Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Minyak Aromaterapi Terbaik

Pengunaan minyak aromaterapi kini tak sekadar untuk diffuser, melainkan sebagai skincare juga. Hanya saja, Anda mesti menyesuaikan penggunaannya dengan tujuan yang ingin dicapai, apakah meredakan stres, mengurangi nyeri, atau menjaga kelembutan kulit.

Di marketplace, Anda bisa temukan berbagai merek minyak aromaterapi terbaik, seperti Sensatia Botanicals, Organic Supply Co., dan sebagainya. PickyBest akan menjelaskan cara memilih produk bila Anda tertarik membelinya. Agar lebih mudah, kami sertakan pula rekomendasinya. Ayo, mulai pembahasannya!

Apa itu Minyak Aromaterapi?

Minyak aromaterapi adalah minyak yang diekstrak dari beberapa bagian tanaman, seperti rempah, daun, bunga, akar, hingga buahnya. Karena hal ini, minyak aromaterapi memiliki aroma khas tumbuhan yang menenangkan.

Sebuah penelitian menyebutkan, terapi menggunakan minyak esensial dari tanaman terbukti dapat memperbaiki kondisi kesehatan dan psikologis manusia.

Sejarah mencatat, minyak aromaterapi sudah digunakan oleh berbagai kebudayaan yang ada di dunia sebagai treatment pengobatan selama 5.000 tahun.

Selama itu, minyak aromaterapi dikenal sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai penyakit. Belakangan, manfaat tersebut dibuktikan setelah ditemukannya sifat antibakteri, antivirus, antiradang, hingga antinyeri pada minyak aromaterapi.

Cara Kerja dari Minyak Aromaterapi

blank

Cara kerja terapi pengobatan menggunakan minyak aromaterapi cukup unik. Saat menggunakan minyak tersebut, biasanya hidung akan menghirup aroma khas minyak. Aroma tersebut akan masuk melalui rongga hidung lalu merangsang sistem saraf di otak sehingga terkadang, yang menghirup merasa lebih tenang.

Selain sistem saraf pada otak, aroma dari minyak juga dapat merelaksasi saraf dan otot yang mengatur detak jantung, sistem pernapasan, tekanan darah, dan respon terhadap stres. Inilah mengapa, banyak orang yang menggunakan minyak aromaterapi bersama diffuser.

Minyak aromaterapi tidak hanya dimanfaatkan sebagai aroma penenang saja. Minyak ini juga dapat dioles untuk menimbulkan efek lain seperti antinyeri atau bahkan sebagai obat antinyamuk. Tapi ketika mengoleskan minyak aromaterapi, pastikan Anda tidak memiliki alergi pada tanaman tertentu.

Dalam beberapa kasus, selain sebagai obat, ternyata minyak aromaterapi juga menimbulkan alergi pada kulit tertentu. Pada sebagian orang, kontak dengan minyak aromaterapi bahkan menimbulkan iritasi atau bahkan peradangan. Jadi sebaiknya, Anda perlu tahu dari tanaman apa minyak aromaterapi diesktrak.

Cara Memilih Minyak Aromaterapi

Anda sebaiknya mengetahui poin-poin yang mesti diperhatikan saat memilih minyak aromaterapi terbaik, dari mulai bahan dasar yang digunakan, hingga level ketahanan aroma yang dimiliki. Mari, bahas lebih lanjut di bagian ini!

Periksa Bahan Dasar untuk Mengetahui Manfaatnya

Pertama, ketahui dulu bahan dasar pada minyak aromaterapi. Pengetahuan ini diperlukan agar Anda tahu, mana variasi aromaterapi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Peppermint: Meredakan Masalah Pencernaan

blank

Minyak aromaterapi berbahan dasar peppermint dikenal dengan aroma khasnya yang segar dan memberikan sensasi sejuk saat mengenai kulit. Salah satu manfaat peppermint adalah mengatasi berbagai gangguan pencernaan mulai dari mual, sembelit, kembung, hingga diare.

Bila Anda memiliki salah satu masalah tersebut, pilihlah minyak yang terbuat dari bahan utama peppermint. Walau peneliti belum menemukan banyak bukti kuat antara manfaat tersebut bagi manusia, segelintir studi menemukan korelasi antara penggunaan peppermint dengan fungsi pencernaan.

Rosemary: Menghilangkan Rasa Nyeri

blank

Dalam pengobatan tradisional, minyak rosemary kerap digunakan sebagai pereda rasa sakit atau nyeri. Inilah mengapa, rosemary sering digunakan sebagai terapi untuk penderita stroke.

Sedangkan penelitian terbaru menyebut, minyak esensial dari bunga asal Eropa ini terbukti mampu merangsang penyembuhan jaringan saraf dan memaksimalkan fungsi otak.

Lavender: Menenangkan Tubuh dan Pikiran

blank

Bahan dasar lain yang kerap digunakan pada minyak aromaterapi adalah lavender. Lavender memiliki aroma khas yang menenangkan sehingga minyak ini biasanya digunakan untuk merelaksasi tubuh dan pikiran.

Anda yang kerap mengalami stres akibat pekerjaan bisa memanfaatkan kelebihan dari minyak lavender.

Lemon: Mengobati Stres dan Insomnia

blank

Banyak yang tidak tahu bahwa selain memiliki aroma segar yang dimanfaatkan untuk pengharum ruangan, campuran sabun pencuci piring, dan pembersih lantai, lemon juga bisa memberikan efek menenangkan.

Beberapa penelitian membuktikan, aroma lemon terbukti dapat melemaskan otot yang tegang akibat stres serta memberi efek tenang pada penderita depresi dan insomnia.

Pohon Teh: Mengobati Batuk dan Pilek

blank

Minyak pohon teh atau disebut juga dengan melaleuca oil, sejak dulu dikenal dapat mengobati penyakit batuk dan pilek. Dalam budaya tradisional Australia, minyak esensial ini bahkan digunakan juga untuk menyembuhkan luka, meredakan sakit tenggorokan, dan mengatasi berbagai penyakit kulit.

Pada minyak pohon teh juga terdapat senyawa khusus yang bersifat antiinflamasi. Tak heran, minyak ini juga memiliki peran layaknya benzoyl peroxide untuk menangani jerawat. Namun, pemakaian jangka panjang tidak dianjurkan karena berisiko menimbulkan efek samping kulit kering.

Geranium: Mengurangi Kecemasan pada Wanita Hamil

blank

Bahan lain yang juga dapat memberikan efek tenang adalah geranium. Tidak heran jika di beberapa rumah sakit, banyak digunakan minyak geranium pada difffuser untuk membantu mengurangi anxiety pada wanita yang hendak melahirkan untuk pertama kalinya.

Tak hanya dituangkan pada diffuser, minyak esensial geranium bisa juga dipakai secara topikal untuk memberikan efek menenangkan kulit yang breakout akibat jerawat, iritasi, maupun infeksi. Seluruh manfaat tersebut hadir berkat adanya sifat antiperadangan dengan efek samping yang minim.

Perhatikan Ketahanan Notes pada Minyak Aromaterapi

blank

Hal yang sebenarnya cukup esensial, namun sering dilupakan adalah memeriksa level notes-nya. Minyak esensial memiliki tiga notes dengan tingkat ketahanan aroma masing-masing, yakni top note, middle note, dan base note.

Sama halnya seperti parfum, Anda perlu mengetahui setiap tingkatan notes tersebut. Bila menginginkan aroma tertentu yang tahan lama, pastikan aroma yang Anda mau diformulasi sebagai base note, karena aroma ini yang akan bertahan sampai akhir.

10 Rekomendasi Minyak Aromaterapi Terbaik

Sampai sini, sudah mengerti cara memilihnya, bukan? Sekarang, kami akan memperlihatkan pilihan minyak aromaterapi terbaik dengan ragam bahan dasar dan khasiat. Pilihlah sesuai kecocokan Anda!

1. Bathaholic Peppermint Essential Oil

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Beraroma segar untuk melegakan pernapasan dan meredakan mual

Bathaholic Peppermint Essential Oil mengandung 100% minyak esensial alami dari peppermint. Minyak aromaterapi terbaik ini dianjurkan penggunaannya sebagai larutan untuk diffuser, namun bisa juga dioleskan langsung ke kulit.

Selain beraroma segar dan memberi efek sejuk, minyak ini juga mampu melegakan pernapasa, meredakan pilek dan flu, hingga meringankan mual perjalanan. Untuk penggunaan topikal, minyak ini akan membantu menyehatkan rambut serta mengurangi gatal akibat gigitan serangga.

Bahan dasar Peppermint
Khasiat Melegakan pernapasan, meredakan flu dan batuk, meredakan gejala mual
Ukuran 15 mL
Note Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp80.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. Cajeput Essential Oil

Cek harga di Shopee Cek harga di Tokopedia Cek harga di Lazada

Digunakan turun menurun untuk meredakan berbagai penyakit pernapasan

Cajeput Essential Oil memang berasal dari daun kayu putih, tapi minyak aromaterapi terbaik ini berbeda dari minyak kayu putih yang selama ini dikenal. Bahan utama produk ini berasal dari ranting dan daun pohon Melaleuca cajeputi dengan properti antimikrob dan antiseptik.

Produk ini dapat dihirup langsung atau melalui diffuser. Anda juga bisa mengoleskannya ke kulit. Karena mengandung 100% bahan alami, Cajeput Essential Oil aman dan tidak menimbulkan iritasi. Bahkan, minyak ini juga dapat Anda manfaat untuk meredakan bentol akibat gigitan nyamuk.

Bahan dasar Daun kayu putih
Khasiat Mengobati flu dan batuk, melegakan pernapasan, menghilangkan bau tidak sedap
Ukuran 10 mL
Note Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp21.420
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Tokopedia Cek harga & diskon di Lazada

3. Nu Aroma Essential Aromatic Oil Lavender

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Tokopedia Cek harga di Blibli

Tidak hanya tersertifikasi halal MUI, tetapi juga berstandar IFRA

Aroma lavender pada Nu Aroma Essenstial Aromatic Oil tidak hanya dapat mengusir nyamuk, tetapi juga mengurangi stres, merelaksasi tubuh, dan melemaskan otot serta saraf. Untuk diffuser, campurkan minyak esensial ini dengan sedikit air.

Sedangkan untuk terapi pemijatan, minyak aromaterapi terbaik ini bisa dicampur dengan coconut oil, olive oil, atau grapeseed oil. Selain mengandung 100% bahan alami, keunggulan lain produk ini adalah sudah terdaftar halal MUI dan memiliki sertifikat IFRA.

Bahan dasar Lavender
Khasiat Mengurangi stres, memberikan relaksasi
Ukuran 10 mL
Note Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp29.250
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Tokopedia Cek harga & diskon di Blibli

4. Pureca Lemongrass Essential

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Aroma segar mirip jeruk dengan ragam fungsi terapi

Terbuat dari 100% minyak lemongrass murni, Pureca Lemongrass Essential Oil bisa Anda manfaatkan untuk berbagai kebutuhan terapi, dari mulai menyegarkan pikiran, mengatasi lelah, hingga meredakan nyeri.

Pada penggunaan diffuser, larutkan 2 – 10 tetes minyak aromaterapi terbaik ini ke dalam air. Selain itu, Anda juga bisa menyemprotkan langsung campuran minyak esensial dan air ke beberapa sudut ruangan untuk membuat suasana tempat tinggal semakin nyaman.

Bahan dasar Lemongrass
Khasiat Mengatasi kelelahan, memberikan relaksasi
Ukuran 10 mL
Note Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp36.300
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

5. Bonnels Cough and Flu

blank

Sumber: Bonnels.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Terapi flu dan batuk yang aman tanpa campuran bahan kimia

Bonnels Cough and Flu termasuk salah satu minyak aromaterapi yang menggabungkan beberapa bahan alami untuk memberikan hasil maksimal. Di dalam produk ini terkandung ekstrak eucalyptus, peppermint, dan lemon yang membuatnya berlimpah khasiat.

Minyak aromaterapi terbaik ini bisa digunakan untuk meringankan gejala flu dan batuk serta melancarkan hidung tersumbat. Produk ini dipastikan halal MUI dan aman dari BPOM. Tak cuma itu, Bonnels juga memastikan proses pengujian produk tidak melibatkan hewan (cruelty-free).

Bahan dasar Eucalyptus, peppermint, lemon
Khasiat Meringankan flu dan batuk, melancarkan hidung tersumbat
Ukuran 10 mL
Note Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp210.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. Nusaroma Ylang Ylang Essential Oil

blank

Sumber: Nusaroma.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Berasal dari hasil ekstraksi bunga berbentuk bintang yang unik

Ylang-ylang merupakan pohon khas yang banyak ditemukan di kawasan Asia Pasifik. Selain sebagai aromaterapi, minyak esensial Ylang-Ylang juga kerap dipakai sebagai bahan pembuat parfum. Nusaroma Ylang-Ylang Essential Oil sendiri merupakan minyak dari ekstrak bunga pohon ini.

Memiliki aroma yang tajam tetapi menyegarkan, minyak aromaterapi terbaik ini memiliki beberapa khasiat seperti antidepresan dan antiseptik. Anda bisa menggunakannya pada aroma diffuser atau meneteskan dan menyemprotkan langsung ke ruangan.

Bahan dasar Ylang-ylang
Khasiat Memberikan efek menenangkan, antidepresan, antiseptik
Ukuran 10 mL
Note Middle note
Kisaran harga Rp90.500
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

7. Happy Green Oregano Essential Oil

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Memegang dokumen Certificate of Analysis yang menjamin keamanannya!

Selama ini, oregano dikenal sebagai salah satu bahan penyedap masakan. Padahal, minyak esensial dari tanaman ini juga menawarkan berbagai khasiat, misalnya menenangkan pikiran. Bila Anda penasaran dengan aroma tajam oregano pada minyak aromaterapi, pilihlah produk keluaran Happy Green ini.

Minyak aromaterapi terbaik yang memiliki Certificate of Analysis ini dipastikan aman dari pencampuran zat kimia yang berpotensi negatif. Dengan produk ini, Anda bisa menikmati fungsi antimikrob seperti mencegah infeksi jamur, analgesik untuk redakan memar, hingga antivirus yang mampu cegah pilek.

Bahan dasar Oregano
Khasiat Menjaga tubuh dari infeksi, mencegah pilek, mengurangi rasa sakit.
Ukuran 10 ml
Note Middle note
Kisaran harga Rp260.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

8. Darjeeling Eucalyptus Globulus Essential Oil

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Bukalapak

Produk asli India yang mampu sterilkan udara dari bakteri

Terbuat dari ekstrak daun dan kayu pohon eucalyptus di pegunungan Himalaya, Darjeeling menawarkan minyak esensial murni dengan sifat antiseptik dan antimikrob. Saat digunakan pada diffuser, minyak ini mampu membersihkan udara secara tuntas sehingga aman dari bakteri.

Darjeeling Eucalyptus Globulus Essential Oil termasuk salah satu minyak aromaterapi terbaik dengan label middle note. Selain memberi efek relaksasi pada tubuh, aromanya juga mampu membantu mengobati masalah penapasan seperti flu dan pilek.

Bahan dasar Daun dan kayu eucalyptus
Khasiat Membersihkan udara, mengobati flu dan pilek, sumber antimikroba dan antiseptik
Ukuran 30 mL
Note Middle note
Kisaran harga Rp49.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Bukalapak

9. Sensatia Botanical Lemongrass Essential Oil

blank

Sumber: Sensatia.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Bantu mengurangi sakit kepala hingga menjaga penampilan awet muda

Dengan wangi unik dan segar, Sensatia Botanical Lemongrass Essential Oil berfungsi sebagai antidepresan natural. Minyak aromaterapi terbaik ini adalah pilihan tepat bagi Anda yang sedang merasa lelah, kurang sehat, atau bahkan jetlag akibat perjalanan jauh.

Tidak hanya untuk tubuh, produk dari Sensatia Botanical ini juga memiliki manfaat untuk kulit, misalnya mengatasi jerawat, menghidrasi, hingga melembutkan kulit. Berkatnya, tubuh tenang, kulit lembap dan bebas jerawat, penampilan pun tampak lebih muda!

Bahan dasar Lemongrass
Khasiat Mengurangi sakit kepala, meringankan nyeri otot
Ukuran 10 mL
Note Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp85.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

10. Organic Supply Co. Rosehip Oil

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Cocok untuk Anda yang mengutamakan produk berbahan organik

Berbeda dengan kebanyakan aromatherapy oil, Organic Supply Co. Rosehip Oil lebih ditujukan untuk penggunaan topikal sebagai skincare. Produk yang mengandung vitamin A, vitamin E, dan asam lemak esensial, termasuk asam linoleat ini cocok digunakan pada kulit sensitif, kering, dan mature.

Anda bisa memakai minyak aromaterapi terbaik ini sebagai facial serum setelah proses cleansing. Selain melembapkan, komponen aktif dari minyak ini juga membantu melembutkan dan meremajakan kulit. Bila Anda menginginkan produk organik, produk asal Chile ini tersertifikasi organik dari Kiwa BCS Öko Garantie GmbH.

Bahan dasar Mawar rosa canina
Khasiat Melembutkan dan meremajakan kulit
Ukuran 20 mL
Note Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp50.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

Tabel Perbandingan Minyak Aromaterapi

Produk Bathaholic Peppermint Essential Oil Cajeput Essential Oil Nu Aroma Essential Aromatic Oil Lavender Pureca Lemongrass Essential Oil Bonnels Cough and Flu Nusaroma Ylang Ylang Essential Oil Happy Green Oregano Essential Oil Darjeeling Eucalyptus Globulus Essential Oil Sensatia Botanical Lemongrass Essential Oil Organic Supply Co Rosehip Oil
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Bahan dasar Peppermint Daun kayu putih Lavender Lemongrass Eucalyptus, peppermint, lemon Ylang-ylang Oregano Daun dan kayu eucalyptus Lemongrass Mawar rosa canina
Khasiat Melegakan pernafasan, meredakan flu dan batuk, meredakan gejala mual Mengobati flu dan batuk, melegakan pernafasan, menghilangkan bau tidak sedap Mengurangi stres, memberikan relaksasi Mengatasi kelelahan, memberikan relaksasi Meringankan flu dan batuk, melancarkan hidung tersumbat Memberikan efek menenangkan, antidepresan, antiseptik Menjaga tubuh dari infeksi, mencegah pilek, mengurangi rasa sakit. Membersihkan udara, mengobati flu dan pilek, sumber antimikroba dan antiseptik Mengurangi sakit kepala, meringankan nyeri otot Melembutkan dan meremajakan kulit
Ukuran 15 mL 10 mL 10 mL 10 mL 10 mL 10 mL 10 ml 30 mL 10 mL 20 mL
Note Tidak disebutkan Tidak disebutkan Tidak disebutkan Tidak disebutkan Tidak disebutkan Middle note Middle note Middle note Tidak disebutkan Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp80.000 Rp21.420 Rp29.250 Rp36.300 Rp210.000 Rp90.500 Rp260.000 Rp49.000 Rp85.000 Rp50.000
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Lazada Cek diskon di Shopee Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Bukalapak Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli<>

Cara Penggunaan Minyak Aromaterapi

blank

Variasi penggunaan minyak atsiri atau essential oil dalam aromaterapi cukup beragam. Anda dapat menggunakannya dengan memasukkan campuran minyak esensial dan minyak pelarut atau air ke diffuser atau humidifier, botol semprot, serta inhaler.

Selain untuk diffusing atau inhale, minyak aromaterapi dapat pula dicampurkan ke dalam sabun mandi cairbody lotion, atau bahkan sebagai kompres hangat dan dingin. Sementara pemakaian topikal, minyak aromaterapi cocok untuk kebutuhan perawatan kulit hingga pemijatan.

Yuk, cek rekomendasi essential oil diffuser dan humidifier dari PickyBest lainnya!

Kesimpulan

Dari mulai menenangkan pikiran, meredakan nyeri, hingga membuat penampilan awet muda, semua dapat Anda rasakan manfaatnya dari pemakaian minyak aromaterapi.

Saat menentukan produk, Anda juga perlu memastikan tujuan penggunaannya, apakah sebagai diffusing atau topikal. Berdasarkan produk rekomendasi yang telah Anda lihat, kami harap Anda temukan minyak aromaterapi terbaik!

Referensi

What are the benefits of aromatherapy?
https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/consumer-health/expert-answers/aromatherapy/faq-20058566 diakses pada 16 April 2021

Cara Menggunakan Aromaterapi demi Mendapatkan Manfaat Maksimal
https://www.alodokter.com/cara-menggunakan-aromaterapi-demi-mendapatkan-manfaat-maksimal diakses pada 16 April 2021

What are the benefits of peppermint oil?
https://www.medicalnewstoday.com/articles/peppermint-oil-benefits diakses pada 16 April 2021

14 Benefits and Uses of Rosemary Essential Oil
https://www.healthline.com/nutrition/rosemary-oil-benefits diakses pada 16 April 2021

The Health Benefits of Lavender Essential Oil
https://www.verywellmind.com/lavender-for-less-anxiety-3571767 diakses pada 16 April 2021

What You Need to Know About Lemon Essential Oil
https://www.healthline.com/health/lemon-essential-oil diakses pada 16 April 2021

The 10 Best Essential Oils That Everyone Should Have in Their Collection
https://www.wellandgood.com/10-best-essential-oils/ diakses pada 16 April 2021

11 benefits of tea tree oil
https://www.medicalnewstoday.com/articles/262944 diakses pada 16 April 2021

Everything You Need to Know About Geranium Essential Oil
https://www.healthline.com/health/geranium-oil diakses pada 16 April 2021

You may also like

Comments are closed.