Written by 11:19 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Essential Oil Diffuser Terbaik

Kepopuleran essential oil terus meningkat dari hari ke hari. Di samping penggunaannya sebagai minyak pijat atau oles, essential oil bisa juga menjadi aromaterapi untuk perbaiki mood, relaksasi pikiran, dan bahkan melegakan pernapasan. Akan tetapi, perlu alat penyebar aroma khusus minyak esensial berupa essential oil diffuser, atau sering juga disebut aroma diffuser.

Walau mempunyai kegunaan serupa, essential oil diffuser dibedakan menjadi beberapa tipe. Selain itu, ukuran, desain, dan sematan fitur boleh jadi membuat Anda bingung. Makannya, kami hendak memperkenalkan essential oil diffuser dari merek-merek terbaik seperti Stadler Form, InnoGear, dan Belli to Baby, beserta cara memilihnya. Yuk, ikuti terus pembahasannya!

Aroma Diffuser untuk Aromaterapi

Essential oil diffuser atau aroma diffuser  merupakan perangkat yang didesain untuk menyebarkan wewangian minyak esensial. Alat dengan fungsi aromaterapi ini bekerja mengubah cairan minyak esensial yang dimasukkan pada tangki atau wadah untuk kemudian disebar ke udara melalui berbagai metode, misalnya ultrasonik, pemanasan (heat diffuser), nebulizer, dan sebagainya.

Sebaran aroma minyak esensial yang terhirup akan dibaca oleh otak sebagai rangsangan untuk mengoperasikan sistem limbik. Sistem limbik bertugas mengatur fungsi denyut jantung, tekanan darah, keseimbangan hormon, ingatan, hingga emosi dan stres.

Semakin terpacu sistem limbik, maka seluruh aspek yang dipengaruhi oleh kinerjanya menjadi lebih rileks. Bahkan pada gilirannya, aromaterapi membantu sistem pernapasan bekerja lebih efisien sehingga Anda bisa bernapas lega. Semua manfaat ini hanya bisa Anda peroleh dengan memakai essential oil diffuser berkualitas. Jadi, mari pilih produk yang sekiranya paling sesuai untuk Anda!

Cara Memilih Essential Oil Diffuser

Secara garis besar, essential oil dibedakan menjadi 5 tipe, namun hanya tiga yang paling banyak dijumpai di pasaran. Selain memperhatikan tipe diffuser, Anda harus mengecek kemudahan perawatan, fitur, desain, dan perihal ukuran apakah diffuser mobile untuk dipindahkan atau tidak. Seluruhnya akan kami jelaskan di sini!

Ada 3 Tipe Diffuser Paling Umum, Pilihlah berdasarkan Cara Kerjanya

Seiring perkembangan, konsumen menuntut essential oil diffuser yang tidak hanya bekerja optimal, tetapi aman untuk pemakaian sehari-hari. Oleh sebab itu, Anda mungkin lebih jarang menemukan tipe diffuser yang menggunakan pemanas dari api, atau istilahnya heat diffuser, seperti lilin aromaterapi. Ada juga tipe ceramic diffuser yang mulai menurun popularitasnya.

Saat ini, lebih mudah bagi kita menemukan essential oil diffuser bertipe nebulizer, ultrasonic, atau reed. Ketiga tipe ini memiliki metode penyebaran aroma berbeda, termasuk juga keunggulan dan kelemahan yang menyertai. Supaya tidak keliru, sebaiknya Anda pahami dulu karakteristik di antara ketiga tipe diffuser ini. Yuk, simak ulasannya!

Tipe Nebulizing Diffuser: Efek Terapeuretik Optimal tanpa Adanya Pemanasan

Nebulizing diffuser adalah istilah yang merujuk pada essential oil diffuser dengan metode penyebaran aroma tanpa pemanasan, baik dengan api lilin maupun secara elektrik. Di Indonesia dan beberapa negara lain, tipe ini dikenal masyarakat dengan sebutan lain nebulizer, vaporizer, atau atomizing diffuser.

Tipe ini dipersenjatai mesin yang beroperasi memecah molekul essential oil menjadi lebih kecil. Karena sistem kerja seperti ini, nebulizing diffuser akan cocok untuk Anda yang menginginkan terapi aroma dengan manfaat optimal. Berhubung tipe ini jarang melibatkan campuran air, mungkin butuh dana cukup besar agar Anda bisa terus mengunakannya.

Selain itu, essential oil diffuser tipe satu ini mungkin kurang cocok ditempatkan di kamar tidur Anda atau kamar anak-anak sebab suara motornya cukup mengganggu. Walau demikian, Anda tetap bisa menyiapkan ruangan untuk menikmati sensasi terapeutik. Rata-rata nebulizing diffuser sanggup menyebarkan aroma berjam-jam setelah alat beroperasi setidaknya 15 – 30 menit.

Tipe Ultrasonic Diffuser: Biasanya Dibekali Fungsi Ganda sebagai Diffuser dan Humidifier

Dari dua tipe essential oil diffuser lain, tipe inilah yang paling banyak diproduksi, sehingga kepopulerannya pun terus mencuat. Sesuai namanya, ultrasonic diffuser bekerja menyebarkan partikel halus minyak esensial dengan memanfaatkan getaran atau gelombang ultrasonik.

Essential oil diffuser tipe ultrasonik tidak menggunakan sistem pemanasan untuk menyebarkan aroma. Akan tetapi, produk model ini memadukan minyak esensial dengan air, sehingga kekuatan aromanya pun tidak sebaik tipe sebelumnya. Kendati begitu, produk ultrasonik lebih tenang dibandingkan nebulizing diffuser sehingga cocok diletakkan di kamar tidur atau ruang kerja.

Berhubung metode kerja alat yang memerlukan tambahan air, tipe ini kerap dibekali fungsi humidifier atau pelembap udara. Periksalah fungsi utama alat apabila Anda memilih ultrasonic diffuser. Biasanya alat dengan fungsi utama humidifier kurang optimal menghasilkan efek terapi. Selain itu, perlu Anda ingat juga bahwa tipe ini membutuhkan perawatan ekstra agar tidak cepat rusak.

Tipe Reed Diffuser: Selain Harum Menenangkan, Ruangan juga Terlihat Cantik

Alat diffuser ini tidak memerlukan tenaga listrik dari pusat daya maupun baterai. Reed diffuser adalah tipe paling sederhana dan bersifat konvensional. Jika essential oil diffuser tipe lain berupa peranti yang melibatkan kelistrikan, reed diffuser hanyalah stik dupa yang terbuat dari kayu rotan berpori.

Stik dupa ini dicelupkan pada wadah yang telah diisikan minyak esensial. Beberapa saat setelahnya pori-pori pada kayu rotan akan menyerap dan menyebarkan aroma esensial ke ruangan. Apabila Anda ingin menghemat budget sekaligus menyukai metode tradisional, kami rekomendasikan reed diffuser. Selain praktis guna, tipe ini juga mempecantik ruangan Anda karena desain wadahnya yang beragam.

Periksa Kemudahan dalam Merawat Diffuser sesuai Tipenya

Dibandingkan tipe reed dan nebulizing, ultrasonic diffuser yang paling manja soal perawatan. Hal ini karena tangki alat tidak hanya menampung essential oil, namun juga air sehingga berpotensi menumbuhkan jamur. Bagi Anda yang memilih tipe ini, gantilah air secara rutin setiap kali pemakaian dan jangan lupa untuk mengeringkan tangki minimal sebulan sekali.

Jika Anda ingin mengurangi frekuensi perawatan, pilihlah essential oil diffuser yang tidak menggunakan air. Meskipun tidak memerlukan perawatan khusus, aroma diffuser tetap perlu dijaga kebersihannya. Anda butuh alkohol murni atau etanol untuk membersihkan tangki dari sisa-sisa minyak. Tidak disarankan membersihkan essential oil diffuser menggunakan air dan sabun biasa.

Pilih Diffuser yang Dibekali Fitur Canggih Lainnya

Antara satu produk dengan yang lain, mungkin Anda takkan menemukan perbedaan mencolok dari segi metode kerja. Karena alasan ini pula setiap produsen menyematkan fitur-fitur tambahan untuk menambah daya tarik.

Umumnya, essential oil diffuser ditanamkan fitur pengatur waktu dan alarm. Namun belakangan, banyak produsen menambahkan fitur canggih lain. Sebaiknya Anda pilih aroma diffuser yang dilengkapi fungsi menarik lainnya. Berikut beberapa di antaranya!

Fitur Musik untuk Menambah Efek Relaksasi

Meski sangat opsional, tidak ada salahnya Anda pertimbangkan memilih essential oil diffuser dengan fitur musik. Jadi bukan sekadar aroma yang dapat mengurangi stres Anda, melainkan musik relaksasi atau musik favorit Anda juga bisa Anda putar untuk menambah ketenangan.

Untuk alat yang dibekali fitur musik biasanya tersemat speaker dengan ukuran variatif pada salah satu area. Jika Anda tertarik membeli essential oil diffuser berfitur musik, pastikan untuk menyiapkan budget lebih besar karena produk yang dipasarkan cenderung mahal.

Fitur Mode Lampu untuk Mengubah Ambience Ruangan

Yang tak kalah menarik dari essential oil diffuser adalah kemampuannya mengubah suasana ruangan. Beberapa produk dilengkapi lampu LED yang bisa diatur level pencahayaannya atau malah bisa berganti-ganti warna. Jika Anda memiliki warna favorit, tentu keberadaan lampu menjadi aspek yang akan Anda pertimbangkan.

Kami sarankan Anda memilih essential oil diffuser yang lampunya bisa berganti-ganti warna secara otomatis. Letakkanlah alat di dalam kamar tidur, sehingga Anda bisa menikmati ambience ruangan yang hangat sekaligus sensasi terapeutik dari sebaran aroma minyak esensial.

Fitur Timer atau Alarm supaya Anda Tidak Bangun Kesiangan

Dari sekian banyak fitur, bisa dibilang fitur pengatur waktu atau timer yang paling dijumpai pada essential oil diffuser. Dengan adanya fitur ini, Anda menyetel kapan alat akan menyala atau mengatur berapa lama alat beropasi, apakah untuk durasi tertentu atau terus-menerus.

Selain fungsi timer, essential oil diffuser dengan alarm akan membantu Anda bangu tepat waktu. Bila Anda termasuk sulit bangun dan enggan meletakkan smartphone di samping bantal, produk yang memiliki fitur alarm patut Anda pertimbangkan. Dengan demikian, tidur Anda lebih nyenyak, bangun pun on time!

Periksa Desain agar Cocok dengan Ruangan

Tak sebatas soal fitur, produsen pun menambah nilai jual produknya melalui aspek desain. Nampaknya ini penting untuk Anda perhatikan juga karena tentunya Anda ingin keberadaan essential oil diffuser sesuai dengan interior ruangan, bukan? Oleh sebab itu, pilihlah desain alat yang Anda suka.

Ada banyak variasi desain aroma diffuser, mulai dari gaya futuristik, minimalis, hingga desain yang tampak cantik dan unik tersedia. Bagaimana preferensi Anda soal gaya? Apa pun itu, prioritaskan esential oil diffuser yang desainnya match dengan ruangan tempat alat tersebut diletakkan, ya!

Ukuran yang Ringkas Memungkinkan Diffuser Anda Bawa Bepergian

Anda bisa menikmati aromaterapi tidak hanya di rumah, tetapi di ruang kerja kantor dan bahkan di dalam mobil! Sifat mobile ini dipengaruhi berat dan ukuran produk. Jadi, kami anjurkan Anda membeli essential oil diffuser berukuran ringkas dan berbobot tidak sampai 0,5 kg apabila Anda ingin mengharapkan mobilitas.

Produk bersifat portable umumnya disukai pekerja kantoran yang dituntut produktif dengan otak yang fresh. Maka itu, Anda bisa pertimbangkan membeli essential oil diffuser yang portable. Jadi ketika terjebak macet atau suntuk akibat tugas harian, aroma diffuser siap merelaksasi pikiran Anda agar mood kembali terjaga!

10 Rekomendasi Essential Oil Diffuser Terbaik

Produk dengan kualitas bagus membuat Anda menerima manfaat lebih baik. Ingat kembali poin-poin pertimbangan memilih yang telah kita bahas sebelumnya. Berikut essential oil diffuser terbaik dari merek-merek yang telah lama dipercaya masyarakat akan kualitasnya. Selamat memilih!

1. Young Living Feather the Owl Diffuser

Pikiran semakin tenang berkat 5 variasi bunyi dari built-in speaker-nya

Young Living adalah produsen essential oil diffuser terkenal di mancanegara. Salah satu produk keluarannya ini berbentuk burung hantu yang imut. Bukan hanya cocok untuk kamar anak atau bayi Anda, namun Anda bisa tempatkan Feather the Owl Diffuser di ruang bermain anak.

Anda yang berusia dewasa pun tidak masalah menaruh alat ini di dalam kamar. Tidur semakin nyenyak bersama jutaan partikel mikro yang disebarkan alat ini. Aturlah lama dan mode operasi alat ini sesuai keperluan Anda, apakah hidup 5 jam non-stop atau 10 jam berselang.

Tipe Ultrasonic diffuser
Fitur tambahan Humidifier, 3 mode output (tinggi, rendah, berselang), Easy-Touch Talons™, built-in speaker, 10 opsi lampu LED, night-light dan white noise terpisah
Dimensi ukuran 13,6 cm x 13,3 cm x 15,1 cm
Bobot 440 g
Kapasitas tangki 165 mL
Cakupan area ± 32 m2
Kisaran harga Rp759.000

2. Stadler Form MIA Aroma Diffuser

Fitur auto shut-off membuat Anda tidak khawatir akan kerusakan

Reputasi essential oil diffuser keluaran Stadler Form tidak perlu diragukan lagi. Berdesain sleek dan minimalist, kehadiran alat akan menambah cantik meja kerja, ruang baca, maupun kamar tidur Anda. Seri MIA Aroma Diffuser ini mampu menyala 10 jam tanpa pengisian ulang.

Ketika air di dalam tangki habis, alat akan mati otomatis, Anda pun tidak waswas terjadinya kerusakan. Untuk Anda yang mementikan keamanan serta durasi kerja lama, essential oil diffuser buah tangan Fabian Zimmerli untuk Stadler Form satu ini mungkin berhasil menarik minat Anda.

Tipe Ultrasonic diffuser
Fitur tambahan Senyap, auto shut-off, mampu beroperasi hingga 10 jam, uap ekstra halus, lampu LED
Dimensi ukuran 10 cm x 9 cm  x 10 cm
Bobot 300 g
Kapasitas tangki 100 mL
Cakupan area ± 30 m2
Kisaran harga Rp845.000

3. InnoGear USB Aromatherapy Essential Oil Diffuser

Teman terbaik Anda selama mengendarai mobil

InnoGear USB Aromatherapy Essential Oil Diffuser  dirancang khusus sebagai penguap minyak esensail di dalam mobil. Ukuran menyerupai sekaleng soda menjadikan alat ringkas diletakkan tanpa memakan banyak space di mobil. Produk ini layak Anda jadikan teman selama perjalanan.

Essential oil diffuser portabel ini dirancang all in one. Jadi selain berfungsi sebagai aromaterapi, kelembapan udara kabin terjaga berkat fitur humidifier-nya. Buat Anda ingin terhindar dari rasa bosan karena macet dan perjalanan jauh, produk berkualitas internasional berikut wajib dipilih.

Tipe Ultrasonic diffuser
Fitur tambahan Auto shut-off, USB powered, whisper-quiet operation, no filters required
Dimensi ukuran 6,8 cm x 12,9 cm x 6,8 cm
Bobot 209 g
Kapasitas tangki 70 mL
Cakupan area Tidak dicantumkan
Kisaran harga Rp530.000

4. Belli to Baby Nebulizer WF914

Bantu atasi segala jenis gangguan pernapasan

Tipe nebulizer menjadi incaran Anda karena menawarkan manfaat terbaik untuk pernapasan? Cobalah memilih Belli to Baby Nebulizer WF914 yang diklaim ramah lingkungan. Hanya menggunakan komposisi asli essential oil tanpa campuran air, khasiatnya pun lebih maksimal diterima tubuh Anda.

Cukup memilih aroma yang tepat, alat ini akan mengatasi berbagai gangguan pernapasan yang Anda alami. Bagi penderita asma, gunakanlah essential oil diffuser rumusan Belli to Baby ini dengan menuangkan minyak esensial aroma lavender atau eucalyptus. Selain dua aroma tersebut, ada aroma lain bebas pilih pada satu paket pembelian seharga tertera pada tabel.

Tipe Nebulizing diffuser
Fitur tambahan
Dimensi ukuran Tidak dicantumkan
Bobot Tidak dicantumkan
Kapasitas tangki 150 mL
Cakupan area Tidak dicantumkan
Kisaran harga Rp1.450.000

5. Sipopo Cute Diffuser

Cocok untuk menemani tidur anak setiap hari

Di kalangan orang tua, produksi essential oil buatan Sipopo sangat terkenal. Setelah sukses meluncurkan banyak varian essential oil, brand yang menargetkan anak-anak ini merilis essential oil diffuser bertipe ultrasonik. Fitur lampu terpisah dari mode penguapan membebaskan Anda mengatur penggunaan.

Sipopo Cute Diffuser juga memungkinkan Anda menyetel durasi operasi, dari mulai 1 hingga 3 jam. Kendati hanya mengeluarkan 1 bentuk desain, warna essential oil diffuser ini kids friendly. Untuk Anda yang ingin menjaga kualitas tidur anak, jadikan produk ini hadiah baginya!

Tipe Ultrasonic diffuser
Fitur tambahan Timer, lampu LED
Dimensi ukuran Tidak dicantumkan
Bobot Tidak dicantumkan
Kapasitas tangki 300 mL
Cakupan area ± 5 m2
Kisaran harga Rp380.000

6. Secret Garden Aroma Reed Diffuser

Hadir dalam 5 varian dengan tawaran fungsi bermacam-macam

Reed diffuser produksi Secret Garden akan pas bagi Anda yang ingin mempercantik meja kamar atau ruang tamu. Wadah berukuran 140 mL bisa muat hingga belasan stik pemancar aroma. Produk ini tersedia dalam 5 varian, yakni Bliss, Energize, Frangipani, Jasmine, dan Sensual.

Setiap varian Secret Garden Aroma Reed Diffuser mempunyai ciri khas aroma dan manfaat. Salah satu seri terlarisnya adalah Sensual yang memiliki harum pembangkitk gairah dan nuansa rileks. Sementara varian Energize, sesuai namanya,  ditujukan untuk fungsi membuat tubuh merasa energik melalui paduan aroma jeruk dan teh hijaunya. Mana varian kesukaan Anda?

Tipe Reed diffuser
Fitur tambahan
Dimensi ukuran Tidak dicantumkan
Bobot Tidak dicantumkan
Kapasitas tangki 140 mL
Cakupan area Tidak dicantumkan
Kisaran harga Rp109.800 – Rp271.800

7. Ultransmit N27 Vivi Aroma Diffuser

Sanggup bekerja 8 – 10 jam tanpa adanya gangguan

Nampaknya, jargon “Ada Harga Ada Kualitas” tidak berlaku untuk produk ini. Bagaimana tidak, dengan harga tak sampai setengah juta, essential oil diffuser rancangan Ultransmit sudah lengkap oleh fitur auto shut-off dan lampu LED. Kedua fitur ini bahkan bisa Anda operasikan secara terpisah, apakah ingin mode lampu saja, diffuser saja, atau justru keduanya.

Aksen ruangan berubah berkat lampu LED-nya, paduan interior pun tampak semakin cantik berkat desain unik essential oil diffuser ini. Apalagi, kapasitas tangkinya mencapai 200 mL, ditinggal tidur dari jam 9 malam hingga fajar menyapa pun menjamin aroma tetap tercium di seisi ruangan kamar Anda.

Tipe Ultrasonic
Fitur tambahan Auto shut-off, lampu LED
Dimensi ukuran 16 cm x 16 cm x 24 cm
Bobot 800 g
Kapasitas tangki 200 mL
Cakupan area Tidak dicantumkan
Kisaran harga Rp495.000

8. Organic Supply Co. Ultrasonic Diffuser

Setel sendiri berapa lama proses penguapan berlangsung

Tidak butuh kocek besar untuk bisa memiliki essential oil diffuser nan elegan ini. Volume tangki mencapai 180 mL, Anda leluasa mencampur essential oil untuk memberi kenikmatan belasan jam. Beratnya tidak sampai 0,5 kg serta dimensi tergolong ringkas membuat Organic Supply Co. Ultrasonic Diffuser nyaman dibawa pulang pergi kantor.

Saat menggunakan produk ini, Anda pun bebas mengatur seberapa lama alat bekerja. Apakah 30 menit, 60 menit, 120 menit, atau 180 menit? Semua bisa Anda atur sesuka hati! Guna memuaskan para pelanggan di tanah air, Organic Supply Co. memberikan garansi 7 hari produk ini sejak tanggal pembelian. Selain seri diffuser berkapasitas 180 mL, tersedia pula pilihan lebih terjangkau, berukuran mini, dan super portable berkapasitas 50 mL.

Tipe Ultrasonic
Fitur tambahan Timer
Dimensi ukuran 9 cm x 9 cm x 14,5 cm
Bobot 450 g
Kapasitas tangki 180 mL
Cakupan area Tidak dicantumkan
Kisaran harga Rp590.000

9. Crane USA White Personal Humidifier & Aroma Diffuser

Ciptakan ruangan berudara lembap sekaligus harum

Humidifier sekaligus aroma diffuser unggulan Crane USA berikut menyebarkan aroma essential oil melalui 360o mist nozzle-nya. Dengan kata lain, wewangian terpancar merata ke setiap sudut ruangan. Untuk ruangan kamar seluas tidak lebih 15 m2, produk ini adalah opsi paling menjanjikan.

Pernapasan lega, tidur malam nyenyak, dan gangguan kesehatan ringan seperti batuk, iritasi sinus, dan gejala flu bisa ditangani alat ini berkat fitur ultrasonic cool mist-nya. Klaim durasi operasi secara hening mencapai 8 jam memastikan tidur Anda takkan terganggu.

Tipe Ultrasonic
Fitur tambahan Humidifier, color changing light, 360o mist nozzle, auto shut-off, no filter required, detachable cord
Dimensi ukuran 17 cm x 17 cm x 10,4 cm
Bobot Tidak dicantumkan
Kapasitas tangki 21 oz
Cakupan area ± 14 m2
Kisaran harga Rp790.000

10. MUJI Ultrasonic Aroma Diffuser

Sesuaikan tingkat pencahayaan lampu hingga 2 tingkat

Essential oil diffuser andalan MUJI terlihat begitu elegan. Mau ditempatkan di kamar tidur, meja kantor, maupun apartemen pasti sedap dipandang. Terbuat dari material polypropylene dan ABS resin, produk dengan berat hanya 220 gram ini menjamin keawetan selama rutin perawatannya

Durasi maksimum MUJI Ultrasonic Aroma Diffuser adalah 3 jam yang bisa diatur menjadi 4 fase, yaitu 30, 60, 120, dan 180 menit. Penggunaan produk dengan kabel spanjang 170 cm ini direkomendasikan untuk ruangan bersuhu 16 – 26°C.

Tipe Ultrasonic
Fitur tambahan 2 mode lampu LED, 4 mode pengatur waktu
Dimensi ukuran 8 cm x 8 cm x 14 cm
Bobot 220 g
Kapasitas tangki 100 mL
Cakupan area ±  12,3 m2
Kisaran harga Rp1.379.000

Gunakan Essential Oil dengan Aroma sesuai Kebutuhan Anda

Pada dasarnya, aroma essential oil dibedakan berdasarkan fungsinya, apakah untuk terapeutik dan penyembuhan. Jika selama ini essential oil lebih dikenal khasiatnya sebagai penenang pikiran dan pengembali mood, beberapa jenis aroma essential oil mampu menyembuhkan beberapa gangguan pernapasan.

Jika Anda ingin menenangkan pikiran, meredakan emosi, atau mengurangi sakit kepala, hidung tersumbat, dan gangguan kecemasan yang menyebabkan susah tidur, aroma lavender berguna menangani seluruh kondisi tersebut. Sementara itu, essential oil beraroma tea tree berkhasiat untuk merawat kulit, mengobati jerawat, dan menyembuhkan infeksi jamur kuku.

Ada lagi aroma lain seperti peppermint, jeruk, dan lemon yang secara berurutan dianggap baik untuk mengatasi gangguan pernapasan, kecemasan, stres, daya pemeliharaan tahan tubuh, dan bahkan melancarkan sirkulasi darah. Anda mungkin mendapati essential oil beraroma lain, namun apa pun itu, pastikan Anda pilih aroma sesuai manfaat yang Anda butuhkan, ya!

Kesimpulan

Beban pikiran kerap berujung pada rusaknya mood dan serangan stres. Untuk menangani hal ini, Anda bisa menerapkan aromaterapi. Gunakanlah essential oil diffuser untuk memancarkan aroma favorit Anda, entah itu lavender, peppermint, lemon, dan lainnya. Sepuluh essential oil diffuser terbaik telah kami cantumkan di atas, kami harap Anda temukan salah satu yang mampu memenuhi kebutuhan!

Sebelum mengakhiri artikel ini, kami ingatkan bahwa essential oil pada aroma diffuser tidak melulu berdampak positif. Pada beberapa orang ditemukan kasus alergi karena kulit yang sensitif. Jadi, periksalah kecocokan kulit Anda dengan aroma atau justru essential oil yang Anda gunakan. Pastikan produk tersebut tidak menimbulkan reaksi alergi agar manfaat terapeutik essential oil Anda rasakan sepenuhnya!

(Visited 17.018 times, 52 visits today)