkan kembali kulit yang dipenuhi bintik-bintik gelap atau bentuk hiperpigmentasi lain. Selanjutnya, vitamin C menstimulasi pembentukan kolagen di jaringan kulit. Seiring waktu, penggunaan serum anti-aging berkandungan vitamin C akan membuat kulit bersih, cerah, dan sehat.

Kolagen: Menggantikan Sel Kulit Mati dengan Sel Kulit Baru yang Sehat

Kolagen Menggantikan Sel Kulit Mati dengan Sel Kulit Baru yang Sehat

Kolagen sangat penting untuk memelihara penampilan kulit muda dan segar dengan meningkatkan kekuatan, elastisitas, dan struktur pada sel-sel kulit. Apabila Anda cukup produktif, berhati-hatilah dengan pengeksposan sinar matahari terus-menerus, kebiasaan merokok, dan konsumsi gula yang dapat memperlambat produksi kolagen.

Kekurangan vitamin C dan pertambahan usia juga menyebabkan penurunan jumlah kolagen. Untuk menjaga kecukupan kolagen kulit, Anda dapat memilih serum wajah berkandungan kolagen tipe 1 dan 3. Dengan terpenuhinya kebutuhan kolagen, kulit Anda akan tetap terlihat muda dan sehat.

Pilih Serum yang Diperkaya dengan Komponen Bermanfaat Lain

Pilih Serum yang Diperkaya dengan Komponen Bermanfaat Lain

Selain hyaluronic acid, vitamin C, dan kolagen, Anda sebaiknya mempertimbangkan komponen pendukung lain yang juga berguna bagi kulit. Tentu akan lebih menyenangkan jika serum wajah yang Anda gunakan bukan hanya mengatasi satu bentuk masalah, tetapi juga memberikan perawatan lebih banyak.

Misalnya saja, serum wajah yang mengandung vitamin B3 atau niacinamide berguna dalam mengecilkan pori-pori yang terbuka. Untuk mengurangi bintik hitam dengan kinerja lebih efektif, Anda bisa berburu serum wajah berkandungan hydroquinone. Meski demikian, hydroquinone bersifat reaktif terhadap matahari sehingga pemakaiannya lebih baik di malam hari saja.

Sesuaikan Budget Pembelian dengan Frekuensi Penggunaan

Sesuaikan Budget Pembelian dengan Frekuensi Penggunaan

Hasil perawatan serum akan optimal apabila dilakukan secara rutin. Sebagus apa pun produknya, jika Anda tidak melakukan treatment dengan konsisten, maka hasilnya pun hanya sementara. Untuk itulah sebaiknya Anda pertimbangkan pula faktor harga dalam memilih serum.

Apabila Anda penasaran dengan klaim sebuah produk namun harganya cukup tinggi, kami sarankan Anda membeli trial set atau kemasan travel size untuk membuktikan efektivitasnya terlebih dahulu. Sebisa mungkin memlih serum wajah yang pas dengan budget agar tidak membebani Anda atau membuat Anda menghentikan pemakaian.

10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Usia 40 Tahun ke Atas

Pada section ini kami akan memperlihatkan sepuluh merek serum wajah yang diperkaya komponen anti-aging. Mari samarkan garis halus, kerutan, flek hitam, dan bentuk imperfeksi lain sekaligus mencegah pengenduran kulit dengan bantuan face serum berikut ini. Selamat memilih!

1. Paula’s Choice Resist Intensive Wrinkle-Repair Retinol Serum

Paulas Choice Resist Intensive Wrinkle Repair Retinol Serum

Membuat kulit wajah halus serta bebas tanda penuaan

Perpaduan retinol murni dan antioksidan kuat pada serum wajah keluaran Paula’s Choice ini sanggup mengencangkan kulit. Tampilan kerutan, garis halus, warna kulit tidak merata, dan bentuk penuaan lain akan sirna hanya dengan rutin menggunakan serum anti-aging ini.

Berkat perannya membuat kulit elastis dan kencang, tentu tekstur kulit menjadi halus dan lembut saat dipegang. Dilengkapi soothing anti-aging plant extracts dengan fungsi melawan penuaan, hasil berupa kulit satu tingkat lebih muda niscaya Anda dapatkan!

KandunganRetinol, Tetrahexyldecyl Ascorbate, Tocotrienols, Tocopherol, Laminaria Ochroleuca Extract, dll
Isi30 ml
Kisaran hargaRp660.000

2. Biossance Squalene + Phyto-Retinol Serum

Biossance Squalene Phyto Retinol Serum

Mengandung retinol alami yang anti sensitif terhadap cahaya matahari

Kebaikan retinol diikutsertakan ke dalam ingredient serum wajah ini. Anda tidak perlu khawatir kulit menjadi sensitif karena sumber retinol-nya diperoleh dari bakuchol, sebuah tumbuhan yang menawarkan fungsi retinol alami tanpa menyebabkan iritasi.

Kekurangan pada wajah yang mulai muncul di usia 40-an, seperti bintik hitam, wrinkles, dan garis halus akan disamarkan secara singkat oleh serum ini. Menariknya lagi, kandungan retinol pada Biossance Squalene + Phyto-Retinol Serum takkan sensitif terhadpa matahari, sehingga Anda bisa menjadikannya day serum.

KandunganBakuchiol, Hyaluronic Acid, Squalene
Isi39 ml
Kisaran hargaRp979.000

3. Kiehl’s Midnight Recovery Concentrate

Kiehls Midnight Recovery Concentrate

Kaya akan komponen minyak yang memberi kelembapan intensif

Saat memasuki awal usia 40 tahun, penting mengganti produk perawatan yang diformulasi dari bahan berbasiskan minyak. Termasuk serum, Anda juga perlu menemukan serum wajah yang mengandung lebih banyak minya. Midnight Recovery Contentrate persembahan Kiehl’s merupakan satu produk yang layak Anda pertimbangkan.

Berbagai kandungan minyak dari beberapa macam tumbuhan bekerja sama melembapkan sekaligus mencegah timbulnya kerutan. Kulit yang kendur terasa semakin kencang apabila rutin mengaplikasikan serum ini setiap malam. Walau price tag-nya cukup tinggi, Anda takkan merasa dirugikan setelah mengetahui berbagai keuntungan yang diperoleh kulit wajah berkat serum ini.

KandunganEvening Primrose Oil, Lavender Essential Oil, Squalene
Isi30 ml
Kisaran hargaRp805.000

4. The Ordinary Granactive Retinoid 2% Emulsion

The Ordinary Granactive Retinoid 2 Emulsion

Menyamarkan dark spot, wrinkle, dan mengatasi jerawat secara bersamaan!

Masalah dark spot dan wrinkle yang umum terjadi saat menginjak usia 40-an mulai mengganggu Anda? Pssttt… The Ordinary memiliki serum wajah yang ampuh mengatasi masalah tersebut, lho! Mengandung retinoid atau turunan vitamin A, kandungan ini akan merangsang produksi kolagen serta meningkatkan regenerasi kulit agar dark spot hilang dan tekstur kasar kulit menjadi halus.

The Ordinary Granactive Retinoid 2% Emulsion bertindak menangkal radikal bebas yang mendorong pengeriputan kulit pada usia 40-an. Bagi Anda yang sedang berperang melawan jerawat, serum wajah dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah jerawat. Meski didesain dengan nilai pH seimbang dan tanpa alkohol, gluten, ataupun silikon, apabila kulit sedang teriritasi sebaiknya tidak memakai produk ini.

KandunganRetinol, Alpha-Bisabolol
Isi30 ml
Kisaran hargaRp220.000

5. Estee Lauder Advanced Night Repair Synchronized Recovery Complex II

Estee Lauder Advanced Night Repair Synchronized Recovery Complex II 1

Teruji klinis pada ribuan perempuan dengan etnis berbeda

Estee Lauder mencantumkan formula anti-aging yang aktif bekerja saat Anda tertidur di malam hari. Serum wajah premium ini mampu membebaskan kulit dari tampilan garis-garis akibat penuaan, kerutan, kulit kusam, dan kondisi kering. Keberadaan komponen anti polusi, antioksidan, dan hyaluronic acid berdampak pada perbaikan maksimal untuk kulit terhidrasi dan nyaman.

Uniknya, sebelum diedarkan, serum ini teruji secara klinis pada 1.000 perempuan dunia dari berbagai etnis, termasuk perempuan Asia. Belum lagi dengan tidak tercantumnya unsur paraben, sulfat, alkohol, dan silikon, serum wajah ini semakin aman untuk kulit wajah Anda.

KandunganHyaluronic Acid, Alpha-Bisabolol, Tocopheryl Acetate (Vitamin E), Ethylhexyl Methoxycinnamate
Isi50 ml
Kisaran hargaRp1.212.000

6. Hada Labo Gokujyun Alpha Ultimate Anti Aging Essence

Hada Labo Gokujyun Alpha Ultimate Anti Aging Essence

Tanpa menimbulkan sensasi lengket yang mengganggu

Untuk Anda yang kurang menyukai efek lengket sehabis penggunaan serum, Hada Labo menjamin serum buatannya ini cepat meresap hingga ke lapisan epidermis kulit terdalam tanpa meninggalkan kesan lengket pada permukaan kulit.

Serum dalam kemasan botol merah ini tersemat bermacam unsur dengan fungsi positif bagi kulit. Setiap zat yang terkandung, mulai dari kolagen, retinol derivate, dan hyaluronic acid berkolaborasi memudarkan garis halus dan kerutan. Ingin kulit tampak muda, halus, dan bercahaya? Andalkan saja serum anti-aging satu ini!

KandunganBeta-Carotene, Tocopherol (Vitamin E), Retinyl Palmitate (Vitamin A), Sodium Hyaluronate
Berat30 gr
Kisaran hargaRp190.000

7. The History of Whoo Ja Saeng Essence

The History of Whoo Ja Saeng Essence

Serum yang bersahabat untuk segala jenis kulit

The History of Whoo Ja Saeng Essence adalah holy grail face serum banyak perempuan Indonesia. Bertekstur kental, serum ini memastikan kelembapan menyeluruh dan bertahan lama pada kulit wajah. Bukan hanya itu, serum wajah berkemasan mewah ini memancarkan aroma wangi menenangkan yang bermanfaat meredakan penat setelah seharian beraktivitas.

Sudah digunakan juga oleh lebih dari ribuan wanita Korea, serum ini siap memberikan perawatan intensif untuk kulit yang terhindar dari tanda-tanda penuaan. Selain menangkal efek penuaan seperti keriput, kulit kusam, dan kulit kering, serum wajah berikut ini ikut mendorong sirkulasi untuk memperbaiki tone kulit.

KandunganGlycyrrhiza Glabra (Licorice), Panthenol, Ceramide, Hydrogenated Lecithin
Isi50 ml
Kisaran hargaRp1.400.000

8. Isntree EGF Repair Ampoule

Isntree EGF Repair Ampoule

Formula penghilang wrinkle dan penguat barrier kulit

Tidak main-main, Isntree memenuhi formulanya dengan 87% centella asiatica yang telah terbukti secara klinis dan dermatologis mengurangi wrinkle, memperbaiki kerusakan kulit, dan memperkuat skin barrier. Tentu saja, serum wajah ini berperan optimal sebagai skin aging care.

Di samping meningkatkan kualitas kulit dengan melembapkan dan mengirimkan berbagai nutrisi penting, serum ini dapat pula Anda andalkan untuk menenangkan kulit yang teriritasi. Mengaplikasikan serum ini begitu mudah berkat formula yang ringan serta teksturnya yang mudah menyebar dan meresap ke lapisan kulit.

KandunganAdenosine, Panthenol, Centella Asiatica Extract, Sodium Hyaluronate
Berat17,5 gr
Kisaran hargaRp350.000

9. Drunk Elephant T.L.C. Framboos Glycolic Night Serum

Drunk Elephant TLC Framboos Glycolic Night Serum

100% bebas minyak esensial, silikon, dan pewangi

Serum besutan Drunk Elephant ini hadir dalam dua ukuran varian, yakni 30 ml dan 50 ml. Apabila Anda memiliki rangkaian produk skin care tambahan, serum AHA dan BHA ini bertindak menyiapkan kulit untuk memudahkan penyerapan optimal dari produk lain yang diaplikasikan setelahnya.

Untuk fungsinya sendiri, Drunk Elephant mengklaim serum wajah ini mampu menghasilkan kulit halus dan bercahaya dengan cara mengelupas sel kulit mati secara lembut. Bukan cuma itu, penampilan pori-pori yang terbuka, wajah berminyak, dan bentuk penuaan pun akan berkurang secara dramatis apabila rutin mengaplikasikan serum ini setiap malam.

KandunganGlycolic Acid, Citric Acid, Lactic Acid, Salicylic Acid, Vitis Vinifera (Grape) Juice Extract, Glycerin, Camellia Sinensis Leaf Extract, Allantoin
Isi30 ml
Kisaran hargaRp1.181.000

10. Innisfree Soybean Energy Essence

Innisfree Soybean Energy Essence

Formula minimalis untuk menciptakan kulit mulus dan terlindungi

Produk satu ini kami rekomendasikan untuk Anda yang ingin memperbaiki vitalitas kulit sekaligus mencerahkannya. Tekstur kulit yang tidak rata juga mampu ditangani dengan baik oleh serum keluaran Innisfree satu ini. Pasalnya, serum berikut mengandung formula 90% fermentasi soybean untuk merawat kuit rusak akibat pengaruh buruk eksternal serta melindunginya.

Innisfree Soybean Energy Essence mempunyai tekstur lembut namun rich, sehingga tetap nyaman selama bekerja di kulit wajah. Anda yang kesehariannya banyak beraktivitas di luar ruangan perlu menjaga tekstur kulit tetap halus dan terlihat cerah dengan bantuan serum ini. Tak perlu khawatir akan efek samping merugikan karena serum ini tidak mengandung zat iritatif apa pun.

KandunganAdenosine, Arbutin, Ethylhexylglycerin, Hydroxypropyl Cyclodextrin
Isi150 ml
Kisaran hargaRp520.000

Perawatan Tambahan untuk Memelihara Kulit Wajah di Usia 40-an

Perawatan Tambahan untuk Memelihara Kulit di Usia 40 an

Sewaktu memasuki usia 40-an, serangkaian perawatan kulit adalah hal penting untuk dilakukan. Selain menggunakan serum wajah, Anda perlu melaksanakan beberapa bentuk treatment lain untuk memelihara kulit tetap sehat dan segar. Apa saja contohnya?

  • Melakukan Eksfoliasi. Usia 40 tahun ke atas menyebabkan proses regenerasi sel kulit semakin lambat. Oleh karena itu, kulit akan terlihat kusam akibat tumpukan sel kulit mati. Dengan melakukan exfoliating lebih sering dibandingkan saat Anda berusia 20 atau 30-an, tentunya kulit tetap terlihat glowing. Anda bisa mencari produk face scrub yang mengandung retinol, peptides, dan vitamin C untuk membantu mengelupas sel kulit mati ini.
  • Perbanyak Konsumsi Cairan. Meminum banyak air akan membantu menormalkan fungsi organ, meningkatkan energi, dan mempertahankan kelembapan kulit secara internal. Seiring bertambahnya usia, kulit pun tidak mampu mengunci kelembapan sebagaimana di dekade sebelumnya.
  • Rutin Menggunakan Sunscreen. Tabir surya, sunblock, atau suncreen sangat penting sebagai pertahanan utama dari luar kulit. Bahkan, ketika kita tidak disiplin menggunakan sunscreen, maka efektivitas perawatan kulit lain seperti chemical atau physical exfoliating akan berkurang. Jangan lupa juga untuk menggunakan sunscreen hingga area leher, ya!
  • Tidur Cukup. Semakin bertambahnya usia, sangat penting memenuhi kebutuhan jam tidur tubuh. Selain mencukupi berdasarkan waktunya, pastikan juga untuk tidur nyenyak dan berkualitas agar fungsi otak terjaga normal dan kulit tetap sehat. Sebaliknya, ketika tubuh kekurangan tidur, maka kolagen semakin sedikit diproduksi yang mana mendukung pembentukan kerutan dan aging spot lain di wajah.

Selain keempat perawatan sederhana tersebut, perlu juga diingat bagi Anda yang ingin mengaplikasikan skin care lain agar mengutamakan produk berkomposisikan pelembap dan antioksidan. Kedua komponen ini memainkan peran vital di segala usia dalam melawan efek radikal bebas yang merusak kulit.

Lihat juga rekomendasi serum wajah terbaik lainnya!

Bagi Anda yang memerlukan serum untuk memutihkan wajah, pilihlah produk yang mengandung bahan pencerah di dalamnya. Begitu pula ketika Anda bermaksud membeli serum dengan fungsi pengecil pori, sangat penting memilih produk berkandungan oil control.

Berikut ini kami pilihkan produk face serum dengan kinerja spesifik, entah itu mencerahkan wajah atau mengecilkan pori-pori. Anda juga bisa memilih serum berdasarkan tipe kulit. Ketahui selengkapnya dengan membaca salah satu ulasan berikut. Pilih berdasarkan kebutuhan, ya!

Kesimpulan

Apa tanggapan Anda setelah menengok ke-10 serum wajah anti-aging di atas? Kami harap Anda menemukan produk yang cocok dengan kebutuhan! Tanda penuaan perlu ditangani dengan tepat dan benar. Maka dari itu, penting memilih produk yang bekerja spesifik mengatasi tanda-tanda penuaan yang Anda alami.

Di samping mengaplikasikan face serum secara rutin, kulit wajah di usia 40-an juga butuh extra treatment supaya kondisinya tetap terpelihara. Lakukanlah beberapa bentuk perawatan tambahan, mulai dari memenuhi cairan tubuh, tidur cukup, dan lain sebagainya. Semoga artikel ini bermanfat, dan … best of luck!

(Visited 9.006 times, 91 visits today)