Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Sabun Wajah untuk Usia 40-an Terbaik

Saat usia menginjak 40-an tahun, Anda mulai mengalami berbagai masalah kulit, terutama di wajah Anda. Kulit kering, kusam, bintik hitam, dan garis halus tanda penuaan mulai tampak. Untuk meminimalisir masalah kulit tersebut, Anda memerlukan produk perawatan kulit yang tepat. Salah satunya adalah sabun pembersih wajah yang khusus untuk seusia Anda.

Bioderma, Dove, dan Innisfree adalah sedikit contoh produk sabun wajah yang bisa Anda dapatkan di pasaran. Tidak hanya ketiga merek tersebut, di artikel ini kami juga akan merekomendasikan produk sabun wajah untuk usia 40-an lainnya. Namun sebelumnya, Anda perlu mengetahui cara memilih sabun wajah yang sesuai untuk Anda. Ikuti terus uraian di artikel ini, ya!

blank

Cara Memilih Sabun Wajah untuk Usia 40-an

Untuk usia 40-an, sebaiknya gunakan sabun wajah yang lembut dan ringan serta mengandung pelembap dan formula anti-aging. Jadi, selain dapat mengangkat kotoran dan sisa riasan, sabun tersebut juga dapat memberi kelembapan dan menambah kekenyalan kulit Anda.

Lalu, bagaimana cara memilih sabun wajah yang sesuai? Kami akan membahasnya satu per satu di bagian selanjutnya.

Pilih Bentuk Sabun sesuai Jenis Kulit Anda

Umumnya, di usia 40-an orang memiliki kulit kering. Namun, tidak menutup kemungkinan jika kulit mereka juga ada yang sangat berminyak atau cenderung mudah berjerawat dan sensitif. Sabun wajah terdiri dari berbagai bentuk yang dibuat untuk jenis-jenis kulit yang berbeda. Jadi, pilihlah bentuk sabun yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Untuk Kulit Berminyak atau Kombinasi, Pilih Bentuk Gel atau Foam dengan Fungsi Eksfoliasi

blank

Bila Anda memiliki kulit berminyak atau kombinasi, disarankan menggunakan pembersih wajah yang dapat menghilangkan minyak berlebih dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Anda dapat memilih pembersih wajah berbentuk gel atau foam dengan fungsi eksfoliasi untuk menghilangkan pori-pori yang tersumbat kotoran.

Pembersih berbentuk gel dirancang untuk pembersihan secara mendalam, biasanya akan dengan mudah menghilangkan sisa riasan tipis, membuat kulit terasa segar. Sedangkan pembersih berbentuk foam efektif untuk menghilangkan sisa riasan secara menyeluruh dan membuat kulit terasa lembut.

Untuk Kulit Kering dan Sensitif, Pilih Bentuk Cream yang Mampu Menghidrasi

blank

Bagi pemilik kulit kering dan sensitif, Anda perlu memilih pembersih wajah yang mengandung bahan pelembap seperti minyak nabati. Fungsinya adalah membersihkan kulit wajah tanpa menghilangkan minyak alaminya, bahkan memberikan kelembapan serta menghidrasi kulit.

Pembersih wajah untuk kulit kering dan sensitif biasanya berbentuk cream, susu, atau losion. Teksturnya yang lembut akan membersihkan kulit sambil memberikan tabir hidrasi yang hilang selama proses pembersihan. Jenis pembersih ini dapat menghilangkan sisa riasan, tetapi Anda tetap memerlukan produk penghapus riasan terpisah untuk hasil yang lebih sempurna dan tahan lama.

Pilih Kemasan Produk yang Cocok untuk Kebutuhan Anda

blank

Sabun pembersih wajah dikemas dalam beberapa macam kemasan, tergantung dengan bentuk produknya. Sabun pembersih yang berbentuk cream biasanya dikemas dalam tube atau pump bottle. Anda dapat memilih kemasan tube agar lebih praktis dan mudah dibawa, sedangkan pump bottle dapat dipilih karena lebih higienis dan tahan lama.

Jika Anda ingin produk yang ramah lingkungan, maka kemasan sabun batang adalah pilihan yang terbaik. Umumnya, bahan kemasannya terbuat dari kertas dan karton yang lebih mudah terurai di tempat sampah daripada kemasan plastik. Nah, manakah kemasan yang paling cocok untuk Anda?

Cegah Kekeringan dengan Sabun yang Mengandung Ekstra Pelembab

blank

Memasuki usia 40-an, kulit kehilangan kemampuannya untuk menahan air sehingga cenderung menjadi kering. Agar kulit Anda terjaga kelembapannya, pilihlah sabun yang lembut dengan pelembab ekstra. Sabun yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit adalah sabun yang mengandung bahan ceramide, gliserin, dan vitamin E.

Kandungan ceramide dalam sabun wajah berfungsi untuk mempertahankan kelembapan, sedangkan kandungan gliserin berfungsi menarik air dari lapisan terdalam kulit. Sementara vitamin E juga berfungsi menambah kelembapan kulit.

Pilih Produk dengan Bahan Anti-Aging untuk Mengatasi Kerutan dan Kulit Kendur

blank

Memasuki usia 40 (menopause), kulit dengan cepat kehilangan kolagen, sehingga menyebabkan elastisitasnya berkurang dan mulai kendur. Ketika kulit menurun atau kendur, maka tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan akan terlihat.

Untuk mengatasinya, gunakan sabun yang mengandung niacinamide atau hyaluronic acid yang berfungsi menyamarkan tanda-tanda penuaan tersebut sekaligus menjaga kelembapan kulit. Anda dapat memilih sabun dengan formula ringan yang mengandung bahan-bahan anti-aging.

Khusus Kulit Berminyak atau Rentan Berjerawat, Pilih yang Mengandung AHA dan BHA

blank

Sebagian wanita mengalami jerawat di usia 40-an, yang disebabkan oleh fluktuasi hormon yang tidak menentu. Dalam mengatasi jerawat, Anda bisa memilih sabun dengan kandungan AHA atau BHA (asam salisilat) untuk eksfoliasi dan membuka pori-pori kulit.

Kegunaan AHA dan BHA di antaranya adalah mengangkat sel kulit mati, meratakan warna kulit, memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan, mencegah jerawat, mengurangi munculnya pori-pori besar dan kerutan, serta mengurangi peradangan.

Pertimbangkan juga Bahan Antioksidan untuk Mengurangi Bintik Hitam pada Kulit

blank

Paparan sinar matahari atau polusi pada kulit yang tidak terlindungi dapat mengakibatkan kulit rusak. Pada usia 40-an, kerusakan akan benar-benar terlihat, seperti warna kulit pucat, bintik-bintik hitam, serta garis-garis halus, dan kerutan. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda memerlukan produk yang mengandung bahan antioksidan (vitamin C dan UV-protection).

Sebagai antioksidan, vitamin dapat membantu menetralkan radikal bebas yang merusak kulit serta membantu memudarkan bintik-bintik hitam dan perubahan warna pada kulit. Selain itu, zat antioksidan juga dapat membantu menstimulasi produksi kolagen dalam kulit dan menjaga kulit tetap kenyal.

Pilih Produk yang Bebas Pewangi jika Kulit Anda Mudah Iritasi

blank

Saat memasuki usia 40 tahun, tingkat pH kulit seseorang akan berubah. Kulit cenderung menjadi lebih sensitif dan mudah mengalami ruam atau iritasi. Oleh karena itu, pilihlah pembersih wajah yang bebas pewangi untuk mengurangi iritasi.

Gunakanlah pembersih wajah organik agar lebih aman, terutama bila Anda memiliki kulit yang sangat sensitif. Jika kulit semakin kering dan semakin mudah iritasi, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kulit bersertifikat.

10 Rekomendasi Sabun Wajah untuk Usia 40-an Terbaik

Setelah mengetahui cara memilih sabun wajah yang tepat, kini saatnya memilih produk yang cocok. Anda bisa memilih salah satu dari sepuluh produk sabun wajah untuk usia 40-an terbaik yang kami rekomendasikan berikut ini!

1. Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash

blank

Sumber: Rohto.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Membersihkan sekaligus mempertahankan kelembapan kulit

Jika selama ini sabun wajah dianggap dapat membuat wajah menjadi kering, tidak demikian halnya dengan Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash. Sabun pembersih wajah ini mampu membersihkan wajah dengan mengangkat kotoran dan minyak sekaligus memberikan kelembapan pada kulit.

Dengan kandungan 2 jenis Hyaluronic Acid dan pH yang sesuai dengan kulit, sabun wajah dari Jepang ini tidak membuat wajah menjadi kering. Memiliki tingkat iritasi rendah karena mengandung mineral oil dan etanol, produk ini cocok untuk kulit kering.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Harganya terjangkau.
  • Dapat melembapkan sekaligus membersihkan kotoran dan minyak, serta tidak membuat kulit seperti ditarik.
  • Memiliki tingkat iritasi yang rendah, pH level 5.5.
  • Tidak mengandung pewangi, pewarna, dan alkohol.
  • Mengandung 2 jenis hyaluronic acid: improved hyaluronic acid dan hyaluronic acid derivative (hydroxypropyltrimonium hyaluronate).
  • Mengandung AHA (citric acid) untuk anti-aging.

3 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Agak sulit dibersihkan, terkesan licin di wajah.
  • Mengandung stearic acid yang dapat memicu jerawat pada kulit sensitif.
  • Masih mengandung paraben yang tidak cocok untuk kulit sensitif.
Tekstur Cream, foam
Tipe kulit Kulit kering dan kombinasi
Fokus produk Kulit kusam dan kulit kering
Manfaat Membersihkan dan melembabkan kulit
Bahan utama Double hyaluronic acid, glycerin, sodium cocoyl glycinate, citric acid, dll
Bebas pewangi Iya
Kemasan dan volume Tube (50g dan 100g)
Kisaran harga Rp25.000 – Rp40.000

2. Bioderma Sensibio Gel Moussant

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Tekstur gelnya yang sejuk membersihkan dan memperbaiki lapisan kulit

Bagi Anda pemilik kulit sensitif, Anda membutuhkan pembersih wajah yang lembut dan melembapkan, serta memberi rasa nyaman pada kulit. Anda perlu mencoba Bioderma Sensibio Gel Moussant, pembersih wajah yang berbentuk gel tanpa pewangi, yang dapat membersihkan dan menghidrasi kulit secara alami.

Tidak hanya melembapkan, produk ini juga diperkaya dengan bahan aktif yang dapat meniru struktur kulit dan memperbaiki lapisan kulit. Gunakan pembersih wajah ini setiap hari untuk menghilangkan riasan wajah, kulit Anda akan lebih tenang, tampak lebih segar, dan awet muda.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Sangat baik bagi kulit wajah dan sekitar mata yang sensitif.
  • Mengandung bahan yang dapat membantu melembabkan serta memperbaiki lapisan kulit.
  • Teksturnya menarik, berbentuk gel namun berbusa saat bersentuhan dengan air.
  • Kekuatan pembersihan yang lembut, tidak membuat kulit jadi kering, kesat, ataupun terasa ditarik.
  • Kemasannya besar jadi bisa digunakan untuk waktu lama.
  • Mengandung dua anti-aging, yaitu vitamin E dan citric acid.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya sedikit mahal.
  • Terasa licin di kulit, sehingga tampak kurang bersih saat dibasuh air.
Tekstur Foaming gel
Tipe kulit Kulit kering, kulit sensitif
Fokus produk Kulit sensitif
Manfaat Membersihkan, melembabkan, dan menenangkan kulit
Bahan utama Citric acid, coco-glucoside, glyceryl oleate, dll.
Bebas pewangi Iya
Kemasan dan volume Tube (40ml dan 100ml), pump bottle (200ml)
Kisaran harga Rp50.000 – Rp259.000

3. Dove White Beauty Bar with Deep Moisture

blank

Sumber: Dove.com

Mengandung ¼ moisturising cream untuk kulit halus, lembut, dan sehat

Produk ini mengunggulkan kandungan moisturising cream-nya yang tinggi serta diperkaya dengan pembersih yang lembut. Dengan gabungan kandungan tersebut, sabun Dove White Beauty akan menutrisi kulit agar lebih halus, lembut, dan sehat ternutrisi.

Sabun Dove bukan sabun biasa, melainkan sabun kecantikan yang direkomendasikan oleh dermatolog, yang tidak akan membuat kulit Anda kering dan kaku. Formulanya aman untuk digunakan sehari-hari pada wajah, tubuh, dan tangan Anda.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Harganya terjangkau dan gampang didapatkan.
  • Mengandung formula pelembap klasik yang tidak membuat kulit kering dan kaku seperti sabun batang lainnya.
  • Busanya lembut, dengan ¼ moisturising cream yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit.
  • Aman dan mudah digunakan untuk sehari-hari pada wajah, tubuh, dan tangan.
  • Dapat membersihkan, menghaluskan, dan menutrisi kulit secara efektif.
  • Mengandung UV protection (titanium dioxide)

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Aromanya menyenangkan, namun terlalu kuat hingga bisa memenuhi seluruh ruangan.
  • Tidak begitu melembapkan jika dibandingkan dengan sabun cair.
Tekstur Batang padat
Tipe kulit Semua jenis kulit (terutama kulit kering dan sensitif)
Fokus produk Kulit kusam, kulit kering
Manfaat Membersihkan, melembabkan, menghaluskan, dan menutrisi kulit
Bahan utama Sodium lauroyl isethionate, stearic acid, sodium palmitate, lauric acid, dll
Bebas pewangi Tidak
Kemasan dan volume Box karton (90g)
Kisaran harga Rp7.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

4. Whitelab Brightening Facial Wash

Cek harga di ShopeeCek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Mengatasi masalah kulit dan meningkatkan elastisitasnya

Anda mengalami masalah jerawat atau noda hitam pada kulit wajah? Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan Whitelab Brightening Facial Wash, sebuah inovasi gabungan antara niacinamide dan kolagen yang dapat mengatasi masalah kulit seperti jerawat, noda hitam, dan kulit kusam.

Selain mencerahkan dan melembapkan kulit, sabun pembersih wajah ini dapat meningkatkan elastisitas kulit sehingga dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dini pada wajah. Dengan begitu, kulit Anda akan terlihat lebih halus dan segar.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Dapat mencerahkan, membersihkan, sekaligus mengangkat minyak berlebih pada wajah.
  • Menjadikan kulit lebih halus, segar, dan tidak kusam.
  • Mengandung niacinamide dan collagen yang dapat mencerahkan sekaligus mengatasi masalah penuaan.
  • Mengandung ekstak daun licorice yang dapat memerangi jerawat.
  • Cocok untuk semua jenis kulit.
  • Sudah lulus uji BPOM dan dermatology tested.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Mengandung sulfat.
  • Ada kemungkinan bisa memicu jerawat dan comedogenic.
Tekstur Cream, foam
Tipe kulit Semua jenis kulit
Fokus produk Anti-aging, kulit kering, kulit kurang kencang/elastis, kulit kusam
Manfaat Mencerahkan dan melembabkan kulit, menyamarkan noda hitam, mengatasi jerawat, meningkatkan elastisitas dan mencegah tanda penuaan kulit.
Bahan utama Niacinamide, collagen, glycyrrhiza glabra (licorice) leaf extract, dll
Bebas pewangi Tidak
Kemasan dan volume Tube (100g)
Kisaran harga Rp37.000

5. La Roche Posay Toleriane Hydrating Cleanser

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Bukalapak

Krimnya yang lembut mengangkat kotoran sekaligus menjaga kelembapan kulit wajah

Memiliki kulit normal bukan berarti Anda bebas dari masalah kulit, terutama saat Anda memasuki usia 40-an. Anda tetap perlu membersihkan kulit wajah Anda dari kotoran atau sisa riasan wajah. Gunakan pembersih wajah harian yang lembut untuk mengangkat kotoran serta melembapkan, sehingga kulit terasa lebih segar dan nyaman.

La Roche Posay Toleriane Hydrating Cleanser tidak hanya untuk kulit normal, tetapi juga untuk kulit kering yang perlu mempertahankan kelembapan esensialnya. Dengan kandungan Prebiotic Thermal Water, Ceramide-3, Niacinamide & Glycerin, produk ini akan membuat kulit Anda terhidrasi dan terjaga kelembapannya.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Bekerja dengan aksi ganda, membersihkan kotoran di wajah sekaligus mempertahankan pH kulit.
  • Teruji dermatolog, bebas paraben, wewangian dan minyak (non-comedogenic).
  • Mengandung minimal ingredient, sehingga baik untuk kulit sensitif.
  • Mengandung 3 anti-aging: niacinamide, ceramide, tocopherol (vitamin E).
  • Mengandung panthenol (vitamin B5) yang dapat menenangkan kulit, cocok untuk kulit kering.
  • Kemasannya besar, bisa untuk jangka waktu lama.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Ada kemungkinan menyebabkan sensasi terbakar untuk kulit yang terlalu sensitif.
  • Harganya mahal.
Tekstur Cream
Tipe kulit Kulit normal, kulit kering, dan kulit sensitif
Fokus produk Kulit kering, anti-aging
Manfaat Membersihkan dan melembabkan kulit
Bahan utama Ceramide-3, niacinamide, glycerin, La Roche-Posay prebiotic thermal water, dll
Bebas pewangi Iya
Kemasan dan volume Tube (200ml), pump bottle (400ml)
Kisaran harga Rp319.000 – Rp525.000

6. Nature Republic Snail Solution Foam

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Bukalapak

Meningkatkan regenerasi sel kulit dan memperkuat skin barrier

Pembersih wajah yang satu ini diformulasikan untuk dapat mengangkat sel kulit mati dan meningkatkan regenerasi sel kulit. Ekstrak vanilanya berfungsi untuk mencerahkan kulit dan memperkuat skin barrier dari pengaruh polusi lingkungan atau tanda-tanda penuaan.

Nature Republic Snail Solution Foam adalah pilihan tepat untuk menyamarkan bekas jerawat atau flek hitam di wajah Anda. Selain melembapkan, produk ini akan membuat kulit Anda tampak lebih cerah, lembut, halus, dan awet muda.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Dapat mengurangi bekas jerawat dan flek hitam (efek anti-penuaan).
  • Dibuat dengan lendir (mucin) siput berkualitas, yang di dalamnya terdapat asam hyaluronic, enzim serta peptida yang dapat mengangkat sel kulit mati, mengurangi kemerahan dan peradangan, serta meningkatkan regenerasi sel kulit.
  • Mengandung ekstrak vanilla yang dapat mencerahkan sekaligus memperkuat pelindung kulit (skin barrier).
  • Mengandung 3 anti-aging: filtrat sekresi siput, ceramide 3, dan tocopheryl acetate (vitamin E).
  • Dapat melembutkan, menghaluskan, dan menghidrasi kulit.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya mahal.
  • Aromanya tidak begitu menyenangkan, seperti bau obat jamu.
Tekstur Foam
Tipe kulit Semua jenis kulit
Fokus produk Anti-aging, kulit kurang kencang/elastis, kulit kusam, kulit berjerawat
Manfaat Mencerahkan, menghaluskan, dan melembabkan kulit, mengurangi jerawat dan tanda-tanda penuaan.
Bahan utama Enzymes, peptides, hyaluronic-acid, dll
Bebas pewangi Tidak
Kemasan dan volume Tube (150ml)
Kisaran harga Rp179.000

7. Innisfree Jeju Pomegranate Foam Cleanser

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Bukalapak

Kaya antioksidan untuk menjaga kondisi kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan

Buah delima dikenal berkhasiat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wanita, sehingga kulit lebih sehat dan cerah. Innisfree menciptakan Jeju Pomegranate Foam Cleanser yang mengandung ekstrak buah dan minyak biji delima segar, kaya akan antioksidan dengan segala manfaatnya.

Selain dapat memberi kecerahan pada kulit dari dalam dan luar, pembersih wajah ini juga dapat menjaga kondisi kulit dari tanda-tanda awal penuaan, seperti titik-titik gelap dan garis-garis halus. Sehingga, kulit Anda akan tampak lebih muda dan sehat.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Menawarkan double glowing effect (sehat dan bercahaya) karena mengandung ekstrak buah dan minyak biji delima Jeju.
  • Dapat menghilangkan kotoran yang tersangkut dalam pori-pori dan menyegarkan kulit tanpa rasa tertarik, kulit terasa lebih halus dan lembab.
  • Mengandung UV protection (titanium dioxide) dan sodium hyaluronate untuk memperbaiki dan mencegah tanda-tanda penuaan dari awal.
  • Teksturnya kental seperti jelly, sehingga hanya perlu sedikit diaplikasikan dan bisa bertahan lama (sekitar 5 bulan).
  • Bagus untuk kulit sensitif dan dapat mengurangi komedo.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Mengandung alkohol dan parfum, yang mungkin kurang cocok bagi kulit sensitif.
  • Harganya agak mahal.
Tekstur Foam
Tipe kulit Semua jenis kulit
Fokus produk Anti-aging, kulit kering, kulit kusam
Manfaat Mencerahkan, menyehatkan, dan melembabkan kulit, memperbaiki tanda-tanda penuaan.
Bahan utama Punica granatum seed oil and fruit extract, titanium dioxide, sodium hyaluronate, dll
Bebas pewangi Tidak
Kemasan dan volume Tube (150ml)
Kisaran harga Rp180.000

8. Mineral Botanica Age Defying Facial Wash

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Menjaga keremajaan kulit dengan formula ringan dan tekstur lembut

Memiliki kandungan kolagen, ekstrak licorice, dan ekstrak lidah buaya, Mineral Botanica Age Defying Facial Wash merupakan pembersih wajah bertekstur lembut yang tidak membuat kulit terasa kering, tetapi justru menambah kelembapan dan elastisitas kulit wajah, menjaga keremajaan kulit, serta mengurangi keriput.

Produk ini dilengkapi juga dengan kandungan Hyaluronic Acid yang dapat membantu mencegah penuaan dan melawan kerusakan akibat radikal bebas, glycerin yang akan membuat kulit terasa lembut dan terawat, serta allantoin yang berfungsi meredakan kemerahan atau iritasi pada kulit wajah.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Harganya terjangkau.
  • Formulanya ringan, mampu mengangkat kotoran tanpa membuat kulit terasa kering.
  • Cocok untuk semua jenis kulit.
  • Mengandung ekstrak licorice serta aloe vera yang dapat menjaga kelembaban dan elastisitas kulit.
  • Mengandung collagen dan hyaluronic acid yang dapat mencerahkan sekaligus menyamarkan kerutan halus pada wajah.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Produk susah didapat (hanya tersedia online).
Tekstur Gel, cair
Tipe kulit Kulit Kering, kulit normal, kulit sensitif
Fokus produk Anti-aging, kulit keriput, kulit kurang kencang/elastis
Manfaat Membersihkan, melembabkan, dan mengurangi kerutan pada kulit
Bahan utama Collagen, hyaluronic acid, allantoin, vitamin C, niacinamide, dll
Bebas pewangi Tidak
Kemasan dan volume Botol (100ml)
Kisaran harga Rp39.900

9. DR. JART+ Dermaclear Micro Foam

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Bukalapak

Membersihkan kotoran pada kulit wajah secara mendalam dengan 4 macam ramuan herba

Jika Anda mencari produk yang berbahan alami, Dermaclear Micro Foam adalah jawabannya. Mengandung garam dari Laut Mati yang kaya mineral serta air kelapa, pembersih wajah ini dapat melembutkan serta membersihkan kulit secara mendalam.

Pembersih wajah keluaran Dr. Jart ini berbentuk busa mikro yang creamy dan menyegarkan dan mampu membersihkan kulit dan pori-pori dari kotoran, minyak, dan sisa riasan tanpa membuat kulit Anda kering. Hasilnya, kulit Anda akan lebih bersih, lembut, dan nyaman.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Dapat membersihkan kotoran dan minyak di wajah tanpa membuatnya kering.
  • Termasuk produk hipoalergenik (bebas paraben, sulfat, dan phthalates). Jadi bisa dipakai untuk kulit sensitif, penderita eczema dan psoriasis.
  • Foam-nya lembut dan menyegarkan, dengan kandungan hydrogen bio water yang bisa menarik kotoran hingga ke dalam kulit.
  • Mengandung empat macam herbal yang dapat menenangkan kulit.
  • Wangi aroma kelapa yang lembut.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Meninggalkan residu atau terkesan licin saat dibilas, terutama jika dipakai dalam jumlah berlebih.
  • Agak kurang cocok untuk jenis kulit kombinasi berminyak.
Tekstur Foam
Tipe kulit Semua jenis kulit (terutama kulit sensitif)
Fokus produk Kulit berminyak, kulit kusam
Manfaat Membersihkan dan melembabkan kulit, eksfoliasi kulit
Bahan utama Hydrogen bio water, coconut water, myristic acid, sorbitol, glycerin, dll
Bebas pewangi Tidak
Kemasan dan volume Tube (120ml)
Kisaran harga Rp235.000

10. Wardah Renew You Anti Aging Facial Wash

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Gel bening untuk kulit wajah bersih, segar, dan lembut

Bagi Anda yang memiliki kulit normal cenderung berminyak, Wardah Renew You Anti Aging Facial Wash adalah pilihan yang tepat untuk membersihkan wajah Anda. Memiliki tekstur gel bening yang wangi dengan non-soap formula, produk ini akan membuat wajah menjadi lembap dan lebih kencang namun kulit tetap rileks.

Diperkaya dengan AHA yang bantu menyegarkan dan mencerahkan kulit, produk ini selain dapat mengangkat kotoran dan minyak berlebih, mengangkat sel kulit mati, serta mengurangi kerutan. Rasakan kulit yang lembut dan nyaman setelah Anda menggunakannya.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Harganya terjangkau.
  • Formulanya lembut dan nyaman, tidak membuat kulit terasa ditarik (kaku).
  • Mengandung natural AHA, yang dapat mencerahkan dan membersihkan kulit.
  • Dapat melembapkan dan menyamarkan garis halus di wajah.
  • Sensasi wanginya pas.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Ada kandungan SLS yang mungkin kurang cocok bagi kulit sangat sensitif.
  • Kemasan tube-nya tidak cocok dengan bahan gel cair, sehingga sekali tekan bisa keluar banyak isinya.
Tekstur Gel, cair
Tipe kulit Kulit normal
Fokus produk Anti-aging, kulit keriput, kulit kurang kencang/elastis
Manfaat Membersihkan, melembabkan, dan mencerahkan kulit, eksfoliasi kulit
Bahan utama Glycerin, glycolic acid, salicylic acid, bilberry fruit/leaf extract, saccharum officinarum (sugar cane) extract, dll
Bebas pewangi Tidak
Kemasan dan volume Tube (100ml)
Kisaran harga Rp33.500

Tabel Perbandingan Sabun Wajah untuk Usia 40-an

Produk Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash Bioderma Sensibio Gel Moussant Dove White Beauty Bar with Deep Moisture Whitelab Brightening Facial Wash La Roche Posay Toleriane Hydrating Cleanser Nature Republic Snail Solution Foam Innisfree Jeju Pomegranate Foam Cleanser Mineral Botanica Age Defying Facial Wash DR. JART+ Dermaclear Micro Foam Wardah Renew You Anti Aging Facial Wash
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Tekstur Cream, foam Foaming gel Batang padat Cream, foam Cream Foam Foam Gel, cair Foam Gel, cair
Tipe kulit Kulit kering dan kombinasi Kulit kering, kulit sensitif Semua jenis kulit (terutama kulit kering dan sensitif) Semua jenis kulit Kulit normal, kulit kering, dan kulit sensitif Semua jenis kulit Semua jenis kulit Kulit Kering, kulit normal, kulit sensitif Semua jenis kulit (terutama kulit sensitif) Kulit normal
Fokus produk Kulit kusam dan kulit kering Kulit sensitif Kulit kusam, kulit kering Anti-aging, kulit kering, kulit kurang kencang/elastis, kulit kusam Kulit kering, anti-aging Anti-aging, kulit kurang kencang/elastis, kulit kusam, kulit berjerawat Anti-aging, kulit kering, kulit kusam Anti-aging, kulit keriput, kulit kurang kencang/elastis Kulit berminyak, kulit kusam Anti-aging, kulit keriput, kulit kurang kencang/elastis
Manfaat Membersihkan dan melembabkan kulit Membersihkan, melembabkan, dan menenangkan kulit Membersihkan, melembabkan, menghaluskan, dan menutrisi kulit Mencerahkan dan melembabkan kulit, menyamarkan noda hitam, mengatasi jerawat, meningkatkan elastisitas dan mencegah tanda penuaan kulit. Membersihkan dan melembabkan kulit Mencerahkan, menghaluskan, dan melembabkan kulit, mengurangi jerawat dan tanda-tanda penuaan. Mencerahkan, menyehatkan, dan melembabkan kulit, memperbaiki tanda-tanda penuaan. Membersihkan, melembabkan, dan mengurangi kerutan pada kulit Membersihkan dan melembabkan kulit, eksfoliasi kulit Membersihkan, melembabkan, dan mencerahkan kulit, eksfoliasi kulit
Bahan utama Double hyaluronic acid, glycerin, sodium cocoyl glycinate, citric acid, dll Citric acid, coco-glucoside, glyceryl oleate, dll. Sodium lauroyl isethionate, stearic acid, sodium palmitate, lauric acid, dll Niacinamide, collagen, glycyrrhiza glabra (licorice) leaf extract, dll Ceramide-3, niacinamide, glycerin, La Roche-Posay prebiotic thermal water, dll Enzymes, peptides, hyaluronic-acid, dll Punica granatum seed oil and fruit extract, titanium dioxide, sodium hyaluronate, dll Collagen, hyaluronic acid, allantoin, vitamin C, niacinamide, dll Hydrogen bio water, coconut water, myristic acid, sorbitol, glycerin, dll Glycerin, glycolic acid, salicylic acid, bilberry fruit/leaf extract, saccharum officinarum (sugar cane) extract, dll
Bebas pewangi Iya Iya Tidak Tidak Iya Tidak Tidak Tidak Tidak Tidak
Kemasan dan volume Tube (50g dan 100g) Tube (40ml dan 100ml), pump bottle (200ml) Box karton (90g) Tube (100g) Tube (200ml), pump bottle (400ml) Tube (150ml) Tube (150ml) Botol (100ml) Tube (120ml) Tube (100ml)
Kisaran harga Rp25.000 – Rp40.000 Rp50.000 – Rp259.000 Rp7.000 Rp37.000 Rp319.000 – Rp525.000 Rp179.000 Rp180.000 Rp39.900 Rp235.000 Rp33.500
Periksa ketersediaan

Kesimpulan

Saat Anda memasuki usia 40-an, permasalahan kulit dan tanda-tanda awal penuaan tidak dapat dihindari. Selain karena faktor usia, polusi dan radiasi sinar matahari serta kotoran sisa riasan, juga mempengaruhi timbulnya berbagai masalah kulit wajah. Solusinya, Anda perlu melakukan perawatan wajah.

blank

Salah satu cara merawat kulit usia 40-an adalah dengan menggunakan sabun wajah yang cocok untuk seusia Anda. Pilihlah sabun wajah yang sesuai dengan kondisi kulit Anda dan gunakan produk itu secara tepat sesuai dengan anjuran agar mendapatkan hasil yang optimal. Senang rasanya bila memiliki wajah yang terlihat lebih muda daripada usia sebenarnya, ‘kan?!

Referensi

The Different Types of Face Cleansers, Decoded
https://www.dermstore.com/blog/different-types-of-cleansers/ diakses pada 24 Mei 2021

Which Type of Face Wash is Best for You?
https://www.paulaschoice.com/expert-advice/skincare-advice/cleansers/which-type-of-face-wash-is-best-for-you.html diakses pada 24 Mei 2021

Is Packaging Sabotaging Your Skin-Care Routine?
https://www.allure.com/gallery/best-packaging-to-preserve-skin-care-products diakses pada 24 Mei 2021

Caring for Your Skin in Menopause
https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/anti-aging/skin-care-during-menopause diakses pada 24 Mei 2021

A Complete Skin Care Guide for Your 40s, According to Dermatologists
https://www.today.com/shop/best-anti-aging-skin-care-products-40s-t188366 diakses pada 24 Mei 2021

Anti Aging Secrets for Women in Their 40s and Beyond
https://defenage.com/blog/anti-aging-secrets-for-women-in-their-40s-and-beyond.html diakses pada 24 Mei 2021

Derms Rank the 10 Most Effective Anti-Aging Ingredients for Your Skin
https://www.realsimple.com/beauty-fashion/skincare/anti-aging-ingredients-skincare diakses pada 24 Mei 2021

AHA vs. BHA: What’s the Difference?
https://www.healthline.com/health/aha-vs-bha diakses pada 24 Mei 2021

Eight Things to Consider When Buying a Face Cleanser
https://www.talentedladiesclub.com/articles/eight-things-to-consider-when-buying-a-face-cleanser/ diakses pada 24 Mei 2021

You may also like

Comments are closed.